13 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh dan Ciri Madu yang Asli

Manfaat Madu – Siapa yang tidak kenal madu ? Ya, madu adalah salah satu herbal terbaik di dunia yang memiliki peran yang sangat penting untuk usaha menjaga kesehatan tubuh dengan tepat. Beragam kandungan madu bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa perawatan khusus. Tidak hanya itu, ragam manfaat madu juga bisa diandalkan untuk melakukan perawatan tubuh lainnya.

Nah, berbincang tentang madu, hampir setiap orang menyukai hasil alam yang satu ini. Rasa yang manis dan tidak enek menjadi salah satu alasan. Selain itu, gambaran khasiat yang begitu baik menjadikan madu diburu oleh masyarakat dan dikonsumsi setiap hari.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam manfaat madu berkaitan dengan usaha menjaga kesehatan tubuh harian. Apa saja manfaat dari herbal yang satu ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ciri Madu yang Asli

ciri madu asliSebelum membahas tentang aneka manfaat madu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan madu yang asli. Ya, perlu diketahui bahwa ada cukup banyak produk madu di pasaran yang bukan merupakan madu asli atau madu murni. Madu tersebut dicampur dengan bahan lain untuk alasan keuntungan.

Sayangnya, masyarakat sering terkecoh dengan madu yang satu ini. Secara tampilan, memang tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara madu campuran dengan madu asli. Namun, ada beberapa hal yang menjadi ciri dari madu asli tersebut. Nah, sebelum membeli madu, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa ciri madu asli agar tidak salah pilih.

Adapun beberapa ciri dari madu asli sebagai pertimbangan untuk membeli madu adalah sebagai berikut:

  • Tidak Lengket

Salah satu ciri dari madu yang asli adalah tidak lengket. Ketika Anda menggosok-gosokan madu menggunakan dua jari, maka madu asli akan cenderung tidak lengket. Selain tidak lengket, madu asli cenderung terserap ke kulit. Jika Anda menggosok madu dengan dua jari dan ada butiran yang tertinggal, maka bisa dimungkinkan madu tersebut tidak murni.

  • Sangat Kental

Ciri lain dari madu yang murni dan asli adalah kekentalannya yang lebih terlihat. Dalam hal ini, jika Anda menggoyangkan wadah madu, maka madu yang asli akan cenderung bergerak dengan sangat lambat.

Hal ini dikarenakan teksturnya sangat kental. Oleh karenanya, jika madu bergerak dengan cepat dan ringan, bisa dikatakan madu tersebut adalah oplosan.

  • Mengalir Lancar

Untuk membedakan madu yang murni dan oplosan, maka Anda bisa mencoba menuangkan madu dengan suhu ruangan menggunakan permukaan sendok. Dalam hal ini, jika madu mengalir tanpa terputus maka bisa dikatakan madu tersebut adalah asli. Sementara madu yang mengalir dengan terputus-putus, maka tandanya ada tambahan air pada madu tersebut yang lebih dari 20%.

  • Tidak Mudah Larut Dalam Air

Madu biasanya dikonsumsi dengan tambahan air hangat. Nah, penambahan ini bisa juga digunakan sebagai cara untuk membedakan madu asli dan tidak. Dalam hal ini, madu yang asli cenderung tidak mudah larut pada air dan akan mengendap di dasar gelas. Sementara madu yang tidak asli akan cenderung langsung menyebar dan menyatu ketika dimasukkan dalam air.

  • Tidak Berbuih Saat Dipanaskan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membedakan madu murni dan oplosan adalah tidak berbuih saat dipanaskan. Madu asli yang dipanaskan memang akan membentuk karamel, namun tidak akan berbuih. Buih yang muncul saat madu dipanaskan adalah bukti bahwa madu memiliki campuran gula dan air sehingga tidak murni.

Nah, beberapa ciri dan cara di atas bisa Anda gunakan untuk mencari madu yang asli. Tentu, manfaat madu akan lebih maksimal jika Anda mengkonsumsi madu yang asli. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa setiap jenis madu memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang tentu juga perlu dipelajari.

