Surat Pengalaman Kerja: Fungsi, Struktur dan Contohnya

Surat pengalaman kerja – Pernahkah Anda mendengar tentang surat pengalaman kerja? Seperti namanya, surat pengalaman kerja adalah surat yang dibuat untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengalaman bekerja dengan posisi tertentu di instansi tertentu.

Oleh karena itu, surat ini dibuat oleh instansi tempat ia bekerja. Ada cukup banyak contoh surat pengalaman kerja yang bisa menjadi bahan pengetahuan. Umumnya, surat pengalaman kerja ini akan diberikan kepada karyawan atau pekerja dengan catatan dan riwayat kerja yang baik.

Tidak hanya itu, karyawan yang biasanya mendapatkan surat pengalaman kerja adalah mereka yang sudah bekerja lebih dari satu tahun atau sudah merasakan bagaimana kerja dalam waktu yang lama di instansi tersebut. Dari beberapa detail tersebut, bisa dikatakan bahwa surat pengalaman kerja adalah salah satu surat yang cukup khusus dan tentu saja tidak bisa didapatkan asal-asalan.

Oleh karena itu, hanya para karyawan yang bisa meyakinkan HRD dan atasan saja yang nantinya akan mendapatkan surat pengalaman kerja ini. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai kegunaan, struktur dan juga contoh surat pengalaman kerja yang perlu untuk diketahui. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

fungsi surat pengalaman kerja
lifepal.co.id

Sebelum membahas tentang contoh surat pengalaman kerja, ada beberapa fungsi dari surat ini yang sebaiknya diketahui terlebih dahulu. Banyak yang menganggap bahwa surat pengalaman kerja adalah salah satu surat yang sakral. Alasan kenapa surat ini sakral adalah karena adanya beberapa fungsi penting yang bisa dilakukan dengan surat ini.

Tentu, fungsi penting surat pengalaman kerja berkenaan dengan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan adanya dukungan dari surat tersebut. Nah, adapun beberapa fungsi dari surat pengalaman kerja yang mungkin belum diketahui oleh beberapa orang adalah sebagai berikut:

  • Penarikan Dana BPJS

Salah satu fungsi dari surat pengalaman kerja yang amat penting adalah penarikan dana BPJS, tepatnya JHT atau jaminan hari tua. Sebagaimana diketahui, pihak BPJS menyiapkan JHT untuk para karyawan dalam suatu perusahaan. Akan tetapi, dalam pencarian dana ada beberapa syarat yang harus diperhatikan.

Ada beberapa syarat yang harus dilampirkan dalam pencairan JHT yang disediakan oleh BPJS tersebut. Salah satu syarat yang diperlukan dalam pencarian tersebut adalah surat pengalaman kerja. Surat ini menjadi bukti bahwa seseorang yang ingin mencairkan dana adalah karyawan yang terdaftar. 

Untuk pencairan dana JHT ini dibutuhkan surat pengalaman kerja asli dan fotokopi surat yang sudah di legalisasi. Dengan demikian, urusan pencairan JHT ini akan bisa dilayani dengan cepat dan tepat.

  • Melamar Pekerjaan

Dalam contoh surat pengalaman kerja seringkali dicantumkan bahwa surat pengalaman kerja tersebut akan digunakan sebagai lampiran dalam lamaran kerja. Memang, salah satu fungsi dari surat pengalaman kerja adalah untuk melamar pekerjaan yang baru.

Biasanya, surat ini dimasukkan dalam dokumen penunjang CV yang dikirimkan. Nah, fungsi dari surat pengalaman kerja ini terkait melamar kerja adalah sebagai bukti autentik jika seseorang yang melamar pekerjaan tersebut benar-benar pernah bekerja di suatu instansi yang ditunjukkan dalam CV.

Tentu, surat ini akan menjadi penanda jika apa yang disebutkan bukan merupakan hal yang bohong. Sebagaimana dicermati, cukup banyak lamaran pekerjaan yang memberikan syarat pengalaman kepada mereka yang ingin melamar.

Pengalaman ini adalah hal yang cenderung penting karena akan memastikan jika si pelamar adalah seseorang yang memiliki skill untuk membuktikan kinerjanya. Memang, tidak semua instansi atau perusahaan membutuhkan surat pengalaman kerja dalam urusan lamaran kerja.

Namun, tetap saja ada nilai plus yang dimiliki seseorang yang membawa surat pengalaman kerja dalam lamaran mereka.

  • Dokumen Penunjang Beasiswa

Jika Anda ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi dengan mencari beasiswa jalur professional, maka surat pengalaman kerja adalah salah satu surat yang sangat penting. Sebagaimana diketahui, mendapatkan beasiswa dalam studi adalah hal yang sangat menyenangkan.

