41+ Kerajinan Tangan dari Sedotan Beserta Cara Membuatnya Mudah, Terbaru & Lengkap

Kerajinan tangan Dari Sedotan – Sedotan. Semua orang pasti mengenal benda satu ini. Sebuah  Pipa kecil yang mempunyai lubang. Seperti kita semuanya tahu, bahwa sedotan merupakan suatu alat yang kita gunakan untuk minum.

Ketika kita membeli minuman atau di setiap tempat makan kita pasti dengan mudah menemukan sedotan. Nampak nya memang sedotan ini telah mendunia.

Namun siapa sangka ternyata sedotan awal mulanya terbuat dari batang – batang rumput padi, ataupun tumbuhan lain yang sejenis. Bahkan pada jaman dahulu, di Sumeria menggunakan jerami sebagai sedotan sekitar 5000 tahun yang lalu.

Kemudian pada tahun 1888, sedotan yang berasal dari jerami mulai merambah menjadi bahan kertas Yang di pelopori oleh seorang bernama Marvin Stone yang memproduksi sedotan dengan menggulungkan lembaran kertas pada sebatang pensil.

Gulungan tersebut kemudian di celupkan pada parafin agar kuat terhadap air. Kemudian Stone mendirikan pabrik sedotan dengan nama Stone Straw Company pada tahun 1889.

Sejarah tentang bahan Sedotan

Sejarah tentang bahan Sedotan

 

Kemudian bahan sedotan menjadi lebih berkembang lagi, dengan menggunakan bahan plastik polypropylene, yaitu bahan plastik yang di pakai untuk sedotan, kantong obat, atau tutup botol minuman. Kemudian sedotan tekuk mulai di temukan pada tahun 1930 oleh seorang yang bernama Joseph B. Friedman dari San Francisco.

Dan kini masyarakat luas banyak menggunakan sedotan yang lurus maupun sedotan yang dapat di tekuk untuk meminum minuman. Sekarang, sudah banyak sekali jenis – jenis sedotan yang telah di produksi seiring berkembangnya jaman. Bahkan saat ini sudah ada sedotan seperti sendok yang mempunyai fungsi dobel. Yakni bisa sebagai sedotan atau sebagai sendok.

Jika awalnya sedotan hanya di gunakan sehari alat bantu untuk meminum minuman, kini sedotan sudah mulai banyak di gunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk produk kerajinan handicraft menarik. Meskipun bahannya murah dan mudah di dapatkan namun hasilnya tidak kalah menarik dan variatif.

Kita dapat memperoleh sedotan di berbagai toko toko yang menyediakan bahan kerajinan atau bahan bahan plastik. Sedotan kaya akan ragam warna, bentuk, dan motif. Meskipun sedotan terkesan agak kaku namun sedotan tetap memiliki sifat seperti bahan aslinya yaitu plastik yang elastis dan lentur sehingga bisa dengan mudah menjadikan berbagai macam bentuk yang di hasilkan dari sedotan.

Nilai tambah dari sedotan dijadikan sebagai bahan kerajinan

Agar sedotan lebih memiliki nilai tambah dan terlihat lebih menarik, tidak banyak di butuhkan keterampilan atau pelatihan khusus, tetapi juga sentuhan seni dari sang pengrajin. Namun, secara teknis ada beberapa langkah yang harus di persiapkan agar proses pengerjaan menjadi lancar. Dimulai dari bentuk apa yang akan di buat, pemilihan alat, bahan pendukung, bahan dasar, model perangkaian, ataupun pengemasan nya. Berikut ini akan di paparkan mengenai alat dan bahan apa saja yang di perlukan untuk mengkreasikan sedotan.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sedotan merupakan salah satu jenis bahan yang kerap dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utamanya adalah untuk meminum air. Namun, ternyata sedotan juga bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang menarik. Nah, ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki banyak sedotan. Terlebih harga sedotan yang relatif murah akan semakin memudahkan hobi Anda membuat kerajinan. Penasaran bukan dengan berbagai kerajinan tangan dengan bahan dasar sedotan? Berikut ini ulasan selengkapnya tentang kerajinan tangan dari sedotan.

Cara membuat Kreasi Bunga Cantik Dari Sedotan

Cara membuat Kreasi Bunga Cantik Dari Sedotan

Alat

  1. Sisir Gerigi

Sisir gerigi ini terbuat dari bahan alumunium tipis dengan bentuk persegi panjang yang tumpul. Bagian ujung dari tiap sisi berbentuk gerigi dengan tinggal kerapatan yang berbeda beda, mulai dari yang halus hingga yang kasar. Sisir gerigi ini bisa digunakan misalnya untuk membentuk tekstur guratan pada daun atau pada mahkota bunga. Dengan bantuan sisir gerigi, helai daun dan mahkota bunga yang terbuat dari sedotan dapat menyerupai bentuk aslinya.

Untuk menggunakan sisir gerigi ini cukup dengan menempelkannya pada helaian sedotan pada salah satu tepi sisir gerigi di bantu tekanan ibu jari, kemudian tarik dan lepas dengan cepat, terbentuklah lekukan yang dikehendaki.

  1. Gunting

Gunting ini digunakan untuk membentuk pola sedotan yang di kehendaki m jangan gunakan sikat atau cutterz karena be tuk pola sedotan tidak akan baik. Gunakanlah gunting yang tajam agar pola yang di hasilkan tampak lebih rapi.

  1. Jarum

Jarum di fungsikan untuk merinci bagian mahkota bunga atau helai daun. Pada jarum yang di gunakan, pilihlah yang dapat di masuki oleh kawat yang biasa di gunakan untuk mengikat bunga.

