11 Alat Musik Modern, Gambar, Penjelasan Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Modern Tahukah kawan apa yang dimaksud dengan alat musik modern? Alat musik modern yang sering kita gunakan, kita dengarkan, atau bahkan kita mainkan untuk mengiringi sebuah lagu adalah gitar.

Perlu kawan-kawan ketahui bahwa gitar merupakan alat musik yang paling digemari dikalangan apapun, di kalangan remaja, dewasa, bahkan anak-anakpun juga ada yang sudah menggemari alat musik gitar ini.

Mengapa gitar di gemari? Karena suara yang dimiliki gitar atau nada yang dimiliki gitar sangatlah merdu dan sangat mudah dipelajari.

Setiap manusia mempunyai filosofi sendiri-sendiri tentang musik. Ada yang berfilosofi bahwa musik digunakan untuk membangkitkan semangat dikala semangat hilang, ada juga yang berfilosofi bahwa musik hanya sekedar dinikmati atau didengar saja, dan ada yang lebih mementingkan musik lagi yaitu digunakan sebagai pengiring ritual keagamaan dan lain sebagainya.

Dibawah ini ada beberapa alat musik Indonesia yang berkembang sangat pesat diantaranya :

Alat Musik Modern Biola

alat musik modern biola
www.nadiguru.web.id

Alat musik modern yang sering dipakai atau dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan alat yang fungsinya menggesek nya adalah alat musik biola. Alat musik biola ini dilengkapi dengan empat buah senar, dimana empat senar tersebut terdiri dari beberapa kunci yaitu G-D-E-A yang sengaja diatur oleh pembuatnya berbeda dengan senar yang lainnya, yaitu dengan sela-sela sempurna yang ke lima.

Pada biola nada-nada yang paling rendah yaitu dari nada G. Biola juga memiliki empat aliran atau genre musik, mungkin Anda penasaran apa saja aliran musik yang ada pada biola ini? Empat aliran tersebut adalah jazz, rakyat, klasik, pop. Violinis merupakan sebutan untuk orang-orang yang memainkan biola.

Alat Musik Modern Gitar

alat musik modern gitar

Berdasarkan jenisnya alat musik gitar ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Gitar yang mempunyai lubang pada bagian tengah tubuh gitar banyak orang menyebutnya dengan gitar akustik. Gitar akustik ini menghasilkan suara atau nada yang berasal dari getaran getaran senar gitar yang dimainkan oleh pemain melalui sadel dan jembatan.

Dimana jembatan atau sadel ini merupakan tempat pengikat senar gitar yang akan masuk ke dalam ruang suara sebuah gitar. Sedangkan gitar yang memiliki bentuk atau model yang amat padat dan tidak ada satu lubang pun pada bagian tengah gitar dinamakan gitar elektrik atau gitar listrik.

Dibandingkan dengan gitar akustik, gitar listrik atau gitar elektrik ini akan memberikan sebuah hasil suara yang lebih indah dan menarik. Dibawah ini akan saya berikan pengertian lebih mendalam mengenai gitar akustik dan elektrik atau sering disebut gitar listrik.

Gitar Akustik

penjelasan tentang gitar akustik
www.vebma.com

Gitar yang memiliki lubang berbentuk bundar pada bagian tengah tubuhnya banyak orang menyebutnya gitar akustik. Suara yang dihasilkan gitar ini merupakan suara atau nada yang sangat indah karena dari getaran getaran senar yang sedang dimainkan nada suara tersebut berasal.

Pada gitar akustik ini senar gitar diatur melewati jembatan dan sadel tempat pengikat senar yang masuk ke dalam ruang dimana suara atau nada berada. Suara yang telah masuk ke ruang nada atau ruang suara akan berorientasi pada kayu yang berada di badan gitar.

Kualitas senar dan kayu yang digunakan sangat mempengaruhi suara atau nada yang dihasilkan gitar akustik ini. gitar akustik biasanya digunakan untuk mengiringi instrument lagu daerah khususnya daerah Solo yang menggunakan Fingerpicking Komperhensif.

