Sejarah Bola Basket: Pengertian, Teknik Dasar dan Pelanggarannya

Sejarah bola basket – Basket menjadi salah satu olahraga yang paling populer saat ini. Bahkan kepopuleran nya tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia. salah satu negara yang sangat gemar dengan olahraga basket adalah Amerika Serikat. 

Bahkan, di Amerika juga terdapat sebuah kompetisi bola basket yang disebut dengan NBA (National Basketball League). Ini adalah salah satu ajang yang olahraga yang paling dinanti-nantikan di Amerika. Bicara soal Bola basket, tentunya hal ini tidak jauh-jauh dari sejarah bola basket itu sendiri.

Sebenarnya, dari mana bola basket itu berasal dan mengapa olahraga ini begitu banyak peminatnya? Nah, kali ini akan dibahas tentang sejarah serta informasi lengkap lain seputar bola basket. Untuk Anda yang penasaran dengan sejarah bola basket itu seperti apa, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Sejarah Bola basket

sejarah bola basket
www.tokopedia.com

Permainan atau olahraga bola basket menjadi salah satu jenis olahraga yang unik di dunia. olahraga yang satu ini diciptakan oleh seorang guru olahraga yang bernama James Naismith. Berdasarkan sejarah bola basket, James Naismith menciptakan permainan bola basket pada tahun 1891. 

James merupakan seorang guru olahraga dari Kanada. Pertama kali permainan ini diciptakan, permainan ini hanya dimainkan di ruang tertutup saja. mengapa demikian? Tujuannya adalah agar para murid-murid dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk bisa bermain olahraga yang satu ini. 

Pada tanggal 15 Desember 1891, James menciptakan permainan bola basket karena terinspirasi dari permainan ia saat masih kecil. Dari sinilah permainan bola basket mulai dikenal masyarakat luas di berbagai penjuru dunia. Di awal perkembangannya, permainan ini tentunya memiliki pro dan kontra.

Banyak kalangan yang menentang adanya permainan ini. hal ini karena mereka menganggap bahwa bola basket merupakan permainan yang terlalu keras dan tidak cocok dilakukan di ruang yang tertutup. Karena banyaknya pertentangan dari permainan ini, sehingga James membuat beberapa peraturan dasar dalam bermain bola basket.

Salah satu peraturan tersebut adalah dengan memasang keranjang ring di bagian dinding ruang olahraga. Tidak hanya itu saja, namun James juga membuat peraturan dimana permainan ini dalam setiap tim terdiri atas 9 anggota. Pada awalnya, permainan ini dimainkan dengan menggunakan teknik dribble untuk mengoper bolanya. 

Ada saat teknik ini, maka pemain hanya memindahkan bola dengan menggunakan lemparan tangan saja. setelah diterapkan adanya peraturan dasar, maka murid-murid diminta untuk melakukan permainan tersebut. Adapun awal mula diadakannya pertandingan bola basket adalah pada tanggal 20 januari 1892.

Pada saat itu ada salah satu siswa dari James, menyebut nama permainan ini dengan sebutan basketball. Hingga akhirnya diadakan pertandingan ini lagi, semua orang sudah familiar dan menyebut nama permainan ini dengan sebutan basketball. Singkat cerita, permainan bola basket ini sudah mulai menyebar di wilayah Amerika serikat. 

Bahkan, orang-orang yang ada di daerah pelosok juga turut memainkan permainan ini dan banyak diantara mereka yang mengadakan kompetisi bola basket. Lambat laun, permainan ini mulai dikenal banyak orang, bahkan di seluruh penjuru dunia. 

Pengertian Bola Basket

pengertian bola basket

Aa yang disebut dengan bola basket itu? Bola basket merupakan sebuah olahraga berkelompok yang terdiri atas dua buah tim yang saling berlawanan dan memiliki anggotanya masing-masing.

