Peta Sumatera: Sejarah, Letak, Definisi, Provinsi dan Budaya

Peta sumatera – Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau  dengan ukuran yang besar diantara pulau lainnya di Indonesia. Sebagai pulau yang berukuran besar, maka pulau Sumatera juga terbagi menjadi beberapa provinsi. Untuk bisa melihat pembagian provinsi di pulau Sumatera dengan lebih jelas, maka Anda bisa melihatnya di peta Sumatera. 

Pulau Sumatera memiliki berbagai kekayaan alam yang melimpah, baik itu dari sektor alam, penduduk, dan kebudayaannya. Apabila dilihat dari peta pulau Sumatera maka bisa dilihat jika pulau yang satu ini membujur dari utara ke selatan. Selain itu, pulau Sumatera juga dilewati oleh garis khatulistiwa. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan tentang peta Sumatera berikut ini.

Sejarah Pulau Sumatera

sejarah pulau sumatera
myallindonesia.blogspot.com

Dalam bahasa Sansekerta Pulau Sumatera disebut Suwarnadwipa yang artinya pulau emas. Hal tersebut telah tercantum dalam prasasti Padang Roco tahun 1286 yang di pahatkan Suwarnabumi bhumi malayu.

Adapun arti kedua bahasa sansekerta tersebut adalah tanah emas dan tanah melayu. Sedangkan nama Sumatera berasal dari adanya kerajaan Samudra yang berlokasi di pesisir timur Aceh. Seorang petualang dari Maroko bernama Ibnu Batutah pada tahun 1345 menyebutkan jika Samudra menjadi Samatrah.

Kemudian, pada abad selanjutnya nama negeri di kerajaan Aceh tersebut diambil alih oleh musafir lainnya, bahkan untuk seluruh pulau. Lalu pada abad ke-16 nama Samatrah berubah menjadi Sumatera yang tercantum pada peta Portugis.

Pada tahun 1490 Ibnu Majid membuat peta untuk daerah sekitar Samudra Hindia dan termasuk pula Pulau Sumatera. Peta yang dibuat Ibnu Majid tersebut kemudian disalin kembali pada tahun 1498 oleh Roteiro dan muncullah nama Cammatara.

Lalu pada tahun 1501 Amerigo Vespucci membuat peta dengan memunculkan nama Samatera. Peta Masser pada tahun 1506 juga membuat nama Samatera. Nama-nama tersebut terus bermunculan hingga bertemu dengan satu nama yang sesuai, yaitu Sumatera.

Letak Pulau Sumatera

letak pulau sumatera

Jika melihat langsung ke peta maka Anda bisa memperhatikan dimana letak pulau Sumatera. Untuk lebih jelasnya tentang letak pulau Sumatera maka Anda bisa menyimak ulasan tentang letak pulau Sumatera secara astronomis dan geografis berikut ini:

  • Letak Secara Astronomis

Terlebih dahulu kita bahas tentang letak pulau Sumatera secara astronomis. Apabila dilihat secara astronomis, maka pulau Sumatera melintang di posisi 6o Lintang Utara sampai 6o Lintang Selatan dan membujur di antara 95o Bujur Barat sampai 109o Bujur Timur.

Dengan letak astronomis yang dimiliki tersebut, maka pulau Sumatera termasuk ke dalam kawasan tropis. Selain itu pulau Sumatera juga merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa atau 0o.

  • Letak Secara Geografis

Selanjutnya adalah letak pulau Sumatera secara geografis. Apabila dilihat secara geografis maka pulau Sumatera terletak di bagian barat kepulauan Indonesia.

Di sebelah utara, pulau Sumatera berbatasan dengan Teluk Benggala, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Selat Malaka. Di sebelah barat, pulau Sumatera berbatasan dengan Samudera Hindia, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan selat Sunda. 

Jika dilihat dari letaknya maka pulau Sumatera merupakan pulau yang luas, yakni mencapai 473.481 kilometer persegi. Dengan luas yang dimiliki tersebut pulau Sumatera memiliki penduduk sejumlah 57.940.361 jiwa. Karena ukuran pulaunya yang besar, maka pulau Sumatera dibagi menjadi sepuluh provinsi.

