19 Hiasan Kelas Yang Kreatif, Unik, Menarik Beserta Gambarnya

Hiasan kelas – Yang paling memotivasi seorang siswa dalam belajar adalah ruang kelas, karena keadaan kelas yang baik dan bagus yang memberi semangat 50% kepada para siswa dalam proses belajar mengajar.

Dalam keadaan kelas yang nyaman, indah, bagus dan rapi maka akan membuat siswa semakin semangat dalam belajar.

Apabila semua itu dapat di ciptakan misalkan dari taman kanak kanak dan seterusnya yang akan sangat mendorong semangat para siswa yang sedang belajar.

Semua itu akan terwujud apabila guru mampu membuat kelas yang sangat menarik dan nyaman agar para siswa tidak lagi malas dalam belajar dan mereka pastinya akan merasa senang dengan keadaan kelas yang rapi serta unik.

Yang pastinya siswa juga akan merasa sangat bahagia. Sering kali guru menyuruh anak didiknya agar membuat berbagai hiasan kelas yang menarik dan bisa membuat kelas menjadi nyaman.

Pengertian Hiasan Kelas

pengertian hiasan kelas
thegorbalsla.com

Yang paling menjadi pendorong utama siswa dalam semangat belajar adalah dengan melihat kondisi dan kenyamanan kelas, karena semua itu mempengaruhi dari semangat atau tidaknya siswa dalam proses belajar. Biasanya dalam proses menghias guru dan murid saling membuat karya seni yang berbagai macam yang di apresiasikan dalam suatu ruangan kelas agar terlihat lebih indah.

Tujuan Hiasan Kelas

tujuan hiasan kelas
thegorbalsla.com

Hal yang dapat di lakukan agar kelas tampak nyaman adalah dengan mencari bahan- bahan yang sudah tidak lagi di gunakan dan dapat juga di peroleh dengan sangat mudah misalkan saja kertas origami bisa juga memakai bahan yang lainnya. Serta dalam menciptakan karya seni yang sangat menarik dan bagus juga di perlukan orang sangat mahir dalam menciptakannya dan juga kreatifitas yang luar biasa.

Agar hasil yang di ciptakan dapat terlihat bagus meskipun memakai bahan yang tidak mewah dan mahal. Berbagai macam cara dapat di gunakan dalam proses menghias kelas agar lebih nyaman dalam proses belajar mengajar, serta juga akan di bahas mengenai jenis – jenis hiasan kelas. Perhatikan dan cermati dengan seksama penjelasan di bawah ini agar mampu menghasilkan hiasan kelas yang bagus dan menarik.

Cara Membuat Hiasan Kelas

cara membuat hiasan kelas
CARA MEMBUAT HIASAN KELAS

Hal yang dapat di lakukan dalam menciptakan karya seni yang di pakai untuk menghias kelas adalah dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak di gunakan. Dalam menciptakan hiasan kelas juga harus mempunyai kretifitas yang sangat baik, agar dapat membuat karya seni yang sangat indah dan bagus meski dari bahan yang sangat sederhana.

Proses membuat hiasan kelas sangat banyak sekali macamnya dan juga jenisnya serta. Juga akan dibahas tentang berbagai macam jenis hiasan kelas. Perhatikan yang akan di sampaikan di bawah ini agar mampu menciptakan hiasan kelas yang sangat bagus dan menarik.

Jenis-Jenis Hiasan Kelas

jenis jenis hiasan kelas
JENIS JENIS HIASAN KELAS

Berbagai hiasan kelas yang menarik mempunyai banyak sekali macam dan jenisnya. Serta juga akan di jelaskan berikut ini mulai dari sub judul dan yang lainnya :

1. Hiasan Menggunakan Kertas Origami

Jika memakai kertas origami dalam membuat karya seni, tidak perlu susah dalam menciptakan bentuknya karena sangat banyak sekali hiasan yang dapat di bentuk dari kertas origami ini. Hanya harus belajar dalam membuat bentuk dan menempel serta membuat desain yang paling disenangi oleh para siswa. Bila hasil karya yang kamu ciptakan sama seperti yang para siswa inginkan dan sukai pastinya akan sangat mempengaruhi dan menambah semangat belajar mereka.

