9 Contoh Surat Resmi Berbagai Keperluan yang Rekomendasi Untuk Anda

Contoh surat resmi – Contoh surat resmi digunakan dalam urusan kedinasan atau kirim mengirim surat yang sifatnya resmi atau formal. Pengertian surat resmi itu sendiri adalah surat yang dibuat oleh instansi atau lembaga untuk keperluan dinas, baik pemerintah maupun lembaga swasta. 

Isi dari surat dinas atau surat resmi ini adalah permasalahan kedinasan seperti penugasan, pemberitahuan suatu izin tertentu, pengumuman, permohonan dan lain-lain. Di bawah ini terdapat beragam contoh surat resmi yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Surat Resmi Perjanjian 

contoh surat resmi perjanjian 
www.pinterest.com

Surat resmi perjanjian adalah sebuah surat perjanjian tertulis yang disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak yang tersebut pada isi surat. 

Surat perjanjian ini biasanya memiliki sebuah ciri yaitu terdapat aturan-aturan dan pasal-pasal yang harus disepakati pihak yang terkait, dan apabila salah satu atau keduanya melanggar perjanjian tersebut maka akan menanggung konsekuensinya. Contoh surat resmi perjanjian sebagai berikut;

Surat Dinas Perjanjian

KUDAMAS

Jl. Ahmad Yani-Bandung Telp. 08882228888 Fax. 0222 22876

Surat Perjanjian

 

No. 17/SP/KM/X/19

Pada haru ini, Rabu Tanggal tujuh Januari tahun dua ribu sembilan belas, telah dilakukan serah terima jabatan oleh kedua belah pihak sebagai berikut;

Nama    : Ahmad Husaein

Jabatan : Direktur PT. Kudamas

NIK        : 9998787

Selanjutnya disebut pihak pertama

Nama     : Dariansyah 

Jabatan : Direktur PT.Sentosa

NIK : 9383736

Selanjutnya disebut pihak kedua

Kedua pihak yang tersebut di atas bersepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama usaha dengan ketentuan yang diatur oleh pasal sebagai berikut:

  1. Pihak pertama selaku pemilik modal dengan ini menyerahkan modal sejumlah Rp 200.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah) kepada pihak kedua. Uang tersebut bertujuan untuk permodalan menjalankan usaha kuliner
  2. Pengelola modal adalah pihak kedua yang bertanggungjawab untuk mengelola usaha sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ayat 1
  3. Pihak kedua menerima modal dalam bentuk uang dari pihak pertama yang diserahkan pada saat perjanjian ini disepakati dan ditandatangani, atau paling lambat satu hari setelah perjanjian kesepakatan
  4. Selaku pihak pertama mendapatkan keuntungan bagi hasil usaha menurut persentase yang telah disepakati bersama sebagaimana tercantum dalam Pasal 4
  5. Masing-masing pihak memiliki hak dalam usaha tersebut, baik modal maupun tenaga kerja dan sebagainya

Bandung, 7 Januari 2019 

Pihak Pertama, 

Ahmad Husaein

Pihak Kedua,

Dariansyah

 

Contoh Surat Resmi Kuasa

contoh surat resmi kuasa
herfia.com

Surat dinas resmi kuasa atau lebih dikenal dengan sebutan surat kuasa adalah surat yang dibuat untuk memindahkan suatu wewenang pekerjaan kepada pihak lain yang dapat mewakili. Pemindahan wewenang pimpinan pada sekretarisnya untuk melaksanakan tugas yang sebelumnya adalah tanggungjawab pimpinan. 

Namun biasanya, jika pimpinan pada hari yang sama akan melakukan dua tugas yang bersamaan, agar tetap berjalan maka salah satu tugas diwakilkan oleh staff-staffnya. Contoh surat kuasa sebagai berikut;

Pemerintah Kabupaten Malang

Kecamatan Pagak

Jalan Abdurrahman No. 10 Telp. (0341) 320100

Email : [email protected]

Website : http://[email protected]

Kode Pos : 666666

 

Surat Kuasa

 

No. 111/SK/I/19

Yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama  : Bambang Sugiyono

Jabatan  : Sekretaris Camat Pagak 

NIP  : 1998989 10191818 1 001

Untuk memimpin kegiatan rapat rutin di lingkungan Kecamatan Pagak pada tanggal 14 Januari 2019, pukul 09.00 hingga selesai. Surat kuasa ini berlaku sejak tanggal dikeluarkan sampai selesainya pekerjaan tersebut. 