Definisi Pulau Sumatera

definisi pulau sumatera
snarg.net

Apabila dilihat di peta, maka Anda akan melihat banyaknya provinsi dan kota yang ada di Pulau Sumatera. Selain itu, Anda juga dapat memahami perbatasan dari setiap provinsi. Pulau Sumatera juga merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di dunia dan di Indonesia, sehingga memiliki gugusan pulau besar dan kecil lainnya.

Di peta Sumatera Anda juga dapat melihat Pulau Sumatera secara keseluruhan yang berwarna hijau dengan barisan buktinya yang tinggi. Selain perbukitannya yang indah, di Pulau Sumatera juga banyak terdapat sungai, lembah, dan pantai yang indah.

Provinsi di Pulau Sumatera

provinsi di pulau sumatera
brainly.co.id

Karena ukuran pulau Sumatera yang besar, maka pemerintah Indonesia membaginya menjadi sepuluh provinsi. Untuk setiap provinsi juga memiliki pemerintahan daerah masing-masing. Dari sepuluh provinsi yang ada di pulau Sumatera juga memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk melihat letak provinsinya maka Anda bisa melihat peta Sumatera. Berikut ini sepuluh provinsi yang ada di pulau Sumatera:

  • Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Provinsi yang pertama yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Provinsi yang satu ini adalah provinsi di pulau Sumatera yang letaknya di ujung utara. Ibukota Nanggroe Aceh Darussalam adalah Banda Aceh. 

Banda Aceh memiliki julukan sebagai serambi Mekkah, karena penduduk Aceh mayoritas adalah muslim. Selain itu, penyebaran agama Islam di Indonesia dimulai dari Aceh. Nanggroe Aceh Darussalam juga memiliki banyak pulau kecil, salah satunya adalah pulau Weh.

  • Provinsi Sumatera Utara

Provinsi di pulau Sumatera yang selanjutnya yaitu Sumatera Utara. Sumatera Utara merupakan provinsi yang terletak di bagian utara dari pulau Sumatera, tepatnya ada di bagian selatan Aceh. 

Ibukota Provinsi Sumatera Utara adalah Kota Medan. Penduduk asli di Sumatera Utara adalah orang suku Batak dan suku Melayu. Sumatera Utara juga memiliki bentangan alam yang sangat indah. Bahkan terdapat pula sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Toba.

  • Provinsi Sumatera Barat

Provinsi di Pulau Sumatera yang selanjutnya yaitu Sumatera Barat. Ibukota Provinsi Sumatera Barat adalah Padang. Adapun penduduk asli provinsi ini adalah suku Minang. 

Orang suku Minang terkenal dengan kepiawaiannya dalam memasak dan berdagang. Bahkan di Padang terdapat makanan khas yang telah diakui dunia kelezatannya, yaitu rendang. Selain itu, Provinsi Sumatera Barat juga memiliki bentangan alam yang indah.

  • Provinsi Riau

Provinsi di Pulau Sumatera yang berikutnya yaitu Riau. Provinsi Riau ini memiliki kekayaan sejarah yang tinggi. Penduduk asli Riau adalah orang suku Melayu. Sedangkan Ibukota Provinsi Riau adalah Kota Pekanbaru.

Riau juga dikenal sebagai provinsi yang memiliki banyak kawasan sungai. Minyak bumi juga menjadi sumber daya alam yang banyak terdapat di Riau.

  • Provinsi Kepulauan Riau

Sebenarnya Provinsi Kepulauan Riau letaknya tidak menyatu dengan Pulau Sumatera, namun masuk dalam wilayah Pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan Kepulauan Riau terletak di sebelah Provinsi Riau.

Akan tetapi, karena wilayahnya yang luas maka pemerintah Indonesia menjadikan Kepulauan Riau sebagai provinsi sendiri. Pulau Batam merupakan pulau yang paling terkenal di Provinsi Kepulauan Riau.

  • Provinsi Jambi

Provinsi yang selanjutnya yaitu Jambi. Provinsi Jambi ini berada di tengah-tengah Pulau Sumatera. Mayoritas suku yang mendiami Jambi adalah suku Melayu. Kota Jambi adalah Ibukota Provinsi Jambi. 

Provinsi yang satu ini memiliki bentangan alam yang indah dan mengagumkan. Di Jambi juga terdapat gunung-gunung yang terkenal, salah satunya adalah Gunung Kerinci.

