12 Contoh Alat Musik Melodis, Gambar Beserta Cara Memainkannya

Alat Musik Melodis – Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia musik juga ikut berkembang. Khususnya alat msuik, sekarang banyak sekali jenis alat musik yang dapat kita temui. Pada umumnya dalam dunia musik ada 3 jenis alat musik yaitu alat musik ritmis, alat musik harmonis dan alat musik melodis.

Adapun masing-masing dari jenis alat musik tersebut dibedakan berdasarkan fungsinya. Berikut paparan lebih lengkapnya terkait pengertian alat musik melodis, jenis jenis alat musik melodis beserta contoh alat musik melodis.

Pengertian Alat Musik Melodis

pengertian alat musik melodis
sahabatnesia.com

Alat yang dapat membunyikan melodi pada irama lagu disebut dengan alat musik melodis. Pada dasarnya alat musik melodis tidak dapat menghasilkan suara cord dengan sendirinya. Mungkin Anda semua penasaran, mengapa demikian? Nada suara yang dapat dikeluarkan alat music melodis adalah do, re, mi, fa, sol, la, dan si nada tinggi maupun nada rendah saja.

Jadi untuk menambah indahnya irama yang dikeluarkan dari alat musik melodis supaya lebih indah perlu dilengkapi dengan alat musik ritmis dan harmonis. Karena alat musik ritmis dan alat musik harmonis juga dapat atau mempunyai nada serta irama yang dapat menambah keindahan alat musik melodis. Kegunaan alat musik melodis secara umum adalah sebagai penentu dalam sebuah musik atau lagu.

Terdapat beberapa macam alat musik melodis, misalnya alat musik melodis yang berkesan tradisional, alat musik melodis yang berkesan modern, dan lain sebagainya. Dari berbagai macam alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis, semua itu memiliki cara memainkan dengan berbagai macam cara.

Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara memainkan berbagai alat musik diatas.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara diPetik

Dari berbagai macam alat musik melodis yang dimainkan memiliki berbagai macam cara memainkan. Salah satunya adalah dengan cara dipetik. Dengan cara dipetik sendiri disini dibagi menjadi 4 jenis yaitu mandolin, kecapi, gitar dan sasando.

 Gitar

 gitar
vidya.id

Gitar adalah jenis alat musik yang sering digunakan banyak masyarakat Indonesia. Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Bagian pada gitar yang dipetik adalah bagian senarnya.

Berdasarkan sejarah, gitar adalah sebuah alat musik yang didatangkan dari negara Spanyol, selain itu gitar diliteratur sejarah yang berbeda ada juga yang mengatakan bahwa gitar salah satu alat musik yang sudah ada semenjak tahun sebelum masehi tepatnya masa Babilonia.

Di zaman Renaissance, tidak banyak masyarakat yang berminat untuk memainkan alat musik ini, yang berakibat gitar menjadi alat musik yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Ets jangan salah paham kawan, setelah munculnya salah satu tokoh seniman yang bernama Alonso Mudara, pamor gitar sudah mulai terlihat sedikit demi sedikit.

Alonso Mudara telah membuat banyak karya yang berkaitan dengan gitar dan tidak sedikit masyarakat yang suka dengan karyanya tersebut. Dan bahkan untuk saat ini gitar merupakan sebuah alat music yang sangat digemari dari berbagai macam kalangan.

Mulai dari kalangan muda sampai kalangan dewasa. Mengapa gitar digemari berbagai macam kalangan? Karena gitar merupakan alat musik yang dianggap bagus untuk dipakai sebagai alat peromantis. Sehingga kebanyakan kalangan anak muda jaman sekarang sangat menekuni bagaimana cara memainkan alat musik gitar ini.

Mandolin

mandolin
www.melbournemusiccantre.com

Mandolin merupakan alat musik yang dapat dimainkan dengan cara dipetik sama halnya dengan cara memainkan gitar. Perbedaan mandolin dengan gitar adalah berbeda jumlah senarnya. Pada mandolin jumlah senarnya lebih banyak dari pada senar pada gitar.

