Surat Pernyataan: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri-Ciri dan Contohnya

Surat pernyataan – Surat pernyataan adalah salah satu jenis surat yang cukup banyak dibuat. Sesuai namanya, surat ini adalah surat yang digunakan untuk menyatakan sesuatu, seperti pendapat, keputusan dan hal lainnya. Ada cukup banyak contoh surat pernyataan yang tersedia dan dibuat dengan aneka kebutuhan yang berbeda-beda.

Memang, pada dasarnya, pernyataan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara lisan ataupun secara tulisan. Nah, membuat surat pernyataan adalah salah satu cara menyatakan pendapat tidak secara lisan. Cara ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pernyataan yang cenderung formal dan lebih jelas.

Selain itu, surat pernyataan juga bisa membantu ketika sebuah pernyataan akan ditinjau kembali. Tentu, karena diucapkan secara tulisan, maka peninjauan tersebut akan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan bebas.

Pengertian Surat Pernyataan

pengertian surat pernyataan
www.liputan6.com

Sebelum membahas tentang contoh surat pernyataan, ada baiknya jika pembahasan dimulai dengan membahas pengertian dari surat pernyataan terlebih dahulu.

Nah, dalam sebuah pembahasan, surat pernyataan diartikan sebagai sebuah surat yang ditulis oleh seseorang di mana berisi tentang pernyataan bahwa dia atau orang lain tidak melakukan sesuatu tertentu.

Selain itu, surat pernyataan juga diartikan sebagai surat yang ditulis untuk menyatakan kesanggupan seseorang atau kelompok untuk menanggung risiko atau hal terkait yang ia lakukan. Dalam hal ini, surat pernyataan digunakan sebagai salah satu wujud dari sebuah tanggung jawab.

Perlu diketahui, seringkali, dalam contoh surat pernyataan terdapat aspek legal yang harus ditulis. Aspek legal tersebut kemudian dibubuhi dengan materai yang resmi. Hal inilah yang memberikan pengertian bahwa sebenarnya surat pernyataan adalah surat resmi dan di dalamnya ada sebuah konsekuensi hukum yang mengikat dari pernyataan yang dibuat.

Tujuan Penulisan Surat Pernyataan

tujuan penulisan surat pernyataan
karinov.co.id

Sebagaimana surat lainnya, surat pernyataan pun dibuat dengan tujuan tertentu. Dalam pembahasan, ditemukan ada cukup banyak tujuan yang bisa dimasukkan dalam alasan penulisan surat pernyataan tersebut baik secara resmi ataupun secara tidak resmi.

Nah, adapun beberapa tujuan dari penulisan surat pernyataan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Tujuan Untuk Keperluan Sehari-Hari

Salah satu tujuan penulisan surat pernyataan yang paling jamak adalah untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari berkaitan dengan beberapa hal. Ya, memang ada beberapa urusan di mana membutuhkan surat pernyataan untuk melengkapinya. 

Sebagai contoh, ketika seseorang ingin melamar sebuah pekerjaan, maka akan ada surat pernyataan yang dibuat sebagai pelengkap. Dalam hal ini, surat pernyataan memiliki fungsi yang sangat penting di mana akan membuat surat lamaran menjadi lebih lengkap untuk dilakukan verifikasi.

  • Tujuan Untuk Keperluan Dinas

Dalam penggunaannya, surat pernyataan juga sering digunakan untuk urusan dinas. Ya, surat pernyataan ini menjadi surat yang teramat penting yang tentu saja akan berpengaruh pada urusan dinas yang sedang dikerjakan. Dengan adanya surat pernyataan, maka urusan dinas tersebut akan cenderung lebih lancar.

Seperti misalnya, ketika ada seorang pimpinan perusahaan ingin menceritakan tentang anak buahnya, maka ia akan membuat surat pernyataan yang berisi pengakuan bahwa si anak buah bekerja padanya. Selain itu, ada pula surat pernyataan yang digunakan untuk menyatakan kesanggupan dari perjanjian yang dilakukan oleh perusahaan.

  • Tujuan Untuk Keperluan Lembaga

Tujuan lain dari surat pernyataan adalah untuk urusan yang berkaitan dengan lembaga. Inilah alasan kenapa cukup banyak contoh surat pernyataan yang dibuat dan ditunjukkan kepada sebuah lembaga tertentu. Penggunaan surat pernyataan dalam hubungannya dengan lembaga bisa diterapkan dalam beberapa hal.

Misalnya saja, dalam suatu lembaga, akan ada proses seleksi masuk anggota baru. Nah, para calon anggota yang mendaftar tersebut biasanya akan disuruh untuk menulis surat pernyataan. Isi dari surat pernyataan tersebut cenderung beragam mulai dari pernyataan kesanggupan, pernyataan tidak menggunakan narkoba dan lainnya.