2. Dekorasi Sesuai Dengan Animasi Yang Sedang Disukai Oleh Anak-Anak, Jika Kelas Yang Anda Hias Adalah Kelas Untuk Taman Kanak – Kanak.

Dalam proses menciptakan hasil karya yang akan di bahas kali ini kebanyakan yang membuat hiasan untuk kelas ini adalah orang dewasa dan juga peralatan yang di pakai sudah sangat canggih dan bagus. Yang di sebut dengan lukisan dinding hasil karya yang satu ini. Sebuah karya seni yang bagus sebagai hiasan untuk kelas karena di ciptakan di dinding kelas yang pastinya akan mempunyai kesan yang sangat menarik.

READ  8 Unsur-Unsur Seni Rupa Untuk Karya Jadi Lebih Ekspresif dan Hidup

3. Menghias Menggunakan Bahan – Bahan Bekas Yang Sudah Tak Terpakai

Biasanya dalam menghasilkan karya seni menggunakan barang- barang yang sudah tidak di gunakan lagi kebanyakan adalah siswa yang sudah berada di jenjang sekolah menengah atas yang di pakai untuk menghias kelas agar tampak menarik. Sering kali mereka menciptakan karya seni dari barang bekas karena memperoleh tugas yang di berikan guru kepada mereka. Serta nanti hasil karya di pakai untuk menambah hiasan kelas agar terlihat bagus dan menarik.

Ide Hiasan Kelas

ide menghias atau dekorasi kelas
IDE MENGHIAS ATAU DEKORASI KELAS

Kelas merupakan tempat yang di pakai dalam proses belajar yang nanti akan menentukan nasib dari penerus bangsa, Oleh karena itu ruang belajar harus di buat senyaman mungkin agar para siswa mempunyai semangat belajar yang tinggi, dan juga dapat di pakai untuk menciptakan sebuah karya bagi mereka.

Yakni kelas yang menarik akan menjadi semangat tersendiri kepada para siswa yang masih berada di bangku taman kanak-kanak karena mereka masih sangat menyukai hal yang menarik dan indah.

Karena keadaan kelas dan lingkungan yang bagus akan dapat menjadi motivasi mereka dalam proses belajar, menghasilkan karya dengan menghias kelas merupakan salah satu cara yang dapat di pakai agar para siswa merasa nyaman dan senang saat belajar di kelas.

Akan menjadi bagus jika para siswa dapat ikut dalam proses menghias kelas. Di bawah ini akan di terangkan mengenai menghias kelas yang bisa di pakai sebagai contoh dan motivasi.

Hiasan Kelas Dengan Tema karnaval 

menghias kelas dengan tema karnaval 
Menghias Kelas Dengan Tema karnaval

Menciptakan karya dengan model ini akan sangat membuat kelas nampak menarik dan indah. Yang paling menentukan bagus atau tidaknya karya yang satu ini adalah dengan pemberian warna yang tepat, pemberian warna yang bagus dan tepat akan sangat menambah motivasi siswa dalam proses belajar di dalam ruang kelas yang indah.

Yang ingin di buat akan bertemakan cerita, oleh karena itu warna : merah, biru, kuning, sangat cocok untuk di pakai karena mempunyai kesan terang dan indah, nantinya semua warna yang telah di pilih tadi akan di gabungkan dengan warna hitam.

Kemudian dalam kelas ciptakan hasil karya yang sangat menarik dan dapat di gunakan menambah minat siswa dalam belajar misalkan hasil bisa membuat hasil karya yang seperti tempat mainan di dalam ruangan kelas. Kebanyakan hasil karya yang ini di pakai pada taman kanak – kanak karena mereka pastinya masih menyukai hal yang indah dan menarik.

Menghias Kelas Dengan Tema Bawah Laut 

menghias kelas dengan tema bawah laut 
Menghias Kelas Dengan Tema Bawah Laut

Hasil karya seni yang satu ini memiliki tema bawah laut yang tidak di pakai untuk menghias ruangan kelas, tetapi sering di gunakan untuk menghias ruang membaca.

Dengan berbagai gambar yang sangat unik serta lucu, dan terkesan seperti ruang baca yang berada di dalam air, yang banyak di gunakan adalah warna hijau dan biru agar mempunyai kesan di dalam lautan.

