Kumpulan Contoh Memo Resmi / Tidak Resmi, Pribadi, Perusahaan, Sekolah, Singkat

Contoh Memo – Pernah mendengar kata memo? Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar istilah yang satu ini. Tetapi yang menjadi masalah yaitu dari sekian banyak orang yang sering mendengar kata memo, hanya sedikit orang yang benar-benar mengetahui makna dari kata memo itu sendiri.

Tetapi tidak perlu khawatir tidak ada yang terlambat untuk mengetahui hal-hal yang baru selama kita masih hidup di dunia. Ya, salah satunya untuk mengetahui dan mempelajari materi tentang contoh memo. Nah, pada artikel kali ini, akan dibahas materi mengenai memo secara jelas dan lengkap.

Materi memo ini merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk diketahui setiap orang. apa itu memo? Memo merupakan sebuah surat yang isinya sangat singkat, padat dan jelas. Memo ini diberikan kepada seseorang dengan tujuan tertentu. Sesuai dengan penggunaannya, memo dibagi menjadi dua  yaitu memo resmi dan memo tidak resmi.

Dari kedua jenis memo ini mempunyai perbedaan yang cukup mencolok antara satu dengan yang lainnya. perbedaan penulisan ini terletak pada cara penulisannya, tujuannya dan cara penyampaiannya.

Pengertian Memo

pengertian memo
karyapemuda.com

Sebelum kita fokus membahas lebih dalam contoh memo, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian memo itu sendiri. Maka dari itu, mengetahui pengertian memo merupakan kewajiban dari kita. Karena, dengan mengetahui pengertian dari memo, kita akan semakin mudah  dalam memahami materi memo.

Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya, bahwa memo merupakan sebuah surat yang isinya sangat padat, singkat dan juga jelas untuk ditujukan kepada seorang pihak tertentu dan dengan maksud tertentu. Biasanya, isi memo dituliskan secara langsung maksud atau tujuannya kepada penerimanya tanpa adanya basa-basi.

Memo sangat berbeda dengan surat. Jika penulisan dalam memo, penulis tidak perlu menyertakan salam pembuka dan atau salam penutup di akhir paragraf. Memo ditulis oleh seseorang karena mempunyai beberapa tujuan seperti memberikan sebuah arahan, permintaan dan juga pemberitahuan. Selain untuk seseorang, memo juga sering digunakan oleh seseorang untuk memerintah seseorang yang mempunyai pangkat dibawahnya atau bawahan.

Jenis-jenis Memo

jenis jenis memo
karyapemuda.com

Setelah mengetahui pengertian memo secara jelas, pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis memo. Hal ini juga sudah pernah dibahas sebelumnya, bahwa penggunaannya memo dibedakan menjadi dua bagian. Yang pertama memo resmi dan yang kedua memo tidak resmi. Yang namanya dibagi, sudah pasti dari setiap bagian-bagian tersebut mempunyai perbedaan antara satu dengan yang lain.

Nah, agar  ketika mendapatkan tugas untuk membuat contoh memo dengan jenis tertentu Anda tidak merasa kebingungan. Anda perlu menyimak baik-baik penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis memo, berikut ini :

Memo Resmi

Sesuai dengan namanya, bahwa memo resmi digunakan untuk menuliskan sebuah pemberitahuan atau keperluan yang bersifat resmi. Sehingga, yang bisa menggunakan memo resmi yaitu sebuah instansi, organisasi, lembaga atau perusahaan. Dengan kata lain, memo resmi hanya bisa ditujukan kepada seseorang yang terikat dengan sebuah organisasi atau lembaga tertentu. Jenis memo resmi tidak boleh digunakan untuk keperluan pribadi oleh pembuatnya. Selain itu, memo resmi juga tidak bisa digunakan sebagai sarana untuk surat menyurat antara lembaga dengan lembaga lain.

Biasanya, memo resmi sering digunakan oleh seseorang yang mempunyai pangkat tinggi dalam sebuah lembaga atau juga organisasi untuk ditujukan kepada seorang yang mempunyai pangkat dibawahnya dengan beberapa tujuan. Karena memo yang satu ini bersifat resmi, sehingga dalam membuat memo jenis ini seseorang harus memperhatikan bahasa yang digunakan untuk penyampaiannya.

