10 Aplikasi Untuk Menggambar Pemandangan Terebaik Di HP Android

Aplikasi menggambar pemandangan – Semua orang pasti memiliki hobi bukan? Banyak sekali hobi yang bisa dilakukan diwaktu luang. Salah satunya yaitu menggambar. Bagi sebagian orang menggambar telah menjadi rutinitas, tak heran jika banyak seniman yang melakukan hal ini. Tentunya terdapat berbagai tema yang bisa diangkat saat akan menggambar salah satunya yaitu gambar pemandangan alam.

Ya, alam merupakan tempat terindah yang diciptakan oleh tuhan yang maha esa untuk makhluknya. Semua pemandangan alam yang ada di dunia ini merupakan salah satu cara manusia untuk mengungkapkan kekagumannya terhadap keindahan ciptaan tuhan. Tentunya Anda harus bersyukur bisa hidup di dunia ini dan melihat betapa indahnya alam ciptaan tuhan.

Terdapat banyak sekali pemandangan alam yang sangat mengagumkan seperti pegunungan, danau, air terjun, pemukiman dan  lain-lain. Semua pemandangan tersebut bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menuangkan ide kreatif dalam sebuah kanvas atau aplikasi.

Hal ini dilakukan agar Anda bisa bereksplorasi lebih jauh tentang keindahan alam. Sangat menarik bukan ciptaan tuhan ini? Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Gambar pemandangan Dengan Cara Manual

cara membuat gambar pemandangan dengan cara manual

Dalam membuat sebuah gambar terdapat dua cara yaitu cara manual dan otomatis. Jika Anda ingin menggunakan cara modern atau otomatis, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mendownload aplikasi khusus untuk menggambar. Kemudian gambarlah pemandangan yang indah pada aplikasi tersebut.

Namun, jika Anda lebih suka cara manual maka sediakanlah buku gambar atau kanvas sebagai medianya. Tak lupa pula menyediakan alat gambar lain seperti pensil, pewarna, penghapus dan lain-lain. Apabila semua sudah siap, proses menggambar bisa langsung dilakukan. Nah, jika Anda masih bingung bagaimana cara menggambar yang baik dan benar, ikutilah beberapa langkahnya, seperti:

  • Tentukan Objek yang Akan Digambar

Objek pemandangan alam mempunyai cakupan yang sangat luas. Diantaranya seperti gunung, sawah, hutan, danau, pemandangan air terjun dan lain-lain. Agar hasilnya semakin menarik, Anda bisa menambahkan beberapa hewan dalam gambar pemandangan tersebut. Misalnya pemandangan laut dengan beberapa ikan yang cantik.

Pada saat menentukan objek, alangkah baiknya jika Anda memilih objek yang sederhana agar mudah untuk digambar. Selain itu tambahkan pula suasana yang ramai agar gambar terlihat lebih menarik.

  • Buat Sketsa Gambar Terlebih Dahulu

Sketsa adalah goresan halus yang bisa dilakukan menggunakan pensil untuk membuat sebuah gambar. Anda bisa menggambar bagian utama yang nantinya akan menjadi tema dasar gambar tersebut. 

Sebagai contoh Anda akan menggambar air terjun beserta gunung. Maka mulailah membentuk air terjun dan gunung secara tipis. Kemudian berilah tambahan pohon untuk memperindah suasana pada gambar.

  • Perjelaslah Bentuk Setiap Objek Gambar

Jika Anda sudah selesai membuat sketsa, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu memperjelas objek yang Anda buat. Penebalan ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan pensil yang lebih tebal atau spidol hitam. 

Hal ini dilakukan agar gambar yang telah dibuat bisa terlihat semakin jelas dan tampak hidup. Apabila gambar tersebut sudah terlihat lebih jelas maka gambar yang Anda buat dapat masuk ke langkah selanjutnya.

