Peta Jawa Timur : Sejarah, Komponen, Kota Terkenal, dan Kekayaan Alam

Peta jawa timur – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa. Tepatnya berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Provinsi Jawa Timur terdiri dari 9 kota dan 29 kabupaten. Provinsi dengan luas 47.922 km2 ini memiliki Ibu Kota Provinsi, yakni Surabaya.

Bahkan jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di Pulau Jawa, Jawa Timur menjadi provinsi dengan wilayah yang paling luas. Anda bisa melihatnya sendiri di peta Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur juga memiliki ekonomi yang meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan melimpahnya kekayaan sumber daya alam yang ada. Jawa Timur juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur. Berikut ini ulasan lengkap tentang peta Jawa Timur.

Sejarah Dibentuknya Peta Jawa Timur

sejarah dibentuknya peta jawa timur
www.kopi-ireng.com

Peta Jawa Timur pertama kali dibuat oleh Sebastian Munster tepatnya pada tahun 1540. Setelah itu ditulis di dalam laporan pada tahun 1555 oleh Guillaume Le Testupada sebagai Pulau Terbesar. Pada saat pembuatan peta tersebut, Pulau Jawa masih dikenal dengan sebutan Java la Gandre/Java Major/Great Java.

Kemudian, pada tahun 1570 dibuatlah peta berjudul Indiae Orientalis oleh Abraham Ortellius yang juga menggambarkan Pulau Jawa. Pada saat dibuat tersebut, bentuk Pulau Jawa masih bulat dan belum utuh seperti sekarang. Kemudian pada tahun 1580 dibuatlah Peta Jawa baru oleh Francis Drake setelah bagian selatan Pulau Jawa sudah teridentifikasi.

Peta Jawa tersebut terus menerus mengalami perkembangan, hingga pada tahun 1718, Henri Chatelain membuat peta yang lebih persis dan detail. Peta yang lebih terperinci tersebut sudah memuat nama kota, ciri khas dataran, gunung, dan lainnya. Demikian juga untuk peta Jawa Timur yang sudah banyak daerah yang teridentifikasi dan komponen alam yang ada.

Komponen-Komponen Peta Jawa Timur

komponen komponen peta jawa timur
gres.web.id

Dalam peta Jawa Timur terdapat berbagai komponen peta yang merupakan ciri khas dari Provinsi Jawa Timur. Komponen tersebut sangatlah banyak, sehingga saat dibahas semua akan menjadi sangat panjang. Oleh karena itu, cukup membahas tentang komponen yang paling menonjol di peta Jawa Timur, yakni sebagai berikut:

  • Gunung

Gunung menjadi komponen yang ada di peta Jawa Timur. Bahkan Provinsi Jawa Timur memiliki banyak gunung yang terkenal. Berikut ini nama-nama gunung yang ada di Jawa Timur:

  • Gunung Bromo

Gunung Bromo dikenal menjadi gunung yang minim tantangan oleh kalangan anak muda, sehingga disebut mainstream. Akan tetapi, kemudahan dalam mengunjunginya membuat gunung ini banyak didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

Gunung dengan ketinggian 2392 mdpl ini terletak di antara kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang.

  • Gunung Semeru

Gunung Semeru berada di sebelah selatan dari Gunung Bromo. Bahkan jarak dari Gunung Bromo tidak terlalu jauh. Gunung Semeru menjadi sangat terkenal karena keindahan danau Ranu Kumbolo dengan pemandangan alamnya yang indah.

Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini berada di antara Kabupaten Malang, Lumajang, dan Pasuruan.

  • Gunung Ijen

Ciri khas utama dari Gunung Ijen adalah adanya api biru yang fenomenal. Api biru tersebut terbentuk karena adanya gas belerang yang berasal dari kawahnya. Gunung dengan ketinggian 2.443 mdpl ini berada di antara Kabupaten Situbondo, Banyuwangi, dan Bondowoso.

  • Gunung Argopuro

Gunung Argopuro di Jawa Timur ini terkenal dengan adanya mitos tentang hilangnya Dewi  Rengganis beserta dayang-dayangnya. Gunung dengan ketinggian 3.088 mdpl ini berada di antara Kabupaten Bondowoso, Probolinggo, Lumajang, dan Malang. 