Meskipun memo ini ditujukan kepada bawahannya, seorang yang mempunyai pangkat tertinggi tetap harus menggunakan bahasa yang sopan. Dengan tujuan agar penerima memo tersebut tidak tersinggung dengan kata-kata yang terdapat di dalam memo tersebut.

Memo tidak resmi / memo pribadi

Memo tidak resmi berbeda dengan memo resmi. Memo tidak resmi hanyalah sebuah memo yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Entah memo tersebut ditujukan kepada teman, saudara atau keluarga. Memo  tidak resmi ini sama sekali tidak menyangkut sebuah lembaga atau organisasi manapun.

Penulisan memo pribadi tidak sama dengan memo resmi. Pada umumnya, memo tidak resmi bisa  dituliskan menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari. meskipun begitu, penulis tetap harus menggunakan kalimat dan bahasa yang sopan.

Bagian-bagian Memo

bagian memo
karyapemuda.com

Tidak hanya surat yang mempunyai beberapa bagian. Tetapi, dalam menuliskan sebuah memo juga membutuhkan beberapa bagian memo. Karena apabila di dalam memo ada salah satu bagian saja tidak dicantumkan, maka memo tersebut tidak bisa dikatakan sebagai sebuah memo. Maka dari itu, agar memo yang kita buat atau kita tulis bisa disebut sebagai memo, kita harus mempelajari bagian-bagian memo di bawah ini:

Bagian Kepala

Bagian pertama dari memo adalah bagian kepala. bagian kepala ini terdiri dari beberapa unsure yaitu bagian kop memo. tetapi penggunaan kop ini hanya berlaku untuk memo yang bersifat resmi. Sedangkan untuk menyusun sebuah memo yang bersifat pribadi seseorang tidak perlu menyertakan kop. Tujuan dari kop memo yaitu untuk menegaskan bahwa memo tersebut benar-benar dikeluarkan dari lembaga yang terkait atau yang bersangkutan. Bagian kop memo biasanya terdiri atas nama dan alamat lembaga yang terkait.

Unsur kepala memo yang kedua yaitu terdapat tulisan memo yang berada ditengah-tengan memo. Tulisan memo ini tepat dibawah kop memo. Pada umumnya, kata memo dituliskan rata tengah dan mempunyai ukuran lebih besar dari huruf lainnya dan dituliskan menggunakan huruf kapital dan dipertebal.

Unsur kepala memo yang terakhir yaitu nama pengirim dan juga disertai nama penerima. unsure ini terletak pada bagian atas kiri dan tepat dibawah tulisan memo. bagian yang satu ini harus dituliskan dalam setiap memo resmi dan memo tidak resmi.

Bagian Isi

Bagian memo yang selanjutnya yaitu bagian isi. Isi dalam memo merupakan bagian yang paling penting. Karena pada bagian isi ini, seorang penulis mengutarakan apa maksud dari memo yang ditulis tersebut.

Dalam menuliskan tujuan dalam sebuah memo. Penulis tidak perlu berbelit-belit atau terlalu banyak basa-basi dalam menyampaikan isi tersebut. Sebaiknya, langsung mengutarakan maksud atau tujuan memo tersebut. Meskipun isi memo ditulis dengan singkat, informasi yang dituliskan harus jelas dan lengkap.

Bagian Penutup

Bagian yang terakhir dalam memo yaitu bagian penutup. Seperti halnya kepala memo, kepala memo juga terdiri dari beberapa unsure yaitu tanggal pembuatan, tanda tangan dan juga disertai dengan nama terang orang yang membuat.

Penulisan tanggal pembuatan dan tanda tangan dalam memo, seperti penulisan surat resmi yaitu bisa diletakkan pada bagian kiri atau kanan bawah. peletakan kanan atau kiri tergantung dengan keinginan penulis ingin menempatkannya dimana.

Fungsi Memo

fungsi memo
sahabatnesia.com

Fungsi utama dari memo yaitu sebagai bentuk komunikasi yang brtujuan untuk sebuah permintaan, arahan, atau keterangan perihal suatu hal atau pekerjaan yang harus dilakukan oleh seseorang dengan segera. Sedangkan, tujuan dari penulisan memo yaitu untuk memberikan informasi ataupun petunjuk pada seseorang yang berkompeten.

