4 Resep Kue Bolu beserta Bahan dan Langkah-Langkah Membuatnya

Resep Bolu – Bolu merupakan salah satu makanan berupa roti yang sering dijumpai oleh masyarakat. Bahan dasar dari pembuatan bolu sendiri adalah tepung, gula, dan juga telur. Kue bolu juga dapat dijadikan sebagai kue jenis lain sehingga tidak heran jika kue ini selalu hadir di berbagai acara.

Sebagai salah satu contoh yaitu pemberian krim pada kue bolu dapat menjadikannya sebagai kue tar untuk acara ulang tahun atau pernikahan. Selain itu pembuatan kue bolu juga dapat dilakukan baik dengan cara dipanggang maupun di kukus. Dalam hal ini, terdapat beberapa resep beserta langkah dalam membuat kue bolu yang dapat dicoba yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

Resep Bolu Kukus Mekar

resep bolu kukus mekar
bangka.tribunnews.com

Bolu kukus mekar merupakan kue yang menyerupai cup cake dengan bentuk permukaan mekarnya yang khas. Kue bolu kukus mekar juga diletakkan di dalam kap kue yang pembuatannya tidak bisa sembarangan.

Apabila terjadi salah takaran atau salah melakukan tahapan tertentu maka kue yang dihasilkan nantinya tidak akan bisa mekar. Oleh karena itu, agar dapat menghasilkan kue bolu kukus mekar dengan baik dan benar maka dapat dilihat resep serta langkah-langkah pembuatannya seperti berikut ini.

Bahan-Bahan Bolu Kukus :

Pada pembuatan bolu kukus mekar terdapat beberapa resep yang sedikit berbeda dengan bolu lainnya. Berdasarkan hal tersebut, berikut ini merupakan bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat bolu kukus mekar.

  • Gula pasir 225 gram atau sesuai selera
  • Telur 2 butir
  • SP (emulsifier) 1/2 sendok makan
  • Tepung terigu 300 gram
  • Air soda atau air berkarbonasi berwarna putih 200 ml
  • Pewarna makanan sesuai keinginan 1 tetes
  • Pasta cokelat 1 sendok makan

Langkah-Langkah Membuat Bolu Kukus Mekar :

Setelah memenuhi semua bahan-bahan yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat yang di butuhkkan. Kebutuhan alat tersebut terdiri dari panci kukus, kap kue, mixer, dan juga cetakan. Setelah itu, langkah-langkah pembuatan bolu kukus mekar dapat dilakukan dengan tahapan-tahapan berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah memanaskan panci pengukus dengan waktu 15 menit. Setelah meletakkan panci diatas kompor maka dapat ditunggu dengan langsung mempersiapkan adonan beserta cetakannya.
  2. Adonan dipersiapkan dengan mencampurkan gula, telur, dan juga SP menggunakan mixer sampai mengembang. Setelah dirasa mengembang, campurkan tepung terigu secara perlahan dan dilanjutkan dengan air soda.
  3. Setelah itu, sisihkan adonan setidaknya 15 sendok makan untuk dicampurkan dengan pasta cokelat dan pewarna. Selain itu, adonan utama juga diberikan warna lain dengan menggunakan pewarna makanan.
  4. Selanjutnya persiapkan cetakan bolu kukus disertai dengan alas kap kue dan tuang adonan utama hingga mencapai tinggi cetakan. Lalu tuang adonan berwarna cokelat satu sendok makan di atasnya pada bagian tengah. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  5. Kemudian kukus adonan dengan waktu 10 menit pada kondisi api kompor besar. Jika sudah, maka angkat kue bolu kukus mekar yang sudah matang.
  6. Dinginkan kue bolu kukus mekar terlebih dahulu kemudian keluarkan dari cetakan untuk dapat disajikan diatas piring.
READ  4 Resep Kue Nastar yang Bisa Anda Coba Dirumah

Resep Bolu Kukus Panggang

resep bolu kukus panggang
www.cicicookies.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bolu kukus dapat dibuat dengan cara dipanggang. Perbedaan dari pembuatan kue bolu menggunakan oven adalah memiliki rasa, tekstur, dan juga bahan yang berbeda dari bolu kukus. Pembuatan kue bolu dengan cara ini dapat dibuat dengan bentuk menyesuaikan berbagai loyang yang dapat dipilih.

Berdasarkan hal tersebut, kue bolu panggang sering dijadikan sebagai dasar dari pembuatan kue lainnya seperti kue tar. Adapun berikut merupakan resep beserta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat kue bolu panggang.

Bahan-bahan Bolu Panggang :

Dapat dikatakan membuat kue bolu merupakan suatu hal yang dianggap gampang-gampang susah. Hal tersebut dikarenakan membuat bolu tidak bisa disamakan dengan membuat masakan biasa. Selain itu juga dibutuhkan takaran khusus sehingga dapat menghasilkan kue bolu yang bagus.

