20 Jenis Motif Geometris yang Ada di Dunia beserta Gambarnya

Jenis Motif Geometris – Pernahkah Anda tahu atau setidaknya mendengar kata motif geometris. Mungkin bagi orang awam kata yang satu ini memang terdengar asing dan banyak yang kurang tahu. Padahal, motif ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Yang dimaksud dengan motif geometris adalah suatu ragam hias yang paling tua di dunia. Motif ini berupa ornamen yang di dalamnya memiliki unsur geometris yang teratur.

Bahkan, motif ini juga tergolong motif yang tidak nyata yang mana terbuat dari beraneka ragam garis dan juga bentuk.

Diantara contoh dari motif ini seperti segi empat, zig zag, garis lengkung, lingkaran, persegi panjang, segitiga, layang-layang, belah ketupat, trapesium, dan masih banyak bentuk lainnya. Karena ini adalah motif tertua, ternyata motif ini juga sudah dikenal oleh manusia meskipun di zaman pra sejarah.

Adapun awal dari motif ini adalah berbentuk titik saja. kemudian ia meluas dalam bentuk yang sederhana hingga membentuk pola yang rumit.

Biasanya motif geometris akan digunakan sebagai motif dalam hal pembuatan kain batik, kain tenun, kerajinan tangan, kain bordir, dan bahkan berbagai macam peralatan rumah tangga.

Berikut ini, akan dibahas mengenai macam-macam motif geometris yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun motif tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Motif Geometris pada Kain Batik

Motif Geometris pada Kain Batik
Motif Kain Batik

Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kain batik. Nah, pada kain batik, jenis motif yang digunakan adalah motif geometris yang terdiri atas berbagai macam ornamen hiasan yang sangat menangis.

Adapun dalam batik, biasanya motif yang digunakan seperti belah ketupat, lingkaran, persegi, dan masih banyak motif lainnya.

Adapun beberapa jenis motif ini yang sudah beredar di masyarakat seperti motif batik banji, motif batik ceplokan, motif batik swastika, motif batik pilin, motif batik tumal dan motif batik meander.

Motif Geometris Belah Ketupat

motif geometris belah ketupat
Motif Geometris Belah Ketupat

Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah motif yang berbentuk belah ketupat. Biasanya motif ini biasa ditemukan di berbagai macam ornamen mulai dari anyaman, berbagai peralatan rumah tangga, hiasan dinding, bahkan beberapa kain seperti kain sulam juga banyak yang menggunakan motif belah ketupat ini.

Nah, belah ketupat sendiri merupakan salah satu bangun datar dua dimensi yang bentuknya memiliki empat buah sisi yang sama panjang. Namun, untuk sudut dari bangun ini tidak seperti persegi yang siku-siku melainkan 45 derajat.

Motif Geometris Bunga

motif geometris bunga
Motif Bunga

Anda juga sering bukan menemukan motif bunga, motif yang satu ini juga termasuk dalam jenis motif geometris. Motif ini membentuk suatu keindahan dan biasanya ditemukan dalam berbagai jenis gaun wanita.

Namun, banyak juga yang menjadikan motif ini sebagai hiasan dinding dengan tujuan untuk mempercantik keindahan rumah. biasanya motif ini juga dipadukan dengan warna yang indah agar motifnya terlihat lebih indah saat dipandang.

Motif Geometris Busur

motif geometris busur
Motif Geometris Busur

Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya penggaris busur. Nah, penggaris ini biasanya digunakan untuk menentukan sudut. Namun, tahukah Anda jika ada motif busur yang jika diaplikasikan akan membentuk suatu kekuatan.

Motif ini memiliki bentuk yang lengkung membentuk setengah lingkaran. Adapun dalam pembuatannya, motif ini menggunakan bantuan busur agar bentuknya menjadi lebih sempurna dan sama.

Adapun bisanya motif ini sering dijadikan sebagai hiasan pada perabotan rumah tangga, hiasan dinding, dan juga hiasan lain yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

Motif Geometris Bunga 2

motif geometris bunga 2
Motif Geometris Bunga

Pada umumnya, motif bunga sendiri menggambarkan suatu keindahan, kebahagiaan dan juga kecantikan.

READ  12 Contoh Alat Musik Melodis, Gambar Beserta Cara Memainkannya

Untuk motif in sendiri ada yang dibuat sesuai dengan bentuk bunga asli dan ada juga yang dimodifikasi sesuai dengan imajinasi.

Namun, pada umumnya, untuk membuat motif bunga ini menggunakan bentuk lingkaran. Tidak hanya itu saja, motif bunga juga sering menggambarkan suatu ketentraman, keindahan, rezeki yang berlimpah, kehidupan yang lebih baik, rasa syukur dan juga kebahagiaan yang sudah diberikan oleh sang Pencipta.

