Aplikasi Keluarga Sehat: Pengertian beserta Cara Menggunakannya

Aplikasi keluarga sehat – Untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari, kesehatan menjadi poin utama yang harus Anda perhatikan. Pasti Anda sudah pernah mendengar sebuah pepatah ‘lebih baik mencegah dari pada mengobati’.

Mencegah datangnya penyakit merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat tubuh Anda tetap bugar dan juga sehat. Dewasa ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jadi, tidak ada alasan lagi mengapa Anda tidak menjaga kesehatan diri Anda sendiri.

Di era yang sudah sangat canggih seperti sekarang ini, memang semuanya tidak terlepas dari yang namanya teknologi. Bahkan, untuk memudahkan menyampaikan informasi, berbagai macam bidang menggunakan teknologi yang ada saat ini, termasuk juga dalam bidang kesehatan.

Baru-baru ini, pemerintah membuat sebuah aplikasi baru yakni aplikasi Keluarga Sehat. Lewat Kementerian Kesehatan, aplikasi yang menggunakan pendekatan keluarga ini diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk Fasilitas Tingkat Pertama atau Puskesmas.

Kehadiran aplikasi yang satu ini membuat masyarakat awam kurang mengenalnya. Tak heran, jika masih banyak orang yang belum paham dengan aplikasi tersebut dan bagaimana cara penggunaannya. 

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi Keluarga Sehat satu ini, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian dari aplikasi tersebut hingga cara menggunakannya.

Apa Itu Aplikasi Keluarga Sehat?

Apa Itu Aplikasi Keluarga Sehat?
ruanglaptop.com

Tidak sedikit dari Anda yang bertanya-tanya tentang aplikasi yang satu ini bukan? Aplikasi Keluarga Sehat dibuat dengan tujuan untuk dapat memudahkan analisis pendataan dan mendukung Program Indonesia Sehat yang diselenggarakan oleh puskesmas.

Awalnya, aplikasi yang satu ini bernama Prokesga atau Program Kesehatan Keluarga. Akan tetapi, pada tahun 2016 aplikasi tersebut merubah namanya dengan nama yang digunakan saat ini, yaitu Keluarga Sehat. Layanan informasi kesehatan yang diberikan oleh aplikasi tersebut berskala internasional.

Artinya, aplikasi tersebut terintegrasi secara online hingga ke Kementerian Kesehatan. Nantinya, aplikasi Keluarga Sehat akan membuat nomor registrasi data lapangan, analisis serta pengolahan data. Tak hanya itu, aplikasi yang satu ini juga memberikan penyajian indikator keluarga sehat berdasarkan akses terhadap Kartu Keluarga (KK).

Tujuannya ialah digunakan sebagai wadah untuk pendataan yang dilakukan secara digital yang tentunya lebih praktis. Untuk memudahkan dalam penginputan data, di dalam aplikasi tersebut juga tersedia berbagai macam fitur input data yang muncul dalam bentuk grafik ataupun tabel.

Tahapan Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat

tahapan menggunakan aplikasi keluarga sehat

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi satu ini, tentu saja Anda harus mengetahui berbagai macam tahapan penggunaan aplikasi tersebut. Berikut beberapa tahapan penggunaan aplikasi Keluarga Sehat yang satu ini:

  1. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota akan melakukan inventarisasi daftar puskesmas. Inventarisasi tersebut dilakukan terhadap puskesmas yang akan melakukan pendataan keluarga sehat

Berikutnya, Dinas Kesehatan pun akan mengumpulkan beberapa orang yang akan mengelola aplikasi satu ini. Terdapat struktur yang nantinya bertugas untuk mengelola aplikasi satu ini. Berikut strukturnya:

  • Satu orang akan bertugas sebagai kepala puskesmas
  • Satu orang akan bertugas sebagai penyedia atau coordinator, orang  tersebut akan mengumpulkan berbagai macam data yang ada di lapangan
  • Satu orang akan bertugas sebagai administrator puskesmas
  • Ada juga petugas survei yang berjumlah maksimal 10 orang.
  1. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota akan mengirimkan surat permohonan atau resi yang berisi lampiran daftar calon pengelola. Lampiran tersebut akan dilengkapi dengan menggunakan keterangan yang sesuai form registrasi, seperti:
  • Nama dan kode puskesmas
  • Nama asli serta NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Jabatan
  • Nomor HP serta email yang aktif.
  1. Kemudian, data yang sudah diisi tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke Kementerian Kesehatan. Dalam hal ini, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) berada di alamat Jalan HR Rasuna Said Blox X-5 Kav 1-9, Jakarta Selatan, 12950, lantai 6, R.614. Atau juga bisa dikirim lewat email di keluarga [email protected].

