Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa sebelum Tidur – Tidur merupakan hal paling nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Kegiatan ini tidak bisa dilepaskan dari setiap manusia. Kalau dalam islam, tidur ini adalah salah satu dari sifat jaiz manusia (sifat yang harus ada pada setiap manusia).

Jadi sangat manusiawi jika manusia merasa ngantuk dan tidur. Tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang bisa bertahan hidup tanpa tidur, karena tidur memang bagian dari kehidupan manusia.

Anda bisa membuat tidur lebih bermanfaat, tidur bukan hanya untuk tidur, tetapi tidur untuk beribadah. Semua itu tergantung pada niatnya saja, jika niat benar, sekalipun Anda tidur, itu dihitung sebagai ibadah.

Dalam suatu hadist disebutkan, “tidurnya orang yang berilmu itu lebih baik, ketimbang ibadahnya orang bodoh.” Nah, itulah kenapa menjadi orang yang berilmu itu penting.

Meskipun sekolah memang tidak bisa 100% menjadi jaminan, setidaknya pasti ada ilmu atau hal positif yang bisa Anda dapatkan di sekolah. Ketika Anda memiliki ilmu bahkan tidur sekalipun bisa dicatat sebagai pahala. Agar tidur Anda tidak menjadi sesuatu yang sia-sia dan membuang umur, sebelum tidur usahakan untuk berdoa dan setelah tidur.

Pada pembahasan artikel kali ini, kami akan tunjukkan kepada Anda doa sebelum tidur beserta artinya, doa setelah bangun tidur beserta artinya, dan keutamaan-keutamaan doa tersebut. Biar Anda paham beberapa hal terkait doa tersebut, Anda jangan kemana-mana ya, baca artikel kami ini sampai tuntas.

Doa Sebelum Tidur Bahasa Arab

doa sebelum tidur bahasa arab
asefnof.wordpress.com

Anda mungkin sudah tidak asing dengan bacaan doa sebelum tidur. Sejak usia kanak-kanak doa-doa untuk keseharian memang sudah diajarkan, mulai dari doa sebelum makan, doa setelah makanan, hingga doa sebelum tidur.

Doa tersebut diajarkan, baik di sekolah maupun di rumah oleh kedua orang tua. Bahkan bukan hanya diajarkan saja, orang tua di rumah pasti juga selalu membiasakan anak-anak untuk mempraktikkan doa-doa tersebut.

Ingatan pada masa kanak-kanak memang masih sangat tajam, sehingga tidak akan mudah lupa apabila diajarkan sesuatu. Namun, Anda juga jangan lupa jika anak-anak juga memiliki keterbatasan dalam memahami hal-hal yang sulit.

Jadi memang sesuatu yang sederhana-sederhana seperti doa sebelum dan sesudah tidur inilah yang memang cocok diajarkan kepada anak-anak, sehingga nanti di saat dewasa nya ia tetap ingat dan sudah terbiasa berdoa sebelum tidur.

Meskipun doa ini merupakan doa yang cukup sederhana dan singkat, namun manfaatnya sangat banyak. Karena memiliki manfaat yang banyak, oleh karena itulah, doa sebelum tidur ini harus diajarkan sejak usia dini.

Terkait keutamaan-keutamaannya doa sebelum tidur akan kami bahas dalam pembahasan selanjutnya. Kali ini kami akan menunjukkan kepada Anda bacaan doa sebelum tidur dalam bahasa Arab.

Untuk Anda yang belum mengetahui doa sebelum tidur, di atas itulah doa sebelum tidur yang benar.

Doa Sebelum Tidur Latin

doa sebelum tidur latin
poskajian.blogspot.com

Doa sebelum tidur biasanya memang disuguhkan dalam bahasa Arab. Orang yang tidak terbiasa membaca tulisan Arab tentu akan kesulitan. Tidak semua orang di Indonesia bisa bahasa membaca tulisan Arab, sehingga mereka memerlukan alternatif lain untuk membantu mereka membaca tulisan Arab. Salah satu caranya yaitu dengan menuliskan bahasa Arab tersebut dalam bentuk latin.

Penulisan doa sebelum tidur secara latin ini akan membantu orang yang tidak terbiasa membaca tulisan Arab. Mereka akan sangat terbantu, sehingga tetap bisa menghafalkan doa-doa dalam bahasa Arab, meskipun masih kesulitan membaca tulisannya.

