Cara Mudah untuk Mencari dan Cek NISN Siswa Secara Online

Cek NISN – Apa itu NISN? Merupakan kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional, NISN merupakan sebuah layanan sistem yang berguna untuk mengelola nomor induk siswa secara nasional. Nomor induk tersebut dikelola langsung oleh pusat data dan statistika kemdiknas.

Ini merupakan salah satu program Dapdik atau Data Pokok Pendidikan beserta kementrian Pendidikan dan kebudayaan atau yang biasa Anda dengar dengan istilah kemendikbud.layanan NISN ini sekarang sudah lebih canggih karena menggunakan sistem komputerisasi online.

Belum lagi site mini terpusat untuk mengelola dan cek NISN dengan skala nasional sesuai dengan standar pengkodean yang sudah ditentukan. Bagi setiap siswa yang sudah terdaftar di dalam layanan NISN akan diberikan kode pengenal identitas siswa yang terdiri dari 10 digit angka unik.

Nomor induk ini berlaku selamanya karena untuk membedakan antara satu siswa dengan siswa yang lainnya.  Mengapa 10 digit angka tersebut bisa dikatakan unik? Karena biasanya 3 digit angka pertama merupakan tahun lahir dari siswa tersebut. Contohnya jika Anda lahir pada tahun 1997 maka 3 digit awal NISN Anda ialah 097. Sedangkan 7 angka berikutnya merupakan kode unik.

Penentuan NISN

penentuan nisn
www.tribunnews.com

Untuk penentuan dan pemberian kode pengenalan atau NISN tersebut, dilakukan secara otomatis dengan menggunakan mesin komputer yang sudah ada pada pusat layanan NISN.

Pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut dilakukan dengan berdasarkan masukan atupun pengajuan sumber data siswa. Namun sumber data siswa yang diserahkan harus sudah diverifikasi tiap sekolah serta dinas Pendidikan secara online.

Hasil dari pemberian kode identifikasi oleh sistem NISN tersebut untuk kemudian ditampilkan secara terbuka dengan batasan tertentu lewat situs NISN. Hal ini bertujuan agar kegiatan cek NISN tidak bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengecek NISN Siswa

cara mengecek nisn siswa
www.novriadi.com

Anda bisa mengecek ataupun mencari NISN Anda dengan mudah melalui browsing internet yakni dengan mengunjungi situs https://NISN.data.kemendikbud.go.id. Jika ingin mencari atau mengecek NISN, Anda bisa memanfaatkan dua cara, yaitu mencari NISN berdasarkan NISN serta mencari NISN dengan menggunakan nama lengkap Anda. Bisa juga ditambah dengan tanggal lahir dan tempat lahir juga. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Berdasarkan NISN

Untuk mengecek NISN Anda dengan menggunakan NISN itu sendiri caranya sangat mudah. Seperti berikut:

  1. Yang pertama silahkan Anda mengunjungi website resmi dari NISN
  2. Lalu masukan NISN Anda ke dalam kolom yang tersedia dan selanjutnya klik cari
  3. Nantinya akan muncul hasil dari pencarian untuk NISN yang Anda masukan. Silahkan lihat dan teliti hasil yang keluar. Biasanya kan muncul keterangan dari Anda yakni berupa NISN, nama, jenis kelamin serta tempat dan tanggal lahir.

Berdasarkan Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir

Jika Anda tidak tahu berapa NISN Anda, maka hal tersebut bisa dicari tahu dengan menggunakan nama beserta tempat dan tanggal lahir Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Seperti sebelumnya hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mengunjungi website resmi NISN
  2. Kemudian Anda klik pencarian berdasarkan nama
  3. Jika sudah, masukan nama lengkap Anda diikuti dengan tempat serta tanggal lahir yang ada pada kolom yang tersedia
  4. Selanjutnya, Anda sudah bisa melihat hasil pencarian yang menampilkan informasi mengenai NISN, nama Anda, jenis kelamin serta tempat dan tanggal lahir.

Nah itulah 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk cek NISN agar bisa mengetahui berapa sebenarnya nomor induk pengenal Anda. NISN yang Anda cari akan mudah untuk ditemukan apabila data yang Anda masukan sudah benar-benar valid.

