16 Aplikasi Chatting Android Terbaik untuk Diinstall

Aplikasi Chatting – Smartphone –termasuk yang menggunakan sistem operasi Android, adalah perangkat yang akan memudahkan komunikasi. Ya, dengan perangkat ini, Anda bisa melakukan komunikasi secara lebih instan dengan keluarga, teman bahkan rekan kerja.

Nah, salah satu cara komunikasi yang biasanya digunakan adalah chatting. Tentu, Anda sudah sangat familiar dengan hal ini, bukan? Chatting sebenarnya sama saja dengan berkirim pesan. Namun, dibandingkan dengan SMS, tentu chatting lebih efektif.

Hal ini dikarenakan biaya chatting yang sudah termasuk paket data serta sensasi berkirim pesan yang lebih mudah dan menarik yang membuat chatting cenderung dipilih untuk sarana komunikasi. Nah, seiring dengan perkembangan Android yang semakin tinggi, ada cukup banyak aplikasi chatting yang tersedia di Google Play.

Masing-masing aplikasi chatting ini menyediakan media berkirim informasi kepada pengguna Android lain dengan lebih mudah. Selain itu, beragam aplikasi tersebut menawarkan detail yang berbeda untuk para penggunanya.

Pilihan Aplikasi Chatting Terbaik untuk Android

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda pilih untuk berkirim pesan dengan kerabat, teman dan handai-tolan yang lain. Tentu, adanya banyak pilihan aplikasi chatting ini akan memudahkan Anda untuk memilih mana aplikasi chatting terbaik yang bisa Anda gunakan.

Namun, untuk memudahkan pilihan, kita akan membahas beberapa rekomendasi aplikasi chatting ini untuk Anda download. Penasaran apa saja rekomendasi aplikasi chatting yang ditawarkan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

WhatsApp Messenger

whatsapp messenger
aplikasi cahatting

WhatsApp Messenger bisa dikatakan sebagai salah satu WhatsApp Messenger yang paling banyak digunakan untuk pengguna Android di Indonesia. Ya, aplikasi ini memang sangat menarik karena akan membuat chatting menjadi lebih mudah dan lebih lancar. Selain itu, WhatsApp Messenger memberikan fitur yang cukup lengkap.

Dalam aplikasi ini, selain bisa melakukan chatting dengan bebas, Anda juga bisa melakukan panggilan video, panggilan suara serta mengirim pesan suara. Selain itu, apa yang menarik dari aplikasi ini adalah WhatsApp Messenger bisa mendeteksi kontak dalam perangkat yang memiliki aplikasi WhatsApp.

Dengan demikian, maka Anda akan dapat secara langsung mengirimkan pesan ke kontak tersebut tanpa harus melakukan konfirmasi. Sekarang ini, WhatsApp Messenger juga semakin menarik dengan adanya fitur stiker, GIF dan beberapa lainnya yang membuat chatting menjadi aktivitas yang lebih menyenangkan.

Facebook Messenger

facebook messenger
aplikasi cahatting

Facebook Messenger adalah salah satu aplikasi chatting yang bisa dibilang cukup terkenal dan populer. Seperti namanya, aplikasi ini memiliki koneksi secara langsung dengan Facebook. Ya, Facebook Messenger ini adalah platform inbox dari Facebook sebagai media sosial yang hingga saat ini masih banyak digunakan.

Dengan aplikasi ini, maka Anda akan bebas berkirim pesan kepada pengguna aplikasi Facebook. Ada beberapa fitur yang cukup membantu untuk memudahkan chatting dengan Facebook Messenger, seperti berkirim file, dokumen, foto dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa Facebook Messenger cenderung memiliki ukuran aplikasi yang cukup besar. Nah, jika memory smartphone Android Anda terbatas, maka Anda bisa menggunakan Facebook Messenger versi lite yang lebih hemat memory, meskipun ada beberapa fitur yang dibatasi.

BBM (BlackBerry Messenger)

bbm (blackberry messenger)
bbm

Siapa yang tidak kenal dengan BBM (BlackBerry Messenger). Ya, BBM pernah menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat fenomenal dan terkenal di zamannya. Aplikasi chatting ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain berkirim pesan, Anda juga bisa berkirim gambar dan aneka file lainnya menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, apa yang menarik dari BBM (BlackBerry Messenger) adalah adanya ringtone yang sangat khas dan fitur PING yang unik. BBM juga memiliki privasi yang cukup baik dengan adanya pin untuk penambahan kontak. Dengan adanya pin, Anda bisa memilih mana kontak yang Anda izinkan untuk ditambahkan.

