Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Sistem Ekonomi Campuran adalah artikel yang akan kita bahas kali ini. Berbincang tentang dunia ekonomi, khususnya dalam ranah negara, maka pembahasan akan sampai pada sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara tersebut.

Hal ini sangat berkaitan karena sistem ekonomi yang dianut akan berpengaruh pada konsep ekonomi dan kebijakan ekonomi yang akan diambil oleh suatu negara guna kemakmuran rakyat mereka.

Nah, pernahkah Anda mendengar apa itu sistem ekonomi campuran? Dalam pengertian secara umum, sistem ekonomi ini adalah suatu sistem ekonomi di mana terjadi campuran kerja sama dari pemerintah dan pihak swasta untuk menjalankan roda perekonomian di suatu negara.

Disebut sistem campuran karena sistem ekonomi ini merupakan gabungan dari sistem ekonomi liberal dengan coraknya yang kapitalis dan sistem ekonomi komando atau terpusat. Dalam praktiknya, sistem ekonomi ini memberikan keleluasaan pihak swasta untuk melakukan aktivitas ekonomi namun terdapat intervensi pemerintah untuk beberapa keputusan yang diambil.

Intervensi yang dilakukan oleh pemerintah dalam penyelenggaraan sistem ekonomi campuran ini bertujuan untuk mengatur kegiatan ekonomi agar memberikan dampak atau manfaat yang nyata bagi kemakmuran masyarakat secara umum. Sistem ekonomi ini cukup banyak dianut oleh negara di dunia ini karena dianggap sebagai sistem yang balance guna mengatur perekonomian negara.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran

ciri ciri sistem ekonomi campuran
olympics30.com

Beberapa penjelasan di atas memberikan gambaran dari corak campuran dalam sistem ekonomi ini. Nah, perlu diketahui bahwa salah satu jenis sistem ekonomi ini memiliki ciri dan karakteristik yang khas. Adapun beberapa ciri dari sistem ekonomi campuran yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:

  • Pihak pemerintah dan swasta akan berperan aktif dan juga bekerja sama dalam menjalankan roda perekonomian
  • Pemerintah memberikan kebebasan kepada pihak swasta untuk melakukan kegiatan ekonomi namun tetap ada batasan dari pemerintah dan pemerintah bisa melakukan intervensi kepada pihak swasta jika diperlukan
  • Pemerintah membuat perencanaan, peraturan dan juga kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian
  • Persaingan terjadi di pasar dalam batas yang wajar dan bersih di mana pemerintah akan turut untuk melakukan pengawasan
  • Mekanisme pasar digunakan sebagai salah satu penentu dari jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi
  • Pemerintah berperan sebagai penguasa sumber daya vital dalam segala hal, terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak atau warga negara
  • Pihak pemerintah dan swasta memiliki peran yang sama dalam rangka untuk menjalankan kegiatan perekonomian tersebut.
READ  Sejarah Uang, Definisi, Syarat, Fungsi, Nilai, Jenis, Dan Teorinya

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran
sarjanaekonomi.co.id

Setiap jenis sistem ekonomi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini dikarenakan suatu sistem terkadang tidak cocok ditempatkan pada kondisi negara tertentu. Nah, mengenai sistem ekonomi campuran, adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang disajikan adalah sebagai berikut:

KelebihanĀ 

  • Adanya pengakuan dari pemerintah terkait hak individual yang dimiliki oleh warga negara
  • Proses penetapan harga barang dan jasa di pasaran bisa dikendalikan dengan lebih mudah
  • Pemerintah akan mengutamakan kepentingan serta kemakmuran warga negara dalam pengambilan keputusan
  • Pihak swasta tidak bisa melakukan eksploitasi sumber daya dengan semena-mena
  • Pemerintah akan memperbolehkan masyarakat untuk memperbaiki taraf hidup mereka dengan melakukan kreasi dalam hal ekonomi sehingga profit yang mereka dapatkan cenderung akan lebih besar daripada sebelumnya
  • Perkembangan ekonomi akan cenderung berjalan dengan lebih cepat karena adanya persaingan bebas yang nantinya akan membuat banyak variasi produk muncul di pasaran dengan detail yang berbeda-beda.

Kekurangan

  • Dalam pelaksanaannya, pemerintah akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan pihak swasta
  • Meskipun pemerintah berperan aktif dalam perekonomian, namun tetap saja masalah ekonomi terjadi, seperti inflasi, pengangguran dan lainnya
  • Pemerataan pendapatan cukup sulit untuk diwujudkan dalam sistem ekonomi ini
  • Pertumbuhan ekonomi cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan sistem ekonomi liberal
  • Pihak swasta tidak bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dan direncanakan sebab adanya intervensi yang diberikan oleh pemerintah terutama dengan maksud melakukan pengaturan
  • Pembatasan sumber produksi yang dimiliki oleh pemerintah serta swasta sulit ditentukan
  • Adanya perang kepentingan dalam setiap keputusan terkait kondisi ekonomi yang akan diambil baik oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai sistem ekonomi campuran. Memang, sistem ini memiliki beberapa kekurangan, namun Indonesia hingga hari ini termasuk salah satu negara yang menerapkannya. Semoga bermanfaat.

READ  Sistem Ekonomi Tradisional : Ciri-Ciri beserta Kelebihan dan Kekurangan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.