42 Makanan Khas Jawa Barat Populer, Paling Enak dan Istimewa

Makanan Khas Jawa Barat – Berbicara tentang makanan khas, Jawa Barat adalah salah satu daerah yang menawarkan banyak sekali makanan khas untuk dicoba.

Jika Anda merupakan pecinta kuliner yang militan, maka tentu wajib bagi Anda untuk mencoba beberapa makanan khas yang ada di Jawa Barat untuk pengalaman wisata kuliner yang menarik.

Memang, sebenarnya selain urusan wisata kuliner, Jawa Barat juga masuk dalam salah satu destinasi wisata paling ramai di Indonesia.

Di daerah ini banyak sekali objek wisata terbaik yang berhasil menarik wisatawan dari mana saja. Tidak hanya dari dalam negeri, namun wisatawan juga banyak datang dari luar negeri.

Nah, kondisi inilah yang memunculkan beragam panganan khas dari Jawa Barat. Ada semacam simbiosis mutualisme dari Jawa Barat sebagai ikon wisata dan banyaknya makanan khas Jawa Barat, yakni kedua hal ini membuat Jawa Barat semakin ramai dan dikenal oleh masyarakat luas.

Kembali pada makanan khas dari Tanah Sunda ini, ada beberapa hal unik yang harus Anda ketahui sebelumnya.

Ya, salah satu ciri unik dari makanan khas Jawa Barat adalah rasanya yang pedas. Udara di Jawa Barat terkenal sejuk dan dingin sehingga membutuhkan makanan untuk menghangatkan badan. Nah, alasan inilah yang membuat makanan pedas begitu laku.

Selain itu, makanan di Jawa Barat terkenal dengan kreativitas dalam membuatnya. Banyak jenis makanan yang dihasilkan dengan bahan yang sama dan sederhana. Nah, Anda penasaran bukan dengan aneka makanan khas Jawa Barat tersebut? Simak beberapa ulasan selengkapnya di bawah ini!

Daftar Makanan Khas Jawa Barat 

makanan khas jawa barat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Jawa Barat yang tersedia dan bisa Anda jadikan incaran untuk memenuhi hasrat wisata kuliner Anda. Apa saja ragam makanan khas tersebut? Kita akan membahasnya di bawah ini.

Cireng

cireng
sajiansedap.grid.id

Cireng adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah masuk kelas nasional. Nama makanan ini sebenarnya berasal dari singkatan aci goreng atau aci yang digoreng.

Dari nama tersebut, bisa dilihat bahwa bahan utama cireng adalah tepung aci. Selain itu, dari namanya, kita juga tahu bagaimana cara pembuatannya, yakni digoreng.

Hal ini penting karena ada cara masak aci lainnya yang nanti akan mengubah nama makanan tersebut. Sebagaimana disinggung di awal bahwa makanan khas Jawa Barat sering menggunakan satu bahan dan berbeda-beda namanya.

Nah, salah satu makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan campuran tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang dan lainnya.

Sekilas, bahan tersebut cukup sederhana dan cara pembuatannya pun mudah. Namun, jika tidak hati-hati, rasa cireng yang Anda buat bisa saja hanya kenyal dan hambar.

Hayam Bakakak

Hayam Bakakak
mediabogor.com

Nama makanan khas Jawa Barat ini memang cukup unik. Namun, sebenarnya olahan ini adalah ayam yang dimasak dengan cara dipanggang. Penamaan dengan bahasa Sunda saja yang membuat olahan ini tampak unik dan membingungkan.

Nah, sebenarnya hayam bakakak sama dengan ayam panggang pada umumnya. Namun, apa yang membedakan makanan khas Jawa Barat ini dengan lainnya adalah bumbu khas Sunda yang diberikan. Penggunaan bumbu khusus ini akan memberikan rasa ayam panggang yang begitu istimewa dan nikmat di lidah.

Selain itu, bila ayam panggang biasanya dibuat dengan ayam yang sudah dipotong-potong, maka makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan ayam yang utuh. Nah, dalam penyajiannya, ayam disajikan dengan sambal merah atau hijau yang disebut juga dengan sambal beledug.

Kerupuk Melarat

kerupuk melarat
www.indonesiakaya.com

Salah satu makanan khas Jawa Barat ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat. Memang, jika dilihat dari namanya, makanan khas ini memiliki nama yang unik dan cenderung kasihan karena arti melarat adalah miskin.

Kerupuk unik ini disebut melarat karena dibuat dengan bahan yang sangat sederhana, yakni tepung aci atau tapioka. Selain itu, untuk memasaknya, kerupuk ini tidak digoreng melainkan disangrai dengan pasir yang sudah dipanaskan. Hal inilah yang membuat makanan khas Jawa Barat ini disebut kerupuk melarat.

Namun, meskipun dibuat dengan bahan dan cara memasak yang sangat sederhana, rasa kerupuk ini begitu khas dan renyah.

Bahkan, kerupuk melarat menghiasi etalase tempat penjualan oleh-oleh sebagai salah satu oleh-oleh menarik dari Jawa Barat.

Sega Lengko

sega lengko
cookpad.com

Pilihan makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah sega lengko atau nasi lengko. Makanan khas ini dulunya banyak ditemukan di daerah Cirebon dan juga Indramayu.

Namun, sekarang, menu ini sudah banyak ditemukan di daerah lain di Jawa Barat, bahkan hingga ke luar provinsi.

Apa yang menarik dari makanan khas Jawa Barat ini adalah campuran bahan yang digunakan. Nasi lengko dibuat dengan mencampurkan nasi putih dengan beberapa tambahan seperti tahu goreng, tempe goreng, mentimun, daun kucai, taoge, bawang goreng dan ditambahkan bumbu kacang serta kecap manis encer.

Dilihat dari komposisinya, nasi lengko adalah makanan tradisional yang cukup simpel. Namun, rasa sajian makanan khas Jawa Barat ini sangat lezat dan kaya akan protein.

Menu ini cocok untuk menikmati makan siang Anda bersama rekan atau keluarga.

Cumi Hideung

cumi hideung
www.gotravelly.com

Untuk Anda yang suka dengan olahan seafood, cumi hideung menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang perlu Anda coba. Makanan khas ini mungkin belum terlalu populer dan masih sedikit orang yang tahu. Padahal, rasa olahan ini begitu nikmat dan menggugah selera.

Seperti namanya, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan cumi. Hideung dalam bahasa Indonesia berarti hitam sehingga bisa dipahami bahwa masakan ini berasal dari cumi yang dimasak sekaligus dengan tintanya hingga terlihat hitam.

Meskipun secara penampilan mungkin kurang menarik karena warnanya yang cenderung pekat, namun makanan khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang istimewa lezat. Makanan ini bisa dijadikan lauk untuk makan siang atau bahkan dimakan langsung tanpa nasi.

Karedok

karedok
www.primarasa.co.id

Karedok adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat yang juga sangat populer. Makanan khas ini berisi sayur-sayuran mentah dan sangat cocok untuk Anda yang ingin mengkonsumsi makanan sehat. Secara sekilas, karedok mirip dengan gado-gado karena keduanya menggunakan sayuran dan disiram dengan bumbu kacang yang pedas.

Namun, apa yang membedakannya adalah karedok menggunakan sayuran mentah sedangkan gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus.

Nah, beberapa jenis sayuran yang digunakan untuk membuat menu karedok adalah kacang panjang, terong bulat, kol, taoge, mentimun dan juga daun kemangi.

Sedangkan untuk bumbunya, makanan khas Jawa Barat ini menggunakan cabai, kencur, bawang putih, kacang tanah goreng, asam, gula jawa, garam dan terasi. Dengan campuran bahan tersebut, akan tercipta bumbu karedok yang pedas, asam dan juga manis.

Empal Gentong

empal gentong
www.batiqa.com

Empal gentong masuk dalam salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat.

Di Jawa Barat, menu makanan khas ini dulunya berasal dari daerah Cirebon. Namun, kini empal gentong sudah banyak ditemukan di daerah lain, bahkan di luar Jawa Barat dan digunakan sebagai pilihan menu dalam acara pernikahan.

Asal nama makanan khas Jawa Barat ini adalah adanya gentong yang digunakan untuk menampung kuah dari empal. Penggunaan gentong inilah yang menjadi awal penamaan menu empal gentong.

Jika dilihat sekilas, empal gentong mirip dengan gulai namun memiliki kuah lebih bening dan rasa yang tidak terlalu pedas.

Selain itu, untuk bahan utama, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan daging sapi, babat serta usus. Semua bahan tersebut dimasak sedemikian rupa dan disajikan dengan lontong serta tambahan sambal.

Batagor dan Siomay

batagor dan siomay
Batagor dan Siomay

Siapa yang tidak kenal dengan kedua makanan ini? Batagor dan siomay adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal hingga ke luar Jawa Barat.

Di kota Anda masing-masing, pasti Anda pernah menemukan penjual batagor atau siomay dengan tagline khas Bandung atau Jawa Barat, bukan?

Nah, pada awalnya, makanan ini memang berasal dari Jawa Barat. Memiliki rasa yang nikmat, menu ini banyak dikenal di berbagai kalangan masyarakat hingga akhirnya menyebar ke lain provinsi.

Kedua makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan yang sebenarnya mirip. Hanya saja, perbedaan mendasar adalah batagor digoreng sedangkan siomay direbus dan memiliki variasi menu yang lebih banyak. Sajian ini disajikan dengan guyuran sambal kacang dan kecap yang membuatnya begitu nikmat.

Comro dan Misro

comro dan misro
www.kabarsidia.com

Salah satu makanan khas Jawa Barat yang bisa dikatakan cukup unik adalah comro dan misro. Kedua makanan ini seolah seperti pasangan yang disajikan bersama-sama.