  1. Penggaris

Penggaris digunakan untuk mengukur panjang dan pendeknya sedotan yaang akan kita pakai, atau untuk mengukur bahan bahana lain yang di gunakan.

  1. Tang

Yang di gunakan untuk menarik dan mengencangkan roncean bunga. Yang yang di gunakan sebaiknya berukuran kecil agar dapat menarik kawat halus. Penggunakan yang ini juga berfungsi agar kulit jari menjadi lebih terlindungi tidak mudah terluka atau tergores akibat menarik narik kawat yang tajam dan licin.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan utama yang digunakan tentulah sedotan dengan berbagai warna dan ukuran. Untuk mengikat bunga, biasanya diperlukan sedotan dengan warna macam macam, ataupun motif yang berbeda beda. Ketik memilih milih harus dipertimbangkan benar bunga apa yang akan di pakai.

Misalnya membuat bunga matahari, maka digunakan sedotan warna kuning, membuat bunga mawar maka di gunakan sedotan warna merah tua ataupun merah muda, membuat bunga teratai maka digunakan sedotan warna putih atau ungu muda, membuat bunga melati, maka digunakan warna putih.

Bahan pendukung

Dalam membuat kerajinan bunga dari sedotan, di perlukan juga bahan-bahan pendukung lainnya. Bahan pendukungnya tersebut antaranya tangkai bunga siap pakai, kawat, sellang kecil untuk balutan kawat, sari, kelopak, daun , soon z vas bunga, senar dan pola dasar.

Bahan pendukung ini juga perlu di pilih. Misalnya membuat bunga, perlu di sesuaikan dengan jenis putiknya, dari nya, mahkota nya, dan daun nya. Karen jika tidak di pilih, misalnya menyambungkan antara bunga anggrek dengan bunga matahari maka  hasilnya menjadi aneh. Bahan pendukung ini juga berfungsi sebagai pelengkap untuk menambah keindahan tampilan bunga sedotan. Siapkanlah bahan pendukung ini bersama dengan bahan utama dan peralatan lainnya. Agar ketika proses pembuatan nya tidak menjadi kan ribet. Pisahkan wadah antara bahan utama dengan bahan pendukung dan peralatan lainnya.

Persiapan Pembuatan

  1. Menyiapkan Pola

Berkreasi menggunakan sedotan, tetaplah memerlukan pola. Siap kan pola, bisa menggunakan bahan Manila, karton, atau sedotan. Jangan lupa tandai atauemberi nama untuk setiap pola tersebut. Agar nanti ketika merangkainya tidak tertukar.

  1. Memotong sedotan

Untuk membuat bunga dari sedotan, bahan yang di habiskan pun berbeda beda. Ada yang dalam pembuatannya cukup menghabiskan 1 batang sedotan ada juga yang menghabiskan banyak batang sedotan. Sedotan dapat di potong menjadi 2 – 10 bagian, tergantung pada besar kecilnya pola yang akan di buat. Usahakan semua potongan sedotan sama panjangnya. Gunakan penggaris untuk mengukurnya, karena di takutkan tidak simetris.

Potongan-potongan sedotan yang siap dibentuk tersebut dipisahkan dalam wadah agar tidak tercecer atau hilang. Pasalnya, jumlah potongan sedotan tersebut telah di siapkan untuk menghasilkan beberapa kuntum bunga atau bentuk lainnya.

  1. Membentuk dan Mengerut

Untuk membentuk sedotan menjadi daun dan mahkota bunga, hal ini bisa di lakukan dengan mencontoh atau menjiplak dari pola dasar yang di siapkan sebelumnya. Kemudian serut menggunakan sisir gerigi untuk membuat tekstur pada mahkota bunga. Bentuk lekukan dan goresan yang di hasilkan akan mempertegas bentuk model.

Tujuan lain dilakukan nya penyerutan adalah untuk menyamarkan bahan dasar plastik dan memberi kesan bentuk alami. Namun tidak semua pola harus di serut, ada pola yang cukup dibentuk dengan ditekan menggunakan ujung ibu jari.

  1. Merangkai Bunga
READ  53 Kerajinan Dari Kardus Yang Mudah dan Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

Setelah sedotan di bentuk dan di serut, maka potongan – potongan mahkota bunga di rangkai hingga membentuk bunga utuh. Merangkai bunga secara teknis dapat di bagi menjadi tiga, sebagai berikut :

  1. a) Merangkai bunga dengan teknik susun

Teknik ini dilakukan dengan cara menyusun potongan – potongan  mahkota bunga secara menyilang dengan jumlah tertentu tergantung pada jenis bunganya. Pada bagian dasar potongan- potongan mahkota dilubangi sebagai sumbu untuk memasukkan sari bunga. Bagian dasar bunga kemudian di padatkan. Jenis ini bisa di gunakan untuk membuat bunga mawar kuncup, anggrek ( anggrek bulan dan catleya), melati, teratai, lili, euphorbia Mili (Emili), Dan Bunga Nopember.

  1. b) Merangkai bunga dengan teknik ikat

Mahkota – mahkota bunga dirangkai atau di ronce dengan menggunakan kawat halus. Untuk mempermudah meronce, coba gunakan jarum khusus. Kreasi bunga yang biasanya dirangkai dengan teknik ikat ini di antaranya bunga mawar, Nusa indah, bungur, crissan Shamrock, dan hortensia.