Dilihat dari beberapa poin di atas, bisa disimpulkan bahwa ada cukup banyak tujuan yang tergambar dari surat pernyataan. Dengan adanya banyak tujuan tersebut, tentu bisa dilihat bahwa surat pernyataan sebenarnya adalah surat yang cenderung penting dan bisa diaplikasikan dalam beragam keperluan yang berbeda. 

Manfaat Surat Pernyataan

manfaat surat pernyataan
teropong.id

Selain tujuan dari surat pernyataan yang sudah dipaparkan dalam beberapa poin di atas, ada beberapa manfaat dari surat pernyataan yang akan didapatkan baik dari penerima ataupun dari pembuat. Manfaat tersebut tentu bisa menjadi dasar kenapa surat pernyataan ini begitu penting untuk diperhatikan.

Adapun detail manfaat dari surat pernyataan ini adalah sebagai berikut:

  • Manfaat Bagi Penerima

Dalam pembahasannya, manfaat yang didapatkan bagi penerima surat pernyataan adalah adanya bukti pertanggungjawaban yang mengikat. Bukti ini adalah hal penting dan mengikat di mana bisa menjadi tolak ukur keseriusan dari pembuat dalam melaksanakan apa yang menjadi pernyataannya.

Misalnya saja seseorang menulis sebuah surat pernyataan yang menyatakan bahwa ia sanggup untuk tidak melakukan kelalaian selama bekerja. Dengan demikian, si penerima bisa memegang janji tertulis dari pembuat surat pernyataan. Jika suatu hari ia melanggar, maka si penulis surat pernyataan bisa mendapatkan teguran.

  • Manfaat Bagi Pembuat

Pembuat surat pernyataan juga akan mendapatkan manfaat dari surat yang telah ia tulis. Apa yang menjadi manfaat dari pembuat surat pernyataan adalah adanya rasa kepercayaan yang berhasil ditumbuhkan. Dengan menggunakan surat pernyataan, maka kredibilitas dari pembuat akan cenderung lebih diakui dan ia akan dianggap sebagai orang yang sesuai dan kompeten.

Dengan demikian, maka dalam beberapa urusan, si pembuat surat pernyataan akan mendapatkan keuntungan. Misalnya saja, saat ia membuat surat pernyataan kesanggupan untuk tidak lalai dalam menjalankan pekerjaan, bisa jadi pemilik perusahaan akan memilihnya untuk menjadi karyawan yang baru.

  • Manfaat Bagi Pihak yang Dinyatakan

Perlu diketahui bahwa surat pernyataan tidak hanya dibuat sebagai upaya menyatakan pendapat atau hal-hal lain yang bersifat pribadi. Surat yang satu ini juga biasa dibuat untuk menyatakan salah satu pihak tertentu, seperti anggota, rekan bisnis atau lainnya.

Nah, dengan hal ini maka pihak yang dinyatakan dalam surat pernyataan akan mendapatkan manfaat. Salah satu manfaat yang akan didapatkan adalah adanya pengakuan orang lain kepada dirinya sebagai seseorang seperti yang dinyatakan dalam surat pernyataan tersebut. 

Beberapa manfaat dari surat pernyataan semakin menunjukkan bahwa surat ini adalah salah satu surat yang cukup penting. Oleh karena itu, pengetahuan tentang surat pernyataan menjadi hal yang perlu. 

Ciri-Ciri Surat Pernyataan

ciri ciri surat pernyataan
www.romadecade.org

Hal lain terkait surat pernyataan yang perlu diketahui adalah ciri dari surat pernyataan tersebut. Pengetahuan tentang ciri dari surat pernyataan menjadi penting untuk memudahkan Anda membuat salah satu surat resmi ini. 

Berbincang tentang ciri dari surat pernyataan, ada beberapa ciri yang melekat dan membedakannya dengan jenis surat yang lain. Adapun beberapa ciri dari surat pernyataan ini adalah sebagai berikut:

  • Bahasa yang Digunakan

Salah satu ciri yang paling kentara dari surat pernyataan adalah dari bahasa yang digunakan. Bahasa menjadi hal yang paling penting dalam surat ini dan menjadi hal yang tentu saja akan mempengaruhi hasil surat pernyataan yang Anda buat.

Perlu diketahui bahwa surat pernyataan menggunakan bahasa resmi. Selain dikarenakan surat pernyataan masuk ke dalam jenis surat resmi, surat ini juga memiliki ketetapan hukum. Artinya, bahasa yang digunakan harus formal dan tidak boleh bahasa pribadi. Terlebih, dalam pembuatannya surat pernyataan ini dilengkapi dengan materai

  • Menggunakan Kata Bersifat Denotatif

Selain penggunaan bahasa yang diatur, penggunaan kata pada pembuatan surat pernyataan juga diatur. Dalam hal ini, kata yang digunakan untuk membuat surat pernyataan harus kata dengan makna atau sifat yang denotatif.