Cara Membuat Memo

cara membuat memo
keyongmagz.net

Setelah mengetahui lebih jelas tentang apa itu memo dan bagian-bagian memo,  Anda juga perlu mengetahui cara membuat memo yang baik dan benar. Nah, berikut ini adalah cara membuat memo yang sesuai dengan aturan EYD:

  1. Alamat yang dituju merupakan bagian yang sangat penting. karena salah dalam penulisan alamat akan berakibat fatal.
  2. Dalam menulis memo Anda harus mencantumkan nama pengirim, agar penerima mengetahui secara jelas siapa yang mengirim.
  3. Tentang memo. Dalam bagian ini anda bisa mengisi dengan sifat memo yang anda kirim tersebut.
  4. Tanggal pengirim memo. agar jelas kapan memo ini dikirim, maka harus mencantumkan sebuah tanggal.
  5. Paraf dan juga nama pengirim. setelah semua bagian sudah terisi , langkah terakhir yaitu mencantumkan paraf pada bagian bawah.
  6. Dalam penulisan memo, sebaiknya Anda menggunakan bahasa yang singkat dan jelas sehingga penerima dapat memahami apa tujuan Anda mengirim memo. Kata bertele-tele tidak dibutuhkan dalam penulisan memo. Anda langsung menyampaikan maksud pesan yang anda kirim menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan tidak mengulang-ulang kalimat.

Contoh-contoh  Memo

dimasfan.com

Setelah faham mengenai beberapa materi tentang memo. Kali ini masuk ke pembahasan materi inti yakni contoh memo. Contoh ini dituliskan bertujuan agar Anda lebih faham dan mengerti tentang apa yang sudah dijelaskan pada artikel ini sebelumnya. Langsung saja berikut ini beberapa contoh memo dan pembagiannya yang sering kita jumpai:

Contoh Memo Resmi Sekolah

contoh memo resmi sekolah

 

READ  9+ Contoh Resensi Buku, Fiksi, Non Fiksi, Novel, Cerpen, Film, Ilmiah, Pengetahuan, Cerita dll

Contoh 1

SMA MUHAMMADIYAH MALANG

Jl. Imam Bonjol No. 45 Tanjung Pinang, Malang

Telp. (031) 45749239

MEMO

 

Dari : Kepala SMA Muhammadiyah Malang

Untuk : Panitia Study Tour

Segera siapkan laporan hasil pengumpulan suara terbanyak perihal tujuan study tour siswa kelas XII yang akan dilaksanakan Minggu Depan. Hasil laporan dari pengumpulan suara tersebut, akan Saya pertimbangkan apakah tujuan yang paling banyak pemilihnya sesuai dengan kebutuhan anak-anak atau tidak. Terima kasih.

 

Malang, 25 Desember 2016

Kepala Sekolah

Ahmad Mutamakkin

Contoh 2

SMA PRASETYA HUSADA BANDUNG

Jl. Karangasem No. 38 Perum Indah Permai Bandung

Telp. (081) 33377475 Email : [email protected]

MEMO

Dari        : Kepala Sekolah

Kepada  : Wakil Kepala Sekolah

 

Saya ingin berdiskusi dengan Anda perihal acara pelaksanaan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2016. Tolong untuk menyiapkan data-data perihal kesiapan soal dan daftar jawaban yang diberikan pemerintah. Insya Allah diskusi ini akan diselenggarakan nanti siang setelah istirahat kedua di ruangan Saya. Sekian dan terima kasih.

 

Bandung, 25 Desember 2016

Kepala Sekolah

Imam Djunaidi

Contoh 3

SMK PENERBANGAN JATINEGARA

Jl. Melati No 37, Panderman, Jatinegara

Telp. (051) 956667238

MEMO

Dari : Wakil Kepala Sekolah

Kepada : Dewan Guru

Tolong dewan guru untuk mempersiapkan diri, karena saya akan melaksanakan diskusi dengan semua guru untuk membahas tentang program baru sekolah kita yaitu Tahfidzhul Quran. Dan saya minta untuk menyiapkan beberapa masukan dan juga saran terkait program baru yang akan kita terapkan dalam waktu dekat-dekat ini. Insya Allah diskusi akan kita dilaksanakan pada pukul 09.00 yang bertempat di kantor guru. Sekian dan terima kasih.

