Puisi Alam: Pengertian, Unsur, Contoh dan Cara Membuatnya

Puisi alam – Alam memang menawarkan keindahan yang hakiki dan melahirkan ketenangan ketika seseorang memandangnya. Inilah salah satu alasan kenapa alam sering menjadi pelarian saat seseorang merasa gundah atau bingung dalam menjalani hidupnya.

Selain itu, alam sering memberikan kesan dan inspirasi sehingga lahirlah puisi alam. Puisi tentang alam menjadi salah satu ekspresi yang timbul dari jiwa yang bisa menikmati keindahan alam. Alam yang begitu mempesona, membuat batin ingin memberikan pujian, ucapan terima kasih atau bahkan harapan agar ia senantiasa lestari. 

Di era sekarang ini, di mana semangat go green terus meningkat dan kesadaran akan global warming yang juga terus menggema, puisi alam seolah menjadi salah satu media promosi yang unik dan menarik. Kata-kata yang terkandung di dalamnya bagaikan senjata yang mampu meningkatkan kesadaran manusia tentang pentingnya untuk peduli pada alam.

Pengertian Puisi dan Puisi Alam

pengertian puisi dan puisi alam
obatrindu.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai puisi alam, pemahaman terkait puisi harus dibangun terlebih dahulu. Ini adalah dasar yang sangat penting agar skema puisi nantinya bisa diketahui dengan baik dan tentu saja jika seseorang ingin membuat puisi tentang alam, maka dia akan bisa membuatnya dengan baik pula.

Secara umum, puisi diartikan sebagai salah satu karya sastra yang sebagian besarnya hadir dari ungkapan atau curahan isi hati dari penulisnya –yang disebut penyair. Puisi cukup berbeda dengan karya sastra lain karena bentuknya yang singkat, tidak dijelaskan secara gamblang dan mengandung bahasa yang sebagian besar adalah metafora.

Oleh karena itu, makna yang terkandung dalam puisi seringkali adalah sebuah makna ganda. Atau, minimal, seseorang harus melakukan tafsir untuk bisa memahami makna puisi dengan baik. Hanya saja, puisi memiliki kekuatan dari kata-kata yang ia gunakan. Dengan kata-kata khusus tersebut, maka maksud dari puisi bisa mengena dengan tepat.

Berbincang tentang pengertian puisi secara umum, ada beberapa pendapat ahli yang bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan puisi secara lebih jelas. Adapun beberapa pengertian puisi dari para ahli tersebut adalah sebagai berikut:

  • Usman Awang

Usman Awang berpendapat bahwa puisi bukan merupakan suatu nyanyian dari orang yang putus asa. Puisi juga bukan usaha seseorang mencari ketenangan serta kepuasan melalui bait yang ia tulis

  • Herman J. Waluyo

Herman J. Waluyo berpendapat bahwa puisi merupakan salah satu karya sastra yang akan mengungkapkan perasaan dan pikiran penyair dengan langkah yang sangat imajinatif. Selain itu, puisi disusun dengan menggabungkan berbagai kekuatan bahasa untuk menunjukkan makna yang ingin dicapai

  • Putu Arya Tirtawirya

Putu Arya Tirtawirya berpendapat bahwa puisi merupakan suatu ungkapan yang samar dan implisit. Dengan hal ini, maka makna puisi adalah makna tersirat di mana kata-kata yang digunakan akan cenderung memiliki makna yang konotatif.

  • Muhammad Hj. Salleh

Muhammad Hj. Salleh berpendapat bahwa puisi merupakan bentuk karya sastra yang sangat kental dengan bahasa dan kebijaksanaan yang lahir dari penyair dan juga tradisinya. Seringkali, puisi yang dibaca akan memberikan kebijaksanaan yang baru yang akan dialami oleh pembaca

  • Herbert Spencer

Herbert Spencer berpendapat bahwa puisi merupakan sebuah cara pengucapan gagasan yang memiliki sifat emosional yang cenderung tinggi. Selain itu, puisi juga mempertimbangkan keindahan dalam penyampaian maksud yang ingin dicapai

Beberapa pengertian puisi dari para ahli tersebut bisa menjadi gambaran mengenai bagaimana puisi itu sesungguhnya. Lalu, bagaimana dengan pengertian tentang puisi alam tersebut?