Parutan singkong menjadi bahan utama dari panganan ini sehingga bisa dikatakan comro dan misro.

Yang membedakan makanan ini –yang tampak serasi, adalah isi dari makanan tersebut. Misro adalah makanan khas Jawa Barat yang diisi dengan sambal oncom, sedangkan misro diisi dengan gula merah sehingga rasanya cenderung manis. Nah, baik misro ataupun comro kemudian disajikan dengan cara digoreng.

Kedua jenis makanan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat. Biasanya, comro dan misro dihidangkan untuk camilan di sore hari ditemani dengan secangkir kopi atau segelas teh hangat.

Surabi

surabi
m.republika.co.id

Jika Solo punya serabi, maka Jawa Barat punya Surabi. Ya, surabi adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang biasanya dijual di pusat keramaian.

Menu makanan ini menjadi jajanan khas yang biasanya diburu masyarakat untuk dihidangkan untuk acara tertentu atau sekadar untuk menemani waktu minum teh.

Memiliki rasa yang khas dan nikmat, tak jarang jika makanan khas Jawa Barat ini begitu digemari masyarakat.

Nah, di pasaran, ada dua jenis surabi yang dijajakan, yakni surabi manis dan asin. Surabi manis disajikan dengan tambahan kinca gula merah, di mana dibuat dengan campuran gula pasir, gula merah, santan dan pandan.

Sedangkan surabi asin disajikan dengan tambahan sambal oncom yang khas di atasnya. Selain rasanya yang nikmat, kue surabi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga diburu masyarakat.

Gepuk

gepuk
style.tribunnews.com

Pernahkah Anda mendengar nama makanan yang satu ini? Ya, jika dilihat dari namanya, makanan khas Jawa Barat ini memang sangat unik.

Gepuk adalah makanan khas yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi. Dalam penyajiannya, gepuk memiliki rasa yang agak manis dan sangat gurih.

Hal ini tidak lepas dari cara memasak makanan khas Jawa Barat tersebut. Dalam proses memasaknya, daging sapi yang sudah diiris akan direbus setengah matang dan dipukul –atau di-gepuk, hingga seratnya hancur dan menjadi lembut.

Nah, proses setelahnya adalah daging yang sudah lembut direndam dengan bumbu yang dicampur santan.

Setelah itu, daging direbus dalam waktu tertentu hingga santan mengering. Proses panjang inilah yang menghasilkan rasa gepuk begitu lembut dan nikmat. Biasanya, gepuk akan disajikan dengan nasi hangat dan tambahan sambal.

Tahu Jablay

tahu jablay
resepnusantara.id

Tahu jablay adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang mulai jarang ditemukan. Awalnya, daya tarik dari makanan ini adalah dari namanya yang cukup unik dan membuat penasaran.

Hanya saja, karena munculnya banyak makanan yang lain, peredaran makanan ini mulai terbatas. Namun, Anda masih bisa menemukan makanan ini di beberapa tempat di Jawa Barat.

Seperti namanya, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan baku tahu putih. Tahu tersebut diiris dadu kemudian diberikan bumbu khusus dan digoreng.

Setelah itu, tahu akan diberikan saus khusus yang membuat rasanya menjadi pedas dan gurih. Biasanya, tahu jablay dijual di pinggir sekolah atau pusat keramaian. Harganya pun cukup murah karena satu porsi tahu jablay hanya dijual dengan harga Rp. 3.000 saja.

Peuyeum

peuyeum
travel.tribunnews.com

Siapa yang tidak kenal peuyeum. Salah satu kuliner khas Jawa Barat ini bahkan sudah menjadi ikon di Jawa Barat dan menjadi pilihan pertama oleh-oleh yang dibeli saat berwisata ke Jawa Barat. Ya, ada banyak penjual peuyeum –atau tapai, yang menjajakan dagangannya di berbagai lokasi di Jawa Barat.

Peuyeum dibuat dengan dua bahan yang berbeda, yakni singkong yang disebut peuyeum sampeu dan beras ketan yang disebut peuyeum ketan. Kedua peuyeum tersebut memiliki rasa yang begitu nikmat, lezat dan cenderung manis.

Rasa nikmat pada makanan khas Jawa Barat ini tidak lepas dari proses panjang dalam pembuatannya. Bahan utama pembuatan peuyeum tersebut diproses fermentasi selama beberapa waktu. Proses ini akan menghasilkan peuyeum yang lembut di lidah dan bisa disajikan sebagai teman menikmati teh hangat.

Colenak

colenak
Colenak

Colenak adalah makanan yang unik dari segi nama dan memiliki rasa yang begitu nikmat.

Kepanjangan dari colenak adalah dicocol enak. Nah, panganan satu ini seringkali disajikan untuk hajatan atau sekadar untuk teman saat bersantai bersama keluarga.

Makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan dasar tapai singkong yang dibakar. Setelah itu, tapai yang sudah masak disajikan dengan saus gula jawa yang sudah dicampur dengan parutan kelapa muda. Seperti namanya, cara menikmati colenak adalah dengan dicocol.

Bisa dikatakan bahwa makanan ini begitu simple dan sederhana. Selain nikmat, harga dari colenak juga cukup murah dan banyak tersedia di pusat keramaian di sudut kota di Jawa Barat.

Kupat tahu

kupat tahu
Kupat tahu

Kupat tahu memang merupakan salah satu makanan yang cukup sering ditemukan di berbagai daerah, bahkan di luar Jawa Barat. Namun, kupat tahu tetap masuk menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat digemari. Ya, hal ini dikarenakan di Jawa Barat terdapat menu khusus, yakni kupat tahu Padalarang.

Seperti namanya, kupat tahu ini cenderung ditemukan di daerah Padalarang dan memiliki ciri khas yang berbeda daripada kupat tahu pada umumnya.

Jika pada umumnya kupat tahu menggunakan bumbu kacang yang begitu kental, makanan khas Jawa Barat ini menggunakan bumbu yang lebih encer dengan aroma gurih dan manis.

Namun, secara umum, makanan khas Jawa Barat ini menggunakan bahan-bahan yang mirip dengan kupat tahu pada umumnya. Beberapa bahan yang digunakan adalah ketupat atau lontong, taoge dan juga tahu. Biasanya, makanan ini cocok untuk menu makan siang Anda.

Tutug Oncom

Tutug Oncom
Tutug Oncom

Tutug Oncom atau sering disebut TO merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Hal ini dikarenakan TO sangat jarang ditemukan di daerah lain di luar Jawa Barat.

Nah, makanan ini berasal dari Tasikmalaya dan sangat terkenal sebagai makanan tradisional yang cukup sederhana. Tutug oncom dibuat dengan menggunakan bahan dasar nasi yang diaduk dengan oncom yang sudah digoreng ataupun dibakar.

Dalam penyajiannya, makanan khas Jawa Barat ini disajikan dengan beberapa pelengkap, seperti tahu dan tempe goreng, ikan asin, sambal, mentimun dan tomat. Menikmati TO sebagai menu makan siang adalah salah satu ide kuliner yang sangat menarik.

Bakso Goreng

bakso goreng
makanan khas jawa barat

Anda mungkin sudah sangat sering menemukan bakso goreng di tempat Anda sendiri. Namun, menu makanan ini masuk dalam daftar kuliner khas Jawa Barat yang perlu diketahui. Ya, ada keunikan sendiri dari bakso goreng yang dibuat di Jawa Barat tersebut.

Salah satu keunikan makanan ini adalah bakso diiris dengan cukup tipis. Dengan irisan berukuran khusus ini, kerenyahan bakso goreng akan sangat terasa. Selain itu, bahan bakso menggunakan daging sehingga rasanya makanan khas Jawa Barat ini pun begitu nikmat untuk camilan.

Nah, hal menarik lainnya adalah bakso goreng khas Jawa Barat ini dilengkapi dengan bumbu. Anda bisa memilih beberapa jenis rasa bumbu tabur yang disediakan, seperti keju, balado, pedas dan lainnya untuk menikmati bakso goreng dengan lebih lahap.

Lotek

lotek
makanan khas jawa barat

Salah satu makanan khas Jawa Barat ini memang sudah sangat terkenal di banyak daerah, termasuk di luar Jawa Barat. Secara umum, lotek memiliki kemiripan dengan pecel yang berasal dari Jawa Timur. Kedua makanan ini menggunakan sayuran segar sebagai bahan utama di mana nantinya akan disiram dengan sambal bercampur bumbu kacang.

Namun, lotek cenderung lebih lengkap daripada pecel. Saat proses pembuatan lotek, ada beberapa bahan lain yang ditambahkan –yang tidak ada pada pecel, yaitu tempe, gula merah, bawang putih dan terasi. Tambahan tersebut akan membuat rasa lotek menjadi lebih nikmat.

Selain itu, rasa lotek juga cenderung lebih manis daripada pecel. Nah, makanan khas Jawa Barat ini cocok disajikan dengan lontong atau nasi hangat sebagai alternative menu makan siang.

Perkedel Bondon

perkedel bondon
makanan khas jawa barat

Siapa yang tidak kenal dengan perkedel? Ya, makanan ini sudah sangat terkenal karena memiliki rasa yang nikmat. Namun, di Jawa Barat, Anda akan menemukan variasi perkedel yang unik, namanya adalah perkedel Bondon. Ini merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat.

Meskipun sama-sama dibuat dari bahan dasar singkong, perkedel Bondon dibuat dengan bumbu Sunda yang khas untuk memberikan rasa yang begitu lezat. Selain itu, cara memasak makanan khas Jawa Barat ini cukup unik karena harus menggunakan arang atau kayu bakar agar kematangan perkedel lebih menyeluruh.