Namun jika Anda belum juga menemukan NISN Anda bisa langsung menghubungi operator tempat Anda bersekolah. Sekarang, jika Anda sudah mengetahui NISN maka Anda juga perlu mengetahui apa saja sebenarnya tujuan dibuatnya NISN beserta dengan manfaatnya.

Tujuan dan Manfaat NISN

tujuan dan manfaat nisn
sidapodikdas.blogspot.com

Terdapat beberapa tujuan dan juga manfaat dari dibuatnya NISN ini, yakni sebagai berikut:

  1. Berguna untuk memverifikasi setiap siswa/peserta didik yang berada di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Digunakan sebagai pusat pelayanan pada sistem pengelolaan NIS online untuk unit-unit kerja Kementerian Pendidikan nasional. Kemudian dinas Pendidikan daerah bahkan sampai dengan sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel. Namun tetap berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi yang terbaru
  3. Bermanfaat sebagai sistem pendukung dari program dapodik dalam proses pengembangan serta penerapan program perencanaan Pendidikan. Bukan hanya pada penerapan program nya saja namun juga statistik Pendidikan serta program Pendidikan yang lain.

Baik yang berada di tingkat pusat, provinsi, kota atau kabupaten bahkan sampai sekolah. Seperti ujian nasional, bantuan operasional sekolah, pangkalan data serta informasi Pendidikan, sistem informasi manajemen sekolah sampai dengan program beasiswa PIP.

Cara Mendapatkan NISN

cara mendapatkan nisn
www.capdindikjombang.com

Bagaimana Anda bisa cek NISN jika Anda sendiri tidak memiliki nomor induk tersebut? Bagaimana cara mendapatkannya?  Biasanya untuk para siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) mereka akan mendapatkan NISN langsung dari sekolah mereka masing-masing.

Bagian operator dari sekolah biasanya akan mengajukan NISN untuk siswa baru yang berada di sekolahnya. Pengajuan tersebut bisa dilakukan dengan mengakses alamat https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Namun jika Anda merupakan siswa SMP maupun siswa SMA/SMK dan belum juga memiliki NISN, maka Anda bisa langsung mengajukan kepada bagian operator sekolah agar segera membuatkan nomor induk dengan melalui situs yang sama.

NISN yang muncul dan didapat dari Vervalpd tersebut kemudian akan tersinkron secara otomatis dengan aplikasi Dapodik. Baik dalam dapodikdas maupun dapodikmen setelah operator sekolah Anda selesai melakukan proses verifikasi dan validasi melalui website verval.

Secara umum, NISN akan berlaku sejak Anda resmi menjadi siswa yang berada dalam jenjang sekolah dasar, bahkan hingga SMA/SMK.

Mengapa Mencari NISN

mengapa mencari nisn
www.mastekno.com

Ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang melakukan cek NISN. Baik itu dari pihak Anda sendiri atau malah dari pihak guru. Berikut ini mungkin menjadi alasan yang mendasari mengapa bisa terjadi pencarian dan pengecekan NISN.

Penyebab Guru Melakukan Pencarian

  • Alasan mengapa seorang guru atau pihak sekolah melakukan pencarian bahkan pengecekkan NISN ialah, apabila di sebuah sekolah tersebut terdapat siswa baru. Apalagi jika pada saat tahun ajaran baru.

Nantinya pihak staff operator sekolah akan menginputkan data siswa yang baru masuk ke dalam aplikasi dapodikdas ataupun dapodikmen. Kemudian operator tersebut akan melakukan pengecekan tahan awal. Pengecekan ini merupakan sebuah proses untuk bisa membuat pengajuan pembuatan NISN baru.

  • Pencarian dan pengecekan NISN yang dilakukan oleh operator sekolah bisa dilakukan kapanpun jika terdapat kejanggalan tentang validasi dari NISN tersebut. Biasanya hal ini kerap dilakukan ketika siswa akan melakukan ujian sekolah atau nasional.
  • Pihak sekolah akan langsung mengecek kevalidan NISN dari tiap-tiap siswa yang akan mengikuti ujian nasional.

