8 Tips Lancar dan Sukses Mengelola Usaha yang Dimiliki ala Bob Sadino

Bob Sadino – Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino? Ya, tokoh paruh baya yang dikenal dengan nama Om Bob ini memang menjadi salah satu tokoh yang penuh inspirasi, terutama ketika berbicara tentang urusan bisnis. Om Bob, begitu ia kemudian sering dipanggil, adalah tokoh unik yang berbeda dari tokoh bisnis pada umumnya.

Terkait penampilan, Om Bob dikenal sebagai tokoh yang gemar mengenakan celana pendek dan outfit yang cenderung apa adanya. Tidak tampak gaya mewah yang berlebihan dari dirinya meskipun ia memiliki segudang harta untuk membeli apa yang ia miliki.

Bob Sadino sering menjadi referensi untuk orang-orang yang ingin memulai usaha. Meskipun kini ia telah wafat, namun ide dan pemikiran Om Bob masih tetap abadi dan menjadi inspirasi memulai usaha hingga menjadi sukses.

Dalam catatan hidupnya, Om Bob tercatat sebagai pemilik tunggal dari beberapa perusahaan. Pria kelahiran 9 Maret 1933 ini menjadi pemilik beberapa perusahaan, salah satunya adalah PT. Boga Catur. Ia juga sering berbagi ilmu terkait tips untuk mengelola usaha agar sukses.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengelola usaha hingga sukses ala Om Bob. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Tips Mengelola Usaha Hingga Sukses ala Bob Sadino

ragam tips mengelola usaha hingga sukses ala bob sadino
Ragam tips ala Bob Sadino

Sebagai contoh seseorang yang sukses, meniru apa yang dilakukan Om Bob untuk urusan usaha adalah hal yang tepat. Anda bisa mendapatkan inspirasi berlian dari beliau untuk diterapkan pada diri Anda.

Beberapa tips Om Bob terkait mengelola usaha hingga bisa menjadi sukses adalah sebagai berikut :

  • Berani Memulai

Jika Anda pernah membaca kisah hidup dari Bob Sadino, maka Anda akan mendapatkan sebuah fakta yang menarik tentang bisnis yang ia jalankan. Om Bob selalu mengawali bisnis yang ia jalankan dengan sebuah keberanian. Cukup banyak mereka yang ingin memulai bisnis namun cenderung takut, terutama ketakutan pada kegagalan.

berani memulai
Berani memulai

Nah, Om Bob mengkritik hal demikian. Katanya, kalau mau memulai saja sudah tidak berani, bagaimana jika benar-benar memulai?

Salah satu contoh nyata dari perjuangan Om Bob adalah ketika ia mengenalkan produk ayam negeri beserta telur di pasaran Indonesia. Pada waktu itu, ayam kampung masih mendominasi pasar. Namun, Om Bob tidak pantang menyerah dan terus berani mempromosikan bisnis yang ia miliki hingga akhirnya ia sukses.

READ  10 Jenis Kerja Sampingan yang Akan Menambah Penghasilan

Oleh karena itu, dari kisah di atas Anda bisa belajar bagaimana menumbuhkan keberanian dalam memulai bisnis. Perhitungan tentang keuntungan yang akan didapatkan memang boleh saja. Namun, jangan sampai perhitungan tersebut nantinya hanya akan menghasilkan rasa takut dan khawatir sehingga bisnis Anda tidak kunjung dimulai.

  • Jangan Terlalu Banyak Berpikir

Merencanakan sebuah usaha agar bisa menghadapi kegagalan atau masalah yang terjadi adalah hal yang penting. Namun, terlalu banyak berpikir cenderung membuat pekerjaan urung dilakukan. Inilah salah satu petuah Bob Sadino yang sangat terkenal. Ya, jika berpikir terus, lalu kapan akan bekerja?

jangan terlalu banyak berpikir
Pexels.com

Nah, dari kalimat tersebut Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa action adalah hal yang paling penting. Meskipun merumuskan dan berpikir adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam bisnis, namun jangan terlalu lama berpikir. Terlalu lama berpikir nantinya hanya akan membuat kekhawatiran semakin banyak dan akhirnya Anda urung memulai.

