30 Jenis Lovebird Tercantik di Indonesia dan Dunia, Paling Bagus

Jenis Lovebird – Burung cinta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lovebird merupakan salah satu jenis burung nuri atau beo yang masuk dalam genus Agapornis. Penamaan Lovebird sendiri diambil dari tingkah binatang berparuh ini yang suka berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain.

Asal Lovebird sendiri dari Afrika, dan hingga saat ini masih ada 9 spesies yang telah diidentifikasi. Namun jumlah tersebut belum termasuk spesies hasil kawinan silang. Ya, saat ini ada 30 jenis Lovebird yang merupakan spesies asli dan hasil rekayasa genetika atau perkawinan silang.

Selain terkenal karena sifatnya yang tak bisa hidup individual, Lovebird juga terkenal karena kicauan dan ragam warna bulunya yang cantik dan cerah. Bahkan dengan rekayasa genetika yang saat ini sudah banyak dilakukan, variasi warna Lovebird semakin beragam.

Jenis Lovebird

Di Indonesia, penggemar burung cantik ini semakin meningkat dari waktu ke waktu, hingga beberapa tahun belakangan banyak bermunculan komunitas pecinta Lovebird. Nah bagi Anda yang ngaku pecinta Lovebird, pastikan Anda tahu 30 jenis Lovebird ini ya.

Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

jenis lovebird muka salem (agapornis roseicollis)
catatan-burung.blogspot.com

Lovebird Muka Salem adalah jenis Lovebird ras asli yang berasal dari Namib, barat daya Afrika. Ciri fisik burung ini adalah memiliki tubuh berukuran kecil yaitu panjang sekitar 17-18 cm dengan panjang sayap 106 mm dan panjang ekor 44-52 mm.

Warna salah satu jenis terpopuler dari 30 jenis Lovebird ini kebanyakan hijau cerah dengan bagian punggung ke bawah berwarna biru. Sedangkan pada bagian wajah berwarna pink dan paruh warna gading.

Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

lovebird fischer (agapornis fischeri)
www.hbw.com

Penamaan burung diambil dari nama seorang penjajah asal Jerman yaitu Gustav Fischer. Burung yang ditemukan pada abad ke-19 ini juga memiliki warna hijau pada bagian dada, sayap dan punggung.

Kemudian pada bagian sayapnya memiliki warna hijau zaitun dan paruh warna merah cerah. Pada bagian leher terlihat warna kuning keemasan dan paduan warna warna biru/ungu pada bagian ekor.

Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)

lovebird pipi hitam (agapornis nigrigenis)
catatan-burung.blogspot.com

Sesuai namanya, salah satu dari 30 jenis Lovebird ini memiliki warna hitam pada bagian wajah dan memiliki kacamata berwarna putih dengan leher berwarna coklat. Sedangkan pada punggung berwarna hijau, dada atas berwarna orange dan merah muda pada paruhnya.

Untuk ukurannya sendiri burung yang merupakan jenis monotypic atau yang biasa dianggap sebagai ras Nyasa ini memiliki panjang sekitar 14cm. Spesies burung ini kebanyakan ditemukan di Zambia barat daya.

Jenis Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

jenis lovebird topeng (agapornis personata)
thegorbalsla.com

Alasan mengapa jenis Lovebird ini disebut Lovebird Topeng adalah karenanya adanya pupil coklat yang membuatnya seperti menggunakan kacamata di antara wajahnya yang berwarna hitam dengan kacamata putih. Sedangkan untuk varian warna tubuhnya sangat beragam dikarenakan mutasi genetik.

Hanya saja kebanyakan memiliki kastanye kehitaman dengan paruh warna merah terang, serta dada dan leher dengan warna kuning atau orange. Ukuran tubuhnya pun relatif kecil yaitu sekitar 14,5-15 cm dengan. Karena sifatnya yang tidak begitu aktif, burung ini lebih banyak ditemui di kendang jika dibanding di alam bebas.

Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

lovebird abisinia (agapornis taranta)
thegorbalsla.com

Jika dibandingkan 30 jenis Lovebird lain, Lovebird Abisinia adalah jenis terbesar, yaitu dengan panjang 16-16,5 cm dan bentuk tubuh yang cukup gemuk. Selain itu Abisinia  jantan juga memiliki ciri khas lain yaitu adanya cincin dan dahi pada bagian mata yang memiliki warna merah.

Burung yang berasal dari Ethiopia dan Eritrea ini juga senang hidup di dataran tinggi atau pegunungan. Untuk warna tubuhnya didominasi warna hijau dengan ekor berwarna hitam dan variasi warna biru.

Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)

lovebird madagaskar (agapornis canus)
www.flickr.com

Berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, Lovebird Madagaskar ini merupakan burung terkecil dibanding 30 jenis Lovebird lainnya. Dengan panjang hanya 13 cm dan berat sekitar 30-36 gram, burung ini nampak begitu imut.

Warna Lovebird asal Madagaskar sendiri abu-abu pucat, namun ketika tubuh dewasa warna bulunya akan berubah menjadi hijau gelap dan pada bagian kepala serta dada Madagaskar jantan berwarna abu-abu pucat.

Jenis Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)

jenis lovebird nyasa (agapornis lilianae)
Jenis Lovebird Nyasa

Sama seperti jenis burung sebelumnya, jenis Lovebird Nyasa atau yang sering disebut lilian Lovebird ini merupakan burung yang banyak ditemukan di sekitar Zambia, Malawi, Zimbabwe,Mozambik dan Tanzania. Burung yang termasuk dari jenis endemik ini memiliki panjang sekitar 13 cm dan dianggap termasuk dalam ras fischer.

Ciri fisiknya adalah memiliki bulu berwarna hijau hingga bagian pantat dan punggung. Sedangkan pada bagian leher memiliki warna orange, begitu juga pada bagian dada dan kepala. Pada bagian matanya sendiri terdapat warna putih dengan paruh berwarna merah.

Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullarius)

lovebird muka merah (agapornis pullarius)
hobiburung.org

Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak jika burung ini memiliki ciri khas muka berwarna merah. Namun tidak semua jenis Lovebird Muka Merah memiliki warna merah, sebab betina Muka Merah justru memiliki warna agak orange.

Warna merah pada wajah juga melingkupi dahi, paruh, dan pertengahan mahkota hingga kelopak mata. Selebihnya Lovebird Muka Merah memiliki warna hijau terang dengan kaki warna abu-abu. Perbedaan jantan dan betina juga juga terlihat dari warna paruh, yaitu merah terang pada burung jantan dan merah pucat pada betina. Burung asal Afrika ini dapat tumbuh dengan panjang hingga 15 cm.

Lovebird Berkerah Hitam (Agaporns Swindernianus)

lovebird berkerah hitam (agaporns swindernianus)
thegorbalsla.com

Lovebird yang dikenal dalam ras Swidern ini memiliki ukuran tubuh 13,5 cm. Sedangkan untuk varian warna bulunya sendiri terdiri dari warna dasar hijau dengan leher berwarna coklat. Pada bagian leher belakang Anda bisa mendapati garis atau pita yang seakan membentuk kerah warna hitam.

Untuk bagian dadanya sendiri berwarna merah kecoklatan, dan paruh serta kaki berwarna abu-abu gelap. Ciri lain yang menonjol pada jenis Lovebird ini adalah iris mata yang berwarna kuning sehingga terlihat begitu terang.

Lovebird Lutino

lovebird lutino
Lovebird Lutino

Lovebird Lutino merupakan burung dengan harga jual cukup tinggi, dan termasuk burung dengan keaktifan tinggi jika dibandingkan burung peliharaan lain. Burung ini juga berasal dari hasil mutasi genetik dari ras muka salem.

Meski demikian, namun ciri fisiknya sangat berbeda dengan ras aslinya, yaitu memiliki panjang hingga 16-18 cm dengan warna bulu secara keseluruhan kuning cerah. Sedangkan pada bagian mukanya berwarna merah atau orange kemerahan. Di bagian matanya memiliki warna hitam dan ada pula yang memiliki warna merah.

 

READ  Metamorfosis Katak Sempurna Proses fase telur, Kecebong, Dewasa

Lovebird Pastel

lovebird pastel
Lovebird Pastel

Ketika dilihat sekilas, Lovebird Pastel mungkin tidak jauh berbeda dengan Lovebird Lutino, terutama Lovebird pastel kuning. Dimana jenis burung ini memiliki warna merah pada bagian kepala dan kuning pada bagian tubuh. Namun ada pula yang memiliki warna hijau pada bagian tubuh. Untuk paruhnya sendiri berwarna merah cerah dengan mata berkaca mata putih.

Lovebird pastel juga terdiri dari beberapa varian warna lain, seperti kuning-hijau, biru kehijauan-putih, dominan putih-biru, ungu-putih, biru-putih dan lain-lain. Sedangkan untuk ukurannya jenis Lovebird ini termasuk sedang yaitu kisaran 16 cm.