Fungsi dari mandolin sendiri sangat banyak. Mulai dari mengiringi tarian rudat, mengiringi berbagai macam tarian lagu tradisional, bahkan alat musik mandolin ini juga memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu dapat dikombinasikan dengan berbagai macam alat musik yang lainnya. Awal mula munculnya alat musik ini adalah ada seorang soprano kecapi dari Negara Italia yang bernama Mandore.

 Kecapi

kecapi
4.bp.blogspot.com

Kecapi atau yang sering dikenal dengan sebutan Ghuzeng adalah sebuah alat musik yang berasal dari negara Tiongkok. Di negara kita Indonesia, alat musik kecapi ini digunakan sebagai pengiring tembang tembang daerah Sunda.

Fungsi kecapi tidak hanya pengiring tembang daerah Sunda saja, tetapi alat music kecapi ini juga bisa dimainkan untuk mengiringi berbagai genre lagu lainnya seperti dangdut, pop, religi, dan lain sebagainya.

Karena hadirnya alat musik ini, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakannya sebagai pengiring lagu Sunda, yang mana dengan adanya tambahan alat musik kecapi ini akan menambah keindahan tarian tersebut.

 Oleh karena itu dengan dipakainya alat kecapi tersebut akan membuat alat musik ini populer di daerah Sunda, jawa Barat. Seperti halnya alat musik sebelumnya, cara membunyikan atau memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik. Di masyarakat Indonesia ada dua jenis kecapi yang umumnya dikenal yaitu kecapi siter dan kecapi perahu.

yang dimaksud dengan kecapi perahu adalah sebuah kecapi yang terbuat dari suatu kotak resonansi yang bagian bawahnya diberi lubang resonansi untuk memungkinkan keluarnya suara. Sisi-sisi dari kecapi ini dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk perahu. Pada zaman dahulu, kecapi kapal ini dibuat langsung dari sebuah bongkahan kayu dengan cara memahatnya.

Sedangkan kecapi siter merupakan kotak resonansi dengan bidang rata yang sejajar. Kecapi siter ini memiliki struktur yang serupa dengan kecapi perahu, bedanya hanya pada lubang dimana pada kecapi perahu ini ditempatkan pada bagian bawah. Sedangkan pada sisi bagian atas dan bawahnya membentuk trapesium.

 Sasando

sasando
www.wikiwand.com

Sasando adalah sebuah alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Rote. Warga Rote Nusa Tenggara Timur menamakan alat musik sasando ini dengan nama sasandu yang artinya adalah bergetar atau berbunyi. Cara memainkan alat musik sasando ini dengan cara dipetik.

Sejak zaman dahulu abad ke 7 Masehi orang-orang Rote sendiri telah memakai alat music sasando ini. Alat musik ini fungsinya hampir sama dengan alat musik petik yang lainnya.

Salah satunya adalah sebagai pengiring tarian saat ada kegiatan di masyarakat sekitar. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini tidaklah sama antara petikan senar maupun petikan dawai.

Terdapat tiga jenis sasando yang biasa dikenal kebanyakan orang, yaitu sasando biola, sasando gong, dan sasando elektrik. Dari masing masing jenis sasando tersebut memiliki cara main yang berbeda beda.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara diTiup

Seruling

alat musik melodis seruling
fulldiziseyret.over-blog.com

Alat musik yang dapat dibunyikan dengan cara ditiup salah satunya adalah seruling. Maka dari itu yang disebut seruling adalah sebuah alat musik yang ketika ditiup salah satu ujungnya akan mengeluarkan bunyi.

Dulu asal mulanya alat musik seruling pertama kali diperkenalkan di daerah jawa Barat. Bahan utama dalam pembuatan seruling adalah bambu pilihan.

Untuk cara main seruling sendiri sangatlah mudah, hanya cukup ditiup saja. Kemudian seruling juga dapat dikombinasikan dengan alat musik yang lain. Karena seruling merupakan alat musik yang dapat mengeluarkan nada maupun notasi yang sangat indah, maka alat musik seruling ini termasuk dalam kategori alat musik melodis.

