17 Obat Kolesterol Alami yang Bisa Anda Komsumsi

Obat kolesterol – Sebenarnya, manusia membutuhkan kolesterol untuk proses metabolisme dalam tubuh. Namun, saat kadar kolesterol melebihi ambang batas yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka, kolesterol menjadi penyakit yang berisiko mengundang penyakit kronis lain.

Untuk itu, banyak orang yang mencari obat kolesterol agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Nah, kolesterol, sesungguhnya metabolit dengan kandungan lemak sterol yang ditemukan di dalam membran sel serta disirkulasikan di dalam plasma darah. 

Namun, kolesterol penyakit merupakan keadaan yang mana kolesterol dalam darah kadarnya melebihi kebutuhan tubuh normal. Bahwasanya, kolesterol tidak selalu mempunyai dampak yang buruk untuk tubuh manusia. Sebab, terdapat dua jenis kolesterol yang ada pada tubuh.

Dua jenis tersebut meliputi LDL dan HDL. Kolesterol LDL merupakan jenis yang berbahaya untuk tubuh. Lain halnya dengan HDL yang merupakan kolesterol yang bisa melarutkan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh manusia. Agar Anda lebih waspada, sudah selayaknya mengetahui batas normal kolesterol yang wajar ada di tubuh manusia, yakni antara 160 hingga 200 mg.

Saat ini, kadar kolesterol tinggi juga bisa menjangkit anak-anak. Sebab, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak tidak terjaga. Banyaknya makanan berlemak yang dikonsumsi menyebabkan penumpukan lemak sehingga kadar kolesterol menjadi naik.

Lantas, jenis makanan apa saja yang bisa menyebabkan naiknya kolesterol?

Beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan penyakit kolesterol tinggi berupa susu, daging kambing, gorengan, dan sebagainya. Risiko yang lebih serius ketika kadar kolesterol LDL Anda tinggi adalah penyumbatan aliran darah. Dengan begitu, adanya timbunan lemak jahat bisa mengganggu suplai makanan yang menuju ke jantung.

Oleh karenanya, berbagai penyakit seperti stroke dan jantung bisa menjangkit manusia. Biasanya, kolesterol tinggi dihubungkan dengan orang-orang yang memiliki tubuh tambun atau obesitas. Akan tetapi, tidak sepenuhnya hal tersebut benar, Sebab, orang dengan tubuh yang kurus bisa berisiko memiliki kolesterol tinggi.

Penyakit kolesterol erat kaitannya dengan pola makan yang tidak sehat. Namun, bagi Anda yang sudah terkena kolesterol tinggi, tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa bahan-bahan alami yang menjadi obat kolesterol. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Obat Kolesterol Alami – Jus Anggur

obat kolesterol alami – jus anggur
www.merdeka.com

Tidak hanya lezat dan menyegarkan, ternyata jus anggur juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai obat kolesterol alami. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan fitonutrien yang dihasilkan oleh piceatannol serta resveratrol. Zat tersebut telah teruji secara klinis memiliki sifat anti-mikroba.

Selain itu, anggur juga mengandung flavonoid yang mana bertindak menjadi antioksidan. Untuk mengatasi masalah kolesterol yang tinggi, silakan mengkonsumsi jus anggur setiap hari sekali saja.

Obat Kolesterol Alami – Air Jeruk Nipis

obat kolesterol alami – air jeruk nipis
kupang.tribunnews.com

Si mungil berasa masam ini memang terkenal dengan kandungan flavonoidnya yang tinggi. Yang mana flavonoid tersebut memiliki sifat antioksidan yang kuat. Seperti yang Anda tahu, antioksidan sangat optimal dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Terlebih bagi molekul yang tidak stabil yang bisa merusak sel tubuh yang sehat. Untuk mengkonsumsinya, silahkan minum air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur air hangat segelas. Dua kali sehari yakni  sehabis bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur. Lakukanlah secara rutin. Dengan begitu, kolesterol jahat pun dapat berkurang.

Obat Kolesterol Alami – Susu Kedelai

obat kolesterol alami – susu kedelai
www.tokopedia.com

Jika Anda merupakan penggemar susu tetapi memiliki kadar kolesterol tubuh yang tinggi, maka alternatifnya adalah susu kedelai. Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol di dalam darah. 

