Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Prosedur

Pengertian Analisis Data, Tujuan, Jenis dan Prosedur

Pernahkah Anda mendengar apa itu analisis data? Dalam pengolahan informasi, analisis data menjadi hal yang cukup penting. Secara umum, pengertian analisis data adalah suatu proses atau upaya untuk melakukan pengolahan data menjadi sebuah informasi yang baru.

Pengolahan tersebut juga dilakukan agar karakteristik data menjadi lebih mudah dimengerti oleh khalayak yang membaca. Selain itu, analisis data juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan guna mengubah data hasil dari penelitian menjadi informasi yang baru yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan.

Secara umum, tujuan dasar dari analisis data adalah menyajikan suatu data agar lebih mudah dipahami dan akhirnya menjadi sebuah kesimpulan. Setelah itu, suatu kesimpulan dari analisis data didapatkan dari sampel yang umumnya dibuat dengan dasar pengujian hipotesis atau dugaan.

Dari pengertian analisis data bisa dipastikan bahwa proses ini merupakan hal penting dalam koridor informasi.

Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli

pengertian analisis data menurut para ahli
ngertiaja.com

Guna memahami pengertian analisis data secara lebih mendalam, ada beberapa definisi analisis data yang bisa diambil dari beberapa tokoh atau ahli. Adapun definisi dari analisis data menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Taylor (1975)

Menurut Taylor, definisi dari analisis data adalah proses yang merinci sebuah usaha secara formal dengan tujuan untuk menemukan tema dan merumuskan ide sebagaimana yang disarankan. Hal tersebut dilakukan sebagai usaha guna memberikan bantuan dan tema pada hipotesis.

  • Lexy J. Moleong (2002)

Menurut Lexy, definisi dari analisis data adalah sebuah proses yang mengatur urutan data, kemudian melakukan organisasi ke dalam suatu pola, bentuk dan satuan uraian dasar. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan di akhir yang mudah untuk dicerna.

READ  Pengertian Demokrasi, Macam Macam, Ciri Ciri, Prinsip Dan Contohnya

Jenis Analisis Data

jenis analisis data

Hal lain yang penting untuk dipahami selain definisi analisis data adalah jenis dari analisis data tersebut. Pemahaman terkait jenis dari analisis data tentu akan mempertajam pemahaman terkait pengertian analisis data dan juga proses ketika melakukan sebuah analisis data.

Nah, dalam hal ini, ada beberapa jenis analisis data yang harus diketahui. Beberapa jenis analisis data yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Analisis Data Deskriptif

Jenis analisis data yang pertama adalah analisis data deskriptif. Definisi jenis analisis data ini adalah sebuah teknik analisis yang digunakan dalam melakukan analisis data dengan membuat gambaran-gambaran data yang telah terkumpul. Selain itu, proses pembuatan gambaran tersebut dilakukan tanpa membuat generalisasi dari hasil penelitian.

Secara lengkap, ada beberapa bentuk penyajian hasil dari proses analisis tersebut yang dilakukan. Adapun beberapa bentuk penyajian hasil dari analisis data yang dilakukan dengan teknik ini adalah sebagai berikut:

  • Grafik
  • Tabel
  • Presensi
  • Frekuensi
  • Diagram
  • Dan lainnya.

Analisis Data Inferensial

Jenis analisis data yang kedua adalah inferensial. Definisi dari jenis analisis data ini adalah teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistika dan membuat kesimpulan yang nantinya akan berlaku secara umum.

Analisis inferensial ini menggunakan rumus statistik tertentu. Selain itu, hasil dari perhitungan rumus tersebut akan menjadi dasar dalam upaya generalisasi sample bagi populasi. Artinya, jenis analisis data ini berfungsi untuk membuat generalisasi hasil dari suatu penelitian dalam sebuah sample untuk populasi.

Langkah dan Prosedur Analisis Data

langkah dan prosedur analisis data
pastiguna.com

Untuk melakukan analisis data dengan benar, maka ada beberapa langkah dan prosedur yang harus dilakukan. Adapun beberapa langkah dan prosedur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

READ  Pengertian Koperasi, Jenis-Jenis, Prinsip Bahkan Hingga Modal Koperasi

Baca Juga : Pengertian Variabel : Definisi, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contohnya

  • Pengumpulan Data

Ini adalah tahapan awal dari aktivitas analisis data dan berisi pengumpulan beragam data yang diperlukan.

  • Tahap Editing

Tahapan ini merupakan proses pemeriksaan kejelasan dan kelengkapan terkait pengisian beragam instrumen pengumpulan data.

  • Tahap Coding

Tahap ini adalah proses identifikasi dan klasifikasi terkait pernyataan dalam proses pengumpulan data berdasarkan variabel yang digunakan.

  • Tahap Pengujian

Tahap ini merupakan proses pengujian kualitas data dari sisi validitas dan reliabilitas.

  • Tahap Deskripsi Data

Proses ini adalah langkah pembuatan deskripsi data dengan menyajikannya dalam bentuk tabel frekuensi dan diagram.

  • Tahap Pengujian Hipotesis

Tahap ini merupakan pengujian terhadap proposisi apakah bisa diterima atau tidak.

Demikian beberapa ulasan terkait pengertian analisis data dan beberapa hal penting di sekitarnya. Pahami beragam hal terkait analisis data untuk melakukan proses analisis yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.