  1. c) Merangkai bunga dengan teknik ikat dan susun

Teknik ini menggunakan kombinasi dua teknik sebelumnya, yakni susun dan ikat. Salah satu kreasi bunga yang menggunakan teknik kombinasi ini adalah bunga Wijaya Kusuma.

Dalam merangkai bunga jangan sampai arah dan bentuk pola sedotan terbalik. Ada beberapa cara perangkaian yang mengombinasikan bentuk pola sedotan dengan secara berselang seking dalam jumlah tertentu. Salah satu cara misalnya dengan meronce pola sedotan dimulai dari yang paling panjang, sedang, di susul dengan yang paling kecil.

Meroncenya dilakukan secara bergantian dengan jumlah hitungan tertentu. Usahakan pekerjaan perangkaian ini dalam suasana yang lebih tenang agar tidak banyak mengalami kesalahan.

Perangkaian dimulai dari bagian – bagian kecil sampai bagian terbesar. Misalnya, bunga dirangkai menjadi sekuntum, kemudian beberapa kuntum, setangkai, terus hingga menjadi beberapa taanggal dalam suatu pot atau vas bunga.

  1. Pengemasan

Semua produk kerajinan tangan yang hendak di jual atau di bawa ke suatu tempat hendaknya di kemas dengan baik. Mengemasnya bisa menggunakan plastik pembungkus.

Setangkai bunga seringkali di bungkus pada bagian bunganya saja dengan plastik transparan. Untuk bunga dalam vas biasanya seluruh bagian rangkaian di tutup dengan plastik transparan.

  1. Perawatan

Tidak ada penanganan khusus dalam merawat kerajinan tangan dari sedotan. Perawatan cukup dengan menjaganya dari debu serta kotoran lain. Caranya mudah, cukup direndam dalam larutan detergen kurang lebih sepuluh menit, kemudian bilas dengan air bersih, kemudian keringkan tapi jangan sampai terkena cahaya matahari langsung untuk menghindari warna sedotan yang hilang.

Baca juga cara membuat bunga dari kertas

Membuat Burung Merak Dari Sedotan

burung merak dari sedotan

Bahan :

  1. Sedotan

Sedotan menjadi bahan utama dalam membuat aneka  kreasi binatang. Dengan berbagai macam ukuran, warna, motif, dan bentuk.  Sedotan yang di di gunakan mempunyai kerutan dengan lubang kecil dan sedang, ada juga yang memiliki motif garis. Selain itu juga di gunakan sedotan dengan lubang besar.

  1. Tisu

Tisu ini nantinya di gunakan untuk membentuk badan angsa.

  1. Mata mainan

Mata mainan ini di gunakan untuk memperindah tampilan kreasi binatang dari sedotan.

Bahan :

  1. Gunting

Gunakan gunting untuk memotong sedotan dan juga untuk membentuk berbagai model pola dan potongan.

  1. Penggaris

Gunakan penggaris untuk mengukur sedotan yang akan di potong. Gunakan juga penggaris untuk memilihkan bentuk sedotan.

  1. Cutter

Gunakan cutter untuk menyayat dan memotong sedotan untuk membentuk sela.

  1. Pensil atau Pena Tinta

Pensil atau pena tinta di gunakan untuk membuat pola gambar pada sedotan, dan untuk membentuk mata pada bentukan satwa.

  1. Lem Tembak

Lem tembak adalah alat untuk mencairkan dan menembakkan lem lilin yang akan keluar melalui ujung nya. Lem tembak di gunakan untuk menempelkan bentukan sedotan.

  1. Setrika

Setrika di gunakan untuk memipihkan sedotan

  1. Stepler (penjepit)
  2. Solasi

Membuat Nanas Mawar dari Sedotan

Membuat Nanas Mawar dari Sedotan

Hasil dari hiasan ini bisa di letakkan di atas meja, di atas buffer, atau dalam lemari kaca. Akan menjadi menarik jika di buat dari hasil kerajinan tangan sendiri.

Bahan dan Alat :

  1. Sedotan yang berwarna oranye untuk bahan membuat bunga mawar kecil
  2. Bisa warna hijau
  3. Kelopak dan daun nanas artifisial
  4. Lem kayu
  5. Gunting
  6. Lem tembak atau lem lilin
  7. Pisau cutter
  8. Cotton buds atau bisa menggunakan lidi
  9. Double tape

Sebelum nya, buuatlah mawar – mawar kecil terlebih dahulu, cara membuatnya :

  1. a) belah lah Sedotan dengan menggunakan gunting, buat  panjang belahan sekitar 4,5 cm saja
  2. b) buatlah ujung yang terbelah sekecil mungkin hingga seperti bentuk kerucut. Gunakanlah cotton buds atau Lusi untuk alat bantu. Bagai bawah dari gulungan tersebut adalah untuk tangki bunga, sedangkan bagian atasnya untuk mahkota bunga.
  3. c) bagian yang tidak terbelah dilipat hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian gulung langsung searah dengan gulungan yang awal. Sebelum lipatan yang pertama habis, lipat lah kembali sedotan hingga menimpa pada lipatan yang awal.
  4. d) teruskan melipat ke bawah dan memutar (menggulung lipatan) hingga ujung sedotan. Setelah itu, rekatkan ujung nya dengan double tape.
  5. e) pada bagian bawah bunga berilah lem lilin, kemudian rekatkan dengan kelopak bunganya artifisial.

Setelah mawar- mawar kecil jadi, rangkai lah mawar mawar tersebut menjadi bentuk nanas.