Selain itu, pengusaha adalah seseorang yang memiliki mental kuat. Tanda ia memiliki mental kuat adalah ia bisa menghadapi masalah yang datang di kemudian hari saat ia memulai usaha.

Dalam hal ini, Anda perlu belajar pula tentang bagaimana mengambil keputusan. Terkadang, seseorang yang pintar kalah dengan seseorang yang berani mengambil risiko. Ketahuilah bahwa setiap keputusan pasti akan ada risiko yang didapatkan. Namun, jika Anda terlalu banyak berpikir, maka yang jelas usaha Anda tidak akan kunjung mulai.

  • Tidak Ada Kesuksesan yang Instan

Salah satu mindset yang salah di kalangan mereka yang memiliki usaha adalah keinginan untuk mendapatkan kesuksesan dengan cara yang instan. Dalam hal ini, Bob Sadino menekankan bahwa kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan. Mereka yang mendapatkan kesuksesan dengan instan nantinya juga akan kehilangan secara instan pula.

tidak ada kesuksesan yang instan
Pexels.com

Ya, ucapan Om Bob ini bisa diartikan jika dunia usaha membutuhkan fondasi yang tidak hanya kuat, namun juga tahan terpaan. Fondasi tersebut akan membuat eksistensi usaha cenderung terjaga.

Selain itu, komitmen yang kuat juga diperlukan. Komitmen yang bersatu dengan semangat dan impian akan menumbuhkan rasa optimis dan semangat yang membara untuk menyukseskan bisnis yang dikelola. Oleh karena itu, jalani proses dengan baik dan nantinya kesuksesan akan mengikuti dari belakang.

Dengan tips ini, maka Anda bisa mengubah mindset dengan benar. Tekankan bahwa kesuksesan akan lahir dari sebuah usaha yang keras dan tanpa henti. Mereka yang sukses kebanyakan adalah mereka yang sudah melalui jalan panjang yang penuh liku. Oleh karena itu, jangan terlalu berharap untuk sukses dengan instan meskipun hal tersebut bisa saja.

  • Mempunyai Impian yang Besar

Memiliki impian adalah hal yang wajib bagi seorang pengusaha. Konsep ini adalah salah satu pemikiran Bob Sadino yang hingga kini masih mengudara dan menjadi inspirasi bagi kalangan pengusaha.

READ  10 Jenis Kerja Sampingan yang Akan Menambah Penghasilan
mempunyai impian yang besar
Pexels.com

Mimpi yang besar adalah sebuah visi. Dengan memiliki visi, maka seorang pengusaha akan mendapatkan pendorong serta tambahan kekuatan untuk tetap berusaha. Nah, visi inilah yang dimiliki oleh Om Bob ketika ia memulai usahanya sehingga ia tidak mudah menyerah dan takluk.

Dalam hal ini, Om Bob percaya bahwa kesuksesan tidak hanya cukup di meja teori. Ia adalah sebuah pencapaian yang nantinya akan didapatkan dari sebuah kerja keras dan juga perjuangan. Nah, mimpi yang besar adalah asa untuk menjaga perjuangan tersebut agar tidak mudah pudar.

  • Berpikir Positif

Berpikir negatif pada usaha yang dilakukan adalah sebuah kesalahan. Pikiran negatif tersebut nantinya akan merusak kinerja dan menghilangkan semangat untuk melanjutkan bisnis yang dimiliki. Bahkan, pikiran negatif tersebut akan berubah menjadi racun yang menggagalkan bisnis.

berpikiran positif
Pexels.com

Oleh karena itu, salah satu tips sukses berbisnis ala Bob Sadino yang sangat penting adalah selalu berpikir positif. Ini adalah hal yang begitu ditekankan agar Anda bisa mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan berpikir positif, maka akan ada solusi yang datang termasuk ketika Anda mendapatkan masalah. Selain itu, pikiran positif tersebut juga bisa menjadi modal untuk terus semangat dalam menjalankan bisnis. Tentu saja hal ini penting karena di dalam pikiran yang positif terdapat semangat yang terus membara.

Sebagaimana diketahui bahwa dunia bisnis terkadang tidak seperti bayangan di awal. Bayangan akan mendapatkan kesuksesan yang besar dan cepat terkadang tidak menemukan realitanya saat dijalani. Kondisi ini seringkali membuat seorang pebisnis menjadi minder, tidak percaya diri lantas berpikiran negatif dan menduga usahanya akan gagal.

