Apakah Anda Sudah Memiliki Salah Satunya? Ini 14 Anjing Termahal di Dunia

Anjing Termahal – Hewan merupakan sama-sama makhluk hidup yang diciptakan Tuhan sebagai pelengkap kehidupan manusia. Hanya saja, hewan tidak diciptakan sesempurna manusia yang memiliki akal, namun memiliki kekerabatan yang amat dekat dengan manusia.

Maka dari itu, banyak orang yang memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan untuk dijadikan sebagai teman. Salah satu hewan pilihan untuk dipelihara selain kucing adalah jenis anjing.

Anjing sendiri memiliki beberapa macam jenis, dari mulai anjing termahal sampai yang paling terjangkau dan dari anjing yang paling penurut sampai yang paling buas. Namun disarankan untuk Anda ketika ingin memelihara hewan ini sebaiknya jangan memilih anjing jalanan.

Agar semakin akrab dan penurut dengan Anda maka Anda perlu melatihnya dan memberikan kasih sayang yang penuh dalam merawatnya. selain itu, Anda juga bisa mengikutkan hewan peliharaan Anda untuk mengikuti pertandingan, tetapi sebelumnya Anda harus melatihnya terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan menghabiskan uang lebih.

Disini akan dibahas jenis-jenis anjing dilihat dari harganya. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Samoyed

anjing samoyed
Anjing Samoyed

Anjing termahal di dunia yang pertama yaitu anjing samoyed. Anda bisa dengan mudah menjumpai anjing dengan jenis ini di toko-toko hewan. Untuk harganya berkisar mulai empat ribu dollar Amerika sampai sepuluh ribu dollar Amerika, atau dalam rupiah antara 50an juta sampai 150-an juta rupiah. Tentu harga ini sangat mengejutkan ya hanya untuk seekor hewan peliharaan.

Nama Samoyed sendiri berasal dari nama sebuah suku di negara Siberia yaitu suku Samoyedic. Dahulu, anjing jenis ini hanya dimanfaatkan sebagai anjing penarik kereta luncur dan sebagai penggembala rusa. Maka dari itu, kebanyakan anjing Samoyed adalah jantan dan berbadan besar yang memiliki berat badan sekitar 60 kg lebih.

Dengan badan yang besar anjing ini tergolong tangguh. Tapi jangan takut ya anjing ini walaupun memiliki tubuh besar dan terlihat garang, aslinya tetap ramah.

ciri khusus anjing ini adalah bulunya yang lebat tetapi sayangnya bulunya gampang rontok dan bersifat hypoallergenic.

Jadi, Anda patut berhati-hati ya apabila berdekatan dengan anjing jenis ini, apalagi jika Anda sangat alergi terhadap bulu-buluan. Dari bulu-bulu yang rontok tersebut kemudian seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan syal ataupun kaos tangan.

Tibetan Mastiff

tibetan mastiff
petcentral.chewy.com

Anjing kedua yang merupakan anjing paling mahal yaitu anjing Tibetan Mastiff. Anjing ini memiliki harga sekitar 95 juta rupiah atau 7000 dollar Amerika. Anjing ini mulanya berasal dari negara China dan Nepal.

Ciri fisik anjing termahal kedua ini yaitu memiliki tubuh dengan panjang 30 inci serta berat 160 pon. Anjing ini umumnya dilatih agar dapat menjaga rumah ketika sang pemilik rumah tengah bepergian, dan bisa pula menjaga hewan ternak dari serangan hewan buas lainnya.

Saat melatih anjing jenis ini membutuhkan kesabaran ekstra karena sifatnya yang keras sehingga agak lebih sulit ketika dilatih. Namun, jika anda dengan sabar mengajarinya setiap waktu dan terus menerus maka sifat kerasnya pun lama kelamaan akan luluh.

Pharaoh Hound

pharaoh hound
breedfinder.ikc.ie

Dengan harga 90-an juta, anjing jenis ini menjadi predikat anjing paling mahal ketiga setelah anjing Tibetan Mastiff.

Secara fisik anjing Pharaoh Hound memiliki tubuh ideal dan atletis serta memiliki tingkat kecerdasan yang cukup membanggakan. Yang membedakan anjing jenis ini dengan yang lainnya yaitu pada hidung, serta telinganya yang akan memerah senada dengan warna bulunya saat anjing Pharaoh Hound sedang merasa bahagia dan bersemangat. Sangat menggemaskan bukan?