Secara ringkas, puisi alam adalah puisi yang bercerita tentang alam di mana dalam penulisannya tersebut, alam menjadi objek eksplorasi. Kata-kata yang cenderung bermakna konotatif akan digunakan sebagai pengantar pada pemahaman yang ingin dicapai. Tidak hanya itu, puisi tentang alam ini memiliki banyak suasana yang berbeda.

Suasana yang dimaksud dalam puisi adalah emosi yang terbentuk. Ada puisi dengan suasana yang menyenangkan yang nantinya akan mengarah pada pujian terhadap alam. Selain itu, ada pula puisi dengan tema kesedihan di mana nantinya akan mengarah pada dukungan tentang alam –yang semakin lama semakin rusak.

Unsur-Unsur Puisi

unsur unsur puisi
www.dictio.id

Dalam upaya membuat puisi alam yang tepat dan nantinya bisa mengantarkan pembaca mengetahui makna puisi dengan utuh, pengetahuan tentang unsur puisi menjadi hal yang sangat penting. Ya, pemahaman tentang unsur puisi tersebut akan membantu proses pembuatan puisi dengan maksimal.

Berbincang tentang unsur puisi, ada cukup banyak cakupan unsur puisi yang harus dipahami dengan baik. Adapun beberapa unsur puisi yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

Struktur Fisik Puisi

Salah satu unsur yang paling penting dalam puisi adalah struktur fisik. Layaknya sebuah bangunan, struktur fisik ini juga akan membangun puisi hingga menjadi satu kesatuan yang begitu padu dalam menyampaikan makna yang ingin dituju.

Adapun beberapa unsur puisi yang masuk dalam struktur fisik adalah sebagai berikut:

  • Tipografi

Tipografi merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam puisi. Adanya kata ‘grafi’ menunjukkan bahwa poin ini berbicara tentang bentuk dari susunan dan penulisan puisi. Misalnya, puisi yang ditulis tidak penuh satu larik, dimulai tidak selalu dari huruf kapital dan lainnya. Bentuk ini berpengaruh pada makna dari puisi.

  • Diksi

Diksi merupakan pilihan kata dalam puisi. Pemilihan kata ini menjadi hal yang sangat penting dalam pembuatan puisi. Seorang penyair puisi biasanya memiliki banyak sekali pengetahuan mengenai kosakata yang nantinya bisa dipilih dan disusun menjadi kesatuan puisi yang sangat menarik. Selain itu, diksi biasanya dipilih untuk membentuk rima

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa disebut juga dengan majas. Dalam puisi, gaya bahasa memiliki fungsi yang bisa dikatakan sangat penting karena akan menghidupkan kata-kata dan memberikan efek pemahaman pada puisi yang dibuat. Ada banyak gaya bahasa yang biasa digunakan, seperti metafora, personifikasi dan lainnya.

  • Imaji

Imaji merupakan susunan kata di mana melibatkan alat indera dalam pembuatannya. Penggunaan imaji dalam puisi ini bertujuan untuk membangkitkan panca indera manusia agar pesan yang terkandung dalam puisi bisa dipahami dengan lebih baik

  • Kata Konkret

Kata konkret adalah kata yang digunakan guna memunculkan imaji yang nantinya akan ditangkap oleh indera manusia. Biasanya, dalam pembuatan puisi, kata ini berhubungan dengan suatu lambang atau kiasan

  • Rima 

Rima adalah persamaan bunyi dalam puisi. Letak rima ini beragam karena bisa di awal, tengah ataupun akhir puisi. Rima sangat ditonjolkan dalam pembacaan puisi. Dengan adanya rima, maka membaca puisi akan menjadi lebih indah dengan bunyi yang sama dan terstruktur. Inilah yang membuat puisi bisa seolah dibuat menjadi musik.