Gitar Listrik atau Elektrik

penjelasan gitar listrik atau elektrik
pixabay.com

Setelah kita membahas tentang gitar akustik disini kita akan membahas tentang gitar listrik atau gitar elektrik. Gitar listrik merupakan sebuah gitar yang mempunyai bentuk yang sangat padat, yang dimaksud padat adalah dalam gitar listrik atau gitar elektrik ini tidak ada lubang sedikitpun pada bagian badan gitar ini.

Gitar listrik atau elektrik ini tidak kalah bagusnya dalam menghasilkan suara dengan gitar akustik. Suara yang dihasilkan gitar listrik ini berasal dari getaran senar senar gitar yang mengenai kumparan kumparan yang ada pada bagian gitar elektrik atau gitar listrik ini. Badan gitar yang digunakan untuk keluarnya suara pada gitar ini sering disebut oleh kebanyakan orang dengan sebutan pick up.

Akan tetapi kadang kadang sinyal sinyal yang dikeluarkan gitar elektrik atau gitar listrik dari pickup nya dirubah secara elektronik dengan berbagai effect sebagai reverb. Gitar listrik atau elektronik ini tidak hanya dikenal di Negara Indonesia saja, namun di berbagai Negara yang maju pun gitar listrik atau elektronik ini sudah sangat dikenal.

Untuk macam macamnya gitar listrik atau elektronik ini sangat bermacam macam. Untuk masalah genrenya atau jenis musik yang dimiliki pada era masa kini, misalnya seperti musik jazz, musik reggae, musik metal, musik pop, musik rock, musik blues, musik country, musik dangdut, dan masih banyak lagi genre genre musik yang lainnya.

Bagi teman-teman semua yang ingin belajar tentang cara memainkan gitar yang baik dan benar maka alangkah baiknya teman-teman memulai latihan terlebih dahulu dengan cara membaca serta mempelajari kunci kunci dasar dalam memainkan gitar yang biasanya digunakan untuk para pemula pemain gitar.

Dan untuk mengetahui berbagai kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar, teman teman bisa dapatkan dari berbagai halaman web, buku, dan lain sebagainya.

Alat Musik Modern Tiup

Alat musik tiup adalah sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang dapat menghasilkan suara yang mana suara tersebut berasal dari bibir seseorang yang meniup alat musik yang awal mulanya suara tersebut berasal dari tiupan dan melalui getaran-getaran yang berada sekitar alat musik tiup dan bibir pemain.

Di bawah ini terdapat beberapa alat musik tiup modern, diantaranya adalah :

Terompet

terompet
ibnuasmara.com

Terompet merupakan alat musik modern yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Terompet terbuat dari bahan baku logam. Pada alat musik ini terdapat tiga tombol yang kegunaan setiap tombol berbeda beda. Salah satu kegunaan tombol pada alat music terompet ini diperuntukkan untuk mengatur nada.

Dan untuk mengatur nada yang keluar dari alat musik terompet ini adalah dengan cara mengatur suara yang masuk kedalam terompet melalui pemencetan atau tekanan terhadap tombol tombol dengan teratur dan tidak asal pencet.

Untuk memainkan alat musik modern yang berupa terompet ini kita semua harus mempunyai napas yang sangat panjang dan kuat untuk meniup alat music ini dalam jangka panjang. Jadi untuk teman teman semua yang berkeinginan untuk belajar memainkan alat musik terompet ini saya sarankan kepada teman teman semua untuk tidak merokok. Karena dengan teman teman semua menghindari rokok, maka nafas yang kalian miliki akan lebih kuat dan panjang.

Selain menghindari rokok, saya sarankan ke teman teman semua yang ingin mendalami alat music terompet ini untuk rajin berolahraga seperti halnya joging, lari pagi ataupun sore, berenang, dan masih banyak lagi macam-macam olahraga yang dapat teman teman lakukan untuk memperpanjang dan mengatur atau melatih pernafasan.