Al qur’an sekarang ini sudah banyak yang tidak hanya menuliskannya dalam tulisan Arab saja, tetapi juga sudah banyak Al qur’an yang menuliskan tulisan latin dan terjemahannya.

Tidak heran jika banyak masyarakat yang belum bisa membaca tulisan Arab, karena Indonesia masih tercatat sebagai negara yang masih memiliki sekian persen angka buta huruf. Artinya bahwa ada sekian persen penduduk di Indonesia yang masih belum bisa membaca dan menulis.

Orang yang bisa membaca tulisan latin mungkin lebih banyak ketimbang yang bisa membaca tulisan arab, maka dari itu, menyediakan Al qur’an dan doa dalam tulisan latin tentu akan sangat membantu. Mengenai doa sebelum tidur, inilah tulisan latin doa sebelum tidur yang baik dan benar.

Bismika allahumma ahyaa wabismika wa amuut.

Arti Doa Sebelum Tidur

arti doa sebelum tidur
thegorbalsla.com

Berikut arti doa sebelum tidur tersebut, “dengan menyebut nama-Mu ya Allah, kuserahkan seluruh hidup dan matiku.”

Kita mungkin akan membaca doa sebelum tidur dengan bahasa Arab, tapi tentu saja hal itu tidak akan cukup. Anda tentu akan penasaran dengan arti doa sebelum tidur ini, tidak masalah karena memang akan lebih baik ketika membaca doa, Anda mengetahui artinya. Itu mungkin akan menjadi catatan amalan tersendiri jika Anda membaca doa dengan mengetahui artinya.

Berdoa adalah kegiatan memohon atau meminta sesuatu kepada Allah, jadi tentu saja kita harus tahu apa yang diminta tersebut. Lucu bukan jika meminta sesuatu tetapi tidak tahu apa yang dimintanya?.

Jadi penting sekali mengetahui arti dari setiap doa yang kita ucapkan. Jadi untuk Anda yang penasaran dengan arti doa sebelum tidur, di atas sudah kami sebutkan. Itulah arti dari doa sebelum tidur.

Dengan membaca doa tersebut artinya bahwa kita meminta lindungan kepada Allah selama kita tidur hingga terjaga. Hidup dan mati seseorang tidak ada yang tahu, sehingga apabila sewaktu-waktu Allah menjemput kita, bahkan ketika sedang tidur sekalipun kita masih berada dalam lindungan dan ridho Allah.

Selain itu, jika ada bahaya, seperti gempa dan lainnya, insya’allah Allah akan menjaga kita menghindar dari bahaya tersebut.

Contoh Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

contoh bacaan dzikir sebelum tidur
disiniaja.net

Dzikir merupakan kegiatan mengingat dan menyebut nama Allah dengan melafalkan kalimat-kalimat toyibah. Ada beberapa orang yang lebih nyaman melakukan dzikir sebelum mereka dzikir. Mengingat dan menyebut nama Allah tentu sebelum tidur, tentu menjadi kenikmatan terdiri. Dzikir ini bisa Anda lakukan sebelum melakukan doa sebelum tidur.

Ada beberapa kalimat toyibah yang bagus Anda gunakan untuk berdzikir sebelum tidur. Sebenarnya semua kalimat toyibah bagus juga, tetapi memang ada yang bagus dilakukan di saat-saat tertentu, misalkan dzikir yang baik setelah solat wajib, setelah solat tahajut, setelah solat dhuha, hingga sebelum tidur. semua memang memiliki tempatnya sendiri-sendiri.

Berikut beberapa bacaan dzikir yang baik dilakukan sebelum tidur.