Jual Madu Hutan Asli dan Murni

jual madu hutan asli dan murni
jual madu hutan asli dan murni

Kami menjual madu hutan asli yang kami penen secara langsung di hutan.  Bagi anda yang sedang mencari madu hutan asli dan murni bisa menghubungi kami melalui nomor ini 0857-7940-7746

Untuk melihat testimoni pelanggan dan dokumentasi saat proses panen madu dihutan yang masih alami Anda bisa mengunjungi akun instagram @madujuragan.id dan fanpage facebook @madujuragan.id

Kami jual 100% madu asli, jaminan uang kembali jika madu yang kami jual terbukti tidak asli. Berikut ini adalah dokumentasi foto dan video saat proses panen madu asli di hutan.

panen madu

Berikut dokumentasi video Madu Juragan saat proses panen madu hutan :

Untuk informasi & pemesanan bisa call / whatsApp: 0857-7940-7746

Beragam Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat madu untuk kesehatan tubuh
manfaat madu untuk kesehatan tubuh

Sebagaimana disinggung di awal, ada banyak sekali manfaat madu yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Beragam manfaat ini bisa dijadikan alasan kenapa mengkonsumsi madu setiap hari secara teratur menjadi hal yang sangat penting.

Nah, adapun beragam manfaat madu yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Mencegah Diabetes

Diabetes adalah salah satu gangguan kesehatan yang selain serius juga cenderung susah untuk disembuhkan. Para penderita diabetes bahkan harus melakukan kontrol yang cukup ketat mengenai makanan yang boleh mereka konsumsi setiap hari. Hal ini tentu membuat para penderita diabetes tidak akan menikmati pola konsumsi mereka.

Nah, madu memiliki khasiat yang salah satunya adalah mencegah diabetes. Dalam hal ini, rasa manis pada madu cukup unik karena tidak mengandung glukosa sebagaimana gula. Dengan kandungan tersebut, madu cenderung tetap aman dikonsumsi untuk mereka yang memiliki riwayat diabetes.

Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsumsi satu sendok teh madu setiap hari. Pola konsumsi ini secara teratur akan menekan kadar gula yang ada di dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Liver

Liver adalah organ tubuh yang sangat penting karena berfungsi untuk menyaring racun yang ada di dalam tubuh. Artinya, kondisi liver akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh secara umum. Ketika liver tidak sehat dan bermasalah, secara otomatis tubuh juga akan bermasalah. Salah satu gangguan kesehatan yang sering disebabkan adalah hepatitis.

Nah, menjaga kesehatan liver adalah hal yang harus dilakukan demi tubuh yang senantiasa sehat. Dalam hal ini, salah satu cara untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan mengkonsumsi madu. Madu bisa diandalkan untuk menyehatkan liver karena bisa mereduksi glukosa dan membakar lemak di dalamnya.

  • Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat madu yang paling penting adalah melancarkan pencernaan. Sebagaimana diketahui bahwa masalah pencernaan adalah masalah yang serius. Pencernaan yang bermasalah bisa menjadi biang dari masalah kesehatan tubuh secara umum. Oleh karenanya, menjaga kesehatan organ pencernaan adalah hal yang perlu untuk dilakukan.

Madu bisa menjadi herbal yang diandalkan untuk mengatasi masalah ini. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bisa diandalkan untuk mengatasi racun yang ada di dalam organ pencernaan, terutama lambung. Selain itu, kandungan anti mikroba secara heroik akan membunuh bakteri yang berbahaya di dalam usus.

  • Mengatasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur adalah salah satu masalah yang tentu saja sangat mengganggu. Mereka yang menderita insomnia akan cenderung memiliki masalah pada kesehatan dan kebugaran karena waktu istirahat yang tidak maksimal. Oleh karena itu, masalah ini harus senantiasa diatasi dengan segera dan dengan baik.

Nah, madu bisa menjadi salah satu herbal yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu manfaat madu adalah mengatasi insomnia secara alami dengan cukup efektif. Jika Anda menderita insomnia, maka cobalah untuk mengkonsumsi madu dengan campuran air hangat di malam hari.

