Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi, Gambar Dan Penjelasan

Sejarah Komputer – Komputer merupakan sebuah perangkat yang pada saat ini telah banyak dipakai didalam kehidupan sehari- hari. Dengan adanya komputer ini bisa digunakan sebagai penunjang aktifitas dari manusia, bisa memudahkan semua pekerjaan yang dilakukan.

Hal ini memang sudah terbukti dengan dipakainya komputer, apa lagi pada setiap lini kehidupan pada zaman modern seperti ini. Tak bisa dipungkiri memang, jika manusia sekarang ini akan lebih cenderung bergantung pada komputer di dalam hidupnya.

Misalnya saja, sekarang ini komputer memiliki fungsi untuk mengetik sebuah surat dan bisa menjadikan jauh lebih efisien jika dibandingkan menggunakan tangan saat membuat surat. Apabila kita salah dalam mengetik saat menggunakan komputer maka kita pun dapat langsung menghapus serta melakukan revisi.

Sedangkan untuk menulis surat dengan tangan pada kertas, apabila ada kesalahan maka kita pun dapat menulisnya dari awal apalagi jika menulis memakai pulpen. Pada saat ini perkembangan dari komputer kian canggih, sebab mengikuti perkembangan dari jaman.

Akan tetapi, proses dari perkembangan dari komputer tidak serta- merta canggih karena akan ada tahapan- tahapannya. Komputer saat ini memang sudah jauh berbeda dengan komputer dulu, dari segi bentuk, kinerjanya dan juga komponen- komponen yang dipakai. Sebab komputer dahulu memiliki ukuran yang dapat menghabiskan satu ruangan hanya untuk meletakkan mesin komputernya.

Pengertian komputer

pengertian komputer
www.arektambunan.com

Jika secara luas, pengertian dari komputer ini bisa di definisikan menjadi sebuah peralatan elektronik dimana terdiri dari beberapa komponen komputer. Yang bisa bekerja sama antara komponen satu dengan komponen lainnya, guna untuk bisa menghasilkan informasi yang berdasar dengan program serta data yang data.

Istilah dari komputer ini sendiri berdasarkan dari bahasa latin yakni “computare”, yang mana mempunyai alat hitung. Sebab pada awal mulanya pembuatan dari komputer ini digunakan untuk perangkat bantu yang ada untuk mengolah serta perhitungan angka.  

Pada dasarnya komputer itu mempunyai arti yang cukup luas, bukan sekedar perangkat mesin dengan teknologi yang tinggi yang di dalamnya terdapat sekumpulan chip serta kabel yang ada di dalamnya. Namun, komputer ini merupakan alat yang dipakai untuk bisa mengolah data, menurut perintah yang memang sudah di rumuskan terlebih dahulu.

Sejarah dari komputer sekarang ini ialah hasil dari evolusi yang sudah mengalami proses yang sangat panjang dari zaman dahulu sampai sekarang.

Sejarah komputer lengkap

sejarah komputer lengkap
www.teknodroid.my.id

Komputer sendiri juga memiliki banyak sekali jenis, bukan hanya sekedar komputer desktop dan juga laptop yang kita lihat sehari- hari. Namun juga akan mencakup seluruh perangkat dari elektronik, yang dapat dipakai untuk mengolah data yang mana berdasarkan dari perintah yang telah di tentukan sebelumnya oleh operator.

Sejarah dari komputer dari generasi pertama hingga generasi selanjutnya memang telah banyak sekali perubahan. Bahkan banyak ilmuan yang telah menemukan aneka macam fungsi baru dari penggunaan komputer sendiri. Sehingga pada era teknologi saat ini sudah sangat ini, komputer memiliki fungsi yang telah dapat dirasakan oleh masyarakat di lini kehidupan.

Untuk sejarah dari komputer itu sendiri memang terbagi menjadi lima generasi, dimana masing- masing generasi komputer ini akan jauh lebih jelas dengan menyimak penjelasan di bawah ini:

Penemu komputer pertama kali

penemu komputer pertama kali
abulyatama.ac.id

Charles Babbage ialah orang yang pertama kali menemukan komputer pertama, dimana ia dikenal sebagai salah satu penemu yang terkenal dalam sejarah. Ia ini adalah seorang yang sudah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia hingga saat ini. Difference engine no.1 atau yang sering kali kita sebut dengan mesin penghitung ini adalah temuannya.

