Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema

Contoh Pidato Bahasa Indonesia – Pendidikan di sekolah bukan hanya mengajarkan materi ilmu pengetahuan semata, namun diajarkan juga berbagai seni dan kreativitas seperti seni pidato bahasa Indonesia.  Diajarkannya pidato bahasa Indonesia tidak lain  untuk melatih mental siswa. Secara lebih lengkap, berikut penjelasan tentang pidato bahasa Indonesia yang perlu Anda tahu.

Pengertian Pidato Bahasa Indonesia

pengertian pidato bahasa indonesia
Pengertian Pidato Bahasa Indonesia

Pidato bahasa Indonesia ini umumnya sudah diajarkan sejak duduk di bangku SD. Pidato bahasa Indonesia merupakan suatu bentuk kreatifitas untuk mengungkapkan kata hati atau menyampaikan suatu informasi kepada suatu kelompok tertentu dalam suatu wadah tertentu.

Dalam setiap diadakannya suatu acara baik acara di bidang instansi pendidikan maupun acara yang diadakan di ruang lingkup masyarakat umumnya terdapat penyampaian informasi yang dituangkan dalam sebuah pidato bahasa Indonesia.

Bagi yang belum terbiasa melakukan pidato di depan banyak orang pastilah akan merasa grogi, namun jika pidato bahasa Indonesia ini sudah dipelajari dan dilatih sejak kecil, Anda akan merasa lebih tenang ketika berpidato nantinya.

Tujuan Pidato Bahasa Indonesia

tujuan pidato bahasa indonesia
sahabatnesia.com

Biasanya sebuah pidato baik pidato bahasa Indonesia maupun pidato bahasa jawa memiliki sebuah makna atau tujuan atau inti pesan yang ingin disampaikan kepada seluruh pendengar. Baik berupa ucapan terimakasih, sambutan, maupun pidato bahasa Indonesia dengan tema tertentu.

Pidato bahasa Indonesia tentunya memiliki tujuan menyampaikan informasi yang baik bagi para pendengar, menyampaikan sebuah ide tertentu atau saran yang membangun dan berarah kepada suatu hal yang positif. Jarang sekali ditemui sebuah pidato dengan tema yang kurang baik dan mengajak untuk berbuat keburukan.

Pidato juga bisa berisi suatu ajakan dan himbauan untuk melakukan sesuatu.

Bahasa Berpidato

bahasa berpidato
karyapemuda.com

Sebuah pidato tentulah akan terdengar menarik jika didukung beberapa hal, seperti gaya bahasa yang indah dan mudah dipahami oleh pendengar. Apalagi pidato bahasa Indonesia yang merupakan bahasa kesatuan Republik Indonesia, melaksanakan pidato bahasa Indonesia harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa yang sopan dan lugas.

Kata yang diucapkan dalam berpidato juga harus runtut dan tersusun dengan rapi agar mudah dipahami maknanya dan maksud dari pesan yang ingin disampaikan dari orang yang melakukan pidato bahasa Indonesia kepada pendengar.

Jika dalam berpidato terdapat banyak pengulangan kata yang berlebihan dan persendatan kata tentu pidato bahasa Indonesia tersebut akan terdengar kurang menarik. Sebaiknya dalam berpidato bahasa Indonesia, gunakanlah bahasa baku dan jangan terlalu banyak dilakukan pengulangan kata yang berlebihan.

Susun kata-kata pidato Anda dengan runtut dan baik agar pesan yang ingin disampaikan tersampaikan dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman maksud dari pemberi pesan dengan penerima pesan atau orang yang berpidato dengan orang yang mendengarkan pidato.

Pendukung Keindahan Berpidato

pendukung keindahan berpidato
Pendukung Keindahan Berpidato

Ketika melaksanakan pidato bahasa Indonesia ini, selain memperhatikan bahasa yang digunakan juga penting untuk memperhatikan beberapa hal untuk memperindah pidato tersebut, seperti mimik atau ekspresi wajah muka, intonasi dan bahasa tubuh yang sesuai.

Meskipun pidato disampaikan dengan sebuah rangkaian kata, namun ketepatan berekspresi memadukan bahasa tubuh dan ketepatan intonasi juga akan mempengaruhi terhadap keindahan seni berpidato. Sebab saat Anda melakukan pidato bahasa Indonesia, para pendengar bukan hanya memperhatikan kualitas bahasa pidato Anda saja, namun ekspresi wajah dan bahasa tubuh juga menjadi sorotan pendengar.

