20 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan beserta Penjelasannya

Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan – Hewan dan tumbuhan merupakan dua jenis klasifikasi makhluk hidup yang sangat dekat dengan manusia. Kedua klasifikasi makhluk hidup ini mempunyai sel-sel penyusunan layaknya manusia. Terdapat perbedaan sel tumbuhan serta sel hewan yang bisa dapat diamati dari beberapa fungsi dan bagiannya.

Perbedaan sel hewan serta sel tumbuhan ini memang cukup jauh. Mulai dari segi fisik, cara bertahan hidup, karateristik sampai dengan jenis-jenisnya. Tumbuhan merupakan organisme yang bisa menghasilkan makanan sendiri melalui sebuah proses yang disebut fotosintesis, sedangkan hewan harus mencari makanan sendiri.

Perbedaan hewan serta tumbuhan yang lebih dalam bisa dilihat dari sel-selnya. Ada beberapa perbedaan  yang begitu mencolok dari sel hewan dan sel tumbuhan. Dimana perbedaan sel tersebut akan mempengaruhi seluruh bagian dari tumbuhan dan hewan. Sebut saja bentuk dari tumbuhan dan hewan.

Kemudian perbedaan pola tumbuh dan pola hidup keduanya yang berbeda jauh, ini tentunya berhubungan dengan perbedaan sel antara hewan dan juga tumbuhan. Nah bagi Anda yang penasaran dan ingin belajar lebih mengenal perbedaan sel hewan dan sel tumbuh-tumbuhan di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
www.markijar.com

Perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan dapat terlihat jelas dari beberapa komponen serta bagiannya. Ada beberapa bagian sel yang hanya dimiliki oleh sel hewan, namun ada pula bagian tertentu yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan.

Yang paling utama, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ini bisa dilihat pada bagian dinding sel. Sentriol, vakuola, plastid serta lisosom. Berikut penjelasan lengkap tentang perbedaan-perbedaan tersebut serta fungsinya.

  • Dinding Sel

Bagian yang paling memperlihatkan perbedaan paling jelas yakni pada bagian dinding selnya. Sel tumbuhan mempunyai dinding sel, sedangkan sel hewan tidak mempunyai dinding sel. Fungsi dari dinding sel tumbuhan ialah untuk mempertahankan bentuk sel serta memberikan perlindungan terhadap sel.

READ  13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya

Dinding sel ini terdiri dari beberapa bagian seperti selulosa dan hemiselulosa. Sedangkan pada sel hewan yang tak memiliki dinding sel hanya terdapat membrane plasma yang berfungsi sebagai bagian terluar dari sel.

  • Sentriol

Perbedaan berikutnya adalah pada bagian sentriol, yang mana sentriol hanya bisa dijumpai pada sel hewan saja dan tidak pada sel tumbuhan. Sentriol adalah sepasang struktur yang berbentuk menyerupai silinder dengan lubang pada bagian tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

Fungsi dari sentriol pada sel hewan ialah untuk mengatur polaritas pembelahan sel serta pembentukan silia, flagela dan pemisah kromosom ketika proses pembelahan sel.

  • Vakuola

Yang berikutnya ada pada bagian vakuola, dimana bagian ini pasti terdapat pada sel tumbuhan sedangkan pada sel hewan bisa jadi ada dan bisa juga tidak ada. Umumnya vakuola pada sel tumbuhan mempunyai ukuran yang lebih besar serta bentuk lebih menonjol.

Fungsinya ialah untuk memasukkan air melalui tonoplas serta sebagai gudang sel yang memiliki kandungan air serta zat larut lainnya. Sementara pada sel hewan yang memiliki vakuola hanya ditemui pada hewan bersel satu dengan ukuran yang relatif kecil.

  • Plastida

Plastida juga merupakan bagian yang menunjukkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan umumnya tak memiliki plastida sedangkan sel tumbuhan memiliki plastida.

Pada sel tumbuhan, plastida ini memiliki kloroplas yang mana fungsinya adalah untuk membuat tumbuhan bisa membuat makanan sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah autotroph. Kloroplas atau zat hijau daun ini bermanfaat sebagai tempat fotosintesis pada tumbuhan.