READ  15 Aplikasi Tulisan Terbaik yang Wajib Anda Coba

Namun, karena persaingan dengan beragam aplikasi chatting lainnya, BBM kini sudah tiada di Google Play. Ya, beberapa waktu yang lalu, Blackberry secara resmi mengumumkan penarikan BBM. Sungguh akhir yang tragis!

Line

line
line

Line dapat menjadi salah satu aplikasi lain yang bisa Anda pilih. Ya, aplikasi chatting ini termasuk yang cukup populer di kalangan pengguna Android di Indonesia. Di Google Play, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 600 juta kali. Tentu, ini adalah salah satu angka yang cukup besar untuk sebuah aplikasi chatting.

Nah, apa yang menarik dari Line adalah fitur yang ditawarkan. Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan cukup banyak fitur yang menarik, seperti berkirim pesan, mengirim aneka file, membuat feed pada profil dan lainnya. Selain itu, Line menyediakan aneka stiker dengan beragam tema yang unik.

Stiker inilah yang membuat Line berbeda dari jenis aplikasi chatting lainnya. Meskipun demikian, ukuran file Line bisa dikatakan cukup besar. Nah, jika Anda memiliki keterbatasan memory internal, maka Anda bisa menggunakan Line dengan versi lite yang lebih hemat.

Google Hangouts

google hangouts
google hangouts

Google Hangouts menjadi salah satu aplikasi chatting selanjutnya yang bisa Anda pilih. Mungkin, beberapa awam belum mengenal aplikasi ini. Padahal, Google Hangouts merupakan salah satu aplikasi chatting yang cukup banyak digunakan. Dikutip dari beberapa sumber, Google Hangouts adalah pilihan ideal untuk chatting dengan keluarga.

Nah, dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan cukup banyak fitur yang menarik dan akan membuat Anda terkesan. Adapun beberapa fitur yang dimaksud adalah berkirim pesan, berbagi foto, fitur gambar GIF, membuat panggilan video hingga membuat panggilan grup.

Adanya cukup banyak fitur ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Google Hangouts. Namun, untuk menggunakan aplikasi chatting ini, Anda perlu memiliki akun Google terlebih dahulu karena Google Hangouts tersambung langsung dengan akun Google tersebut.

Google Allo

google allo

Pernahkah Anda mendengar aplikasi chatting yang satu ini? Dibandingkan dengan beberapa aplikasi chatting sebelumnya, memang nama Google Allo cenderung belum dikenal. Namun, aplikasi ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang ingin mencoba-coba aplikasi chatting yang unik.

Nah, apa yang menarik dari Google Allo ini tentu saja adalah fitur yang diberikan. Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan cukup banyak fitur yang membuat chatting menjadi lebih menyenangkan.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Google Allo adalah sarana berkirim pesan, berbagi foto, stiker yang menarik dan lainnya. Namun, fitur utama dari aplikasi ini adalah asisten. Nah, dengan Google Allo, maka Anda bisa berkomunikasi dengan Asisten Google dengan lebih mudah.

WeChat

wechat

WeChat adalah salah satu aplikasi chatting yang cukup populer di kalangan pengguna Android. Ini adalah salah satu aplikasi yang juga pernah menjadi trending di Indonesia.

Hal ini dikarenakan fitur yang ditawarkan oleh WeChat bisa dikatakan cukup menarik dan akan membuat chatting menjadi lebih menyenangkan.

Ada beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan tersebut adalah chatting, berbagi foto hingga melakukan panggilan video atau suara. Selain itu, ada fitur friend radar yang diberikan oleh aplikasi buatan China ini.

Apa itu fitur friend radar? Fitur ini adalah fitur yang akan membuat Anda mampu menemukan orang terdekat dan melakukan shake untuk menemukan teman yang ada di sekitar Anda untuk melakukan chatting. Ini adalah fitur yang bisa dikatakan tidak ditemukan di beberapa aplikasi chatting sebelumnya.

Kik

kik

Kik menjadi salah satu alternative aplikasi chatting yang cukup menarik untuk Anda gunakan. Meskipun belum terlalu terkenal, aplikasi ini tetap saja bisa membuat berkirim pesan melalui platform Android menjadi lebih menyenangkan dan tentu saja mengasyikkan.