  • Provinsi Bengkulu

Provinsi di Pulau Sumatera yang selanjutnya yaitu Provinsi Bengkulu. Kota Bengkulu adalah Ibukota Provinsi dari Bengkulu. Antara nama provinsi  dan Ibukota provinsinya sama. Adapun penduduk asli yang mendiami Provinsi Bengkulu adalah orang suku Melayu.

Provinsi Bengkulu juga terkenal dengan bentangan alamnya yang cantik. Hutan rimbun yang menghijau dan luas juga banyak terdapat di Bengkulu. Di kawasan hutan Bengkulu yang rimbun tersebut banyak sekali hidup berbagai satwa liar. 

  • Provinsi  Sumatera Selatan

Provinsi yang berikutnya di Pulau Sumatera yaitu Sumatera Selatan. Provinsi yang satu ini berada di bagian selatan dari Pulau Sumatera, sehingga disebut sebagai Provinsi Sumatera Selatan. Ibukota Provinsi Sumatera Selatan adalah Kota Palembang. 

Penduduk suku Melayu adalah penduduk asli yang mendiami Provinsi Sumatera Selatan. Sumatera Selatan juga dikenal memiliki bentangan alam yang sangat memukau. Selain itu, banyak sekali  terdapat sungai di kawasan Sumatera selatan. Salah satu sungai yang sangat terkenal di Sumatera Selatan yaitu Sungai Musi.

  • Provinsi Bangka Belitung

Jika Anda melihat di peta, maka dapat dilihat jika Provinsi Bangka Belitung ini sedikit terpisah dari Pulau Sumatera. Akan tetapi, meskipun terpisah provinsi yang satu ini masih masuk dalam kawasan Pulau Sumatera.

Pangkal Pinang adalah Ibukota Provinsi Bangka Belitung. Sedangkan penduduk asli yang mendiami Provinsi Bangka Belitung adalah suku Melayu Pesisir. Provinsi ini juga terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

  • Provinsi Lampung

Provinsi terakhir yang ada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Lampung. Provinsi yang satu ini berada di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi Lampung memiliki Ibukota Provinsi Bandar Lampung. Penduduk asli yang mendiami Provinsi Lampung adalah suku Melayu.

Provinsi yang satu ini terkenal dengan keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Terdapat banyak sekali satwa liar yang hidup di hutan Provinsi Lampung. Provinsi Lampung juga terkenal dengan kondisi alamnya yang subur.

Budaya Pulau Sumatera

budaya pulau sumatera
thegorbalsla.com

Pulau Sumatera juga memiliki budaya yang beragam serta keunikan tersendiri, misalnya saja pada keunikan melayu. Sebelumnya Sumatera juga sering disebut sebagai tanah melayu, karena keunikan yang dimilikinya, salah satunya adalah pada acara pernikahan.

Saat seorang laki-laki akan melamar perempuan maka nominalnya tergantung dengan tingkat pendidikan dan latar belakang pihak perempuan. Tradisi lain yang unik dari suku melayu adalah tradisi tepung tawar yang dilakukan dalam acara syukuran, penempatan rumah baru, dan pernikahan.

Sedangkan suku Batak yang berada di Sumatera Utara juga memiliki tradisi yang tidak kalah unik. Agama suku Batak mayoritas adalah Kristen. Suku yang satu ini memiliki pakaian khas bernama kain ulos. Kain ini sering digunakan pada saat pelaksanaan upacara adat suku Batak.

Kain ulos khas suku Batak ini memiliki motif dan warna yang khas. Untuk bentuknya terlihat seperti selendang yang panjang, namun memiliki keunikan tersendiri. Selendang panjang suku Batak ini terbuat dari bahan khusus dengan ketebalan yang sesuai.

Suku lain yang ada di Pulau Sumatera yaitu Suku Minang. Suku Minang ini juga sering disebut sebagai Suku Minangkabau. Mayoritas penduduk Suku Minang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Suku Minang juga memiliki ciri khas yang unik dengan gaya bahasa yang khas.

Pada umumnya para penduduk Suku Minang memiliki mata pencaharian sebagai petani dan pedagang, sehingga masakannya sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia.