Dengan ketepatan rangkaian kata yang digunakan, intonasi, ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang tepat, seni pidato bahasa Indonesia ini akan terlihat lebih menarik dan mudah dipahami oleh pendengar.

Contoh Pidato Bahasa Indonesia

contoh pidato bahasa indonesia
Contoh Pidato Bahasa Indonesia

Ada beberapa contoh pidato bahasa Indonesia dengan tema yang berbeda, seperti bertemakan pahlawan, remaja, pendidikan dan sebagainya. Tentunya setiap tema pidato ini ditempatkan pada keadaan yang berbeda dan tempat yang berbeda pula.

Misalnya saja menjelang hari perayaan proklamasi Indonesia biasanya diadakan lomba pidato bahasa Indonesia yang bertemakan kepahlawanan, menjelang perpisahan sekolah biasanya diadakan pidato yang bertemakan perpisahan dan sebagainya. Artinya setiap tema pidato bahasa Indonesia memiliki tempatnya sendiri-sendiri yang disesuaikan dengan keadaan.

Di bawah ini merupakan contoh beberapa pidato bahasa Indonesia dengan bermacam tema yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda. Langsung saja simak sampai bawah ya!

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

contoh pidato tentang lingkungan sekolah
thegorbalsla.com

Di sekolah kerap kali diadakan lomba pidato untuk melatih kreatifitas siswa dan kementalan siswa untuk berbicara di depan orang banyak. Tema yang biasanya digunakan berkaitan dengan keadaan lingkungan sekolah dan pembelajaran.

Mengingat hal itu, contoh pidato bahasa Indonesia tentang lingkungan sekolah ini bisa menjadi bahan yang Anda pertimbangkan.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Kepada yang terhormat Bpk. Suroso S.Pd selaku kepala SMK Sakura Jakarta, bapak dan ibu guru beserta staf karyawan SMK sakura, tak lupa teman-teman SMK Sakura yang saya sayangi dan saya banggakan.

Yang pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul dan saling bertatap muka di pagi hari ini tanpa suatu halangan apapun, amin.

Sholawat dan salam senantiasa kita sanjungkan kepada beliau Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya kelak di yaumuddin. Amin

Perkenankanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato bahasa Indonesia singkat yang bertema tentang lingkungan sekolah.

Hadirin yang saya hormati,

Mengingat apa yang telah terjadi di sekolah kita ini sangat memprihatinkan akhir-akhir ini. Banyaknya sampah yang tidak dibuang pada tempatnya tentu merupakan kebiasaan yang tidak baik dan perlu dicegah. Sering sekali ditemukan sampah yang dibuang secara sembarangan di halaman sekolah maupun di sekolah.

Halaman menjadi terlihat kotor dan selokan menjadi tersumbat. Pemandangan yang tidak enak ini tentu akan mengganggu kenyamanan di lingkungan sekolah kita. Selain itu, banyak juga tanaman yang mati karena kurang terawat dan kekurangan air.

Padahal kita semua tahu, bahwa tanaman hijau memerlukan air yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Apa jadinya jika tanaman itu tidak pernah disiram dan diabaikan setiap saat? Tentu tanaman akan menjadi layu dan kering.

Padahal fungsi tanaman di lingkungan sekolah adalah untuk memperindah dan memberikan udara yang segar di sini. Apa jadinya jika tanaman-tanaman di sekolah kita tidak pernah disiram dan tidak dirawat dengan baik? Tanaman akan mati dan udara akan kurang sejuk. Tentu saja pemandangan di sekolah terlihat gersang dan kurang indah.

Jika lingkungan sekolah bersih dan segar maka proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Sebaliknya jika lingkungan sekolah kotor dan bau tentu kita akan kurang fokus dalam menerima pelajaran dengan baik.

Hadirin yang berbahagia,

Maka dari itu, mari kita bersama-sama wujudkan lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan segar. Kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi? Keindahan lingkungan sekolah merupakan tanggungjawab bersama seluruh warga sekolah di sini. Tidak perlu hanya mengandalkan tukang kebun, tidak boleh hanya mengandalkan jadwal piket tetapi mari bersama-sama menjaga lingkungan sekolah kita agar tetap bersih dan nyaman.