Tidak hanya itu saja, membuat kue juga bisa rentan untuk gagal sehingga harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh mengenai bahan dan langkahnya. Dalam hal ini, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu panggang adalah sebagai berikut ini.

  • Tepung terigu 100 gram
  • Telur 5 butir
  • Gula pasir 125 gram atau sesuai selera
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Emulsifier (SP atau TBM) 1 sendok makan
  • Margarin 50 gram yang dicairkan
  • Baking powder 1/4 sendok teh

Langkah-Langkah Pembuatan Kue Bolu Panggang :

Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan langkah-langkah pembuatannya adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Alat-alat yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu baskom, mixer, loyang, dan juga oven atau microwave. Selanjutnya berikut merupakan langkah-langkah dalam membuatkue bolu panggang yang harus dilakukan.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mencampurkan gula pasir, telur, dan emulsifier dengan kecepatan tinggi menggunakan mixer hingga menjadi adonan yang kental dan mengembang.
  2. Selanjutnya masukkan vanili bubuk, baking powder, dan juga tepung terigu secara perlahan dengan menurunkan kecepatan mixer agar tidak berantakan. Pastikan untuk mencampurkannya secara merata.
  3. Pada keadaan masih diaduk, lanjutkan dengan memasukkan margarine cair dan aduk kembali hingga merata, lalu matikan mixer.
  4. Siapkan loyang dengan ukuran sekitar 25 cm serta mengolesi permukaan dalamnya menggunakan mentega dan masukkan adonan ke dalamnya.
  5. Setelah itu, loyang berisi adonan diletakkan ke dalam oven atau microwave dan panggang selama sekitar 30 menit.
  6. Angkat loyang dari dalam oven atau microwave. Kematangan ditandai dengan warna kecoklatan pada roti.
  7. Keluarkan roti dari loyang dan potong menjadi beberapa bagian untuk siap dihidangkan.

Resep Bolu Gulung

resep bolu gulung
www.pinterest.com

Jika kue bolu yang lainnya memiliki permukaan datar serta dibentuk sesuai keinginan maka berbeda halnya dengan bolu gulung. Sesuai dengan namanya, kue ini dibentuk dengan cara digulung dan disertai dengan adanya krim ditengahnya.

Tidak hanya dapat menggunakan krim akan tetapi juga bisa menggunakan bahan pengisi lainnya seperti selai berbagai rasa menyesuaikan selera. Karena bentuknya yang berbeda tersebut maka loyang yang digunakan juga tentu berupa loyang khusus sehingga nantinya mudah untuk digulung.

READ  10 Resep Donat yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Adapun resep beserta langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

Bahan-Bahan Bolu Gulung :

Pada pembuatannya, kue bolu gulung dapat dilakukan dengan cara di kukus dan juga bisa dipanggang. Namun pada resep kali ini dilakukan dengan cara di kukus sehingga bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari sebagai berikut ini.

  • Tepung terigu protein sedang 50 gram
  • Telur 2 butir
  • Gula pasir 50 gram
  • Santan 50 ml
  • Cake emulsifier 1 sendok teh
  • Butter cream atau selai (sesuai selera)
  • Pasta pandan 1 sendok teh (pilih rasa lain sesuai selera jika diinginkan)

Langkah-Langkah Membuat Bolu Gulung :

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mengenai cara pembuatan bolu dengan di kukus. Maka peralatan yang harus disiapkan adalah panci kukus dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk membuat adonan seperti sebelumnya. Selanjutnya berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat kue bolu gulung.

  1. Buat adonan dengan me-mixer gula, telur, cake emulsifier hingga menjadi adonan yang mengembang dan seperti berbusa.
  2. Dalam keadaan tetap diaduk namun dengan kecepatan rendah, campurkan tepung terigu hingga merata secara perlahan. Lanjutkan dengan memasukkan santan dan juga pasta secara bersamaan hingga merata. Setelah merata matikan mixer.
  3. Ambil loyang persegi dengan ukuran 24 x 24 cm dan olesi dengan mentega secara merata dan masukkan adonan ke dalam loyang.
  4. Kukus adonan dengan waktu sekitar 20 menit. Angkat loyang jika sudah matang.
  5. Dinginkan kue dalam keadaan masih ada di loyang sambil menyiapkan kertas kue.
  6. Jika sudah cukup dingin maka balik loyang berisi kue dengan meletakkannya diatas kertas kue. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar bentuk kue tetap dalam keadaan utuh.
  7. Setelah berhasil memindahkannya di kertas kue, olesi bagian atasnya dengan butter cream atau selai secara merata.
  8. Gulung kue bolu secara perlahan agar kue tidak pecah. Setelah selesai, potong-potong menjadi beberapa bagian untuk dapat disajikan diatas piring.

