Contoh Abstrak Untuk Tugas akhir dan Penelitian

Contoh Abstrak – Karya ilmiah, baik itu skripsi, jurnal, tesis, disertai dan lain sebagainya selalu menuntut penulisnya untuk membuat abstrak. Tidak jarang pula dosen di kelas menugaskan hal yang sama. Tentu saja itu bukan tanpa alasan. Kedudukan abstrak sangatlah penting, bahkan bisa dibilang wajib di dalam sebuah karya ilmiah. Manfaat abstrak sendiri juga cukup beragam. Oleh karena itu, Anda yang kebetulan sedang menempuh studi di perguruan tinggi atau berkeinginan untuk menjadi seorang peneliti harus bisa membuat abstrak yang baik.

Abstrak sendiri bukan rangkaian yang tanpa aturan. Ada komponen pokok di dalamnya yang harus Anda ikuti supaya karya ilmiah yang dibuat benar-benar menemuhi standar karya ilmiah yang baik. Selain itu, sebenarnya posisi abstrak sendiri itu menggambarkan bagus tidaknya karya Anda. Karena di dalam abstrak, semua gambaran penelitian yang dilakukan dicantumkan di sana. Walaupun bisanya tidak sampai satu halaman.

Nah, Anda yang merasa kebingungan bagaimana membuat abstrak yang baik dan berkualitas serta penasaran dengan contohnya tidak perlu khawatir. Karena berikut ini akan diulas mengenai abstrak dan berbagai contohnya untuk bisa membantu para peneliti yang masih merasa kebingungan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Abstrak

pengertian abstrak
unsplash.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai abstrak beserta contohnya, alangkah baiknya untuk mengulas terlebih dahulu tentang apa itu abstrak. Abstrak merupakan gambaran dari sebuah karya tulis, makalah, skripsi dan lain sebagainya secara singkat, padat, dan mudah dimengerti oleh para pembaca. Abstrak memiliki bentuk ringkasan yang isinya menggambarkan keseluruhan karya ilmiah yang dibuat.

Di samping itu, abstrak juga menerangkan tentang ruang lingkup dari seberapa luas sebuah topik yang ditulis di dalamnya. Dengan demikian, diharapkan dengan adanya abstrak, pembaca akan semakin memahami tentang ide pokok yang diangkat di dalam sebuah karya hanya dengan cara membaca abstraknya.

Abstrak sendiri memiliki beberapa bagian yang wajib dicantumkan di dalamnya, misalnya nama peneliti, kemudian rumusan masalah, judul penelitian, teori, metode penelitian, sumber data, variabel, hasil dari penelitian, dan terakhir adalah hasil akhir dari karya tersebut.

Mungkin banyak orang yang bertanya, seberapa apa sih pentingnya abstrak? Dan seberapa berpengaruh ia terhadap sebuah karya ilmiah. Abstrak sangat penting untuk memudahkan Anda di dalam membuat karya tulis, makalah atau paper. Sehingga itupun bisa Anda jadikan acuan untuk menghindari penelitian Anda keluar dari pokok bahasan yang ditentukan sebelumnya pada abstrak.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa adanya abstrak sendiri amat memudahkan bagi para pembaca untuk memahami keseluruhan poin pentingnya mulai dari awal hingga kesimpulan. Di samping itu, sebuah abstrak yang dikemas di dalam bentuk dan urutan menarik akan bisa mengundang rasa penasaran dari para pembaca lebih lanjut sehingga bisa membaca keseluruhan karya Anda.

Manfaat Abstrak

manfaat abstrak
pexels.com

Abstrak sendiri memiliki beberapa manfaat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari abstrak yang akan memudahkan semua orang, baik dari penulis maupun pembacanya.