 Pianika

 pianika
www.elevenia.co.id

Pianika merupakan salah satu alat musik tiup yang berukuran kecil semacam harmonika, akan tetapi pianika memakai beberapa bilah keyboard, untuk setiap keyboardnya mempunyai luasnya kira kira tiga oktaf.

Pianika pada umumnya dimainkan dengan ditiup secara langsung, atau bisa juga ditiup memakai pipa lentur berwarna putih yang dihubungkan ke mulut seorang peniup. Biasanya pianika dimainkan oleh anak anak sekolah dan di sebagai alat pendidikan di sekolah.

Pianika masuk dalam golongan alat musik tiup. Untuk bermain alat musik pianika Anda dapat menggunakannya untuk memainkan berbagai melodi pokok, kontra melodi, dan bila memungkinkan pianika dapat juga digunakan untuk mengiringi lagu-lagu.

Didalam pianika terdapat dua tuts yang memiliki kegunaan masing masing yaitu, tuts putih digunakan untuk memainkan nada–nada pokok atau asli. Sedangkan kalau tuts hitam digunakan untuk memainkan nada–nada kromatis.

Untuk memainkan alat musik pianika ini dapat Anda lakukan seperti berikut, pianika dipegang dengan tangan kiri dan untuk tangan kanan berguna untuk menekan tuts pianika dengan tujuan Anda dapat  memainkan berbagai macam melodi lagu, sedangkan untuk mulut bertugas meniupnya.

Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam bermain alat musik pianika, diantaranya adalah :

  • Pianika dimainkan dengan lima jari, untuk setiap jari mempunyai tugas untuk menekan tuts–tuts tertentu.
  • Dalam meniup pianika harus diusahakan dengan halus dan rata.
  • Untuk bentuk tangan kanan posisikan seperti halnya Anda memegang bola, sehingga memungkinkan untuk jari bergerak dengan leluasa.

Struktur penjarian dalam memainkan pianika biasannya menggunakan tangan kanan, yang terdiri dari :

  • Untuk ibu jari bertugas menekan tuts nomor 1
  • Untuk jari telunjuk, bertugas menekan tuts nomor 2
  • Untuk jari tengah, bertugas menekan tuts nomor 3
  • Untuk jari manis, bertugas menekan tuts nomor 4
  • Untuk jari kelingking,bertugas menekan tuts nomor 5

 

READ  1000+ Gambar Kaligrafi Bismillah Arab, Cara Membuat Kaligrafi | Terbaru

Nah, untuk Anda yang dulunya pernah menginjak bangku sekolah formal pastinya sudah tidak heran lagi atau terbiasa atau familiar dengan salah satu jenis alat musik tiup pianika ini.

Karena  biasanya alat musik pianika ini digunakan anak anak sekolah ketika sedang latihan bermusik di sekolah. Di suatu acara pagelaran hadroh atau banjari, pianika juga bisa digunakan untuk menambah keindahan instrumen instrumen suara.

Bagi orang asing luar Indonesia kira kira tidak mengerti bahwa piano dan pianika sebenarnya merupakan dua alat music yang memiliki struktur hampir sama namun sebenarnya diantara keduanya tidak sama.

Mungkin jika dilihat dari bentuknya, kedua alat musik ini memiliki kesamaan, akan tetapi sebenarnya tetap berbeda. Jika didasarkan pada golongannya, piano merupakan salah satu jenis alat musik melodis yang harmonis, sementara pianika sendiri yaitu alat musik melodis.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara diTekan

 Akorden

 akorden
hidupsimpel.com

Akorden merupakan sebuah alat musik yang bentuknya seperti organ dan untuk cara memainkannya yaitu dengan memompa pada bagian badan alat musik akorden tersebut.

Alat musik akorden berasal dari daerah Sumatera Selatan yang pada umumnya alat musik akorden ini digunakan sebagai irama pengiring musik religi, modern dan lain sebagainya.