READ  13 Aplikasi Perekam Layar yang Direkomendasikan untuk Anda

Apa yang menarik dari Kik adalah salah satunya Anda bisa memilih nama layar dan bukan menggunakan nama asli. Karena fitur ini, Kik cenderung lebih banyak digunakan untuk para gamer dan orang-orang yang memang suka mengobrol secara asal-asalan.

Nah, dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan cukup banyak fitur yang menarik. Adapun beberapa fitur tersebut diantaranya adalah fitur berbagai stiker, mengobrol dengan grup dan melakukan panggilan video.

Slack

slack

Jika Anda adalah seorang pebisnis, maka Slack bisa menjadi aplikasi chatting yang Anda pilih. Ini adalah aplikasi chatting yang sangat menarik untuk digunakan, terutama untuk para pebisnis.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa membuat saluran grup, melakukan panggilan suara dan lainnya. Selain itu, apa yang menarik dari Slack ini adalah tampilannya yang sangat profesional sehingga tentu saja akan menunjang Anda untuk melakukan bisnis dengan baik dan lancar.

Nah, Slack juga memiliki dukungan untuk aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan Slack adalah Google Drive, Asana dan beberapa tool yang produktif serta menyenangkan lainnya.

Jika Anda menggunakan Slack sebagai aplikasi chatting, maka Anda bisa bergabung dengan beberapa server, seperti Discord yang akan membuat Anda terlihat lebih profesional dan jujur. Nah, Slack bisa Anda dapatkan dan gunakan secara gratis. Sangat menarik, bukan?

Skype

skype

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Ya, Skype bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi chatting yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Dulu, aplikasi ini hanya tersedia untuk PC. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini Anda bisa menggunakan Skype dengan smartphone Android yang Anda miliki.

Nah, Skype cukup menarik dengan beberapa fitur yang disediakan. Dalam aplikasi ini, Anda bisa mengirim pesan teks, melakukan panggilan video dan juga melakukan panggilan suara kepada pengguna lainnya. Bahkan, Skype juga akan membantu Anda memanggil orang dengan nomor telepon asli yang dibebankan biaya nominal.

Hal menarik lainnya dari Skype adalah Anda bisa mendapatkan dukungan dari lintas platform yang sangat baik sehingga chatting dengan Skype bisa dikatakan cukup stabil. Nah, Skype juga memudahkan Anda untuk berkirim file, termasuk dokumen, GIF dan beberapa dokumen lainnya.

Snapchat

snapchat

Pilihan lain dari aplikasi chatting yang sangat menarik adalah Snapchat. Perlu diketahui bahwa Snapchat ini adalah aplikasi yang mendukung banyak hal. Dengan menggunakan Snapchat, Anda bisa melakukan panggilan suara, pesan video, pesan teks dan pesan foto.

Selain itu, Snapchat juga menyediakan layanan untuk menghapus pesan setelah melihat. Ada juga fitur untuk mengirim pembaruan status yang bisa dilihat oleh pengikut profil Anda. Nah, fitur Snapchat cukup banyak ditiru oleh Instagram. Hingga kini, pengguna Snapchat tercatat cukup banyak, terutama di kalangan anak muda.

Telegram

telegram

Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna Android, terutama di Indonesia. Nah, dari berita yang berbeda, Telegram adalah aplikasi chatting smartphone yang paling aman karena menawarkan enkripsi yang lebih sempurna dibandingkan dengan yang ditawarkan aplikasi lain.

Alasan inilah yang membuat pengguna Telegram meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, apa yang menarik dari aplikasi ini tentu saja fitur yang ditawarkan. Dalam hal ini, ada cukup banyak fitur yang menarik dari Telegram seperti dukungan lintas platform, obrolan grup, dukungan GIF dan lainnya.

Nah, Telegram juga menarik karena menawarkan kapasitas anggota grup dalam jumlah hingga 5.000 member. Jumlah ini tentu sangat besar dan jauh lebih besar daripada kapasitas grup yang ditawarkan oleh aplikasi chatting lainnya.

Viber

viber

Viber adalah salah satu aplikasi chatting yang sangat menarik untuk Anda pilih. Aplikasi ini memang tidak sebesar dan populer dibandingkan dengan beberapa aplikasi chatting sebelumnya. Namun, bisa dikatakan bahwa Viber adalah salah satu aplikasi messenger yang menarik dan cukup diminati.