Akan tetapi, sebelumnya harus mengirim tembusan terlebih dahulu ke Dinas Kesehatan provinsi.

  1. Setelah itu, data yang sudah diterima oleh Pusdatin kemudian akan diperiksa kembali kelengkapannya. Jika sudah lengkap, Pusdatin pun akan membuat akun, yang berupa akun dinas kesehatan provinsi, satu akun dinas kesehatan kabupaten/kota dan juga satu akun administrator yang dilengkapi dengan menggunakan aktivasi akun.
  2. Akun yang sudah dibuat tersebut kemudian akan kembali dikirim ke dinas kesehatan kabupaten/kota. Jika sudah diterima, maka dapat didistribusikan ke masing-masing puskesmas yang ada di kabupaten atau kota tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat di Ponsel Android

cara menggunakan aplikasi keluarga sehat di ponsel android

Maraknya penggunaan Android saat ini membuat aplikasi Keluarga Sehat ini terus meng-upgrade dirinya agar semakin mudah dan praktis untuk digunakan. Nah, salah satunya ialah dapat digunakan dengan menggunakan aplikasi Android.

Jadi, Anda bisa membuka aplikasi tersebut kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan sebuah Android. Untuk bisa memiliki aplikasi yang satu ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduhnya di toko aplikasi yang ada di smartphone Anda, yakni Play Store.

Anda hanya cukup mengetikkan kalimat ‘Keluarga Sehat’ pada kolom pencarian, kemudian klik unduh. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut tersimpan ke dalam perangkat Anda. Setelah itu, klik install agar aplikasi Keluarga Sehat dapat digunakan.

Pada saat membuka aplikasi yang satu ini, Anda akan disajikan dengan dua buah modul. Kedua modul tersebut ialah dashboard dan juga kuisioner. Kuisioner berfungsi untuk memasukkan berbagai macam data yang ada di lapangan, baik dilakukan secara online maupun offline.

Sementara itu, dashboard berfungsi sebagai penyaji output pendataan. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi Keluarga Sehat di ponsel Android:

  1. Download aplikasi dan install, jika sudah Anda bisa langsung masuk ke dalam aplikasi tersebut. Setelah itu, masukkan username dan juga password surveyor yang telah dibuatkan oleh admin sebelumnya
  2. Setelah Anda melakukan login, maka akan tersedia tahun. Tahun ini diisi kapan Anda melakukan kunjungan Keluarga Sehat
  3. Jika Anda sudah mengisi pada kolom tahun, kemudian Anda akan diarahkan untuk masuk ke beranda dari aplikasi Keluarga Sehat
  4. Secara otomatis, akan muncul sebuah data pengenalan tempat yang sesuai dengan lokasi surveyor, lokasi tempat tersebut terlebih dahulu sudah didaftarkan oleh admin. Isi semua data, jika sudah maka Anda bisa langsung klik ‘lanjut’
  5. Selanjutnya, akan muncul sebuah data keluarga. Nah, dari data tersebut Anda diwajibkan untuk mengisi nama kepala keluarga dan juga jumlah anggota keluarga yang dimilikinya
  6. Tahap berikutnya, Anda akan menemukan pertanyaan yang berkaitan dengan keluarga. Untuk mengisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan tersebut, Anda bisa mengisinya sesuai dengan data yang sudah Anda dapatkan dari kunjungan rumah
  7. Jika sudah, akan muncul pengumpulan data, kemudian klik ‘lanjut’
  8. Akan muncul sebuah pilihan input data manual, atau bisa dicek di database dukcapil dan pilih input manual
  9. Baru kemudian akan muncul formulir keterangan keluarga. Isilah formulir keterangan keluarga tersebut. Anda harus mengisi setiap individu yang sesuai dengan keterangan serta urutan KK (Kartu Keluarga) hingga selesai
  10. Apabila sudah selesai melakukan pengisian, maka Anda bisa langsung pilih lanjut. Jangan khawatir jika data akan hilang begitu saja, karena setelah Anda klik ‘lanjut’ maka data akan tersimpan secara otomatis. Baru setelah itu akan muncul sebuah pertanyaan individu. Pertanyaan yang diajukan tersebut sudah disesuaikan dengan umur yang Anda entry sebelumnya
  11. Nah, sampai disini Anda pun sudah bisa entry data dengan cara online.

