7 Contoh Paragraf Argumentasi | Ciri-Ciri, Tujuan dan Jenis

Contoh Paragraf Argumentasi – Mengenai paragraf argumentasi, perlu untuk kita tahu lebih dulu pengertian dari paragraf argumentasi itu sendiri. Sepintas, memang, paragraf argumentasi memiliki sedikit persamaan dengan paragraf eksposisi.

Perbedaan kedua paragraf ini adalah untuk paragraf argumentasi cenderung pembacanya yang akan meyakini apa yang sedang mereka baca. Sedangkan untuk paragraf eksposisi hanya memberikan informasi perihal tertentu tanpa harus memaksa pembaca meyakini apa yang mereka baca.

Paragraf argumentasi merupakan sebuah susunan kalimat atau paragraf berisi jajak pendapat atau argumentasi penulisnya. Paragraf argumentasi biasanya menyampaikan suatu informasi yang kiranya meyakinkan para pembaca yang membacanya untuk mendukung dan sependapat dengan apa yang disampaikan penulis.

Bacaan yang meyakinkan bagi para pembaca ini juga didukung dengan sumber rujukan yang menguatkan argumen penulis.

Tentunya dalam melampirkan sumber rujukan tidaklah boleh sebarangan dan asal menyantumkan. Sumber rujukan haruslah merupakan sumber yang faktual dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan sumber rujukan yang faktual dan terpercaya juga nantinya dapat meyakinkan pembaca untuk sependapat dengan penulis.

Sumber rujukan paragraf argumentasi biasanya berupa sumber-sumber dari berbagai media, seperti buku, website resmi, hasil research, data-data, teori ahli, contoh dan lainnya.

Dengan sumber rujukan yang memadai dan jelas akan menguatkan argumentasi penulis sehingga pendapat yang disampaikan tidak hanya dianggap sebagai omong kosong belaka. Namun pada prakteknya, selain gunanya untuk memperkokoh pendapat yang disampaikan.

Paragraf argumentasi memiliki fungsi lain yaitu untuk menolak pendapat yang berbeda dengan pemikiran kita –penulis. Maka dari itu, untuk menolak pendapat orang lain, seorang penulis haruslah memiliki argumentasi yang lebih kuat dari pendapat rivalnya.

Dengan kuatnya argumentasi yang dimiliki sangat besar kemungkinan para pembaca akan mengikuti dan sependapat dengan pemikiran penulis. Meskipun tidak dipungkiri bahwa tidak semua pembaca akan sependapat dengan penulis.

Ciri-ciri Argumentasi

ciri ciri argumentasi
hidupsimpel.com

Berdasarkan penjelasan tersebut, suatu paragraf dapat dikatakan atau termasuk dalam paragraf argumentasi apabila memenuhi ciri-ciri sebagaimana berikut:

  1. Merupakan paragraf yang ditulis berdasarkan pendapat  yang berdasarkan fakta yang aktual.
  2. Argumentasi biasanya merupakan pandangan, pendapat, serta pemikiran yang sangat diyakini penulis tentang sebuah masalah.
  3. Memiliki sumber atau referensi rujukan yang jelas, harus berisi data-data faktual dan terpercaya. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan mengokohkan pendapat penulis.
  4. Menjelaskan suatu permasalahan yang merupakan hasil penelitian dan analisis dari penulis.
  5. Terdiri dari sekumpulan kalimat yang dibuat untuk meyakinkan para pembaca tentang pendapat yang disampaikan penulis.
  6. Diakhiri dengan kesimpulan dari permasalahan yang dibahas.
  7. Paragraf argumentasi juga berisi tentang penolakan terhadap suatu pendapat yang berbeda dengan pendapat yang penulis yakini.
  8. Dalam penulisannya, argumentasi sering kali menggunakan kalimat ajakan.
  9. Menggunakan bahasa yang bersifat rasional dan objektif seperti penggunaan kata-kata yang lugas dan denotative adalah keharusan dalam menulis paragraf argumentasi. Sehingga dalam penyampaiannya, pembaca lebih mudah memahami.
  10. Memiliki sebuah analisis dan sintesis sebagai sarat dalam menyampaikan suatu objek saat akan ditulis.
  11. Sifatnya mendogma atau mempengaruhi para pembacanya, sehingga pembaca pun akan setuju dengan pendapat atau keyakinan penulis.
  12. Mengambil referensi asli dari hasil pengalaman, pengamatan, penelitian dan sikap dari penelitian yang dilakukan oleh penulis.
  13. Dalam menyampaikan pendapatnya, penulis diharuskan menggunakan logika dan penalaran sebagai landasan berfikir bagi para pembaca.