Nah, kabar baiknya, olahan kedelai lain juga optimal dalam menurunkan kadar kolesterol seperti tahu dan tempe. Keduanya juga mengandung isoflavon tinggi. 

Obat Kolesterol Alami – Teh Hijau

obat kolesterol alami – teh hijau
jateng.tribunnews.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika teh hijau sangat sehat untuk tubuh Anda. Salah satu khasiat yang diburu oleh masyarakat Indonesia adalah mampu menurunkan kadar kolesterol yang sifatnya jahat di dalam tubuh. Nah, kandungan katekin atau catechin inilah yang menyebabkan teh hijau bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Obat Kolesterol Alami – Oat

obat kolesterol alami – oat
kumparan.com

Sebagai pengganti nasi, Anda bisa mengkonsumsi oat yang sehat. Bahan makanan ini terbuat dari gandum utuh sehingga sangat baik untuk tubuh. Kandungan di dalamnya adalah beta glucan yang bisa menurunkan kolesterol yang sifatnya jahat di dalam tubuh. Beta glucan ini juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan.

Obat Kolesterol Alami – Pisang

obat kolesterol alami – pisang
www.viva.co.id

Pisang memang buah yang kaya akan vitamin. Buah yang merakyat ini juga ternyata memiliki khasiat yang tak terduga, yakni mengurangi kolesterol dari makanan. Hal ini dikarenakan pisang mengandung zat inulin. Mengkonsumsi pisang secara rutin bisa membantu Anda dalam mengendalikan kadar kolesterol.

 Obat Kolesterol Alami – Sayuran Hijau

 obat kolesterol alami sayuran hijau
bangka.tribunnews.com

Sayuran hijau adalah bahan makanan yang baik dikonsumsi bagi orang sehat maupun orang sakit. Hal ini disebabkan karena adanya antioksidan tinggi dalam sayuran hijau.

Oleh karennya mampu mengikat adanya asam empedu yang asalnya dari kolesterol. Kolesterol jahat tersebut akan tercegah untuk terakumulasi di dalam darah. Sayuran hijau yang disarankan untuk dikonsumsi adalah bayam, kangkung, dan sebagainya.

Obat Kolesterol Alami – Kacang-Kacangan

obat kolesterol alami kacang kacangan
lifestyle.kompas.com

Selain sayur, Anda juga perlu memperbanyak kacang-kacangan. Kandungan fitosterol yang ada di dalam kacang bisa menghambat penyerapan kolesterol jahat yang masuk ke dalam darah. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Yang mana memberikan hasil orang yang mengkonsumsi 1,5 ons kacang kenari sebulan penuh, kolesterol dalam tubuhnya dapat turun 5,4 persen. Sedangkan kolesterol jahat bisa turun sebesar 9,3 persen. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, ya! Sebab, kacang-kacangan juga mempunyai kandungan kalori tinggi.

Obat Kolesterol Alami – Salmon

obat kolesterol alami – salmon
porenting.alami.co.id

Untuk menurunkan kolesterol jahat, Anda juga bisa memanfaatkan kandungan minyak omega-3 yang ada di dalam ikan salmon. Selain bisa mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, salmon juga terbukti bisa menangkal penyakit berbahaya seperti demensia, jantung, dan sebagainya.

Obat Kolesterol Alami – Cokelat

obat kolesterol alami – cokelat
intisari.grid.id

Siapa sih, yang tidak menyukai makanan bercita rasa manis ke-pahit-pahitan ini? Tak hanya lezat dan disukai, cokelat pun menyimpan khasiat yang ampuh mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. 

Dalam studi yang dipublikasikan oleh AJCN, beberapa peserta yang diberikan bubuk kakao akan mengalami peningkatan kolesterol yang baik mencapai 24 persen dalam kurun waktu 12 minggu. Namun, dengan garis bawah sebaiknya memilih cokelat yang pahit dan gelap ketimbang cokelat dengan kandungan susu tinggi.