Dalam proses awal karya yang ini gambar laut di dapat dengan memanfaatkan dinding ruangan kelas, dengan di dominasi oleh warna biru muda, biru tua, dan warna ungu yang di ciptakan dengan arti peper.

Tahap selanjutnya hanya cukup beri hiasan seperti ikan, gurita, dan agar karya tersebut memiliki kesan yang sangat sama dengan yang ada di laut.

Hiasan Kelas Dengan Tema Mekanik 

menghias kelas dengan tema mekanik 
Menghias Kelas Dengan Tema Mekanik

Hasil karya dengan memakai tema yang satu ini, dengan cara harus pandai mengkombinasikan berbagai macam warna yang ada. Yang terdapat dalam karya ini banyak sekali di dominasi dengan berbagai gambar roda,ring serta yang ada hubungan dengan mekanik. Kertas yang di bentuk dan di lipat juga dapat di pakai dalam menghasilkan karya yang satu ini.

Dan yang lainnya juga begitu misalkan saja dalam hal hiasan ruangan. Juga tema yang di buat dengan berbagai gambar roda, ring dan sebagainya sangatlah cocok di gunakan untuk kelas yang mempunyai kompetensi mekanik. Bisa juga di pakai untuk menghias kelas yang memilih jurusan kompetensi membuat robot dan yang lain.

Karena menghasilkan karya yang berhubungan dengan kelas akan sangat menambah semangat belajar dan membuat nyaman serta dengan mudah untuk meletakkan barang yang ada di ruangan kelas.

READ  12 Contoh Alat Musik Melodis, Gambar Beserta Cara Memainkannya

Menghias Kelas Dengan Dominasi Warna Hitam Putih 

menghias kelas dengan dominasi warna hitam putih 
Menghias Kelas Dengan Dominasi Warna Hitam Putih

Biasanya hasil karya yang di ciptakan dengan memakai tema yang satu ini  mempunyai berbagai macam jenis peralatan yang sangat memadai. Dan di tema yang satu ini di pakai untuk menghias ruangan siswa yang masih berada di bangku taman kanak – kanak.

Yang ruangan tersebut terdiri banyak sekali berbagai macam ruangan yang di pakai untuk bermain, membaca, dan ruangan untuk para guru yang mengajar. Ruangan kelas dalam tema ini banyak memakai warna hitam dan juga putih. Dan untuk peralatan misalkan meja, kursi dan yang lainnya memakai warna yang berbeda.

Dengan memakai warna yang sangat bagus agar nampak selaras dengan warna awal yang di miliki ruangan tersebut. Dalam ruangan tersebut yang sering kali hiasan yang di pakai adalah yang terbuat dari kertas origami yang buat menyerupai tanaman bunga bisa juga bentuk yang lainnya misalkan kotak, segitiga.

Jika ingin ruangan lebih menarik dan bagus bisa juga dengan membuat hiasan yang ada di atap ruangan dengan warna yang cerah agar nampak lebih indah. Dengan cara mengkombinasikan warna gelap dengan warna yang terang maka akan menciptakan suasana kelas yang sangat menawan.

Menghias Kelas Dengan Tema Kemah Di Area Baca

menghias kelas dengan tema kemah di area baca
Menghias Kelas Dengan Tema Kemah Di Area Baca

Jika ingin membuat anak usia dini gemar membaca, maka hal yang perlu di lakukan adalah dengan cara membuat se kreatif mungkin ruangan baca sesuai dengan yang di harapkan anak usia dini tadi. Bisa juga dengan menciptakan ruangan seperti tema kemah yang berada di lapangan yang luas.

Dan di ruangan tersebut bisa juga di beri tenda, tempat untuk para siswa membaca dan juga sofa, serta ruangan di ciptakan se nyata mungkin dengan yang ada di luar ruangan. Yang dapat di lakukan selanjutnya adalah dengan cara menambahkan berbagai bunga, serta daun – daun yang ada di dalam ruangan. Supaya menjadi ruangan yang membuat anak – anak nyaman berada di ruangan membaca tersebut.