Cara membuat nya:

  1. a) Pertama tama, buatlah bentuk nanas dari busa hijau
  2. b) oles lah bagian bawah bunga mawar dengan menggunakan lem kayu, kemudian rekatkan lah pada bisa hijau nya, kemudian susun dengan rapi dan teratur
  3. c) jika mawar sudah tersusun rapi, tancapkan lah daun nanas artifisial pada bagian atas buah. Adapun bagian bawahnya, beri lah kelopak buah nanas. Sebelumnya, olesi dengan lem lilin pada bagian yang akan di tancap kan agar lebih kuat

Setelah itu nanas mawar siap di gunakan untuk penghias ruangan.

Bunga Bugenvil Dari Sedotan

bunga bugenvil dari sedotan

  1. a) Siapkan satu batang sedotan potong lah sedotan tersebut menjadi enam bagian. Kemudian potong kembali masing – masing menjadi tiga bagian (untuk satu kuntum di perlukan tiga bagian)
  2. b) gunting sedotan seperti membuat pola pada mahkota bunga
  3. c) sisir lah mahkota bunga dengan arah yang menyamping
  4. d) masukkan tiga helai mahkota bunga dalam putik
  5. e) tambahkan lagi kelopak bunga nya, dan bunga siap di rangkai

Bunga Melati dari Sedotan

bunga melati dari sedotan

a) potong lah sedotan menjadi enam bagian ( untuk satu kuntum di butuhkan tiga bagian)

b) lipat sedotan menjadi dua, lalu gunting bagian pojok dengan pola persegi panjang kecil

c) Lipat lah sedotan ke arah yang sebaliknya, lalu gunting lah bagian kecil pada bagian atas agar tidak ada sudut

d) masuk kan lah helai mahkota dalam putik kemudian tambahkan lah kelopak bunga

e) kemudian rangkai lah  bunga tersebut

a) potonglah satu sedotan menjadi empat bagian

b) lipat lah sedotan menjadi dua, lalu gunting sedotan hingga membentuk seperti mahkota. Untuk satu kuntum membutuhkan tiga mahkota

c) sisir ke arah ujung mahkota

d) masukkan lah ketiga helai kelopak tersebut ke dalam mahkota, lali tambah kan lah kelopak

e) bunga telah siap untuk  di rangkai

Bunga Sakura Dari Sedotanbunga plastik sakura dari sedotan

  1. a) potonglah sedotan menjadi enam bagian
  2. b) kemudian lipat dua sedotan yang sudah di potong, gunting sedotan menurut pola untuk membentuk sebuah mahkota
  3. c) sisir lah mahkota tersebut ke arah ujung (untuk satu kuntum bunga membutuhkan tiga bagian)
  4. d) masukkan kelopak ke dalam putik, lalu tambahkan lah kelopak di bawahnya.
  5. e) kemudian bung siap untuk di rangkai

Bunga Lili

bunga lili dari sedotan

  1. Gunting sedotan menjadi tiga bagian, kemudian gunakanlah sunting atau ibu jari untuk memulihkannya
  2. Gunting lah bagian bagian tadi hingga membentuk menyerupai kelopak bunga
  3. Kemudian sedotan di serut sampai bentuknya melengkung pada bagian ujung
  4. Pada bagian bawah sedotan, tempel kan double tip untuk merekatkan
  5. Kelopak yang telah di buat tadi kemudian di susun hingga membentuk kipas
  6. Kemudian di susun hingga berbentuk seperti corong, dan biarkan pada bagian atasnya lebar
  7. Tempelkan lagi double tape do bawahnya
  8. Putik kemudian di tempelkan dan di masukkan melalui bawah
  9. Kemudian tempelkan tangkai agar menjadi bunga ya g sempurna
  10. Bunga lili telah jadi

Membuat Vas Bunga Dari Sedotan

membuat vas bunga dari bahan sedotan

 

Alat  dan Bahan :

  1. Gunting atau cutter
  2. Lem kayu
  3. Hiasan manik manik
  4. Sedotan warna warni
  5. Kaleng bekas

Cara membuat :

  1. Guntinglah sedotan menjadi tiga bagian. Pakailah sedotan dengan variasi warna. Gunting sedotan dengan bagian atas sedotan ber bentuk  meruncing.
  2. Pada kaleng, berilah lem kayu secara merata menyeluruh pada bagian mukanya. Mula mula jadikanlah bagian atas kaleng tanpa tutup, jika ada tutupnya maka potong lah bagian atas kaleng tersebut.
  3. Rekatkan lah sedotan pada kaleng yang telah di olesi lem tersebut. Tata dengan cara berselingan warna.
  4. Raikan bagian ujung – ujung sedotan yang melebihi tinggi kaleng tersebut.  
  5. Tutuplah dengan memberi manik manik pada bagian yang diinginkan kan
  6. Vas bunga telah jadi dan tunggulah sampai benar benar kering.

Membuat Pigura dengan sedotan

Membuat Pigura dengan sedotan

Alat dan bahan :

  1. Sedotan polos dengan satu warna gelap
  2. Sedotan motif
  3. Triplek kecil bentuk persegi panjang
  4. Gunting
  5. Cutter
  6. Lem kayu
  7. Pita
  8. Foto
  9. Penyangga

Cara membuat :

  1. Siapkan lah triplek kecil yang berbentuk persegi panjang.
  2. Potong sedotan yang bermotif sebagian menjadi 2 bagian, sebagian menjadi tiga bagian
  3. Berilah lem kayu secara merata pada bagian muka triplek
  4. Rekatkan lah sedotan yang warna gelap polos pada bagian triplek tanah sudah di beri lem.

Rapikan ujung ujung sedotan yang melebihi bentuk triplek dengan menggunakan gunting.