Lovebird Blorok

lovebird blorok
jenis lovebird

Salah satu yang menarik dari Lovebird Blorok adalah gradasi warna yang tersusun tidak rata sehingga nampak begitu unik. Gradasi warna pun tidak hanya terdiri dari satu warna, karena keunikan ini tak heran jika burung ini memiliki nilai jual yang cukup mahal.

Selain karena keunikannya, Lovebird Blorok juga termasuk langka karena rekayasa genetika yang dilakukan bisa dikatakan tidak mudah. Dari satu jenis saja Anda bisa mendapati beberapa jenis turunan yang begitu populer, seperti blorok biru, blue series, lutinom dan violet.

Lovebird Australian Cinnamon

lovebird australian cinnamon
Lovebird Australian Cinnamon

Ciri fisik atau ciri bulu Lovebird Australian Cinnamon hampir mirip dengan Lovebird pastel, hanya saja untuk jenis Lovebird satu ini memiliki paduan warna yang lebih soft. Seperti paduan warna kuning puyeh pada bagian badan dan dada serta leher berwarna putih.

Beberapa Lovebird Australian Cinnamon juga memiliki punggung dengan warna hijau tosca. Ciri lain yang sangat menonjol dari burung jenis ini adalah mata yang berwarna hitam dengan bentuk bulat sempurna namun relatif kecil. Paruhnya sendiri berwarna orange cerah sehingga menjadikan tampilannya begitu bersih dan elegan.

Lovebird Biru Mangsi

lovebird biru mangsi
www.cherewed.com

Jika Anda pernah melihat Lovebird violet, mungkin tampilan bulu biru mangsi tidak jauh berbeda yaitu nampak biru keunguan. Pada bagian sayapnya sendiri memiliki warna biru Samudra hingga bagian dada, kemudian bagian leher dan paruh berwarna putih.

Di bagian kepala terdapat tudung yang terdiri dari beberapa varian warna seperti biru mangsi personata, hitam pekat, hitam, dan ada pula yang berupa gradasi warna hitam atau yang biasa disebut biru mangsi standar atau biru mangsi fischeri.

Lovebird Albino

lovebird albino
Lovebird Albino

Lovebird Albino merupakan jenis Lovebird yang memiliki kelainan pigmen kulit sehingga menjadikan tubuhnya nampak berwarna putih keseluruhan, mulai dari warna bulu kepala, sayap, punggung hingga ekor. Sedangkan untuk bagian matanya sendiri ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna hitam.

Meski beberapa orang masih sukar membedakan Lovebird albino dan Lovebird pastel putih, namun untuk lebih jelasnya pastel putih masih memiliki varian warna lain walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Lovebird Biru Cobalt

lovebird biru cobalt
Lovebird Biru Cobalt

Memiliki warna biru tosca yang begitu cerah, Lovebird cobalt nampak seperti warna langit yang cerah. Jenis Lovebird biru cobalt sendiri terdiri dari beberapa variasi akan tetapi yang paling banyak ditemui adalah cobalt fischer dan cobalt personata.

Ciri fisiknya adalah memiliki leher, paruh dan dada berwarna putih dengan tudung pada kepada berwarna hitam pekat atau gradas. Pada ujung sayapnya juga terlihat warna hitam dan pada bagian matanya memiliki kacamata berwarna putih.

Jenis Lovebird Violet

jenis lovebird violet
Jenis Lovebird Violet

Pada beberapa poin di atas sudah dibahas sedikit tentang Lovebird violet yaitu burung yang memiliki warna biru keunguan dan hampir sama dengan biru cobalt serta biru mangsi. Namun untuk urusan harga, jenis Lovebird ini jauh lebih mahal dibanding dua jenis burung yang menyerupainya.

Pada bagian tubuh dan sayap, burung ini memiliki warna violet atau biru gelap keunguan, sedangkan pada bagian leher dan dada memiliki warna putih. Di bagian kepala juga terdapat tudung berwarna hitam dengan paruh berwarna putih dan kacamata putih pula. Yang menarik disini ialah ujung sayap, kaki dan punggung yang memiliki warna hitam pekat sehingga membuatnya terlihat lebih elegan.

Jenis Lovebird Batman

jenis lovebird batman
www.burungcantik.com

Siapa sih yang tak kenal dengan tokoh animasi satu ini. Dengan tampilan yang begitu khas, nampaknya Lovebird satu ini tak mau kalah eksis dengan Batman. Ya, memiliki tudung dan sayap berwarna hitam khas Batman, burung ini nampak begitu gahar. Untuk bagian tubuhnya sendiri berwarna abu-abu muda.