Biasanya, perkedel Bondon dijadikan lauk dan disantap hanya dengan nasi putih dan sambal. Namun, beberapa masyarakat terkadang juga menambahkan perkedel Bondon saat menyantap soto.

Combro

combro
id.tastemade.com

Combro masuk dalam daftar makanan khas Jawa Barat yang perlu Anda kenal. Makanan khas ini seringkali disebut dengan nama gemet dan sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Bahan dasar untuk membuat makanan khas Jawa Barat ini adalah singkong yang diparut lalu diisi dengan sambal oncom dan dibentuk menjadi bulatan. Setelah itu, adonan digoreng hingga matang lalu siap disantap.

Perlu diketahui bahwa combro sebenarnya adalah singkatan dari oncom ndek njero atau ada oncom di bagian dalam. Nah, jika Anda sedang berada di Jawa Barat dan perlu camilan untuk teman minum kopi, combro bisa menjadi alternatif yang tepat.

Doclang

doclang
Doclang

Nama makanan khas Jawa Barat ini memang sangat unik dan mungkin Anda baru pertama kali mendengarnya. Nah, makanan ini sangat populer di Jawa Barat karena rasanya yang cukup nikmat dan harganya yang bisa dikatakan cukup terjangkau.

Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar ketupat, tahu, kentang, telur dan disiram dengan bumbu kacang yang khas. Selain itu, ketupat yang digunakan juga merupakan ketupat khusus yang dibuat dengan daun patat sebagai pembungkusnya.

Secara sekilas mungkin makanan khas Jawa Barat ini tampak seperti batagor. Namun, rasa doclang cenderung lebih pedas daripada batagor. Nah, di Jawa Barat, makanan ini cukup mudah ditemukan di beberapa pusat keramaian, terutama di malam hari. Satu porsi doclang hanya dijual dengan harga Rp. 8.000an saja.

Taoge Goreng

taoge goreng
Taoge Goreng

Pernahkah Anda membayangkan menyantap makanan di mana taoge hadir sebagai main course menu tersebut? Nah, jika penasaran, Anda wajib mencoba makanan khas Jawa Barat yang satu ini. Ya, di Jawa Barat, Anda akan menemukan sajian unik dengan bahan dasar taoge yang mungkin tidak akan Anda temukan di daerah lain.

Meskipun menu ini bernama taoge goreng, namun sebenarnya taoge tersebut dimasak dengan cara direbus. Kata ‘goreng’ yang digunakan dalam penamaan makanan khas Jawa Barat ini mungkin berarti kering atau tidak berkuah.

Nah, dalam penyajiannya, taoge yang sangat banyak tersebut dicampur dengan mi rebus dan ketupat. Setelah itu, di atas campuran bahan tersebut diberikan kuah oncom yang begitu nikmat. Menu sederhana ini menjadi primadona terutama bagi para pecinta kuliner unik nusantara.

Gehu

gehu
Gehu

Pernahkah Anda mendengar nama makanan yang satu ini? Nah, gehu adalah salah satu makanan yang sangat terkenal dan dianggap sebagai camilan nikmat dengan harga yang sangat merakyat.

Gehu dibuat dengan bahan utama tahu. Tahu tersebut diiris dengan bentuk segitiga dan berukuran cukup besar. Setelah itu, di dalam tahu diberikan isi berupa sayuran seperti kol dan wortel yang kemudian ditambahkan bihun. Bahkan, makanan khas Jawa Barat juga diisi dengan gilingan cabai untuk rasa yang lebih pedas.

Nah, kemudian, gehu digoreng setelah di lumuri dengan adonan tepung. Biasanya, gehu hanya dijual dengan harga Rp. 1.000 hingga Rp. 3.000 saja per buah. Sangat terjangkau, bukan?

Bala-Bala

bala bala
sajiansedap.grid.id

Bala-bala sebenarnya merupakan nama lain dari bakwan. Tentu, Anda sudah sangat familiar dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Namun, ada beberapa perbedaan dari bala-bala yang menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat ini daripada bakwan pada umumnya.

Secara umum, baik bala-bala ataupun bakwan menggunakan tepung terigu dan campuran sayuran untuk bahan utama. Namun, dalam hal ini, bala-bala menggunakan sayuran yang lebih banyak jumlahnya daripada bakwan biasa. Selain itu, makanan khas Jawa Barat ini memiliki bentuk yang lebih pipih daripada bakwan.

Bentuknya yang berbeda membuat bala-bala terasa lebih renyah daripada bakwan biasa. Nah, menyantap salah satu makanan khas Jawa Barat ini dengan ditemani segelas teh hangat di sore hari adalah salah satu kenikmatan hakiki yang bisa Anda rasakan!

Cimol

cimol
www.merdeka.com

Camilan khas Jawa Barat ini memang sangat terkenal bahkan di luar Jawa Barat. Nah, salah satu kuliner khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan dasar tepung kanji atau aci. Perlu diketahui bahwa nama cimol merupakan singkatan dari aci digemol atau aci yang dibentuk menjadi bulat-bulat.