  • Gunung-Gunung Lainnya

Selain gunung-gunung di atas masih terdapat gunung lainnya di Jawa Timur yakni Gunung Kawi, Gunung Raung, Gunung Kelud, Gunung Ngliman, Gunung Lawu, Gunung Arjuno, dan gunung-gunung kecil lainnya. Semua gunung-gunung tersebut memiliki keindahan alam yang berbeda-beda.

  • Pantai

Provinsi Jawa Timur memiliki pantai yang begitu indah dan eksotis, sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Berikut ini nama-nama pantai yang ada di peta Jawa Timur:

  • Pantai Papuma Jember

Pantai yang indah ini memiliki ciri khas, yakni adanya tujuh karang besar yang megah di tepi pantai. Selain itu, Pantai Papuma juga memiliki pasir putih yang indah memukau. 

Pantai Papuma bahkan menjadi destinasi favorit untuk melakukan foto prewedding serta untuk berbulan madu. Pantai yang mempesona ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

  • Pantai Klayar Pacitan

Pantai di wilayah selatan dari Pulau Jawa ini terlihat sangat indah, karena memiliki air laut yang biru dan hijau toska. Selain itu, pasirnya juga berwarna putih seperti susu.

Pantai Klayar juga memiliki banyak batu karang yang kokoh dan megah di sepanjang pantainya. Pantai yang indah ini terletak di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

  • Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sembari menikmati indahnya matahari terbenam. Bahkan banyak orang yang menyebut jika Pantai Pulau Merah merupakan Kuta-nya Jawa Timur. 

Bisa dibayangkan betapa indahnya pantai yang satu ini. Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

  • Pantai G Land Banyuwangi

Masih di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Di sini terdapat pantai yang gulungan ombaknya bisa mencapai 4-6 meter, sehingga sangat bagus untuk surfing. Pantai G Land berada di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

  • Pantai-Pantai Lainnya

Selain pantai-pantai di atas, masih banyak pantai indah lainnya yang ada di Jawa Timur. Beberapa pantai yang ada di peta Jawa Timur antara lain Pantai Gua Cino Malang, Pantai Tiga Warna Malang, Pantai Banyu Tibo Pacitan, dan masih banyak pantai lainnya yang tersebar di Jawa Timur.

Kota/Kabupaten Terkenal di Jawa Timur

kota
id.wikipedia.org

Jika membahas tentang kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur memang bisa sangat panjang. Oleh karena itu, lebih baik membahas tentang kota/kabupaten yang terkenal saja, yaitu sebagai berikut:

  • Kota Surabaya

Kota paling terkenal di Jawa Timur tentu saja Kota Surabaya yang merupakan Ibu Kota Provinsinya. Kota Surabaya juga dikenal sebagai Kota Pahlawan, karena banyaknya pahlawan yang berasal dari sini.

Kota Surabaya menjadi sebuah Kota Metropolitan yang maju dengan tatanan kota yang baik. Kota ini juga dikenal sebagai Kota Pendidikan, karena pendidikannya maju dan banyak perguruan tinggi ternama. Kota Surabaya berada di antara Kota Gresik, Kota Sidoarjo, dan Pulau Madura.

  • Kota Malang

Kota Malang menjadi kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, diantaranya adalah Jatim Park, Balekambang, dan Batu Night Spectacular. Di sini suhu udara juga relatif dingin, karena dikelilingi beberapa gunung. Kota Malang berada di antara Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Lumajang, dan Kota Pasuruan.

  • Kota Banyuwangi

Kota Banyuwangi di Jawa Timur ini terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik. Kota Banyuwangi juga identik dengan sejarah kisah Damarwulan yang masih selalu diingat hingga saat ini. Kota Banyuwangi berada di antara Kota Jember, Kota Situbondo, dan Pulau Bali.

  • Kota Kediri

Kota Kediri juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan tidak kalah dengan kota-kota lainnya. Di sini terdapat Monumen Simpang Lima Gumul yang bentuknya mirip dengan Arc de Triomphe Paris. Kota Kediri berada di antara Kota Nganjuk, Kota Blitar, Kota Jombang, dan Kota Tulungagung.

