9+ Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan, Perpisahan, Kesehatan dll

Contoh Pidato Singkat – Pidato merupakan suatu bentuk aktivitas atau cara mengungkapkan sesuatu kepada siapapun yang menyaksikan dan mempunyai tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan yang lebih menuju arah memotivasi untuk menjadi lebih baik.

Meskipun pidato hanya disampaikan dalam bentuk kata-kata, tetapi dalam menyampaikannya tetap harus memperhatikan ekspresi wajah, intonasi suara dan juga tingkah laku dengan baik.

Karena yang diperhatikan orang lain ketika kita berpidato tidak hanya mendengarkan suara, tetapi juga melihat bagaimana ekspresi wajah dan gerak-gerik tubuh pembawa pidato.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari referensi terkait contoh pidato singkat, di dalam artikel ini akan banyak tersedia contoh pidato singkat.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Bahasa Indonesia

contoh pidato singkat tentang pendidikan bahasa indonesia
puzlleminds.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan segala puji  bagi Allah SWT yang sudah memberikan limpahan rahmat serta nikmatnya kepada kita semua sehingga saat ini kita masih bisa menikmati udara segar dan bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.

Kedua kalinya, sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang terang benderang yang diridhoi oleh Allah Swt.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan kali ini Saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan moral.

Pidato singkat ini akan saya tujukan terkhusus untuk diri saya sendiri khususnya dan umumnya untuk para hadirin sekalian.

Bapak/Ibu para hadirin yang berbahagia…

Suatu bangsa akan dianggap lemah, jika masyarakatnya sudah tidak dapat menunjukkan moral ketika  bertingkah laku.

Maka dari itu, menjaga moralitas sangatlah diperlukan agar kita terjauh dari pengaruh-pengaruh buruk yang bisa merusak nilai moral yang sudah kita jalani saat ini.

Dewasa ini, kehidupan manusia serba mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan adanya semua fasilitas yang semakin memanjakan dan dengan kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Jangan sampai kita mudah terbuai yang berdampak pada menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang kita dapat saat ini. Sebaliknya, Kita harus memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan yang lebih positif.

Bapak/Ibu sekalian,…

Memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang bisa merusak moral dan akhlak mereka merupakan kewajiban dari setiap orang tua. Orangtua harus selalu bisa memberikan nasehat yang mendidik kepada anaknya. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari hal yang bisa menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang negatif.

Cara untuk membentengi anak-anak dari perilaku yang buruk dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk belajar, mengajak mereka ke suatu tempat yang sarat akan moral.

Tidak hanya itu, menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka untuk bisa memberi cara pandang baru untuk melihat suatu masalah serta menemukan solusinya adalah hal yang tidak kalah penting.

Sahabatku sekalian yang saya cintai,…

Arti sebuah moral sangatlah penting. Jika adat santun dan ramah sudah hilang dalam kehidupan sehari-hari, maka bangsa Indonesia tidak akan mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan.

Maka dari itu, marilah kita junjung tinggi nilai moral, menghargai perbedaan dan  etika bermasyarakat. Hal ini dimulai dari kita yang memegang peran sebagai orangtua, kemudian kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa ini senantiasa terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.

Kurang lebihnya Saya mohon maaf dan terima  atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Berkarakter / Moral

contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter moral

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan segala rahmat dan nikmatnya kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul dalam keadaan yang sehat dalam acara bimbingan karakter remaja ini.

Terima kasih saya sampaikan kepada para Orang tua dan adik-adik remaja yang sudah menyempatkan hadir pada acara pada pagi ini, Semoga yang hadir dalam acara ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan adik-adik.

Hadirin yang saya hormati dan adik adik tercinta,

Usia remaja merupakan usia yang berpengaruh terhadap perkembangan masa depan. Dimana pada usia remaja ini, kita harus hati hati dalam memilih pendidikan dan khususnya pergaulan. Jangan sampai kita menyia-nyiakan usia remaja begitu saja tanpa kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti menyiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik.

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi remaja dalam pencapaian karakter ketika di usia dewasa, faktor ini lebih banyak disebabkan oleh lingkungan. Oleh sebab itu, jika kita menginginkan hidup yang lebih baik untuk masa depan, maka gunakan waktu remaja kita dengan belajar dan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat untuk masa depan.

Hadirin dan adik adik ku tercinta,

Dari sekian banyak hal-hal bermanfaat ketika remaja, salah satunya yaitu Salah  dengan mengikuti kegiatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini bisa membantu membentuk para remaja kedalam keahlian khusus maupun pengembangan bakat yang ada pada dirinya. sehingga nanti jika para remaja sudah dewasa bisa mempunyai karakter dan keahlian yang bisa bermanfaat untuk kehidupan kalian. Selain itu, pendidikan karakter juga melahirkan nilai-nilai positif terhadap dan budi pekerti yang baik. maka dari itu, marilah kita perjuangkan masa depan dengan memanfaatkan waktu remaja dengan mengikuti hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk kebaikan di masa depan kita.

Hadirin yang terhormat,

Demikianlah pidato singkat tentang pendidikan  berkarakter yang bisa Saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan pidato ini kita ditunjukkan kearah yang lebih benar. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada kesalahan kata penyampaian.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Sekolah

contoh pidato singkat tentang lingkungan sekolah
maudisini.com

Assalamualaikum wr.wb

Kepada yang terhormat Bapak Prof. Abdurrahman, M. Pd. selaku kepala sekolah SMA Tadika Mesra.

Yang terhormat Ibu Mahmudah,M. Pd. selaku wakil kepala sekolah.

Yang terhormat bapak ibu dewan guru dan seluruh staff di SMA Tadika Mesra.

Dan tak lupa siswa-siswi SMA Tadika Mesra yang Saya cintai dan Saya banggakan.

marilah kita ucapkan rasa syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, yang selalu memberikan nikmat, sehingga kita berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun.

shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada  Nabi Muhammad SAW. Semoga kelak kita bisa dipertemukan oleh beliau di Surga oleh Allah SWT.

Di pagi hari yang cerah ini Saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai lingkungan sekolah. Mengingat apa yang terjadi pada lingkungan sekolah pada saat ini sangat-sangat memprihatinkan karena banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan sekolah.

Hadirin yang berbahagia,

Lingkungan adalah tempat di mana kita berpijak, tempat dimana kita hidup. Jika lingkungan kita bersih, maka diri kita juga akan bersih. Sebaliknya, jika lingkungan tempat kita kotor, maka diri kita juga akan ikut kotor. Apalagi jika lingkungan kotor ini ada disekolah, di mana setiap hari kita belajar untuk menuntut ilmu di dalamnya. Apakah kita sudah merasa nyaman? Tentunya sama sekali tidak, yang jelas kita akan merasa risih sehingga proses belajar bisa terganggu.

Lingkungan sekolah yang bersih tidak akan mengganggu kenyaman dalam belajar, sehingga ilmu-ilmu yang diberikan oleh bapak ibu guru bisa kita terima dengan baik dan sebaliknya. Bahkan, lingkungan sekolah yang kotor dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Hadirin yang berbahagia,

Agar kita semua selalu merasa nyaman dalam proses belajar mengajar. Sudah seharusnya kita bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita dengan baik dan bersih. