7 Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern, Gambar Dan Penjelasannya

Alat Musik Tiup – Pastinya Anda mengenal alat musik tiup bukan?. Walaupun tidak pernah memainkannya namun kita bisa membedakan beberapa alat musik tiup. Alat musik tiup memang meliputi banyak kategori dari kategori tradisional, modern dan lain sebagainya.

Dengan beberapa kategori tersebut maka bisa di pastikan jika terdapat banyak jenis alat music tipu tersebut. Ada yang terbuat dari bahan kayu ada juga yang terbuat dari bahan bambu. Untuk alat musik modern yang kerap kali kita jumpai adalah alat music tiup yang menggunakan bahan plastik, besi dan logam.

Alat musik tiup

alat musik tiup

Indonesia memang memiliki daerah- daerah yang dikenal sebagai tempat asal mulanya beberapa alat music tiup yang pada saat ini dikenal. Bahkan beberapa alat music tersebut memang masih ada yang digunakan dan juga di lestarikan oleh kebanyakan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Akan tetapi, dengan berjalannya waktu yang semakin maju dan dengan adanya alat musik modern menjadikan alat musik tiup ini sedikit demi sedikit di tinggalkan. Itulah sebabnya, sangat diperlukan adanya sebuah rasa cinta terhadap budaya serta sejarah di Negara Indonesia ini. Akan jauh lebih baik jika sejak dini sudah di tanamkan, mulai dari anak tingkat SD, SMP, SMA dan juga perguruan tinggi.

Banyak dari budayawan yang mengatakan jika saat ini budaya asing memang banyak mendominasi kecintaan anak remaja.  Dan tentunya ini bisa di lihat pada ruang- ruang pribadi para remaja saat ini yang selalu di tempeli dengan budaya dari luar Negeri.

Untuk dapat membuat sebuah benteng tersebut, maka sangat dibutuhkan pendidikan seni dan budaya di dalam sekolah sehingga bisa menumbuhkan rasa cinta kepada budaya Indonesia. Dengan adanya bekal sejak dini seperti ini, para pemuda saat ini sangat di harapkan untuk dapat mampu menghidupkan seni dari leluhur.

Mengenal lebih dalam tentang alat musik tiup

Alat music tiup merupakan salah satu alat music yang memiliki suatu jenis penalun atau resonator yang umumnya terdapat suatu tabung, dimana kolom udara yang ada di dalamnya digetarkan dengan cara meniup sehingga tiupan angina bisa melalui tempat yang ada di ujung penalun.

Titinada atau pitch getaran akan di tentukan dengan seberapa panjang tabung serta modifikasi manual yang panjang akan jauh lebih efektif pada kolom getar udaranya.

Cara memperoleh nada alat musik tiup

Untuk sebagian orang pasti tidak bisa bermain alat music bukan?. Maka dari itulah banyak orang yang akan penasaran bagaimana cara untuk bisa memainkan alat musik tiup tersebut.

Untuk orang yang tidak pernah bermain alat music tentu saja mereka tidak paham bagaimana cara mainnya dan instrument seperti apa yang benar dalam memainkan alat musik tiup.

Alat musik juga tidak boleh sembarangan di mainkan karena bisa saja alat musik tiup ini tidak dapat menghasilkan suara yang bagus. lalu bagaimana cara memainkan alat musik tiup dengan baik dan benar?. Simak penjelasan berikut ini:

✔ Cara yang pertama adalah dengan merubah panjang kolom dari udara getar, cara untuk dapat merubah panjang tabung itu melalui sebuah pengaturan katup yang nantinya akan di lewati oleh udara yang melalui sebuah tabung tambahan sehingga nantinya dapat meningkatkan panjang dari seluruh tabung.

Selain itu, nantinya hal ini bisa menurunkan titik nada dasar. Cara yang seperti ini memang hampir di gunakan oleh seluruh  alat musik logam khusus nya brass instrument.