Penyebab Guru/Siswa Melakukan Pengecekkan

  • Penyebab dilakukannya pencarian salah satunya karena guru dari sekolah tersebut perlu mengecek kevalidan dari  dari NISN siswa yang baru saja masuk ke sekolah tersebut. Hal itu bertujuan juga agar supaya jika terdapat NISN yang tidak valid maka bisa segera diatasi dengan menggunakan website Verval PD.
  • Apabila terdapat siswa baru yang lupa dengan nomor induk mereka, maka pihak staf dari sekolah/guru bisa melakukan pencarian terhadap NISN siswa tersebut. Pencarian dilakukan secara online dengan menggunakan nama dari siswa tersebut. Jadi apabila Anda mengalami kendala dengan NISN, Anda langsung menanyakan ke pihak sekolah saja.
  • Jika Anda lupa dengan NISN yang Anda miliki, maka Anda bisa langsung melakukan pencarian atau pengecekan dengan menggunakan website NISN seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Penyebab Orangtua Mengecek NISN anaknya

Ada kalanya orang tua dari siswa ingin melakukan cek NISN sendiri untuk memastikan kebenaran dari data anaknya. Penyebab-penyebab yang umumnya mendasari ialah sebagai berikut.

  • Jika Anda sebagai orang tua ataupun wali murid biasanya ada yang ingin mengetahui kevalidan dari data yang dimiliki anaknya. Hal inilah yang membuat orangtua ingin mengecek NISN secara langsung.
  • Penyebab orangtua mengecek NISN anaknya yang kedua ialah apabila NISN yang dimiliki oleh anak hilang bahkan lupa. Maka Anda sebagai walinya bisa melakukan pencarian NISN anak Anda secara online dengan melalui website dan sesuai dengan prosedur yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Solusi Jika Terjadi Masalah NISN

solusi jika terjadi masalah nisn
info-menarik.com

Berdasarkan data yang diperoleh dari situs resmi dapodik kemendikbud, terdapat beberapa solusi apabila terjadi masalah dengan NISN siswa.

Jika Lupa 

Apabila Anda lupa dengan nomor NISN Anda, cek NISN tetap bisa dilakukan dengan mengecek menu data siswa atau bisa melalui situs NISN yang resmi. Pengecekan bisa Anda lakukan dengan memasukkan nomor NISN jika sudah memiliki, atau bisa dengan menggunakan nama lengkap yang sesuai dengan akta kelahiran.

Jika Belum Memiliki

Bagaimana cara mengurus NISN apabila Anda sama sekali belum memilikinya?

  • Yang pertama Anda terlebih dahulu akan diarahkan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sesuai dengan prosedur yang sebelumnya.
  • Kedua, jika siswa tidak ditemukan, maka Anda bisa mengunduh formulir peserta didik (F-PD) serta formulir A.1 untuk pengajuan nomor induk siswa nasional baru pada situs resmi NISN kemudian memilih menu formulir pengajuan.
  • Selanjutnya, Anda perlu mencetak formulir-formulir tersebut.
  • Kemudian ketika formulir telah tercetak, maka Anda dianjurkan untuk mengisi formulir-formulir tersebut secara manual.
  • Jika sudah, serahkan hasil formulir yang sudah diisi tersebut kepada operator atau staff sekolah dimana Anda berasal
  • Yang terakhir pihak sekolah akan mengirim formulir A.1 tersebut ke PSPD melalui email : [email protected] untuk selanjutnya akan diberikan nomor NISN untuk Anda.

Memperbaiki Biodata NISN yang Tidak Sesuai

Apabila terdapat kesalahan pada biodata NISN Anda, maka Anda tidak perlu begitu khawatir karena terdapat solusi untuk mengatasinya seperti berikut:

  • Yang pertama download formulir A3 untuk pengajuan perbaikan biodata di situs NISN resmi dan terletak pada formulir pengajuan.
  • Kemudian cetak formulir A3 tersebut
  • Jika sudah, silahkan isi formulir tersebut secara manual dan dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Lalu Anda tinggal menyerahkan dokumen berupa formulir A3 tersebut kepada operator NISN di tingkat sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.
  • Nantinya, pihak sekolah akan mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tadi melalui email pdsp.

Jika Tidak Dibekali NISN di Sekolah Sebelumnya

Bagaimana jika di sekolah baru Anda ditanyakan nomor NISN padahal pada saat lulus dari sekolah sebelumnya, Anda sama sekali tidak dibekali dengan nomor NISN? Tenang, karena masih ada tips yang bisa Anda lakukan berikut ini.

