Puisi Anak: Pengertian, Unsur, Contoh dan Tips Membuatnya

Puisi anak – Ada cukup banyak jenis puisi yang bisa dipertimbangkan untuk dibuat sebagai salah satu sarana pengungkapan isi hati atau buah pikiran. Nah, salah satu jenis puisi yang tergolong puisi yang sederhana dan mudah dibuat adalah puisi anak. Pernahkah Anda mendengar tentang jenis puisi yang satu ini sebelumnya?

Saat ini, puisi anak bisa dikatakan menjadi salah satu genre puisi yang cukup banyak di ulas dan dibuat. Hal ini bukan tanpa sebab. Keinginan agar anak melek dunia literatur sejak dini menjadi alasan pertama yang sangat penting.

Tidak hanya itu, jenis puisi ini juga bisa digunakan sebagai media untuk menyimak dunia anak-anak yang seringkali tersembunyi. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian dari puisi anak ini sekaligus unsur dan juga contohnya.

Pemahaman yang baik tentang genre puisi ini tentu saja akan membuat pengetahuan bertambah dan nantinya Anda bisa membuat puisi dengan tema ini dengan lebih mudah. Penasaran dengan penjelasan puisi ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Puisi Anak

pengertian puisi anak
salamadian.com

Berbincang tentang puisi anak, hal paling pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari puisi tersebut. Sebagaimana dikatakan di awal bahwa puisi anak adalah salah satu genre puisi yang saat ini cukup banyak dibuat dan digemari. Lalu, apa pengertian dari puisi anak?

Secara umum, puisi adalah salah satu karya sastra yang dibuat dengan menggunakan bahasa yang multi tafsir. Kebanyakan bahasa yang dipakai dalam puisi adalah bahasa dengan makna konotatif yang nantinya akan melahirkan tafsir yang baru dan beragam. Itulah kenapa terkadang memaknai puisi menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana dengan puisi anak? 

Seperti namanya, jenis puisi ini adalah puisi yang menggunakan anak sebagai objek dalam membuat puisi. Tidak hanya itu, puisi ini juga berisi hal-hal tentang anak. Bisa dikatakan bahwa anak menjadi tema besar dalam pembuatan puisi. 

Hal lain yang menjadi pemahaman terkait puisi anak adalah bahasa yang digunakan. Sebagaimana diketahui bahwa bahasa puisi kebanyakan adalah bahasa kiasan yang cukup susah untuk diartikan secara langsung. Namun, dalam puisi anak ini, bahasa yang digunakan cenderung lebih sederhana dan tentu saja lebih mudah dicerna. 

Puisi anak bukan hanya puisi yang berbicara tentang anak-anak dan segala hal yang berpengaruh dalam kehidupannya. Namun, puisi ini juga menyasar anak-anak sebagai target pembaca sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang cenderung lebih mudah dipahami.

Bahasa yang Digunakan Dalam Puisi

bahasa yang digunakan dalam puisi
www.ahmadmujib.web.id

Unsur kebahasaan menjadi hal yang sangat penting dan krusial dalam puisi, termasuk di dalamnya puisi anak. Hal ini dikarenakan bahasa menjadi media untuk menyampaikan ide dan pikiran melalui puisi dengan nada yang indah dan tentu saja menarik.

Dengan bahasa yang tepat, maka makna puisi akan bisa dipahami secara utuh dan detail. Tentu, dengan demikian, maksud dari penyair membuat puisi tersebut akan tersampaikan dengan baik. 

Berbincang tentang bahasa yang digunakan dalam puisi –termasuk puisi anak, ada beberapa detail yang perlu diperhatikan. Beberapa detail tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kalimat dalam puisi dibuat cenderung ringkas
  2. Setiap kata mengandung makna yang unik
  3. Bahasa yang digunakan dalam puisi adalah bahasa yang cenderung konotatif atau memiliki makna yang bukan sebenarnya.

Hal-hal terkait bahasa ini menjadi penting untuk dipertimbangkan. Dengan perhatian yang lebih pada unsur bahasa yang terdapat dalam puisi, maka puisi yang dibuat akan memiliki keindahan sebagaimana yang seharusnya.