Motif Geometris Daun

Motif Geometris Daun
Motif Geometris Daun

Bisa dikatakan bahwa motif ini adalah bentuk motif yang paling sederhana. Meskipun sederhana, namun motif yang satu ini biasanya dijadikan sebagai hiasan.

Biasanya motif ini bisa ditemukan dengan mudah pada kain seperti jarik atau kain lainnya yang menggambarkan nilai kesederhanaan.

Adapun motif ini juga memiliki arti sebagai bentuk dari karunia Tuhan atas semua pekerjaan, kehidupan yang layak, penghargaan suatu hidup namun tetap memiliki kesan yang sederhana.

Motif Geometris Hitam Putih

motif geometris hitam putih
Motif Geometris Hitam Putih

Biasanya motif yang satu ini kerap dijadikan sebagai motif untuk menghias suatu ruangan. Dengan menggunakan motif ini ternyata dapat menghasilkan suatu kompleksitas monokrom yang membuatnya tampak terlihat elegan.

Adapun motif hitam putih ini sendiri hadir dalam berbagai macam bentuk. Bentuk motif ini mulai dari persegi panjang, segi empat, lingkaran dan juga segitiga.

Perlu Anda tahu bahwa warna hitam dan putih adalah dua buah warna yang memiliki karakter yang kontras.

Nah, masing-masing nya memiliki suatu nilai dengan integritas yang tinggi. tidak hanya itu saja, namun perpaduan dari warna hitam dan putih merupakan perpaduan dari warna yang romantis. Karena hal inilah motif ini menciptakan suatu karakter yang elegan.

Motif Geometris Kawung

motif geometris kawung
Motif Geometris Kawung

Motif selanjutnya adalah motif kawung. Apa yang dimaksud dengan motif kawung? Jadi, motif kawung adalah salah satu ragam jenis hias geometris yang sangat sering dijumpai dalam berbagai jenis kain mulai dari kain bordir, kain tenun dan juga jenis kain lainnya.

Motif yang satu ini juga kerap dijumpai sebagai hiasan dinding maupun ornamen lainnya. Adapun nama kawung sendiri diambil dari bahasa sunda yang memiliki arti kolang kaling.

Hal ini karena bentuk dari motif ini seperti kolang kaling yang di belah melintang dimana akan terlihat empat sisi dari biji kolang kaling yang terlihat di dalamnya. Nah, saat motif ini disatukan, maka akan membentuk sebuah motif yang sangat cantik dan tampak sangat elegan.

Motif Geometris Keramik

motif geometris keramik
Motif Geometris Keramik

Ini adalah salah satu bentuk penerapan dari ragam geometris yang hadir dalam bentuk motif keramik. Biasanya motif ini ditemukan dalam ragam bentuk garis banyak yang biasanya kerap ditemui dalam berbagai desain interior.

Misalnya saja seperti desain kaca hias, desain plafon, desain teralis dan juga desain keramik. Adapun contoh dari motif ini adalah se enam.

Saat ini motif keramik sudah mendapatkan sentuhan modern, sehingga motifnya menjadi lebih indah dan sangat menarik. Adapun biasanya motif ini sering ditemukan dalam bentuk lantai rumah.

Motif Geometris Mega Mendung

motif geometris mega mendung
Motif Geometris Mega Mendung

Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya mega mendung. Ini adalah salah satu motif khas yang berasal dari Cirebon.

Motif yang satu ini tidak hanya terkenal dan memasuki kancah nasional saja, melainkan sudah go internasional juga. bahkan, UNESCO juga sudah mengakui motif ini sebagai salah satu warisan dunia.

Motif ini sangat menarik karena menggunakan warna hias biru yang terdiri atas berbagai gradasi yang membuatnya tampak terlihat indah.

Adapun biasanya motif ini digunakan dalam komunikasi tradisional dan banyak juga ditemukan pada batik Cirebon. Jenis motif yang satu ini juga paling banyak disukai oleh kaum wanita.

Motif Geometris Kompas Lingkaran

motif geometris kompas lingkaran
Motif Geometris Kompas Lingkaran

Jenis motif yang satu ini sangat sering digunakan sebagai hiasan dinding. Motif kompas lingkaran ini sangat menarik yang mana menggunakan bentuk dasar geometris lingkaran. Selain itu, terdapat peraduan motif segitiga di dalamnya yang membuatnya membentuk sebuah kompas.

Biasanya motif ini juga hadir dengan warna yang mencolok dan menggunakan eye catching, sehingga membuatnya tampak terlihat indah. Adapun motif kompas lingkaran sendiri biasanya dijadikan suatu simbol harapan akan suatu petunjuk yang diberikan dalam suatu kehidupan.