 

Jatinegara, 25 Desember 2016

Wakil Kepala Sekolah

Misbahul Munir

Contoh 4

SMKN 03 MALANG

Jl. Anggrek No. 34, kepanjen, Malang

Telp. (081) 34375387 Email : [email protected]

MEMO

READ  9+ Contoh Proposal Kegiatan Sekolah / OSIS / Kampus / Desa / Bantuan Dana, dll

 

Dari : Dewan Guru

Kepada : Kepala Tata Usaha

Hari ini dewan guru dan juga tata usaha akan mengadakan rapat dengan kepala sekolah. Maka dari itu, tolong siapkan data-data yang berhubungan dengan hal-hal yang digunakan untuk bahan evaluasi bulan ini. Dan hari ini para siswa akan dipulangkan lebih awal pada pukul 10.00. oleh sebab itu, mohon untuk memberitahukan hal ini kepada seluruh ketua kelas.

 

Malang, 25 Desember 2016

Dewan Guru

Siti Khuzaina Ula

Contoh 5

SMAN 02 PENERBANGAN SURABAYA

Jl. Panglima Sudirman No. 45  Tanjung Kelapa, Surabaya

No. (081) 45555475 Email : [email protected]

MEMO

 

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada : Panitian Penerima Siswa Baru

Tolong siapkan data siswa yang sudah mendaftar di sekolah kita, dalam jangka waktu 2 bulan ini. Apabila jumlah siswa yang mendaftar sudah memenuhi kuota yang sudah ditentukan sebelumnya, segera buat daftar pengumuman mengenai siswa yang diterima. Dan informasikan bahwa kuota penerimaan siswa baru sudah habis. Siapkan juga semua keperluan yang terkait dengan daftar ulang yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2016. Sekian terima kasih.

 

Surabaya, 25 November 2016

Kepala Sekolah

Gatot Subroto

 

Contoh 6

 

MAN 02 BATU

Jl. Ir. Soekarno No 43, Batu Malang

MEMO

 

Dari : Kepala MAN 02 Batu

Kepada : Dewan Guru

 

Tolong segera siapkan surat keterangan hasil belajar siswa untuk bahan materi rapat kenaikan kelas. Rapat ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember  2016 pukul 09.00 WIB.

 

Batu, 25 Desember 2016

 

Kepala Sekolah

Muhammad Luqmanul Hakim

Contoh Memo Perusahaan

contoh memo perusahaan

Contoh 1

PT. MAJU JAYA

Jl. Melati No. 47 Kepanjen, Malang

Telp. (031) 777738945 Email : [email protected]

MEMO

 

Dari : Manager keuangan

Kepada : Bagian Keuangan unit 3

Tolong siapkan data-data yang berkaitan dengan keuangan tahun ini. termasuk data-data pengeluaran untuk bulan ini. Mohon untuk dilakukan dengan cepat, karena hal ini akan menjadi bahan evaluasi pada rapat rutin bulanan kita pada tanggal 27 November 2018. Sekian dan terima kasih.

 

Malang, 25 Desember 2017

Manager Keuangan

Frizkha Nur Cahya

Contoh 2

PT. PERTAMA ABADI

Jl.  Tengku Imam Bonjol No. 66, Karangkates, Yogyakarta

Telp. (031) 123893294 Email : [email protected]

 

MEMO

 

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Produksi

Siapkan semua data tentang jumlah produk yang sudah di produksi selama 1 bulan ini. Siapkan juga daftar produk yang sudah diproduksi mulai tahun 2015. Saya minta untuk membuat resep produk baru bulan ini. Hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pada rapat bulanan, dalam waktu dekat ini. Sekian dan terimakasih.

 

Yogyakarta, 25 Desember 2017

Manager

Reza Firmansyah

Contoh 3

PT. AGUNG MANDIRI

Jl. Merpati No. 34 Karanganyar Malang

Telp. (021) 123784763

 

MEMO

 

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Marketing

Tolong sampaikan kepada para anggota yang ada di bagian marketing untuk mempersiapkan diri menghadiri acara seminar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 25 November 2016 di Aula PT Agung Mandiri. Saya sangat mengharapkan seluruh anggota marketing untuk mengikuti seminar tersebut. Hal itu akan menjadi salah satu yang akan dievaluasi dalam rapat rutin bulanan kita. sekian dan terima kasih.

