Sejarah Bola Voli di Indonesia dan di Dunia Secara Lengkap

Sejarah Bola Voli – Siapa sih yang tidak mengenal jenis olahraga yang satu ini? Olahraga yang dimainkan oleh  dua tim ini terdiri dari 6 orang masing-masing kelompok ini cukup digemari di dunia. Ya, apalagi jika bukan permainan bola voli.

Olahraga bola voli ini mulai dikenal sejak tahun 1895 oleh pencipta bola voli yang bernama William G Morgan.

Pada awalnya permainan bola ini tidak dinamakan permainan bola voli melainkan miniote. Lalu bagaimana bisa berubah nama menjadi bola Voli?

Nah untuk mengetahuinya lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari bagaimana sejarah bola  voli, baik di Indonesia maupun di dunia. Daripada penasaran yuk simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Sosok William G Morgan Sebagai Penemu Bola Voli

mengenal sosok william g morgan sebagai penemu bola voli
www.romadecade.org

Saat menyebutkan sejarah bola voli, Anda tidak akan bisa terlepas dari sosok penemunya, yakni William G Morgan.  Pada dasarnya permainan bola voli ini merupakan gabungan dari 4 jenis permainan bola besar, yaitu bola tangan, bola tenis, bola basket dan baseball..

Permainan ini ditemukan ketikan William bertemu dengan sosok James Naismisth, yaitu penemu permainan bola basket.  James  Naismisth merupakan sosok yang dikagumi oleh William karena pengabdiannya dalam bidang olahraga semasa hidupnya, yaitu lahir pada tanggal 6 november 1962 dan meninggal pada tahun 1939 tanggal 28 november.

Permainan bola voli ini tercipta setelah 4 tahun sejak ditemukannya permainan bola basket. Awalnya pada tanggal 9 februari 1985, william menciptakan permainan ini dengan maksud diperuntukkan kepada anggota Young Mens Christian Association atau yang lebih dikenal dengan singkatan YMCA yang kala itu sudah tidak muda lagi.

Tentunya dengan performa yang melemah. Hal tersebut dilakukan karena dengan usia yang tidak muda lagi namun masih memiliki semangat berolahraga yang tinggi maka diciptakan permainan bola voli yang tidak terlalu memberatkan seperti bola basket.  Morgan menjelaskan bahwa permainan ini bisa dilakukan pada indoor maupun outdoor.

READ  Lari Estafet : Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya

Alasan Morgan kenapa ia menciptakan olahraga ini untuk Young Mens Christian Association adalah karena  Morgan Muda telah menempuh pendidikannya disitu. Di tempat inilah William G Morgan dipertemukan dengan kakak tingkatnya yakni James Naismisth yang menemukan permainan bola basket.

Dari sinilah Morgan terinspirasi untuk bisa melakukan apa yang James lakukan. Pada tahun 1895, William G Morgan menjabat sebagai direktur pendidikan jasmani di Young Mens Christian Association di Massachusetts. Selama hidupnya ia mengabdikan hidupnya pada bidang jasmani hingga akhir hayatnya.

Akhirnya pada tahun 1942, Morgan menghembuskan nafas terakhirnya. Beberapa penghargaan yang pernah didapatkan oleh William G Morgan selama hidupnya adalah pernah diundang sebagai tamu kehormatan di Spingfield Alumni Dinner sebagai seorang yang mewarnai olahraga di dunia sebagai pencipta bola voli.

Selain itu,  juga mendapat penghargaan dari asosiasi bola voli Volleyball Hall of Fame di Massachusetts, Amerika Serikat.

Sejarah Masuknya Bola Voli ke Indonesia

sejarah masuknya bola voli ke indonesia
Sejarah Masuknya Bola Voli ke Indonesia

Sejarah bola voli ini tidak terlepas dari bagaimana sejarah hidup William G Morgan yang pada akhirnya menciptakan permainan tersebut hingga akhirnya bisa dikenali oleh seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. permainan bola voli ini diperkenalkan ke Indonesia pertama kali pada tahun 1928 pada masa penjajahan Belanda.

Pada saat itu, permainan bola voli hanya bisa dimainkan oleh para petinggi besar orang-orang Belanda dan para bangsawan. Hingga akhirnya demi mengembangkan olahraga jasmani di Indonesia, Indonesia mulai belajar berbagai macam ilmu pendidikan jasmani dari orang Belanda.

Sejak dikenalkannya permainan bola voli ini, permainan ini sering dimainkan oleh para tentara di asrama mereka atau di lapangan terbuka. Bahkan terkadang dilakukan pula pertandingan antar regu. Karena olahraga yang satu ini sangat menarik, tidak mengherankan jika banyak yang menyukainya.

Hingga akhirnya olahraga bola voli ini berkembang sangat pesat.  Hal ini ditandai dengan munculnya perkumpulan bola voli di kota-kota besar di Indonesia dan didirikannya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI pada tahun 1955 tanggal 22 januari.

Pada saat yang bersamaan itulah dilakukan pertandingan bola voli untuk yang pertama kalinya di Indonesia. hingga akhirnya sejarah bola voli bisa berkembang pesat hingga ke pelosok negeri dan bisa dimainkan oleh semua orang seperti sekarang ini.