READ  Tari serimpi : Busana, Musik, Macam-Macam, Gambar dan Penjelasan

Motif Geometris Melengkung

motif geometris melengkung
Motif Geometris Melengkung

Ini adalah salah satu bentuk motif yang dibuat dengan bentuk dasar yang berasal dari garis lengkung. Biasanya motif ini sangat sering dijadikan sebagai hiasan dinding. Namun, banyak juga peralatan rumah tangga maupun ornamen perabotan lain yang menggunakan motif ini.

tidak hanya itu saja, banyak kain batik dan kain sulam juga menggunakan motif melengkung untuk menghasilkan suatu hasil yang cantik mempesona.

Adapun bentuk dari motif ini biasanya dinilai sebagai salah satu bentuk dari motif yang sederhana dari bentuk geometris.

Pasalnya, motif ini memang melambangkan suatu kesederhanaan. Tidak heran jika biasanya motif ini digunakan pada jenis kain batik yang digunakan untuk membuat daster ataupun pakaian-pakaian yang sederhana.

Motif Geometris Parang

motif geometris parang
Motif Geometris Parang

Perang adalah salah satu kegiatan yang dilakukan pada zaman dahulu untuk melawan musuh. Karena hal ini juga maka motif erang juga menjadi salah satu motif paling tua yang ada di Nusantara.

Perang sendiri berasal dari kata Pereng yang artinya adalah lereng, sehingga perang juga disebut sebagai perengan yang menggambarkan suatu garis yang memiliki diagonal menurun dan terdiri atas tinggi menuju ke rendah. Adapun susunan dari motif ini sendiri akan membentuk suatu huruf yaitu huruf S.

Nah, huruf S ini kemudian disalin sehingga saling menjalin dan tidak terputus. adapun motif ini sendiri pada awalnya merupakan motif yang berasal dari Keraton Mataram Kartasura atau yang saat ini dikenal dengan Keraton Solo.

Adapun bentuk dasar dari motif ini sebenarnya adalah lingkaran yang saling menyambung. Motif ini juga memiliki arti secara fisiologis yang menggambarkan sesuatu yang turun-temurun dalam artian saling berkesinambungan. Karena hal inilah motif ini tetap dilestarikan hingga saat ini meskipun ini adalah motif tertua yang ada di Indonesia.

Motif Geometris Segi Enam

motif geometris segi enam
Motif Geometris Segi Enam

Bisa dikatakan bahwa motif segi enam adalah salah satu motif yang paling sering digunakan sebagai motif untuk hiasan dinding.

Dengan menggunakan motif ini di klaim dapat menambah nilai estetika dari suatu ruangan yang ada di dalam rumah. bahkan, motif yang satu ini juga kerap ditemukan pada ornamen desain interior lainnya lho.

Adapun segi enam sendiri dikenal juga dengan istilah heksagon yang dalam geometri memiliki arti enam sisi atau memiliki enam titik sudut. Karena hal ini juga segi enam juga kerap disebut dengan poligon atau yang memiliki sisi banyak.

Motif Geometris Segitiga Kombinasi

motif geometris segitiga kombinasi
Motif Geometris Segitiga Kombinasi

Bisa dikatakan ini adalah salah satu motif yang sangat menarik. Mengapa disebut menarik, karena di motif ini ada banyak kombinasi dari bentuk motif segitiga yang dijadikan menjadi satu.

Ada banyak bentuk segitiga yang ada pada motif ini mulai dari segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga sembarang juga ada. Karena peraduan dari segitiga yang saling berkombinasi ini menjadikan motif ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai motif ornamen rumah.

apalagi jika motif ini diberi warna-warna yang cerah dan berwarna-warni akan membuatnya semakin terlihat mempesona. Bahkan, menariknya lagi, meskipun segitiga nya berbeda, namun hal inilah yang menjadikan motif ini terkesan lebih unik dan menarik.

Motif Geometris Segitiga

motif geometris segitiga
Motif Segitiga

Berbeda dengan motif segitiga kombinasi, untuk motif yang satu ini menggunakan segitiga yaitu segitiga sama sisi. Motif yang satu ini biasanya dijadikan sebagai ornamen rumah, dan tidak jarang juga dijadikan sebagai desain interior yang ada dalam rumah.

Adapun segitiga sendiri merupakan suatu bentuk bangun datar yang memiliki tiga sisi dengan bentuk garis lurus dan memiliki tiga sudut. Adapun jumlah keseluruhan dari ketiga sudut ini adalah 180 derajat. Jika lebih ataupun kurang, maka ia tidak bisa disebut dengan segitiga.

Apabila segitiga dengan jenis yang sama disatukan menjadi satu, maka akan membentuk sebuah motif yang sangat rapi dan cantik. Terlebih lagi jika dipadukan dengan warna yang pas membuat tampilannya terlihat elegan. Tidak heran jika motif ini biasanya dijadikan sebagai ornamen rumah maupun ornamen lainnya dengan tujuan agar terlihat lebih rapi dan juga terstruktur.

