50 Gambar Perspektif, Pengertian, Contoh, teknik dan berbagai tipe

Apa itu gambar perspektif ? Perspektif adalah gambar yang dibuat sesuai dengan kemampuan pandangan mata manusia. Biasanya, ketika melihat objek benda yang semakin jauh, mata manusia akan menangkap benda tersebut semakin menjadi kecil. Sehingga gambar yang dihasilkan akan semakin realistis.

Dalam menggambar perspektif, pengamatan objek hanya berasal dari satu titik pandang saja. Satu titik pandang itu yaitu titik tempat pengamat berdiri ketika memandang objek. Sudut pada objek tersebut dipersempit secara relatif. Dengan cara ini, garis-garis lurus akan tetap lurus dan bisa menghasilkan gambar perspektif yang tidak terdistorsi.

Nah, agar lebih jelas lagi mengenai gambar perspektif, langsung saja simak ulasannya bi bawah ini.

Pengertian Gambar Perspektif

pengertian gambar perspektif
coloringpages24x7.com

Perspektif merupakan sebuah teknik atau metode dalam menggambar sebuah objek baik berupa benda, bangunan, ruangan atau interior, dan lingkungan atau eksterior yang ukurannya melebihi ukuran besar dari manusia. Karena, mata manusia hanya mampu melihat keadaan sekeliling dengan sudut pandang tertentu yang terbatas.

Kemampuan manusia dalam memandang ini tidak bisa dipaksakan untuk melihat objek dengan sudut yang lebih besar. Pengertian perspektif diambil dari bahasa Italia yaitu prospettia yang berarti gambar pandangan. Nah, gambar dibuat sedemikian rupa agar terbentuk sebuah objek atau gambar dari besar ke kecil dengan menggunakan satu titik sudut hilang, dua titik sudut hilang atau bahkan dengan tiga titik sudut hilang.

Terdapat 3 sudut pandang yang dapat dilihat dari posisi mata kita berada dari objek yaitu sudut pandang tinggi , normal dan juga rendah. Sudut pandang tinggi juga biasa disebut dengan sudut pandang mata burung yang seolah-olah kita melihat objek atau gambar dari atas. Jadi gambar perspektif bisa disimpulkan sebagai berikut .

  • Segala sesuatu yang terlihat pada pandangan mata. Apabila kedudukan semakin jauh, maka akan tampak semakin kecil dari ukuran yang sebenarnya. Begitu juga dengan warnanya, semakin jauh maka warnanya akan semakin pudar.
  • Jika benda yang kita lihat semakin jauh atau bahkan tak terhingga, maka benda tersebut akan tampak semakin kecil dan akhirnya akan menjadi satu titik saja atau titik lenyap.
  • Pada suatu kedudukan pandangan mata seseorang, semua benda yang sangat jauh dari mata akan tampak seperti titik-titik yang berderet dan terletak ada sebuah garis lurus. Dalam perspektif ini disebut dengan garis horizon.

Gambar Perspektif Dengan Berbagai Tipe

gambar perspektif dengan berbagai tipe
youtube.com

Dalam penglihatan tipe perspektif terdapat beberapa tipe titik sudut pandang, berdasarkan posisi jarak mata kita melihat objek. Untuk lebih sederhananya, kita bisa bagi menjadi dua tipe perspektif diantaranya sebagai berikut:

 1. Gambar Perspektif Sejajar atau Areal Perspektif

Perspektif sejajar atau biasa disebut juga dengan sebutan aereal perspektif merupakan cara menggambar perspektif berdasarkan garis dan warna, hasil dari penilaian dalam penglihatan mata. Contoh mudahnya yaitu ketika kita melihat benda yang dekat dengan mata kita, maka garis-garis batas terhadap benda yang jauh tersebut akan terlihat mengerucut serta pada satu titik akan tidak nampak lagi dan akhirnya menghilang.

Begitu juga dengan warna terhadap objek yang sedang kita lihat, semakin jauh objek tersebut maka akan semakin memudar. Pengertian mudah tipe perspektif sejajar ini yaitu cara menggambar berdasarkan pada tegas atau buram nya garis atau warna.

 2. Gambar Perspektif Sudut atau Linear Perspektif

Gambar perspektif sudut atau yang biasa disebut dengan linear perspektif adalah cara menggambar perspektif dengan menggunakan titik lenyap dalam garis memusat pada satu titik yang terlihat. Hal ini digunakan sebagai acuan sebagai pola tumpuan untuk pembuatannya.

Dengan kata lain, gambar perspektif sudut merupakan cara menggambar perspektif dengan menggunakan bantuan titik lenyap atau garis-garis yang memusat ke satu titik.