Dimana menjadi salah satu ikon yang sangat terkenal di dalam sejarah. Babbage ini juga kerap dikenal dengan julukan bapak komputer. Dia juga menggunakan namanya untuk menghargai jasa dari penemuan komputer dunia yang dilakukan, nama tersebut terkenal dengan The Charles Babbage Foundation.

Komputer generasi pertama (1946 – 1959) tabung vakum

komputer generasi pertama (1946 1959) tabung vakum
www.teknodroid.my.id

Tahun 1946 adalah tahun dibuatnya komputer pada generasi pertama dibuat dengan memakai tabung vakum untuk dijadikan sebagai komponen dasar pembuatannya. Tabung vakum ini juga menjadi salah satu komponen dasar memang dikenal sama sekali tidak efisien pada beberapa aspek.

Sebab komponen ini memang cepat sekali panas pada saat di pakai. Selain itu, komponen ini juga akan memerlukan daya listrik yang jauh lebih besar dalam pengoperasiannya. Electronic numerical integrator and computer atau yang di singkat dengan ENIAC ini ialah salah satu contoh dari komputer generasi yang pertama.

Untuk perangkat dari komputer generasi pertama dibuat oleh John mauchly dan juga J.Presper Eckert pada University of Pennsylvania. Mereka berdua ini memang membangun ENIAC dengan memakai 18.000 dari tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki serat mempunyai berat yang dapat mencapai sekitar 30 ton.

Sejarah dari komputer generasi pertama ini memang menjadi salah satu digital elektronik yang dipakai sebagai kebutuhan yang paling umum. Program dari ENIAC ini telah di rancang sejak tahun 1942 namun baru dimulai pada tahun 1943 dan pada tahun 1946 rancangan ini sudah selesai.

Bentuk dari program ENIAC memiliki ukuran yang sangat besar, pada saat peletakkan program ini saja akan memerlukan ruang sebesar 500 m2. ENIAC ini juga menggunakan sekitar 75.000 relay dan juga saklar, 18.000 tabung hampa udara, 70.000 resistor, dan juga 10.000 kapasitor.

Pada saat memulai pengoperasian, ENIAC ini memerlukan daya listrik yang amat sangat besar yakni sekitar 140 kilo watt. Sedangkan bahasa yang dipakai pada komputer generasi yang pertama ini merupakan bahasa mesin. Bahasa ini akan menjadi bahasa pemrograman yang amat sangat dasar, selain itu bahasa ini juga hanya akan di mengerti oleh komputer.

Dana yang diperlukan untuk bisa membuat perangkat komputer ini bisa mencapai kurang lebih 1 juta dollar. Namun sayangnya kemampuan dari komputer generasi ini memang amat sangat terbatas, sehingga untuk bisa memecahkan suatu masalah yang ada di dalam satu waktu.

Bahkan operator ini juga wajib memakai kartu berlubang atau punched cards, serta menggunakan pita kertas untuk bisa input. Untuk bisa melakukan output yang dihasilkan akan berupa print out. Dengan menggunakan biaya pembuatan yang sangat fantastis, namun fungsi dari komputer generasi pertama ini memang belum maksimal.

Perangkat lunak dari komputer yang di kembangkan pertama kali yakni komputer dengan desain pesawat serta dengan menggunakan peluru kendali. Salah satu ilmuan yang melakukan pengerjaan konsep dari pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse yang merupakan seorang insinyur dari Negara Jerman.

Sedangkan pada pertengahan tahun 1940, John Von Neuman ini turut ikut bergabung pada tim University Of Pennysylvania. Electronic discrete variable automatic komputer atau EDVAC yang merupakan ciptaan dari Von Neuman di tahun 1945, dengan menggunakan memori untuk bisa menampung dari program maupun data yang akan di simpan.

Teknik yang seperti ini bisa saja akan menjadikan komputer bisa berhenti sewaktu- waktu yang selanjutnya dalam melakukan pekerjaannya kembali. Arsitektur Von Neuman ini memiliki peran utama yakni sebagai unit pemrosesan sentral dari CPU. Dimana mampu seluruh fungsi dari komputer yang di koordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri- ciri dari komputer dari generasi pertama ialah CPU.

Selain itu, komputer generasi pertama mempunyai ciri yang khusus, yakni instruksi yang ada di dalam mengoperasikan yang dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Seluruh komputer memang memiliki program seperti halnya kode-biner.

Sedangkan untuk masing- masingnya juga sangat berbeda disebut dengan bahasa mesin, sehingga hal inilah yang mengakibatkan program dari komputer sulit untuk di programkan serta kecepatan bisa di batasi.

