Pengertian Dan Peran Pelaku Ekonomi yang Wajib Anda Pahami

Pelaku Ekonomi – Dalam kehidupan sehari-hari, tentu tak lepas dari kegiatanĀ  ekonomi, bahkan kegiatan ekonomi dianggap sebagai pokok kehidupan. Nah, apakah Anda tahu apa itu ekonomi? dan siapa para pelaku ekonomi?

Pengertian Pelaku Ekonomi adalah segala pihak yang menjalankan kegiatan ekonomi, yakni mencakup produksi, distribusi, serta konsumsi. Entah itu dilakukan oleh perorangan ataupun oleh organisasi seperti swasta atau pemerintah.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa pihak yang disebut sebagai pelaku ekonomi seperti rumah tangga (paling sering), lembaga keuangan, pemerintah, produsen, serta pihak lainnya. Dimana semua pihak-pihak tersebut satu sama lain saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam lingkaran sistem perekonomian suatu negara.

Para Pelaku Ekonomi dan Perannya

para pelaku ekonomi dan perannya
www.markijar.com

Setelah mengetahui pengertian kegiatan ekonomi di atas, lalu apa peran mereka sebagai pelaku ekonomi? Kaitannya dengan penjelasan diatas, semua pelaku dalam kegiatan ekonomi tentu memiliki peran tersendiri.

Adapun yang disebut sebagai pelaku ekonomi dan perannya yakni:

Rumah Tangga Keluarga (Konsumen)

rumah tangga keluarga (konsumen)

Yaps, pokok utama yang sering menjalankan kegiatan ekonomi adalah rumah tangga. Dimana dalam hal ini rumah tangga keluarga disebut konsumen. Mengapa demikian? Setiap rumah tangga tentu memerlukan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan demikian, untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, rumah tangga atau keluarga akan mencari penghasilan, dan mengeluarkan penghasilannya untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan penghasilan sendiri, rumah tangga biasanya akan memanfaatkan faktor produksi, yakni seperti tenaga untuk bekerja dalam suatu perusahaan. Berkaitan dengan hal ini, kegiatan pokok ekonomi di rumah tangga ialah:

  • Mencari penghasilan dengan bekerja pada perusahaan/produsen yang nantinya akan memperoleh upah, gaji, bunga, laba, ataupun sewa.
  • Mendapatkan penghasilan dari berbagai lembaga keuangan, biasanya berbentuk bunga dari simpanan mereka.
  • Membelanjakan atau mengeluarkan pendapatan yang dihasilkan untuk membeli suatu barang/jasa entah di pasar atau toko biasa.
  • Menabung sebagian dari pendapatan yang dihasilkan pada lembaga keuangan tertentu.
  • Membayarkan kewajiban pajak pada pemerintah.
  • Menjalankan transaksi pembelian di pasar uang, sebab mereka memerlukan uang tunai guna berbelanja keperluan sehari-hari.
READ  Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya

Perusahaan/Produsen

Perusahaan/Produsen
Perusahaan/Produsen

Kaitannya dengan penjelasan pelaku ekonomi pada poin pertama, yakni memanfaatkan perusahaan/produsen untuk memperoleh penghasilan, dalam hal ini perusahaan atau produsen pun tentu juga melakukan kegiatan ekonomi.

Perusahaan/produsen atau yang disebut sebagai rumah tangga produksi adalah segala bentuk usaha untuk menjalankan suatu bisnis yang sifatnya terus-menerus dan tetap, guna memperoleh keuntungan ekonomi, serta didirikan, beroperasi dan berkedudukan dalam suatu wilayah di negara tertentu.

Dalam hal ini, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan atau produsen yakni sebagai berikut:

  • Menciptakan produk, entah itu berupa barang ataupun jasa, serta memiliki peran besar yakni sebagai pemasok produk atau jasa di pasar ekonomi.
  • Memanfaatkan segala faktor produksi yang terdapat dalam rumah tangga konsumsi guna menjalankan proses produksi.
  • Mengajukan kredit modal kerja pada lembaga keuangan tertentu agar bisa membangun serta mengembangkan usahanya.
  • Menentukan pembelian segala macam barang modal serta stok barang lainnya.
  • Membayarkan pajak pada pemerintah dari hasil penjualan barang yang diperoleh.