Tujuan Pembuatan Argumentasi

tujuan pembuatan argumentasi
Tujuan Pembuatan Argumentasi

Adapun di dalam penulisannya, argumentasi, memiliki beberapa tujuan. Adalah sebagai berikut:

  1. Penulisannya adalah untuk menyampaikan suatu pendapat yang juga bertujuan untuk mempengaruhi pola pikir para pembaca.
  2. Ditulisnya argumentasi juga bertujuan untuk membantah dan menolak suatu pendapat yang bertolak belakang dengan pendapat yang diyakini penulis.
  3. Merupakan media atau sarana untuk memecahkan permasalahan.
  4. Untuk memecahkan masalah tanpa harus memiliki hasil yang pasti.
  5. Dengan ditulisnya argumentasi, penulis dapat meyakinkan seseorang untuk sependapat dengannya terhadap suatu masalah yang ada.

Jenis Argumentasi

jenis argumentasi
buatlagi.com

Untuk jenisnya, paragraf argumentasi diklasifikasikan menjadi dua jenis. Pengelompokan menjadi dua jenis ini berdasarkan cara pengembangan topik utama dalam argumentasi yang ditulis, yaitu argumentasi pola sebab-akibat dan pola akibat-sebab.

1. Pola Sebab-Akibat

Paragraf argumentasi jenis ini merupakan argumentasi yang ditulis berdasarkan hubungan seba dan akibat. Paragraf ini biasanya diawali dengan pendapat-pendapat penulis mengenai sebab-sebab dari permasalahan atau topik yang akan dibahas penulis yang kemudian akan diarahkan pada suatu kesimpulan umum berupa akibat yang ditimbulkan.

  • Contoh Pola Sebab Akibat

Akhir-akhir ini banyak terjadinya pembabatan hutan besar-besaran secara ilegal di hutan Kalimantan. Tidak hanya penebangan, beberapa lahan hutan dibakar guna mempercepat proses pembabatan pohon-pohon. Pembabatan hutan adalah untuk pengalihan fungsi lahan menjadi perkebunan pohon kelapa sawit. Pendapatan yang menggiurkan dari industri kelapa sawit menghalalkan pengalihan fungsi lahan hijau menjadi kebun kelapa sawit. 

Oknum-oknum tidak bertanggung jawab pun berdatangan, bermigrasi menguasai daerah. Akibatnya tidak hanya masyarakat lokal yang mengalami kerugian dengan kehadiran para pendatang yang mengambil alih ladang mata pencaharian, juga keragaman hewani dan hayati yang tergusur tempat tinggalnya. Selain itu, akibat yang paling jelas dihadapi adalah polusi udara yang disebabkan pembabatan hutan dengan proses pembakaran.

2. Pola Akibat-Sebab

Jenis argumentasi pola akibat sebab merupakan kebalikan dari argumentasi sebab akibat. Dalam penulisannya, argumentasi penulis dibuka dengan kalimat-kalimat berupa akibat dari suatu permasalahan. Baru kemudian penulis akan menyebutkan sebab-sebab pemicu terjadinya masalah tersebut.

  • Contoh Pola Akibat-Sebab

Di Indonesia, pendidikan masih mengalami ketertinggalan yang cukup signifikan dibanding dengan sesama negara berkembang di Asia Tenggara. Kita ambil contoh negara Thailand dan Malaysia. Kedua negara tersebut menjamin generasi muda untuk tetap melanjutkan pendidikan setidak-tidaknya sampai perguruan tinggi.

Yang jelas berbanding terbalik dengan Indonesia yang penduduknya hanya mampu mengenyam pendidikan paling tinggi bangku sekolah menengah pertama (SMP). Bahkan dalam kasus tertentu di daerah-daerah terpencil, kita ambil contoh Papua, hanya mampu tamat sekolah dasar  atau tak jarang pula putus sekolah.

Ketertinggalan ini terjadi bukan karena ketidak mampuan penduduk untuk mengejar pendidikan. Justru karena ketidak mampuan mereka terhadap nasib. Terletak di sisi ujung paling timur Indonesia, Papua sedikit terabaikan. tidak meratanya fasilitas-fasilitas pendidikan yang seharusnya kewajiban negara untuk memenuhi sebagai penunjang pendidikan yang lebih baik turut mendukung lajur pendidikan Indonesia yang masih tertinggal.