  1. Tunggu sampai kering
  2. Untung bagian depan pigura, siapkan triplek pola persegi panjang dengan  lubang di tengah sehingga hanya menyisakan bagian pinggir saja
  3. Berilah lem pada bagian muka triplek tersebut, kumudian susun dan rekatkan sedotan yang bermotif sesuai panjang triplek
  4. Rapikan bagian yang panjangnya melebihi triplek tersebut dengan menggunting nya
  5. Kemudian setelah kedua triplek telah kering dan sedotan telah menempel dengan sempurna, rekatkan lah dua bagian triplek tersebut dengan menyisakan satu sisi tanpa lem, agar bisa menjadi jalan untuk foto yang masuk
  6. Tunggulah sampai lem garing sempurna
  7. Pasang penyangga pada bagian belakang  menggunakan lem
  8. Masukkan foto pada bingkai
  9. Bingkai foto siap untuk di pajang

Membuat Hiasan Octopus

kerajinan tangan dari sedotan
kerajinan-tangan-dari-sedotan

Alat dan bahan :

  1. Piring plastik
  2. Sedotan warna warni
  3. Gunting
  4. Cutter
  5. Lem
  6. Pena tinta
  7. Cat air

 

READ  17+ Cara Membungkus Kado Simple, Unik, Bentuk Tas, Hewan, Baju, Tanpa Kotak

Cara membuat :

  1.  Potonglah sedotan menjadi enam bagian, kemudian gunting lagi menjadi dua bagian
  2. Kemudian susun bagian kecil kecil sedotan dengan warna yang berseling seling sehingga memanjang, buat lah hingga ada 8 panjangan
  3. Beri lah lem pada piring plastik menjadi 8 titik lem, tempat lem menyamakan letak angka 2 sampai 10 pada jam
  4.  Kemudian rekatkan sedotan pada lem lem tersebut
  5.  Berilah gambaran pada tengah piring menggunakaan cat air dan pena tinta.
  6. Hiasan telah siap

Membuat Tatakan atau nampan dari sedotan

Membuat Tatakan atau nampan dari sedotan
Membuat Tatakan atau nampan dari sedotan

Alat dan bahan :

  1. Sedotan 2 warna berbeda
  2. Nampan
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Cutter

Cara membuat :

  1. Potonglah sedotan menjadi empat bagian
  2. Siapkan nampan dan bersihkan nampan
  3. Berilah lem pada sedotan yang telah di potong bagian bagian
  4. Rekatkanlah sedotan yang telah di potong pada nampan dengan warna berseling sekring dengan pola yang berbeda beda
  5. Rapikan susunan susunan pada nampan tersebut
  6. Tunggu sampai kering
  7. Nampan cantik siap untuk alas menghidangkan hidangan tamu.

Membuat KOTAK pensil dari Sedotan

Membuat KOTAK pensil dari Sedotan

Alat dan Bahan

  1. Sedotan
  2. Lem
  3. Gunting.
  4. Cutter
  5. Bola jahit.
  6. Jarum  jahit
  7. Biasanya boneka kecil

Cara Membuat

  1. Gunting sedotan sebanyak kurang lebih 30 hanya 2 cm nya saja
  2. Gunting sedotan menjadi empat bagian
  3.  Susun sedotan hingga bisa membuat bentuk balk Yang rapih dengan menggunakan lem terlebih dahulu, namun jangan gunakan terlalu banyak lem
  4. Ketika lem sudah kering sempurna, siapkan lah bola jahit beserta jarum jahitnya, masukkan bola jahit dalam jarum jahit
  5. Jahit setiap sisi sedotan dengan rapi untuk lebih mempererat, selain itu tujuan dijahitnya ini adalah untuk memperindah
  6. Hiasi bagian muka agar terlihat lebih menarik
  7. Berilah perekat pada tutup kotak pensil agar barang yang di taruh dalam kotak tidak akan keluar.
  8. Rapikan pada bagian bagian yang di rasa kurang rapi
  9. Kotak pensil siap di gunakan.

Vas Bunga

vas bunga dari sedotan warna warni

Jika Anda tidak memiliki cukup banyak uang untuk membeli vas bunga idaman, sedotan yang harganya murah dan mudah didapat juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Vas bunga dari sedotan memang terkesan simple dan praktis, namun indah dipandang dan bisa dibilang unik. Cara pembuatannya pun juga sangat mudah.

Pertama Anda harus memilih warna sedotan yang paling disukai. Kemudian siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan mulai dari gunting, lem, dan lain sebagainya. Hanya dengan membentuk pola dan merekatkan nya, vas bunga cantik siap untuk dipajang di ruang tamu.

Taplak Meja dari Sedotan

taplak meja dari limbah sedotan

Hiasan dinding

hiasan dinding dari sedotan

Memberikan hiasan pada dinding sangatlah penting. Terlebih lagi untuk ruang tamu, memang seharusnya harus dikasih hiasan. Cukup bermodalkan sedotan anda, anda sudah mengisi dinding anda.

Blower dari Sedotan

blower dari sedotan

Blowes umumnya diperlukan atau digunakan saat salah seoang sedang mengadakan pesta tertentu, baik itu ulang tahun, tasyakuran, dan lain sebagainya. Nah, untuk memudahkan dan menghemat biaya, Anda tidak perlu repot-repot membeli peratan dari luar. Cukup dengan membuat blower dari sedotan yang akan menjadikan moment Anda semakin mengena dan berkesan.