Gambar Perspektif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa jarak pandang manusia sangatlah terbatas. Dengan kondisi seperti ini, maka akan menimbulkan sebuah titik hilang pada sebuah objek pandangan yang horizontal. Contoh mudahnya ketika kita sedang berada di pantai, ketika kita memandang laut lepas, maka kita bisa melihat pertemuan antara langit dengan laut.

Nah, di situlah letak keterbatasan pandangan mata manusia. Maka dari itu dibuat dengan media alat bantu berupa teleskop dan teropong bintang. Dengan kondisi seperti ini, timbulah pemikiran manusia dalam menggambarkan alam atau benda, sehingga lahirlah teknik gambar perspektif.

Gambar dibuat sedemikian rupa agar bisa terbentuk ojek dari besar ke kecil dengan menggunakan satu titik hilang, dua titik hilang dan tiga titik hilang. Adapun berikut ini penjelasan dari ketiga istilah tersebut:

 1. Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

 1. gambar perspektif 1 titik hilang
youtube.com

Gambar perspektif 1 titik hilang atau disebut dengan istilah one point perspective ini sering digunakan untuk penggambaran pada sebuah objek benda. Pada gambar ini, dimana letak benda tersebut terlihat lebih dekat dengan jangkauan mata.

Dengan letak benda yang terlihat lebih dekat dengan mata, maka secara otomatis pandangan mata terhadap benda tersebut juga akan menjadi sempit. Sehingga, garis antara batas pengelihatan akan terfokus pada satu titik saja dan sedangkan titik yang lain akan terlihat buram atau bahkan tidak nampak.

Teknik gambar perspektif 1 titik hilang ini juga sering dikenal sebagai pararel pespektif. Mengapa demikian? Karena ada banyak garis bantu yang mempunyai kesamaan sejajar, baik itu pada daerah Horizon atau garis vertikal. Kelebihan menggunakan teknik yang satu ini, sangat cocok untuk rancangan bangun interior.

 2. Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

gambar perspektif 2 titik hilang
youtube.com

Gambar perspektif 2 titik hilang atau disebut dengan istilah two point perspektif, digunakan dalam pengambilan suatu sudut pandang terhadap bangunan, ruangan dan juga sebuah interior bangunan. Dengan menggunakan dua titik hilang ini, jarak letak akan saling berjauhan sebelah kanan dan kiri, untuk penggunaan perspektif 3 titik hilang.

Gambar perspektif ini lebih sering untuk digunakan, karena hasil gambar yang dibuat cukup sederhana dan lebih mudah. Karena dalam pembuatannya juga mempunyai bentuk yang statis bukan simetris. Sehingga, lebih nyaman untuk di gambar, pada dasaran nya penggunaan perspektif 3 titik hilang.

Biasanya, teknik gambar perspektif 2 titik hilang digunakan dalam dunia arsitektur untuk penggambaran sebuah bentuk luar eksterius bangunan. Teknik yang satu ini memang sangat familiar digunakan, karena pada pembuatan gambar, hasil yang sangat dinamis dan simetris.

 3. Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

gambar perspektif 3 titik hilang
painters.com

Gambar perspektif 3 titik hilang atau biasa disebut dengan three point perspektif merupakan gambar perspektif dalam penggunaan pada tiga titik untuk membuat sebuah garis antara pembatas suatu objek. Teknik ini sering digunakan dalam menggambar sebuah bangunan.

Dalam pembuatan perspektif 3 titik hilang, ketika mata melihat seolah-olah melihat suatu objek yang berada pada suatu ketinggian atau titik rendah bangunan tersebut. Yang terlihat dalam gambar perspektif ini yaitu sebuah objek yang dibuat dalam media dua dimensi.

Teknik ini sering juga digunakan dalam mengekspos sebuah gambaran objek yang nyata. Terutama pada gedung yang harus mengandalkan garis dalam membentuk objek terlebih dahulu dalam proses penggambaran nya.

Kegunaan Teknik Gambar Perspektif

Teknik gambar perspektif, digunakan agar bisa memberikan sebuah gambaran terhadap objek nyata yang terlihat dan sesuai dengan apa yang terlihat oleh mata manusia. Namun, pada perkembangan gambar perspektif pada saat ini, teknik perspektif  digunakan untuk mewakili sudut pandang manusia terhadap sudut pandang sebuah objek yang tidak bisa lagi di jangkau oleh mata manusia secara langsung.

Misalnya saja sudut pandang dari ketinggian. Karena, pada titik hilang merupakan batasan penglihatan mata manusia. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kegunaan dari teknik gambar perspektif:

  • Teknik gambar perspektif membantu dalam penguasaan prinsip dalam menggambar bentuk atau menggambar ilustrasi.
  • Teknik gambar perspektif ini juga membantu dalam pembuatan rancangan gambar kerja, arsitektur, mendesain tata ruang, tata taman dan lain sebagainya.