READ  20 Aplikasi Video Call Dengan Kualitas Gambar Terbaik

Ada yang menarik dari Viber adalah beberapa fitur yang ditawarkan. Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan fitur pesan, panggilan, obrolan grup, obrolan video dan lainnya. Selain itu, ada pula stiker, berita dari seluruh dunia dan hal lainnya yang tentu saja akan sangat menarik untuk Anda simak dari aplikasi ini.

Namun, perlu diketahui bahwa Viber adalah aplikasi yang bisa dikatakan cukup eksklusif. Hal ini dikarenakan adanya biaya tambahan untuk menikmati fitur yang ditawarkan secara lengkap. Oleh karena itu, pengguna Viber memang kebanyakan adalah orang-orang dari kalangan tertentu.

IM +

im +
aplikasi chatting

IM + adalah pilihan aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Nah, jika Anda termasuk orang-orang yang memiliki akun di setiap layanan, aplikasi ini menjadi salah satu solusi yang bisa Anda pilih. Ya, dengan aplikasi ini, maka Anda bisa mengirim serta menerima pesan instan dari berbagai layanan yang berbeda.

IM + memang menyediakan akses untuk itu. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa berkirim pesan dengan akun Google, AIM, Twitter, ICQ, Facebook, Live, Yahoo dan lainnya. Anda bisa menambahkan semuanya ke IM + dan mengobrol hanya dengan satu aplikasi saja.

Tidak hanya itu, jika Anda masih melakukan chatting dengan aplikasi yang lama, maka Anda juga bisa melakukan koneksi dengan IM +. Dengan menggunakan IM +, maka chatting akan menjadi lebih sederhana dan Anda tidak perlu repot membuka beberapa aplikasi untuk chatting. Sangat menarik, bukan?

Signal

signal
aplikasi chatting

Pilihan lain untuk aplikasi chatting yang bisa Anda pilih adalah Signal. Ini adalah aplikasi yang menarik dan cukup banyak digunakan untuk para pengguna Android. Aplikasi ini cukup direkomendasikan, terutama ketika Anda ingin memiliki aplikasi chatting yang aman untuk menghindari obrolan bocor atau terkena hack dari pihak yang tak bertanggung jawab.

Nah, apa yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya enkripsi tingkat tinggi. Dengan enkripsi ini, maka aplikasi akan memberikan keamanan maksimal untuk semua pesan dan panggilan suara yang Anda lakukan.

Selain itu, Signal juga memberikan fitur yang cukup menarik dan lengkap. Dengan aplikasi ini, Anda bisa berkirim pesan, melakukan panggilan suara, membuat pesan grup dan membagikan lampiran media. Nah, sekali lagi, aplikasi chatting ini sangat cocok untuk Anda yang mencari aplikasi dengan tingkat keamanan nomor satu.

BeeTalk

beetalk
beetalk

BeeTalk juga masuk dalam salah satu pilihan aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan. Ini adalah aplikasi gratis yang akan membuat Anda mudah melakukan obrolan dan bertemu dengan orang-orang di sekitar Anda. Selain itu, tersedia banyak doodle dan stiker untuk membuat chatting menjadi lebih menarik untuk dilakukan.

Dengan menggunakan BeeTalk, Anda juga akan mudah untuk melakukan obrolan grup. Ya, aplikasi ini akan memudahkan Anda bergabung dengan grup sesuai minat dan kemudian melakukan obrolan bersama anggota grup yang lain.

Selain itu, BeeTalk juga memudahkan Anda untuk melakukan chatting, kirim pesan dengan lampiran dan lainnya. Dengan aneka fitur yang menarik, BeeTalk bisa menjadi pilihan yang tepat untuk aplikasi chatting yang Anda gunakan. Aplikasi ini juga gratis sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan biayanya.

Nah, beberapa poin di atas menunjukkan beragam jenis aplikasi chatting yang bisa Anda gunakan untuk melakukan obrolan dengan rekan, kerabat dan lainnya. Tentu, masih ada banyak aplikasi lain yang bisa Anda dapatkan. Namun, aplikasi di atas adalah rekomendasi yang bisa Anda pilih dengan baik.

Cek masing-masing fitur yang ditawarkan oleh aplikasi di atas dan sesuaikan dengan keperluan. Nah, mana aplikasi chatting terbaik yang sekiranya cocok untuk Anda gunakan?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.