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 14 Januari 2019

Yang menerima kuasa

Hari Herlambang 

NIP. 19987876 19876766 1 002

Yang memberi kuasa

Bambang Sugiyono

NIP. 1998989 10191818 1 001

 

Contoh Surat Resmi Niaga 

contoh surat resmi niaga 
www.slidshare.net

Surat resmi niaga digunakan untuk penawaran suatu barang. Bagi Anda yang belum paham bagaimana cara membuat surat resmi niaga atau surat resmi penawaran barang, silahkan simak contohnya di bawah ini;

Sentosa Abadi

Jalan Pangeran Diponegoro No. 21 Jakarta Timur

 

Jakarta, 11 April 2019

 

Nomor : 11/12/XIII/2019

Hal : Penawaran Barang 

Lamp : 1 Lembar brosur AP/DG

Kepada:

Manager PT. Karya Kencana 

Jalan Ahmad Yani No. 11 Jakarta Timur

Dengan hormat, 

Berdasarkan pengamatan Kami, perusahaan yang Saudara kelola saat ini semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang memadai dan mencukupi sesuai dengan kebutuhan masa kini. 

Dalam kesempatan ini, perusahaan Kami berniat untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi produk unggulan di perusahaan Kami. 

Bersama surat ini Kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Jika Saudara menggunakan produk unggulan yang diproduksi oleh perusahaan Kami, Kami yakin dapat membantu untuk meningkatkan keefisienan dan keefektifan kerja para pegawai di perusahaan yang Saudara kelola, yang bermanfaat untuk meningkatkan prospek perusahaan. 

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 20% jika Saudara membeli produk Kami sebelum tanggal 10 Agustus 2019.

Kami memberikan garansi selama dua tahun untuk setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka hanya sebesar 30% dari harga total, kemudian cicilannya dapat di angsur sebanyak 4 kali angsuran setelah barang sampai di tempat Saudara.  

Besar harapan Kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara menggunakan produk yang Kami tawarkan, akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. 

Atas perhatian dan kerjasamanya, Kami ucapkan terimakasih. 

Hormat Kami,

Sentosa Abadi

 

Contoh Surat Resmi Perjanjian Kontrak Kerja 

contoh surat resmi perjanjian kontrak kerja 
makalah.id

Didalam melakukan kontrak kerja juga membutuhkan sebuah surat resmi. Surat resmi ini diketahui dan ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan.

 Di dalam surat ini terdapat aturan dan perjanjian yang berlaku dan harus ditepati oleh pihak yang bersangkutan. Berikut contoh surat resmi perjanjian kontrak kerja yang bisa Anda jadikan referensi;

Surat Perjanjian Kontrak Kerja

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Wahyu Susanti

Alamat : Jalan Surya Kencana No. 11 Bandung Utara

Jabatan : HRD Manager PT. Indomarcun

Dan dalam hal ini bertindak atas nama:

  1. Indomarcun

Beralamat di Jalan Pondok Ageng No. 2 Bandung 

yang selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Pertama 

Nama : Alvin Muwafiq

Jenis Kelamin : Laki-laki

Tempat & Tanggal Lahir : Semarang, 2 Agustus 1990

Umur : 28 tahun

Agama : Agama

Pendidikan Terakhir : S1 Managemen

Alamat : Jalan Patimura No. 12 Bandung

No. KTP : 3317017010006571

Status Perkawinan : Kawin

Dalam hal ini selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua (karyawan). Kedua belah pihak sepakat untuk membuat kontrak perjanjian kerja dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut;

Pasal 1

Pihak Pertama menyatakan dengan ini menerima Pihak Kedua sebagai karyawan atau pekerja perusahaan PT. Indomarcun yang beralamat di Jalan Pondok Ageng No. 2 Bandung, dan menjabat sebagai Kabag Humas, dan Pihak Kedua dengan ini menyatakan bersedia menjadi karyawan Pihak Pertama sebagai Kabag Humas. 

Pasal 2

Masa percobaan ditetapkan selama 3 bulan dihitung  sejak tanggal masuk diterima bekerja (perjanjian kerja waktu tertentu tidak boleh di syaratkan dalam masa percobaan), yakni sejak tanggal 2 April 2019. Dengan upah diberikan secara (harian, mingguan, bulanan), besarnya upah pokok Rp 1.000.000- dengan waktu bekerja selama 48 jam per minggu atau 8 jam per hari. 

Pasal 3

Tunjangan-tunjangan di luar upah adalah sebagai berikut;

Tunjangan transportasi : Rp 20.000- /hari

Tunjangan uang makan : Rp 40.000-/hari

Lembur : -/hari

Lembur tambah waktu kerja : Rp 100.000/hari

Bonus tambahan : Kebijakan kantor

Pasal 4

Apabila salah satu pihak yang terikat perjanjian baik pekerja atau perusahaan mengakhiri perjanjian kontrak kerja untuk waktu tertentu sebelum waktu berakhirnya perjanjian tersebut, wajib membayar ganti rugi kepada pihak lainnya sebesar sisa upah pekerja sampai waktu/pekerjaan selesai. Kecuali jika putusnya hubungan kerja karena alasan memaksa/kesalahan berat pekerja. 

Pasal 5

Pihak Pertama dan Pihak Kedua bersedia menaati peraturan perjanjian dan Pihak Kedua patuh pada tata tertib perusahaan.

Pasal 6

Hal-hal yang belum diatur dalam perjanjian ini, berlaku ketentuan isi KKB dan/atau peraturan perusahaan (jika perusahaan belum memiliki aturan perusahaan atau KKB, perjanjian kerja ini dibuat lebih rinci dengan mengacu pedoman pembuatan peraturan perusahaan).

Pasal 7

Segala perdebatan dan perselisihan yang timbul dan berasal dari perjanjian kontrak kerja ini, setelah kedua belah pihak membaca dan memahami isinya kemudian dengan sukarela tanpa tekanan atau paksaan dari siapapun bersama-sama menandatangani di atas kertas bermaterai yang berlaku. 

Bandung, 2 Januari 2019

 

Pihak Pertama

Wahyu Susanti

Pihak Kedua

Alvin Muwafiq

 

Contoh Surat Resmi Edaran 

contoh surat resmi edaran 
ndika.net

PEMERINTAH KOTA WONOSOBO

DINAS KESEHATAN PUSKESMAS WADASLINTANG

Jalan Ahmad Yani No. 12 Telp. (0212) 555665

Email : [email protected]

 

Wadaslintang, 12 Desember 2019

 

Nomor 440/6767/KD.D

Lampiran : –

Perihal     : Pemberitahuan Pelayanan Kesehatan

Kepada Yth. Pimpinan Puskesmas

Se- Kota Wonosobo

Sehubungan dengan penetapan Pilkada (Penetapan Pemilihan Umum Kepala Daerah) Provinsi Jawa Tengah tanggal 2 Januari 2020 sebagai hari libur nasional, bersama ini Kami beritahukan kepada seluruh Saudara Pimpinan Puskesmas agar tetap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. 

Untuk penjadwalan piket tenaga kesehatan disesuaikan dengan kondisi dan situasi setempat. 

Demikian surat edaran ini Kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya Kami ucapkan terimakasih. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo

Min Hiday

NIP. 1998787987654

Tembusan:

  1. Walikota Wonosobo
  2. Inspektur Kota Wonosobo di Wadaslintang
  3. Pertinggal.

 

Surat Resmi Panggilan 

surat resmi panggilan 
www.romadecade.org

Arika Makmur

Jalan Sri Wangi No. 1 Telp. (0021) 227276 Jakarta

 

Jakarta, 1 Desember 2019

 

Nomor    : 11/IB/02/2019

Perihal    : Panggilan Tes

Lampiran: –

Yth. Sdr. Aris Munandar

Desa Pagedongan Kec. Lepak Jakarta Barat

Menanggapi surat lamaran kerja yang Saudara kirimkan, maka dengan ini Kami mengharapkan kedatangan Saudara pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 20 Desember 2019

Waktu : Pukul 08.00 WIB s/d selesai

Keperluan : Tes Tulis dan Tes Wawancara

Tempat : PT. Arika Makmur

Jalan Sri Wangi No. 1 Telp. (0021) 227276 Jakarta

Pada Kesempatan tersebut Kami mengharap Saudara melengkapi beberapa berkas seperti di bawah ini:

  1. Fotokopi Ijazah terakhir
  2. Fotokopi Transkip Nilai legalisir
  3. Pensil 2B dan penghapus
  4. Pakaian rapi dan formal.

Demikian surat panggilan ini dibuat. Atas perhatian Saudara, Kami ucapkan terimakasih. 

Manager Personalia,

Anindia Putri, M.Pd.I

 

Contoh Surat Resmi Penugasan Karyawan Perusahaan

contoh surat resmi penugasan karyawan perusahaan
thegorbalsla.com

Surat dinas penugasan biasanya ditunjukkan pada karyawan yang akan ditunjuk untuk melaksanakan tugas tertentu. Surat tugas ini bisa berupa surat perintah penugasan di lapangan, penugasan untuk mengikuti pelatihan, atau penugasan untuk ke luar kota mewakili perusahaan tempatnya bekerja. 

