√ VISI dan MISI | Persamaan dan Perbedaan, Pengertian, Contoh Fungsi

Persamaan dan Perbedaan Visi dan Misi – Setiap pendirian lembaga, organisasi, pemerintah, dan perkumpulan-perkumpulan yang lain tentu dibutuhkan yang namanya tujuan. Tidak mungkin sebuah lembaga atau organisasi dibuat tanpa adanya tujuan tersendiri. Akan selalu ada impian tertentu yang hendak dicapai oleh perkumpulan tersebut, baik itu impian dalam skala besar atau impian yang biasa-biasa saja. Namun umumnya suatu lembaga atau perkumpulan akan dibuat dengan tujuan yang besar dengan berorientasi kepada kemajuan.

Di samping memiliki tujuan utama atau khusus, biasanya suatu perkumpulan akan membuat target-target atau capaian tertentu, baik itu target untuk jangka pendek ataupun untuk jangka panjang.

Nah, di dalam mewujudkan semua impian dan tujuan dari lembaga yang bersangkutan, alangkah baiknya jika ada suatu gagasan khusus yang tertulis dan benar-benar terorganisir dalam suatu kegiatan. Ini akan memungkinkan suatu lembaga bisa berdiri dengan sangat tegak dan senantiasa mengalami perkembangan.

Anda yang pernah terjun ke suatu lembaga atau organisasi tentu pernah mendengar yang namanya visi misi. Biasa visi misi dibuat dalam bentuk tulisan yang disebarluaskan ke khalayak umum untuk dipahami dan sebagai ajang untuk promosi suatu lembaga.

Dan sudah selayaknya visi misi dituangkan dalam bentuk catatan resmi tertulis yang nantinya akan dibaca banyak orang. Dengan demikian, orang akan percaya kepada lembaga atau organisasi yang bersangkutan.

Berbicara mengenai visi misi, banyak orang yang ternyata masih bingung mengenai perbedaan antara keduanya. Bahkan, ada yang menganggap kedua hal ini adalah sama.

Namun sesungguhnya memiliki perbedaan yang cukup detail. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memahami apa itu visi misi, berikut ini akan diulas mengenai persamaan dan perbedaan visi misi sekaligus contohnya untuk meningkatkan pemahaman Anda.

Contents

Pengertian dari Visi dan Misi

visi dan misi

Pemahaman mengenai visi dan misi akan didapat jika Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan visi dan misi. Kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian dari masing-masing istilah tersebut agar Anda menjadi tahu kejelasan perbedaan keduanya.

  • Pengertian visi

Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Ia berisi pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran itu adalah gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai. Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga. Ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Adapun rangkuman dari pengertian visi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Visi merupakan suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.
  2. Visi merupakan suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.
  3. Visi memiliki pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.
  • Pengertian Misi

Setelah mengetahui pengertian dari visi, maka kini Anda akan diajak mengetahui apa yang dimaksud dengan misi. Jika tadi sudah diungkap bahwa visi merupakan tujuan atau arah utama. Maka bisa dikatakan misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Ada juga yang menyatakan bahwa misi adalah penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa misi adalah:

  1. Suatu penjabaran dari visi, baik itu visi lembaga, organisasi, ataupun instansi.
  2. Misi merupakan suatu langkah ataupun tahapan yang semuanya harus dilalui oleh lembaga yang bersangkytan untuk dapat mencapai visi yang utama.
  3. Misi merupakan langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.

Pengertian Visi dan Misi dan Tujuan Secara Umum

pengertian visi dan misi dan tujuan secara umum

Secara umum, visi merupakan tujuan utama atau main idea dari didirikannya suatu organisasi atau lembaga dan perusahaan. Intinya, visi menjadi alasan utama dari dibentuknya lembaga tersebut.

Dan ini sudah mendasar sehingga tidak mungkin sebuah organisasi didirikan tanpa adanya visi. Sedangkan misi secara umum adalah serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah visi. Kedua istilah tersebut, yaitu antara visi dan misi keduanya saling berkaitan satu sama lain. Dengan tujuan utamanya secara umum adalah untuk memajukan dan mengembangkan lembaga, organisasi, atau perusahaan yang dibangun.

Visi dan Misi Organisasi

visi dan misi organisasi

Di dalam organisasi pun juga dibutuhkan yang namanya visi dan misi. Organisasi tanpa visi dan misi ibarat rumah yang dibangun tanpa adanya pondasi. Sehingga itu menyebabkan rumah tersebut menjadi mudah retak dan roboh.

Nah, dalam membuat visi misi organisasi tentu tidak bisa instan, Anda harus benar-benar melakukan musyawarah untuk membentuknya. Dengan demikian, organisasi akan benar-benar hidup dengan visi misi tersebut. Dan tentunya visi misi yang dibuat dalam sebuah organisasi tidak jauh berbeda dengan nama organisasi tersebut.

