25 Ragam Hias Flora dan Fauna, Jenis, Beserta Gambar dan Contohnya

Ragam Hias Flora Fauna – Wikipedia mengatakan, jika ragam hias merupakan sebuah bentuk dasar hiasan yang umumnya akan menjadi pola yang di ulang-ulang di dalam sebuah kerajinan maupun sebuah karya seni. Karya seni inilah yang dapat berupa tulisan atau batik, songket, ukiran, tenun, serta ukiran maupun pahatan yang ada di kayu atau batu.

Jika saja kita bisa menelusuri lebih jauh lagi mengenai ragam hias maka dapat di distilasi bahkan dapat menghasilkan beraneka macam variasi. Pastinya variasi yang ada pada ragam hias ini biasanya akan menjadi sebuah ciri khas dari unit budaya yang ada di daerah tertentu.

Atau yang ada di era tertentu, ragam hias itu dapat menjadi sebuah petunjuk untuk para sejarawan maupun arkeolog pada saat melakukan penelitian misteri di masa lalu. Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali karya seni dan juga adat yang akan menjadi sebuah ciri khas dari masing- masing daerah.

Misalnya saja pada lirik lagu yang ada di daerah dengan menggunakan bahasanya sendiri. bahkan rumah adat pada setiap daerah provinsi pun berbeda.

Ragam hias flora dan fauna

Ragam hias memang dapat disebut sebagai ornamen, ini merupakan sebuah bentuk dari karya seni rupa yang telah berkembang dari sejak zaman prasejarah. Di Negara Indonesia sendiri yang adalah Negara kepulauan maka sudah pasti akan di pengaruhi oleh aneka faktor, dimulai dari flora, fauna, manusia yang tinggal di dalamnya dan juga lingkungan alamnya.

Keinginan untuk menghias itu menjadi naluri pada manusia, faktor dari kepercayaan juga akan ikut serta dalam mendukung berkembangnya aneka ragam hias sebab adanya perlambangan pada setiap gambarnya. Ragam hias juga dapat mempunyai makna sebab telah di sepakati oleh para penggunanya.

Menggambar ragam hias juga bisa dilakukan dengan cara stilasasi atau di gayakan yang meliputi adanya penyederhanaan dari bentuk serta deformasi atau perubahan bentuk.

Jenis-jenis ragam hias

jenis jenis ragam hias
sen1budaya.blogspot.com

Nah, untuk saat ini kita akan membahas mengenai jenis atau aneka macam dari ragam hias yang tersebar di seluruh Indonesia. Penasaran seperti apa?, berikut ini penjelasannya:

Ragam hias flora dan fauna

Ragam hias ini merupakan sebuah karya seni rupa yang terinspirasi dari bentuk- bentuk yang ada pada alam raya seperti tumbuh- tumbuhan serta binatang. Bukan hanya itu saja, ragam hias pun juga ada yang memiliki bentuk figuratis dan geometris dan bisa di aplikasikan dalam media dua dimensi maupun tiga dimensi. Berikut ini ialah 4 jenis ragam hias untuk Anda:

  • Ragam hias flora
ragam hias flora
satujam.com

Flora maupun tumbuhan adalah inspirasi serta sumber objek motif ragam hias yang hampir bisa kita jumpai di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora ini juga bisa di peroleh dengan mudah, bahkan kita bisa menjumpai pada barang seni seperti ukiran, tenunan dan kain batik.

  • Ragam hias fauna
ragam hias fauna
www.berbagaireviews.com

Ragam hias fauna ini memiliki motif yang terinspirasi oleh hewan tertentu. Biasanya ini merupakan hewan yang mengalami perubahan dalam bentuk tubuh dan juga gaya. Contohnya saja kadal, kupu-kupu, gajah, burung dan ikan. Sekarang ini, ragam hias telah mengalami deformasi tapi tidak meninggalkan bagaimana bentuk aslinya. Ragam hias fauna ini di kombinasikan dengan ragam hias flora dengan bentuk yang di variasi.

Banyak sekali daerah di Indonesia yang memakai hewan sebagai objek ragam hias. Contohnya saja Bali, Sumatera, Yogyakarta, Sulawesi, Kalimantan dan juga Papua. Sama seperti ragam hias flora, dimana motif fauna ini kerap di jumpai pada kain batik, ukiran, tenunan dan anyaman.

  • Ragam hias geometris
ragam hias geometris
www.mikirbae.com

Motif ini di kembangkan dari bentuk yang geometrik kemudian di gayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Ragam hias geometris ini bisa dijumpai pada seluruh daerah Indonesia. ragam hias ini juga perlu digabungkan dengan bentuk-bentuk geometris yang lain sehingga bisa tercipta satu motif ragam yang unik.

  • Ragam hias figuratif
ragam hias figuratif
maudisini.com

Ragam hias ini memakai objek manusia yang kemudian di gayakan dengan sedemikian rupa. Ragam hias figuratif ini biasanya ada pada bahan tekstil atau kayu yang pembuatannya dilakukan menggunakan cara menggambar. Untuk ragam hias ini banyak ditemukan di daerah timur seperti Papua.

Contoh gambar ragam hias flora

contoh gambar ragam hias flora
anikniken.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias flora 2
sen1budaya.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias flora 3
ardikaryautama.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias flora 4
anggyaramadhini1.blogspot.co.id
Contoh gambar ragam hias flora 5
klinikdesain.com
Contoh gambar ragam hias flora 6
blogsuyuno.com
Contoh gambar ragam hias flora 7
parasakti7970.blogspot.co
Contoh gambar ragam hias flora 8
pzdjt.net
Contoh gambar ragam hias flora 9
kursusjahityogya.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias flora 10
youtube
Contoh gambar ragam hias flora 11
amilafitriani.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias flora 12
astimusman.blogspot.com

Ragam hias flora memang kerap dijumpai pada kain yang digunakan kaum hawa, mereka memakai kain ini sebagai salah satu pakaian adat di dalam keseharian saja.

Contoh gambar ragam hias fauna

Contoh gambar ragam hias fauna 1
anikniken.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 2
kursusjahityogya.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 3
el4nk.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 4
phunsukhwang.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 5
satujam.com
Contoh gambar ragam hias fauna 6
batiklasemida.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 7
parasakti7970.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 8
fadlanbahar99.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 9
richo-docs.blogspot.com
Contoh gambar ragam hias fauna 10
attyelmir.wordpress.com
Contoh gambar ragam hias fauna 11
disparbud.jabarprov.go.id

Untuk pemakaian ragam hias fauna juga sama seperti halnya ragam flora. Dimana jenis kainnya kerap dipakai menjadi media yang dapat di bilang khusus serta tidak sembarangan dipakai sehingga hasil lebih maksimal.

Nah, demikianlah sekilas info yang bisa di ulas mengenai ragam hias flora dan fauna. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.