Tanaman kering mari kita siram, kelas dan halaman yang kotor mari kita sapu, buang sampah pada tempatnya. Dengan begitu lingkungan sekolah akan terasa bersih, sejuk, segar, nyaman dan nyaman dirasakan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi lebih nyaman dan semangat.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian pidato bahasa Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan. Mari bersama-sama menjaga keindahan lingkungan sekolah kita agar proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Semoga apa yang saya sampaikan memberikan sedikit manfaat untuk diri saya pribadi khususnya dan untuk kita semua pada umumnya. Mohon maaf apabila di dalam saya menyampaikan pidato banyak kesalahan dan kata yang kurang berkenan. Salam sehat, saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr.wb

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Pergaulan Bebas

contoh pidato bahasa indonesia tentang pergaulan bebas
www.wawasan-edukasi.web.id

Mengingat saat merupakan zaman modern yang segalanya serba canggih dan mudah dengan disediakannya media-media elektronik yang fungsinya untuk membantu aktivitas manusia, maka kepandaian untuk menfiltrasi perkembangan zaman tersebut menjadi suatu hal yang mutlak dilakukan.

Sebab tidak semua kemajuan teknologi ini memberikan dampak positif semua, jika salah dalam menggunakan, bukan tidak mungkin justru akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Seperti kasus kenakalan remaja yang saat ini sedang marak menjadi perbincangan dan menjadi permasalahan serius untuk generasi bangsa saat ini.

Sehingga orang tua harus lebih ketat dalam memberikan pengawasan terhadap sang buah hati. Berikut pidato bahasa Indonesia tentang kenakalan remaja yang maknanya cukup dalam untuk disimak dan recommended untuk digunakan dalam berpidato dalam tema ini.

Assalamu’alaikum wr.wb

Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirobbil’alamin, wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’I walmursalin wa’ala alihi wasohbihi ajma’in amma ba’du

Yang saya hormati dewan juri serta teman-teman peserta lomba pidato bahasa Indonesia yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama dan yang paling utama, mari kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, karunia, inayah dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat saling bertatap muka pada pagi yang cerah ini tanpa suatu halangan apapun. Amin allohumma amin

Selanjutnya, sholawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman Jahilliyah ke jaman yang terang benderang dan penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Semoga kita semua termasuk umat nabi yang akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat kelak. Amin

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato bahasa Indonesia saya yang berjudul “ Awas!! Pergaulan Bebas Remaja Merajalela”

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya sayangi,

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, kemajuan dunia teknologi semakin pesat dan segala sesuatu menjadi semakin mudah. Sebut saja ponsel android. Jaman dulu, untuk dapat memberi kabar kepada seseorang harus menulis sebuah surat yang berisi pesan dan dikirimkan melalui kantor pos.

Berbeda dengan jaman sekarang dimana kegiatan bertukar informasi dan pesan sudah sangat mudah dengan adanya kecanggihan HP. Bukan hanya HP jadul yang hanya bisa digunakan untuk berkirim sms dan telpon saja, sekarang sedang marak penggunaan HP android dengan berjuta kecanggihannya.

Kehadiran Hp android ini memang memudahkan kita dalam urusan akses informasi dan tukar menukar pesan, namun penggunaan yang salah juga dapat menjadikan keberadaan Hp android sebagai jalan terjerumusnya kita ke dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas yang banyak mengandung sisi negatif, pergaulan bebas yang tidak mengenal waktu, pergaulan bebas yang melupakan tujuan sekolah dan pendidikan kita, pergaulan bebas yang melupakan tujuan diberikannya HP canggih itu kepada kita.

Orang tua memberikan Hp canggih ini kepada anaknya tentu dengan tujuan yang baik, contohnya untuk mempermudah tukar menukar informasi pelajaran dengan teman sekolah menambah wawasan pengetahuan yang diambil dari internet. Namun kenyataannya keberadaan HP android untuk siswa justru digunakan kepada hal-hal yang kurang baik.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai contoh penggunaan HP android untuk bermain game tanpa mengenal waktu. Terlalu senangnya bermain game hingga lupa dengan PR, hingga lupa dengan tugas kelompok hingga lupa dengan pelajaran sekolah.

Contoh lain yang sangat menjerumuskan adalah penggunaan Hp android untuk pemakaian sosial media seperti facebook, Whatsapp dan sebagainya namun dengan penggunaan yang kurang baik.

Saat ini tentu kita semua tidak asing dengan yang namanya pergaulan bebas remaja. Apa itu pergaulan bebas remaja? Pergaulan bebas remaja adalah suatu pertemanan remaja melewati batas pada umumnya.

