Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan yang Perlu Diketahui

Pertumbuhan dan perkembangan – Dua istilah –pertumbuhan dan perkembangan, adalah istilah yang seringkali Anda dengar dalam kehidupan sehari-hari. Nah, meskipun tampak sudah sangat familiar di telinga, namun masih ada saja cukup banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas perbedaan pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

Oleh karena itu, membahas mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan menjadi hal yang relevan untuk disampaikan. Dengan membahas mengenai hal ini, maka Anda tentu akan mengetahui apa makna dari pertumbuhan dan perkembangan yang sebenarnya.

Jika dilihat secara sekilas, bisa dikatakan bahwa dari redaksi penulisannya, kedua istilah tersebut sudah cukup jelas berbeda. Selain itu, jika ditelaah dengan lebih dalam, maka akan didapatkan makna dari pertumbuhan dan perkembangan yang saling berbeda satu sama lain.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan adalah dua kata yang bisa digunakan dalam berbagai bidang. Beberapa bidang yang dimaksud adalah bidang kedokteran, bidang ekonomi, bidang industri, dan beberapa bidang lainnya.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan pertumbuhan dan perkembangan tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

pengertian pertumbuhan dan perkembangan
www.trenilmu.com

Untuk bisa mengetahui secara jelas mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, maka kita perlu memahami dulu pengertian dari masing-masing kata tersebut.

Ya, membahas pengertian adalah hal dasar yang sangat penting untuk memberikan gambaran umum mengenai suatu hal. Nah, simak pengertian dari pertumbuhan dan perkembangan berikut ini.

  • Pengertian Pertumbuhan

Secara umum, pertumbuhan bisa diamati dengan jelas. Misalnya saja, ketika Anda memiliki seorang bayi, maka Anda bisa melihat bagaimana ia tumbuh, terkhusus pada perubahan bentuk tubuh dan fisik yang ia miliki.

Perubahan tersebut bisa diamati mulai dari tubuh yang semakin memanjang dan membesar serta beberapa hal lainnya. Selain itu, pertumbuhan memiliki waktu yang cenderung terbatas atau memiliki jangka yang pendek.

Biasanya, waktu pertumbuhan tersebut akan dipengaruhi oleh usia dan juga kemampuan objek tersebut untuk tumbuh. Apa bukti bahwa jangka pertumbuhan tersebut terbatas? Nah, hal ini bisa dilihat dengan cukup jelas pada manusia.

READ  13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya

Coba Anda perhatikan bahwa pada manusia dengan umur sekitar 21 hingga 25 tahun, maka ia akan cenderung lebih susah untuk tumbuh dengan sedikit kemungkinan bisa tumbuh.

Dari beberapa uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian dari pertumbuhan adalah perubahan yang terjadi pada suatu objek yang sifatnya cenderung terbatas namun bisa diamati secara langsung menggunakan indera.

Sebagai tambahan, pertumbuhan akan sangat dipengaruhi oleh faktor dari dalam yang terjadi pada suatu objek yang bertumbuh.

  • Pengertian Perkembangan

Uraian kedua yang penting dalam pembahasan mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan adalah bagaimana pengertian dari perkembangan.

Hal dasar terkait perkembangan yang perlu diketahui adalah perkembangan memiliki sifat kualitatif, artinya semua aspek yang berubah pada objek sebenarnya disebut dengan perkembangan. Dari pengertian yang singkat ini, perkembangan memiliki range yang lebih luas daripada pertumbuhan.

Artinya, sebenarnya pertumbuhan juga masuk dalam nilai perkembangan. Contoh dari perkembangan ini adalah semisal Anda memiliki seorang bayi. Pada awalnya, bayi tersebut hanya bisa tidur telentang tanpa melakukan apa-apa. Namun, seiring waktu berjalan, maka perkembangan terjadi.

Sang bayi yang tadi hanya tidur saja bisa bergerak, merangkak hingga berjalan. Itu adalah bukti sebuah perkembangan. Nah, pada saat bayi berkembang tersebut, maka terjadi pula secara bersamaan sebuah pertumbuhan. Pertumbuhan yang dimaksud adalah pertambahan tinggi dan besar pada bayi tersebut.

Hal lain terkait perkembangan adalah jangka waktu. Dalam hal ini, perkembangan memiliki perbedaan jangka waktu dari pertumbuhan. Ya, jika perkembangan memiliki batasan atau cenderung berjangka pendek, maka pertumbuhan cenderung memiliki jangka yang lebih panjang dan bahkan tidak memiliki batas.