Saxophone

saxophone

Saxophone merupakan salah satu alat musik modern yang masuk dalam keluarga alat music tiup. Karena untuk memainkannya dengan cara ditiup. Alat musik saxophone berasal dari Belgia. Alat musik ini ditemukan oleh Adolphe Sax ketika waktu itu pada tahun 1840.

Berdasarkan penemunya alat musik ini dinamakan saxophone. Untuk pembuatannya, alat musik ini dibuat Dari bahan dasar logam. Nada yang dihasilkanpun bernada logam dengan ekspresi dan jangkauan nada yang sangat besar.

Pada umumnya alat musik saxophone ini dimainkan oleh banyak band music seperti big band music, dan juga para legenda jazz. Akan tetapi pada zaman dahulu alat musik ini hanya digunakan sebagai pengiring berbagai music seperti halnya instrumen, orchestra, bahkan band band militer.

 Harmonika

 harmonika
bukalapak.com

Harmonika merupakan sebuah alat musik modern yang mana harmonika ini telah dipakai dari 5000 tahun yang lalu di Negara China yang dikenal sebagai sebutan Sheng. Harmonika merupakan sebuah alat musik yang banyak digemari oleh banyak kalangan.

Selain itu harmonika juga merupakan salah satu alat musik yang sangat gampang untuk digunakan. Dan cara untuk menggunakan atau memainkan alat musik harmonika ini hanya dengan menempelkan bibir kita kepada lubang-lubang yang terdapat di tubuh harmonika lalu meniupkan dan menghisap lubang harmonikanya saja. Maka harmonika sudah menghasilkan sebuah nada yang sangat enak untuk di dengar.

Alat Musik Modern Pencet

Alat musik modern pencet atau tuts ini ialah alat musik yang mempunyai papan suara yang mana cara menggunakan dan memainkannya dengan cara menekan-nekan ujung jari kita terhadap papan nada tersebut, Di dunia ini terdapat berbagai macam alat musik pencet atau biasa disebut dengan alat musik tuts, diantaranya ialah:

Piano

piano

Piano adalah sebuah alat musik tradisional yang memiliki variasi harga yang sangat mahal. Oleh karena itu tidak setiap orang dapat mempunyai alat musik ini. Biasanya hanya orang orang tertentu atau orang yang berada di kalangan menengah ke atas saja yang dapat memiliki alat musik tersebut.

Alat musik piano ini berasal dari luar negeri yaitu dari Italia. Menurut sejarah menyatakan bahwa piano dibuat pertama kali di tahun 1720 Masehi di Italia oleh Bartolomeo Cristofori.Untuk jenisnya, piano dibagi menjadi 3 jenis piano yang biasa dikenal oleh banyak orang yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

Keyboard

keyboard

Keyboard ini memiliki fungsi sebagai orchestrator atau bisa disebut dengan penyelaras dan aransemen didalam permainan musik. Alat musik ini digunakan dan dimainkan sama seperti alat musik piano, namun bedanya dari keyboard dan piano ini ialah bisa memainkan berbagai macam nada alat musik, misalkan seperti seruling, terompet, gitar, biola dan suara-suara alat musik lainnya.

Hanya dengan sebuah keyboard kita dapat bermain atau memainkan layaknya seperti sebuah band yang sangat nyaman untuk di dengar oleh kedua telinga kita, dengan mencampurkan berbagai macam nada atau suara alat musik di dalam nya.

Perbedaan-perbedaan yang mendasar antara piano dengan keyboard ini ialah keyboard membutuhkan bantuan tenaga listrik untuk memainkan dan menghasilkan sebuah nada, sehingga bisa diatur sedemikian rupa dengan pengeras nada.