Kota dan Daerah di Pulau Sumatera

kota dan daerah di pulau sumatera

Jika menyebutkan nama kota dan daerah yang ada di Sumatera pastinya Anda sudah mengenalnya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali kota serta daerah yang terkenal di Pulau Sumatera. Kota tersebut menjadi begitu terkenal karena memiliki berbagai destinasi wisata dan keberagaman yang menarik. Berikut ini kota dan daerah yang ada di Sumatera:

  • Kota Aceh

Jika dilihat pada peta Sumatera maka Kota Aceh berada di ujung Pulau Sumatera.  Masyarakat yang tinggal di Aceh sangat terkenal agamis. Selain itu, di sini juga banyak terdapat destinasi menarik yang dapat dikunjungi. 

Di Aceh juga terdapat berbagai cerita rakyat dan peninggalan sejarah yang masih melekat serta dipercayai oleh masyarakatnya. Destinasi wisata yang ada di Aceh juga sangat menarik, seperti Pantai Labuhan Haji serta destinasi wisata lainnya.

Banyak sekali objek wisata yang mengandung unsur sejarah di Kota Aceh ini, seperti contohnya Gua Kalam, Panorama Hatta, Pulau Dua, Batu Berlayar, dan sebagainya. Destinasi wisata yang bersejarah tersebut memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Misteri dan cerita yang tersimpan juga berbeda-beda. Cerita terkait destinasi wisata tersebut masih dipercayai masyarakat Aceh hingga saat ini.

  • Kota Palembang

Jika mendengar nama Kota Palembang pastinya Anda langsung teringat pada makanan khasnya, yaitu Pempek. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kota di Indonesia.

Kota yang sering disebut sebagai Kota Tua ini dulunya juga sempat menjadi pusat ajaran pendidikan agama Budha. Kota Palembang juga memiliki berbagai peninggalan sejarah dari kerajaan Sriwijaya. Peninggalan sejarah tersebut berupa benda-benda dan tempat-tempat yang sudah dijadikan sebagai destinasi wisata.

Kota ini memiliki ciri khas dan kesenian yang unik, salah satunya adalah kain songket. Kain songket terlihat unik dari motif yang diterapkan. Selain itu, terdapat pula batik khas Kota Palembang yang berbeda dari jenis batik lainnya.

  • Kota Medan

Jika dilihat di peta Sumatera maka Kota Medan memiliki letak geografis di 3o35 Lu dan 98o40 BT. Kota Medan berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Sehingga membuat Kota Medan sebagai tempat yang strategis dalam jalur pelayaran melalui Selat Malaka.

Kota Medan juga menjadi salah satu gerbang kegiatan ekonomi mancanegara yang ada di Selat Malaka. Di kota inilah tinggal penduduk Suku Batak yang cukup besar di Indonesia. Penduduk Medan sebagian besar menganut agama Islam dan Kristen Protestan.

Ada juga agama lain seperti Hindu, Budha, dan Katolik. Jika Anda jalan-jalan ke Kota Medan maka akan menemui berbagai destinasi wisata yang menarik dan mengedukasi. Bahkan banyak pula objek wisata yang menyimpan sejarah.

  • Kota Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung merupakan Ibukota Provinsi Lampung yang ada di Pulau Sumatera. Provinsi Lampung sangat terkenal dengan keanekaragaman hayati dan satwa liar yang hidup di hutannya yang rimbun. Karena berada di bagian selatan Pulau Sumatera menjadikan Kota Bandar Lampung terkenal sangat subur.

Kota Bandar Lampung juga memiliki ciri khas yaitu kain tapis dengan motif yang beragam. Di Bandar Lampung berbagai macam tradisi dan kebudayaan juga masih senantiasa dilestarikan. Berbagai destinasi wisata yang indah dan bersejarah juga banyak terdapat di Kota Lampung.

Salah satunya adalah destinasi wisata Menara Siger yang menyimpan sejarah. Sedangkan objek wisata yang menyuguhkan keindahan seperti Pantai Pahawang, Pantai Pasir Putih, dan objek wisata pegunungan.

Baca Juga Peta Indonesia

READ  Peta Jakarta: Sejarah, Pembagian Wilayah Hingga Kebudayaannya

Itulah ulasan lengkap tentang peta Sumatera yang bisa menambah wawasan Anda tentang Pulau Sumatera. Semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari informasi tentang peta Sumatera. Terima kasih!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.