Mengapa demikian? Alasan kenapa perkembangan cenderung tidak memiliki batas adalah karena perkembangan cenderung lebih banyak dipengaruhi oleh faktor luar. Hal inilah yang membuat perkembangan akan terjadi secara terus menerus. Selain itu, perkembangan pasti adanya dan dapat dilihat namun cenderung tidak jelas.

READ  20 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan beserta Penjelasannya

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan

faktor pertumbuhan dan perkembangan
dikatama.com

Pertanyaan yang menarik untuk dijawab adalah mengapa pertumbuhan dan perkembangan dari masing-masing organisme berbeda-beda? Nah, kondisi tersebut bisa muncul karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai pertumbuhan dan perkembangan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Adapun beberapa faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan adalah sebagai berikut:

  • Nutrisi

Salah satu faktor yang paling penting dan akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan adalah nutrisi. Makanan yang dikonsumsi atau didapatkan oleh suatu organisme akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan yang akan mereka rasakan.

Dalam hal ini, jika nutrisi dari makanan tersebut baik dan cukup, maka pertumbuhan dan perkembangan bisa terjadi dengan cepat dan hasilnya pun akan maksimal. Namun, jika sebaliknya, nutrisi yang didapatkan kurang, maka pertumbuhan dan perkembangan akan tersendat dan hasilnya akan kurang baik.

  • Kondisi Psikologis

Faktor lain yang berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan adalah kondisi psikologis. Perlu diketahui bahwa kondisi psikologis ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan suatu organisme.

Jika kondisi psikologis organisme tersebut baik, maka suatu organisme akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang kuat dan sehat. Namun, jika kondisi yang terjadi adalah sebaliknya, maka bisa dipastikan bahwa pertumbuhan dan perkembangan akan lemah dan cenderung tidak baik.

  • Lingkungan

Lingkungan adalah salah satu faktor yang sangat penting dan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan. Dalam hal ini, lingkungan yang baik akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan yang baik pula. Anda bisa melihat bagaimana lingkungan kini membentuk pola pikir anak-anak baik di kota maupun di desa.

  • Biologis

Tidak dipungkiri bahwa pertumbuhan dan perkembangan sangat dipengaruhi oleh faktor biologis. Dalam hal ini, jika seseorang berasal dari keturunan dengan genetika yang baik, maka ia akan terlahir dan tumbuh serta berkembang dengan baik pula.

Meskipun, tidak menutup kemungkinan adanya kegagalan karena beberapa faktor lainnya. Kondisi ini tentu bisa dikatakan semi mutlak. Artinya, ketiga faktor awal boleh jadi bisa diubah dengan mudah untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

READ  13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya

Namun, jika sudah masuk ranah genetika, maka perubahan cenderung akan lebih susah untuk dilakukan.

Tabel Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Untuk menunjukkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan lebih jelas, maka Anda bisa melihat tabel di bawah ini. Tabel ini akan memberikan informasi apa saja yang berbeda dari pertumbuhan dan perkembangan dengan kriteria yang berbeda.

Baca Juga: Pengertian Variabel

Adapun perbedaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan dalam sajian tabel adalah sebagai berikut:

PembedaPertumbuhanPerkembangan
PengertianPertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan adanya pertambahan ukuran, bentuk, berat, dan tinggi.Perkembangan adalah suatu proses diferensiasi, organogenesis, dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan lebih dewasa.
Sifat1.       Irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk aslinya).

2.       Kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.

Kualitatif, dimana suatu organisme yang tadinya belum matang dalam sistem reproduksinya, maka sekarang menjadi lebih matang (dewasa).
WaktuJangka pendek atau berhenti di satu waktu.Jangka panjang atau akan terus terjadi.
BentukTerlihat seperti fisik.Kualitatif
UkuranTerukur atau pasti.Tidak terukur atau tidak pasti.
Cara MengukurDapat dengan bilangan.Tidak dapat dengan bilangan.
Faktor PemicuDari dalam, dapat juga faktor luar namun sedikit.Dari dalam dan luar.
Contoh1.       Bayi yang tadinya memiliki berat badan 2,5 kg sekarang menjadi 5 kg.

2.       Bayi yang tadinya memiliki panjang 59 cm sekarang menjadi 87 cm.

3.       Batang tumbuhan yang tadinya hanya 2 cm sekarang menjadi 7 cm, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

1.       Pematangan hormon-hormon dalam tubuh.

2.       Pematangan sel ovum dan sperma.

Demikian beberapa ulasan mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dan beberapa informasi penting lainnya yang bisa Anda ketahui. Perlu disimak bahwa mengetahui detail perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dan beberapa faktornya akan membuat Anda menjadi lebih paham untuk membangun pola kehidupan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.