READ  Ciri-Ciri, Jenis, dan Cara Merawat Anjing Mini Pom yang Benar

Anjing Pharaoh Hound disebut memiliki tubuh yang ideal karena tingginya dapat mencapai angka 21 inci untuk anjing Pharaoh Hound betina, dan untuk jantan maksimal 25 inci. Beratnya bisa mencapai angka 55 pon.

Hampir sama dengan anjing Tibetan Mastiff, anjing jenis ini memiliki sifat keras kepala, sehingga ketika akan melatihnya bukanlah sesuatu hal yang mudah. Sisi baiknya anjing Pharaoh Hound sangat mandiri dan tidak manja.

Rottweiler

rottweiler
Anjing Rottweiler

Anjing termahal yang menduduki posisi keempat adalah anjing Rottweiler. Anjing yang biasa dijuluki anjing tukang daging ini pada mulanya dilatih hanya untuk menarik gerobak milik tukang daging yang berisi daging untuk dibawa ke pasar dan dijual. Namun, lama kelamaan anjing ini juga dimanfaatkan untuk menggiring dan melindungi hewan ternak agar terhindar dari binatang buas.

Anjing ini banyak dicari karena memiliki tenaga yang tangguh dan kecerdasan yang tinggi. Badannya pun besar dengan berat sekitar 130 pon, sehingga terlihat sangat menakutkan dengan ukuran badan tersebut.

Namun, tidak perlu khawatir ketika Anda memiliki hewan peliharaan seperti Rottweiler ini. Karena kepada pemiliknya anjing jenis ini sangat sayang, dan akan melindungi sang pemilik dari siapapun yang akan membahayakannya tanpa memiliki rasa takut.

Akita

akita
Anjing Akita

Selanjutnya, anjing yang memiliki harga jual di bawah seratus juta adalah anjing Akita. Harga pasarannya kurang lebih 60 juta atau setara dengan 4.500 Dollar Amerika. Anjing ini pun sudah cukup terkenal karena beberapa kali ikut tampil di film Hollywood bahkan kerap tampil di doge meme yang viral belakangan ini.

Anjing ini memiliki dua variasi yaitu variasi dari negara Amerika dan dari negara Jepang. Harga masing-masing variasi pun tentunya berbeda. Harga yang berasal dari variasi Jepang lebih mahal dibandingkan dengan variasi Amerika.

Ciri fisik anjing akita adalah kepalanya yang besar, bulunya yang tebal seperti Siberian Husky dan berat badannya pun setara dengan anjing Siberian Husky. Dan bagi Anda yang tinggal di daerah dengan udara yang dingin, hewan ini sangat cocok untuk menemani kegiatan Anda.

Azawakh

azawakh
vetstreet.com

Peringkat keenam untuk kategori anjing termahal di dunia adalah anjing Azawakh. Anjing Azawakh biasanya dijual dengan harga diatas 42 juta rupiah setara dengan 3000 dollar Amerika. Anjing ini berasal dari daerah Afrika, namun keberadaanya sangat langka dan sulit ditemukan.

Meskipun berasal dari Afrika, anjing ini kemudian dikembang biakkan di daerah Amerika Serikat dan Kanada. Jadi, jika Anda sedang mencarinya mungkin negara-negara tersebut bisa Anda kunjungi, siapa tahu anda beruntung menemukannya disana.

Anjing ini seperti kebanyakan anjing lainnya yakni dilatih untuk berburu serta melakukan penjagaan baik terhadap hewan ternak maupun terhadap manusia. Anjing ini sangat bisa diandalkan karena memiliki tingkat kecepatan tinggi ketika berjalan apalagi ketika berlari. Kecepatannya dapat mencapai 40 mph.

Anjing Azawakh memiliki tubuh yang tinggi dan tidak gemuk atau ramping dan kebanyakan berwarna cokelat. Meskipun begitu anjing jenis ini tidak takut terhadap hewan yang memiliki tubuh lebih besar darinya, dan bahkan berani mengusir hewan tersebut. Sangat romantis ya apabila Anda memiliki hewan peliharaan yang bisa sangat melindungi Anda semacam ini.

Meskipun tergolong hewan yang tangguh, bukan berarti kan anjing ini tidak butuh perhatian dari Anda pemiliknya. Anjing ini sangat membutuhkan perhatian serta kasih sayang Anda agar bisa menjadi lebih bahagia dan penurut. Selain itu, anjing ini juga butuh pelatihan khusus yang intensif.