  • To the point. Dengan adanya abstrak, pembaca akan bisa memahami secara langsung ide pokok atau gagasan utama yang diulas didalam sebuah karya ilmiah tanpa harus membaca semua ulasan di dalamnya. Selain itu, dengan adanya abstrak pula, pembaca bisa dengan mudah menentukan apakah ia akan melanjutnya membaca ataukah tidak. Selain efisien, ini juga bisa membantu menghemat waktu pembaca.
  • Terdapat kata kunci. Adanya kata kunci di dalam sebuah abstrak ternyata sangat membantu menekankan kepada para pembaca terkait kata apa yang sangat penting di dalam karya tersebut. Kata kunci sendiri memiliki sifat yang sangat mudah untuk diingat, sederhana namun mampu mengambarkan isi dari karya ilmiah, makalah, atau skripsi yang dibuat. Di samping itu, adanya kata kunci juga memudahkan penyimpanan karya secara elektronik.
  • Memudahkan penulis menentukan rumusan masalah. Selain kedua manfaat di atas, abstrak juga bermanfaat di dalam membantu penulis menentukan rumusan atau pokok masalah, kemudian teori, metode penelitian yang dipakai, sumber data, variabel, hasil dari penelitian yang ada. Dengan membuat abstrak di awal penelitian, penulis tidak akan keluar dari tema yang diangkat.

Cara Menulis Abstrak Yang Baik

cara menulis abstrak yang baik
pexels.com

Nah, setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat dari abstrak, selanjutnya adalah mengetahui tentang bagaimana cara untuk menulis abstrak. Berikut adalah rincian tentang cara menulis abstrak yang baik tersebut.

  • Judul abstrak

Judul memang menjadi kekuatan yang paling utama. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat judul yang paling menarik bagi pembaca. Dan pastikan mereka akan penasaran dengan judul yang Anda buat.

  • Latar belakang

Di dalam abstrak, Anda harus mencantumkan alasan mengapa mengangkat tema tersebut. Namun, hal ini sebaiknya dijelaskan secara singkat saja, misalnya diawali dengan permasalahan sosial yang ada dan sebagainya.

  • Metode penelitian, sumber data, variabel dan pendukung yang lain

Selanjutnya Anda juga harus mencantumkan metode penelitian, sumber data, variabel dan berbagai pendukung yang lain. Namun, sebaiknya ini disampaikan secara singkat, padat dan jelas supaya tidak terjadi pemborosan kata.

  • Gambaran tulisan abstrak

Selanjutnya adalah di dalam abstrak Anda harus menjelaskan gambaran dari karya Anda secara padat, singkat dan jelas. Dengan demikian, tulisan Anda akan sangat mudah untuk diingat. Dan jangan sampai keluar dari point pentingnya.

  • Simpulan

Setelah mengambarkan hasil penelitiannya, maka Anda juga harus mencantumkan simpulan dari karya tulis Anda. Dan usahakan di tahap ini Anda benar-benar memberikan simpulan yang jelas.

  • Kata kunci

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus mencantumkan kata kunci dari karya ilmiah yangt Anda buat. Adapun jumlah kata kunci sendiri jumlah minimalnya adalah tiga kata.

Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir Kesehatan

Abstrak

HUBUNGAN KEJADIAN PARTUS PREMATUR DENGAN PARITAS DI KAMAR BERSALIN RSUD SAIFUL ANWAR MALANG PERIODE 1 JANUARI SAMPAI 30 DESEMBER 2018

Peneliti:

Pembimbing 1:

Pembimbing 2:

Partus prematur adalah penyebab utama dari mortalitas dan morbiditas perinatal di berbagai belahan dunia. Janin dalam kandungan yang dilahirkan secara prematur memiliki risiko terjadinya komplikasi yang cukup tinggi. Adapun penyebab dari partus prematur sendiri masih sangat sulit untuk ditentukan. Akan tetapi, hal tersebut dapat diidentifikasi melalui paritas. Di tahun 2005, Indonesia tercatat terjadi partus prematur dengan jumlah 19%. Yang mana 20% kelahiran yang dimaksud lebih banyak dialami oleh ibu yang memiliki paritas cukup tinggi. Agustina pada tahun 2005 yang dilakukan di RSUD Dr. Sutomo Surabaya menyebutkan bahwa perempuan yang sudah pernah melahirkan lebih dari tiga kali, ternyata memiliki risiko mengalami partus prematur yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang proses paritasnya masih kurang dari tiga. Maka dari itu, peneliti di sini hendak melakukan penelitian mengenai Hubungan Kejadian Partus Prematur dengan Paritas di RSUD Saiful Anwar Malang.