  1. Membaca surat al ikhlas, dalam suatu hadist dijelaskan bahwa sebelum tidur, Rasulullah berdzikir dengan membaca surat al ikhlas, surat an naas, dan surat al falaq sebanyak 1 kali. Setelah itu, beliau meniupkan pada telapak tangan, kemudian mengusapkannya pada seluruh tubuh yang bisa dijangkau.
  2. Membaca surat al kafirun, surat ini juga bagus Anda baca sebelum tidur. cukup baca sebanyak 3 kali saja sebelum Anda mengucapkan doa sebelum tidur. Namun, apabila Anda ingin membacanya lebih banyak juga boleh saja.
  3. Membaca surat al Mulk dan as Sajadah, apabila Anda belum mengetahui bacaan surat al Mulk dan as Sajadah, Anda bisa mencarinya sendiri di al-quran, agar lebih mudah Anda juga bisa browsing di internet.
  4. Membaca ayat kursi, kebanyakan orang islam sudah familiar dengan bacaan surat kursi ini, namun, jika belum Anda bisa mencarinya di bagian awal juz 3 dalam al qur’an.
  5. Membaca 2 ayat terakhir surat al baqoroh, jika Anda belum mengetahui lafad 2 ayat terakhir surat al baqoroh ini, Anda bisa mencarinya di al qur’an. Surat al baqoroh merupakan surat ke-2 dalam al qur’an, sehingga kemungkinan Anda tidak akan kesulitan mencarinya sendiri.

Beberapa bacaan dzikir di atas itu lah yang baik dilafalkan sebelum Anda tidur. Apabila mampu Anda bisa mengamalkan ke limanya, jika belum mampu ya amalkan saja semampu Anda.

Doa Bangun Tidur Bahasa Arab

doa bangun tidur
isyaratislam.blogspot.com

Jika ada doa sebelum tidur, tentu saja ada doa setelah bangun tidur. Di sekolah Taman Kanak-kanak (TK) biasanya doa-doa seperti ini sudah diajarkan, tapi ketimbang doa sebelum tidur, pengalaman doa setelah tidur lebih sedikit, karena faktor lupa atau yang lainnya, entah nyatanya memang doa setelah tidur ini memang sedikit jarang diamalkan.

Nah, maka dari itu, usahakan untuk mulai mengamalkan doa ini, mengingat kebanyakan dari Anda membaca doa sebelum tidur, rasanya akan kurang jika Anda tidak menutupnya dengan doa setelah bangun tidur juga. Ini seperti pidato yang dibuka dengan salah tanpa ditutup dengan salam juga, langsung pergi begitu saja tanpa salam setelah berpidato.

Adabnya memang apabila kita membuka dengan doa, maka kita juga menutupnya dengan doa pula, begitupun tidur. Jika sebelum tidur Anda berdoa, setelah bangun sebaiknya Anda juga membaca doa.

Bukan masalah adab saja sih, tetapi ada banyak sekali manfaat atau keutamaan yang akan Anda dapatkan dengan membaca doa setelah bangun tidur. Keutamaan tersebut akan kami bahas di pembahasan selanjutnya.

Tidak hanya menunjukkan doa sebelum tidur, kami juga akan menunjukkan kepada Anda bacaan doa sesudah bangun tidur. Terkadang karena memang jarang diamalkan, sehingga lebih mudah dilupakan. Jadi untuk mengingatkan Anda lafal doa setelah bangun tidur ini, kami akan tunjukkan kepada Anda.

Kami tidak hanya akan menunjukkan bacaan doa setelah bangun tidur dalam bahasa Arab saja, tetapi kami juga akan menunjukkannya lengkap, doa bangun tidur secara latin beserta artinya.

Doa Bangun Tidur Latin

doa bangun tidur latin
alhadiibrahim.com

Seperti pada pembahasan doa sebelum tidur, kami tidak hanya akan menunjukkan doa setelah bangun tidur secara latin. Mengingat beberapa alasan yang sudah kami bahas di atas, jadi mungkin akan jauh lebih baik jika kami juga menunjukkan doa ini secara latin.

Bagaimanapun penulisan latin akan sangat membantu orang tua atau anak-anak yang baru mulai belajar membaca. Biasanya jika baru mulai belajar membaca, anak-anak ini masih bisa membaca tulisan latin. Tapi ya tidak semua, anak-anak zaman sekarang sudah cerdas-cerdas.

Di umur yang masih belum genap 5 tahun biasanya sudah bisa membaca keduanya. Ada juga sih yang bisa membaca huruf Arab dulu ketimbang membaca huruf latin, biasanya yang seperti ini di rumahnya biasanya di ajarin ngaji sejak dini oleh orang tuanya. Apapun itu, kami tetap akan menunjukkan penulisan latin doa sesudah bangun tidur. Siapa tahu saja kan masih ada yang membutuhkan, jadi masih bermanfaat.

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’damaa amaa tanaa wa ilaihin nusyuur.