Dalam permainan ini, setia anggota berisikan 5 orang. Tujuan permainan bola basket adalah untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Caranya adalah dengan memasukkan bola basket ke dalam ring milik lawan. Permainan ini diadakan di sebuah ruangan yang memiliki ukuran lapangan dengan lebar 15 meter dan panjang 28,5 meter. 

Di dalam permainan ini ada sebuah istilah yang disebut dengan forward, forward merupakan sebuah posisi utama setiap anggota yang memiliki tugas dengan tujuan untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan. Ada juga defense dan indering yang memiliki tugas untuk menghadang lawan.

Sedangkan yang terakhir adalah playmaker. Playmaker memiliki tugas untuk menyusun strayed dan mengatur alur bola dalam permainan bola basket. 

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
site.tupperware.co.id

Berdasarkan sejarah bola basket, permainan ini terus menerus mengalami perkembangan. Bahkan, yang awalnya hanya ada peraturan dasar saja kini sudah mulai banyak muncul teknik-teknik dalam memainkan bola basket. 

Nah, adapun beberapa teknik dasar permainan bola basket diantaranya adalah sebagai berikut:

Dribble

dribble

Dalam teknik dasar bola basket, terdapat sebuah teknik yang disebut dengan dribble atau menggiring. Teknik ini memiliki tujuan untuk menggiring bola agar terhindar dari musuh yang menghadang tim. Teknik ini juga digunakan untuk mengoper bola kepada teman satu tim yang dekat untuk menuju ke ring lawan.

Setiap pemain memiliki teknik dribble yang berbeda-beda saat memainkan bola basket. Yang pasti, teknik ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bagian permukaan lantai lapangan dengan menggunakan tangan.  Pada permainan bola basket, terdapat dua teknik menggiring atau dribble yang harus Anda tahu. Diantara teknik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dribbling Tinggi
READ  Makanan dan Olahraga Tepat Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Teknik dribble yang pertama disebut dengan dribbling tinggi. Ini adalah sebuah teknik dribble yang harus dilakukan dengan cepat. Tujuannya adalah untuk memasuki area perlawanan dari lawan. 

Teks ini biasanya digunakan pada saat pemain sedang memegang bola jauh dari daerah lawan. Adapun dribbling tinggi ini biasanya dilakukan dengan cara berjalan cepat ataupun berlari. 

  • Dribbling Rendah 

Teknik dribble yang kedua disebut dengan dribbling rendah. Ini adalah sebuah teknik dribble yang digunakan untuk melindungi bola dari serangan para musuh. Tekik ini biasanya digunakan ketika berhadapan langsung dengan lawan.

Tujuan dari dribbling rendah digunakan untuk mencari celah lawan yang sedang lengah. 

Passing

passing
inquirer.com

Selain dribble, ada juga teknik dalam permainan bola basket yang disebut dengan passing. Passing adalah sebuah teknik mengumpan atau mengoper bola kepada teman dalam satu tim dengan benar. 

Passing dilakukan setelah dribble bola terlebih dahulu. Nah, dalam permainan bola basket, teknik passing dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Overhead Passing

Ini adalah teknik asing yang digunakan untuk melempar bola dari bagian atas kepala. Teks ini biasanya digunakan pada saat merasa kesulitan terutama pada saat dikepung oleh lawan. 

  • Chest Pass

Chest pass merupakan sebuah teknik passing yang dilakukan dengan cara melempar bola dari atas dada dengan menggunakan tangan. Teknik bini biasanya digunakan pada saat akan mengoper bola ke teman satu tim yang berdekatan.

Tujuannya adalah agar tidak mudah tertebak oleh musuh. Biasanya para pemain juga akan melakukan teknik tipuan dengan cara mengarahkan lemparan ke arah lainnya. 

  • Baseball Pass

Baseball pass merupakan sebuah teknik passing atau melempar bola yang caranya hampir sama seperti melempar bola baseball. Teknik yang satu ini kerap digunakan untuk mengagetkan musuh. 

  • Bounce Pass
READ  Lari Estafet : Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya

Bounce pass adalah sebuah teknik mengoper bola yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bawah lantai lapangan. Tujuannya adalah agar bola dapat diterima oleh teman dalam satu tim dan bertujuan untuk menghindari halangan dari musuh. 

