Pengertian Filsafat : Ciri-Ciri, Cabang beserta Tujuannya

Pengertian Filsafat – Bagi Anda yang sudah menginjak bangku kuliah, pastinya sering mendapatkan mata kuliah filsafat. Namun, banyak sekali orang yang kesulitan memahami apa sebenarnya filsafat itu. Filsafat merupakan ilmu yang digunakan untuk mengkaji berbagai persoalan dengan menggunakan logika, pengetahuan, metode, akal, pikiran, eksistensi, dan bahasa.

Masih dalam seputar pengertian filsafat, ada pendapat lain yang menjelaskan bahwa filsafat adalah suatu kebijaksanaan hidup untuk memberikan suatu pandangan hidup secara menyeluruh yang sesuai dengan pengalaman ilmiah dan refleksi terhadap pengalaman hidup.

Dalam filsafat hanya terfokus pada cara mengemukakan masalah dengan mencari solusi dan memberikan argumen. Pengertian filsafat secara etimologi yaitu berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophia. Jika dipisahkan, Philo artinya cinta dan shopia artinya kebijaksanaan dan pengetahuan.

Dari penggabungan arti dua kata tersebut, filsafat diartikan sebagai gagasan yang sangat kebijaksanaan serta dilandasi dengan pengetahuan. 

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

pengertian filsafat menurut para ahli
olympics30.com

Setelah mengetahui pengertian filsafat secara umum, penting juga untuk mengetahui pengertian filsafat menurut para ahli. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih memahami pengertian dari filsafat. Adapun berikut ini beberapa pengertian filsafat menurut para ahli yang perlu Anda ketahui:

  • Aristoteles

Definisi filsafat menurut Aristoteles yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kebenaran. Menurutnya, filsafat ini memiliki beberapa cabang ilmu seperti ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika atau keindahan.

  • Cicero

Filsafat menurut Cicero yaitu  the mother of all the arts atau ibu dari semua seni. Filsafat juga merupakan seni kehidupan.

  • Plato

Plato mendefinisikan filsafat sebagai ilmu yang digunakan untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran.

  • Imanuel Kant

Imanuel Kant mendefinisikan filsafat sebagai ilmu yang menjadi pokok dari segala pengetahuan baik itu metafisika, etika, agama, dan antropologi.

  • Johann Gotlich Fickte

Filsafat menurut Johann Gotlich Fickte yaitu dasar dari segala ilmu. Dengan kata lain, filsafat ini membahas tentang semua bidang ilmu untuk mencari kebenaran dari semua kenyataan yang ada.

Ciri-Ciri Filsafat

ciri ciri filsafat
Ciri-Ciri Filsafat

Clarence I Lewis seorang ahli logika mendefinisikan filsafat sebagai proses refleksi dari bekerjanya akal. Bagi orang yang baru belajar filsafat, pastinya kebingungan mengenai apa saja ciri-ciri pemikiran filsafat. Tak perlu khawatir, karena pada ulasan sub bab berikut ini akan dibahas mengenai ciri-ciri filsafat:

  • Bersifat Universal

Ciri-ciri pemikiran filsafat yang pertama yaitu cenderung bersifat universal atau umum. Selain itu, pemikiran filsafat juga tidak bersangkutan dengan objek-objek khusus, seperti halnya pemikiran tentang manusia, keadilan, kebebasan, dan lain sebagainya.

  • Tidak Faktual

Ciri-ciri filsafat yang selanjutnya yaitu tidak faktual atau segala sesuatu yang spekulatif tanpa adanya bukti dengan membuat berbagai dugaan yang masuk akal. Sehingga hal tersebut tidak sesuai dari fakta-fakta ilmiah.

  • Berhubungan dengan Nilai

Filsafat menurut C J Ducasse yaitu upaya manusia untuk mencari pengetahuan berupa fakta-fakta yang disebut dengan penilaian. Penilaian yang dimaksud dalam hal ini yaitu sesuatu yang baik dan buruk serta susila dan asusila. Selain itu, fungsi dari filsafat yaitu sebagai suatu usaha untuk mempertahankan nilai-nilai.

  • Berhubungan dengan Arti

Filsafat mengacu pada poin sebelumnya bahwa sesuatu yang memiliki nilai pasti mempunyai arti. Sehingga, para filsuf menciptakan berbagai kalimat yang logis dengan menggunakan bahasa yang tepat. Hal ini bertujuan agar ide-idenya sarat dengan arti yang sesungguhnya.

