7 Resep Perkedel Kentang Lezat beserta Bahan dan Cara membuatnya

Resep Perkedel Kentang – Banyak sekali sayur-sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Salah satunya yaitu kentang. Kentang bisa dijadikan berbagai olahan, baik untuk lauk ataupun keripik. Namun, lebih banyak ibu-ibu rumah tangga menggunakan kentang sebagai perkedel.

Hal ini dikarenakan perkedel kentang memang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia sebagai lauk yang nikmat.

Semakin banyak penggemar perkedel kentang, semakin banyak pula resep-resep perkedel kentang yang ada saat ini. Bahkan perkedel kentang ini dipadukan dengan beberapa bahan lain, sehingga rasanya semakin nikmat.

Mungkin bagi sebagian orang berpikir bahwa perkedel kentang adalah makanan khas Indonesia. Namun pada kenyataannya perkedel kentang merupakan makanan yang berasal dari negara Belanda. Alasan banyak orang menyukai perkedel kentang yaitu bahannya mudah ditemukan serta sangat mudah dibuat.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat kentang yang berbeda dengan biasanya, simak ulasan berikut ini.

Kumpulan Resep Perkedel Kentang Lezat

Sesuai dengan namanya, perkedel kentang terbuat dari kentang yang dihaluskan setelah itu langsung digoreng. Seiring berjalannya waktu, perkedel kentang tidak hanya menggunakan bahan kentang saja.  Namun sudah mulai dipadukan dengan bahan-bahan lain, sehingga rasanya pun semakin nikmat.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat kentang yang berbeda dengan biasanya, Anda bisa mencoba resep lain. Anda tak perlu bingung mencari resep yang lain. Karena pada ulasan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai resep-resep perkedel kentang. Langsung saja berikut ini ulasannya.

Resep Perkedel Kentang Original

resep perkedel kentang original
Resep Perkedel Kentang Original

Sebelum membahas lebih jelasnya mengenai berbagai resep perkedel kentang, Anda perlu mengetahui resep perkedel kentang yang original, apalagi bagi orang yang baru belajar masak. Sesuai dengan namanya, perkedel kentang original dibuat dari bahan utama kentang tanpa menggunakan campuran apapun.

Meski begitu, rasanya tetap enak. Adapun berikut ini bahan-bahan kentang original beserta cara membuatnya.

Bahan Perkedel Kentang Original

Untuk membuat perkedel kentang, bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah simple. Bahan dasar yang digunakan yaitu kentang. Selain itu, ditambah juga dengan bahan penunjang lainnya serta bumbu. Adapun berikut ini bumbu-bumbu yang harus Anda siapkan:

  • 3 buah kentang ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt merica bubuk atau sesuai selera
  • Garam bubuk secukupnya
  • 2 telur di kocok lepas
  • Seledri secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat

Selain bumbu yang digunakan cukup umum, cara membuat perkedel kentang original ini juga sangat mudah. Tekstur perkedel yang lunak dan lembut inilah yang menjadi alasan banyak anak-anak yang menyukainya. Tak hanya itu, perkedel kentang original ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh lansia, karena memang sangat mudah untuk dicerna.

Setelah bumbu-bumbu sudah disiapkan, ikuti langkah-langkah membuat perkedel kentang original yang enak berikut ini:

  • Siapkan wadah yang berisi air. Setelah itu kupas kentang dan masukkan kentang ke dalam wadah tersebut, agar tidak berubah berwarna coklat. Setelah itu, kentang dipotong melintang atau kotak-kotak agar bisa lebih mudah matang ketika di goreng.
  • Panaskan minyak goreng dan goreng kentang hingga berwarna kecoklatan. Agar kentang bisa matang merata dan tidak gosong, gunakan api sedang. Jika sudah berubah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  • Langkah ketiga kupas bawang putih dan goreng. Setelah itu, campurkan bawang putih dan kentang pada cobek, lalu haluskan. Agar terasa lebih gurih dan sedap, tambahkan merica dan garam sesuai selera.
  • Campurkan kentang dan bumbu, aduk hingga merata. Agar perkedel kentang lebih segar, tambahkan daun seledri yang di iris tipis-tipis dan aduk rata dengan tangan.
  • Setelah semua bahan telah tercampur rata, bentuk perkedel menjadi bulat-bulat pipih.
  • Langkah yang terakhir yaitu siapkan telur yang di kocok lepas. Nantinya, telur ini digunakan sebagai lapisan perkedel ketika digoreng.
  • Panaskan minyak goreng. Sembari menunggu minyak goreng panas, celupkan perkedel ke dalam telur. Setelah itu, goreng hingga berwarna coklat muda, lalu angkat dan tiriskan.
READ  Cara Mudah Membuat Salad Buah yang Sehat dan Bergizi

Resep Perkedel Kentang Daging

resep perkedel kentang daging
Resep Perkedel Kentang Daging

Setelah mengetahui resep dan cara membuat resep perkedel kentang, rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mengetahui resep perkedel modifikasi dengan bahan lainnya, seperti resep perkedel kentang daging. Sesuai dengan namanya, perkedel kentang yang satu ini dicampur dengan daging cincang. Langsung saja berikut ini bahan-bahan serta cara membuat perkedel kentang daging.