Cara membuatnya pun juga tidak begitu rumit. Pertama siapkan tisu terlebih dahulu, kemudian kertas yang memiliki motif tertentu, pensil, penggaris, lem, klip ukuran kecil dan lain sebagainya. Setelah itu merangkainya sesuai selera.

Kerajinan Sedotan Segitiga

Kerajinan Sedotan Segitiga

Selanjutnya Anda bisa membuat kerajinan tangan dari sedotan berbentuk segitiga. Yang membuat kerajinan tangan satu ini menjadi menarik adalah dari sisi pemilihan warna serta pola yang Anda pilih. Anda bisa mencocokkan warna terlebih dahulu dan mencampurkannya.

Usahakan warnanya adalah warna yang sinkron. Kemudian tentukan pola yang diinginkan. Untuk membuat kerajinan tangan ini Anda hanya memerlukan lem, sedotan, dan juga gunting. Tahap pertama untuk pembuatan adalah dengan membuat bentuk A dan untuk bagian depannya Anda perlu membuat kuda-kuda.

Lalu tempel kan masing-masing ujungnya. Dengan menata sedemikian rupa disertai dengan pilihan warna yang terbaik, Anda akan mendapatkan pola yang indah. Dan tidak kalah penting adalah fungsinya, kerajinan tangan ini bisa Anda pakai untuk menempelkan tulisan tertentu di depannya agar tampak lebih menarik.

Bingkai foto

bingkai foto dari sedotan

Anda juga bisa membuat bingkai foto yang indah hanya dari sedotan. Langkah pembuataannya sangat sederhana dan simple. Bahannya hanya kertas, gunting, lem, dan juga sedotan. Bingkai fotonya juga akan lebih indah jika diberi hiasan yang unik.

Anda bisa memasang berbagai jenis gambar di dalamnya mulai dari gambar pernikahan, wisuda, danl lain sebagainya. Selanjutnya, pigora ini bisa dipajang di meja  kamar, ruang tamu dan sebagainya untuk mempercantik ruangan Anda.

Sedotan Coklat

kerajinan tangan sedotan cokelat

Siapa sangka sedotan bisa dipakai untuk coklat dan digunakan untuk berbagai kegiatan. Cara pembuatan untuk ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyiapkan coklat, bisa menggunakan coklat putih ataupun coklat hitam. Sesudah itu, taburan sereal serta kertas jerami. Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan, selanjutnya adalah proses untuk membuatnya.

  • Langkah pertama adalah dengan melelehkan coklat. Sesudah itu, tuangkan coklat tersebut pada nampan es baru, kocok nampan tersebut. Jika sudah, biarkan hingga coklat nya dingin selama beberapa saat.
  • Sesudah proses pendinginan selesai, letakkanlah kertas jerami pada setiap kubus. Sebenarnya Anda tidak harus memilih jenis kertas jerami dalam hal ini. Bisa juga menggunakan batang sendok plastik es krim atau jenis pengaduk yang lain.
  • Setelah itu, taburkan meses sereal yang sudah disiapkan di sekitar coklat yang didinginkan tadi. Sebaiknya Anda memilih jenis meses warna warni.
  • Nah, jika langkah tersebut sudah dilakukan, jangan keburu dimakan coklat nya. Diamkan terlebih dahulu hingga mengeras selama kurang lebih satu malam supaya benar-benar keras.

Kue Ucapan Selamat

kue ucapan selamat

Sedotan memang bisa dipakai untuk berbagai jenis kerajinan tangan yang unik. Misalnya saja adalah kue selamat. Yang dimaksud dengan kue selamat di sini adalah kerajinan tangan dari bahan dasar sedotan yang dibuat untuk ditancapkan di kue ulang tahun dan lain sebagainya.

Kemudian di tengah-tengah sedotan tersebut diberi ucapan selamat. Bisa ulang tahun, wisuda, dan lain sebagainya. Sesudah itu, Anda harus mengikat kedua ujung dari tulisannya supaya tetap kuat.

Miniatur Boneka Manusia dari Sedotan

miniatur boneka manusia dari sedotan

Membuat Bintang

bintang dari sedotan

Kerajinan tangan lain yang bisa Anda dapatkan dari sedotan adalah bintang. Manfaatnya bisa untuk menghias ruangan supaya lebih ramai dan berwarna. Bisa juga untuk mainan anak-anak kecil.

Selain praktis, kerajinan tangan satu ini bisa didapat dengan mudah dan harganya murah. Terlebih menjelang moment tahun baru. Ini bisa dipakai untuk menghias halaman rumah ditambahkan warna warni neon.

Sandal Dari Sedotan

sandal dari sedotan

Bendera dari Sedotan

bendera dari sedotan

Selanjutnya, sedotan juga bisa Anda jadikan bendera untuk menghias berbagai hal. Salah satunya adalah untuk menghias kue. Sebagaimana diketahui selama ini, umumnya hiasan kue begitu-begitu saja. Nah, bendera dari sedotan ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk terhindar dari yang mainstream.

Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat pola bendera dan merekatkan nya, kemudian letakkan bendera tersebut di atas kue tart. Ini sangat praktis, mudah dan murah. Anda juga bisa membuat benderanya dari bahan kertas jerami.

Membuat Bunga Mawar

membuat bunga mawar dari sedotan plastik

Selanjutnya, kerajinan tangan dari sedotan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah bunga mawar. Selama ini mungkin mawar asli lebih banyak dicari sebagai kado ataupun hiasan. Namun pada akhirnya ia akan layu seiring berjalannya waktu. Nah, sebagai alternatif, Anda bisa memilih sedotan untuk membuat mawar nan cantik.