Arti Doa Bangun Tidur

arti doa bangun tidur
materi-islam.com

Mengetahui arti sebuah doa itu memang sangat penting, dengan tahu artinya maka kita juga tahu maksud dan apa yang hendak kita minta kepada Allah. Jika kita tahu artinya kan bisa lebih khusyuk doanya. Nah, itulah kenapa mengetahui arti dari sebuah doa itu penting, kita akan semakin khusyuk dan bersungguh-sungguh dalam berdoa jika kita tahu artinya.

Untuk Anda yang belum tahu, kami dari itu kami akan tunjukkan arti doa sesudah itu ini. Anda sebenarnya bisa mencari sendiri di buku doa atau di internet sih, namun untuk memudahkan Anda kami akan tunjukkan kepada Anda arti doa setelah bangun tidur. Dengan mengetahui artinya, siapa tahu Anda akan lebih khusyuk ketika berdoa. Berikut arti doa sesudah bangun tidur yang perlu Anda ketahui.

Berikut arti doa sesudah bangun tidur:

“segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali dari kematian sementara, dan hanya kepada-Nya lah tempat kembali kami nanti.”

Doa ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada Allah, karena telah membangunkan kita dari mati sementara kita, jika Allah tidak mengizinkan kita untuk bangun, tentu kita tidak akan pernah bisa bangun lagi selamanya.

Maka dari itu, jika Anda belum hafal doa sesudah bangun tidur, segera hafalkan. Tidak hanya menghafal saja, tetapi Anda juga harus memahami maknanya juga.

Selain sebagai wujud rasa syukur, ketika Allah membangunkan kita lagi di pagi hari, artinya Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk melihat matahari lagi, hidup di bumi-Nya lagi, dan beribadah kepada-Nya lagi. Jadi jangan sia-siakan kesempatan itu sedikit pun.

Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, beribadah dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Dalam sebuah ayat al qur’an disebutkan bahwa, “beribadahlah kamu seakan-akan kamu mati besok, dan bekerjalah kamu seakan-akan kamu hidup seribu tahun lagi.” Artinya sebisa mungkin kita harus menyeimbangkan antara ibadah dan pekerjaan.

Amalan Sunah Setelah Bangun Tidur

amalan sunah setelah bangun tidur
www.islamkafah.com

Membaca doa setelah bangun tidur merupakan amalan yang diperintahkan oleh Rasulullah. Namun, bukan doa saja, ada beberapa amalan sunah yang diperintahkan oleh beliau juga.

Setelah bangun tidur usahakan untuk tidak langsung lari begitu saja. Sisihkan sedikit waktu Anda setelah bangun tidur untuk berdoa dan melakukan beberapa amalan, mungkin jika digabungkan tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit.

Apabila dibandingkan dengan manfaat dan keutamaan yang akan Anda dapatkan, 5 menit setelah bangun tidur mungkin tidak ada apa-apa nya. Allah memang tidak pernah memerintahkan sesuatu yang sia-sia dan tidak bermanfaat untuk manusia di dunia ini.

Amalan apa saja kira-kira yang bisa diterapkan setelah bangun tidur? Setelah bangun tidur usahakan untuk membiasakan menerapkan beberapa amalan berikut ini.

  1. Setelah bangun tidur, usaplah terlebih dahulu wajah Anda, hal itu bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih menggelayuti Anda.
  2. Baca doa sesudah tidur, seperti yang sudah disebutkan di atas. Jangan hanya membaca saja, tetapi resapi juga makna atau artinya.
  3. Sebelum membaca doa, sebaiknya usahakan untuk mendahuluinya dengan membaca basmalah terlebih dahulu.
  4. Setelah membaca doa setelah tidur, Anda bisa melanjutkannya dengan membaca ayat terakhir dari surat Ali Imran. Jika belum tahu cari di al qur’an dan hafalkan.
  5. Anda bisa meneruskannya dengan pergi ke kamar mandi untuk bersiwak atau menggosok gigi.
  6. Cuci tangan Anda terlebih dahulu.
  7. Terakhir yaitu berwudhu, berwudhu akan membuat kita lebih segar dan terhindar dari godaan setan. Anda juga bisa meneruskan dengan sholat tahajut apabila Anda sengaja bangun di sepertiga malam, atau apabila Anda bangun di pagi hari, Anda bisa langsung melanjutkannya dengan solat subuh.