Bahan Perkedel Kentang Daging

Kentang memiliki beberapa gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi dengan penambahan daging cincang. Tentu saja gizi dalam perkedel ini akan semakin bertambah. Sehingga, perkedel kentang daging ini bisa Anda jadikan pilihan untuk lauk sehari-hari.

Nah, untuk membuat perkedel kentang daging, pertama-tama yang harus disiapkan yaitu bahan-bahannya. Adapun berikut ini bahan-bahannya:

  • 400 gram kentang yang sudah di kupas.
  • 200 gram daging sapi cincang
  • 1 butir telur ayam
  • 2 batang daun seledri
  • Garam dan gula secukupnya
  • Kaldu bubu secukupnya
  • ¼ sdt lada bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 siung bawang putih goreng dan 4 siung bawang merah goreng

Cara Membuat

Untuk membuat perkedel kentang dengan tambahan daging tidak terlalu sulit. Sebenarnya, cara membuat kentang dengan berbagai modifikasi tetap sama dengan cara membuat perkedel original. Namun, letak perbedaannya hanya pada penambahan bahan.

Tak perlu terlalu lama, berikut ini langkah-langkah dalam membuat perkedel kentang daging yang enak:

  • Iris kentang menjadi kotak-kotak, setelah itu goreng dengan minyak yang panas.
  • Jika kentang sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan haluskan dengan cara diuleg.
  • Agar bumbu bisa lebih mudah untuk dihaluskan, goreng bawang putih dan bawang merah hingga cukup empuk. Jika sudah, langsung haluskan. Setelah itu, campurkan bumbu halus, kentang dan daging giling. Jika semua bahan sudah tercampur rata, bentuk menjadi bulat pipih.
  • Setelah itu masukkan adonan perkedel ke dalam telur yang sudah di kocok. Sambil menunggu, panaskan minyak goreng. Setelah itu, goreng perkedel yang sudah berlapis telur hingga berwarna kuning kecokelatan.

Resep Perkedel Kentang Ayam

resep perkedel kentang ayam
Resep Perkedel Kentang Ayam

Resep perkedel kentang yang selanjutnya yaitu perkedel kentang. Resep perkedel kentang ayam masih sama dengan perkedel kentang daging, hanya saja perkedel ini hanya ditambahkan dengan ayam giling. Bagi Anda yang bosen dengan resep perkedel kentang original, Anda patut mencoba resep perkedel ayam ini. Dijamin anak-anak hingga orang tua menyukai perkedel ini.

Perkedel kentang ayam ini tidak hanya cocok untuk dijadikan lauk sehari-hari, untuk acara-acara tertentu juga sangat cocok. Apalagi bahan dan cara membuat perkedel kentang ayam ini sangat simple. Adapun berikut ini ulasannya.

Bahan Perkedel Kentang Ayam

Bagi Anda yang tertarik membuat perkedel kentang ayam, pertama-tama yang perlu Anda siapkan yaitu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan untuk membuat perkedel kentang ayam ini sangat umum, sehingga sangat mudah di dapatkan.

Adapun berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel daging ayam yang perlu kamu siapkan:

  • 3 buah kentang berukuran sedang
  • 200 gram dada ayam fillet tanpa lemak
  • 5 siung bawang merah
  • 1 butir telur
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Pala bubuk dan garam secukupnya.