Hal ini juga karena pemerintah yang memang berkewajiban melayani masyarakat terlalu fokus membangun dan memperbanyak fasilitas di pusat kota. Adapun karena ini penyebab mengapa pendidikan di Indonesia masih tertinggal dan tidak mampu bersaing dengan negara lainnya.

Contoh Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
karyapemuda.com

Dengan penjelasan yang lumayan panjang di atas mengenai paragraf argumentasi, tidak afdol tanpa adanya contoh-contoh tentang argumentasi. Hal ini berguna bagi para pembaca untuk lebih memahami materi paragraf argumentasi dan juga untuk sumber referensi kalian dalam penulisan paragraf argumentasi ini. Berikut beberapa contoh yang bisa kalian gunakan, yaitu:

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Narkoba

contoh paragraf argumentasi tentang narkoba
www.naturalrugs.store

Narkoba merupakan salah satu musuh terbesar bagi manusia. Narkoba adalah sarana penghancur utama generasi muda khususnya di Indonesia. Narkoba dapat dengan mudah merusak jaringan kesehatan tubuh manusia. Ditambah narkoba adalah hal negatif perusak moral manusia para pemakainya.

Karena salah satu kandungan dalam narkoba adalah zat adiktif yang mampu menyebabkan kecanduan bagi pemakainya. Bagi pemakainya, sekali memulai maka akan sulit berhenti. Hal ini merupakan bukti narkoba dapat menyebabkan kecanduan. Maka dari itu, bagi pemakainya yang bermodal pasti tidak sulit untuk memenuhi kecanduannya.

Namun berbeda bagi seorang pecandu yang tidak bermodal, bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan pemakaian narkoba? Satu-satunya cara adalah dengan melakukan tindakan kriminal. Pada tahun 2016, kepolisian Indonesia mencatat tindak kriminal di tahun 2016 naik dua kali lipat dibanding tahun 2015 silam. Salah satu faktor penyebabnya adalah narkoba.

Di dunia kesehatan, pemakaian narkoba sangat diperbolehkan, dengan catatan sesuai aturan pakai dan dalam dosis tertentu. Dalam medis, narkoba sering kali digunakan untuk pereda rasa sakit  dan obat bius. Permasalahan tersebut ada juga karena ada beberapa penyebabnya. Kurangnya perhatian dan bimbingan keluarga terutama orang tua juga menjadi salah satu penyebabnya.

Beberapa kasus menyatakan bahwa hampir tiga per empat pecandu narkoba adalah pelajar yang memiliki latar belakang kurangnya perhatian dari orangtuanya termasuk anak broken home.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Kesehatan

contoh paragraf argumentasi tentang kesehatan
hidupsimpel.com

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling vital. Kasus kematian paling banyak adalah disebabkan penyakit jantung. Kendati demikian, masih banyak  orang yang kurang peduli akan kesehatan jantung. Kenyataan ini didukung dengan terung meningkatnya jumlah perokok aktif dari tahun ke tahun.

Rokok merupakan salah satu faktor pembunuh manusia paling banyak. Asap rokok merupakan  salah satu penyebab penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan rokok mengandung zat adiktif reaktif dengan jumlah yang banyak yang dapat mengganggu kinerja organ jantung manusia.

Ditambah dengan tubuh manusia yang kurang bergerak, hal ini membuat detak jantung lama kelamaan akan melambat. Tentunya sudah menjadi kewajiban tiap manusia untuk selalu menjaga jantung karena merupakan organ paling vital dalam tubuh manusia.

Salah satu solusi untuk menjaga kesehatan dan kinerja jantung adalah dengan menghentikan dan meninggalkan aktivitas rokok dan mulai beralih menjalankan pola hidup sehat baik melalui makanan dan berolahraga secara rutin dan teratur. Kegiatan ini kiranya dapat membantu dan berangsur-angsur membantu kinerja jantung secara lebih baik lagi sehingga terhindar dari penyakit jantung.

Bagaimanapun juga mencegah datangnya penyakit pada tubuh adalah lebih baik ketimbang mengobati. Demikian penjelasan yang dapat dijelaskan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pola hidup tidak sehat terutama konsumsi rokok dan kurangnya bergerak pada tubuh dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Tentunya ini sangat merugikan diri sendiri. Mulailah hidup sehat dari sekarang, kesehatan adalah yang paling utama dan penting.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Sepak Bola

contoh paragraf argumentasi tentang sepak bola
Contoh Paragraf Argumentasi tentang Sepak Bola

Tim sepak bola terbesar dan bergengsi di Eropa, Real Madrid, adalah salah satu tim sepak bola yang disegani dan ditakuti tim-tim sepak bola lainnya. Tim sepak bola asal negara Spanyol ini mampu menyabet empat trofi sekaligus pada tahun 2016 di salah satu kompetensi bergengsi yaitu Liga Champion.