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya, kami akan membahas juga beberapa keutamaan membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

keutamaan membaca doa sebelum tidur
www.viva.co.id

Doa sebelum tidur merupakan amalan yang bisa katakan cukup sepele. Namun, meskipun amalan sepele doa ini memiliki berbagai macam manfaat dan keutamaan. Ada banyak sekali keutamaan membaca doa sebelum tidur.

Rasulullah tidak akan memerintahkan kita melakukan yang sia-sia dan tidak bermanfaat. Berikut beberapa keutamaan membaca doa sebelum tidur yang perlu kamu tahu.

  • Mengingat kebesaran Allah

Berdoa kepada Allah sebelum tidur, artinya kita sedang mengingat kebesaran Allah. Doa tersebut adalah doa meminta perlindungan dan menyerahkan diri kepada Allah, karena Allah lah yang memang berkuasa terhadap keselamatan, hidup, dan mati kita.

  • Tidur menjadi lebih berkualitas

Membaca doa sebelum tidur akan membuat tidur lebih berkualitas, itu karena setelah berdoa biasanya hati kita akan merasa tenang. Apabila sebelumnya Anda sedang merasa khawatir dan gelisah karena memikirkan masalah pekerjaan atau yang lainnya, dengan berdoa insya’allah hati Anda akan tenang, sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidur yang berkualitas memiliki berbagai manfaat positif untuk tubuh Anda, terutama untuk kesehatan. Selain itu, Anda juga akan memiliki waktu tidur yang cukup tanpa memikirkan sesuatu yang mengganggu Anda, sehingga pagi harinya Anda bisa beraktivitas dan bekerja dengan semangat.

  • Menghindarkan dari mimpi buruk

Kebanyakan orang akan mendapatkan mimpi buruk ketika pikirannya tidak tenang. Dengan berdoa pikiran-pikiran buruk itu akan hilang, digantikan dengan perasaan tenang. Sehingga hal itu akan menghindarkan Anda dari mimpi buruk.

  • Meninggal dalam keadaan fitrah

Anda mungkin pernah mendengar cerita orang yang meninggal ketika sedang tidur. Jika sebelum tidur kita berdoa dan mengingat Allah, ketika Allah mengambil nyawa kita ketika sedang tidur, insya’allah kita meninggal dalam keadaan fitrah. Maksudnya kita meninggal dengan keridhoan Allah dan diampuni segala dosa-dosa kita.

Itulah keutamaan membaca doa sebelum tidur. Kita juga akan menunjukkan keutamaan membaca doa setelah bangun tidur dalam pembahasan selanjutnya.

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

keutamaan membaca doa bangun tidur
berita-sekita.blogspot.com

Tidak hanya doa sebelum tidur saja yang memiliki berbagai keutamaan, tetapi membaca doa setelah tidur juga memiliki banyak sekali keutamaan. Jadi untuk Anda yang sampai sekarang belum membiasakan diri berdoa setelah bangun tidur, mulai sekarang cobalah untuk membiasakannya. Berikut keutamaan membaca doa setelah tidur yang perlu Anda tahu.

  • Bentuk rasa syukur

Karena sebelum tidur kita berdoa agar Allah selalu melindungi kita, sehingga setelah bangun tidur kita sebaiknya memang harus mengucapkan syukur. Selain itu, rasa syukur tersebut juga karena Allah memberikan kesempatan kepada kita lagi untuk beraktivitas dan beribadah kepada-Nya.

  • Sebagai doa sebelum melakukan aktivitas

Doa setelah bangun tidur ini juga sebagai doa agar Allah melancarkan dan memberikan ridho atas setiap aktivitas dan langkah yang akan kita lakukan.

  • Melapangkan dan meringankan pekerjaan

Setiap pekerjaan yang kita lakukan jika Allah meridhoinya, maka itu semua akan terasa lebih ringan jika dikerjakan, karena Allah akan memudahkan dan melapangkan jalan kita.

Itu dia beberapa doa tidur yang perlu Anda tahu, mulai dari doa sebelum tidur, doa setelah bangun tidur, amalan sebelum dan susah tidur, serta keutamaan-keutamaan membaca doa-doa tersebut. Sekian, semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk Anda.[]

READ  + Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib / Junub Yang Benar Sesuai Hadist

2 thoughts on “Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur lengkap Arab, Latin dan Artinya”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.