Beasiswa tersebut bisa diandalkan untuk mengurangi alokasi dana untuk pendidikan –yang semakin lama semakin mahal. Nah, jalur profesional tersebut memang disediakan untuk para karyawan profesional yang masih menaruh minat untuk melanjutkan studi mereka.

Biasanya, beasiswa ini disediakan oleh pemerintah ataupun juga pihak swasta. Beberapa pihak asing juga mulai masuk untuk turut menyediakan beasiswa ini kepada karyawan. Beasiswa yang disediakan beragam mulai dari S2, doktoral dan lainnya.

Nah, jika Anda berminat dengan beasiswa ini, maka ada dokumen yang harus dipersiapkan dan dilengkapi. Salah satu yang paling penting adalah surat pengalaman kerja yang menandakan jika kamu adalah seorang yang profesional.

  • Pengajuan Pinjaman Bank

Meskipun tidak disarankan, namun surat pengalaman kerja bisa digunakan sebagai dokumen pendukung untuk pengajuan pinjaman di bank. Mengajukan pinjaman di bank memang menjadi kebanyakan solusi yang diambil oleh mereka yang membutuhkan dana untuk memenuhi keperluannya.

Nah, surat pengalaman kerja ini adalah salah satu dokumen di mana pihak bank akan mengetahui bahwa si peminjam adalah seseorang yang bekerja dan memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran tagihan per bulan dengan lancar.

Hal ini dikarenakan ada slip gaji sebagai penanda adanya penghasilan tetap per bulan yang didapatkan. Hal yang mirip dengan poin di atas adalah pengajuan kartu kredit. Ya, surat pengalaman kerja juga menjadi salah satu dokumen yang diperlukan dalam pengajuan kartu kredit yang menunjukkan kesanggupan pembayaran dari si pemilik kartu kredit per bulan.

Hanya saja, meskipun Anda memiliki surat pengalaman kerja, namun tentu saja berkaitan dengan pinjaman bank dan kartu kredit, Anda harus mawas diri dan berhati-hati. Jangan tergiur dengan kemudahan meminjam, terutama jika Anda tidak benar-benar tertekan dan membutuhkan.

Dari beberapa poin di atas, bisa dilihat bahwa ada beberapa fungsi penting dari surat pengalaman kerja. Dengan beberapa fungsi tersebut, tentu saja Anda bisa mengetahui bahwa memang surat pengalaman kerja adalah surat penting dan tidak didapatkan dengan asal-asalan.

Apa yang Perlu Ditulis Dalam Surat Pengalaman Kerja?

Apa yang Perlu Ditulis Dalam Surat Pengalaman Kerja?
www.awambicara.id

Perlu diketahui, surat pengalaman kerja adalah salah satu jenis surat resmi. Layaknya surat resmi lainnya, ada struktur formal dari surat pengalaman kerja yang harus diikuti. Struktur tersebut akan membantu pembuatan surat pengalaman kerja menjadi lebih mudah dan tepat.

Adapun struktur dalam surat pengalaman kerja yang harus dimasukkan adalah sebagai berikut:

  • Kop Surat

Salah satu bagian paling penting dari surat pengalaman kerja adalah kop surat. Sebagaimana diketahui bersama bahwa surat pengalaman kerja dibuat oleh suatu instansi dan diberikan kepada karyawan mereka.

Nah, kop surat ini adalah tanda bahwa surat pengalaman kerja adalah surat yang resmi. Bagian yang satu ini terdiri dari beberapa hal penting terkait informasi instansi, seperti nama instansi, logo, alamat surat elektronik, nomor telepon dan hal penting lainnya. 

Secara singkat, kop surat adalah identitas dari instansi terkait yang menerbitkan surat pengalaman kerja. Dengan adanya kop surat, maka pembuat surat pengalaman kerja tersebut bisa dilacak dengan mudah.

  • Nama dan Nomor Induk Karyawan

Bagian lain dari surat pengalaman kerja yang cukup penting adalah nama serta nomor induk karyawan. Ini adalah hal yang perlu dimasukkan dalam pembuatan surat pengalaman kerja karena merupakan identitas dari karyawan. 

NIK atau nomor induk karyawan adalah nomor unik yang hanya dikeluarkan oleh instansi tempat karyawan yang bekerja pada instansi tersebut. Dengan memiliki NIK, maka ada bukti autentik bahwa karyawan tersebut benar-benar bekerja di instansi tadi dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Periode dan Jabatan Kerja

Periode dan jabatan kerja masuk ke dalam bagian dari surat pengalaman kerja yang sangat penting. Bagian ini juga menjadi bukti dari pengalaman kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan. Dengan adanya bagian periode kerja, maka dapat dilihat berapa lama karyawan tersebut bekerja pada instansi terkait.