Liga Champion merupakan ajang kompetensi paling bergengsi dikalangan tim-tim sepak bola yang tersebar seluruh benua Eropa. Liga ini merupakan yang terbesar karena tiap negara pesertanya hanya diperbolehkan mengirim tiga tim dengan peringkat teratas.

Real Madrid mampu menjuarai semua kompetisi adalah karena permainan yang apik dari setiap pemain yang ada. Selain itu, kunci suksesnya juga karena kerjasama yang baik antar pemain satu sama lain. Pelatihnya pun, Zinedine Zidane turut menyumbang salah satu faktor mengapa Real Madrid menapaki puncak keemasannya.

Perannya mampu mengatur dengan baik pergerakan setiap pemain dari pinggir lapangan. Kesimpulannya, kesuksesan Real Madrid adalah karena kerja sama tim yang baik dibarengi dengan peran pelatihnya yang mengatur strategi permainan yang apik.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan

contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan
www.vebma.com

SMA Negeri 1 Tanjung Bintang pada tahun 2018 dinobatkan sebagai sekolah menengah atas dengan pendidikan yang terbaik di Indonesia. Sekolah ini mampu menamatkan orang-orang yang berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya juara-juara olimpiade yang mampu disabet dan diraih oleh Tanjung Bintang.

Tidak hanya di bidang akademik, prestasi Tanjung Bintang juga menempati bidang non-akademik seperti bidang olahraga dan kesenian. Di tahun 2018, SMA Negeri Tanjung Bintang mengirimkan setidaknya 20 siswanya sebagai atlet untuk mengikuti ajang bergengsi Asean Games.

Selain itu yang paling membanggakan adalah keikutsertaan paduan suara Tanjung Bintang dalam kompetisi paduan suara skala internasional di Barcelona, Spanyol. Kesuksesan SMA Negeri  1 Tanjung Bintang semata-mata tidak hanya karena murid-muridnya memang yang berbakat secara alamiah namun juga karena kinerja yang sangat keras dari dewan-dewan serta komite sekolah yang selalu berkomitmen untuk selalu menghasilkan lulusan-lulusan terbaik.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Agama

contoh paragraf argumentasi tentang agama
ibnudin.net

Di Indonesia agama Islam menjadi salah satu agama dengan pemeluknya yang besar sejak masa penjajah kolonial. Di Abad ke 21 M, memasuki era modern agama Islam menjadi agama yang mayoritas dianut oleh warga Negara Indonesia. Data yang diperoleh dari catatan kependudukan hampir delapan puluh persen masyarakat Indonesia memeluk agama Islam.

Awal mula kedatangan agama Islam adalah ketika saudagar besar atau pedagang berkebangsaan Timur Tengah singgah ke Indonesia. Sejarahnya, selain berdagang para pedagang dari Timur Tengah juga berdakwah dan menyebarkan agama Islam. Penduduk lokal menerimanya dengan tangan terbuka karena para pedagang Timur Tengah sangatlah ramah.

Selain karena keramahan dan kesopanan yang ditunjukkannya kepada bangsa Indonesia, agama Islam menunjukkan dan mengajarkan ajaran-ajaran yang baik pada penduduk lokal. Ajaran-ajaran tersebut dirujuk langsung dari sumber utama pedoman agama Islam yaitu al-Qur’an dan Hadits.

Rujukan ini karena sejak diturunkannya wahyu pertama kepada Rasulullah untuk memeluk agama Islam, Al-Qur’an dan Hadits menjadi pedoman manusia untuk selalu berbuat kebaikan. Masuknya agama Islam di Indonesia sejak masa penjajahan karena awal kedatangannya bersama para pedagang Timur Tengah dengan keramahannya disambut dengan tangan terbuka.

Selain itu didukung dengan ajaran-ajarannya yang mengarahkan manusia untuk selalu berbuat kebaikan.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan Moral

contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan moral
karyapemuda.com

Masa milineal, masa dimana lajur modernisasi berjalan dengan pesat justru menggiring moral generasi muda pada keterbelakangan. Para generasi muda utamanya para remaja tidak lagi memperdulikan segala sesuatu tentang moral. Mirisnya para remaja kini melakukan sesuatu dengan kehendaknya sendiri tanpa mau memperdulikan apakah hal tersebut baik atau tidak bagi mereka sendiri dan orang lain.

Bahkan apabila mereka ditegur maupun dinasehati bukannya berterimakasih telah diingatkan, mereka justru marah dan merasa tersinggung. Tidak jarang mereka akan balik menegur orang-orang yang menasehati. Hal ini jelas membuktikan bahwa generasi muda sekarang krisis moral.

Beberapa kasus menyebutkan para remaja pun akan sulit diatur dan ditangani bahkan oleh orang tua mereka sendiri. Salah satu kasus yang paling fenomenal di akhir-akhir ini adalah seorang ibu yang di tuntut dan didakwa atas penebangan sebatang pohon di kebunnya sendiri oleh anak-anaknya.

Jelas ini bukti bahwa moral generasi bangsa sudah berada di ujung tanduk jurang kerusakan. Keterbelakangan moral generasi muda bangsa sesungguhnya adalah karena faktor pergaulan yang dilakukan oleh mereka sendiri. Mereka dengan pola pikir yang labil dan sering berubah-ubah menggiring mereka hanya memikirkan kegiatan yang menyenangkan baginya.

Hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab kerusakan moral yang ada di Indonesia. Maka dari itu perlulah kita bersama segera melakukan tindakan yang jelas untuk segera membenahi dan mencegah lebih buruknya moral bangsa. Jika bukan kita sendiri siapa lagi yang akan membantu kemajuan bangsa Indonesia.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan

contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan
hidupsimpel.com

Negara Indonesia masuk dalam peringkat lima besar negara dengan jumlah penduduk terpadat. Dengan jumlah penduduk hampir dua ratus lima puluh juta, mengantarkan Indonesia sebagai negara dengan konsumen terbanyak. Namun prestasi ini tidak dibarengi oleh sikap disiplin oleh para penduduknya mengenai sampah hasil produk komsumsi sehari-hari.

Hingga saat ini sampah di Indonesia menjadi salah satu permasalahan yang pelik dan membutuhkan penanganan yang serius. Sampah yang menumpuk dan menggunung tidak jarang hanya menambah permasalahan. Pencemaran air, pencemaran tanah maupun polusi udara serta penurunan daya tahan tubuh manusia dan lain sebagainya turut menjadi rentetan permasalahan yang disebabkan tumpukan sampah di Indonesia.

Penumpukan sampah dan memenuhi ruang dan sudut-sudut daerah pemukiman menyebabkan pemerintahan sendiri kewalahan untuk mengatur dan membersihkannya. Hal ini juga didukung dengan masyarakat sendiri yang kurang disiplin mengenai sampah.

Masyarakat sendiri sering kedapatan masih membuang sampah sembarang tanpa mempedulikan lingkungan sekitarnya. Juga pemerintah dulunya kurang memperhatikan masalah-masalah seperti ini karena dianggap sepele sehingga saat ini pemerintah menjadi kewalahan saat sampah mulai menumpuk di TPU dan mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.

Kini pemerintah pun masih belum memiliki rencana ataupun antisipasi untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penumpukan sampah. Ujung-ujungnya hal ini sangat merepotkan kinerja pemerintahan. Ketidakmampuan pemerintah dalam pengelolaan sampah juga menjadi faktor pendukung lainnya disisi kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap penumpukan sampah.

Nyatanya di negara-negara maju keberadaan sampah justru membantu pertumbuhan perekonomiannya. Sampah sesungguhnya dapat di daur dan diolah ulang kembali. Dengan proses pengolahan yang baik sampah berubah menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.

Sampah dapat diolah dan di daur ulang menjadi barang-barang baru seperti kerajinan tangan, daur ulang kertas, pupuk, dan masih banyak lagi tinggal bagaimana cara kita mengolahnya. Cara seperti ini turut membantu masalah penumpukan sampah dan juga menguntungkan berbagai pihak. Produk-produk daur ulang bisa dijual kembali sehingga sedikit membantu perkembangan perekonomian masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai paragraf argumentasi beserta contoh-contoh argumentasi yang sedianya dapat menbantu para pembaca untuk dijadikan rujukan dalam penulisan argumentasi.

Adapun contoh-contoh saya tuliskan guna membantu anda untuk lebih memahami dan menangkap maksud dari penjelasan mengenai paragraf argumentasi. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat membantu ada sedemikiannya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.