  • Hapus Semua Sketsa yang Tidak Diperlukan

Setelah menebalkan gambar, pasti akan ada garis sketsa yang masih terlihat. Agar tidak mengganggu pemandangan, maka hapuslah garis tersebut. Dengan demikian gambar yang Anda buat akan terlihat lebih rapi. Namun, apabila gambar dirasa kurang bagus, tambahlah beberapa objek seperti tumbuhan dan lain-lain.

  • Warnai Gambar Dengan Rapi

Tahap terakhir dalam proses menggambar adalah mewarnai. Anda bisa mewarnai gambar yang sudah dibuat dengan rapi. Pastikan warna yang digunakan cocok dengan gambar tersebut. Hal ini bertujuan agar gambar yang Anda buat akan terlihat lebih menarik.

Jika gambar yang dibuat sudah selesai maka gambar tersebut bisa Anda pasang di media sosial. Sehingga semua orang bisa melihat hasil karya Anda. Bahkan jika Anda beruntung, hasil karya tersebut bisa dipajang pada sebuah pameran lho.

Macam-Macam Gambar Pemandangan

macam macam gambar pemandangan

Alam semesta merupakan tempat tinggal manusia yang sangat indah dan nyaman. Terdapat berbagai jenis pemandangan di alam semesta ini diantaranya yaitu hutan, danau, gunung dan lain-lain. Tentunya semua gambar tersebut sangat indah dan menyejukkan hati. Bagi Anda yang bingung saat akan membuat gambar pemandangan, berikut macamnya:

  1. Gambar pemandangan gunung saat senja 
  2. Gambar gunung berlapis salju
  3. Gambar gunung yang dibalut awan
  4. Gambar sungai yang dekat dengan pemukiman warga
  5. Gambar sungai di alam lepas
  6. Gambar air terjun dan gunung
  7. Gambar pegunungan dan danau
  8. Gambar rimba dan air terjun
  9. Gambar danau dan bebatuan
  10. Gambar air terjun yang menyejukkan hati
  11. Gambar danau yang sangat luas
  12. Gambar air terjun yang indah dan sejuk.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menggambar

rekomendasi aplikasi untuk menggambar
jalantikus.com

Di zaman yang semakin canggih ini, semua kegiatan bisa dilakukan menggunakan PC atau gadget. Bahkan saat ini Anda juga bisa menggambar hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi saja lho. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan alat lukis seperti biasa. Nah, berikut beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk menggambar:

Dotpict-Easy to Pixel Arts

dotpict easy to pixel arts

Jika Anda ingin membuat gambar pemandangan dengan gaya pixel art atau retro, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Pasalnya, aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam memilih warna. Selain itu, aplikasi ini menawarkan sensasi menggambar 8 bit serasa sedang bermain game.

Terdapat berbagai ukuran kanvas yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi. Dotpict-Easy to Pixel Arts juga sudah dilengkapi dengan undo, redo, fitur ekspor dan penyimpanan otomatis lho. Meski demikian, aplikasi ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, seperti:

  • Kelebihan
  1. Mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah digunakan
  2. Mempunyai komunitas pixel artist yang cukup besar.
  • Kekurangan
  1. Masih crash dan belum ada fitur yang dapat digunakan untuk membalas komentar seseorang.

Ibis Paint X

ibis paint x

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar dengan baik. Tentunya aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan para seniman dalam menggambar. Selain itu, dalam Ibis Paint X juga terdapat 300 brush dengan layer yang sangat luas.

Kerennya lagi, aplikasi ini mempunyai 63 filter, 27 mode blending, 46 screen tone, variasi penggaris, fitur stroke stabilization dan fitur clipping mask. Meski demikian setiap aplikasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tak terkecuali Ibis Paint X. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

  • Kelebihan
  1. Memiliki fitur yang lengkap dan banyak pilihannya
  2. Terdapat kanal YouTube yang dapat membantu Anda untuk menggunakan aplikasi ini.
  • Kekurangan
  1. Aplikasi ini masih mempunyai lag.