Banyak anak sekolah yang hamil di luar nikah hingga dikeluarkan dari sekolah dan kehilangan masa depannya, banyak perselingkunhan di antara orang tua, banyak anak-anak yang mengakses informasi dan video-video seksual di internet yang mengakibatkan anak itu menjadi penasaran semakin penasaran dan akhirnya mencobanya. Tentu hal ini menjadi hal sangat memprihatinkan sekali bukan?

Hadirin yang saya hormati,

Selain penggunaan yang salah dengan Hp, kasus lain yang sama memprihatinkannya adalah para siswa sekolah yang sudah mengenal narkoba! Pengguna narkoba di Indonesia dari masa ke masa jumlahnya semakin meningkat dan saat ini bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan ironisnya anak sekolah pun sudah banyak yang terjerumus ke dalam penggunaan barang haram ini, na’udzubillahi min dzalik.

Kita semua tahu, narkoba memiliki sifat candu bagi pemakainya, artinya sekali seseorang menggunakan narkoba maka orang itu ingin untuk terus menerus menggunakan narkoba. Tidak peduli dengan seberapa mahal harganya, tidak peduli dengan seberapa sulit mendapatkannya, bagi para pecandu narkoba menjadi wajib untuk selalu mengkonsumsinya. Peristiwa yang sungguh dan sangat memprihatinkan.

Penggunaan zat adiktif dan narkotika ini memberikan dampak yang sangat buruk pada manusia apalagi anak-anak yang masih dalam masa belajar meraih masa depan. Masa depan menjadi suram dan hancur karena adanya narkoba dan pergaulan yang bebas serta penggunaan Hp android dengan salah.

Hadirin yang saya hormati,

Maka dari itu, mari kita bersama-sama untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan senantiasa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Ingatkan teman kita yang berjalan di jalan yang salah, ajaklah untuk berbuat kebaikan, selamatkan teman yang kita sayangi dari belenggu jurang kesengsaraan.

Mari kita untuk lebih berhati-hati dalam memilih teman agar terhindar dari pergaulan bebas dan bahaya narkoba. Katakan tidak pada narkoba!

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi,

Demikian pidato bahasa Indonesia tentang pergaulan bebas yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika terdapat kebaikan itu murni merupakan petunjuk dari Allah SWT dan apabila banyak kesalahan itu adalah dari kebodohan diri saya sendiri. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr.wb

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Perpisahan Sekolah

contoh pidato bahasa indonesia tentang perpisahan sekolah
thegorbalsla.com

Pidato bahasa Indonesia perpisahan ini biasanya digunakan ketika pelepasan siswa kelas teratas, baik tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun tingkat menengah akhir. Bagi Anda yang bingung membuat susunan teks pidato bahasa Indonesia untuk perpisahan, contoh pidato bahasa Indonesia perpisahan ini bisa menjadi pilihan yang rekomendasi untuk Anda. Langsung saja berikut contoh teksnya;

Assalamu’alaikum wr.wb

Bissmillahirrohmanirrohim, wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’I walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in, robbis rohli sodri wayasirli amri wahlul ‘uqdatam militsani yafqohu qouli

Yang saya hormati Bapak Parmin, S.Pd.SD selaku kepala SD Negeri 2 Karanganyar, yang saya hormati bapak dan Ibu guru SD Negeri 2 Karanganyar, teman-temanku dari kelas satu sampai kelas enam yang saya sayangi dan saya banggakan.

Yang pertama, mari kita memanjatkan puji syukur kehadirat illahi robbi yang telah memberikan curahan rahmat taufik dan hidayahNya, sehingga kita dapat berkumpul dan bertatap muka di pagi yang cerah ini dalam rangka perpisahan kelas VI SD Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019 tanpa suatu halangan apapun. Amin

Selanjutnya, sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada nabi akhir zaman, junjungan kita nabi agung Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang telah membawa kita dari zaman kebodohan ke dalam zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Semoga kita semua merupakan umat nabi yang kelak akan mendapatkan pertolongan dan syafaatnya di yaumul akhir. Amin.

Perkenankan saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato bahasa Indonesia saya mewakili rekan-rekan kelas VII.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu berjalan dengan sangat cepat. Baru kemarin rasanya kami datang untuk menimba ilmu di sekolah kita yang tercinta ini, ternyata waktu sudah akan memisahkan kita.