Fungsi adanya surat tugas ini adalah sebagai bukti bahwa yang bersangkutan memang benar-benar ditugaskan oleh perusahaannya. Contoh surat resmi tugas adalah sebagai berikut;

Alam Bawah

Jalan Jenderal Sudirman Bandung

Telp. 0220 6363353535 Fax. 8276 7262626

 

Surat Tugas

 

Berkaitan dengan peningkatan potensi kinerja karyawan PT. Alam Bawah, maka dengan ini Kami memberikan tugas kepada:

Nama : Muhammad Ridwan

NIK : 8171622525

Jabatan : Kepala bagian produksi

Untuk menghadiri pelatihan tentang perkembangan teknologi produksi yang akan dilaksanakan di Hotel Sumberan yang beralamat di Jalan Soponyono No. 2 Bandung. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2020 sampai tanggal 5 Januari 2020.

Demikian surat tugas ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Bandung, 1 Januari 2020

Direktur PT. Alam Bawah

Budi Utomo

 

Contoh Surat Resmi Janji Pertemuan

contoh surat resmi janji pertemuan
magazine.job-like.com

Surat resmi janji pertemuan biasanya dibuat sebagai permohonan pertemuan para pimpinan perusahaan untuk membicarakan rencana bisnis tertentu. Isi surat resmi jenis ini biasanya adalah menanyakan kesanggupan bertemu pada pihak yang bersangkutan. Contoh surat resmi janji pertemuan adalah sebagai berikut;

Cahaya Ilahi

Jalan Setia  Budi No. 11 Malang

 

7 Januari 2019

 

Yth. Sekretaris Direksi Suka Jaya

Jalan Ahmad Yummy Kedok, Malang Nomor : 88/LA/II/2019

Hal       : Permohonan janji temu dengan Bapak Abdullah

Dengan hormat, 

Direktur Kami, Bapak Misno Abdul malik bermaksud mengadakan pertemuan dengan direktur PT. Suka Cinta, Bapak Abdullah untuk memusyawarahkan perencanaan bisnis. Pertemuan tersebut Kami rencanakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 11 Januari 2019

Jam                  : Pukul 13.000 WIB s/d selesai 

Tempat           : Restoran Ocean Garden, Jalan Panglima Muda No. 11, Malang

Sehubungan dengan rencana tersebut, Kami ingin mengetahui apakah pada tanggal dan waktu tersebut, Bapak Amrullah dapat menerima kunjungan Kami? Kami menunggu kabar dari Saudara. 

Atas perhatiannya, Kami ucapkan terimakasih. 

Hormat Kami,

Sekretaris Direksi

Erna Wati

 

Contoh Surat Resmi Rekomendasi 

contoh surat resmi rekomendasi 
www.pinterest.com

Apabila seseorang keluar dari sebuah perusahaan, terlebih jika keluarnya dilakukan secara baik-baik, biasanya perusahaan tempat dia bekerja akan membuatkan surat rekomendasi. 

Surat rekomendasi ini berguna sebagai catatan bagi tempat kerjanya yang baru tentang perilaku karyawan di tempat perusahaan yang tempat bekerja sebelumnya. Berikut contoh surat resmi rekomendasi;

PURWAKA
Jalan Talang Agung Bandung

Telp. (0341) 9877886

 

Surat Rekomendasi

 

No. 545/021/XSS/II/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Supratman, S.H

Jabatan : Pimpinan PT. Purwaka

Menerangkan bahwa:

Nama : Arif Rahman

Tempat Tanggal Lahir : Surabaya, 2 Maret 1990

Alamat : Jalan  Burangrang No. 1 Bandung

Telah berakhir masa kerjanya di perusahaan Kami terhitung sejak tanggal 31 Desember 2018 dengan jabatan sebagai manajer direksi. 

Selanjutnya, untuk direkomendasikan kepada perusahaan manapun tempat beliau bekerja nantinya. Mengingat yang bersangkutan termasuk karyawan yang terhitung jarang melakukan pelanggaran.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Bandung, 31 Desember 2018

Pimpinan PT. Purwaka

Supratman, S.H

Baca Juga Contoh Surat Pembaca

Itulah beberapa contoh surat resmi untuk berbagai keperluan yang bisa Anda jadikan referensi. Sesuai dengan fungsinya, surat resmi ini akan memberikan kesan formal dan lebih bisa dipertanggungjawabkan tentang penjelasan yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat. 

READ  Surat Pengalaman Kerja: Fungsi, Struktur dan Contohnya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.