Kata yang bermakna denotatif adalah kata dengan makna yang sebenarnya. Lawan dari denotatif adalah konotatif yang cenderung ambigu dan kaya akan makna. Seiring dengan surat pernyataan yang bersifat resmi dan formal, maka penggunaan kata ambigu tidak diperkenankan.

Hal ini dikarenakan kata yang ambigu akan cenderung membuat informasi yang ada di dalam surat pernyataan menjadi susah untuk dipahami. Tidak hanya itu, kata konotatif akan cenderung bermakna ganda. Artinya, akan ada makna yang baru dan cenderung berseberangan yang membuat makna teks menjadi kabur

  • Melengkapi Data yang Tercantum

Hal lain yang menjadi ciri dari surat pernyataan adalah penggunaan data yang sesuai. Dalam pembuatan surat pernyataan, maka ada data-data yang harus tercantum di dalamnya. Data ini adalah salah satu kelengkapan surat yang teramat penting di mana akan membuat surat pernyataan yang dibuat menjadi lebih valid dan kredibel. 

Misalnya saja, ketika melibatkan orang lain sebagai objek pernyataan, ada beberapa data yang harus dilengkapi. Beberapa data yang dimaksud adalah data diri seperti nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan dan informasi lain yang terkait

  • Isi Ditulis Dengan Jelas

Penulisan surat pernyataan harus dilengkapi dengan pemaparan isi surat yang jelas dan tegas. Ini adalah salah satu hal yang paling penting dan menjadi ciri yang melekat pada surat pernyataan. Dalam hal ini, isi dari surat pernyataan harus dibuat serapi dan juga singkat.

Dalam pembuatannya, isi surat pernyataan tidak boleh ditulis dengan bertele-tele dan berputar-putar sehingga nantinya tidak fokus. Dikarenakan roh pada surat ini adalah isi dari pernyataan tersebut, maka kejelasan isi surat pernyataan menjadi sangat penting.

Ciri dari surat pernyataan sebagaimana di atas harus diperhatikan dengan baik. Dengan memperhatikan beberapa ciri tersebut, tentu saja membuat surat pernyataan akan menjadi lebih mudah dan hasilnya pun akan cenderung lebih relevan.

Fungsi Surat Pernyataan

fungsi surat pernyataan
unsplash.com

Dilihat dari namanya saja, surat pernyataan sudah akan ketahuan fungsi utamanya. Ya, fungsi utama dari surat pernyataan adalah untuk menyatakan sesuatu dan menjadikan pernyataan yang keluar sebagai sebuah pegangan dan bentuk tanggung jawab yang sangat penting.

Namun, jika dilihat lebih lanjut, ada beberapa fungsi lain secara lebih spesifik dari surat pernyataan tersebut. Adapun beberapa fungsi dari surat pernyataan ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Bentuk Deklarasi

Salah satu fungsi dari surat pernyataan adalah sebagai bentuk deklarasi. Dalam hal ini, apa yang dimaksud dengan deklarasi adalah sebuah pernyataan pengakuan dari seseorang. Misalnya saja, deklarasi tersebut adalah pengakuan tentang kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu.

  • Sebagai Sebuah Pengingat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa surat pernyataan adalah salah satu surat di mana sangat penting untuk dijadikan pegangan. Nah, maksud lain dari pegangan ini adalah pengingat. Dengan adanya surat pernyataan, maka akan ada kepentingan yang senantiasa diingat berdasarkan pernyataan dari seseorang.

Misalnya saja seseorang melalui sebuah surat menyatakan bahwa ia tidak akan berpindah kerja minimal selama 3 tahun. Dengan surat pernyataan tersebut, maka ada ingatan tentang janji dari seseorang tadi.

  • Sebagai Dokumen Pendukung

Telah disampaikan di beberapa poin sebelumnya bahwa surat pernyataan seringkali menjadi salah satu dokumen yang dilampirkan, terutama jika berkaitan dengan lamaran pekerjaan. Nah, dengan adanya surat pernyataan, maka ada syarat yang diajukan oleh perusahaan dan bisa dipenuhi dengan baik oleh pelamar pekerjaan tadi.

Adanya surat pernyataan sebagai dokumen pendukung ini juga penting sebagai bentuk penilaian. Dengan adanya surat pernyataan, maka akan ada personality dari seseorang yang terbangun dan terbentuk sehingga bisa menjadi cara untuk mengenali kepribadian mereka.