Cara Membuat Visi dan Misi

cara membuat visi dan misi

Dalam membuat visi dan misi, tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Namun, intinya adalah visi dan misi perlu dirumuskan dengan matang tanpa adanya unsur terburu-buru. Harus benar-benar sesuai dengan cita-cita lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Dalam membuat suatu visi dan misi, juga harus dipertimbangkan secara matang untuk apa organisasi tersebut didirikan dan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut.

Fungsi Visi dan Misi

fungsi visi dan misi

Visi dan misi memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Dan ini penting untuk diketahui. Karena tanpa adanya visi dan misi, organisasi atau lembaga akan sulit untuk hidup dan berkembang. Nah, berikut adalah ulasan mengenai fungsi dari visi misi yang penting untuk diketahui.

  • Untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah perkumpulan
  • Sebagai dorongan untuk selalu maju dan berkembang
  • Untuk menghindari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan
  • Untuk senantiasa membuat perkumpulan atau lembaga tetap hidup dan berkembang
  • Untuk memudahkan anggotanya yang ingin masuk ke perkumpulan tersebut sehingga visi misi bisa dijadikan sebagai pertimbangan

Perbedaan Visi dan Misi

perbedaan visi dan misii

Setelah mengetahui visi dan misi secara umum, selanjutnya Anda akan diajak untuk mengetahui perbedaan antara keduanya. Banyak orang yang salah dalam memahami visi misi sehingga penting untuk memahami beberapa point yang akan disampaikan berikut ini.

  1. Visi lebih kepada gambaran secara garis besar, tujuan utama, atau cita-cita tertentu dari sebuah perusahaan, organisasi, ataupun instansi di masa mendatang atau masa depan. Sedangkan misi sendiri lebih kepada gambaran dari langkah-langkah yang akan dikerjakan untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut.
  2. Visi lebih berwujud cita-cita dalam jangka panjang dan ia memiliki orientasi yang ke depan. Sementara misi wujudnya lebih kepada cita-cita jangka pendek yang orientasinya lebih kepada masa saat ini.
  3. Umumnya, visi memiliki sifat yang permanen. Sehingga saat suatu instansi atau lembaga tertentu membuat visi, mereka tidak akan cenderung untuk mengubah visi tersebut. Ini juga sangat berkaitan dengan konsistensi serta kredibilitas dari lembaga yang bersangkutan. Sedangkan misi sendiri umumnya akan berubah saat misi yang direncanakan dianggap tidak sukses atau gagal untuk mewujudkan visi atau cita-cita lembaga.
  4. Umumnya, visi terdiri dari beberapa kata atau sederet kalimat saja atau poin yang dimilikinya lebih padat, jelas, dan mewakili anggota-anggotanya. Sementara untuk misi sendiri umumnya memiliki beberapa kalimat sebagai pendabaran dari visi. Sehingga misi biasanya memiliki kata-kata yang lebih panjang dibandingkan dengan visi.
  5. Untuk visi, umumnya berisi pernyataan yang sifatnya umum. Sementara misi biasanya berisi pernyataan yang lebih detail dan khusus.

Contoh Visi dan Misi Organisasi

contoh visi dan misi organisasi

Anda mungkin agak kesulitan membedakan mana yang visi dan mana yang misi ketika sudah melihat langsung sekalipun di awal sudah dipelajari gambaran dan teori mengenai visi misi. Nah, oleh karena itu dibutuhkanlah contoh real dari visi dan misi itu sendiri agar lebih mudah dipahami. Berikut ini adalah contoh dari visi dan misi yang bisa dijadikan sebagai pegangan dan bahan belajar.

  • Contoh Visi

Mewujudkan barisan generasi muda yang kuat, mandiri, terampil dan sukses

  • Contoh Misi

Sebagai langkah untuk mencapai visi tersebut, maka misi dari lembaga kami adalah:

  1. Mengagendakan suatu kegiatan kepemudaan di tengah-tengah masyarakat.
  2. Mengagendakan berbagai bentuk pelatihan bisnis yang meliputi pertanian,  bisnis, usaha kreatif, dan juga perniagaan.
  3. Berupaya membantu pengabdian dan juga menjaga lingkungan.
  4. Membantu meningkatkan prestasi baik itu dalam bidang olah raga atau bidang yang lain.
  5. Membantu mempererat tali silaturrahim dengan mengadakan berbagai pertemuan-pertemuan rutin.

Contoh Visi dan Misi Kemenristekdikti

contoh visi dan misi kemenristekdikti

Selanjutnya adalah contoh visi misi dari Kemristekdikti yang bisa dijadikan sebagai contoh saat Anda membuat visi misi.

  • Visi: Mewujudkan pendidikan tinggi yang memiliki mutu dan kemampuan serta iptek dan inovasi untuk bisa mendukung daya saing dari bangsa ini.
  • Misi: sebagai upaya untuk dapat merealisasikan visi di atas, misi Kemristekdikti adalah sebagai berikut:
  1. Mengupayakan peningkatan akses, relevansi, serta mutu pendidikan tinggi untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
  2. Berupaya meningkatkan kemampuan iptek dan juga inovasi untuk menghasilkan nilai tambah para produk inovasi.