  • Under Pass

Ini adalah sebuah teknik passing yang dilakukan dengan cara mengoper bola dari arah pinggang

  • Hook Pass

Hook pass adalah sebuah teknik passing yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan saja dan posisi melipat di atas bagi. Teknik ini digunakan untuk merusak pertahanan dari kubu lawan. 

Menembak atau Menyooting

menembak atau menyooting
sportscasting.com

Teknik bola basket selanjutnya disebut dengan shooting atau menembak dan menyunting. In adalah salah satu teknik dasar bola basket yang wajib untuk dikuasai. Mengapa demikian, karena teknik inilah yang akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan point dan berhasil memasukkan bola ke dalam ring atau tidak. 

Asalnya, teknik ini digunakan untuk memasukkan bola ke dalam ring musuh. Adapun caranya adalah dengan diam di tempat dan melemparkan bola ke arah ring dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Dalam teknik ini ada dua teknik yang bisa dilakukan. Teknik pertama disebut dengan teknik jump shoot.

Ini adalah teknik memasukkan bola basket ke dalam ring dengan cara melompatkan diri dan kemudian melemparkan bola ke dalam ring. Sedangkan teknik yang kedua disebut dengan teknik Lay up. Ini adalah sebuah teknik memasukkan bola basket ke dalam ring musuh dengan cara berlari. Setelah lari, Anda harus langsung melompatkan badan ke arah ring dengan memasukkan bola basket ke dalam ring tersebut. 

Rebound

rebound
timeincapp.com

Teknik bola basket selanjutnya yang harus diketahui para pemain adalah rebound. Aa itu rebound? Rebound merupakan sebuah teknik untuk mengambil bola yang tidak berhasil masuk ke dalam ring. 

Dalam permainan bola basket, teknik ini dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah rebound ofensif dan rebound defensif. Rebound ofensif merupakan sebuah lemparan bola basket yang gagal masuk ke dalam ring dan kemudian dimasukkan kembali ke dalam ring tim sendiri. 

Jika bola basket berhasil masuk ke dalam ring, maka tim tersebut akan mendapatkan poin sebanyak 2 point. Sedangkan rebound defend adalah sebuah teknik merebut bola basket yang gagal masuk ke dalam ring da kemudian bola tersebut tidak bisa dimasukkan ke dalam ring sendiri. 

Pivot

pivot
cbc.ca

Teknik dasar permainan bola basket selanjutnya disebut dengan pivot. Pivot merupakan sebuah teknik dalam bermain bola basket yang digunakan untuk melakukan gerakan tipuan. Tujuan dari melakukan pivot adalah untuk mengelabuhi musuh yang sedang menyerang tim. 

Adapun dalam praktiknya, cara menggunakan teknik ini adalah dengan cara menggerakkan bagian badan sambil bertumpu pada salah satu bagian kaki. Kemudian bagian angan akan menjaga dari serangan musuh. Dengan begitu musuh akan terkelabui. 

Dengan teknik dasar permainan bola basket di atas, para pemain bisa memenangkan permainan bola basket. Tingkat kemenangan akan disesuaikan dengan banyaknya jumlah skor yang diperoleh. Setiap pemain bola basket juga harus menguasai teknik dasar permainan bola basket ini. dengan begitu permainan akan lebih sportif dan berjalan sesuai dengan aturannya. 

Ketentuan Skors dalam Permainan Bola Basket

ketentuan skors dalam permainan bola basket
salamadian.com

Seperti sejarah bola basket di atas, tujuan dari permainan ini adalah untuk mendapatkan point sebanyak-banyaknya. Namun, masih banyak orang yang belum tahu tentang ketentuan pemberian point atau skor dalam olahraga ini. 

Ternyata, untuk menentukan point dibagi menjadi tiga macam ketentuan. Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa simak ketentuan pemberian poin dalam permainan bola basket di bawah ini. 