READ  Seni Tari : Unsur-Unsur dan Jenis tarian di Indonesia

Motif Geometris Tak Berujung

motif geometris tak berujung
Motif Geometris Tak Berujung

Motif selanjutnya yang bisa Anda ketahui yang unik dan juga menarik adalah motif tak berujung. Biasanya motif yang satu ini digunakan dalam ragam hiasan untuk dua dimensi dan tiga dimensi. Adapun bentuk dasar garis dari motif tar berujung ini tidak memiliki titik pangkal dan juga tidak memiliki titik ujung.

Setiap pangkalnya akan terus berkesinambungan dan menyatu dengan ujungnya. Jika dilihat, motif ini tidak memiliki sebuah ikatan, namun jika dicari titik pangkal dan ujungnya maka tidak bisa ditemukan. Hal inilah yang menjadikan motif ini sangat menarik dan juga unik.

Motif Geometris Tribal

motif geometris tribal
Motif Geometris Tribal

Tidak kalah unik dan menarik dengan motif lainnya, motif tribal juga sangat menarik dan bahkan cukup sulit ditemukan. Ya, motif ini sendiri berasal dari perpaduan antara motif yang berasal dari Afrika, Naazo, Tibet, Suku Aztec da berbagai suku lainnya yang ada di dunia.

Karena bentuk motifnya yang sangat unik ini menjadikan motif tribal sebagai salah satu motif paling terkenal di dunia. Bahkan, motif ini juga kerap digunakan oleh berbagai kalangan usia lho. Adapun salah satu ciri khas yang dimiliki oleh motif ini adalah memiliki corak yang sejajar.

biasanya motif ini lebih sering diterapkan pada motif kain, motif kain tenun, sepatu, motif tas, dan bahkan ornamen rumah modern dan kekinian lainnya. Motif ini juga tersedia dengan berbagai variasi warna. Adapun jika dijadikan sebagai kain, biasanya motif ini akan dijadikan sebagai atas yang akan dipadukan dengan bawahan yang polos. Hal inilah yang menjadikan motif ini tampak terlihat sangat elegan.

Motif Geometris Warna-Warni

motif geometris warna warni
Motif Geometris Warna-Warni

Motif yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai motif desain interior rumah. Bagaimana tidak, bentuknya yang berwarna warni membentuk dua dan tiga dimensi menjadikan motif ini sangat menarik. Adapun bentuk dari motif ini sendiri biasanya menggunakan bentuk dasar geometris dari bangun datar.

Adapun biasanya adalah bentuk segitiga, persegi, layang-layang, lingkaran, trapesium, belah ketupat dan masih banyak lainnya. Dengan menggunakan banyak warna dalam mengaplikasikan motif ini menjadikan motif ini tampak lebih hidup. Padahal jika dilihat lebih dekat, motif ini adalah salah satu motif yang simpel.

Motif Zig-Zag

motif zig zag
Motif Zig-Zag

Ini adalah salah satu motif yang paling banyak digunakan di era modern ini. Adapun motif ini membentuk motif dua dimensi yang biasanya ditemukan dalam beberapa jenis pakaian. Zig zag sendiri merupakan sebuah garis lurus yang patah-patah dan membentuk sudut yang runcing dengan gerakan yang naik turun.

Adapun biasanya motif ini juga menggunakan warna yang netral seperti abu-abu putih, hitam putih dan warna lainnya. Motif zig zag sendiri memiliki sebuah arti yang dapat memberikan rasa semangat dan ide baru.

Semua motif yang disebutkan di atas merupakan motif yang ada di seluruh dunia dan paling banyak digunakan dalam masyarakat dunia. Ada banyak sekali motif geometris yang ada di dunia ini. 20 contoh motif di atas hanyalah sebagian kecil saja.

Karena jumlahnya yang banyak sekali fungsi dari motif ini juga beraneka ragam, namun, kebanyakan dari motif ini dijadikan sebagai motif untuk kain maupun desain interior dari suatu rumah. Untuk Anda yang ingin mengkreasikan motif geometris ini sesuai dengan kreativitas dan imajinasi lainnya juga bisa.

Intinya, dalam pembuatan motif ini menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris sebagai bentuk motifnya. Mulai dari lingkaran, persegi, segi tiga, segi enam, belah ketupat, layang-layang, trapesium, dan masih banyak lainnya. Kemudian bentuk ini dibuat sedemikian rupa untuk diubah menjadi motif yang cantik, unik dan juga tampak lebih menarik.

Sehingga, saat nantinya diaplikasikan dalam suatu media baik itu kain, guci maupun dinding, bentuknya akan terlihat lebih indah dan mengandung nilai estetika. dengan adanya informasi ini semoga menambah wawasan Anda mengenai motif terutama geometris.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.