Pengertian Wirausaha dan Wirausahawan dengan Ciri-Ciri dan Tujuan

Pengertian Wirausaha – Berwirausaha menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Bahkan banyak pula orang yang memiliki menjadi wirausaha dibandingkan dengan bekerja kantoran.

Tidak heran jika banyak pekerja kantoran yang resign dari perusahaan tempat ia bekerja dan membuka wirausahanya sendiri meskipun harus memulainya dari nol. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan dunia wirausaha, kali ini akan dibahas mengenai pengertian wirausaha, pengertian wirausahawan, ciri-ciri wirausaha dan tujuan wirausaha.

Hal ini berguna agar anda lebih memahami apa itu wirausaha, sehingga Anda bisa lebih mudah ketika ingin masuk ke dunia wirausaha.

Pengertian Wirausaha

pengertian wirausaha

Menurut bahasa pengertian wirausaha berasal dari dua kata yakni wira dan usaha. Wira berarti berani sedangkan usaha berarti usaha. Jadi bisa disimpulkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil risiko dan melihat peluang sebuah usaha.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan wirausaha. Bahkan dengan menjadi seorang wirausaha, Anda juga bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain. Saat ini pemerintah juga sangat mendukung setiap orang yang berani untuk berwirausaha.

Sebab, dengan berwirausaha secara tidak langsung hal ini turut mendukung perekonomian negara. Dengan demikian angka pengangguran secara otomatis juga turun.  Namun, dalam memulai dan menjalankan wirausaha tentunya tidak semudah apa yang dibayangkan.

Harus ada kehati-hatian dalam mengambil sikap, langkah maupun keputusan. Sebab, apabila salah satu langkah saja usaha yang dibuat bisa gagal.  Terlebih lagi untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Apalagi modal menjadi hal yang paling utama jika Anda ingin memulai berwirausaha.

Pengertian Wirausahawan

pengertian wirausahawan

Dari pengertian wirausaha di atas hampir sama dengan pengertian kewirausahaan. Yang memberdayakan antara wirausaha dan wirausahawan adalah objek atau pelaku yang melakukan wirausaha. Jadi, bisa dikatakan bahwa wirausahawan adalah pelaku yang berani untuk mengambil risiko dan melihat peluang usaha.

READ  Pengertian Moral : Tujuan, Fungsi dan Macam-Macamnya

Dalam menjalankan berbagai prosesnya, wirausaha mengombinasikan berbagai macam faktor reduksi seperti tenaga kerja, sumber daya alam, material dan peralatan lain yang dibutuhkan. Seorang wirausahawan juga dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi atau disebut dengan creative destruction yang akan menambah keterampilan kreativitas.

Ciri-Ciri Wirausaha

ciri ciri wirausaha

Wirausaha juga memiliki ciri-ciri khusus terlebih bagi wirausaha yang benar. Jadi, jika Anda ingin memulai sebuah usaha pastikan jenis wirausaha yang akan dibuat memang benar dan tidak menyalahi aturan. Berikut ini adalah ciri-ciri wirausaha yang baik dan benar.

  • Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif menjadi hal yang penting jika Anda ingin memulai sebuah wirausaha.  Berpikir positif ini sangat penting terutama bagi Anda yang akan mengambil keputusan dalam sebuah usaha.

Terlebih dalam berwirausaha peluang untuk gagal itu ada, hal inilah yang membuat banyak orang takut untuk memulai sebuah usaha. Padahal dengan berpikir positif secara tidak langsung rasa cemas ini akan berubah menjadi sikap optimis bahwa usaha yang dilakukan akan berhasil. Hal ini juga yang membuat anda akan jauh lebih semangat dalam menjalankan sebuah usaha.

  • Selalu Percaya Diri

Berpikir positif saja tidak cukup, namun Anda juga harus memiliki sikap yang berani dan penuh dengan percaya diri. Yakinlah bahwa usaha yang Anda dirikan sendiri ini bisa sukses. Dengan sikap percaya diri yang tinggi, hal ini bisa turut mendukung pekerjaan yang sedang dijalankan. Sehingga jiwa menjadi lebih termotivasi untuk mewujudkan sebuah usaha yang sukses.

  • Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan juga selalu berani untuk mengambil risiko. Sebab, risiko ini akan selalu ada pada setiap keputusan yang akan Anda ambil meskipun peluang risiko ini besar ataupun kecil. Beberapa risiko yang mungkin terjadi dalam dunia usaha adalah kecelakaan, kebakaran, kegagalan, dan juga munculnya kerugian.

Dalam menghadapi risiko, Anda juga harus tenang dan berusaha untuk mencari jalan keluar. Sebab, semakin tinggi dan besar usaha yang dibuat, maka risikonya juga akan semakin besar. Sama halnya dengan semakin tinggi dan besar sebuah usaha, maka keuntungannya juga akan semakin besar.

  • Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausahawan juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, apa jadinya jika anda mendirikan sebuah perusahaan namun tidak memiliki jiwa kepemimpinan sedikitpun. Bukankah usaha yang dijalankan tidak akan bisa berjalan? Sebab, ketika Anda berwirausaha, secara otomatis Anda akan menjadi seorang bos.

READ  9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak

Jika terjadi suatu masalah secara tiba-tiba, maka Anda yang harus sigap di depan dan menghadapi permasalahan tersebut. Anda juga harus memikirkan solusi untuk memecahkan masalah. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memimpin karyawan terutama dalam meningkatkan kinerjanya di perusahaan.

  • Selalu Menatap Masa Depan

Yang namanya enterpreneur sejati selalu berpikir untuk situasi yang akan datang. Misalnya tepat dalam mencari peluang untuk menciptakan usaha yang lebih sukses di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu, seorang wirausaha harus memiliki literasi yang kuat mengenai wawasannya sehingga ia dapat mengembangkan ide-ide baru di masa yang akan datang.

  • Berorientasi Pada Hasil

Menjadi wirausahawan itu berarti Anda harus selalu berorientasi pada setiap hasil yang didapatkan. Hal ini sangat penting, sebab dalam dunia usaha pasti akan ada hambatan yang membuat Anda bisa menyerah. Namun dari hambatan tersebut Anda juga akan merasa tertantang, sehingga hasil yang diinginkan bisa didapatkan sesuai dengan rencana.

Tujuan Wirausaha

tujuan wirausaha

Selain ciri-ciri dan pengertian wirausaha di atas, wirausaha juga memiliki tujuan yang sangat penting. Salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Mau tahu apa saja tujuannya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Memberikan Kesadaran Kepada Masyarakat Bahwa Wirausaha itu Penting dan Menjanjikan

Ketika ada seseorang yang menjadi wirausahawan kemudian ia sukses dengan usaha yang sudah dilakukan, maka secara otomatis masyarakat akan kepo dan ingin tahu mengapa bisa demikian.

Dari sinilah hati mereka mulai tergerak untuk ikut berwirausaha. Selain itu, masyarakat juga mulai kepo dengan mencari tahu apa saja tips dan trik agar wirausaha yang dilakukan ini sukses. Dari sinilah wirausaha memiliki tujuan untuk menyadarkan betapa penting dan menjanjikannya melakukan sebuah wirausaha.

READ  13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap

Membudayakan Perilaku, Sikap, Kemampuan dan Semangat Untuk Menjadi Wirausahawan

Setelah melihat orang lain sukses, masyarakat juga banyak belajar dari kesuksesan orang tersebut. Bahkan mereka juga akan mencoba berwirausaha dengan lebih semangat dan daya juang yang lebih gigih.

Fungsinya adalah mereka ingin mendapatkan keberhasilan dari usaha yang dijalankan. Hal ini berarti, dengan adanya wirausaha banyak orang yang mulai memiliki sikap semangat dan kemampuan untuk memulainya.

Dapat Memajukan dan Menyejahterakan Masyarakat

Menciptakan sebuah usaha secara tidak langsung Anda juga dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Mengapa? Sebab dari berwirausaha secara otomatis Anda akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang berada di wilayah perusahaan.

Sebagai contoh, Anda membuka pabrik kayu, maka Anda juga membutuhkan karyawan untuk membantu proses produksi. Dari ini masyarakat sekitar bisa ikut bergabung untuk membantu proses produksi usaha Anda.

Dengan demikian Anda turut membantu perekonomian masyarakat dan membuatnya menjadi lebih maju dan sejahtera. Satu lagi, dengan berwirausaha, Anda juga dapat turut membantu menurunkan jumlah pengangguran yang ada di Indonesia.

Meningkatkan Jumlah Wirausaha Dengan Kualitas yang Baik

Setiap usaha tentunya membutuhkan sumber daya manusia untuk membantu menjalankan usahanya. Nah, sumber daya ini tentunya tidak boleh sembarangan, namun harus diberdayakan sehingga dapat menghasilkan sumber daya yang berkualitas.

Saat sumber dayanya berkualitas, maka secara tidak langsung produk yang dihasilkan juga sama-sama akan berkualitas. Ketika Anda berhasil, bisa jadi sumber daya yang berkualitas juga membentuk usaha baru yang sama berkualitas. Dari sini mereka juga bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi wirausahawan? Bisnis ini tentunya sangat menjanjikan. Sudah banyak orang yang sukses dan menjadi kaya raya dengan menjalankan wirausaha. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba berwirausaha, tentunya Anda perlu tahu pengertian wirausaha, tujuan dan ciri-cirinya.

Semoga adanya informasi di atas turut membantu dan membuat Anda memiliki gambaran bagaimana caranya membangun sebuah usaha yang sukses.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.