Adapun desain dari penelitian yang dipakai merupakan korelasi retrospektif dengan memakai data pasien yang ada di dalam Buku Laporan Harian. Sedangkan sampel dari penelitian yang dilakukan penulis ini adalah semua ibu bersalin yang melahirkan di kamar bersalin RSUD Saiful Anwar Malang pada periode 1 Januari sampai dengan 30 Desember 2018 dengan kasus berjumlah 778 persalinan. Dan teknik sampling yang digunakan merupakan sampling jenuh.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis di di sini adalah 778 kasus melajitkan bayi dengan 67 kasus adalah partus prematur sementara sisanya adalah persalinan atem sejumlah 77,5% dan postdate sejumlah 9,8%. Partus prematur sendiri ternyata sangat banyak terjadi kepada ibu-ibu yang memiliki paritas tinggi sebanyak 67%. Sementara ibu yang memiliki paritas rendah adalah sebanyak 23%.

Penelitian ini menghasilkan bahwa didapatkan X2 hutung sebesar 65,7% pada taraf signifikansi 0.09 dan df=1. Nilai ini lebih besar jika dibandingkan dengan X2 tabel. Dengan begitu, hipotesis Nihil (ho) ditolak. Dan itu artinya ada hubungan antara kejadian partus prematur dengan paritas.

Kata Kunci: Partus Prematur, Paritas.

Contoh Abstrak Tugas Akhir Hukum

Abstrak

TINJAUAN MENGENAI PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN HAK TANGGUNGAN

Diadakannya aturan hukum tentang dilaksanakannya pembebanan Hak Tanggungan di dalam sebuah perjanjian kredit memiliki tujuan untuk memberikan suatu kepastian serta perlindungan hukum kepada semua pihak di dalam memanfaatkan tanah beserta benda-benda yang berhubungan dengan tanah sebagai suatu jaminan kredit. Oleh karena itu, praktik pengikatan pada proses kredit dengan jaminan berupa Hak Tanggungan di dalam kegiatan perbankan sebaiknya bisa dilakukan sesuai dengan apa yang sudah pernah diatur di dalam UUHT. Adapun masalah yang hendak diteliti adalah tentang tata cara pelakasanaan pemberian suatu kredit dengan memakai jaminan Hak Tanggungan pada PD BPR BKK Tengaran. Juga berbagai hambatan yang ada di dalam pelaksanaan pemberian kredit dengan menggunakan Jaminan beserta cara untuk mengatasinya.

Metode yang dipakai di dalam penelitian hukum ini merupakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yakni suatu penelitian yang lebih menekankan kepada ilmu hukum serta berupaya untuk meneliti kaidah hukum yang diberlakukan di dalam masyarakat. Adapun sampel yang diambil di dalam penelitian ini adalah PD BPR BKK Tengaran yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Adapun teknik pengambilan sampelnya adalah non random sampling dikarenakan tidak seluruh unsur dari populasi memiliki kesempatan yang serupa untuk menjadi wakil dari populasi tersebut. Adapun jenis sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang merupakan sebuah penelitian yang memakai pertimbangan tertentu di dalam menentukan suatu sampel yang didasarkan kepada pengetahuan cukup juga ciri-ciri tertentu yang berhubungan dengan masalah penelitian.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di PD BPR BKK Tengaran, maka didapatkanlah hasil berupa tata cara pelaksanaan pemberian kredit dengan menggunakan jaminan Hak Tanggungan yang mencakup pemberian suatu kredit oleh PD BPR BKK Tengaran yang memunculkan hak serta kewajiban antara kedua belak pihak. Pembuatan Akta Pemberian Hak tnaggungan yang berfungsi untuk menjamin kepastian hukum terhadap ha katas tanah yang kemudian dibebani Hak Tanggungan. Pendaftaran Akta tersebut tujuannya adalah untuk bisa memperoleh kepastian hukum di antara kedua pihak agar pelaksanaan eksekusinya menjadi lebih mudah dan pasti. Selain itu, juga hambatan-hambatan yang kebetulan dihadapi oleh PD BPR BKK Tengaran beserta cara untuk mengatasinya. Adapun hambatan tersebut lebih kepada tanah yang belum memiliki sertifikat untuk dijadikan sebagai jaminan kredit. Kemudian cara untuk mengatasinya adalah dengan cara memberikan Kredit Tanpa Jaminan kepada pemohon. Sementara upaya yang dilakukan untuk mengatasi kredit macet adalah dengan cara melakukan pelelangan terhadap benda jaminan yang diajukan oleh debitur serta restrukturisasi kredit. Dari hasil penelitian yang dilakukan ini, maka diperoleh kesimpulan yakni kredit perbankan sendiri memiliki peran yang amat penting di dalam bidang ekonomi, khususnya praktik peningkatan jaminan kredit dengan jaminan Hak Tanggungan yang tujuannya adalah untuk memberikan jaminan kepastian hukum yang jelas kepada kedua belah pihak.