Ciri-ciri komputer generasi pertama:

  • Hardware dari komputer memiliki ukuran fisik yang jauh lebih besar serta membutuhkan ruang yang luas.
  • Instruksi operasi memang dibuat secara spesifik guna melakukan tugas tertentu.
  • Untuk program hanya dapat dibuat dengan memakai bahasa mesin.
  • Komputer juga memiliki silinder magnetic guna menyimpan data.
  • Memakai simpan luar magnetic disk dan juga magnetic tape.
  • Memerlukan daya listrik yang sangat besar.
  • Perlu alat pendingin karena cepat panas.
  • Memiliki daya simpan yang kecil.
  • Kinerjanya kurang cepat.
  • Memakai konsep stored program dengan menggunakan memori utama yakni magnetic core storage.
  • Tabung hampa sebagai sirkuitnya, tabung hampa inilah yang menjadikan ukuran dari komputer saat itu memiliki ukuran yang amat besar.

Untuk central posecessing unit yang ada pada komputer generasi pertama ialah mesin pertama yang dipakai untuk mengoperasikan semua sistem komputer.  Sedangkan untuk program yang utama adalah machine language.

Komputer generasi kedua (1959 – 1965) transistor

komputer generasi kedua (1959 1965) transistor

Tahun 1959 komponen untuk membuat komputer memanfaatkan teknologi transistor, dimana tabung vakum yang berperan sebagai komponen pada komputer generasi pertama sudah tergantikan dengan adanya teknologi transistor. Sebab komponen ini akan dinilai menjadi jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan tabung vakum.

Komputer dengan menggunakan komponen dasar transistor, mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan tabung vakum serta daya listrik yang diperlukan juga lebih kecil untuk bisa mengoperasikannya. Biaya untuk pembuatan komputer dari generasi kedua ini juga akan jauh lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan penggunaan tabung vakum pada generasi pertama.

Selain itu, pada komputer generasi kedua bahasa pemrogaman juga sudah di kembangkan. Jika sebelumnya menggunakan bahasa mesin, lalu untuk selanjutnya dapat di gantikan dengan menggunakan bahasa Assembly maupun bahasa simbolik. Dengan menggunakan bahasa pemrogaman inilah, maka programmer akan dapat memberikan instruksi dengan memakai kata-kata.

Bahkan komputer generasi kedua ini telah banyak digunakan pada beberapa instansi, universitas, perusahaan dan juga pemerintah. Karena penemuan komputer pada generasi kedua ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil sehingga dimana disebut dengan transisi.

Mesin yang pertama kali memakai teknologi terbaru ini ialah super komputer. IBM juga sudah membuat super komputer dengan nama Stretch dan juga Sprery-rand dan juga menjadikan komputer dengan nama LARC. Sejarah komputer ini dikembangkan di laboratorium dengan energi atom, bisa mengatasi sejumlah besar data dimana ini kemampuan ini sangat diperlukan oleh peneliti atom.

Harga dari mesin ini memang sangat mahal serta cenderung terlalu kompleks, dimana menjadi kebutuhan dalam komputasi bisnis sehingga bisa menjadikan keterbatasan didalam ke populerannya. Hanya terdapat 2 LARC yang sudah terpasang serta digunakan, yang pertama ada di California tepatnya di Lawrence radiation labs di Livermore dan juga ada di Washington D.C di lokasi US Navy research and development center.

Di awal tahun 1960 an, telah bermunculan sejarah komputer yang ada pada generasi kedua yang sudah sukses meluncur pada bidang bisnis, yang ada di universitas maupun di pemerintah. Komputer generasi kedua ini juga memiliki komponen yang bisa digabungkan dengan komputer saat ini.

Misalnya saja printer, memory, penyimpanan yang ada dalam disket, program dan juga sistem operasi. Salah satu contoh yang penting pada komputer pada masa sekarang yakni tipe IBM 1401 yang memang sudah diterima dikalangan industri secara luas.

sedangkan pada tahun 1965, hampir dari seluruh bisnis- bisnis besar memakai komputer pada generasi kedua pada saat memproses informasi dengan keuangan bisnis. Program yang sudah dijalankan juga sudah tersimpan dalam komputer serta bahasa pemrograman yang berada di dalamnya juga bisa lebih fleksibel pada komputer.