Bamboo Paper

bamboo paper
www.merdeka.com

Nah, bagi Anda para pengguna tablet atau sejenisnya aplikasi yang satu ini wajib digunakan untuk menggambar. Pasalnya aplikasi ini dapat mengubah tablet Anda menjadi sebuah buku gambar yang canggih. Tentunya Anda bisa menggambar apapun di dalamnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur zoom lho.

Jadi, Anda bisa menggambar dengan lebih cermat dan hasilnya akan lebih memuaskan. Pilihan warna yang disediakan oleh Bamboo Paper juga sangat lengkap. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan lain seperti:

  • Kelebihan
  1. Sangat cocok digunakan dimana saja oleh pemula
  • Kekurangan
  1. Masih harus menggunakan peralatan tambahan agar hasilnya lebih maksimal dan kurang cocok digunakan oleh orang profesional.

PaperColor

papercolor
jalantikus.com

Jika aplikasi lain memberikan fasilitas yang lebih minimalis dan modern, aplikasi sangat berbeda. Ya, PaperColor akan memberi Anda kuas dan pena secara langsung. Jadi, smartphone Anda akan terasa seperti kanvas yang siap untuk dilukis. Tentunya pilihan kuas yang disediakan sangat beragam. Sehingga Anda bisa bebas untuk memilihnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengimport gambar atau foto dari galeri dan mengubahnya ke mode transparan. Di sini, Anda dapat belajar untuk membuat sketsa dengan mudah. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang sedang belajar menggambar. Nah, berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi PaperColor:

  • Kelebihan
  1. Sangat cocok digunakan untuk para pemula yang sedang belajar menggambar
  2. Dapat memberikan sensasi menggambar yang berbeda.
  • Kekurangan
  1. Tidak semua fitur yang terdapat di aplikasi ini bisa digunakan secara gratis.

Adobe Illustrator Draw

adobe illustrator draw

Aplikasi ini sangat terkenal dengan hasil produk yang dapat dijual dengan mahal. Meski demikian, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis di perangkat Android lho. Kini Adobe Illustrator Draw hadir dengan tampilan yang lebih sederhana serta memiliki beragam fitur yang dapat memudahkan Anda dalam menggambar.

Selain itu, mekanika gerakan pada aplikasi ini sangatlah intuitif. Aplikasi versi Android ini sama seperti pada versi PC yaitu dapat menyimpan gambar dalam format vektor. Yang artinya hasil gambar Anda akan terlihat lebih jelas dan jernih. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh seniman profesional. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

  • Kelebihan
  1.   Sangat cocok digunakan untuk membuat gambar vektor
  2. Mempunyai fitur yang lengkap seperti warna, undo, redo dan lain-lain.
  • Kekurangan
  1. Masih sering crash dan kontrol gestur yang dimiliki kurang berguna.

PicsArt Color Paint

picsart color paint

Nah, bagi Anda yang ingin lebih mudah dalam membuat ilustrasi atau gambar pemandangan gunakanlah aplikasi yang satu ini. Pasalnya PicsArt Color Paint dilengkapi dengan fitur yang dapat memberikan efek khusus pada gambar yang dibuat lho. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan warna dan kuas yang banyak.

Jadi, Anda bisa bebas memilih warna untuk mempercantik gambar. Menariknya lagi aplikasi ini dilengkapi dengan fitur blending warna serta penyesuaian layer. Anda juga bisa menambahkan tulisan pada gambar menggunakan text tool. Meski demikian, aplikasi ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan lain, seperti:

  • Kelebihan
  1. Dapat memilih warna dengan mudah
  2. Mempunyai fitur yang sangat lengkap.
  • Kekurangan
  1. Mempunyai bug yang dapat menyebabkan gambar Anda hilang.

Adobe Photoshop Sketch

adobe photoshop sketch
apkpure.com

Nah, aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membuat sketsa raster seperti pada aplikasi Adobe Photoshop yang terdapat di PC. Tentunya aplikasi ini dilengkapi dengan macam-macam kuas yang bisa Anda gunakan. Selain itu, Adobe Photoshop Sketch juga sudah terintegrasi dengan Adobe Illustrator Draw lho.