Selain itu, jabatan kerja juga harus ditulis dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Jabatan kerja akan menjadi faktor yang cukup penting untuk melihat posisi apa yang pernah diduduki oleh seorang karyawan tersebut. Dengan adanya jabatan kerja yang tertulis, maka ada peluang bagi karyawan mendapatkan posisi yang lebih tinggi saat melamar kerja di tempat yang baru.

  • Kontribusi dan Keterampilan

Hal lain yang penting untuk dimasukkan dalam surat pengalaman kerja adalah kontribusi dan pengalaman. Sebagaimana namanya, surat pengalaman kerja menjelaskan tentang keterampilan yang dimiliki oleh karyawan tertentu yang menjadi pengalaman dari karyawan tadi.

Dalam pembuatan surat pengalaman kerja, keterampilan dan kontribusi yang ditulis harus berdasarkan fakta dan kemampuan yang sebenarnya. Dengan catatan tersebut, maka ada peluang seorang karyawan tadi akan mendapatkan posisi yang lebih baik saat ingin menggunakan surat pengalaman kerja tersebut.

  • Stempel Resmi

Dalam pembuatan surat pengalaman kerja, maka harus ada stempel resmi yang ditambahkan atau dibubuhkan. Stempel ini adalah bagian yang paling krusial karena akan berpengaruh pada legalitas dari surat pengalaman kerja.

Stempel resmi ini dikeluarkan oleh pihak instansi terkait yang membuat surat pengalaman kerja. Dengan adanya stempel resmi tersebut membuktikan bahwa surat yang dibuat autentik dan bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa hal terkait di atas harus ada dalam surat pengalaman kerja yang dibuat. Dengan beberapa bagian tadi, tentu saja surat pengalaman kerja yang dibuat sudah sesuai dengan kaidah yang ditetapkan. Anda nantinya bisa melihat bagian di atas pada contoh surat pengalaman kerja.

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

tips membuat surat pengalaman kerja
pixabay.com

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat pengalaman kerja adalah tips pembuatannya. Tips ini juga sangat penting karena berpengaruh pada bagaimana surat pengalaman kerja tersebut akan dibuat dan diselesaikan.

Nah, berbincang tentang pembuatan surat pengalaman kerja, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dengan saksama. Adapun beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Bahasa yang Baku

Telah dijelaskan di awal bahwa surat pengalaman kerja adalah salah satu jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak instansi terkait. Dalam hal ini, pembuatan surat pengalaman kerja harus dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baku. Bisa dikatakan bahwa bahasa yang baku adalah roh dari surat ini.

Nah, jika Anda membuat surat pengalaman kerja, maka perhatikan penggunaan bahasa tersebut. Hindari penggunaan bahasa yang cenderung pribadi. Selain itu, hindari pula penggunaan singkatan dalam penulisan kata dalam surat pengalaman kerja tersebut.

  • Buat dengan Data Sebenarnya

Pembuatan surat pengalaman kerja harus dilandaskan pada data atau fakta yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan surat pengalaman kerja akan digunakan untuk beragam hal berbeda dengan tingkat yang bisa jadi lebih tinggi. 

Dengan dasar atau fakta sebagai landasan pembuatan, maka kapasitas dari karyawan yang tertera dalam surat pengalaman kerja bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, surat pengalaman kerja dengan data yang benar juga akan menjaga nama baik dari instansi yang mengeluarkannya.

  • Berikan Informasi yang Jelas dan Lengkap

Hal paling penting dalam pembuatan surat pengalaman kerja adalah informasi yang diberikan. Dalam surat tersebut ada cukup banyak informasi terkait kinerja karyawan yang memang harus ditampilkan sebagai dasar pertimbangan.

Oleh karena itu, jika Anda membuat surat pengalaman kerja, maka berikan informasi yang jelas dan lengkap. Informasi yang tertera pada surat pengalaman kerja tersebut juga sebaiknya ditulis dengan singkat. Penulisan informasi dalam surat pengalaman kerja ini tidak boleh terlalu bertele-tele karena akan sangat merepotkan.

  • Ikuti Kaidah yang Berlaku

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada struktur dari surat pengalaman kerja yang dijadikan patokan dalam pembuatannya. Oleh karena itu, saat Anda ingin membuat surat ini, maka ada kaidah berlaku yang harus diikuti lebih lanjut.

Mengikuti kaidah penulisan adalah hal yang sangat penting. Dengan kaidah-kaidah tersebut, maka surat pengalaman kerja yang dibuat tentu saja akan sesuai keharusan dan bisa digunakan dalam berbagai hal yang berbeda dengan baik dan lancar.