Obat Kolesterol Alami – Bawang Putih

obat kolesterol alami – bawang putih
notif.id

Siapa sangka bumbu dapur yang selama ini menjadi pelezat masakan Anda menjadi obat kolesterol? Nah, bawang putih ini tak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol saja, melainkan juga dapat mencegah pembekuan darah, melindungi tubuh dari infeksi, serta menurunkan tekanan darah. Dalam penelitian yang terbaru juga menyatakan bahwa bumbu dapur ini dapat menghentikan penyumbatan arteri.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara mentah atau masak. Namun, saat ini juga telah banyak tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet serta suplemen. Sebaiknya konsumsi bawang putih satu sampai tiga bulan secara rutin. Lalu, bisa Anda rasakan perubahannya.

Obat Kolesterol Alami – Alpukat

obat kolesterol alami – alpukat
doktersehat.com

Mengkonsumsi jus alpukat yang begitu pekat memang sangat lezat. Namun, tahukah Anda jika di dalam buah berwarna hijau ini mengandung zat yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Ya, bahkan, alpukat juga bisa meningkatkan kolesterol baik. Di dalamnya terkandung kolesterol-smashing beta-sitosterol yakni si lemak nabati yang memiliki manfaat dapat mengurangi kolesterol makanan. Namun, tetap perhatikan kadar konsumsinya, ya! Soalnya, alpukat juga mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi!

Obat Kolesterol Alami – Minyak Zaitun

obat kolesterol alami minyak zaitun
www.brilio.net

Berbanding terbalik dengan minyak curah uang justru bisa menaikkan kadar kolesterol, minyak zaitun justru bisa menguranginya. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung minyak tak jenuh yang baik untuk menghempaskan kolesterol jahat. Penggunaannya bisa Anda lakukan dengan mencampurkan minyak zaitun dalam salad sayur atau bisa juga digunakan untuk memasak.

Obat Kolesterol Alami – Margarin

obat kolesterol alami – margarin
cantik.tempo.co

Margarin merupakan bahan makanan yang terbuat dari sterol tumbuhan. Yang mana senyawa tersebut dapat mengurangi risiko penyerapan kolesterol. Nah, dinyatakan dalam sebuah penelitian, wanita dengan diet sterol bisa menurunkan kolesterol mencapai 3,5 persen.

Obat Kolesterol Alami – Ragi Beras Merah

obat kolesterol alami ragi beras merah
hellosehat.com

Mungkin, banyak masyarakat Indonesia yang masih jarang mendengar tentang ragi beras merah ini. Bahan makanan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok dan kerap digunakan sebagai pelengkap masakan.

Di dalam ragi beras merah, terdapat kandungan monacolin K yang mana secara kimiawi merupakan zat yang hampir sama dengan bahan aktif lovastatin yakni obat penurun kolesterol. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa ragi beras merah bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Obat Kolesterol Alami – Hawthorn

obat kolesterol alami hawthorn
www.healthline.com

Mungkin, Anda juga masih merasa asing dengan obat kolesterol yang satu ini. For Your Information, Hawthorn merupakan semak yang berduri. Masih termasuk di dalam keluarga mawar.

Tanaman ini biasanya tumbuh pada lereng-lereng bukit di seluruh dunia. Warna bunga hawthorn adalah pink serta mekar di bulan Mei. Tanaman ini juga memiliki warna merah, putih, dan merah muda. Apabila telah masak, maka buahnya akan berwarna merah serta memiliki daun yang mengkilap dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Tumbuhan ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Selama beratus tahun lalu, tumbuhan ini sudah dimanfaatkan dalam dunia medis untuk mengobati kolesterol tinggi dan jantung.

Selain mengkonsumsi obat kolesterol alami, tentu saja harus Anda imbangi dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Apa saja pola hidup yang mesti dijalankan agar kadar kolesterol dalam darah menurun? Berikut ulasannya!

Olahraga Teratur

olahraga teratur
www.merdeka.com

Jika dulu, Anda malas melakukan olahraga, sebaiknya saat ini Anda ubah kebiasaan malas tersebut. Olahraga tidak hanya bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Akan tetapi kadar kolesterol jahat pun bisa berkurang dengan sendiri. Sementara itu, kolesterol baik di dalam tubuh akan meningkat.

Mengontrol Berat Badan

mengontrol berat badan
hellosehat.com

Meskipun pada dasarnya, berat badan yang tinggi tidak selalu mengindikasikan kolesterol yang tinggi. Namun, sebagian besar orang yang mengalami kolesterol tinggi adalah orang-orang dengan berat badan yang berlebih.