Cara Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat Di Web

cara menggunakan aplikasi keluarga sehat di web

Selain dengan menggunakan Android, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang satu ini pada web. Tampilan dari aplikasi Keluarga Sehat ini di web dan Android tentu saja berbeda. Jika pada Android Anda hanya menemukan dua modul saja, lain halnya jika Anda menggunakan web. Karena ada tiga modul yang ditampilkan.

Ketiga modul tersebut adalah administrator, dashboard dan juga kuisioner. Pada web ini, hanya ditambahkan modul administratornya saja. Nah, apa fungsi yang dimiliki oleh administrator? Administrator berfungsi sebagai pengaturan terhadap menu serta juga sebagai pengaturan bagi penggunanya.

Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda hanya perlu menginstall aplikasi tersebut via web, kemudian bisa langsung membukanya dengan menggunakan web. Untuk penggunaannya sendiri pun sama dengan menggunakan aplikasi Keluarga Sehat via ponsel Android.

Indikator pendataan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut mencakup 12 hal, berikut penjelasannya:

  1. Keluarga mengikuti Keluarga Berencana (KB)
  2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan
  3. Bayi memperoleh imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif
  5. Balita mendapatkan pemantauan perkembangan setiap bulannya
  6. Penderita tuberculosis mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan standar
  7. Mewaspadai hipertensi serta mengendalikan tekanan darah
  8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan penanganan dan tidak ditelantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
  11. Keluarga menggunakan air bersih
  12. Keluarga memiliki serta menggunakan jamban sehat.

Aplikasi Keluarga Sehat Merupakan Upaya Pemerintah Untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan

Pemerintah Indonesia selalu berupaya semaksimal mungkin untuk membantu meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Berbagai macam cara pun dilakukan, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Keluarga Sehat yang satu ini.

Aplikasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan serta membantu mempermudah fasilitas kesehatan untuk mendata pasien, Pusat Data dan Informasi atau Pusdakin. Awalnya, aplikasi tersebut diluncurkan pada tahun 2015.

Baru kemudian pada tahun 2016, aplikasi yang satu ini merubah namanya menjadi Keluarga Sehat. Nama tersebut lebih sederhana dan mudah untuk diingat oleh masyarakat. Dilansir dari situs Pusdakin sendiri, peluncuran aplikasi Keluarga Sehat merupakan sebuah upaya dukungan dalam bidang teknologi informasi.

Dan lewat aplikasi tersebut diharapkan proses pendataan NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan juga Nomor Kartu Keluarga atau KK dari Dukcapil dapat dilakukan dengan lebih terintegrasi serta terpadu. Nah, dengan mempunyai akses pada NIK, maka aplikasi tersebut akan membantu mempermudah pembuatan nomor pendaftaran data lapangan, analisis dan pengolahan data pasien fasilitas kesehatan. 

Apakah fungsi yang dimiliki oleh aplikasi ini hanya cukup sampai disitu saja? Tentu tidak, karena aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk menyajikan data agregat IKS atau Indikator Keluarga Sehat agar lebih mudah untuk diakses dan juga diolah.