Contoh dari Visi Misi Perusahaan Indosatooredoo

contoh dari visi misi indosatooredoo

Selain contoh visi misi dari Kemristekdikti, Anda juga akan diperkenalkan dengan visi misi dari Indosatooredoo. Sebagaimana kita ketahui selama ini bahwa Indosat adalah salah satu telekomunikasi digital yang banyak dikenal orang. Ia juga memiliki visi misi tersendiri. Berikut ini adalah visi misi yang dimiliki oleh Indosatooredoo.

  • Visi: Menjadi sebuah perusahaan Telekomunikasi Digital yang terdepan di Indonesia.
  • Misi: Untuk mewujudkan visi di atas, maka Indosatooredoo memiliki beberapa misi utama, berikut rinciannya:
  1. Memberikan layanan serta produk yang membebaskan
  2. Mengupayakan adanya jaringan data yang unggul
  3. Memperlakukan semua pelanggan sebagai sahabat dari Indosat
  4. Mengupayakan transformasi digital

Contoh Visi dan Misi Universitas Indonesia (UI)

contoh visi dan misi ui

Anda tentu pernah mendengar Universitas Indonesia yang merupakan salah satu universitas terbaik Indonesia yang banyak peminatnya. Kemajuan dan nama harum dari UI sendiri ternyata tidak bisa dilepaskan dari visi misi yang telah dibangun sejak dulu. Berikut ini adalah visi misi dari Universitas Indonesia sebagai contoh penting dari visi dan misi.

  • Visi UI sejak 2015-2019: Membantu mewujudkan Universitas Indonesai sebagai PTN-BH yang mampu berdiri secara mandiri dan unggul serta bisa menyelesaikan berbagai masalah yang ada baik itu di taraf nasional ataupun berbagai tantangan di taraf internasional untuk dapat menuju keunggulan tersendiri di Asia Tenggara.
  • Misi: untuk mewujudkan visi di atas, Universitas Indonesia melakukan beberapa misi berikut ini:
  1. Membantu menyediakan akses yang luas, adil dan juga pendidikan serta pengajaran berkualitas tinggi.
  2. Membantu menyelenggarakan kegiatan tridarma yang bermutu dan juga sangat relevan dengan tantangan baik dalam skala nasional ataupun global.
  3. Membantu menciptakan lulusan yang memiliki intelektualitas tinggi, budi yang luhur dan bisa bersaing secara global.
  4. Membantu menciptakan iklim akademik yang bisa mendukung visi dari Universitas Indonesia.

Contoh Visi Misi Bahasa Inggris Alfamart

contoh visi misi bahasa inggris alfamart

Selanjutnya adalah contoh visi misi yang ditulis dalam bahasa Inggris. Ini sangat cocok untuk perusahaan, lembaga atau organisasi yang memiliki taraf global dan mendunia. Berikut adalah contoh visi misi bahasa Inggris Alfamart yang bisa dijadikan sebagai contoh.

  • Visi: “To be Indonesia’s largest and globally competitive widely owned ratail distribution network that empowers small entrepreneurs and fulfills customer needs and expectations.”
  • Misi:
  1. To satisfy customer needs and expectations by focusing on high quality products and services.
  2. To implement ethical business practices, to be the best in all of our actions.
  3. Ti develop entrepreneurial spitits and skills in the Company dan the society.
  4. To develop a reliable, healthy, and growing organization which benefits all stakeholders.

Contoh Visi dan Misi Sekolah / OSIS

visi misi osis

Visi :

Menjadikan OSIS SMAN 9 Kota Surabaya sebagai organisasi yang disiplin, religius, cerdas dan berintegras tinggi sehingga mampu untuk merealisasikan visi dan misi sekolah.

Misi:

 

Mengembangkan lebih banyak kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler untuk mengasah kekreatifitasan siswa-siswi SMAN 9 Kota Surabaya.

meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa-siswi SMAN 9 Kota Surabaya.

Kesimpulan

kesimpulan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang visi misi, mulai dari pengertian, fungsi, cara membuat, persamaan dan perbedaannya. Juga berbagai contoh yang dihadirkan dalam artikel ini, maka dapat dipahami bahwa kesimpulan dari visi dan misi adalah sebagai berikut:

  • Visi adalah suatu tujuan yang utama
  • Visi ditulis dengan kalimat yang padat dan jelas
  • Visi adalah keinginan yang paling besar dalam sebuah perusahaan atau organisasi
  • Misi adalah pendukung dari visi
  • Misi bisa ditulis dengan kalimat jelas ataupun kalimat rinci
  • Misi sendiri berisi mengenai berbagai hal yang akan dilakukan untuk mewujudkan suatu visi

Itu tadi uraian tentang persamaan dan perbedaan visi misi yang bisa dijadikan sebagai tambahan pengetahuan Anda. Dengan mengetahui berbagai hal tentang visi misi, Anda akan semakin mudah dalam memetakan keduanya. Terlebih jika Anda adalah ketua organisasi atau lembaga yang harus membuat visi misi tertentu. Ini akan memudahkan Anda dalam mewujudkan hal itu. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.