 

Malang, 24 November 2016

Manager

Andi Prasetyo

Contoh 4

PT. JAYA MAKMUR

Jl. Garuda No. 45 Tanjung Kodok Lamongan

Telp. (031)538573749

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Bagian Pengrekrutan Karyawan Baru

 

Saya harapkan kepada seluruh tim pengrekrutan karyawan untuk bulan ini agar bergerak lebih cepat. Karena pada bulan-bulan ini perusahaan sedang banyak karyawan yang keluar karena kontrak sudah habis. Agar perusahaan ini tetap bisa berkembang, saya mohon kepada bagian pengrekrutan karyawan untuk bergerak lebih cepat. Target karyawan yang harus terpenuhi bulan ini yaitu 100 orang karyawan.

 

Lamongan, 25 Desember 2016

Manager

Bambang Hermansyah

Contoh 5

PT. MEKAR JAYA ABADI

Jalan Anggrek No.31 Sidoarjo

Telp. (021) 432362968

 

MEMO

Dari : Manager

Kepada: Wakil Manager

 

Tolong untuk siapkan laporan hasil rapat bulan kemarin. karena hasil rapat saya tidak menulis hasil rapat. Karena laporan ini menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan untuk mengeluarkan produk baru atau tidak. Jadi tolong usahakan catatan hasil rapat tersebut, diserahkan kepada saya dalam waktu dekat-dekat ini. Saya berharap agar catatan tersebut diberikan dalam bentuk file yang lengkap dan sesuai dengan hasil rapat.

 

Sidoarjo, 25 Desember 2016

Manager

Adi Nur Cahyo

Contoh 6

 

PT. SETIA JAYA

Jl. Panglima Sudirman, Graha Indah A No. 28 Madura

MEMO

 

Dari : Direktur Utama

Kepada : Manajer Keuangan

Tolong siapkan laporan keuangan pada bulan ini untuk digunakan sebagai bahan evaluasi bersama dewan direksi. Evaluasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2016, pukul 09.00 WIB, di ruang meeting utama.

 

Madura, 25 Desember 2018

 

READ  13+ Contoh Slip Gaji Karyawan, Perusahaan, Swasta, Guru, PNS, Sederhana, Excel

Direktur Utama

Safira Izza, ST.

Contoh 7

PT. ANEKA JAYA

Jln. Perunggu, No. 45 Madiun

Telp. (021) 234675467

 

MEMO

 

Dari       : Manager Direktur

Kepada : Manajer Pemasaran

Tolong untuk disiapkan hasil laporan pemasaran terakhir pada bulan ini. Hal ini karena akan digunakan untuk bahan rapat yang akan diadakan pada tanggal 21 Desember 2017.

 

Jakarta, 17 Desember 2017

Agung Prasetya, ST.

Contoh Memo Internal Perusahaan

contoh memo internal perusahaan

 

PT. PERTAMAX SUMATRA

Jl. Kebangsaan TImur No. 04, Sumatra

MEMO

Sumatra, 25 Desember 2017

Kepada : Seluruh Karyawan PT. Pertamax Sumatra

Dengan hormat,

Diberitahukan kepada seluruh karyawan PT. Pertamax Sumatra, bahwa :

  • Karyawan wajib mengambil form di ruang sekretaris untuk mengisi form permohonan cuti.
  • Karyawan yang sudah menjalani waktu cuti diwajibkan kembali bekerja dengan tepat waktu. Lakukan sesuai dengan apa yang sudah tercantum pada form cuti.
  • Apabila karyawan yang sudah selesai menjalani waktu cuti, tetapi sedang sakit maka karyawan diwajibkan memberikan surat keterangan sakit dari dokter. Jika karyawan tidak memberikan surat keterangan sakit, maka dianggap alpa.
  • Permohonan cuti wajib disampaikan atau diserahkan seminggu sebelum kerja aktif kembali.
  • Diwajibkan melapor karyawan yang sudah selesai mengambil cuti untuk terlebih dahulu ke HR Departement sebelum bekerja kembali.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan agar bisa dilaksanakan dengan sebaiknya.

Manager

Agus Firmansyah

Contoh Memo Pribadi

contoh memo pribadi

Contoh 1

Dari : Cahaya

Kepada : Dinia

Jika main ke rumahku, jangan lupa untuk membawa makanan pesenanku. Kemarin rencana ingin beli di dekat daerah rumahmu. Tetapi, tokonya tutup dan terpaksa aku pulang tanpa ada hasil. Nanti uangnya aku ganti dan ada bonusnya juga. Minta tolong ya Din, ini aku sudah pengen sekali makan cemilan itu.