Organ

organ
pixabay.com

Organ adalah alat musik yang mempunyai suara yang unik. Sekarang, organ diproduksi dengan cara elektronik. Namun, pada awalnya, suara organ didapat dari pipa.

Suara yang dihasilkan organ sangat unik, yaitu : Suaranya berkelanjutan, tidak semakin kecil (selama tuts masih ditekan). Dalam kurva ADSR, organ biasanya mempunyai sustain yang tidak terbatas. Berbeda dengan piano, organ mempunyai karakteristik keterikatan tempo yang lemah, namun mempunyai lokalisasi frekuensi yang baik. Fenomena ini berkaitan dengan relasi Heisenberg.

Oleh karena itu, organ adalah pengiring yang baik dalam suatu kelompok paduan suara non-musisi. Not yang berkepanjangan memudahkan untuk menangkap “tempo”. Dan perubahan karakteristik suara (amplitudo) disebabkan oleh seberapa dalam tuts tersebut dipencet, tidak terpengaruh oleh tingkat kekerasan pencetan tuts (seperti piano).

Organ merupakan alat musik modern yang bentuknya sama dengan bentuk keyboard, yang mana suara-suara yang didapatnya dari tiupan udara kedalam pipa. Udara-udara atau angin tersebut diatur sehingga bisa memberikan suara yang persis sekali kita inginkan.Organ ini bisa memberikan sebuah nada yang sangat unik, mengapa? Karena sebuah nada atau suara yang berkelanjutan, lama kelamaan tidak semakin kecil apabila tuts masih ditekan oleh jari kita

Berbeda sekali dengan alat musik piano, organ ini memiliki karakter keterikatan tempo yang bisa dibilang begitu lemah, akan tetapi memiliki frekuensi lokalisasi yang amat cukup baik. Maka dari itu, organ ialah pengiring alat musik yang baik di dalam organisasi atau kelompok paduan suara non-musisi.

Alat Musik Modern Pukul

Alat musik jenis ini dapat menghasilkan suara ketika dipukul atau ditabuh. Jenis alat musik ini juga di bedakan menjadi dua yaitu bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen.

Nah, untuk kali ini mari kita membahas alat modern pukul yang mana fungsinya sangat penting sekali dalam sebuah keseimbangan sebuah musik. Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk langsung saja kita simak bersama-sama pembahasan yang telah tertulis dibawah ini.

Drum

drum

Drum ini ialah sebuah alat musik modern perkusi yang memiliki peran sangat vital sekali didalam berbagai macam permainan musik, mengapa? Karena drum ini merupakan sebuah tempat yang menentukan dan mengatur tempo musik ketika di mainkan. Maka dari itu, tidak salah apabila alat musik drum ini merupakan jantung dari semua permainan alat musik.

Di dalam drum ini terdapat selongsong atau shell yang mana selongsong atau shell tersebut merupakan pembentuk dari sebuah drum. Karakter shell ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap suara yang dihasilkan. Umumnya shell ini terbuat dari besi yang memiliki karakter suara tajam dan attack yang sangat kuat, sedangkan karakter-karakter suara lainnya yang terbuat dari kayu lebih terasa hangat.

Selain dari itu, drum juga mempunyai berbagai macam raga. Antara lain ialah ashiko, aburukawa, bougarabou, cajon, chenda, conga, dhol, davul, dunun, taiko, tablo, timbales, timpani, djembe, dan mridangam, snare drum, bass drum, tom-tom, floor tom, hi-hat, ride cymbal, crash cymbal, chinese, splash, cymbal, tiang dan pedal hi-hat, pedal bass/kick, bangku/stool, dll.

baca juga alat musik melodis

READ  Seni Rupa Murni Lengkap / Pengertian / Fungsi / Jenis / Gambar / Contoh

Nah, demikianlah artikel yang membahas tentang alat musik modern yang dilengkapi dengan cara memainkannya agar teman teman semua mengetahui tentang cara memainkan alat musik pada masing-masing jenisnya. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.