Bahan aci tersebut dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti tepung beras, tepung terigu, baking powder, merica dan garam. Nah, biasanya, cimol memiliki beberapa isi yang berbeda. Seringkali cimol diisi dengan adonan telur atau kini ada juga cimol dengan isi keju dan messes.

Dalam variasinya, makanan khas Jawa Barat dibedakan menjadi 3 jenis, yakni cimol kering, cimol basah dan cimol goreng. Cimol kering memiliki permukaan yang lebih keras dan biasanya disajikan dengan bumbu bubuk. Sedangkan cimol basah disajikan dengan saus biasa. Untuk cimol goreng, cimol basah akan digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan.

Tahu Kuningan

tahu kuningan
www.indonesiakaya.com

Untuk Anda yang suka dengan olahan tahu, maka makanan khas Jawa Barat ini wajib Anda coba. Memang, secara umum, menu tahu ini tampak seperti menu tahu goreng biasanya. Namun, ada perbedaan yang cukup signifikan dari tahu goreng biasa dan tahu Kuningan khas Jawa Barat ini.

Apa yang berbeda dari makanan khas Jawa Barat ini adalah tekstur tahu yang cenderung lebih padat daripada jenis tahu lainnya. Selain itu, rasa tahu Kuningan juga lebih gurih dan nikmat. Nah, di Jawa Barat, tahu Kuningan biasanya dijadikan camilan yang dilengkapi dengan cabai rawit atau sambal.

Namun, seringkali, tahu Kuningan juga dijadikan lauk biasa. Nah, untuk yang penasaran, makanan khas Jawa Barat ini biasanya dijajakan di tepian keramaian, terutama di sore dan malam hari.

Opak

opak
Opak

Pernah nonton drama Keluarga Cemara? Nah, pasti Anda pernah mendengar nama makanan ini, bukan? Ya, opak adalah kerupuk yang dijual oleh tokoh dalam drama tersebut. Makanan ini masuk dalam daftar makanan khas Jawa Barat yang sangat tradisional dan sudah melintasi banyak generasi.

Jika dilihat sekilas, opak mungkin mirip dengan kerupuk lainnya. Kerupuk ini dibuat dengan bahan utama tepung beras dan tepung ketan. Dibuat dengan cukup tipis, opak memiliki rasa renyah dan begitu gurih saat disantap. Saat ini, opak bisa dikatakan cukup jarang ditemukan. Namun, Anda masih bisa menemukan makanan khas Jawa Barat ini di beberapa penjual oleh-oleh khas karena sudah menjadi simbol kuliner khas Jawa Barat.

Sate Maranggi

sate maranggi
cookpad.com

Suka dengan menu sate? Nah, sate Maranggi adalah salah satu makanan Jawa Barat yang harus Anda coba. Sate ini merupakan menu khas yang dulunya berasal dari Ciamis. Namun, dalam perkembangannya, jenis sate ini mulai menyebar ke daerah lain, bahkan hingga ke luar Jawa Barat.

Nah, apa yang menarik dari makanan khas Jawa Barat ini adalah bahan utama yang digunakan. Sate ini menggunakan bahan dasar berupa daging kerbau. Daging kerbau tersebut dicampur dengan bumbu seperti ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, kecap manis dan cuka lahang.

Dengan direndam beberapa bumbu tersebut, rasa sate Maranggi akan sangat nikmat. Selain itu, saat penyajian, makanan khas Jawa Barat ini dilengkapi dengan potongan lontong atau nasi timbel. Meni ini cocok untuk menu makan malam yang sangat nikmat.

Rengginang

rengginang
www.dapurocha.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas satu ini? Ya, rengginang adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal. Makanan khas dan tradisional ini sudah ada sejak berpuluh tahun lalu dan masih ada hingga sekarang.

Kerupuk ini dibuat dengan bahan dasar ketan. Ketan tersebut diolah sedemikian rupa dengan tambahan beberapa bumbu khusus. Setelah itu, rengginang dibentuk bulat-bulat dan dijemur hingga kering di bawah sinar matahari.

Setelah benar-benar kering, makanan khas Jawa Barat ini akan digoreng hingga matang. Nah, biasanya, rengginang dijadikan sebagai camilan, terutama untuk menemani waktu santai bersama keluarga saat menonton TV atau bercengkrama.

Ubi Cilembu

ubi cilembu
Ubi Cilembu

Pergi ke Jawa Barat tidak akan lengkap tanpa membeli ubi Cilembu. Ya, ubi Cilembu adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah menjadi ikon di Jawa Barat. Jika dilihat sekilas, tampak jenis ubi ini sama dengan ubi jalar pada umumnya.

Namun, ketika Anda menyantap ubi ini, maka Anda akan mengetahui perbedaan ubi Cilembu dengan jenis ubi jalar lainnya. Ya, ubi ini memiliki rasa manis yang khas layaknya seperti madu. Rasa manis inilah yang membuat ubi Cilembu diburu oleh para wisatawan yang datang.