  • Yang pertama Anda akan dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti permasalahan yang tertera pada poin 1 di atas.
  • Jika permasalahan belum juga ditemukan, maka Anda perlu mencoba opsi kedua yakni dengan mendownload atau mengunduh formulir peserta didik (F-PD) dan mengambil form formulir A.1. formulir tersebut berguna untuk pengajuan nomor induk siswa baru di website resmi NISN bagian formulir pengajuan.
  • Jika sudah, Anda tetap harus mencetak formulir-formulir tersebut.
  • Jika sudah tercetak, Anda masih ditugaskan untuk mengisi formulir tersebut dengan benar yang ditulis secara manual.
  • Kemudian serahkan formulir tersebut kepada staff NISN/npsn yang ada di sekolah asal Anda.
  • Seperti biasa, pihak sekolah yang akan mengirim formulir tersebut ke pdsp melalui email agar Anda bisa mendapatkan NISN.

Jika Kartu NISN Hilang, dan Terdapat Data yang Keliru

Apabila dalam NISN Anda terdapat sebuah kesalahan, kerusakan atau bahkan Anda kehilangan kartu NISN, hal yang pertama harus Anda lakukan ialah melapor. Kemana harus melaporkan kesalahan ini?

Jelas kepada staff operator di bagian NISN/npsn di sekolah yang sudah menerbitkan NISN tersebut. Nantinya staf operator disana akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara mengatasi masalah Anda tersebut.

Jika Anda memiliki 2 NISN 

Bagaimana jika Anda sebagai seorang siswa memiliki hingga 2 NISN sekaligus? Lalu NISN manakah yang sebaiknya digunakan? Sebaiknya NISN yang digunakan ialah NISN yang sudah digunakan menjadi alat administrasi dan validasi untuk Anda di sekolah.

Adapun tips lain NISN yang digunakan ialah yang memiliki kode paling kecil. Dan kemudian, NISN yang sudah tidak digunakan harus segera dilaporkan kepada staff operator NISN/NPSN sekolah asal Anda agar bisa segera dihapus.

Alasan Mengapa NISN Penting

alasan mengapa nisn penting
m.fimela.com

Seperti halnya nomor-nomor lainnya, nomor induk siswa juga berperan sebagai identitas yang membedakan dengan siswa lain. Berikut alasan lain mengapa NISN penting untuk siswa.

Melihat Perkembangan Siswa

Dengan melalui nomor unik NISN, maka perkembangan dari riwayat Pendidikan Anda sebagai siswa bisa dengan mudah terpantau. Hal ini mencakup juga perubahan data yang terjadi seperti proses mutasi, tingkat kelulusan bahkan data siswa yang putus sekolah.

Jadi dari nomor NISN inilah, bakal terlihat siapa saja yang berhenti bersekolah setelah lulus dari SD ataupun SMP. Hal ini juga yang tampaknya menjadi data untuk penggalakan sebagai upaya pemberantasan putus sekolah.

Agar Siswa Berpendidikan Non Formal Mudah Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Dikutip dari penjelasan ketua asosiasi sekolah rumah dan Pendidikan alternatif, bahwa NISN merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi siswa non formal. Tanpa adanya NISN yang berlaku seumur hidup ini, mereka sebagai siswa yang mengenyam Pendidikan non formal akan sedikit kesulitan ketika ingin mendaftarkan diri ke perguruan tinggi.

Nomor Tetap Seumur Hidup

NISN dikatakan sebagai nomor tetap seumur hidup memang benar adanya. Karena dengan adanya NISN, maka Anda sebagai siswa tidak perlu repot-repot untuk mengganti nomor induk apabila mengalami pergantian jenjang Pendidikan.

Satu nomor induk akan digunakan oleh Anda bahkan hingga Anda menamatkan seluruh Pendidikan. Oleh sebab itu, ketika Anda naik ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, maka nomor induk atau NISN tidak akan pernah berubah.

Baca Juga Pengertian Inflasi

Demikianlah tutorial beserta informasi yang bisa membantu Anda bagaimana cara cek NISN secara online dan mudah. Jadi kesimpulannya, dengan mengakses website https://verval.pd.data.kemdikbud.go.id Anda bisa mencari dan mengecek NISN dan hal lain yang berkaitan dengan NISN.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.