Fungsi dari komputer yang ada pada generasi kedua ini biasanya hanya dipakai untuk perhitungan ilmiah saja. Sejarah komputer yang ada pada generasi kedua ini telah mempunyai tempat pada sistem penyimpanannya sendiri.

yakni dengan kapasitas memori utama yang diperoleh dari magnetic core storage serta memakai bentuk simpanan luar yang magnetic disk dan juga magnetic tape. Jika dibandingkan dengan tabung, transistor ini memang akan jauh lebih mudah dan juga efisien menjadi switch serta bisa diperkecil hingga skala mikroskopik.

Sedangkan pada tahun 2002, para peneliti intel sudah mengenalkan silikon ini dalam bentuk yang paling kecil dan juga paling cepat di dunia. Dimana ukurannya sekitar 20 nm maupun sebanding dengan ukuran sepermiliar meter. Dimana bisa dipakai pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

  • Telah memakai operasi didalam bahasa pemrogaman pada tingkat tinggi fortran dan cobol.
  • Kapasitas untuk memori utama juga sudah di kembang dari magnetic core storage.
  • Menggunakan simpanan luar seperti magnetic tape dan juga magnetic disk.
  • Mampu untuk melakukan proses real time dan juga real sharing.
  • Ukuran fisik juga sudah jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer di generasi pertama.
  • Kinerjanya juga mulai lebih cepat, dimana sudah dapat melakukan jutaan operasi selama per detik.
  • Daya listrik yang diperlukan juga jauh lebih kecil.
  • Orientasi pemakaian program ini juga tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis namun sudah pada aplikasi teknik.

Pada zaman komputer generasi yang kedua ini juga mendalam awal dari munculnya mini computer yang menjadi komputer terbesar nomor dua didalam keluarga komputer. Harga juga akan jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan generasi yang pertama.

Komputer mini computer yang pertama adalah DEC PDP-8 pada tahun 1964 guna untuk pengolahan data komersial. Sedangkan jenis dari komputer lainnya juga sudah muncul pada generasi ini yakni UNIVAC SS80, SS90, 1600, 1400, 7070, 7080 dan juga UNIVAC III.

Kelebihan yang di miliki oleh komputer zaman ini ada pada segi bentuknya, karena memang jauh lebih efisien karena tidak terlalu besar seperti sebelumnya. Komputer yang ada di dalam generasi ini jauh lebih luas didalam penerapan kehidupan. Seperti pada aspek kesehatan, industri, pendidikan dan lain sebagainya.

Namun komputer ini masih mempunyai kelemahan yakni pada segi transistor yang mana banyak menghasilkan panas yang lumayan besar sehingga akan sangat berpotensi merusak beberapa bagian internal komputer yakni seperti quartz rock atau batu kuarsa.

Bahasa assembly ini sering kali menggunakan kode-kode semacam singkatan yang mana mengganti kode biner. Komputer ini juga bisa menghitung daftar gaji, mencetak data, mendesain produk sehingga komputer generasi kedua ini mendapatkan kesuksesan di pasaran.

Komputer generasi ketiga (1965 – 1971) integrated circuit

komputer generasi ketiga (1965 1971) integrated circuit

Generasi Komputer ketiga diawali pada tahun 1965, pada masa itu komputer dibuat menggunakan Integrated Circuit (ICs). Teknologi sirkuit terintegrasi ini, menggeser peran transistor sebagai komponen dasar komputer pada masa itu. Tapi transistor masih tetap digunakan, hanya saja ukurannya sudah diperkecil. Beberapa transistor berukuran kecil tersebut, di letakkan pada sebuah IC, bersama dengan resistor dan juga kapasitor.

Jack Kilby adalah seorang insinyur listrik, yang berhasil mengembangkan IC pertama kali. Dari penemuannya itu, Jack Kilby diberikan hadiah nobel. Karena temuannya tersebut, berhasil meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer secara signifikan. Integrated Circuit ini juga berhasil membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Komputer generasi ketiga menjadi komputer pertama, yang memungkinkan operator berinteraksi dengan menggunakan keyboard, serta monitor dengan tampilan sistem operasi di dalamnya. Selain itu, komputer pada generasi ini menghabiskan biaya pembuatan yang lebih murah, sehingga bisa di jangkau oleh masyarakat umum.

Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970 an. Dalam penggunaannya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian. Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.

IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semi konduktor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.