✔ Untuk cara yang kedua ialah dengan mengubah panjang kolom udara dan getar. Caranya yakni dengan mengubah panjang efektif dari tabung dengan membuka maupun menutup lubang pada sisi tabung tersebut.

Hal ini dapat di lakukan dengan cara menutup lubang dengan menggunakan jari ataupun bisa menekan suatu kunci untuk dapat menutup lubang tersebut. Cara yang seperti ini bisa di pakai oleh hampir seluruh alat music tiup yang berbahan kayu khusus nya woodwind instrument.

Cara yang selanjutnya ialah dengan mengubah panjang dari kolom getar dengan memperpanjang tabung dengan memakai cara teknik mekanisme geser. Cara yang seperti ini menggunakan alat musik tiup seperti halnya trimbon. Jika Anda menggetarkan kolom udara yang ada di beberapa bagian dari harmoni tersebut, maka sudah tidak perlu lagi untuk mengubah panjang dari kolom udara.

Alat musik tiup dibagi menjadi dua kategori utama:

  • Alat musik tiup kayu atau yang sering di sebat dengan woodwind instrument.
  • Alat musik tiup dari logam biasa disebut dengan brasswind instrument.

Alat musik tiup klarinet

alat music tiup klarinet

Untuk alat musik tiup yang pertama adalah klarinet, dimana alat musik tiup yang satu ini merupakan alat musik yang berasal mula dari keluarga Woodwind. Sedangkan untuk nama klarinet sendiri memang di ambil dari bahasa Itali yakni “Clarino” yang memiliki arti terompet dengan adanya penambahan pada akhir kalimat yakni “-et” yang memiliki makna kecil.

Klarinet ini memang alat musik yang tidak jauh dengan saksofon, karena untuk memainkannya dengan memakai satu reed saja.

Alat musik tiup oboe

alat musik tiup oboe

Selanjutnya adalah alat musik tiup oboe yang mana merupakan salah satu alat musik yang termasuk tradisional. Alat musik oboe ini merupakan alat musik double ress dengan jenis woodwind, dimana obae ini adalah keturunan dari shawm.

Nama dari alat musik tiup yang satu ini di ambil dari bahasa Perancis hautbois yakni kata “obo” yang memiliki arti “high wood”. Alat musik tiup ini juga sering kali disebut dengan nama hautboy jika menggunakan bahasa Inggris. untuk orang yang memainkan oboe maka disebut dengan obois.

Apabila di bandingkan dengan instrumen dari woodwind yang lain, maka oboe ini memiliki sebuah suara yang jauh lebih jernih dan cukup melengking. Suara dari oboe sendiri juga dapat terdengar dengan jelas dalam ansambal yang cukup besar, sehingga suaranya ini dapat dengan mudah di dengan pada saat tuning.

Umumnya pada sebuah acara orchestra akan melakukan tuning untuk dapat mendengarkan suara oboe dengan memainkan A concert.

Alat musik tiup saksofon

alat music tiup saksofon

Alat musik tiup yang selanjutnya ialah saksofon yang mana music dari instrumen nya ini masih masuk kedalam golongan keluarga brasswind. Alat musik tiup saksofon ini umumnya dibuat dari sebuah logam serta di mainkan dengan memakai single- reed yang mana sama halnya dengan Klarinet. Saksofon ini adalah salah musik tiup yang di ciptakan oleh Adolphesax ditahun 1846.

Pada umumnya, hal ini akan berhubungan dengan populernya musik, big band serta musik jazz. Akan tetapi, awalnya hanya akan di tunjukkan menjadi instrument sebuah orkestra dalam band militer. Sampai saat ini ada beberapa macam dari merek saksofon yang tengah beredar di pasaran. misalnya saja seperti Selmer, Lincoln, Lrak, L.A.Sax, Weril, Subaru, Conn, Jupiter, Yamaha, Lafleur dan juga Yanagisawa.

