Struktur Sosial, Pengertian, Bentuk, Ciri, Fungsi, Dan Penjelasannya

Struktur Sosial – Sebagai manusia yang berfikir kita harus selalu belajar di mana pun kita berada. Karena seseorang bisa dikatakan ada jika dia berfikir. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda berfikir sebuah pengetahuan mengenai struktur sosial.

Tahukah Anda apa itu struktur sosial? Struktur sosial merupakan sebuah hubungan antara individu dengan orang lain ( masyarakat ) untuk membentuk sebuah norma, nilai, atau peraturan  yang ada di dalam suatu masyarakat demi kepentingan bersama.

Salah satu kelebihan adanya struktur sosial dalam sebuah lingkungan adalah mampu membuat suatu daerah menjadi lebih terkondisikan. Bagaimana maksudnya? Penjelasan lebih lanjut mengenai struktur sosial akan kami jelaskan dibawah ini! jika Anda belum menguasai dengan lengkap maka pelajari lebih baik, semoga bermanfaat.

Pengertian Struktur Sosial

pengertian struktur sosial
www.lagihangat.com

Seperti yang kami singgung diatas, struktur sosial dapat diartikan sebagai susunan atau bentuk yang tidak harus berbentuk fisik. Karena struktur sosial merupakan susunan sosial berbentuk kelompok yang ada di suatu daerah. Terdapat beberapa pengertian struktur sosial menurut para ahli diantaranya adalah :

George Simmel, struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya. Sedangkan menurut George C. Homans struktur sosial adalah suatu hal yang memiliki hubungan baik terhadap perilaku sosial dari dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut William Kornblum struktur sosial adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya sebuah pengulangan pola perilaku individu. Menurut Soerjono Soekonto struktur sosial merupakan hubungan timbal balik antara posisi dan peranan sosial.

Inti dari pengertian struktur sosial diatas adalah suatu kumpulan individu yang mana didalamnya terdapat pola perilaku yang mampu menyambungkan hubungan baik pada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Struktur sosial bisa diamalkan ketika ada sebuah pengulangan dalam kehidupan sehari-hari dan mendapatkan hubungan timbal balik antara posisi dan peranan sosial.

Bentuk Struktur Sosial

bentuk struktur sosial
www.gurupendidikan.co.id

Nah, didalam sebuah struktur pasti ada bentuk yang menguatkan suatu struktur tersebut. Penguatan struktur sosial adalah bentuk struktur sosial. Bentuk dari struktur sosial adalah stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial. Stratifikasi sosial sendiri merupakan bentuk dari unsur sosial contohnya adalah melakukan sebuah interaksi dengan orang lain yang ada di dalam masyarakat dalam waktu lama.

Dengan hal tersebut tatanan kehidupan masyarakat yang baik akan terbentuk di seluruh masyarakat. Intinya stratifikasi sosial merupakan perbedaan yang vertikal, dapat memicu munculnya hierarki dan juga kelas sosial masyarakat. Sebuah dasar yang digunakan untuk mengelompokkan masyarakat pada stratifikasi sosial diantaranya adalah faktor kekayaan, pendidikan, kekuasaan, keturunan, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian dari diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat terhadap perbedaan-perbedaan. Pembedaan masyarakat dengan cara horizontal ini sengaja diberikan agar tidak ada kelas sosial yang timbul. Dengan ini masyarakat dikategorikan sebagai perbedaan yang setara. Beberapa diferensiasi diantaranya adalah diferensiasi ras, diferensiasi klen, suku bangsa, profesi, agama, jenis kelamin, dan diferensiasi harta.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

ciri ciri struktur sosial
www.webmateri.com

Struktur sosial dikatakan struktur karena memiliki sebuah ciri-ciri yang komprehensif. Ciri-ciri struktur sosial sendiri bisa di kelompokan menjadi dua golongan yaitu:

  1. Terdapat pada suatu kelompok masyarakat. Bisa dikatakan sebagai suatu kelompok masyarakat jika pada individu memiliki status serta peran ketika dalam kelompok. Peran dan juga macam status setiap sistem sosial memiliki peran yang berbeda-beda. Sehingga sangat baik jika individu bisa menyesuaikan diri.
  2. Berkaitan dengan kebudayaan masyarakat. Munculnya budaya karena adanya suatu masyarakat, kebudayaan memiliki sebuah struktur sendiri. di Indonesia kebudayaan setiap daerah berbeda-beda, tetapi hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah yang besar karena kita sebagai masyarakat Indonesia mengamalkan Bhineka Tunggal Ika ( Berbeda-beda tetapi tetap satu jua)
  3. Aspek dinamis, berasal dari kedudukan atau status. Ketika seorang individu berhasil melaksanakan kewajiban maka secara otomatis seseorang telah berhasil menyelesaikan peranannya. Peranan merupakan sebuah tingkah laku yang diharapkan kepada orang yang memiliki sebuah status dan kedudukan. Diharapkan peranan muncul pada orang yang memiliki status kedudukan.
  4. Bersifat abstrak, yang dimaksud dengan abstrak disini adalah sesuatu yang tidak tampak dan tidak bisa diraba. Karena struktur sosial merupakan sebuah hierarki kedudukan dari tingkat yang rendah sampai ke tingkat tinggi. fungsi dari abstrak ini agar saluran kekuasaan dan pengaturan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat tetap sesuai dengan porsinya dan merata.

Fungsi Struktur Sosial

fungsi struktur sosial
www.maxmanroe.com

Dari penjelasan diatas sudahkah Anda tahu fungsi penting dari struktur sosial? Fungsi yang menonjol dari struktur sosial terbagi menjadi beberapa macam diantaranya adalah :

  1. Fungsi Kontrol, fungsi control adalah untuk mengontrol individu ataupun masyarakat agar tidak sampai melanggar sebuah nilai, norma, ataupun peraturan yang telah diterapkan kepada masyarakat. Harapan adanya teori ini agar masyarakat jera dan tidak sampai melakukan hal-hal yang dilanggar oleh masyarakat.
  2. Fungsi identitas, fungsinya sebagai penegas identitas yang terdapat dalam sebuah masyarakat. Dalam hal ini kelompok yang dimaksud adalah yang memiliki latar belakang sama, sosial, budaya, dan juga ras.
  3. Fungsi pembelajaran, terakhir adalah individu dapat mempelajari sebuah struktur sosial yang berlaku di suatu masyarakat, kedisiplinan, ketaatan, dan juga kebiasaan.

Agar lebih jelas lagi, kita akan memberikan beberapa contoh yang tepat untuk dipahami. Diantaranya :

  1. Ascribed status, contoh nya adalah kasta, kasta dapat diberikan tanpa melihat suatu karakteristik pada seseorang dan secara otomatis didapatkan karena faktor keturunan.
  2. Achived status, contohnya adalah menjadi dokter, guru, hakim. Intinya beberapa pekerjaan yang diperoleh dari usaha pribadi.
  3. Assigned status, adalah sesuatu yang diberikan kepada orang yang telah berjasa pada masyarakat. Sebagai contoh adalah peraih nobel, pahlawan, pejuang bangsa, dan lain sebagainya.

Adanya struktur sosial dari sebuah Negara memang penting adanya, kita sebagai bangsa Indonesia pasti sudah merasakan efek dari struktur sosial ini. semakin baik struktur sosial yang ada di dalam sebuah kelompok, daerah, ataupun Negara semakin baik pula tatanan yang ada didalamnya.

Meskipun sampai saat ini terdapat beberapa daerah yang masih rumit, misalnya saja daerah perkotaan yang kompleks, perumahan dan sebagainya, masyarakat perkotaan tetap di stratifikasikan menurut perbedaan pekerjaan, tingkat pendidikan, kepemilikan ekonomi, dan beberapa hak istimewa.

Sebaliknya, masyarakat homogeny dibedakan berdasarkan perbedaan kekuasaan, usia, senioritas. Hal ini berfungsi untuk meratakan kecenderungan masyarakat yang masih homogen. Menarik sekali bukan pembahasan mengenai struktur sosial didalam sebuah Negara?

Meskipun selalu ada sebuah perbedaan di masyarakat, kita harus selalu menghargai satu sama lain agar tidak sampai ada permusuhan di negeri ini. Bhineka Tunggal Ika adalah hal yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar selalu bisa memahami keyakinan orang lain dengan baik.

Itulah ilmu baru yang dapat kita pelajari pada kesempatan kali ini, semoga kita sebagai warga Negara yang baik bisa menjaga struktur sosial dan menjaga kedamaian di dalamnya, sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat!

READ  Interaksi Sosial, Pengertian, Syarat, Jenis, Macam, Contoh Dan Gambar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.