Unsur Dalam Puisi

unsur dalam puisi
www.cikancah-cyber.com

Hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui terkait puisi adalah unsur di dalam puisi. Unsur puisi ini memiliki peranan yang sangat penting karena akan berpengaruh pada hasil puisi yang dibuat. Ya, dengan mengetahui unsur puisi secara jelas, maka puisi anak yang akan dibuat nantinya tentu akan memiliki hasil yang bagus dan indah.

Berbincang tentang unsur puisi, maka ada beberapa unsur puisi yang harus diperhatikan dengan seksama. Adapun beberapa unsur puisi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Unsur Fisik Puisi

Secara umum dan garis besar, unsur puisi dibagi menjadi dua hal yang berbeda. Kedua hal ini nantinya akan dirinci menjadi beberapa poin yang lebih khusus lagi. Nah, unsur puisi –termasuk untuk puisi anak yang pertama adalah unsur fisik puisi.

Adapun beberapa bagian yang termasuk unsur fisik puisi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tipografi

Tipografi adalah unsur fisik puisi pertama yang cukup penting. Apa yang dimaksud dengan tipografi adalah bentuk dari penulisan sebuah puisi. Seringkali diketahui bahwa puisi ditulis dengan cara yang unik, misalnya saja rata kanan, rata tengah, penulisan yang menjorok, tulisan membentuk sesuatu dan lainnya. 

Unsur pertama ini sangat penting karena akan berdampak pada keterbacaan puisi dan juga keunikan yang akan ditampilkan. Selain itu, tipografi juga akan berpengaruh pada makna yang akan digambarkan dalam puisi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tipografi bukan hanya sekadar membentuk puisi dengan penulisan yang unik.

  • Diksi

Diksi adalah salah satu unsur pokok dalam puisi yang secara keseluruhan akan berpengaruh pada detail puisi. Dengan diksi yang tepat, maka makna dari puisi akan tergambar dengan maksimal dan bisa dipahami dengan baik. Oleh karena itu, penyair harus bisa memilih diksi yang akan digunakannya dengan hati-hati.

Biasanya, penyair akan menggunakan diksi yang bisa dikatakan kurang umum di telinga awam untuk membentuk kesan yang lebih menarik. Namun, kasus ini tidak ditemukan pada puisi anak yang cenderung menggunakan diksi yang lebih sederhana.

  • Gaya Bahasa

Unsur fisik puisi lainnya yang penting adalah gaya bahasa. Bisa dikatakan bahwa gaya bahasa merupakan unsur pembentuk puisi yang akan mempengaruhi keindahan dari sebuah puisi. Dengan gaya bahasa yang pas, maka puisi akan terbaca cenderung lebih menarik dan makna dari puisi akan cenderung lebih tajam.

Gaya bahasa sering disebut dengan istilah majas. Majas inilah yang akan membuat kata-kata dalam bait puisi terasa hidup dan saling bertentangan. Ada cukup banyak jenis majas yang secara umum bisa diaplikasikan dalam pembuatan puisi, seperti personifikasi, metafora dan lainnya.

Namun, puisi anak cenderung tidak menggunakan gaya bahasa yang berlebihan. Agar makna puisi bisa dipahami dengan baik oleh anak-anak, gaya bahasa akan digunakan seperlunya saja. 

  • Imaji

Imaji adalah sebuah susunan kata yang akan melibatkan penggunaan alat indera manusia, seperti indera penciuman, indera penglihatan dan lainnya. Penggunaan imaji dalam pembuatan sebuah puisi memiliki tujuan agar pembaca puisi tersebut bisa membayangkan dan merangkai imajinasi mereka dengan apa yang ditulis oleh penyair.

  • Kata Konkret

Unsur fisik lain dari puisi adalah kata konkret. Ini adalah kata yang digunakan dengan tujuan memunculkan imaji. Kata konkret bisa ditangkap dengan baik oleh indera manusia. Biasanya, kata konkret ini memiliki hubungan yang cukup erat dengan lambang ataupun dengan kiasan yang unik.

  • Rima 

Rima adalah persamaan bunyi yang bisa muncul di awal, tengah ataupun di akhir dari sebuah puisi. Rima ini akan sangat ditonjolkan dalam pembuatan puisi karena berhubungan dengan keindahan puisi saat dibaca. Dengan adanya rima, puisi seolah bisa dibaca dengan cara bersenandung.