Struktur Batin Puisi

Unsur puisi yang selanjutnya adalah struktur batin. Struktur batin ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan puisi. Hal ini dikarenakan makna dari puisi nantinya akan bisa dipahami dengan baik dan diterima dengan utuh ketika ada struktur batin di dalam puisi.

Berbeda dengan struktur fisik, struktur batin dalam puisi ini tidak secara jelas tertulis di dalam puisi. Bisa dikatakan bahwa struktur batin cenderung tersirat. Nah, berbincang tentang struktur batin, ada beberapa unsur puisi yang masuk di dalamnya. Beberapa unsur yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tema

Tema adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam puisi. Hal ini dikarenakan bahwa tema akan sangat mempengaruhi makna dari puisi yang ingin dicapai. Selain itu, tema secara luas juga akan sangat berpengaruh pada bagaimana nantinya puisi tersebut dibentuk.

  • Rasa

Rasa merupakan sikap dari seorang penyair. Ini adalah unsur yang bersifat subjektif dalam penulisan puisi. Bisa dikatakan bahwa tema dan juga rasa berhubungan erat dan keduanya seringkali akan mengungkap latar belakang dari penyair tersebut.

  • Nada

Nada merupakan bagian batin dari puisi yang cukup penting. Unsur ini dibentuk dari diksi yang dipilih. Nantinya, di dalam puisi, nada akan mengarahkan pembaca untuk bisa mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai makna dari puisi tersebut.

  • Amanat

Amanat seringkali disebut pesan atau nilai moral yang terdapat di dalam puisi. Di dalam sebuah puisi, amanat adalah kesimpulan yang diberikan oleh penyair. Terkadang, amanat berisi tentang apa yang pembaca harus lakukan setelah menemukan kasus yang terdapat dalam puisi.

Nah, beragam poin di atas menjelaskan tentang berbagai unsur yang membentuk puisi. Layaknya puisi secara umum, tentu saja membuat puisi alam harus memikirkan beberapa unsur puisi di atas agar nantinya tercipta sebuah puisi yang tidak hanya bagus, namun juga kaya akan makna.

Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar

cara membuat puisi yang baik dan benar
www.rahasiapenulis.com

Selain pengetahuan tentang unsur dari puisi, mengetahui cara untuk membuat puisi yang baik dan benar juga sangat penting. Ya, poin ini akan membantu seseorang nantinya bisa membuat puisi alam yang mereka inginkan dengan lebih mudah dan hasilnya tentu lebih baik.

Ada beberapa poin yang perlu dilakukan dan bisa di contoh untuk membuat puisi dengan berbagai tema dengan baik. Beberapa cara yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Tema 

Untuk membuat puisi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema. Hal ini dikarenakan tema merupakan roh dari sebuah puisi. Dengan tema yang sudah didapatkan, maka puisi bisa dirangkai dengan batasan yang jelas.

Untuk puisi alam, maka tema yang diambil adalah tema alam. Dengan tema alam ini, cerita yang nantinya akan dibangun dalam puisi akan memiliki hubungan yang lekat dengan alam. Sebenarnya, akan lebih baik jika judul juga ditentukan di awal untuk memberikan batasan. Hanya saja, judul nantinya bisa diubah dan disesuaikan.

  • Menentukan Kata Kunci

Kata kunci menjadi hal yang sangat penting dalam pembuatan puisi. Nah, kata kunci ini akan memudahkan penyair untuk memilih diksi yang tepat pada puisi yang akan ia buat. Misalnya, ketika tema sudah ditentukan pada puisi alam adalah tentang alam, maka selanjutnya temukan kata kunci yang ingin digunakan untuk membangun puisi.

Contoh kata kunci misalnya adalah pelestarian alam. Dengan kata kunci ini, nantinya diksi yang hadir dan jalan cerita yang dibangun dalam puisi akan merujuk pada pelestarian alam tersebut.

  • Menggunakan Gaya Bahasa

Dalam berbagai jenis puisi, termasuk puisi alam, gaya bahasa adalah hal yang sangat penting dan menentukan bagaimana makna puisi akan terbentuk. Oleh karena itu, menggunakan gaya bahasa dalam pembuatan puisi bisa dikatakan wajib. Ada banyak gaya bahasa yang digunakan. 