Lembaga Keuangan

lembaga keuangan

PelakuĀ  ekonomi yang ikut andil dalam kegiatan ekonomi lainnya yang tak kalah penting adalah lembaga keuangan. Dimana lembaga keuangan merupakan segala pihak yang menjalankan kegiatan keuangan. Hal ini, baik itu dari bank ataupun bukan bank, agar bisa membantu meningkatkan sistem perekonomian suatu negara.

Adapun kegiatan kelompok lembaga keuangan yakni antara lain:

  • Menghimpun dana yang dikeluarkan oleh berbagai pihak, entah itu rumah tangga konsumen ataupun perusahaan.
  • Menyediakan kredit modal usaha untuk produsen atau perusahaan agar bisa meningkatkan kinerja produksinya.
  • Menyediakan uang giral guna mempermudah kegiatan transaksi keuangan.

Pemerintah

pemerintah
www.dictio.id

Kaitannya dengan sistem perekonomian negara, maka pemerintah pun ikut andil di dalamnya, Dimana pemerintah sendiri merupakan pihak yang mempunyai peran sangat penting, yakni tugasnya ialah untuk mengendalikan serta mengatur perekonomian suatu negara menggunakan segala kebijakan ekonomi agar mampu memakmurkan warga negaranya.

READ  Ekonomi Kreatif : Pengertian, Jenis, Sektor, dan Perkembangannya

Adapun kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi yakni:

  • Membuat kebijakan fiskal, yakni kebijakan yang terkait dengan pendapatan serta pengeluaran suatu negara.
  • Membuat kebijakan moneter, yakni kebijakan yang terkait dengan pengaturan jumlah uang yang beredar guna mengendalikan laju inflasi negara.
  • Membuat kebijakan terkait keuangan internasional, yakni semua kebijakan dalam bidang keuangan yang terkait dengan dunia internasional. Seperti, perdagangan internasional, kerjasama ekonomi dengan luar negeri.

Sedangkan beberapa kegiatan pemerintah dalam sistem perekonomian sebagai pelaku ekonomi sendiri ialah:

  • Menarik pajak dari rakyat atau perusahaan baik langsung ataupun pajak tidak langsung.
  • Belanja berbagai kebutuhan pemerintahan, yang dananya berasal dari pendapatan negara tersebut.
  • Melakukan pinjaman uang dari negara lain agar bisa membantu pembiayaan pembangunan di dalam negeri.
  • Menyewa tenaga kerja ahli dari luar negeri, guna membantu segala tugas serta pekerjaan pemerintah.
  • Menyediakan kebutuhan uang kartal untuk masyarakat.

Masyarakat Luar Negeri

masyarakat luar negeri
www.dictio.id

Suatu negara pasti terikat dengan negara lainnya, hal ini pun yang menyebabkan antar negara terjalin suatu kegiatan ekonomi. Nah, tiap negara sendiri mempunyai kondisi geografis serta kondisi masyarakat yang berbeda, sehingga akibatnya masing-masing negara mempunyai sumber daya alam serta sumber daya manusia yang berbeda juga.

Nah, dengan perbedaan sumber daya alam ataupun manusia inilah yang menyebabkan satu negara dengan negara lainnya saling berkaitan guna memenuhi kebutuhan negaranya sendiri. Maka akhirnya, antar negara akan terbentuk suatu hubungan, salah satunya hubungan ekonomi.

Adapun kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat luar negeri seperti:

  • Menyediakan keperluan barang tertentu yang akan ekspor ke negara lain.
  • Melakukan kegiatan ekspor dan impor dengan negara lain untuk saling memenuhi kebutuhan masing-masing negara.
  • Menjalankan investasi dengan cara menyediakan kredit guna membiayai kegiatan pembangunan tertentu yang dijalankan oleh swasta ataupun pemerintah dalam negeri.
  • Masuk ke pasar uang negara tertentu, sebagai penyalur uang dalam memenuhi uang kebutuhan kartal rupiah jika di indonesia, peminta kredit
  • Sebagai media untuk menghubungkan pasar uang di dalam negeri dengan pasar uang di luar negeri.
READ  Pasar Persaingan Sempurna, Ciri Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa para pelaku ekonomi ini memiliki keterkaitan satu sama lain. Artinya jika tak ada salah satu diantaranya, maka kegiatan ekonomi tak akan berjalan secara normal atau mengalami kendala tertentu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.