Madu ini akan menjadi agen untuk meningkatkan hormon relaksasi. Dengan pola konsumsi ini, maka tubuh akan cenderung merasa lebih nyaman dan tentu Anda akan bisa beristirahat dengan lebih baik.

  • Sumber Energi

Untuk beraktivitas setiap hari, tubuh tentu membutuhkan energi. Hal inilah yang membuat seseorang harus memiliki pola konsumsi yang bagus untuk mendapatkan energi secara maksimal. Dalam hal ini, madu bisa menjadi satu hal yang dikonsumsi dengan tujuan mendapatkan energi tambahan yang cukup maksimal.

Apa yang menjadi dasar dari manfaat madu sebagai sumber energi adalah rasa manis yang dirasakan. Rasa manis dari kandungan madu tersebut nantinya akan diubah menjadi kalori oleh tubuh. Kalori inilah yang akan menjadi sumber energi sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lancar setiap hari.

  • Menjaga Sistem Imun

Masalah kesehatan akan sangat dipengaruhi sistem imun dalam tubuh. Jika sistem imun terjaga, bisa dikatakan bahwa kesehatan tubuh akan cenderung lebih terjaga dan tidak mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, usaha menjaga sistem imun adalah hal yang wajib untuk dilakukan agar tubuh senantiasa sehat, terlebih saat pergantian musim seperti sekarang ini.

Mengonsumsi madu adalah salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan. Ya, salah satu manfaat madu adalah untuk menjaga ketahanan sistem imun. Kandungan antioksidan yang ada di dalam herbal ini akan berubah menjadi agen yang sangat mumpuni untuk meningkatkan sistem imun. Tentu, manfaat ini hanya akan didapatkan dengan pola konsumsi yang teratur.

  • Mengatasi Luka Bakar

Ketika Anda mengalami luka bakar karena sesuatu, hindari panik dan merasa bahwa luka tersebut akan susah untuk disembuhkan. Perlu diketahui bahwa madu memiliki manfaat yang cukup baik untuk membantu Anda mengatasi luka bakar yang Anda alami. Salah satu manfaat madu ini didapatkan dari adanya kandungan anti-bakteri yang terdapat dalam madu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi luka bakar ini dengan madu? Nah, untuk mengatasi luka bakar, Anda bisa langsung mengoleskan madu ke bagian tubuh yang terkena luka bakar tersebut setelah dibersihkan. Gunakan madu murni dan lakukan cara ini dengan teratur. Niscaya, luka bakar yang Anda derita akan cenderung lebih cepat sembuh.

  • Mengatasi Batuk

Batuk memang merupakan gangguan kesehatan yang sering muncul. Namun, meskipun demikian, batuk yang terjadi tetap saja sangat mengganggu. Cukup banyak orang yang mengeluh karena batuk yang mereka derita tidak kunjung sembuh sehingga aktivitas mereka sehari-hari pun sangat terganggu.

Nah, berkaitan dengan batuk, memang ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Namun, jika Anda ingin mengatasi batuk dengan cara alami dan aman, maka madu bisa diandalkan.

Salah satu manfaat madu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah mengatasi batuk. Kandungan yang terdapat dalam madu akan menetralkan virus penyebab batuk dan mengencerkan dahak. Untuk mengatasi batuk, Anda bisa mencampur madu dengan jeruk nipis peras dan meminumnya dua kali sehari.

  • Mencegah Obesitas

Obesitas atau kegemukan bukan merupakan masalah yang sederhana. Mereka yang obesitas selain akan terganggu secara penampilan, juga cenderung tidak bisa beraktivitas dengan nyaman dan rentan terhadap gangguan kesehatan lain. Masalah kesehatan tubuh ini sering dikaitkan dengan konsumsi glukosa dan lemak yang terlalu banyak.

Nah, untuk mencegah obesitas, Anda bisa memanfaatkan madu. Herbal alami yang satu ini memiliki manfaat yang cukup bisa diandalkan terkait mengatasi obesitas. Rasa manis pada madu berbeda dengan gula sehingga konsumsi madu sebagai pengganti gula cenderung disarankan.