Contoh Gambar Perspektif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada suatu kedudukan pandangan mata seseorang, semua benda yang sangat jauh dari mata akan tampak seperti titik yang berderet dan terletak dalam sebuah garis lurus yang mendatar dan setinggi mata. Hal tersebut dalam perspektif dinamakan dengan garis horizon.

Pada dasarnya dalam gambar perspektif, mulai dari satu titik hilang, dua titik hilang, atau bahkan tiga titik hilang bisa dibagi lagi menjadi berbagai sudut pandang. Hal ini bisa dibagi berdasarkan posisi mata kita dan tempat kita berada. Lebih sederhananya, sudut pandang ini bisa dibagi menjadi 3 macam sudut pandang. Nah, berikut ini contoh gambar perspektif.

Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

gambar perspektif 1 titik hilang
youtube.com

Sudut Pandang Interior (ruangan)

READ  29 Gambar Buah-Buahan segar, Jenis-jenis, ciri-ciri dan penjelasan
Sudut Pandang Interior (ruangan)
studentartguide.com

 

Sudut Pandang Interior (ruangan)
youtube.com

 

Sudut Pandang Interior (ruangan)
senirupasmadasolo.blogspot
Sudut Pandang Interior (ruangan)
pinterest.com
Sudut Pandang Interior (ruangan)
site.google.com
Sudut Pandang Interior (ruangan)
tes.com

Sudut Pandang Interior (Lingkungan)

Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
thevirtualinstructor.com

 

Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
tes.com
Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
studentartguide.com
Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
pinterest.com
Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
pinterest.com
Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
kiossahabatbaru.com
Sudut Pandang Interior (Lingkungan)
ayuda-master1.blogspot

Perspektif 1 titik hilang adalah sebuah pembuatan gambar pada sebuah pada objek gambar yang terlihat dengan garis pusat serta melihat pandangan dengan tegak lurus pada salah satu permukaan. Sistem perspektif yang satu ini sering digunakan untuk menggambar obyek atau sebuah benda yang terlihat dekat dengan mata.

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

gambar perspektif 2 titik hilang
dzagor.com

Sudut Pandang Interior

Sudut Pandang Interior
tes.com
Sudut Pandang Interior
tes.com
Sudut Pandang Interior
tes.com
Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
meble-bogart.info
Sudut Pandang Interior
meble-bogart.info
Sudut Pandang Interior
keyword.sugesstion.com
Sudut Pandang Interior
indexbenner.com
Sudut Pandang Interior
ams-cuesd.com

Perspektif dua titik hilang adalah penggambaran pada sebuah objek yang terlihat pada sebuah dua titik sudut pandang mata atau yang terlihat dari sebelah kanan dan kiri sudut garis penglihatan. Biasanya, perspektif dua titik lenyap dalam penggunaan teknik gambar ruang ini mempunyai dua titik acuan.

Gambar perspektif ini lebih sering untuk digunakan, karena hasil gambar yang dibuat cukup sederhana dan lebih mudah. Karena dalam pembuatan nya juga mempunyai bentuk yang statis bukan simetris.

Sehingga, lebih nyaman untuk di gambar, pada dasarnya penggunaan perspektif 3 titik hilang. Biasanya, teknik gambar perspektif 2 titik hilang digunakan dalam dunia arsitektur untuk penggambaran sebuah bentuk luar eksterius bangunan. Teknik yang satu ini memang sangat familiar digunakan, karena pada pembuatan gambar, hasil yang sangat dinamis dan simetris.

Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

gambar perspektif 3 titik hilang
craftsy.com

Sudut Pandang Interior

Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
dzargon.com
Sudut Pandang Interior
gambar perspektif
Sudut Pandang Interior
devianart.com
Sudut Pandang Interior
gambar perspektif
Sudut Pandang Interior
painters.com
Sudut Pandang Interior
gambar perspektif
Sudut Pandang Interior
youthmanual.com
Sudut Pandang Interior
gambar perspektif
Sudut Pandang Interior
ps3centernet.com
Sudut Pandang Interior
gambar perspektif
Sudut Pandang Interior
pinterest.com
Sudut Pandang Interior
gambar perspektif
Sudut Pandang Interior
pinterest.com

Tiga titik perspektif merupakan penggambaran dengan menggunakan tingkat rendah. Dalam teknik ini, sering digunakan ketika menggambar bangunan yang dilihat dari tingkat mata yang rendah atau tinggi. Mengenai gambar perspektif yang bisa Anda gunakan sebagai lukisan gambar atau bahan untuk membuat sketsa gambar.  

Demikian ulasan mengenai gambar perspektif. Bisa diambil garis besar dari ulasan artikel ini bahwa gambar perspektif adalah segala sesuatu yang terlihat pada pandangan mata. Apabila kedudukan semakin jauh, maka akan tampak semakin kecil dari ukuran yang sebenarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi kita wawasan baru.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.