READ  Mengenal Burung Cendrawasih, Burung Super Cantik dari Indonesia Timur

Lowchen

lowchen
Anjing Lowchen

Anjing kecil yang lucu ini memiliki harga jual yang lumayan fantastis yaitu lebih dari 40 juta. Anjing yang berasal dari Jerman ini bernama Lowchen yang artinya singa kecil. Meskipun namanya singa namun hewan ini masuk ke dalam jenis anjing ya teman.

Postur tubuhnya yang sangat kecil yaitu sekitar 14 inci dan beratnya 18 pon menjadikan anjing Lowchen banyak digemari para pecinta hewan karena sangat menggemaskan.

Namun sayangnya, hewan kecil ini tergolong langka dan sangat sulit untuk ditemukan bahkan di negara. Saking jarangnya ditemukan dalam satu tahun hewan ini hanya terjual beberapa ratus saja.

Dan yang membuat menarik dari hewan ini selain karena bentuknya yang kecil tetapi karena hewan ini adalah hewan yang disukai para bangsawan dan menjadi sahabat para penghuni kerajaan di negara Jerman dan Perancis.

Layaknya anak kecil, anjing ini juga gemar sekali bermain dan mudah sekali akrab dengan manusia, terutama anak-anak. Jadi, anjing termahal ketujuh ini bisa menjadi pilihan Anda untuk dipelihara agar anak Anda merasa senang dan memiliki teman untuk bermain bersama.

Peruvian Inca Orchid

peruvian inca orchid
vetstreet.com

Hewan yang terbilang unik ini adalah anjing Peruvian Inca Orchid karena tidak seperti anjing pada umumnya yang dipenuhi dengan bulu-bulu, anjing ini justru tidak diselimuti bulu pada bagian tubuhnya, bulu tersebut hanya ada di bagian kepala dan kaki saja.

Harga anjing Peruvian Inca Orchid dipatok sekitar 42 juta rupiah. Memang tidak begitu mahal bagi para pecinta hewan. Karena keunikan tersebut diatas anjing ini juga membutuhkan perawatan khusus dan tidak biasa.

Karena tidak punya bulu maka Anda perlu melindunginya dari paparan sinar matahari dan menyediakan segala macam peralatan yang dapat menghangatkan tubuhnya dikala musim dingin melanda.

Warna dari anjing ini umumnya yaitu abu-abu dengan sedikit cokelat tembaga yang membuatnya semakin cantik. Selain warnanya yang menarik yang tidak dimiliki oleh anjing lain, di bagian kaki juga memiliki bintik-bintik. Untuk ukuran tubuh bervariasi ada yang berat, sedang dan ringan. Yang paling berat berukuran 55 pon yang yang paling ringan hanya 9 pon.

Air Portugis

air portugis
spic.one

Anjing termahal yang satu ini sangat menyukai dunia air disesuaikan dengan namanya. Lama hidupnya berkisar antara 10 sampai 14 tahun. Lumayan lama dibandingkan dengan anjing jenis lain.

Mengapa anjing jenis ini sangat menyukai air, bahkan namanya pun terdapat kata airnya? Karena memang anjing Air Portugis ini terbiasa dilatih untuk menjadi pekerja kurir antar kapal, atau antar laut.

Anjing ini sangat pekerja keras dan terbiasa bekerja berat, sehingga memiliki kekuatan yang tangguh. Dalam perawatannya anjing ini sangat mempermudah pemiliknya karena tidak membutuhkan perawatan khusus.

Saluki

saluki
Anjing Saluki

Harga anjing Saluki sekitar 35 juta rupiah atau 2500 dollar. Anjing yang sering disebut anjing kerajaan Mesir ini sudah ada sejak zaman Fir’aun dan memang menjadi anjing yang disayang keluarga kerajaan.

Ciri-ciri fisiknya yaitu bertubuh panjang, tinggi serta ramping dan memiliki sifat yang mandiri serta terbiasa hidup dialam bebas. Bagi Anda yang menyukai segala aktivitas luar ruangan, anjing ini sangat tepat untuk dijadikan sahabat karena anjing ini butuh banyak latihan fisik.

Masa hidupnya juga lumayan lama, karena sudah menemani para pemburu dan pedagang sejak zaman China hingga sekarang ini. Oleh sebab itu, usianya sudah relatif tua.

Bulldog Perancis

bulldog perancis
pinterest.com/kathykuohome/

Anjing jenis Bulldog Perancis memiliki harga jual sekitar 28 juta rupiah. Harga tersebut sesuai dengan kemampuan anjing yang terbiasa dengan kehidupan kota tersebut.