Menghias Kelas Menggunakan Tema Warna-Warni

Menghias Kelas Menggunakan Tema Warna-Warni
Menghias Kelas Menggunakan Tema Warna-Warni

Sebenarnya tema ini memakai berbagai macam warna yang di gunakan. Yang di pakai dalam menghias ruangan adalah dengan menggunakan berbagai macam warna juga balon berwarna putih yang menghasilkan hiasan kelas ini sangat indah dan menarik.

Dengan berbagai macam warna yang beragam, supaya anak usia dini yang berada di dalam ruangan kelas menjadi paham akan berbagai macam warna. Dan juga kamu bisa memberitahu anak usia dini dalam menata barang yang mereka punya sesuai dengan warna masing – masing barang mereka.

Menghias Dinding Kelas Dengan Polkadot Kertas Origami

menghias dinding kelas dengan polkadot kertas origami
Menghias Dinding Kelas Dengan Polkadot Kertas Origami

Di bawah ini penjelasan tentang bagaimana cara menciptakan ruangan kelas yang indah dengan memakai kertas origami.  Berikut ini adalah proses yang perlu di lakukan :

1. Bahan yang di perlukan adalah dengan menyiapkan kertas origami dengan berbagai macam warna yang berbeda, serta jangan lupa siapkan gunting, pencil dan juga lem yang di pakai untuk merekatkan kertas.

2. Tahap selanjutnya menciptakan desain pada kertas origami yang sudah di siapkan tadi, lalu pada kertas tersebut tinggal kamu bikin lingkaran yang sama dengan kertas yang sudah kamu tentukan.

3. Kemudian kertas origami yang telah di buat tersebut tinggal kamu potong sesuai desain tadi.

4. Proses terakhir tinggal berikan lem kertas ke seluruh kertas yang berbentuk lingkaran tadi, dan tinggal rekatkan di dinding kelas kamu.

Memang hiasan kelas yang satu ini sangat terkesan biasa saja, namun sudah dapat menciptakan ruangan kelas nampak lebih nyata dan nyaman. Kamu juga dapat memasang dengan berbagai desain yang telah kamu ciptakan memakai kertas polkadot tadi.

Macam-Macan Bentuk Hiasan Kelas Menggunakan Kertas Origami

macam macam bentuk hiasan kelas menggunakan kertas origami

Menciptakan karya dengan kertas origami yang dapat membuat kelas akan lebih menarik dan indah dengan memakai berbagai macam warna yang dapat di pakai. Dengan kertas origami juga dapat menciptakan hiasan dengan berbagai macam bentuk yang menarik. Di bawah ini adalah jenis-jenis bentuk kertas origami yang dapat di buat :

1. Menghasilkan karya dengan kertas origami dalam bentuk tanaman agar nampak memiliki kesan alam ketika berada di dalam kelas.

2. Menggunakan kertas origami dengan membuat bentuknya seperti kipas agar keadaan kelas akan terasa sangat sejuk.

READ  18 Hiasan Dinding Kamar : Unik, Menarik, Simple beserta Gambarnya

3. Menciptakan kertas origami dengan bentuk 3D bentuk hati misalkan saja yang dapat dibuat.

4. Juga dapat membuat karya dengan berbagai bentuk kupu- kupu agar kelas terlihat menarik dan indah

5. Di dinding juga bisa di buat bentuk hewan yang dapat terbang misalkan saja burung elang.

Dan juga bisa menciptakan berbagai karya dari kertas origami, yang di butuhkan adalah dengan memakai kreatifitas pada diri sendiri.

Manfaat Hiasan Kelas

manfaat menghias kelas

Apa perlu menghias kelas?, Kamu memperoleh apa ketika menghias kelas?, Beberapa soal di atas tadi pastinya sering kali di jumpai, beberapa orang juga menyebut bahwa kegiatan yang di lakukan untuk menghias kelas di katakan hanya menghabiskan waktu saja.

Yang belum mengerti tentang pentingnya menghias kelas silahkan simak pembahasan berikut ini.

Membuat Kelas Lebih Menarik Dan Meningkatkan Semangat Belajar

membuat kelas lebih menarik dan meningkatkan semangat belajar
Membuat Kelas Lebih Menarik Dan Meningkatkan Semangat Belajar

Saat berada di dalam kelas yang tanpa adanya hiasan satu pun pastinya kamu akan merasa sangat jenuh ketika berada di dalam kelas. Jika mengamati keadaan kelas yang tidak mempunyai hiasan sedikit pun tentunya kamu akan cepat jenuh dan akan memilih untuk beristirahat di dalam kelas.

