10 Jenis Kerja Sampingan yang Akan Menambah Penghasilan

Kerja SampinganPernahkah anda merasakan bekerja di suatu tempat namun gaji yang didapatkan tidak mencukupi sehingga anda harus melakukan kerja sampingan. Atau anda adalah salah satu karyawan kantor yang memiliki banyak waktu luang dan ingin memanfaatkan waktu tersebut untuk kerja sampingan.

Hal seperti ini memang sangat kerap terjadi, terlebih lagi kebutuhan manusia seiring bertambahnya waktu akan semakin banyak. Karena itu, banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu lebihnya untuk melakukan kerja sampingan.

Apa itu kerja sampingan? Kerja sampingan adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang setelah melakukan pekerjaan pokok. Pekerjaan yang satu ini digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Di dunia ini, ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa dilakukan. Mulai dari ojek online, freelance, dan masih banyak lainnya. Nah, untuk anda yang memiliki banyak waktu dan ingin menambah pendapatan, berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa anda coba.

Menjadi Reseller

reseller
Reseller

Berjualan menjadi salah satu cara terbaik untuk anda yang sedang mencari pekerjaan sampingan. Apalagi jika anda memiliki bakat dalam bidang ini, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Maraknya jualan online bisa anda manfaatkan, hanya saja untuk berjualan online membutuhkan modal yang tidak sedikit. Nah, untuk anda yang ingin jualan online namun tidak memiliki modal, maka anda bisa mencoba untuk menjadi reseller.

Dengan menjadi reseller, anda tetap bisa memiliki stok barang meskipun tidak memiliki produk. Jika anda tidak ingin rugi, maka bisnis online dengan cara inilah jalan yang paling tepat. Sebab, disini anda hanya menjual produk milik orang lain dan mendapatkan untung dari produk tersebut. Jika tidak ada yang beli, Anda tidak akan rugi karenaAnda tidakharusmengambil barang terlebih dahulu baru menjualnya.

Bisnis Dropship

dropshipper
Dropshipper

Selain menjadi reseller, anda juga bisa mencoba kerja sampingan dengan menjadi dropship. hampir sama dengan reseller, hanya saja dropship ini anda akan mengambil barang dari supplier atau marketplace yang besar. Di sini tugas anda hanya sebagai perantara saja. tidak hanya itu, anda juga hanya perlu promosi melalui sosial media, toko online, blog pribadi ataupun forum. Jika nantinya ada konsumen yang akan membeli, anda hanya perlu menyuruh supplier untuk mengirimkan produk tersebut kepada konsumen.

Cara yang satu ini bisa anda lihat seperti yang ada di Tokopedia.com. lantas, dari mana keuntungan yang anda dapatkan? Keuntungan yang anda dapatkan adalah dari selisih harga asli dengan harga yang anda jual. Misalnya saja, dari supplier harga suatu produk dijual dengan harga Rp. 120.000. Kemudian di sini anda akan menjualnya dengan harga Rp. 150.000. Maka selisih Rp. 30.000 tersebut akan secara otomatis menjadi milik Anda.

READ  8 Tips Lancar dan Sukses Mengelola Usaha yang Dimiliki ala Bob Sadino

Tertarik untuk mencobanya? Bayangkan saja, jika dalam sehari ada 10 pembeli, coba saja kalikan berapa keuntungan yang bisa anda dapatkan. Kadang kala pekerjaan sampingan bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan pokok lho.

Makelar / Broker Properti

agen properti
Agen Properti

Untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan besar dalam satu kali transaksi, maka menjadi makelar properti adalah cara yang paling tepat. Seperti yang diketahui bahwa bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Apalagi jumlah penduduk saat ini semakin meningkat dan mereka semua membutuhkan rumah untuk tinggal. Bahkan, bisnis propertijuga tidak akan rugi karena setiap tahun harga properti selalu naik.