Sebab, orang yang memiliki obesitas akan mengalami peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh. Untuk itu, lakukan diet sehat dan menurunkan berat badan sehingga kolesterol pun ikut turun.

Berhenti Merokok

berhenti merokok
regionsl.kompas.com

Bahaya merokok memang tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa menimbulkan banyak sekali penyakit berbahaya, merokok juga bisa mengganggu keseimbangan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Rokok juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) di dalam tubuh. Pun, bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Apabila hal ini terjadi, maka risiko penyakit jantung serta stroke pun akan meningkat.

Mengkonsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Larut

mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut
hellosehat.com

Kadar kolesterol bisa diturunkan dengan mengatur pola makan. Nah, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat larut semisal ubi jalar, alpukat, brokoli, wortel, pir, lobak, kacang merah, apel, gandum, biji rami, dan sebagainya.

Kalau ingin yang lebih praktis lagi, silahkan pilih produk suplemen maupun minuman dengan kandungan serat larut inulin dan beta glucan. Beta glucan inilah yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Lain lagi dengan inulin yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol total serta trigliserida di dalam darah.

Memilih Makanan Rendah Lemak

memilih makanan rendah lemak
www.tampilcantik.com

Nah, sudah terkena kolesterol, jangan bebal untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi, ya! Sebagai gantinya, silakan makan ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, putih telur, susu rendah lemak, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan sebagainya, Hindari untuk mengkonsumsi gorengan!

Mengkonsumsi Makanan dengan Kandungan Omega-3 Tinggi

mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 tinggi
doktersehat.com

Kadar kolesterol juga bisa diturunkan dengan makanan yang kaya akan omega-3. Apa saja sih, makanan yang mengandung asam lemak omega-3? Diantaranya ada makarel, ikan salmon, sarden, kacang kenari, biji chia, dan sebagainya.

Konsumsi Sayur dan Buah

konsumsi sayur dan buah
www.alenea.id

Bahaya sekali kalau ternyata selain menderita kolesterol tinggi, Anda juga tidak menyukai sayur dan buah. Sebab, untuk menurunkan kolesterol, sangat disarankan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Serat yang ada di dalam dua jenis bahan makanan tersebut akan mampu menurunkan LDL (low density lipoprotein).

Paling tidak, dalam sehari, Anda harus mengkonsumsi 500 gram sayur dan buah. Jika perlu, Anda juga bisa mengimbangi konsumsi obat kolesterol alami dengan berbagai suplemen. Apa saja jenis-jenisnya? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Serat Psyllium

serat psyllium
www.fiforliftshop.id

Serat memang sudah terbukti bisa menurunkan LDL serta trigliserida. Meskipun makanan yang menjadi sumber serta paling baik adalah gandum, buah, dan sayur. Tetapi, Anda juga bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi suplemen bernama psyllium. terlebih jika usaha alami Anda tidak memberikan dampak yang cukup berarti.

Minyak Ikan

minyak ikan
www.liputan6.com

Adanya kandungan omega-3 memang sangat baik untuk mengatasi masalah kolesterol. Dalam penelitian lebih lanjut, dengan mengkonsumsi minyak ikan dengan kadar 250 mg setiap hari bisa menurunkan risiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, sangat direkomendasikan bagi penderita kadar kolesterol tinggi untuk mengkonsumsi omega-3, 2 hingga 4 gram setiap hari. Namun, sebaiknya hindari konsumsi minyak ikan pada orang yang memiliki riwayat alergi makanan laut.

Niacin (Vitamin B3)

niacin (vitamin b3)
www.pureformulas.com

Untuk menurunkan LDL, Anda juga bisa mengkonsumsi niacin. Suplemen ini adalah salah satu jenis vitamin B yang bisa membantu penurunan kadar kolesterol LDL serta dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Dosis yang diperbolehkan adalah 2 sampai 3 gram setiap hari.

Namun, terdapat efek samping dari konsumsi suplemen ini. Yakni nyeri otot, gangguan pencernaan, serta ruam kulit. Suplemen ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita tukak lambung, asam urat, dan penyakit liver kronis.

Baca Juga Manfaat Jahe

Demikian pembahasan mengenai obat kolesterol. Nah, pastikan sebelum mengkonsumsinya, Anda konsultasikan dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.