Bentuk mata Lovebird ini begitu bulat dengan warna hitam dan kacamata putih. Paruhnya pun begitu lengkung berwarna putih kekuningan. Kemudian ada bagian lehernya juga berwarna putih yang mengalung layaknya kalung jenis Lovebird umum.

Lovebird Merah

lovebird merah
www.hobibinatang.com

Termasuk salah satu jenis paling langka dibandingkan 30 jenis Lovebird lainnya, keberadaan Lovebird satu ini masih dipertanyakan hingga saat ini. Meski demikian, namun diketahui jika Lovebird Merah memiliki ciri khas tubuh berwarna merah menyala agak orange. Kemudian pada bagian ekor dan punggungnya memiliki gradasi warna kuning yang soft.

Pada bagian sayapnya juga terdapat warna putih yang menjadikannya terlihat begitu cantik. sebagian orang justru menganggap jika burung ini hanyalah bentuk keisengan semata dan tidak nyata.

Lovebird Olive

lovebird olive
www.jalaksuren.net

Merupakan jenis buruk dari hasil rekayasa genetika, buru ini memiliki bulu yang begitu unik khas ras olive. Umumnya Lovebird olive memiliki paduan warna hijau gelap dan kuning cerah. Warna hijau gelap terdapat pada bagian sayap dan punggung, sedangkan warna kuning cerah terdapat pada bagian sayap dan warna hitam pada bagian ekor.

Jenis Lovebird ini juga memiliki kalung berwarna kuning dengan paduan tudung kepala berwarna hitam pekat. Untuk bagian matanya berwarna hitam dengan kacamata putih.

Lovebird Parblue

lovebird parblue
Lovebird Parblue

Jenis Lovebird Parblue merupakan salah satu jenis Lovebird yang memiliki varian warna paling beragam. Namun yang menarik dari jenis burung ini adalah warna wajahnya yang kuning menyala sehingga menjadikan tampilan burung nampak seakan selalu ceria.

Namun pada beberapa varian lain, Anda juga bisa menjumpai Lovebird Parblue dengan warna wajah hitam pekat. Varian warna ini dihasilkan akibat rekayasa yang dilakukan pada Lovebird Parblue. Seperti pada bagian sayap yang terdiri dari warna biru keputihan ataupun kekuningan dengan bagian ujung berwarna hitam.

Burung jenis ini banyak ditemukan di daerah Amerika Serikat dan dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Lovebird Halfsider

lovebird halfsider
thegorbalsla.com

Masih termasuk satu jenis dengan Lovebird Blorok, Lovebird Halfsider juga memiliki keunikan pada warna bulunya. Namun jika dibandingkan dengan jenis Lovebird lainnya, Lovebird halfsider merupakan salah satu yang menarik.

Mengapa demikian? Karena burung ini merupakan hasil rekayasa genetika antara burung paruh merah dan burung paruh putih. Selain itu gradasi warna yang terdapat pada bagian tubuh Lovebird halfside juga terbagi menjadi dua bagian rata.

Ya, sesuai namanya gradasi warna pada burung ini didominasi pada sisi kiri dan kanan saja. Untuk variasi warnanya sendiri cukup beragam, seperti pastel kuning, hijau, kuning juga ada pastel biru.

Lovebird Biola

lovebird biola
Lovebird Biola

Walaupun memiliki warna hijau yang juga banyak dimiliki jenis Lovebird lainnya, namun Lovebird biola memiliki warna hijau yang jauh dari kata standar. Beberapa helai bulunya memiliki paduan antara warna hijau dengan hijau muda dan ada pula beberapa yang berpadu dengan warna kuning menyala.

Lovebird biola juga memiliki tudung layaknya jenis Lovebird lainnya, namun dengan warna yang sedikit berbeda yaitu merah cerah atau beberapa ada yang berwarna merah pekat. Pada beberapa varian Anda juga bisa menemukan burung dengan gradasi warna biru dan putih di bagian kepala serta ekor dan punggung berwarna hitam.

Lovebird Dakocan

lovebird dakocan
www.burungcantik.com

Nama ini pasti sudah tidak asing di telinga orang tua atau anak-anak. Dimana dakocan sering dianggap sebagai sebutan untuk mainan atau boneka anak-anak. Namun siapa sangka jika nama ini juga digunakan untuk nama Lovebird.

Ciri fisik dari Lovebird dakocan antara lain adalah dominasi warna hijau pada bagian tubuh dan leher berwarna kuning hingga orange. Beberapa varian juga memiliki warna biru dengan kombinasi leher berwarna putih. Untuk bagian kepalanya sendiri terdapat tudung berwarna hitam lengkap dengan kacamata berwarna putih.