Selain itu, makanan khas Jawa Barat ini diolah dengan cara di oven. Penggunaan oven sebagai media masak membuat rasa asli ubi tidak hilang dan kematangan ubi bisa lebih sempurna. Nah, biasanya, ubi Cilmebu tersedia di pusat-pusat keramaian, terutama objek wisata.

Tahu Sumedang

tahu sumedang
www.pegipegi.com

Tampaknya, olahan tahu ini sangat terkenal dan sudah familiar di kalangan masyarakat. Ya, tahu Sumedang adalah salah satu jenis olahan tahu yang sudah tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi salah satu camilan yang nikmat.

Seperti namanya, makanan khas Jawa Barat ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Menu tahu ini memiliki bentuk kotak kecil dan kopong alias tidak ada isinya. Meskipun tampak sangat sederhana, rasa dari tahu Sumedang ini begitu gurih dan nikmat.

Selain itu, untuk penyajiannya, tahu Sumedang biasanya disantap dengan lalapan cabai rawit atau dicocol pada sambal. Nah, harga tahu Sumedang ini cukup terjangkau dan banyak dijual di tepian jalan, terutama di sore hari.

Tahu Susu Lembang

tahu susu lembang
www.indonesiakaya.com

Tahu susu Lembang juga masuk dalam daftar makanan khas Jawa Barat yang perlu Anda ketahui. Nah, makanan ini termasuk olahan tahu yang sangat terkenal dan disukai oleh masyarakat sekitar.

Jika dilihat sekilas, menu tahu ini tidak beda dengan tahu goreng pada umumnya yang digoreng cukup kering lalu dihidangkan dengan cabai atau sambal. Namun, tahu susu memiliki isi yang lebih padat di dalamnya serta lebih lembut.

Nah, tekstur yang berbeda ini didapatkan dari tambahan susu dalam proses pembuatan tahu. Salah satu makanan khas Jawa Barat ini mulai muncul pada tahun 2008 yang lalu dan kini menjadi salah satu idola di kalangan masyarakat Jawa Barat. Anda bisa membeli tahu susu dalam bentuk mentah dan menggorengnya di rumah.

Tahu Gejrot

tahu gejrot
bukalapak.com

Awalnya, tahu gejrot banyak ditemukan di daerah Cirebon. Nah, karena hal inilah tahu gejrot masuk dalam salah satu makanan khas Jawa Barat yang begitu nikmat dan digemari oleh masyarakat sekitar. Selain karena rasanya, harga makanan ini juga cukup terjangkau.

Seperti namanya, tahu gejrot dibuat dengan bahan utama tahu dengan tekstur yang tebal dan berisi. Setelah itu, tahu akan dicampur dengan menggunakan kuah asam pedas yang membuat sajian ini menggugah selera. Jika Anda pecinta kuliner pedas, maka menu satu ini harus Anda coba!

Roti Unyil

roti unyil
Roti Unyil

Pernahkah Anda mendengar jenis roti yang satu ini? Nah, roti unyil merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang kini cukup terkenal. Disebut roti unyil karena bentuk dan ukurannya yang cenderung mini. Bahkan, roti ini juga disebut sebagai roti sekali lahap karena bisa habis hanya dalam satu kali makan saja.

Namun, meskipun memiliki ukuran yang kecil, rasa roti unyil tidak perlu diragukan lagi. Anda yang suka dengan olahan roti pasti akan menyukai makanan khas Jawa Barat karena memberikan rasa gurih yang begitu terasa.

Selain itu, dalam perkembangannya, roti unyil hadir dalam beberapa rasa yang berbeda selain rasa original.

Beberapa rasa yang muncul adalah rasa ayam asap, roti jagung, smoke beef keju, cokelat negro dan lainnya. Adanya banyak rasa tersebut tentu akan membuat Anda semakin leluasa memilih menu roti unyil sesuai kesukaan.

Soto Kuning

soto kuning
caramembuat123.blogspot.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Barat, tidak ada salahnya jika Anda mencoba makanan khas Jawa Barat satu ini. Soto kuning adalah salah satu makanan khas yang begitu menjadi idola masyarakat Jawa Barat.

Dari namanya saja Anda pasti tahu bahwa apa yang menarik dari makanan ini adalah warna kuahnya yang kuning. Ya, kuah makanan khas Jawa Barat ini memang berbeda dengan soto biasa yang cenderung bening. Dalam pembuatannya, kuah soto ditambah dengan kunyit.

Selain itu, untuk isi, soto ini menggunakan daging ayam, limpa, babat dan daging sapi. Awalnya, soto kuning muncul di kawasan Bogor. Namun, saat ini, makanan khas Jawa Barat ini sudah banyak tersedia di banyak tempat di Jawa Barat.

Lontong Kari

lontong kari
www.satyawinnie.com

Jika lontong biasanya dicampur dengan bumbu kacang, maka lontong kari adalah suatu pembeda. Ya, kuliner khas Jawa Barat ini cukup unik karena menggunakan bumbu kari sebagai kuah lontong.