Bahkan sudah di desain prosesor yang mempunyai miliaran transistor. Perkembangan ini memang sangat luar biasa apalagi dengan masa yang kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

  • Listrik yang digunakan jauh lebih hemat.
  • Software akan jauh ,lebih meningkat.
  • Harga juga kian terjangkau.
  • Memori juga memiliki kapasitas yang jauh lebih besar serta tidak bisa menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Kecepatan juga juga sudah memakai IC sehingga kinerja komputer pun akan jauh lebih cepat dan tepat.
  • Memiliki kecepatan yang hampir 10.000 kali jauh lebih cepat di banding komputer generasi pertama.
  • Komputer sudah mampu untuk melakukan multiprocessing dan juga multitasking.
  • Komputer juga sudah memakai terminal visual display serta bisa mengeluarkan suara.
  • Memakai media penyimpanan luar yakni disket magnetic yang memiliki sifat pengaksesan data secara acak atau random dengan adanya kapasitas yang cukup besar.
  • Mampu untuk melakukan komunikasi dengan komputer yang lainnya.

Komputer yang di ciptakan pada generasi ketiga yakni PDP-11, PDP-8, 7000, NCR Century, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 7700, 6700, UNIVAC 1108, IBM S/360, CDC 3000, 6000 dan juga GE 600. Itu semua merupakan komputer yang mana hasil produksi dari pabrik digital equipment corporation.

Jadi bisa di pastikan jika ukuran dari komputer jauh lebih simpel dan juga kecil. Untuk komputer generasi yang ketiga ini memang akan jauh lebih cepat pada sektor sistem operasi serta dapat menjalankan sebagian program dengan bersamaan.

Komputer generasi keempat (1971 – Sekarang) microprosesor

komputer generasi keempat (1971 sekarang) microprosesor

Komputer yang sudah kita pakai pada saat ini, ialah komputer dengan generasi keempat, yang mana pada generasi keempat ini akan dibuat dengan menggunakan komponen dasar yang mempunyai nama Microprosesor. Chip microprosesor ini di dalamnya memiliki ribuan transistor serta beberapa macam elemen sirkuit yang lainnya dimana saling terhubung menjadi satu.

Intel ini memang menjadi sebuah perusahaan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan dari chip microprosesor. Sebab mereka ini berhasil menciptakan intel 4004 chip yang merupakan langkah awal perkembangan dari komputer dari tahun ke tahun. Perusahaan dari intel sendiri sudah berhasil menggantikan komponen komputer yang memiliki ukuran besar yang saat ini sudah menjadi sangat kecil dan jauh lebih efisien.

Sedangkan pada tahun 1971 IBM ini menciptakan komputer yang memang sengaja didesain khusus bagi kalangan rumahan. Sedangkan untuk Apple mempublikasikan Macinthos untuk pertama kali di tahun 1984, yang merupakan sebuah sistem operasi untuk mengoperasikan dari perangkat komputer.

Tidak sampai disitu, karena perkembangan dari komputer pun akan terus berlanjut ke tahun berikutnya. Sehingga lahir sebuah ide untuk bisa membuat jaringan komputer, lalu bisa mengarahkan pada ditemukannya internet yang selama kita gunakan saat ini.

Banyak sekali kemajuan yang sangat pesat yang terjadi pada komputer generasi ke empat ini dimana sudah di ciptakannya mouse, GUI atau graphical user interface sampai komputer jinjing yang sering disebut sebagai laptop. Dari tahun 1970 ini memang muncul 2 perkembangan yang selalu di anggap menjadi komputer dengan generasi ke empat.

Untuk yang pertama, pemakaian large scale integration atau LSI yang sering kali disebut dengan nama Bipolar large scale integration. LSI ini adalah sekumpulan pemadatan dari ribuan IC, yang mana dijadikan menjadi satu pada sebuah keping IC yang memiliki sebutan sebagai chip.

Istilah dari penyebutan chip ini kerap dipakai dalam menunjukkan suatu lempengan yang memiliki bentuk persegi empat yang bisa memuat rangkaian terpadu IC. LSI ini lalu bisa dikembangkan lagi menjadi very large scale integration atau VLSI yang bisa menampung kurang lebih puluhan ribu yang bahkan sampai ratusan ribu IC.

Sehingga dikembangkan lagi untuk bisa menjadi komputer mikro dimana memakai semi konduktor serta mikroprosesor yang memiliki bentuk seperti chip untuk digunakan menjadi memori komputer internal untuk sementara. Sedangkan yang digunakan pada generasi yang sebelumnya ini hanya memakai magnetic core storage.