Resep Bolu Spiku

resep bolu spiku
www.tokomesin.com

Jenis kue bolu lainnya yang dapat dicoba selanjutnya yaitu bolu spiku. Sebenarnya bahan dasar dari pembuatan bolu spiku ini sama seperti resep pada bolu lainnya. Hal yang membedakan dalam hal ini adalah di kreasikan dengan berbagai warna dan juga rasa.

Adapun tekstur dari bolu spiku sendiri terlihat sama dengan bolu gulung dengan adanya krim dibagian tengah. Akan tetapi bentuk dari kue spiku adalah lebih menyerupai kue lapis. Lebih lanjut, berikut ini merupakan bahan-bahan serta cara pembuatan dari kue bolu spiku.

Bahan Bolu Spiku :

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu spiku ini bahan utama dan juga bahan tambahan lainnya. Lebih jelasnya bahan-bahan tersebut akan di ulas secara rinci pada beberapa paragraf berikut ini.

Bahan-Bahan Utama Bolu Spiku :

Sama halnya dengan bolu gulung, bolu spiku juga dapat dibuat baik dengan cara di kukus maupun dipanggang. Pada resep kali ini, cara yang dipilih adalah dengan dipanggang dimana membutuhkan bahan-bahan utama sebagai berikut ini.

  • Tepung terigu 50 gram
  • Kuning telur 6 butir
  • Telur utuh 2 butir
  • Gula pasir 75 gram
  • Susu 1 sendok makan
  • Mentega 1 ons yang dicairkan
  • Butter cream atau whipped cream
  • Ovalet 1 sendok
READ  7 Resep Sayur Asem yang Bisa Anda Coba Dirumah

Bahan Kedua untuk Lapisan Lainnya dengan Warna Berbeda :

Bentuknya yang menyerupai kue lapis membuat bolu spiku membutuhkan warna-warna yang berbeda. Bagian tambahan ini nantinya akan disatukan dengan hasil dari bahan utama dengan adanya krim diantara sela-selanya. Adapun bahan-bahan tambahan yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  • Tepung terigu 40 gram
  • Kuning telur 6 butir
  • Telur utuh 2 butir
  • Gula pasir 75 gram
  • Susu 1 sendok makan
  • Mentega 1 ons yang sudah dicairkan
  • Pasta cokelat atau warna lain sesuai selera 10 gram
  • Ovalet 1 sendok teh

Langkah-Langkah Membuat Bolu Spiku :

Proses pembuatan bolu spiku yang dipanggang membutuhkan oven untuk memasak dan harus dipersiapkan sebelumnya. Selain itu juga dibutuhkan alat pendukung lainnya yaitu loyang dan mixer yang tentu juga harus dipersiapkan.

Karena bolu spiku membutuhkan dua lapis maka langkah pembuatannya juga dibagi menjadi dua berdasarkan adonan dengan resep diatas. Masing-masing langkah pembuatannya dapat dilihat pada penjelasan berikut ini.

Langkah Pembuatan Adonan Bahan Utama :

  1. Langkah pertama yang dilakukan untuk bahan utama yaitu membuat adonan dengan cara seperti biasa. Campurkan telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga membentuk adonan yang mengembang.
  2. Kurangi kecepatan mixer dan masukkan secara perlahan tepung terigu, dilanjutkan dengan ovalet dan juga susu hingga benar-benar merata.
  3. Dengan dalam keadaan tetap diaduk, masukkan mentega yang telah dicairkan.
  4. Siapkan loyang berbentuk kotak datar yang sudah terolesi mentega dan masukkan adonan utama kedalamnya untuk selanjutnya dipanggang selama sekitar 20 menit dan jika sudah matang, angkat dan dinginkan.

Langkah Pembuatan Adonan Bahan Kedua :

  1. Langkah yang dilakukan pada pembuatan adonan kedua adalah sama dengan adonan utama. Namun dalam hal ini yang membedakan adalah warna dari adonannya.
  2. Saat mencapai tahap akhir pembuatan adonan, yaitu pada pengadukan terakhir adonan diberi warna dengan penambahan pasta cokelat atau sesuai selera.
  3. Siapkan loyang seperti biasa dan masukkan adonan kedua untuk langsung dipanggang selama 20 menit.
  4. Setelah kue matang maka angkat loyang dan dinginkan untuk dapat disatukan dengan kue utama.
  5. Lapisi kue utama dengan butter cream atau whipped cream pada seluruh permukaannya kemudian letakkan kue kedua di atasnya.
  6. Potong bolu spiku menjadi beberapa bagian sesuai selera lalu sajikan diatas piring untuk dapat dinikmati.

baca juga resep brownies kukus

Itulah beberapa resep beserta langkah dalam pembuatan berbagai jenis kue bolu. Hal yang dibutuhkan agar sukses dalam membuat kue bolu adalah ketelatenan dan juga keterampilan sehingga dapat dihasilkan kue yang lembut dan enak. Melalui resep serta langkah diatas maka kue bolu dapat di kreasikan di rumah serta di suguhkan untuk acara-acara tertentu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.