  • Kota-Kota Lainnya

Selain kota-kota yang sudah disebutkan di atas, masih banyak kota-kota lainnya di Provinsi Jawa Timur, yaitu seperti Kota Sidoarjo, Kota Madiun, Kota Ponorogo, Kota Sampang, Kota Mojokerto, dan lainnya. Kota-kota yang ada di Jawa Timur bercirikan pariwisata dan pendidikan.

Kekayaan Alam Jawa Timur

kekayaan alam jawa timur
www.superadventure.com

Kekayaan alam Provinsi Jawa Timur memang dikenal berlimpah. Bahkan setiap kabupaten yang ada di Jawa Timur memiliki kekayaan alam khas masing-masing. Sumber daya alam tersebut terus digunakan untuk memenuhi berbagai bidang seperti kelautan, perikanan, pertanian, dan lainnya. 

Kekayaan alam yang ada di Jawa Timur dimanfaatkan untuk bisa dikonsumsi dan juga diolah menjadi produk yang bernilai jual untuk pasaran luas. Oleh karena itu, masyarakat sekitar memiliki mata pencaharian yang layak, sehingga pengembangan ekonomi bisa meningkat.

Berikut ini merupakan kekayaan alam yang ada di Provinsi Jawa Timur dari tiap kabupatennya:

  • Magetan

Kabupaten Magetan terkenal dengan hasil kopinya, karena kopi memang menjadi kekayaan alam di sini. Selain kopi, Magetan juga memiliki kekayaan alam berupa kakao.

  • Situbondo

Kabupaten Situbondo memiliki kekayaan alam berupa biji kopi dan mangga. Kedua kekayaan alam tersebut menjadikan Kabupaten Situbondo begitu dikenal oleh masyarakat luas.

  • Kediri

Banyak orang yang sudah mengenal Kabupaten Kediri sebagai penghasil kopi dengan aroma sedap dan cita rasa yang tiada tandingannya. Biji kopi memang menjadi potensi alam terbesar yang ada di Kediri, sehingga daerah ini sangat unggul untuk hasil kopinya.

  • Bondowoso

Bondowoso memiliki kekayaan alam yang banyak dan berlimpah. Berbagai kekayaan alam tersebut bisa digunakan sebagai hasil olahan, yakni seperti daun kawah, tebu, tembakau, kelapa, dan lain sebagainya.

  • Tuban

Kabupaten Tuban memiliki kekayaan alam berupa perkebunan jagung dan tembakau. Selain itu, di sini juga banyak terdapat peternakan kambing dan domba.

  • Jombang

Kabupaten Jombang memiliki kekayaan alam berupa kakao, tebu, dan tembakau. Warga setempat memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk dijadikan sebagai produk yang bernilai jual.

  • Tulungagung

Kabupaten Tulungagung memiliki kualitas telur yang terkenal bagus, sehingga daerah ini terkenal dengan potensi peternakan ayamnya yang unggul.

  • Gresik

Gresik terkenal dengan kekayaan alam berupa semen. Ada banyak sekali jenis semen berkualitas yang berasal dari Gresik ini.

  • Pacitan

Kabupaten Pacitan memiliki kekayaan alam unggulan berupa kelapa dan padi. Oleh karena itu, Pacitan menjadi daerah unggul penghasil beras di Jawa Timur.

  • Blitar

Kabupaten Blitar juga memiliki kekayaan alam yang banyak dan beragam, yaitu berupa kopi, ubi kayu, kelapa, dan tebu. Selain itu, terdapat pula beberapa peternakan kambing dan peternakan ayam.

  • Ngawi

Kabupaten Ngawi memiliki kekayaan alam berupa tembakau, tebu, dan biji kopi.  Kekayaan alam tersebut di manfaatkan dengan sangat baik oleh warga setempat, sehingga meningkatkan perekonomian.

  • Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo terkenal dengan kekayaan alam berupa seafood, seperti udang dan ikan. Oleh karena itu, banyak sekali jenis olahan seafood yang lezat jika Anda berkunjung ke sini.

  • Lamongan

Kabupaten Lamongan merupakan kabupaten di Jawa Timur yang dikenal sebagai penghasil jagung terbesar yang ada di Jawa Timur. Jagung tersebut di jual ke berbagai daerah lain dan juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi produk.