Kata kunci: Kredit, Jaminan, Hak Tanggungan.

Contoh Abstrak Penelitian Manajemen

Abstrak

Strategi pemasaran busana muslim dalam menghadapi persaingan usaha

Kegiatan pelaksanaan kinerja bauran pemasaran di sektor butik busana Muslim merupakan tindakan pelaksanaan penjualan yang diberikan oleh pihak managemen butik kepada para pelanggan mereka yang membutuhkan adanya kemudahan dan juga kenyamanan dalam setiap proses transaksi. Selain itu, para pelanggan juga membutuhkan hasil yang memuaskan baik itu dari sisi produk atau jasa yang sudah ditawarkan. Di antara bentuk kinerja dari bauran pemasaran dilajukan oleh PT Shafira Laras Persada yang berlokasi di kawasan Sulanjana no. 28 Bandung Jawa Barat. Ini merupakan realisasi dari misi yang dimiliki PT tersebut dengan langkah yang ditempuh berupa menerapkan sistem segmentasi pasar untuk kalangan tertentu di dalam menentukan produk, tempat, harga dan juga kebijakan promosi mereka. Adapun kinerja bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh pihak managemen dari butik bisa diartikan sebagai salah satu jenis kinerja yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kepada para pelanggan supaya bisa menciptakan loyalitas tinggi oleh para pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tanggapan dari para pelanggan PT Shafira terhadap kinerja dari bauran pemasaran yang sudah dilakukan oleh PT tersebut untuk mendapatkan informasi tentang peroleh tingkat loyalitas dari pelanggan. Adapun metode penelitian yang dipakai merupakan metode penelitian survey yang sifatnya adalag deskriptif verifikatif. Tujuannya adalah untuk memberikan umpan balik terhadap kinerja bauran pemasaran yang ditetapkan oleh pihak managemen PT dengan memakai tanggapan langsung dari para pelanggan mereka. Diharapkan nantinya itu bisa menjadi gambaran atas fakta yang ada. Variable dari kinerja bauran pemasaran tersebut adalah produk, harga, tempat dan juga promosi yang dilakukan. Data dari 87 kuesioner yang telah disebarkan kepada para pelanggan menjadi sumber data yang primer.

Berdasarkan pada tingkat loyalitas pelanggan atas pelaksanaan kinerja dari bauran pemasaran Shafira yang sesungguhnya, bisa diambil suatu kesimpulan bahwa penerapan kinerja pelaksanaan bauran pemasaran di PT tersebut telah diterapkan dengan sangat baik. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan tanggapan yang positif dari responden atas setiap indicator dari variable kinerja bauran pemasaran. Adapun tingkat loyalitas pelanggan juga relatif tinggidengan dibuktikan oleh kriteria dari jawaban responden di tingkat keyakinan indicator loyalitas tinggi. Dengan tingkat keyakinan yang menunjuk angka 95% uji analisis statistiknya, itu menunjukkan bahwa kinerja bauran pemasaran di PT tersebut mempengaruhi pembentukan loyalitas pelanggan bahkan hingga mencapai 95% dan sisanya lebih dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Pelayanan

baca Juga : 3+ Contoh Resume Buku Pengetahuan Pendidikan Sekolah, Novel

READ  9+ Contoh Resensi Buku, Fiksi, Non Fiksi, Novel, Cerpen, Film, Ilmiah, Pengetahuan, Cerita dll

Demikianlah ulasan mengenai contoh abstrak dan berbagai hal yang berkaitan dengannya untuk dijadikan sebagai bahan pengetahuan Anda. Dengan menggunakan contoh abstrak di atas, dijamin Anda akan lebih mudah di dalam membuat abstrak penelitian, baik itu skripsi, tesis, jurnal, makalah dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.