Untuk orang yang memainkan saksofon itu memiliki sebutan yakni saksofonis. Di Indonesia juga banyak pemain saksofon terkenal yakni seperti Kenny joe, Paulus dan lainnya. sedangkan pemain saksofon yang legendaris internasional ialah Charlie Parker, Colemen Hawkins, Zoot Sims dan masih banyak lagi.

lalu untuk pemain saksofon internasional masa kini yang masih sangat terkenal adalah Dave Koz, Kenny Garrett, Eric Marienthal, Sadao Watanabe dan lain sebagainya.

Alat musik tiup flute

alat music tiup flute

Selanjutnya ada alat musik tiup fluter yang mana merupakan instrument musik yang memang masih memiliki hubungan keluarga dari woodwind. Suara yang di keluarkan oleh alat music flute memiliki karakter yang lembut dan dapat di kombinasi dengan beberapa alat musik yang lainnya dengan menghasilkan musik yang bagus.

Alat music flute modern ini memang cukup professional yang pada umumnya terbuat dari bahan perak maupun emas, dimana nantinya kedua bahan ini akan di kombinasi. Sedangkan untuk fluer untuk seorang murid, biasanya dibuat dari bahan nike- perak, maupun logam yang nantinya akan di lapisi oleh perak.

Alat musik flute concert yang standar dimana di- pitch C maka mempunyai jangkauan dana hingga 3 oktaf dari middle C. Akan tetapi, dengan adanya beberapa flute untuk professional ada sebagian kunci yang bisa mencapai nada B yang ada di bawah middle C.

Hal ini memberikan arti jika alat music flute ini adalah salah satu dari instrument orchestra yang cukup tinggi, bukan hanya piccolo yang melebihi tinggi dari alat musik tiup flute tersebut. Piccolo ialah salah satu jenis fluet namun dalam ukuran kecil dengan menggunakan di- pitch satu oktaf jauh lebih tinggi dari pada flute concert yang standart. Dan piccolo ini umumnya juga digunakan di dalam sebuah orkestra.

Untuk alat musik flute concert yang modern memang memiliki beberapa varian. Misalnya seperti thumb key B-flat standar yang mana di ciptakan dan juga di rintis oleh Briccialdi. Akan tetapi, B foot joint ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk model menengah ke atas dan juga sangat professional.

Kemudian ada open-holed flute, yang mana memang sangat umum di sebut sebagai French flute yang pada umumnya di sebut dengan nama French flute yang mana beberapa kuncinya terdapat lubang yang berada di tengah sehingga hal ini dapat menjadikan pemain harus menutupnya dengan menggunakan jari. Penggunaanya sendiri biasanya akan di lakukan pada tingkat konser.

Namun, ada pula sebagian dari pemain flute adalah merupakan pemain yang sudah ahli dan professional yang mana akan memilih closed-hole “plateau” key. Umumnya student akan memakai penutup sementara agar dapat menutup lubang hingga mereka semua dapat menguasai dalam penempatan jari.

Sebagian orang memang lebih percaya bahwa jika open- hole key akan dapat menghasilkan sebuah proyeksi suara yang jauh lebih keras dan juga jelas walaupun pada nada- nada yang rendah sekalipun.

Alat musik tiup terompet

alat music tiup terompet

Alat musik tiup yang selanjutnya ialah terompet yang terbuat dari bahan logam. Alat musik terompet sendiri memiliki tempat yang paling tinggi dari alat musik tiup yang lainnya. Mulai dari alat musik tiup saksofon, tuba, french horn, eufonium, baritone dan juga trombon.

Alat musik tiup terompet berada di-pitch di Bb. Alat musik yang satu ini hanya mempunyai tiga tombol, dan semua pemain terompet pun wajib untuk menyesuaikan embouchure hanya untuk memperoleh nada yang bagus dan juga berbeda.