Jenis Surat Pernyataan

jenis surat pernyataan
fadilladwianti.com

Ada cukup banyak contoh surat pernyataan yang tersedia dengan jenis surat yang berbeda-beda. Adanya banyak jenis surat pernyataan tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk membuat mana surat pernyataan yang tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Adapun beberapa jenis dari surat pernyataan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Surat Pernyataan Diri

Salah satu surat pernyataan yang paling umum dibuat adalah surat pernyataan diri. Seperti namanya, jenis surat pernyataan yang satu ini dibuat untuk menerangkan detail dari diri sendiri. Biasanya, surat pernyataan ini berisi tentang kondisi individu atau hal lain yang perlu untuk disampaikan karena akan menjadi sebuah bahan pertimbangan

  • Surat Pernyataan Hutang

Jenis lain dari surat pernyataan yang juga cukup banyak dibuat adalah surat pernyataan hutang. Seperti namanya, jenis surat pernyataan dibuat dengan dasar hutang yang ada. Surat ini biasanya berisi pengakuan memiliki sebuah hutang dan janji terkait waktu pelunasan yang memiliki ketetapan hukum yang tetap.

  • Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan kesanggupan adalah sebuah surat pernyataan yang digunakan seseorang dalam hal tertentu. Sebagaimana namanya, surat ini berisi tentang kesanggupan seseorang untuk menjalankan aturan atau hal lainnya, misalnya kesanggupan membayar biaya sekolah sebelum tenggat waktu tertentu dan lainnya.

  • Surat Pernyataan Kerja

Jenis surat pernyataan lainnya adalah surat pernyataan kerja. Ini adalah jenis surat pernyataan yang dibuat oleh karyawan yang membuktikan bahwa dirinya benar-benar menjadi bagian suatu perusahaan atau instansi terkait. Biasanya, surat pernyataan dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan suatu kondisi tertentu yang penting.

  • Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Surat pernyataan bebas narkoba adalah jenis surat pernyataan yang biasanya dibutuhkan oleh seseorang yang hendak mendaftar ke perguruan tinggi, melamar pekerjaan atau lainnya. Dengan surat ini, maka pihak terkait lainnya mengetahui bahwa seseorang tersebut bukan pengguna narkoba.

Beberapa jenis surat pernyataan tersebut bisa menjadi inspirasi untuk membuat surat ini. Tentu, ada aneka jenis lainnya yang muncul dalam contoh surat pernyataan yang bisa dipelajari.

Beberapa Contoh Surat Pernyataan

beberapa contoh surat pernyataan
ajaib.co.id

Ada cukup banyak contoh surat pernyataan yang bisa menjadi inspirasi untuk membuatnya. Adapun beberapa contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Surat pernyataan diri

surat pernyataan diri
www.romadecade.org

SURAT PERNYATAAN

READ  6 Contoh Surat Tanda Terima yang Penting dan Harus Diketahui

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rudi

Alamat : Karang Asem

No KTP : 357990976899

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Sama sekali tidak pernah terlibat penggunaan narkotika atau zat adiktif lain
  2. Sama sekali tidak pernah terlibat dalam kegiatan untuk menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkotika
  3. Tidak pernah  diberhentikan atau dipecat dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya
  4. Tidak terlibat  aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun sebagai pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya  buat dengan sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk mengikuti Tes Masuk Sekolah Pelayaran . Saya bersedia menerima konsekuensi hukum apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan.

Yogyakarta, 12 Oktober 2015

 

Rudy

(tanda tangan di atas Materai)

Surat Pernyataan Kepemilikan Harta

surat pernyataan kepemilikan harta
www.romadecade.org

SURAT PENGAKUAN KEPEMILIKAN HARTA

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Rudy

NPWP : 11.222.33346786449

NIK : 3333344444444

Alamat : Jalan Gatot No 64 Semarang

Dengan ini menyatakan bahwa :
Atas Tanah dan Bangunan seluas 1000 m2 (seribu meter persegi) dari sebidang tanah Hak Milik/Hak Guna Bangunan Nomor 88 yang terletak di Jl. Surabaya No. 34, Jakarta adalah benar milik saya.

Demikian Surat ini  saya buat dengan sebenarnya. Dan digunakan untuk kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak.

Semarang, 3 Desember 2017
Yang menyatakan,
Materai 6000,-
Rudy
NPWP: 11.222.33346786449

Baca Juga Pengertian Deskripsi

Demikian beberapa ulasan tentang surat pernyataan dan hal-hal terkait lainnya yang perlu diketahui. Nah, simak beberapa contoh surat pernyataan tersebut dan buatlah surat pernyataan sesuai dengan keperluan Anda secara benar dan detail. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.