READ  Mengenal Lebih Dalam Anjing Maltase, Si Mungil yang Lincah

Anjing jenis ini tidak memerlukan banyak biaya dalam perawatannya dan juga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk melatihnya. Masa hidupnya juga lumayan lama antara 10 sampai 12 tahun. Namun, perlu diwaspadai anjing jenis ini rentan terhadap serangan beberapa penyakit seperti sendi, gangguan terhadap tulang belakang, jantung dan masalah pada indera matanya.

Yang perlu diperhatikan dan tidak kalah penting adalah ketika anjing Bulldog Perancis ini akan melahirkan, karena yang biasa terjadi anak dari anjing jenis ini memiliki kepala yang besar sehingga proses kelahirannya melalui operasi caesar.

Afghan Hound

afghan hound
thecompletedog.fandom.com

Selanjutnya, anjing termahal dengan harga 28 juta rupiah yakni jenis Afghan Hound. Anjing yang memiliki postur tubuh besar dan bulu yang amat lebat ini perlu perawatan ekstra terutama pada bagian bulunya agak tetap dalam kondisi yang baik nan cantik.

Beberapa orang yang telah memelihara anjing Afghan Hound menyatakan bahwa biaya yang dihabiskan untuk melakukan perawatan yaitu 65 dollar Amerika setiap sekali melakukan perawatan. Dari perawatan inilah anjing jenis Afghan Hound termasuk anjing yang paling mahal di dunia.

Masa hidupnya paling lama adalah 14 tahun. Tapi semua itu tergantung kepada kesehatannya. Karena biasanya anjing jenis Afghan Hound terserang penyakit yang berhubungan dengan matanya, yaitu seperti katarak maupun hipotiroidisme.

Anjing ini banyak dimanfaatkan sebagai pemburu hewan lain seperti macan, marmut dan masih banyak lagi. Ada pula yang menjadikan anjing ini sebagai anjing gembalaan. Namun, ketika di abad 19 anjing ini di kembang biakkan di beberapa negara khususnya negara bagian barat, justru anjing jenis ini menjadi hewan peliharaan yang istimewa.

Irish Wolfhound

irish wolfhound
Anjing Irish Wolfhound

Anjing yang terlalu jangkung untuk ukuran anjing pada umumnya ini memiliki sifat yang lembut dan termasuk dalam kategori anjing mahal. Irish Wolfhound dipatok harga jual sekitar 25 juta rupiah. Harga yang pantas untuk anjing peliharaan yang ramah keluarga serta lebih mudah bersahabat dengan siapapun.

Walaupun memiliki bentuk tubuh panjang dan tinggi serta merupakan anjing yang baik dan ramah, tetapi hal itu tidak berpengaruh terhadap lama masa hidupnya yaitu hingga 10 tahun saja. Anjing Irish Wolfhound berasal dari Irlandia dan sudah ada sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Terrier Rusia Hitam

terrier rusia hitam
pets4homes.co.uk

Anjing termahal yang bisa Anda beli dengan harga 25 jutaan ini berperawakan besar dan bisa hidup sampai 14 tahun. Kelebihan anjing Terrier Rusia Hitam adalah pada sifatnya yang sangat bijaksana serta mempunyai naluri.

Karena naluri untuk melindunginya tinggi maka anjing ini dilatih sebagai pengawal. Anjing yang satu ini akan dengan ikhlas dan melakukan berbagai cara untuk melindungi pemiliknya, apalagi jika kedekatan antara pemilik dan hewan peliharaan ini sudah terbangun dengan baik.

Secara fisik anjing ini berukuran besar dan memiliki telapak kaki yang kuat berwarna hitam. Porsi makannya pun disesuaikan dengan porsi tubuhnya yang besar. Dalam sehari anjing Terrier Rusia Hitam dapat menghabiskan hingga 4 mangkuk makanan.

Wah sangat lucu dan menggemaskan sekali ya jenis anjing-anjing yang termasuk anjing termahal di dunia. Apakah Anda sudah memiliki salah satunya? Jika belum segera tentukan yang mana yang paling Anda sukai dan paling menggemaskan.

Semua anjing-anjing di atas patut dipertimbangkan loh untuk dijadikan teman sekaligus sahabat dirumah. Semoga penjelasan di atas membantu dan menambah kecintaan terhadap hewan peliharaan ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.