Terompet memiliki beberapa jenis dan jenis terompet yang paling umum digunakan dan dijumpai adalah terompet Bb. Akan tetapi, untuk terompet jenis C, D, E, Eb, A, F dan juga G juga bisa dengan mudah di temukan. Terompet jenis C adalah yang sering di pakai pada sebuah orchestra yang ada di Amerika.

Terompet ini memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dan bisa memberikan suara yang jauh lebih cerah dan juga hidup jika di bandingkan dengan terompet Bb.

Alat musik tiup trombon

alat music tiup trombon

Alat musik tiup yang berikutnya ialah trombon yang terbuat dari logam. Sama seperti halnya dengan alat musik tiup lainnya yang terbuat dari logam, suara yang hasilkan dari trombon ini dapat menggetarkan bibir. Nama trombon ini sendiri di ambil dari bahasa Itali yakni tromba yang memiliki arti terompet dan juga kata –one untuk akhiran kata yang memiliki arti besar.

Maka jika digabung menjadi kata trombon yang memiliki arti terompet besar. Hal ini di karenakan memang apabila di lihat dari keseluruhan dari ukuran dari pada alat musik terompet. Untuk pemain trombon ini disebut dengan trombonis.

Alat musik tiup harmonika

alat music tiup harmonika

Untuk yang selanjutnya ada alat musik tiup harmonika yang menjadi alat musik yang sangat mudah untuk di mainkan. Cara memainkan alat musik ini ialah dengan menghisap dan meniupnya, dengan cara ini maka harmonika akan mengeluarkan suara yang lumayan bagus.

harmonika sendiri adalah salah satu alat musik tiup tradisional yang berasal dari Negara China yang awal mulanya memiliki nama “Sheng”. Dan alat musik harmonika ini sudah digunakan kurang lebih sekitar 500 tahun yang lalu sejak kekaisaran di pimpin oleh Nyu-kwa.

Untuk harmonika modern sendiri sudah ada pada tahun 1821 yang ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann. Harmonika modern ini adalah sebuah instrument yang mana cukup sederhana yang terdiri dari plat- plat getar pada logam yang sudah di susun dengan rapi secara horizontal.

Harmonika ini memang masih memiliki desain yang kurang sempurna dengan hanya menyediakan nada pada tiup kromatis. Desain awal yang dibuat oleh Bushmann ini pada akhirnya di modifikasi oleh beberapa orang sehingga lebih bagus. Contohnya saja ialah harmonika yang dibuat oleh Richter.

Tahun 1826 Richter adalah orang yang mengembangkan harmonika dengan 10 lubang tetap dan juga 20 pelat getar dengan adanya sebuah pemisah dari fungsi pelat yang dihisap dan yang ditiup. Nada yang di buat oleh Richter ini bernama nada diatoni yang menjadi nada standart dari harmonika. Sedangkan tahun 1857 bisnis dari alat musik tiup harmonika dimulai dimana pengrajinnya bernama Matthias Hohner.

Sedangkan pada tahun 1862 harmonika mulai di kenalkan pada daerah Amerika Utara oleh Hohner yang menjadi sebuah langkah pertama menjadikan Hohner menjadi produsen nomor satu dari alat musik harmonika tersebut. Bahan sejak saat itu hohner sudah memproduksi kurang lebih 1 juta harmonika pertahunnya.

Dan untuk saat ini, hohner telah memproduksi harmonika sekitar 90 model lebih yang berbeda jenis, nada dan juga modelnya. Dengan hal ini bisa menjadi pilihan bagi pemain karena terdapat banyak genre harmonika dari pop, blues, ska, country hingga rock.

Demikianlah, itulah sedikit ulasan mengenai alat musik dari alat musik tiup modern yang dapat di berikan kepada Anda. Semoga dengan adanya artikel ini akan membantu dan bermanfaat untuk Anda.

READ  Seni Rupa Terapan, Pengertian, Sejarah, Jenis, Macam, Dan Contohnya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.