Memang, rima umumnya muncul pada puisi lama. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa puisi baru juga menggunakan rima meskipun lebih bebas. Hanya saja, puisi anak cenderung tidak terlalu menitikberatkan pada penggunaan rima yang serius. Hal ini dikarenakan sifat puisi anak yang cenderung santai dan mudah dipahami.

Struktur batin puisi

Unsur kedua yang penting dan terdapat dalam puisi adalah struktur batin. Ini adalah unsur yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan puisi. Meskipun tidak secara langsung terlihat dalam puisi, namun unsur batin ini juga memegang peranan penting dalam pembuatan puisi, terutama dalam membentuk makna yang terkandung di dalamnya.

Ada beberapa hal yang termasuk ke dalam unsur batin puisi. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tema atau Makna

Tema atau seringkali disebut makna adalah salah satu unsur batin puisi yang bisa dikatakan sangat penting. Hal ini sangat beralasan karena tema akan mempengaruhi secara keseluruhan isi dari puisi itu sendiri. Dengan tema yang tepat, maka makna puisi juga akan baik dan pembaca akan bisa menangkap makna puisi dengan jitu.

Berkenaan dengan tema, maka puisi anak memiliki tema yang bisa dikatakan cukup sederhana. Tema yang terdapat dalam puisi ini berkisah tentang kehidupan anak-anak yang unik dan hal-hal lain yang umumnya menyenangkan.

  • Rasa

Rasa menjadi unsur batin yang juga sangat penting. Unsur batin yang satu ini merupakan sikap dari penyair yang dituangkan dalam sebuah puisi yang ia tulis. Rasa memiliki keterkaitan yang sangat tinggi dengan tema. Oleh karena itu, keduanya tidak bisa dipisahkan. Selain itu, rasa dan tema juga akan digunakan untuk mengetahui latar belakang dari penyair tersebut

  • Nada

Nada adalah unsur batin yang cukup penting dalam puisi. Salah satu unsur ini juga berkaitan dengan tema dan rasa. Nada akan membuat puisi lebih mudah dibaca sehingga ada keindahan yang tercipta dari nada puisi yang indah. Selain itu, nada juga akan bisa dijadikan alat untuk membentuk suasana dalam sebuah puisi.

Dalam puisi anak, nada yang digunakan cenderung lebih banyak riang. Dengan nada riang tersebut dapat digambarkan sebuah kehidupan anak yang menyenangkan dan penuh dengan kegembiraan.

  • Amanat

Amanat adalah nilai moral yang terdapat dalam puisi. Amanat ini berupa pesan atau ajakan yang sifatnya memberikan pelajaran bagi para pembaca. Dengan adanya amanat, maka akan ada hikmah yang diambil dari puisi yang sudah dibaca tersebut.

Berbagai unsur yang terdapat dalam puisi tersebut harus dipahami dengan baik. Pemahaman mengenai beragam unsur tersebut tentu saja akan membuat pemaknaan puisi bisa dilakukan dengan lebih baik. Tidak hanya itu, unsur-unsur tersebut juga akan membantu Anda untuk membuat puisi dengan hasil yang bagus.

Tips Untuk Membuat Puisi Bagi Pemula

tips untuk membuat puisi bagi pemula
ariefdarmawan.gurusiana.id

Selain mengenal berbagai unsur dalam puisi tersebut, hal lain yang sangat penting untuk diketahui adalah tips untuk membuat puisi. Ini adalah hal yang bisa dikatakan akan membantu seseorang untuk membuat puisi dengan baik dan benar.

Berbincang tentang membuat puisi, ada beberapa tahapan yang harus dipahami dengan baik. Meskipun, nantinya puisi yang dibuat adalah sebuah puisi anak yang cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan jenis puisi lainnya.

Nah, beberapa hal terkait tips untuk membuat puisi bagi pemula tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Judul dan Tema

Untuk memulai membuat puisi, hal yang paling pertama untuk dilakukan adalah menentukan tema dan judul dari puisi yang akan dibuat. Kedua hal ini sangat penting karena berfungsi sebagai fondasi puisi. Dengan judul dan tema yang menarik, tentu saja akan tercipta sebuah puisi yang isinya juga akan sangat menarik.

Nah, berkaitan dengan puisi anak, cobalah untuk memilih tema-tema yang cenderung ringan. Tema tentang liburan, menghormati orang tua, kebiasaan saat kecil atau lainnya cenderung cocok untuk diterapkan dalam membuat puisi tentang anak. Selain itu, buatlah judul yang menarik dengan bahasa khas anak-anak.