Anda mungkin membayangkan proses pembuatannya cukup rumit, namun sebenarnya tidak demikian. Ini bisa dikerjakan di rumah sambil santai-santai. Mawar dari sedotan ini bisa Anda letakkan di ruang tamu atau tempat yang lain. Dengan demikian ruangan akan tetap cantik menarik tanpa harus mahal.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahannya, seperti kertas pom, lem tembak, kuas cat, pita kecil, dan sedotan juga kertas. Siapkan juga gunting, benang, dan jarum sebagai alat tambahan.

Selenjutnya adalah langkah pembuatan. Membuat mawar dari sedotan ini memang membutuhkan keuletan tersendiri. Nah, untuk memudahkan, berikut ini akan diulas mengenai langkah membuat mawar dari sedotan.

  • Bersihkan sedotan terlebih dahulu
READ  25 Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Bisa Anda Buat Sendiri

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan sedotan. Ini berlaku untuk Anda yang kebetulan menggunakan sedotan bekas. Jika sedotannya baru, maka tidak perlu membersihkannnya. Setelah berhasil dicuci, selanjutnya biarkan sedotan tersebut mengering terlebih dahulu.

  • Potong Menjadi Empat Bagian

Selanjutnya, Anda harus memotong sedotan yang sudah bersih tadi menjadi empat bagian. Pastikan bagian-bagian ini sama panjang. Lalu masing-masing bagian dibagi menjadi dua. Terapkan juga hal ini pada sedotan satu lagi. Jika Anda melakukan hal ini secara benar, maka Anda sudah pasti akan mendapatkan 8 potong bentuk sedotan yang berukuran sama panjang.

  • Satukan Bagiannya Secara Sejajar

Nah, jika langkah di atas sudah beres dan benar, maka selanjutnya adalah dengan menyatukan delapan potongan sedotannya secara sejajar menggunakan benang dan juga jarum. Langkahnya adalah dengan memasukkan seditan pada jarum, kemudian diikat dengan kencang dan tebal di ujungnya. Lalu tusukkan jarum secara benar pada bawah sedotan. Lakukan hal ini terus menerus hingga mendapatkan delapan bagian seditan  dan menyatu di dalam benang.

  • Kencangkan Hingga Berbentuk Bunga

Setelah itu, Anda harus mengencangkan bagian-bagian yang sudah dirangkai di atas menjadi bentuk bunga mawar yang indah dan menarik. Kencangkan hingga masing-masingnya menjadi tertekut secara otomatis menjadi terbagi. Apabila sudah demikian, buatlah simpul mati di bagian benang yang lain agar bentuk bunga pada sedotan Anda tidak mudah mengalami kerusakan.

  • Gunting Diagonal di Ujung Tiap Sedotan

Untuk membuat rangkaian bunga plastik Anda bagus, berikan beberapa eksen di ujung tiap sedotan. Dalam hal ini Anda hanya perlu memotong masing-masing ujung secara miring.

Sesudah berhasil dipotong, kini saatnya bunga cantik Anda dimasukkan ke dalam vas dan dipajang di ruang tamu supaya menjadi lebih indah.

Anyaman untuk Nampan

anyaman sedotan plastik buat nampan

Selain berbagai jenis kerajinan tangan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa membuat jenis kerajinan yang lain seperti membuat anyaman untuk nampan. Nampan yang sudah ada masih biasa saja dan kurang unik, sehingga diharapkan dengan membuat kreasi baru ini bisa lebih menarik, yaitu nampan dari sedotan.

Anda bisa memilih bentuk dan motif serta warna yang sesuai minat. Kemudian yang penting untuk dicatat adaalh dengan memilih jenis sedotan yang kuat supaya bisa rapat antara satu dengan yang lain. Dengan begitu, ia tidak akan menjadi tumpah di saat digunakan untuk mengangkat gelas dan lain sebagainya.

Sedotan Kertas Kepingan Salju

sedotan kertas kepingan salju

Ada juga kerajinan lain yang bisa dibuat dari bahan dasar sedotan, yakni sedotan kertas kepingan salju. Manfaat dari kerajinan ini di antaranya adalah untuk membuat dekorasi rumah sehingga menjadi lebih indah saat digunakan untuk agenda tertentu. Dengan menggunakan cara ini, dijamin Anda tidak perlu membuang banyak uang karena sangat simple dan praktis.

Langkah pembuatannya pun juga sangat mudah. Dengan membuat kerajinan ini pula, rumah Anda akan tampak memiliki naunsa salju. Nah, untuk menciptakan nuansa ini, sebaiknya Anda memilih warna sedotan putih abu-abu. Karena hanya warna ini yang cocok dengan nuansa salju.

Konstruksi Bangunan dari Sedotan

konstruksi bangunan dari sedotan

Yang dimaksud dengan konstruksi bangunan di sini adalah konstruksi bangunan untuk mainan, bukan sungguhan. Anda yang ingin mengajari anak atau ponakan untuk kreatif, maka salah satu solusinya adalah dengan membuat suatu konstruksi dari bahan dasar sedotan.

Di samping bisa menyenangkan, ini juga bisa melatih fikiran untuk selalu kreatif dan juga memiliki inisiatif tinggi agar bangunan atau mainan yang dibuat menjadi lebih menarik.

Ada berbagai bentuk yang bisa digunakan untuk membuat ini, misalnya bisa mengambil bentuk tower atau jembatan, bisa juga mengangkat kandang burung dan lain sebagainya. Langkah pembuatannya pun juga amat mudah, yakni dengan mengelem dan merekatkan antara sisinya sesuai pola yang diinginkan.