Nah, untuk anda yang tidak memiliki modal namun ingin berbisnis ini sebagai kerja sampingan, maka menjadi makelar properti adalah pilihan yang paling tepat. Caranya bagaimana ? Untuk memulai bisnis ini sangat mudah dimana anda mencoba mencari lokasi yang akan dibangun atau sedang dibangun perumahan. Setelah itu, kenali developernya, kemudian anda mencoba menawarkan kerja sama.

Atau yang lebih sederhana lagi, ketika ada tetangga yang ingin menjual rumahnya, coba dekati dan tawarkan niat anda untuk menjualkannya. Di sini anda bisa mendapatkan keuntungan baik dari penjual maupun calon pembeli.

Jasa Laundry Kiloan

laundry
Laundry

Kerja sampingan selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan membuka laundry kiloan. Untuk membuka usaha ini, modal yang anda pelukan juga tidak terlalu besar. terlebih lagi jikadi rumah anda sudah memiliki mesin cuci.

Usaha yang satu ini sangat cocok diterapkan untuk anda yang tinggal di daerah dekat kampus, komplek karyawan atau di pusat kota. Mengapa? Karena kebanyakan dari mereka tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaiannya.

Karenanya, banyak diantara mereka yang lebih suka menggunakan jasa laundry. Nah, di sini sistem laundry yang anda gunakan adalah laundry kiloan, sehingga harga yang harus dibayarkan oleh pelanggan adalah harga per kilogram dari pakaian tersebut.

Jika harga per kilonya saja Rp. 5000, maka berapa banyak hasil yang anda dapatkan dari mencucikanpakaian milik satu orang. Jika anda tidak bisa menjalankan sendiri karena bekerja, maka anda bisa membayar satu karyawan dan semuanya beres.

Dari contoh perhitungan singkat diatas anda bisa mendapatkan penghasilan dari tempat anda bekerja dan mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan anda. So, dengan demikian semakin banyak pendapatan yang anda miliki.

Jasa Pengisian Pulsa, Tiket Pesawat, Token Listrik, Game, Kereta Api, Air dan Masih Banyak Lainnya

isi ulang pulsa
Isi ulang pulsa

Pekerjaan sampingan lainnya yang bisa dilakukan dimana saja adalah menjadi agen pulsa dan tiket. Ya, pekerjaan yang satu ini sangat fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja baik di kantor maupun di rumah.

READ  8 Tips Lancar dan Sukses Mengelola Usaha yang Dimiliki ala Bob Sadino

Seperti yang diketahui bahwa saat ini pulsa menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat di dunia. Ya, pulsa digunakan untuk mengakses internet, menghidupkan listrik, main game hingga bekerja.

Tidak heran jika berjualan pulsa menjadi salah satu usaha yang menggiurkan. Namun, di sini anda jangan cuma jualan pulsa saja, melainkan menjadi agen tiket juga. mengapa? Sebab saat ini banyak orang yang malas membeli tiket langsung, sehingga lebih suka membelinya di agen.

Atau anda juga bisa menyediakan jasa bayar PDAM. Untuk memulai usaha ini, maka anda harus bekerjasama dengan pihak PDAM, listrik dan pihak lainnya. Dengan begitu anda Akan mendapatkan keuntungan karena menjadi perantara.

Untuk memulai kerja sampingan ini juga mudah, karena yang anda butuhkan hanyalah Smartphone saja. kemudian di sini anda harus modal Rp. 50.000 sampai Rp. 500.000 untuk mengisi saldo pulsa atau top up pulsa.

Jasa Les Privat

les privat
Les privat

Jenis pekerjaan sampingan yang satu ini sangat cocok untuk anda para mahasiswa atau guru honorer yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Ya, dengan membuka jasa les privat, anda Akan mendapatkan pendapatan yang cukup lumayan.

Terlebih lagi jika ada banyak anak yang akan les di tempat anda, maka dijamin deh akan semakin banyak pendapatan yang anda dapatkan. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang lumayan sekaligus memberikan ilmu terhadap orang lain.

Jasa Mengetik

pengetikan
Jasa ketik

Pekerjaan sampingan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menerima jasa pengetikan. Jasa yang satu ini sangat menguntungkan terutama untuk anda yang tinggal di dekat kampus, sekolah ataupun areal perkantoran.