Sehingga Anda bisa menggunakan keduanya secara bergantian. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa menambahkan gambar ke dalam gambar yang Anda buat. Jadi, gambar Anda akan terlihat lebih indah. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan lain, seperti:

  • Kelebihan
  1. Aplikasi ini sudah bebas iklan
  2. Sudah terintegrasi dengan Adobe Illustrator Draw
  • Kekurangan
  1. Masih memiliki banyak bug seperti fitur zoom dan rotatenya.

Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad

drawing desk draw paint color doodle & sketch pad
apkpure.com

Jika dilihat sekilas, aplikasi ini terlihat menawan dan hanya bisa digunakan oleh seorang seniman profesional. Namun, pada kenyataannya aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja lho. Tentunya aplikasi ini dilengkapi dengan pilihan pensil, kuas dan warna yang bisa Anda gunakan.

Oleh karenanya, Anda bisa lebih leluasa untuk menggambar apapun. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyalurkan hobi menggambar. Nah, sama halnya dengan aplikasi gambar yang lain, aplikasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho, diantaranya seperti:

  • Kelebihan
  1. Mempunyai material yang cukup banyak
  2. Cocok digunakan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga seniman.
  • Kekurangan
  1. masih terdapat crush pada aplikasi.

SketchBook-draw and Paint

sketchbook draw and paint
apkpure.com

Nah, bagi Anda yang suka berimajinasi dan memiliki ide-ide kreatif tuangkanlah semua itu dalam bentuk gambar menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi ini tentunya Anda bisa menggambar apapun. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan banyak pilihan brush, variasi zoom yang luas, enam mode branding dan sensitivitas tekanan.

Semua fitur yang terdapat dalam aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan layaknya aplikasi gambar yang lain lho, seperti:

  • Kelebihan
  1. Mempunyai fitur dan alat gambar yang lengkap
  2. Memiliki kualitas kuas yang sangat memuaskan.
  • Kekurangan
  1. Aplikasi ini masih memiliki bug.

MediBang Paint-Make Art

medibang paint make art
apkpure.com

Nah, aplikasi selanjutnya yang wajib banget untuk digunakan adalah MediBang Paint-Make Art. Aplikasi yang satu ini sistem UI nya sangat mirip dengan aplikasi adobe. Sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman dan lebih mudah saat menggunakannya.

Aplikasi menggambar yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membuat gambar pemandangan, font huruf, panel komik dan lain-lain. Semua fitur yang terdapat dalam aplikasi ini bisa digunakan secara gratis lho. Jadi, hasil karya Anda bisa lebih memuaskan.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan pada perangkat Mac, iOS dan Windows. Seperti halnya aplikasi gambar pada umumnya, MediBag Paint-Make Art ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, diantaranya seperti:

  • Kelebihan
  1. Multi-Platform
  2. Sangat cocok digunakan untuk menggambar komik namun bisa juga digunakan untuk menggambar hal lain seperti pemandangan dan lainnya.
  • Kekurangan
  1. Masih ada iklan yang muncul saat sedang menggunakan aplikasi dan terkadang aplikasi bisa kembali sendiri yang dapat menyebabkan gambar Anda hilang.

Menggambar merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang dan menuangkan semua ide dan kreatifitas. Banyak sekali hal yang bisa Anda gambar salah satunya yaitu pemandangan alam sekitar. Pasalnya di dunia ini banyak sekali tempat yang indah terutama di Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu objek yang sangat menarik untuk digambar. Tentunya Anda bisa membuat gambar pemandangan dengan berbagai cara yaitu dengan cara modern dan manual menggunakan kanvas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa saat ini sudah terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar. Jadi, Anda bisa memilih salah satunya untuk menuangkan kreatifitas dan ide yang dimiliki.

READ  17 Aplikasi Nonton Film Android Terbaik dan Wajib Install

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.