Pada tahun 1972 perusahaan ini memang sudah menciptakan mikrokomputer 4 bit dimana sudah memakai chip prosesor dengan nama 4004 yang memiliki isis 230 transistor serta bisa berjalan pada 108 KHz serta bisa melakukan eksekusi sampai 60.000 operasi selama perdetik.

Kemudian tetap berlanjut hingga tahun 1972, dimana intel ini mempublikasikan nama 8008 yang mampu untuk memproses 8 bit informasi hanya dengan satu waktu saja. Untuk yang berikutnya ini akan di lanjutkan dengan mikroprosesor 8080 yang pembuatannya ada di tahun 1974. Dimana menjadi prosesor yang memiliki tujuan umum pertama yang dapat berhasil untuk di kembangkan.

Apabila sebelumnya untuk prosesor 4004 dan juga 8008 memang sengaja di rancang hanya untuk kebutuhan dari aplikasi tertentu saja, serta prosesor 8080 yang mempunyai kinerja dengan kemampuan yang jauh lebih cepat dan juga mempunyai set intruksi yang jauh lebih kaya dan mampu untuk lebih dalam masalah alamat yang jauh lebih besar. untuk komputer yang ada pada generasi keempat ini mempunyai tampilan monitor yang masing memakai satu warna yakni hijau.

Komputer yang ada pada generasi keempat ialah Visi Calc, Apple II, Apple I PDP-11, IBM 370 dan juga yang telah memakai prosesor intel 8080 dengan menggunakan sistem operasi control program for microprosesor. Yang memakai bahasa pemrogaman Microsoft basic.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

  • Dapat menggunakan LSI atau large scale integration.
  • Sudah dikembangkan menjadi komputer mikro yang sudah memakai semikonduktor dan juga mikro processor yang memiliki bentuk seperti chip untuk memori komputernya.

Untuk digunakan sebagai catatan jika komputer- komputer yang ada pada generasi keempat ini memang sama sekali tidak satupun yang PC- compatible maupun macintosh- compatible. Sehingga yang ada pada generasi ini memang belum mempunyai standar untuk sebuah komputer personal computer atau PC.

Dari istilah PC atau personal computer inilah, yang mengartikan jika komputer mulai di pasarkan pada sektor perorangan. Yang pastinya tidak akan sampai disitu saja, akan muncul perangkat komputer terbaru yang jauh lebih mudah untuk dibawa kemana-mana seperti laptop.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan) Artificial intelligence

komputer generasi kelima (sekarang masa depan) artificial intelligence

Komputer yang ada pada generasi kelima ini sebetulnya memang masih pada tahap pembangunan. Dimana komputer generasi ini nantinya akan mempunyai teknologi yang akan dibuat dengan berdasarkan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Pengembangan dari komputer generasi kelima ini juga memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan sebuah perangkat komputer yang bisa merespon, apa yang di input juga memakai bahasa yang digunakan oleh manusia. Bukan hanya itu saja, komputer generasi ini diharapkan untuk dapat mempelajari lingkungan yang ada di sekitarnya dan bisa menyesuaikan dirinya sendiri.

Kunci utama untuk bisa mengembangkan komputer pada generasi kelima adalah komputer kuantum, molekuler dan juga nano teknologi. Sehingga komputer ini pun dapat mempunyai kecerdasan dalam buatan yang setara dengan kecerdasan dari manusia. Generasi kelima ini juga memiliki ciri khusus seperti halnya generasi yang sebelumnya.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  • Komputer masih memakai teknologi LSI yang pastinya akan mempunyai banyak pengembangan.
  • Komputer memiliki fitur yang semakin banyak setiap tahunnya.
  • Akan jauh lebih cepat untuk pemrosesan informasi.

Secara prinsip ciri dari komputer pada masa ini yang akan datang memang jauh lebih canggih dan harga untuk mendapatkannya juga lebih murah. Serta komputer mempunyai kemampuan untuk mendengar, melihat, berbicara dan jauh lebih canggih lagi. Bahkan dapat membuat kesimpulan layaknya manusia.

Hal ini menandakan jika komputer pada generasi kelima mempunyai kecerdasan buatan, dimana mendekati kemampuan serta perilaku mirip manusia. Kelebihan yang lainnya, kecerdasan ini mampu untuk memprediksi sebuah kejadian yang mungkin akan terjadi. Dapat melakukan komunikasi dengan manusia secara langsung, bentuknya juga kian mengecil.

Nah, demikianlah sekilas info mengenai sejarah komputer dari generasi awal hingga saat ini. Semoga ulasan diatas bisa memberikan manfaat untuk Anda.

READ  Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.