Beberapa tips di atas harus menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Dengan tips tersebut, Anda akan bisa membuat surat pengalaman kerja yang benar dan sesuai keharusan.

Beragam Contoh Surat Pengalaman Kerja

beragam contoh surat pengalaman kerja
katasiana.com

Ada cukup banyak contoh surat pengalaman kerja yang bisa menjadi patokan atau inspirasi untuk membuat surat yang satu ini. Dengan adanya contoh tersebut, tentu saja Anda bisa melihat struktur dan detail dari surat pengalaman kerja yang harus diperhatikan sebelum pembuatan.

Adapun beberapa contoh surat pengalaman kerja yang bisa dijadikan bahan pembelajaran adalah sebagai berikut:

Surat Pengalaman Kerja untuk Karyawan

surat pengalaman kerja untuk karyawan
www.romadecade.org

Umumnya, surat pengalaman kerja ditujukan untuk seorang karyawan. Namun, perlu diketahui, bagi seorang karyawan, mendapatkan surat pengalaman kerja bukan merupakan hal yang mudah atau malah bisa dikatakan susah. Hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang dipertimbangkan atasan sebelum mengeluarkan surat ini.

Nah, salah satu faktor yang dipertimbangkan adalah lama bekerja. Selain itu, kinerja dan kontribusi dari karyawan juga menjadi catatan yang cukup penting. Dalam hal ini, ada saran di mana Anda sebaiknya memiliki surat pengalaman kerja ini sebelum resign untuk memudahkan mencari pekerjaan yang baru.

Adapun contoh dari surat pengalaman kerja untuk karyawan adalah sebagai berikut:

PT Golden Castle

READ  Surat Resmi: Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Jl. Raya Uluwatu No. 45 Bali

SURAT PENGALAMAN KERJA

Certificate Of Employment

No : 102/SPK-CM/IV2018

 

Hal : Surat Pengalaman Kerja

Kepada Yang Berkepentingan

Dengan surat ini pihak PT. Golden Castle menyatakan bahwa:

Nama : Simyon Sewanso
Alamat : Jl. Raya Uluwatu No. 123 Bali
Jabatan : Supervisor

Dengan telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu:
11 Januari 2012 sampai dengan 22 April 2018.

Saudara Simyon Sewanso  memberikan kontribusi yang sangat baik bagi perusahaan kami  dan selama ini menjadi karyawan  yang tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan. Saat ini yang bersangkutan mengajukan telah pengunduran diri kepada perusahaan atas. Sehubungan dengan hal tersebut.

Kami atas nama perusahaan PT Golden Castle mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan mendapatkan kesuksesan di masa mendatang.

Bali, 08 Mei 2018,

Direktur PT.Golden Castle,

 

Andry Rosales

Surat Pengalaman Kerja Sebagai Manajer

surat pengalaman kerja sebagai manajer
www.romadecade.org

Manajer adalah bagian yang penting dalam suatu instansi dan perusahaan. Hanya mereka yang memiliki kemampuan bagus saja yang bisa menduduki bagian ini. Ya, manajer membutuhkan pengalaman yang panjang serta konsistensi kerja yang terus menerus.

Nah, adapun contoh dari surat pengalaman kerja untuk seorang manajer adalah sebagai berikut:

PT Golden Castle

Jl. Raya Uluwatu No. 9 Bali

SURAT PENGALAMAN KERJA

Certificate Of Employment

No: 102/SPK-CM/V 2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Andry Rosales
Jabatan Direktur PT. Golden Castle

Dengan sebenarnya menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Simyon Sewanso
Alamat : Jl. Raya Uluwatu No. 123 Bali
Jabatan : Manajer

Telah bekerja pada perusahaan kami PT. Golden Castle terhitung sejak tanggal 11 Januari 2018 sampai dengan 22 April 2018, dengan jabatan terakhir sebagai Manager Information Technology Department yang selama menjadi staf kami, Saudara Simyon Sewanso telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang baik kepada terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan hal-hal yang  merugikan perusahaan.

Saat ini yang bersangkutan mengundurkan diri. Kami dari pihak PT Golden Castle sangat berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan akan mencapai kesuksesan di masa mendatang.

Surat pengalaman kerja ini dibuat agar dapat DAPAT digunakan sebagaimana mestinya.

Bali, 08 Mei 2018

Direktur PT. Golden Castle,

 

READ  9 Contoh Surat Resmi Berbagai Keperluan yang Rekomendasi Untuk Anda

Andry Rosales

Baca Juga Cara Membuat Email

Demikian beberapa ulasan mengenai surat pengalaman kerja dan juga beberapa unsur yang mengikutinya. Anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja tersebut untuk membantu Anda membuat surat yang benar dan sesuai kaidah yang ditetapkan. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.