  • Implikatif

Ciri-ciri pemikiran filsafat yang terakhir yaitu implikasi atau akibat. Sehingga bisa melahirkan pemikiran baru yang dinamis.

Cabang-Cabang Filsafat

cabang cabang filsafat
medium.com

Setelah membahas mengenai ciri-ciri pemikiran filsafat, kurang lengkap jika kita tidak membahas mengenai cabang-cabang filsafat. Secara umum, bidang studi filsafat oleh para ahli menjadi beberapa cabang. Adapun berikut ini beberapa cabang filsafat yang perlu diketahui:

  • Epistemologi

Cabang filsafat yang pertama yaitu Epistemologi yang membahas mengenai pengetahuan. Beberapa pengetahuan yang masuk dalam satu lingkup epistimologi yaitu asal mula, validitas, metodologi, bentuk atau struktur. Secara bersama-sama, beberapa hal tersebut membentuk pengetahuan manusia.

  • Metafisika

Cabang filsafat yang selanjutnya yaitu metafisika. Cabang filsafat Metafisika ini membahas tentang sebuah proses analitis dari hakikat fundamental. Hal ini berhubungan dengan keberadaan dan realitas yang selalu menyertainya. Kajian yang dibahas dalam metafisika ini lebih berfokus pada keberadaan sifat-sifat, salah satunya seperti realitas yang sedang dikaji.

  • Logika

Logika merupakan bagian dari filsafat yang mempelajari tentang kecakapan dalam berpikir sesuai dengan nalar. Selain itu, cara berfikir secara logika ini juga lurus dan tepat.

  • Etika

Etika merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang norma atau aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika berperilaku di dalam masyarakat, etika inilah yang dijadikan sebagai pedoman, karena etika berhubungan dengan sifat baik dan buruk seseorang.

  • Estetika

Sesuai dengan artinya, Estetika merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang keindahan. Dengan kata lain, cabang filsafat ini membahas mengenai bagaimana keindahan dapat terbentuk. Pada filsafat ini, juga membahas bagaimana keindahan bisa dilihat dan dirasakan.

  • Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang mempelajari hakikat ilmu. Dengan kata lain, filsafat ilmu ini membahas bagaimana cara menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat ilmu. Selain itu, filsafat ilmu juga digunakan untuk mencari akar persoalan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan dari apa yang dipersoalkan.

Tujuan Filsafat

tujuan filsafat
www.maxmanroe.com

Keberadaan filsafat tidak hanya membantu dalam persoalan ilmu pengetahuan saja, namun filsafat juga membantu segala persoalan manusia di berbagai bidang kehidupan. Dengan berbagai pengertian filsafat tersebut, tentu saja filsafat memiliki berbagai tujuan. Nah, berikut ini tujuan-tujuan dari filsafat yang harus ketahui:

  • Dengan adanya filsafat bisa membantu manusia bisa memiliki pengetahuan yang lebih banyak. Selain itu, filsafat ini juga bisa menilai hal-hal di sekitarnya secara objektif.
  • Filsafat juga membuat manusia lebih bijaksana dalam menjalani berbagai cobaan kehidupan.
  • Filsafat juga membantu manusia agar bisa memiliki pandangan yang luas, sehingga bisa terhindar dari sifat egosentrisme.
  • Dengan adanya filsafat, manusia bisa berpikir sendiri, sehingga bisa memiliki pendapat sendiri. Selain itu, dengan adanya filsafat juga bisa membuat manusia bersikap kritis.
  • Dengan adanya filsafat, manusia semakin mudah mendalami unsur-unsur pokok ilmu. Baik mendalami dari segi sumber, hakikat, dan tujuan ilmu.
  • Dengan adanya filsafat, sejarah pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan bisa dipahami lebih mudah.
  • Dalam dunia kependidikan, filsafat membantu tenaga pengajar dan siswa bisa memiliki pedoman dalam mendalami suatu ilmu pengetahuan, sehingga bisa lebih mudah dalam membedakan persoalan ilmiah dan non-ilmiah.
  • Filsafat mendorong para ilmuwan agar bisa mendalami dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang ada.

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian filsafat, ciri-ciri pemikiran filsafat, cabang filsafat serta tujuannya. Dengan membaca ulasan ini, diharapkan Anda bisa lebih paham apa dan seperti apa filsafat itu. Semoga pengetahuan Anda bertambah dan bermanfaat.

READ  Sistem Pemerintahan Indonesia | Sejarah, Pengertian Dan Penjelasannya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.