Lemparan Satu Point

Pemberian satu poin dalam permainan bola basket akan diberikan jika pemain dapat melakukan shooting atau lemparan melalui titik penalti. Biasanya penalti ini akan diberikan ketika melakukan dua kali pelanggaran. 

Lemparan 2 Point

Sedangkan untuk lemparan yang mendapatkan dua point dibagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ketika pemain menembakkan bola ke dalam ring dengan cara lay up di dalam garis pinalti. Maka tim tersebut akan diberikan point sebanyak 2 point
  • Pada saat pemain tidak sengaja memasukkan bolanya ke dalam ringnya sendiri
  • Apabila bola yang masuk ke dalam ring ini merupakan hasil lemparan dari luar daerah penalti
  • Apabila bola menyentuh ring basket pada saat melakukan lemparan bebas terakhir  dan disentuh dengan cara yang benar oleh pemain pertahanan ataupun penyerang. 

Lemparan 3 Point

Point tiga merupakan point yang paling istimewa dalam permainan bola basket. Untuk mendapatkan point ini, maka pemain harus melakukan tembakan di luar garis penalti.

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

pelanggaran dalam permainan bola basket
kliping.co

Sama seperti olahraga lainnya, dalam bola basket juga terdapat peraturan yang harus diikuti. Jika peraturan tersebut dilanggar, maka akan terjadi namanya pelanggaran. Nah, apa saja pelanggaran dalam permainan bola basket? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini;

  • Pelanggaran Teknik

Ini adalah salah satu jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pemain jika pemain mengabaikan keputusan wasit dan melakukan protes yang berlebihan. 

  • Pelanggaran Personal (Perorangan)

Ini adalah sebuah pelanggaran yang terjadi karena pemain melanggar aturan dengan cara melakukan kontak fisik yang tidak diperbolehkan. Sehingga dalam hal ini melukai pemain tim lawan.

  • Pelanggaran Traveling

Traveling adalah sebuah pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan dribble dalam tiga langkah saat berlari ataupun berjalan. 

  • Offensive Foul

Ini merupakan sebuah pelanggaran yang terjadi ketika menabrak lawan dalam keadaan hands up pada saat melakukan illegal pick. 

  • Double Dribble

Double dribble adalah sebuah pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan dribble bola setelah pemain menghentikan dribble. 

  • Foul Out

Foul out adalah sebuah pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali untuk foul, 6 kali untuk NBA dan melakukan technical foul sebanyak 2 kali dalam sebuah pertandingan. Maka konsekuensinya, pemain tersebut akan dikeluarkan dari pertandingan.

  • Defensive Three Second

Ini adalah sebuah pelanggaran yang terjadi apabila pemain hanya diam di area pertahanannya sendiri selama 3 tik padahal lawan sedang melakukan serangan. 

  • Back ball

Back ball merupakan sebuah pelanggaran yang berat, karena tim melakukan sebuah serangan dan membawa bola ke daerah pertahanan dengan melewati garis tengah, dan kemudian membawanya sendiri ke daerah pertahanan. 

  • Blocking Full

Blocking full adalah sebuah pelanggaran yang berbahaya, karena pemain melakukan pelanggaran yang keras saat bertahan dan menghalangi lawan. 

  • Pushing

Pushing merupakan sebuah pelanggaran dalam permainan bola basket yang terjadi karena pemain melakukan dorongan kepada pemain lainnya. 

Masih ada banyak lagi pelanggaran dalam permainan bola basket. Karena itu, dalam memainkan permainan ini harus benar-benar hati-hati agar tidak melakukan pelanggaran.

Baca Juga Sejarah Bola Voli

READ  LENGKAP Permainan Bola Voli - Teknik, Peraturan, Waktu, Sejarah, Pencipta, dll

Bagaimana? Bukankah informasi seputar sejarah bola basket, pengertian, teknik dan juga pelanggarannya ini sangat jelas dan mudah untuk dimengerti? Dengan adanya informasi ini diharapkan mampu menambah wawasan Anda tentang permainan bola basket.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.