 

Semarang, 25 Desember 2017

Sahabatmu

Cahaya

Contoh 2

Dari : Novel

Kepada : Nidan

 

Maaf ya Nid, kemarin aku tidak sempat balas chatmu. kemarin aku lagi ada masalah yang membuat aku ingin sendiri dulu. Tapi hari ini masalah tersebut sudah hilang. jadi kamu bisa chat aku lagi hari ini. Aku juga minta maaf atas segala perbuatan yang tidak enak padamu. Aku juga minta maaf karena aku tidak bisa ngomong langsung kepadamu. Aku takut kamu marah ke aku, jadi terpaksa aku nulis memo ini kepadamu.

 

Bandung, 25 Desember 2016

 

Temanmu

Noval

Contoh 3

Dari : Agus

Untuk : Kak Dani

Kak Dani, besok Agus ada tugas kelompok dan aku tidak bisa pulang cepat kak. Kak, minta tolong sampaikan ke mama dan papa jika agus tidak bisa pulang cepat, agar mereka tidak khawatir. Selambat-lambatnya, mungkin Agus selesai belajar kelompok pukul 07.30 atau sekitar habis isya. Jadi, Agus minta tolong kepada Kak Dani untuk menjemputku, agar Agus tidak pulang sendirian.

 

Makassar, 25 Desember 2016

Adikmu Tercinta

Agus Firmansyah

Contoh 4

Dari : Ayah

Untuk : Anisa

Kak Anisa, ayah ada acara mendadak ayah sehingga tidak bisa pulang cepat. Ayah minta tolong sama kak Anisa, agar hari ini kamu tidak keluar rumah. Dan hari ini ayah menugaskan Kak Anisa untuk menjaga rumah dan jangan lupa untuk menyapu dan ngepel rumah ya. Nanti jika acara selesai, ayah janji akan pulang cepat kerumah dan membawakan makanan kesukaan Anisa.

Malang, 25 Desember 2016

Ayah Tercinta

Agung Herlambang

Contoh 5

Dari : Mahmud

Kepada : Hasyim

Hasyim, jangan lupa untuk membawa buku yang pernah kita pinjam di perpustakaan kemarin, karena hari ini hari terakhir untuk mengembalikan. Karena jika tidak dikembalikan hari ini, kita bisa kena denda. Dan rencananya setelah mengembalikan buku aku ingin ngajak kamu main ke alun-alun kota.

Malang, 25 Desember 2016

Temanmu

Hasyim

 

Contoh 6

Dari : Ibu

Untuk : Putriku Anita

Putriku Anita, Ibu sudah membuatkan makanan di meja makan. Makan dan habiskan semua, ya. Ibu lagi pergi ke rumah sakit untuk menjenguk teman Ayah yang sedang sakit. Insya Allah ibu akan pulang nanti sore dan jangan lupa untuk mengangkat jemuran jika jemuran sudah kering.

 

Malang, 25 Desember 2018

 

Ibu

Citra Amanda

Contoh 7

Dari :  Ayah

Kepada : Bibi Shafira

Minta tolong untuk menjaga rumah selama saya sekeluarga mudik. Dan jangan lupa untuk memberi makan kucing peliharaan dan setiap sore untuk menyiram tanaman ibu. Rencananya kami akan kembali hari senin. Sekian dan terima kasih

 

Magelang, 25 Desember 2016

Ayah

Abdillah Muhammad

Contoh 8

Dari : Natasya Wilona

Untuk : Hakim

Hakim, jika ke rumah jangan lupa untuk membawa Novel yang kemarin kamu pinjam. Karena akan aku kembalikan ke Anita. Aku tidak enak dengan Anita karena telat mengembalikan. Terima kasih

 

Bandung, 25 Desember 2016

Temanmu

Natasaha wilona

Contoh Memo Organisasi

contoh memo organisasi

Organisasi Siswa Intra Sekolah

Man 02 Semarang

Jalan Ahmad Djunaidi KM. 1,5 Strat IV, Madiun

 

MEMO

 

Dari : Ketua OSIS

Kepada : Ketua Bidang HUMAS

Tolong segera buatkan proposal yang akan diajukan kepada PT. Djarum Kota Malang untuk pencarian dana dalam acara event Pentas Seni Sekolah. Sekian dan Terima kasih.

 

Madiun, 25 Desember 2016

Ketua OSIS

Muhammad Luqman Hakim

 

Demikianlah kumpulan contoh memo baik yang resmi maupun tidak resmi, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.