Rasa kari yang cukup pedas bercampur lontong, daging sapi atau ayam, kedelai goreng, bawang goreng dan telur rebus menciptakan panganan yang begitu nikmat. Nah, makanan khas Jawa Barat ini cukup banyak tersedia di kawasan Bandung. Biasanya, lontong kari dijadikan menu makan siang yang istimewa.

Nasi Jamblang Daun Jati

nasi jamblang daun jati
travelingyuk.com

Menu makanan ini akan membawa Anda pada sensasi tradisional dalam menikmati sajian kuliner. Bagaimana tidak, menu nasi yang akan Anda santap dibungkus daun jati yang mungkin sudah sangat jarang ditemukan saat ini.

Ya, nasi jamblang adalah kuliner istimewa di Jawa Barat. Tidak hanya cara membungkusnya yang tradisional, detail menu nasi ini pun juga tradisional. Dalam bungkus daun jati tersebut Anda akan menemukan paduan nasi putih, tahu, tempe dan sambal. Konon, menu nasi ini muncul pertama kali pada saat zaman kerja rodi.

Dodol Garut

dodol garut
www.tokopedia.com

Tidak afdol rasanya jika pergi ke Jawa Barat tanpa membeli dodol Garut. Panganan ini adalah salah satu makanan Jawa Barat yang sangat terkenal dan menjadi ikon kuliner di Jawa Barat.

Seperti namanya, dodol ini pertama kali muncul di daerah Garut. Namun, kini dodol Garut sudah tersedia di banyak tempat. Nah, dodol dibuat dengan bahan dasar tepung ketan, parutan kelapa dan gula merah. Rasa dodol yang begitu manis cocok untuk camilan di siang hari.

Geco

geco
merahputih.com

Pernahkah Anda mendengar nama makanan khas Jawa Barat ini sebelumnya? Geco adalah makanan unik yang wajib Anda coba saat berlibur ke Jawa Barat. Sebenarnya, nama makanan ini adalah singkatan dari taoge dan tauco.

Tauco merupakan bumbu khas yang berasal dari daerah Cianjur. Bumbu ini dibuat dengan bahan dasar biji kedelai yang melalui proses fermentasi sehingga rasanya begitu khas. Nah, dalam penyajiannya, geco akan disajikan dengan tambahan seperti kentang, telur, ketupat dan juga tahu.

Seblak

seblak
tribunnews.com

Seblak adalah makanan Jawa Barat yang sangat lezat dan populer hingga ke luar daerah. Makanan satu ini menawarkan rasa pedas yang begitu terasa hingga siapa yang memakannya seolah seperti diseblak.

Sebenarnya, di awal kemunculan, seblak dibuat dengan bahan dasar kerupuk sapi yang diberi beberapa bumbu. Namun, kini kebanyakan seblak dibuat dengan bahan kerupuk udang dengan campuran sosis, kornet, ceker ayam dan lainnya. Untuk diperhatikan, jika Anda tidak kuat rasa pedas, maka jangan mencobanya!

Dorokdok

dorokdok
travelingyuk.com

Nama makanan ini sangat unik. Namun, dorokdok di Jawa Barat cukup dikenal. Nah, makanan ini sebenarnya adalah kerupuk kulit. Apa yang menarik dari kerupuk ini adalah bahan dasarnya yang menggunakan kulit kerbau.

Dibuat dengan bentuk memanjang, sekilas dorokdok seperti rambak pada umumnya. Namun, dorokdok memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Tentu, harga dorokdok juga lebih mahal dibandingkan dengan kerupuk atau rambak pada umumnya. Biasanya, makanan khas Jawa Barat ini tersedia di berbagai pusat oleh-oleh.

Chocodot

chocodot
Chocodot

Suka dengan olahan cokelat? Nah, ada baiknya jika Anda mencoba salah satu makanan khas Jawa Barat yang satu ini. Ya, chocodot adalah salah satu inovasi yang cukup menarik yang muncul di masyarakat Jawa Barat.

Makanan khas ini sebenarnya merupakan campuran dari bahan cokelat dan dodol. Nama chocodot sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari chocolate with dodol garut. Uniknya, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bentuk bakpao berukuran kecil.

Nah, hingga saat ini, chocodot tersedia dalam beberapa rasa yang berbeda, seperti original, cokelat susu dan cokelat pahit. Chocodot ini sudah banyak menghiasi etalase pusat oleh-oleh sehingga cukup mudah untuk ditemukan.

Demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Jawa Barat. Dari beragam info di atas, Anda bisa mengetahui bahwa ada cukup banyak makanan yang bisa menjadi pilihan Anda. Tentu, banyaknya pilihan menunjukkan betapa kaya kuliner di Indonesia. Lantas, mana makanan khas yang akan Anda coba pertama kali?

READ  28 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Bisa Anda Coba

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.