Untuk memulai usaha ini, maka yang harus anda miliki hanyalah komputer/laptop dan printer saja. nah, jika usaha ini sudah mulai ramai, maka anda bisa mulai menambah komputer dan mempekerjakan karyawan.

Tidak hanya membuka jasa mengetik saja, namun di sini anda juga bisa membuka jasa lain yang tak kalah menguntungkan. Misalnya saja seperti membuat kartu undangan, jasa edit foto, service laptop hingga menjual peralatan komputer juga.

Jasa Menjahit

menjahit
Menjahit

Untuk anda yang memiliki keahlian dalam menjahit namun tidak ditekuni karena bekerja, maka anda bisa menjadikan keahlian yang dimiliki sebagai pekerjaan sampingan. Ingat, setiap musim anak sekolah atau musim menjelang lebaran, jasa penjahit selalu ramai dan diburu oleh banyak orang.

READ  8 Tips Lancar dan Sukses Mengelola Usaha yang Dimiliki ala Bob Sadino

Nah, di sini anda dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang kerja. Apalagi jika di daerah anda tidak ada penjahit, maka bisnis ini menjadi salah satu yang menguntungkan. Mungkin saja setiap harinya akan ada orang yang akan merombak pakain atau menjahitkan pakaian.

Dari sini anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan hanya dengan mengerjakan satu pakaian saja. lalu jika ada banyak orang yang menjahit, akan ada banyak uang yang anda dapatkan.

Pekerjaan ini juga bisa anda lakukan setelah pulang kerja, sehingga nantinya tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda. Tertarik? Jika anda tertarik, langsung saja ikut kursus jahit dan dalami usaha ini.

Jasa Cuci Mobil dan Motor

cuci steam mobil & motor
cuci steam mobil & motor

Pekerjaan sampingan lainnya yang bisa anda coba adalah membuka jasa cuci mobil dan motor. Namun, jika anda belum memiliki banyak modal, anda bisa mencoba jasa cuci motor terlebih dahulu.

Jasa yang satu ini sangat menguntungkan karena modal yang dibutuhkan sangatlah murah. Sebab, yang anda perlukan hanya sabun, busa mencuci, dan juga cairan pengkilap motor, selang dan air saja.

Jenis usaha ini sangat menjanjikan karena terlihat dengan jelas banyak antrian motor yang mengantri untuk dicuci. Apalagi dengan meningkatnya jumlah kendaraan setiap tahunnya membuat usaha satu ini layak anda coba.

Nah, biasanya, jasa cuci motor ini akan snagat laris ketika musim hujan telah tiba. Sebab di musim hujan motor akan lebih cepat kotor dibandingkan dengan musim kemarau. Dengan anda memberikan pelayanan cucian yang baik kepada para pelanggan, maka usaha sampingan anda ini akan menjadi usaha yang sukses dan menambah penghasilan anda.

Baca Juga : 21+ Kata kata Motivasi Kerja, Semangat Pagi bagi Karyawan & cara meningkatkan

Warung Kelontong

warung kelontong
bisnisukm.com

Ada lagi nih pekerjaan sampingan yang mendatangkan pundi – pundi rupiah yang lumayan yakni dengan membuka warung kelontong. Jenis warung kelontong sangat cocok untuk anda yang tinggal di wilayah yang ramai.

Misalnya saja seperti di terminal, kampung dan masih banyak lainnya. Dengan membuka warung kelontong, anda bisa meminta istri untuk menjaganya dan anda bekerja. Dengan demikian pendapatan rumah tangga akan lebih banyak dari biasanya.

Dari sekian banyak kerja sampingan yang sudah disebutkan di atas, manakah yang menarik untuk anda coba ? Tahukah anda tanpa disadari seseorang itu membutuhkan kerja sampingan ? Mengingat waktu banyak yang luang dan kebutuhan semakin banyak. Apalagi jika anda sudah berumah tangga, maka melakukan pekerjaan sampingan menjadi hal yang bisa dikatakan sangat perlu untuk dilakukan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.