Dalam hal ini, agaknya sangat tepat jika seorang penyair berusaha memahami beragam gaya bahasa terlebih dahulu sebelum membuat puisi. Dengan demikian, ia nantinya akan bisa menentukan gaya bahasa yang tepat untuk dipakai dalam puisi yang ia buat. 

  • Mengembangkan Puisi

Kekuatan puisi adalah pada pemilihan dan susunan kata. Oleh karena itu, untuk bisa membuat puisi alam yang indah, maka diksi dan susunan kata dalam puisi tersebut harus diperhatikan dengan baik. Ini adalah kunci bagaimana sebuah puisi nantinya akan bisa mengangkat tema alam dengan baik dan maksimal.

Terkait pengembangan puisi hingga menjadi satu karya yang padu dan indah, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan diksi yang tidak biasa dan akan menimbulkan rasa penasaran pada pembaca
  • Berusahalah untuk membuat rima dalam setiap larik puisi yang dibuat untuk memberikan kesan keindahan saat puisi tersebut dibaca
  • Masukkan imaji dan kata konotatif untuk mengembangkan imajinasi dari pembaca puisi.

Beberapa poin di atas menjadi hal-hal yang perlu diketahui untuk membuat puisi alam –dan puisi dengan tema lainnya, dengan baik. Pahami rangkaian cara pembuatan puisi tersebut hingga nantinya puisi yang dibuat tidak hanya berhasil mencurahkan pandangan atau isi hati, namun juga bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca.

Contoh Puisi Alam

contoh puisi alam
jagad.id

Sebagaimana disinggung di awal bahwa saat ini puisi alam menjadi salah satu jenis puisi yang sangat digemari. Hal ini dikarenakan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat alam. Oleh karena itu, di lini masa tersebar banyak sekali contoh dari puisi dengan tema alam tersebut.

Adapun beberapa contoh puisi alam yang bisa menjadi acuan untuk membuatnya atau sekadar pemuas dari rasa penasaran tentang puisi ini adalah sebagai berikut:

Tentang Senja dan Keindahannya

*****

READ  Contoh Pantun Cinta yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Siang mulai redup, hawa panas mulai tak terasa

Begitu pula langit: ia berubah menjadi jingga

Burung-burung yang bergerombol terbang silih berganti di tengahnya

Mereka melebur di atas langit dan seolah tampak riang gembira

*****

Ya! Langit yang memerah adalah bukti bahagia

Siapa yang melihatnya pasti akan terpesona dan takjub dibuatnya

*****

Sayangnya, waktu terus berlari

Warna jingga terkikis senti demi senti

Gelap mulai membayang dan senja mulai tak ada

Begitulah, selalu terulang setiap sore menjelang

*****

Namun, meskipun sebentar

Keindahan senja tetap tidak ada yang menggantikan

Dan di dalam senja pula

Aku menemukan senyum manis darimu

*****

Ke Mana Kau Pergi, Alam Lestari?

*****

Kala usia belum lagi beranjak dewasa

Sering kulihat hamparan sawah hijau dengan langit biru sebagai atapnya

Di samping kanan dan kiri hanya sawah yang terpampang dengan jelas

Di ujung sana, gunung menjulang hingga menatap langit dengan bersahaja

*****

Namun, 

Di mana kini mereka berada?

*****

Sawah yang membentang hanya tinggal sisa

Tanah yang luas ditanam besi dan balok semata

*****

O, malang nian nasibmu kini wahai alam raya

Apakah ini jawaban dari manusia setelah kau membuatnya hidup bersahaja?

*****

Demikian beberapa ulasan tentang puisi alam dan juga beragam hal penting lain yang perlu untuk diketahui. Pemahaman mengenai beragam hal terkait puisi alam tersebut tentu saja akan membuat manusia senantiasa sadar bahwa mereka tidak bisa hidup dengan kondisi alam yang rusak. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.