Jika pikiran negatif ini terus berkembang dan liar, maka bisnis akan terasa lebih berat untuk dijalani. Tidak akan muncul sebuah inovasi untuk berbisnis dan tentu saja nantinya Anda akan tertinggal dari orang lain. Itulah kenapa Bob Sadino menekankan seorang pebisnis harus memiliki mental yang kuat dan mampu mengatur mindset dirinya.

  • Tidak Mudah Menyerah

Sikap tidak mudah menyerah adalah hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Sebagaimana disinggung di awal bahwa dunia bisnis dan usaha terkadang menghadirkan sesuatu yang tidak diterka sebelumnya. Ada kejadian yang mungkin akan membuat Anda berada di dalam posisi yang sulit.

tidak mudah menyerah
unsplash.com

Oleh karena itu, sikap tidak mudah menyerah harus menjadi mindset awal yang dibentuk. Dengan memiliki sifat ini, tentu saja segala rintangan yang muncul dalam dunia usaha akan dihadapi dengan penuh keberanian dan juga penuh keyakinan bahwa masalah tersebut adalah jalan untuk membuat Anda bertambah kuat.

READ  10 Jenis Kerja Sampingan yang Akan Menambah Penghasilan

Sikap tidak mudah menyerah ini juga merupakan kunci dari langgeng nya sebuah bisnis. Perlu disadari bahwa dalam bisnis ada banyak persaingan yang akan terjadi. Dengan sikap tidak mudah menyerah, maka bisnis yang Anda jalankan tentu akan tahan banting dan tidak goyah saat berhadapan dengan para pesaing.

  • Mencoba Melakukan Inovasi

Persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis adalah hal yang sangat wajar. Tentu, seiring banyaknya pelaku bisnis, maka persaingan menjadi fakta yang harus diterima. Nah, seorang pebisnis yang baik dan siap untuk sukses adalah mereka yang bisa menemukan solusi yang tepat untuk menghadapi persaingan tersebut.

mencoba melakukan inovasi
Pexels.com

Terkait menghadapi persaingan dalam bisnis, salah satu cara yang paling tepat adalah menghadirkan inovasi. Inovasi dan bisnis adalah dua hal yang tidak boleh terpisahkan. Bisnis yang selalu melakukan inovasi adalah bisnis yang baik yang di dalamnya ada semangat untuk terus maju dan terus berproses.

Sebaliknya, mereka yang tidak mau melakukan inovasi tentu lambat laun pasti akan tergilas dan akhirnya ia akan runtuh. Ada cukup banyak contoh yang bisa dijadikan pengingat terkait inovasi dalam bisnis ini. Kasus Nokia yang tenggelam dan kalah dengan Android karena tidak mau melakukan inovasi dari sistem Symbian bisa menjadi pelajaran.

Oleh karena itu, untuk bisa bertahan dalam bisnis hingga meraih kesuksesan, inovasi mutlak diperlukan. Nah, dalam hal ini, cobalah untuk berpikir dan melakukan riset untuk menemukan ide inovasi yang cocok diterapkan pada bisnis yang Anda miliki.

  • Melebarkan Sayap

Hal terpenting dalam bisnis sebenarnya adalah relasi. Ya, relasi adalah bentuk dukungan lain dari bisnis yang Anda kelola. Dengan memiliki relasi yang banyak dan kuat, bisnis bisa bertumbuh dan menjadi semakin besar dari waktu ke waktu.

melebarkan sayap
Pexels.com

Oleh karena itu, saat memutuskan terjun dalam dunia bisnis, maka cobalah untuk mencari relasi sebanyak mungkin. Jadikan relasi sebagai peluang untuk terus berkembang dan maju. Jadikan pula relasi sebagai mitra diskusi untuk menemukan ide bisnis yang baru.

Baca Juga :  10 Jenis Kerja Sampingan yang Akan Menambah Penghasilan

Nah, beberapa poin di atas adalah tips mengelola bisnis untuk bisa sukses menurut Bob Sadino. Tentu, perlu praktik yang nyata dan usaha yang sungguh-sungguh dalam penerapan poin demi poin tadi agar kesuksesan tidak hanya menjadi angin semata dan impian dalam bisnis yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.