  • Malang

Kabupaten di Jawa Timur yang satu ini memiliki potensi yang sangat besar sebagai destinasi wisata. Hal ini dikarenakan kondisi daerahnya yang tenang dan sejuk, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur.

  • Trenggalek

Di Kabupaten Trenggalek Anda bisa menemukan potensi kekayaan alam, yakni peternakan kambing. Di daerah ini banyak menghasilkan bahan makanan dan olahan kaleng yang berasal dari daging kambing.

  • Sampang

Kabupaten sampang memiliki kekayaan alam berupa jagung dan garam. Kekayaan alam tersebut diolah menjadi produk yang bernilai jual, sehingga mampu menyejahterakan warganya.

  • Ponorogo

Ponorogo yang terkenal dengan Tari Reog ini memiliki kekayaan alam berupa geothermal, kelapa, dan biji coklat. Kekayaan alam tersebut juga diolah menjadi produk yang bisa digunakan oleh banyak orang.

  • Pasuruan

Kabupaten Pasuruan terkenal sebagai daerah yang mampu menghasilkan buah mangga dengan rasa yang enak. Tidak heran jika mangga dari daerah ini dijual ke berbagai daerah di Jawa Timur.

  • Banyuwangi

Banyuwangi memiliki kekayaan alam berupa penghasil emas yang besar. Emas diolah dengan teknik khusus, sehingga bernilai jual tinggi.

  • Nganjuk

Kabupaten Nganjuk memiliki kekayaan alam khas berupa batu gamping. Batu gamping tersebut diolah, sehingga bernilai jual tinggi.

  • Sumenep

Kabupaten Sumenep terkenal dengan kekayaan alam berupa tembakau, sehingga bisa menjadi mata pencaharian masyarakat setempat.

  • Jember

Jember terkenal dengan banyaknya peternakan domba dan peternakan ayam. Dari sini banyak sekali daging domba berkualitas bagus dan telur ayam yang berkualitas tinggi.

  • Batu

Kabupaten Batu memiliki suhu udara  yang sejuk, sehingga kekayaan alam yang dimiliki berupa sayuran dan buah apel.

  • Bojonegoro

Bojonegoro memiliki kekayaan alam berupa marmer dan batu gamping. Kedua batu tersebut sangat bagus dijadikan sebagai bahan bangunan.

  • Bangkalan

Daerah yang satu ini memang terkenal sebagai penghasil batu gamping terbesar di Jawa Timur. Sudah lama batu gamping Bangkalan menjadi jenis batu berkualitas yang terkenal. Batu Gamping dari Bangkalan juga menjadi jenis bahan bangunan yang banyak digunakan oleh masyarakat luas.

  • Mojokerto

Mojokerto memiliki kekayaan alam khas berupa tembakau dan tebu. Kedua sumber kekayaan alam tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh warga setempat. Tembakau dan tebu dari Mojokerto juga dijual ke berbagai daerah lain di sekitar Mojokerto. 

  • Madiun

Kabupaten Madiun memiliki kekayaan alam berupa geothermal, sehingga di sini banyak sekali pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, kebutuhan listrik warga setempat terpenuhi.

  • Pamekaan

Kabupaten Pamekasan banyak dikunjungi karena memiliki kekayaan alam berupa batu gamping dan tembakau. Kedua kekayaan alam tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga setempat, sehingga mampu menjadi mata pencaharian yang layak.

  • Lumajang

Kabupaten di Jawa Timur yang satu ini merupakan penghasil marmer terbesar di Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, banyak sekali bahan bangunan berkualitas yang berasal dari kabupaten ini. 

Baca Juga Peta Indonesia

READ  Peta Indonesia: Pengertian, Manfaat, Geografis dan Kawasannya

Demikianlah beberapa hal yang bisa dipelajari dari peta Jawa Timur. Mulai dari sejarah, komponen peta, kota terkenal, dan kekayaan alam yang dimiliki Provinsi Jawa Timur. Jawa Timur memiliki banyak kota, namun ciri khas dari setiap kotanya adalah pariwisata dan pendidikan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.