Kami masih ingat saat datang ke sini dalam keadaan yang belum bisa menulis dan membaca, belum mengerti banyak hal, belum tau apa-apa, dengan kesabaran, keuletan dan kasih sayang bapak dan ibu guru dalam mendidik kami, sehingga kami menjadi insan yang lebih berpengetahuan dan lebih bermanfaat dari sebelumnya.

Siapalah kami tanpa didikan dari bapak dan ibu guru, bagaimana jadinya kami tanpa kesabaran dan kasih sayang bapak dan ibu guru, bagaimana suramnya masa depan kami tanpa ilmu pengetahuan yang telah bapak ibu guru.

Hadirin yang berbahagia,

Tidak terasa waktu yang jalan dengan sangat cepat, hingga sampai pada waktunya kita telah selesai menimba ilmu di sekolah tercinta ini. Terimakasih yang setulus-tulusnya dan tiada tara kami sampaikan kepada bapak dan ibu guru. Atas ilmu yang telah diberikan, atas petuah-petuah-petuah bijak yang telah disampaikan, atas kasih sayang yang sangat lembut dalam mendidik kami.

Kami tidak bisa membalas apapun dari jasa yang telah bapak dan ibu guru berikan. Hanya doa setulus hati selalu kami panjatkan, semoga perjuangan bapak ibu guru dalam mendidik kami selalu mendapat ridho dari Allah SWT. Semoga Allah memberikan balasan yang setimpal kepada bapak dan ibu guru.

Doakan kami, semoga ilmu yang bapak ibu guru berikan, dapat bermanfaat untuk hidup kami ke depan. Doakan kami, agar diberi kemudahan untuk dapat melanjutkan perjuangan menimba ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Doakan kami, agar mampu meraih cita-cita menjadi kebanggaan nusa, bangsa dan agama kami. Doakan kami, agar mampu mewujudkan harapan orang tua dan guru-guru kami.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak lupa kepada adik-adik kelas satu sampai kelas lima. Kami hanya berpesan, lanjutkan prestasi kalian. Bawa nama baik sekolah tercinta kita ini dan jadilah kebanggaan untuk orang tua dan guru kita.

Berat hati ini mengungkapkan sebuah kata perpisahan, setelah lamanya enam tahun kita berbagi suka, tawa dan candaan bersama. Adakalanya kakak kelasmu melakukan suatu kesalahan, mohon untuk dimaafkan. Semoga kita selalu dipermudah untuk menuju ridhonya.

Tak ada pertemuan tanpa adanya perpisahan. Tiba waktunya kami untuk meninggalkan kebersamaan di sekolah tercinta yang penuh dengan kenangan untuk kembali melanjutkan perjuangan kami mengejar cita-cita. Semoga raga kita saja yang berpisah, namun persaudaraan dan tali silaturrahmi akan tetap terjaga sepanjang masa. amin

Saya mewakili rekan-rekan kelas enam, memohon maaf terutama kepada bapak dan ibu guru atas kenakalan kami, ketidaksopanan kami, dan segenap sikap dan sifat yang kerap kali menguji kesabaran bapak dan ibu guru. Kami memohon maaf juga kepada adik-adik kelas satu sampai kelas lima bahwa selama kita bersama belum bisa menjadi contoh baik untuk adik-adik.

Semoga di lain kesempatan kita bertemu dalam keadaan yang lebih baik, semoga kelak kami dapat membawa nama baik sekolah ini, dan semoga kelak dipertemukan kembali dalam keadaan yang sukses di dunia dan dikumpulkan sebagai orang-orang yang beruntung di akhirat. Amin

Hadirin yang berbahagia,

Kiranya cukup sekian pidato bahasa Indonesia yang dapat saya sampaikan sebagai perwakilan rekan-rekan kelas enam. Jika banyak kesalahan tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Semoga ada sedikit manfaat untuk kita semua. Salam sukses untuk SD Negeri 2 Karanganyar! Saya akhiri, wabilahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum wr. wb

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kesehatan

pidato bahasa indonesia tentang kesehatan
Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kesehatan

Contoh yang selanjutnya adalah pidato bahasa Indonesia tentang kesehatan. Semua orang paham, bahwa kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk selalu dijaga. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, segala aktivitas akan terasa nyaman dan berjalan dengan lancar.

Sebaliknya, jika tubuh sakit dan kurang enak badan akan sangat mengganggu segala aktivitas keseharian Anda. Mengingat hal itu, nampaknya pidato bahasa Indonesia yang bertemakan tentang kesehatan dapat diangkat menjadi sebuah topik isi pidato yang sifatnya berisi penyampaian informasi, nasehat dan juga ajakan.