Untuk jenisnya alat musik akorden ini terdapat 4 jenis yaitu akorden diantonic, akorden berwarna, akorden concertinas, dan yang terakhir akorden piano.

Piano

piano
www.proaudioland.com

Piano adalah sebuah alat musik tradisional yang memiliki variasi harga yang sangat mahal. Oleh karena itu tidak setiap orang dapat mempunyai alat musik ini. Biasanya hanya orang orang tertentu atau orang yang berada di kalangan menengah ke atas saja yang dapat memiliki alat musik tersebut.

Alat musik piano ini berasal dari luar negeri yaitu dari Italia. Menurut sejarah menyatakan bahwa piano dibuat pertama kali di tahun 1720 Masehi di Italia oleh Bartolomeo Cristofori.

Untuk jenisnya, piano dibagi menjadi 3 jenis piano yang biasa dikenal oleh banyak orang yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara diGoyang

Angklung

angklung
www.puteriputeri.com

Angklung merupakan salah satu nama alat musik multitonal (bernada ganda) yang dilihat secara tradisional telah berkembang pesat dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat da nada juga di sebagian pulau Bali.

Alat musik ini terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian hingga menyerupai organ tubuh manusia, alat musik angklung ini dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi yang dihasilkan disebabkan oleh benturan antar badan pipa bambu) sehingga menghasilkan berbagai macam bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, telah menuliskan bahwa angklung adalah jenis alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi.

Angklung juga terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Untuk berbagai jenisnya angklung yang ada di tengah tengah masyarakat angklung dibagi menjadi 15 jenis angklung yang terkenal di dunia ini yaitu : angklung padaeng, angklung sarinande, angklung badeng, angklung buncis, angklung dogdog lojor, angklung badud, angklung bungko, angklung toel, angklung sri murni, angklung kanekas, angklung reog, angklung banyuwangi, angklung bali, dan yang terakhir adalah  angklung gubrag.

Alat musik Melodis yang dimainkan dengan cara digesek

Biola

biola
www.djarumcoklat.com

Biola merupakan alat musik dawai yang berasal dari daerah Spanyol-Mauris dan ditemukan pada abad ke 18 Masehi. Cara memainkan alat musik biola ini yaitu dengan cara menggeseknya menggunakan stik biola sendiri. Senar biola sendiri terdiri dari 4 yaitu  G-D-A-E yang sengaja diatur secara berbeda.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan cara dihisap

Harmonika

harmonika
harmonicalovers.blogspot.com

Harmonika adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara membunyikannya yaitu dengan menghisap dan meniup di bagian lubangnya. Alat musik harmonika ini telah diperkenalkan pertama kali oleh penemunya di daratan China dan dinamakan dengan sheng.

Harmonika sudah dipakai semenjak kekaisaran Nyu-Kwa atau tepatnya 5 abad yang lalu. Berdasarkan jenisnya harmonika dibagi menjadi 5 jenis harmonika yang ada di dunia ini yaitu : tremolo, chord, diatonic, kromatik, bass.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara diPukul

 Bonang

bonang
omeka 1.grinell.edu

Bonang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari pulau Bali dan Pulau Jawa. Alat musik ini masuk dalam golongan dari alat musik melodis yang sering dipakai untuk memeriahkan pagelaran wayang dan berbagai upacara adat pulau Jawa dan pulau Bali yang lainnya.

Untuk cara memainkannya yaitu dengan cara memukul atau menabuh pada pencu atau bagian atas yang menonjol. Untuk memukul atau menabuhnya ada juga aturannya yaitu dengan menggunakan bindhi.

Sebagai instrumen gamelan, terdapat 3 jenis bonang yang sering dikenalkan di masyarakat, yaitu : bonang barung, bonang panembung, dan bonang panerus.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian alat musik melodis, contoh alat musik melodis, beserta cara memainkannya. semoga bermanfaat, terima kasih ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.