Sedangkan sel hewan yang tidak memiliki plastida menjadikannya tak dapat menghasilkan makanan sendiri.

  • Lisosom

Lisosom juga merupakan bagian yang menunjukkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Bagian ini hanya bisa Anda jumpai pada sel hewan saja, namun tidak pada sel tumbuhan.

READ  13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya

Sel hewan memiliki lisosom pada sitoplasma dimana kandungan ini memiliki sejumlah enzim yang fungsinya adalah untuk membantu pada proses pencernaan atau pemecahan zat pada sel hewan. Sementara pada sel tumbuhan sangat kecil potensinya memiliki lisosom, bahkan bisa dikatakan tidak ada sel tumbuhan yang memiliki bagian ini.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Selain beberapa perbedaan yang sudah dijelaskan di atas, berikut ada tabel perbedaan yang bisa menunjukkan secara lebih detail dan mudah dipahami.

No Perbedaan Sel Tumbuhan Sel Hewan
1 Dinding Sel Ada Tidak Ada
2 Plastida Ada (kromoplas, kloroplas dan leukoplas) Tidak Ada
3 Sentriol Tidak Ada Ada
4 Vakuola Ada, berukuran besar Ada, berukuran kecil
5 Sambungan antar sel Plasmodesmata Desmosome, tight junction
6 Tingkat Totipotensi Sangat tinggi Rendah
7 Ketahanan Tekanan Kuat karena dinding sel Lemah tanpa vakuola kontraktil
8 Sitokinesis sel Membentuk lempeng mitosis Membentuk furrowing
9 Pembentukan Spindle Secara anastral Secara amphiastral
10 Flagella Jarang, hanya pada sperma tumbuhan tertentu Sering ditemukan
11 Silia Sangat jarang Sering ditemukan
12 Ukuran Sel Besar Kecil
13 Organel Respirasi Kloroplast (plastida) dan mitokondria Mitokondria
14 Sentrosom/Sentriol Tidak ada, jarang ditemukan Ada
15 Letak Inti Sel Berada di pheriperal sitoplasma Berada di tengah sel
16 Elastisitas jaringan Rendah, karena adanya dinding sel Tinggi, tidak adanya dinding sel
17 Bentuk Sel Bentuk sel tumbuhan kaku, jarang berubah bentuk kecuali derivat sel Berbagai macam, dapat berubah-ubah bentuk dan tidak kaku
18 Glioksisom Ada Tidak ada, jarang ditemukan
19 Lisosom Jarang ditemukan Umumnya banyak terdapat dalam sel hewan
20 Matriks Ekstraseluler Tidak ada Ada

Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

gambar sel hewan dan sel tumbuhan
Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Ternyata begitu banyak perbedaan yang bisa Anda jumpai pada sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan ini bisa menjadikan fungsi dari sel hewan dan sel tumbuhan berbeda. Hal ini pula yang menjadikan pola tumbuh hewan serta tumbuhan berbeda jauh.

READ  Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan yang Perlu Diketahui

Setelah melihat tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di atas, berikut adalah gambar dari sel hewan dan sel tumbuhan. Dari gambar di atas, dapat terlihat jelas bagaimana perbedaan keduanya, mulai dari bentuk susunan, hingga ukuran. Perbedaan bagian dari kedua sel tersebut akan berpengaruh terhadap fungsinya masing-masing.

Itulah ulasan lengkap tentang perbedaan sel hewan dan tumbuhan dan juga pengaruhnya terhadap perbedaan pola tumbuh hewan dan tumbuhan. Lalu bagaimana dengan sel manusia, apakah berbeda dengan kedua bentuk serta susunan sel tersebut?

baca juga Jenis Hewan Peliharaan

Tentu saja, sel manusia sendiri memiliki susunan yang jauh lebih kompleks dan sempurna. Sehingga meskipun tak bisa menghasilkan makanan sendiri namun manusia bisa melakukan fungsinya secara lebih sempurna dibanding hewan maupun tumbuhan.

Sedangkan untuk pertumbuhannya sendiri sel hewan, sel tumbuhan dan sel manusia juga memiliki perbedaan yang begitu besar. Semoga ulasan  yang berkaitan dengan sel hewan juga tumbuhan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.