Biasanya pidato bahasa Indonesia tentang pentingnya menjaga kesehatan ini digunakan untuk mengisi upacara rutin hari senin di instansi pendidikan terutama saat musim pancaroba dan menjelang kenaikan kelas atau ujian sekolah.

Langsung saja, berikut contoh pidato bahasa Indonesia tentang yang bisa Anda gunakan untuk berpidato di depan murid-murid berkaitan dengan himbauan pentingnya selalu menjaga kesehatan. Recommended banget bagi Anda guru baru yang baru perdana atau pertama kalinya akan berpidato di depan bapak dan ibu guru serta murid-murid dengan suasana yang baru.

Asslamu’alaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati Bapak Sugiatno S.Pd, MM.Pd selaku kepala SD Negeri 2 Karanganyar,

Yang saya hormati bapak dan ibu guru SD Negeri 2 Karanganyar, tak lupa kepada anak-anakku peserta upacara dari kelas satu sampai dengan kelas enam yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berbagai nikmat kepada kita semua, nikmat sehat nikmat iman, nikmat hati yang tenang dan sebagainya. Hanya atas karunia Allah-lah kita bisa berkumpul dan bertatap muka di  pagi yang cerah ini tanpa suatu halangan apapun.

Shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW selalu kita harapkan dan kita nantikan syafa’atnya di hari kiamat nanti. Amin

Anak-anakku dari kelas satu sampai kelas enam yang berbahagia,

Di sini pak guru tidak akan berbicara panjang lebar, hanya akan menyampaikan beberapa informasi yang perlu untuk diketahui.

Yang pertama, mengoreksi jalannya upacara, alhamdulillah upacara hari senin pagi ini sudah berjalan dengan lancar, semua peserta upacara sudah melaksanakan upacara dengan hikmat. Diharapkan untuk upacara hari senin yang akan datang semakin baik dan semakin baik lagi.

Yang kedua, mengingat saat ini kita sudah memasuki musim pancaroba. Apa itu musim pancaroba ada yang tau? Ya, benar sekali musim pancaroba atau pergantian musim. Saya lihat di sini banyak anak yang terserang flu dan batuk ini ya?

Nah, pak guru hanya ingin mengingatkan kalian semua untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik. Sebab apa? Sebab kesehatan adalah aset utama untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan segala aktifitas. Jika tubuh kita sehat, maka kegiatan kita akan terasa nyaman. Namun dengan tubuh yang kurang sehat akan sangat mengganggu dan menghambat segala aktivitas.

Apalagi sekarang sudah memasuki bulan Mei, setelah kemarin kelas VI sudah menghadapi ujian nasional dan Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, sedangkan bagi siswa kelas satu sampai kelas lima sebentar lagi akan menghadapi ulangan kenaikan kelas atau UKK.

Mengingat hal itu, mari kita bersama-sama untuk lebih baik dalam menjaga kesehatan. Karena sekarang sering turun hujan kalian bisa membawa payung atau jas hujan saat berangkat sekolah supaya tidak kehujanan. Jangan malah sengaja hujan-hujanan, nanti kamu sakit dan kegiatan belajar menjadi terganggu.

Selain menjaga kesehatan, lebih tingkatkan lagi belajarnya, perhatikan guru saat menerangkan pelajaran di sekolah, tanyakan saja pada bapak atau ibu guru jika ada penjelasan yang kurang jelas dengan mengangkat tangan kanan.

Di rumah juga kurangi mainnya, kerjakan tugas rumah yang diberikan guru, jika tidak bisa menjawab boleh bertanya pada orang tua atau kakak kamu yang penting ada usaha untuk mengerjakan. Jangan sampai terjadi lagi pak guru mau mencocokkan PR ternyata ada yang lupa tidak mengerjakan.

Belajar setiap hari jangan hanya saat akan menghadapi tes saja tetapi belajar rutin setiap hari. Bangun pagi setelah sholat subuh belajar, malam hari sebelum tidur belajar. Dengan sering belajar pemahaman kalian akan semakin matang dan soal-soal di sekolah terasa mudah diselesaikan.

Hadirin yang berbahagia

Kiranya cukup itu saja yang dapat saya sampaikan, ada kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr. wb

 

Itulah beberapa contoh pidato singkat bahasa Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi. Meski awalnya berbicara di depan banyak orang terasa gugup dan grogi namun jika sudah biasa akan terasa tenang dan biasa saja. Selamat mencoba!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.