Paruh Lovebird Dakocan sendiri berwarna merah dengan ekor berwarna hitam. Jenis Lovebird ini merupakan salah satu yang paling sensitif namun juga mudah bersosialisasi dan ramah.

Lovebird Dakori

lovebird dakori
Lovebird Dakori

Hampir sama dengan jenis Lovebird dakocan, Lovebird dakori juga memiliki warna hijau pada bagian punggung dan dada warna kuning. Yang membedakan kedua jenis Lovebird ini adalah warna kuning pada dakori tampak lebih bersih dan tidak ada percampuran warna orange.

Pada bagian atas atau kepalanya juga terdapat tudung berwarna hitam dengan kacamata putih dan mata bulat sempurna berwarna hitam. Paruh lengkung dakori pun memiliki warna merah yang sangat sempurna. Untuk harga, Lovebird dakori dibanding lebih mahal namun juga termasuk jenis dengan jumlah penggemar terbanyak dibanding jenis lain.

Lovebird Euwing

lovebird euwing
Lovebird Euwing

Pada awalnya, Lovebird Euwing merupakan burung yang ditemukan oleh Piet Verhijde yang merupakan petani asal Belanda. Namun Piet tidak menemukannya dalam bentuk seperti saat ini, melainkan burung ini merupakan hasil perkawinan silang antara Lovebird lutino dengan Lovebird hijau standar.

Pengambilan nama Euwing sendiri diambil dari kata Eumelamin dan Wing yang artinya memiliki corak sendiri pada bagian sayap. Ya, Lovebird ini memiliki corak hitam pada bagian ekor dan sayapnya yang menjadi ciri fisik paling khas.

Jenis Lovebird Import Hollan dan Taiwan

jenis lovebird import hollan dan taiwan
thegorbalsla.com

Jenis Lovebird yang diimpor dari Taiwan dan belanda ini memiliki kelebihan tersendiri pada hal postur tubuh, yaitu berukuran lebih besar dibandingkan dengan Lovebird lain. Selain itu, Lovebird ini juga memiliki varian warna yang begitu menawan.

Bulunya terlihat lebih cerah, mengkilap dan bersih dibanding jenis lain. Bahkan beberapa spesies juga memiliki paduan atau gradasi warna yang begitu unik. Namun tak sedikit pula spesies yang tampak seperti Lovebird umumnya, yaitu memiliki ciri bulu dominasi warna hijau, kepala berwarna hitam dan merah dan juga leher serta dada yang berwarna kuning.

Lovebird Pale Fallow

lovebird pale fallow
Lovebird Pale Fallow

Burung ini merupakan hasil mutasi dari ras latino dan ras albino. Jika dilihat dari warna bulu dan susunan warnanya, Lovebird Pale Fallow tampak begitu anggun dan bersih. Benar sekali paduan warna putih dan sayap warna biru, kuning soft atau abu-abu Lovebird Pale Fallow nampak cantik.

Walaupun memiliki gen albino, akan tetapi Lovebird pale Fallow memiliki paruh dan kuku yang berwarna kuning terang dan tidak maksimal putih. Warna matanya pun berwarna merah cerah.

Lovebird Misty

lovebird misty
Lovebird Misty

Dalam bahasa inggris Mist memiliki arti kabut, sehingga dapat disimpulkan jika paduan warna burung ini menyerupai kabut yang terlihat begitu tebal namun tetap nampak gagah. Jika berada di dalam kegelapan, burung ini memiliki warna yang lusuh akan tetapi jika terkena cahaya akan nampak pancaran efek kemerahan yang membuatnya terlihat begitu elegan.

Kebanyakan dari jenis Lovebird Misty memiliki warna dasar kuning cerah dengan ekor dan kepala berwarna hitam.

Lovebird Slaty

lovebird slaty
Lovebird Slaty

Jenis terakhir Lovebird yaitu Slaty, dimana jenis Lovebird ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan jenis Lovebird cobalt namun dengan warna yang lebih sifat atau pudar. Slaty juga hampir menyerupai albino karena memiliki bulu putih bersih pada bagian tubuhnya.

Untuk bagian sayapnya berwarna abu kebiruan dengan ujung sayap dan kepala memiliki warna hitam. Kemudian pada bagian paruhnya sendiri menyerupai albino yaitu masuk masuk dalam jenis paruh putih.

Itulah 30 jenis Lovebird kalau Anda mengaku pecinta burung sejati, khususnya Lovebird pastikan Anda tahu dan hafal jenis-jenis burung di atas ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.