Tentunya, sebagai aplikasi kesehatan dengan skala nasional, aplikasi Keluarga Sehat yang satu ini tak hanya menganut sistem informasi kesehatan secara regional, akan tetapi juga berlaku di seluruh Indonesia. Hal tersebut karena aplikasi yang satu ini sudah terhubung lewat internet serta terintegrasi di database sehingga bisa diakses dengan mudah di seluruh puskesmas, dinas kesehatan tingkat kota atau kabupaten, sampai dengan Kementerian Kesehatan.

Beragam fitur pun disajikan untuk mempermudah pengolahan data. Salah satu fitur yang dimilikinya ialah penginputan data keluarga. Lewat fitur tersebut, Anda bisa mengetahui hasil entry data yang telah dimasukkan. Bahkan, Anda juga bisa melihatnya dalam bentuk visual seperti tabel ataupun grafik.

Lalu, apa tujuan dasar dari diciptakannya aplikasi kesehatan dengan skala nasional ini? Tujuan mendasar dari aplikasi tersebut ialah untuk mendigitalisasi anggota keluarga demi kepentingan pendataan program keluarga sehat. Dengan demikian, Program Indonesia sehat yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia, dapat berjalan dengan pesat dan juga lebih aktif. 

Banyak hal yang diharapkan oleh pemerintah melalui aplikasi tersebut. Tentunya, harapan ini mengarah ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, diluncurkanlah sebuah aplikasi yang mudah untuk digunakan sehingga proses pendataan pun bisa berjalan lebih cepat dan terintegrasi.

Segara Download Aplikasi Keluarga Sehat dan Sebar Manfaat yang Bisa Didapatkan

Untuk bisa mendapatkan aplikasi Keluarga Sehat yang satu ini sangatlah mudah. Jika Anda ingin membukanya lewat web, maka Anda bisa langsung mendownloadnya dari web. Sedangkan, jika Anda ingin lebih praktis, yakni dengan menggunakan ponsel Android, Anda hanya tinggal membuka play store dan mengetik ‘Keluarga Sehat’ di kolom pencarian.

Setelah itu, tinggal klik download, kemudian tunggu sebentar, baru bisa diinstal. Dengan adanya aplikasi ini di ponsel Android, tentunya akan memudahkan Anda untuk mengeceknya kapan saja dan dimana saja. Aplikasi Keluarga Sehat merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan dan merupakan sebuah upaya untuk menyukseskan Program Keluarga Sehat yang telah diluncurkan oleh pemerintah.

Nah, selain Anda mengetahui fungsi serta tahapan untuk bisa menjadi anggota dari aplikasi satu ini, Anda pun bisa menyebarkan manfaat yang dimiliki ke orang sekitar. Gunakan aplikasi tersebut sesuai dengan manfaat dan juga keperluan Anda beserta dengan keluarga.

Menyebarkan informasi tentang aplikasi Keluarga Sehat tentu saja bukanlah sebuah hal yang buruk untuk dilakukan. Mengingat, masih banyak orang yang belum mengetahui aplikasi yang satu ini beserta dengan kegunaannya.

Pasalnya, dengan menyebarkan informasi dan juga manfaat yang dimiliki oleh aplikasi Keluarga Sehat, Anda pun ikut serta membantu upaya Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan masyarakat lewat Program Indonesia Sehat.

Oleh karena itu, segera unduh aplikasi Keluarga Sehat di smartphone Anda agar dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Bukan hal yang sulit untuk bisa menggunakan aplikasi Keluarga Sehat satu ini. Terlebih, pemerintah sudah merancangnya sedemikian sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Apalagi, aplikasi tersebut juga bisa digunakan dengan mudah di smartphone.

Dengan adanya aplikasi yang satu ini, diharapkan taraf hidup dan kesehatan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia akan lebih meningkat. Berbagai macam masalah kesehatan yang ada di beberapa daerah pun diharapkan dapat diminimalisir demi terciptanya Program Indonesia sehat yang sudah dicanangkan.

Jadi tunggu apalagi? Jaga kesehatan Anda dan orang sekitar dengan menggunakan aplikasi Keluarga Sehat yang mudah untuk digunakan, dan jangan lupa untuk menyebar manfaatnya kepada orang lain.

READ  10 Aplikasi Pembuat Logo Gambar Keren dan Menarik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.