Kalung dari Sedotan

kalung indah dari sedotan

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa membuat kalung dari bahan dasar sedotan. Ini sangat cocok untuk Anda yang suka rame dan warna warni. Cara membuatnya pun juga sangat mudah dan simple. Pertama siapkan saja bahannya. Khusus untuk sedotan, pilih yang ada tengkuknya.

Umumnya ini didapat dari jenis botol susu. Setelah Anda berhasil mengumpulkan cukup banyak sedotan, maka saatnya Anda memproses pembuatan kalungnya.

kalung dari sedotan

Salah satu jenisnya adalah dengan menyambungkan beberapa sedotan untuk masing-masing segitiga. Dalam hal ini, Anda bisa meletakkan tiga tengkuk sedotan. Nah, untuk bentuk yang lain Anda bisa melubangi sisi ujung dari sedotan dan menyambungkannya pada masing-masing dengan memakai besi.

Anyaman dari Sedotan

anyaman dari sedotan

Kerajinan tangan lain yang bisa Anda buat dari bahan sedotan adalah anyaman. Pembuatan anyaman dari bahan dasar sedotan memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, sensasinya sangat bagus jika karya Anda sudah jadi. Anyaman ini memiliki manfaat yang beragam, mulai dari tempat hp, tempat tisu, atau tempat sabun. Asal bentuk dan ukurannya disesuaikan dengan tujuan pembuatannya.

Permainan Jalan Keluar

permainan jalan keluar dari sedotan

Hal menarik lainnya dari sedotan adalah ia bisa dipakai sebagai bahan untuk membuat permainan jalan keluar. Dengan membuat permainan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli permainan sang buah hati. Cukup dengan membuatnya sendiri dengan cara yang praktis dan sederhana.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan bahannya yakni kardus bekas sepatu atau Anda juga bisa menggunakan wadah ipad atau kertas karton.

cara membuat permainan jalan keluar dari sedotan

Selanjutnya, Anda perlu memberikan lem pada salah satu sisi karton secara merata. Usahakan untuk menyesuiakan ukuran kartonnya terlebih dahulu. Lalu tempelkan kertas kartonnya kepada kardus.

cara membuat permainan jalan keluar dari sedotan tahap 2

Beri lubang dengan besar seukuran kelereng pada bagian pojok yang Anda sukai. Sesudah itu, gambarlah jalan yang bisa dilalui dan jangan lupa pula untuk memberikan jalan yang buntu. Jika sudah, berikut lem sesuai dengan jalan tersebut dan tempelkan sedotannya. Ini akan menjadi permainan yang asyik dan juga melatih kecerdasan anak-anak Anda.

Tirai dari Sedotan

tirai dari sedotan

Tas dari Sedotan

tas dari sedotan

Anda sebenarnya tidak perlu membeli tas mahal-mahal karena kini ada inspirasi membuat tas dari bahan dasar sedotan. Dalam hal ini, Anda bisa membuat model tas sesuai dengan selera. Atau bisa juga memvariasikan sedotan tersebut dengan kain serta bunga yang indah untuk dijadikan sebagai hiasan.

Untuk modelnya Anda bisa search di internet dan dapatkan berbagai model yang kekinian. Langkah membuatnya pun juga sangat mudah dan simple. Namun usahakan sebelum memutuskan untuk membeli bahan, pastikan terlebih dahulu modelnya supaya tidak bingung.

Kap lampu dari Sedotan

kerajinan tangan kap lampu dari sedotan

Membuat Ikan dari Sedotan

mainan ikan untuk anak dari sedotan bekas

Selain berbagai jenis kerajinan tangan yang telah disebut di atas, Anda juga bisa membuat jenis kerajinan lain. Di antaranya adalah ikan. Bentuk ikan di sini bisa digunakan untuk gantungan kunci atau hiasan yang ditempel pada dinding.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup simple. Anda hanya perlu membuat pola ikan di awal. Kemudian memotong sedotan kecil-kecil. Jika sudah, Anda hanya tinggal menempelkan potongan-potongan sedotan tadi dengan menggunakan lem. Pastikan lemnya kuat sehingga sedotannya tidak mudah lepas. Dan usahakan juga untuk memilih warna sedotan yang menarik.

Kerajinan naga dari Sedotan

naga dari sedotan

Sepeda dari Sedotan

cara membuat miniatur sepeda dari sedotan

Sepeda ini sangat cantik sekali, rodanya bisa kamu putar dan mainkan. Cocok juga bagi adikmu yang masih berada di masa-masa suka bermain.

Miniatur rumah dari sedotan

miniatur rumah dari sedotan

Kalau kamu belum mampu untuk bikin rumah yang besar dan bisa dihuni, kamu tidak perlu bersedih. Kamu bisa menyalurkan keinginanmu tersebut dengan membuat versi kecilnya atau miniaturnya. Cukup kumpulkan sedotan secukupnya, maka kamu bisa membuat kerajinan tangan dari sedotan.

Gaun Pesta Dari Sedotan

gaun pesta dari sedotan

Kursi dari Sedotan Bekas

kursi dari sedotan bekas

Keranjang dari Sedotan

Demikianlah uraian mengenai kerajinan tangan dari sedotan yang bisa dijadikan sebagai rujukan saat Anda ingin membuat kerajinan yang sama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Itulah sederet cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang bisa Anda coba. Hasil kerajinan dari sedotan nilainya akan semakin bertambah dengan mengolahnya menjadi berbagai macam bentuk. Selamat mencoba!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.