  • Mencari Kata Kunci

Selain tema, kata kunci juga menjadi hal yang sangat penting untuk proses membuat puisi. Dalam hal ini, kata kunci akan membantu proses pembuatan puisi menjadi lebih mudah dan bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Misalnya saja, ketika sudah menentukan tema liburan, maka diksi yang nantinya akan digunakan dalam membuat puisi tersebut adalah kata yang berhubungan erat dengan liburan. Oleh karena itu, pikirkan kata kunci terlebih dahulu untuk menentukan kelompok kata yang akan digunakan nantinya.

  • Mengaplikasikan Gaya Bahasa

Gaya bahasa bisa dikatakan sebagai salah satu faktor yang sangat penting dalam pembuatan puisi. Gaya bahasa inilah yang akan membuat puisi menjadi lebih hidup dan tentu saja bisa dibaca dengan penuh penghayatan. Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak majas yang bisa dijadikan opsi gaya bahasa untuk dipilih.

Akan tetapi, saat hendak membuat puisi anak, maka jangan terlalu banyak menggunakan gaya bahasa, terutama gaya bahasa yang terlampau susah untuk dipahami. Hal ini dikarenakan puisi anak cenderung simple dan tidak rumit dalam susunan kalimat yang digunakan.

  • Mengembangkan Puisi Dengan Indah

Puisi adalah karya sastra yang memiliki keindahan sebagai salah satu faktor yang sangat penting. Oleh karena itu, mengembangkan puisi dengan indah bisa dikatakan sebagai sebuah keharusan yang harus dilakukan.

Pengembangan puisi ini akan membuat puisi menjadi lebih mudah untuk dibaca dan ada kesan tersendiri saat membacanya. Dalam hal ini, pemilihan kata menjadi hal yang sangat penting untuk memperindah puisi. Selain itu, susunan kalimat dalam puisi juga memegang peranan penting untuk membentuk rasa dalam puisi.

Cobalah untuk menyusun kata-kata dengan unik agar ada keindahan yang berbeda yang akan tercipta. Hal lain terkait pengembangan puisi adalah memperhatikan kalimat yang digunakan. Buatlah kalimat dengan padat, ringkas dan tentu saja memiliki kesan saat dibaca. 

Beberapa tips di atas bisa diaplikasikan untuk membuat sebuah puisi yang indah. Perhatikan beberapa cara di atas saat hendak membuat puisi anak hingga nantinya akan tercipta sebuah puisi yang menarik.

Beberapa Contoh Puisi Anak

beberapa contoh puisi anak

Ada cukup banyak contoh puisi anak yang ada untuk memberikan inspirasi saat hendak membuatnya. Adapun beberapa contoh puisi ini dengan tema yang berbeda adalah sebagai berikut:

*****

READ  Contoh Pantun Cinta yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Aku Ingin

Aku ingin menjadi seorang pilot

Aku ingin menjadi dokter

Aku ingin menjadi guru

Banyak sekali keinginan yang ingin ku raih

Hingga suatu saat aku menyadari jika semua itu butuh tekad yang kuat

Ibu bapak guru ku

Engkau selalu berpesan kepadaku

Akan kesuksesan yang harus ku raih

Di setiap engkau bertanya

Ingin menjadi apakah dirimu

Aku akan menjawab berbagai model jawaban yang terlintas di benakku

Dan engkau selalu berpesan

Jika dengan belajar yang rajin maka kesuksesan akan menanti ku

Terimakasih akan semua pesan itu

Wahai guru ku

*****

Bait Puisi Seorang Murid Didik

Dan kini hanyalah tinggal sebuah kenangan

Tak bisa lagi ku ulang kembali

Kecuali harapan dan doa

Aku sangat berterimakasih kepada engkau yang telah membimbingku

Kepada engkau yang telah berjuang untukku

Kini ku melangkah sendiri

Berbekal pesan moral yang selalu kau sampaikan kepadaku

Kan ku jaga selalu semua itu

Wahai ibu bapak guruku

*****

Demikian beberapa ulasan tentang puisi anak dan beberapa ulasan lain yang penting. Semoga bermanfaat dan bisa membantu proses membuat puisi dengan baik!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.