READ  Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya | Gambar, Fungsi Penjelasan

Perkembangan Sejarah Bola Voli di Dunia

Perkembangan Sejarah Bola Voli di Dunia
baabun.com

Sejarah bola voli diawali pada saat pertama kalinya ditemukannya bola voli. Penemu permainan ini adalah William G Morgan pada tahun 1895. Permainan ini diciptakan Morgan untuk para anggota Young Mens Christian Association yang sudah berusia tua.

Hal ini mengingat usia yang sudah tidak lagi muda tentunya akan memiliki performa yang berkurang.sehingga akan merasa kelelahan pada saat memainkan permainan bola basket yang telah ditemukan 4 tahun lebih awal sebelumnya.

Pada awalnya olahraga ini  tidak dinamakan permainan bola voli melainkan mintonette. Akan tetapi lama kelamaan nama Mintonetee semakin ditinggalkan dan lebih popular dengan nama vollyball atau bola voli. Karena memiliki aturan permainan yang menarik, bola voli menjadi sangat di gandrungi.

Bahkan oleh seluruh pecinta olahraga di dunia. olahraga ini sebenarnya menggabungkan 4 permainan bola dasar yaitu permainan bola basket, baseball, tenis dan bola tangan.permainan ini lebih ringan dimainkan jika dibandingkan dengan permainan bola basket sehingga bisa dimainkan oleh anak-anak hingga usia dewasa atau tua.

Teknik Permainan Bola Voli

teknik permainan bola voli
dikatama.com

Setelah Anda mengetahui bagaimana perkembangan sejarah bola voli, tentunya Anda semakin tertarik bukan bagaimana cara memainkan bola voli. Permainan ini mudah dilakukan. Biasanya dilakukan oleh 2 kelompok dengan masing-masing kelompok memiliki anggota yang terdiri dari 6 orang.

Dalam memainkan  permainan bola voli ini setidaknya Anda harus memahami 4 teknik dasar permainan bola voli. Jika Anda menguasai keempatnya, Anda bisa hadir sebagai pemain bola voli yang hebat. Menarik bukan? apa saja teknik permainan bola voli tersebut? Yaitu,  service, blocking, passing dan smash.

Sementara beberapa aturan dasar dalam permainan bola voli ini adalah sebagai berikut:

Sistem Pertandingan Bola Voli

Di dalam sejarah bola voli, baik di Indonesia maupun di dunia memiliki sistem pertandingan yang sudah disepakati bersama, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Setiap tim terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan dengan jumlah total 10 orang
  • Dalam setiap pertandingan, minimum jumlah pemain di lapangan adalah 4 orang
  • Jika kurang dari 4 orang maka tim dianggap telah gugur atau kalah
  • Pergantian pemain bisa dilakukan secara bebas dan tidak terbatas
  • Pertandingan dilakukan dalam 3 babak (2 kemenangan) dan 5 babak apa bila 3 kemenangan
  • Sistem perhitungan menggunakan rally dengan 25 poin. Apabila terjadi poin seri misalnya 24-24 maka akan di kasih tambahan hingga akhirnya terjadi selisih 2 poin.
READ  Pengertian Sepak Bola : Sejarah, Tujuan, Teknik dan Peraturan

Sistem Perhitungan Angka Dalam Bola Voli

Perhitungan poin dilakukan sampai salah satu tim mencapai poin 25 dalam satu set pertandingan. Cara perhitungan angka dalam bola voli antara lain adalah:

  • Bola jatuh di daerah lawan maka tim Anda akan mendapatkan poin. Apabila bola jatuh di daerah Anda maka tim lawan yang akan mendapatkan poin.
  • Jika suatu tim mengeluarkan bola dari lapangan maka tim lawan akan mendapatkan poin, begitu juga sebaliknya.
  • Apabila melakukan servis dan tidak melewati net maka tim lawan akan mendapatkan poin, begitu juga sebaliknya.

Larangan dalam Permainan Bola Voli

Di dalam permainan bola voli ini ada beberapa aturan mengenai larangan di dalam permainan bola voli, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemain menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan
  • Mengejar bola yang keluar lapangan, selagi belum menyentuh permukaan lapangan masih diperbolehkan namun jika sudah menyentuh lapangan maka dilarang
  • Bola tidak boleh ditangkap melainkan harus dipantulkan
  • Dilarang melakukan lebih dari 1 kali time out pada satu babak yang dilakukan oleh satu tim.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Di dalam catatan sejarah bola voli, William G Morgan pernah menjelaskan bahwa permainan ini bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.  Namun meskipun begitu, tetap ada aturan mengenai ukuran lapangan yang digunakan, yaitu memiliki ukuran 9m kali 18 meter.

Sementara untuk tinggi net antara pemain putra dan putri memiliki perbedaan. Untuk tinggi net putra adalah 2,43 meter.sedangkan untuk tinggi net putri adalah 2,24 meter dengan lebar net sama, yaitu 1 meter.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai sejarah bola voli yang ditemukan oleh William G Morgan. Sangat menarik bukan? apakah Anda termasuk pecinta olahraga ini? Apapun jenis olahraga yang Anda sukai, semuanya memiliki kebaikan di dalamnya yang bisa Anda nikmati seperti kesehatan yang tak terkira.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.