Selain itu, madu juga memiliki kalori yang bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Oleh karenanya, guna mendapatkan manfaat madu sebagai cara mencegah obesitas, konsumsi herbal satu ini setiap malam.

  • Mencegah Jerawat

Selain untuk mengatasi masalah kesehatan dalam tubuh, madu juga bisa diandalkan untuk menjaga penampilan. Salah satu manfaat madu terkait usaha menjaga penampilan adalah mencegah jerawat. Sebagaimana diketahui, jerawat adalah masalah serius yang tentu saja akan berdampak pada penampilan seseorang.

Memang, ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, namun madu adalah salah satu opsi yang cukup efektif untuk digunakan. Dalam madu terdapat kandungan antioksidan dan anti-bakteri yang cukup tinggi. Keduanya akan menjadi agen yang bisa menghilangkan jerawat dengan aman dan cukup efektif.

Untuk mendapatkan manfaat madu yang satu ini, Anda cukup menjadikannya sebagai bahan masker. Gunakan masker madu secara teratur selama dua kali sehari untuk perawatan wajah yang lebih optimal.

  • Melembapkan Kulit

Manfaat lain dari madu terkait untuk penampilan adalah melembabkan kulit. Tentu, Anda akan merasa kurang percaya diri ketika memiliki kulit yang cenderung kering, bukan? Ya, kulit yang kering memang akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal dan kulit akan terlihat cenderung lebih kusam dari sebelumnya.

Nah, untuk mengatasi gangguan kulit ini madu bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan beragam kandungan yang ada di dalamnya, madu bisa diandalkan untuk mengembalikan kelembaban kulit yang hilang. Cara penerapan cara ini pun sangat mudah yaitu dengan mencampurkan madu dan buah alpukat.

Buat campuran tersebut sebagai lulur alami. Setelah itu, terapkan pada bagian kulit yang kering secara teratur. Selain dengan alpukat, Anda juga bisa menggunakan bahan campuran lainnya.

  • Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Selain untuk mengatasi jerawat, masker madu juga bisa diandalkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Bisa dikatakan bahwa masalah ini sangat mengganggu karena bibir yang pecah-pecah akan membuat Anda susah untuk berbicara bahkan tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan nyaman.

Nah, dengan madu, masalah bibir pecah-pecah akan bisa diatasi dengan baik. Kandungan antioksidan pada madu bisa menjadi agen yang andal untuk mengatasi masalah ini. Untuk memaksimalkan manfaat madu yang satu ini, Anda bisa mencampur madu dan gula pasir lalu menggunakannya sebagai masker bibir. Terapkan cara ini secara teratur setiap hari.

  • Melembutkan Rambut

Memiliki rambut yang indah tentu menjadi salah satu keinginan terutama bagi wanita. Dengan rambut yang lembut, penampilan wanita tentu saja akan terlihat lebih maksimal dan cantik. Nah, madu bisa menjadi salah satu bahan yang bisa diandalkan untuk melakukan perawatan rambut. Dengan madu, masalah rambut seperti rambut yang rontok dan kaku bisa diatasi dengan baik.

Cara penggunaan madu pun bisa dikatakan cukup mudah. Untuk mendapatkan manfaat madu dalam perawatan rambut, Anda tinggal mengoleskan madu ke bagian rambut setelah keramas terutama di bagian ujung rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas hingga bersih. Akan lebih baik jika Anda juga menambahkan kondisioner dalam perawatan rambut tersebut.

Untuk informasi & pemesanan madu bisa call / whatsApp: 0857-7940-7746

Nah, beragam manfaat madu tentu menjadi bukti betapa herbal yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk beragam urusan. Tentu, untuk mendapatkan manfaat madu yang maksimal, Anda perlu menerapkan beragam cara di atas secara teratur dan kontinu. Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “13 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh dan Ciri Madu yang Asli”

  1. Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat.

    Testimoni:
    madu yang dijual juga asli madu hutan. saya sudah coba dan buktikan sendiri. semoga lancar terus usahanya ya gan

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.