Apabila di dalam ruangan kelas ada hiasan yang sangat unik dan menarik pastinya tidak akan membuat kamu jenuh, serta suasana di dalam kelas akan terasa indah dan membuat betah berada di dalam kelas.

Ketika saat kamu belajar mulai tidak fokus dalam memperhatikan, kamu juga dapat melihat berbagai hiasan yang unik agar bisa fresh kembali dalam menerima pelajaran.

Hiasan Kelas membuat Siswa Semakin Kompak

hiasan kelas membuat siswa semakin kompak
Hiasan Kelas membuat Siswa Semakin Kompak

Yang dapat di jadikan solusi ketika ingin membuat para siswa saling bekerja sama adalah dengan cara menyuruh para anak didik untuk membuat hiasan kelas agar tampak indah. Tentunya seluruh murid pasti akan saling bergotong royong.

Yang di lakukan dengan bersamaan contoh menghias dan menata kelas bersama, dalam proses menghias kelas juga menimbulkan perasaan yang membuat  kamu tidak minder lagi.

Jika kamu tidak terlalu bisa dalam menciptakan karya seni setidaknya semua itu tertutupi jika semua di lakukan bersama dengan seluruh teman yang ada di kelas.

Kelasmu Akan Menjadi Kelas Paling Populer

kelasmu akan menjadi kelas paling populer
Kelasmu Akan Menjadi Kelas Paling Populer

Berbagai macam hiasan yang di ciptakan dengan beraneka ragam tentunya pasti akan membuat kelas akan terkenal di lingkungan sekolah.

Serta bisa juga mendapat prestasi jika nantinya ada lomba dalam menghias kelas di sekolah. Maka kamu tidak perlu terkejut ketika ada guru atau pun teman kamu yang berbincang tentang kelas kamu.

Bisa juga dapat di gunakan sebagai motivasi dari kelas yang lain. Jaman dulu ada orang yang pernah mengucapkan ” be on of those people who doesn’t follow trends. Set the trends.”

Saat ruangan kelas tidak memiliki hiasan, kamu jangan pernah merasa rendah ketika kamu menciptakan hiasan kelas yang sangat menarik dan unik, dengan waktu yang terus berputar, tentunya kelas yang masih belum mempunyai hiasan pasti akan meniru apa yang kamu lakukan.

Baca Juga Hiasan Dinding

Yang perlu di perhatikan adalah sudah memiliki izin untuk menghias kelas entah itu dari wali kelas atau pun kepala sekolah agar nantinya ada pihak yang menanggung resiko. Yang pastinya kelas lain akan menjadi ingin menciptakan hiasan kelas.

Menghias Kelas Menggunakan Wallpaper Dinding

menghias kelas menggunakan wallpaper dinding
Menghias Kelas Menggunakan Wallpaper Dinding

Jika dalam menciptakan kelas tanpa harus bekerja keras adalah bisa dengan menggunakan gambar yang ada di dinding kelas agar nampak indah dan menarik.

Yang dapat di lakukan dengan merundingkan dengan teman – teman yang ada di kelas agar dapat memasang gambar sesuai dengan rundingan bersama, lalu tinggal di tempelkan pada dinding kelas dengan teman – teman.

Tetapi dalam tema menghias kelas yang satu ini tidak di perbolehkan untuk sekolah menengah atas, dan hanya di perkenankan untuk mahasiswa dan mahasiswi. Sebab untuk para murid perlu menciptakan karya yang lebih banyak lagi, Dan ciptakan hasil karya hiasan kelas dengan hasil kreatifitas tangan kamu sendiri.

Bila menciptakan karya di dinding kelas yang unik dan menarik dapat di lakukan dengan cara membeli cat yang khusus untuk dinding. Semua ini di perkenankan jika sudah memiliki izin dari guru maupun kepala sekolah.

Dan jangan melakukan dan membuat karya di dinding kelas bila belum mempunyai izin dari guru maupun kepala sekolah serta harus sudah memiliki pihak yang siap untuk bertanggung jawab.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.