Cara Membuat Perkedel Kentang Ayam

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan. Langkah yang selanjutnya yaitu langsung mencoba membuat perkedel kentang ayam. Cara membuatnya masih sama dengan perkedel kentang yang sebelumnya. Hanya saja ada penambahan ayam giling. Langsung saja berikut ini cara membuatnya:

  • Kupas kentang, bawang putih dan bawang merah. Setelah itu, terlebih dahulu goreng kentang hingga kecoklatan dan selanjutnya goreng bawang merah dan bawang putih.
  • Setelah itu, haluskan bawang merah dan bawang putih dengan tambahan garam, lada dan pala. Selanjutnya, haluskan kentang. Jika sudah, masukkan bumbu, daging ayam dan kentang dalam mangkok besar. Campur semuanya hingga merata.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu tambahkan 3 sdm telur yang sudah di kocok. Setelah itu, aduk semua bahan hingga rata.
  • Jika sudah tercampur rata, bentuk adonan bulat pipih. Sambil menunggu, panaskan minyak goreng dengan api yang sedang.
  • Jika adonan sudah terbentuk, lumuri dengan telur yang sudah di kocok.
  • Langkah yang terakhir yaitu goreng perkedel hingga berwarna kuning kecoklatan. Agar terasa lebih enak, hidangkan dalam keadaan hangat.
READ  5 Resep Telur Gulung Anti Mainstream yang Bisa Kamu Praktekkan di Rumah

Resep Perkedel Kentang Kornet

resep perkedel kentang kornet
Resep Perkedel Kentang Kornet

Jika di Negara-negara lain, biasanya perkedel menggunakan bahan daging atau kornet. Namun, Indonesia memang sangat berbeda. Karena masyarakat Indonesia memang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi.

Makanan berkarbohidrat yang sering dipilih yaitu kentang. Apalagi kentang merupakan bahan makanan yang lebih murah harganya dibandingkan daging.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat resep perkedel kentang unik,  Anda bisa memodifikasikan dengan kornet atau daging. Adapun berikut ini bahan-bahan serta cara membuatnya.

Bahan Perkedel Kentang Kornet

Sebelum membuat perkedel kentang kornet, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan bahan-bahannya. Untuk membeli bahan-bahan ini, Anda bisa membelinya di supermarket atau pasar terdekat. Karena bumbunya cukup umum.

Adapun berikut ini bahan-bahan perkedel kentang kornet yang harus disiapkan:

  • 350 gram kentang
  • 1 kaleng kornet sapi
  • 2 batang daun seledri
  • 1 butir kuning telur
  • ½-1 sdt tepung maizena
  • 1 butir putih telur
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt pala.

Cara Membuat

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda juga perlu mengetahui cara membuatnya. Pada dasarnya, cara membuat perkedel kentang kornet ini cukup mudah.

Adapun berikut ini langkah-langkah mudah membuat perkedel kentang kornet yang perlu diketahui:

  • Pertama, kupas kentang yang sudah disiapkan. Setelah itu, goreng kentang matang. Sambil menunggu kentang digoreng, iris tipis-tipis bawang merah dan putih. Selain itu, pisahkan kuning telur dan putihnya.
  • Angkat kentang dan langsung tumbuk hingga halus. Setelah halus, pindahkan pada mangkuk besar. Masukkan bumbu halus, telur, kornet, seledri dan aduk hingga rata.
  • Jika adonan sudah tercampur rata, bentuk menjadi bulat-bulat pipih.
  • Setelah itu, lumuri adonan dengan putih telur. Jika sudah, goreng menggunakan minyak panas dengan api yang sedang. Setelah perkedel sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan sajikan selagi hangat.

Resep Perkedel Kentang Kornet Keju

resep perkedel kentang kornet keju

Untuk membuat perkedel kentang, banyak sekali modifitkasi yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan menambahkan kornet keju. Bisa terbayangkan jika perkedel kentang ditambah dengan keju, pasti rasanya akan lebih gurih. Langsung saja berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara membuat perkedel kornet keju.

Bahan Perkedel Kornet Keju

Kegagalan yang seringkali terjadi ketika membuat perkedel yaitu hancur ketika di goreng. Hal ini dikarenakan teksturnya yang terlalu lembek. Maka dari itu, untuk membuat perkedel dengan tampilan yang cantik dan padat, ikuti langkahnya berikut ini.

Adapun untuk membuat perkedel kentang kornet keju, berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 300 gram kentang ukuran besar
  • 3 siung bawang merah dan bawang putih
  • 1 sdm kornet
  • 1 sdm keju parut
  • 1 batang daun bawang diiris kecil
  • 1 batang seledri diiris kecil
  • ¾ sdt garam
  • ¾ sdt gula
  • ½ sdt pala bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 butir telur besar

Cara Membuat

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel kornet keju. Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui yaitu cara membuatnya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan. Langsung saja berikut ini langkah-langkah cara membuat perkedel kornet keju yang benar:

  • Langkah yang pertama yaitu kupas kentang kemudian potong menjadi kotak kecil-kecil.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga berubah warna.
  • Selanjutnya, tumis kornet hingga matang.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, pala, merica, garam dan gula.
  • Goreng kentang hingga empuk dan haluskan.
  • Siapkan mangkuk besar dan masukkan kentang halus, bumbu halus, kornet, keju parut, daun bawang dan seledri. Setelah itu aduk hingga rata. Agar terasa lebih enak lagi, tambah telur yang sudah di kocok.
  • Setelah semua bahan tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat pipih atau sesuai selera.
  • Jika sudah panaskan minyak goreng. Celupkan bentuk perkedel ke telur yang sudah di kocok. Setelah itu, goreng hingga berwarna kecoklatan.
READ  6 Resep Empal Daging yang Lezat dan Penuh Gizi

Resep Perkedel Kentang Kukus

resep perkedel kentang kukus
Resep Perkedel Kentang Kukus

Resep perkedel kentang yang selanjutnya yaitu perkedel kentang kukus yang sangat mudah dibuat. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak boleh memakan makanan yang digoreng, resep ini cocok untuk dipilih. Sesuai dengan namanya, perkedel kentang yang satu ini tidak di goreng, melainkan di kukus.

Langsung saja berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel kentang kukus beserta cara membuatnya:

Bahan Perkedel Kentang Kukus

Untuk membuat perkedel kentang kukus, bahan-bahan yang dibutuhkan masih sama dengan bahan-bahan perkedel goreng. Keuntungan membuat perkedel kukus yaitu bisa lebih tahan lama. Apalagi jika Anda memiliki stock kentang yang lebih banyak. Adapun berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 3 buah kentang besar
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 batang seledri
  • 3 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 1 butir telur
  • ½ sdt tepung topioka
  • 1 sdm air.

Cara Membuat

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara membuatnya yang tepat agar tidak terjadi kegagalan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah membuat perkedel kukus yang lezat dan awet.

  • Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, setelah itu goreng hingga berwarna kecoklatan. Jika sudah masukkan pada cobek, tambahkan merica, gula, garam dan haluskan.
  • Rebus kentang hingga empuk, setelah itu haluskan kentang
  • Setelah itu, campurkan dengan bumbu yang sudah di haluskan sebelumnya hingga rata.
  • Setelah kentang halus, tambahkan irisan seledri. Aduk hingga semuanya rata.
  • Jika sudah, langsung bentuk perkedel kentang menjadi bulat pipih.
  • Langkah yang terakhir yaitu kukus perkedel hingga 15-20 menit. Agar bisa tahan lebih lama, masukkan perkedel pada frezer dan keluarkan jika ingin dikonsumsi.

Resep Perkedel Kentang Tanpa Telur

resep perkedel kentang tanpa telur
Resep Perkedel Kentang Tanpa Telur

Resep perkedel kentang yang terakhir yaitu perkedel kentang tanpa telur. Resep perkedel yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang alergi dengan telur. Meski begitu, perkedel ini tidak akan hancur ketika di goreng. Langsung saja berikut ini bahan-bahan serta cara membuat perkedel kentang:

Bahan Perkedel Kentang Tanpa Telur

Untuk membuat perkedel kentang tanpa telur, bahan yang dibutuhkan sama saja dengan perkedel kentang yang sebelum-sebelumnya. Namun, perbedaannya hanya pada cara membuatnya yang tanpa menggunakan telur. Adapun berikut beberapa bahan yang dibutuhkan:

  • Kentang sebanyak 500 gram
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Seledri secukupnya
  • Merica sebanyak ¼ sdt
  • Garam dan kaldu
  • Tepung tapioka sebanyak ½ sdm.

Cara Membuat

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda juga perlu mengetahui cara membuatnya yang tepat agar tidak terjadi kegagalan. Adapun berikut ini cara-caranya.

  • Potong kentang yang sudah di kupas menjadi kotak-kotak. Jika sudah, langsung goreng hingga berwarna kuning kecoklatan dan sisihkan. Setelah itu, goreng bawang merah dan bawang putih hingga harum dan angkat.
  • Setelah kentang matang, langsung haluskan bersama dengan bumbu-bumbu agar bisa lebih mudah tercampur.
  • Tambahan daun seledri yang sudah di iris tipis-tipis dan tepung tapioka. Aduk hingga rata.
  • Langkah yang terakhir yaitu bentuk adonan perkedel bulat pipih. Setelah itu, langsung goreng perkedel yang sudah dibentuk hingga berwarna kuning kecoklatan. Ingat, agar tidak mudah hancur, jangan di bolak-balik.

baca juga resep ikan bakar

Itulah beberapa resep perkedel kentang yang paling banyak dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga. Apalagi bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan cara membuatnya juga sangat mudah. Sehingga, Anda akan langsung berhasil membuatnya. Pilih resep perkedel kentang yang menurut Anda paling mudah untuk membuatnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.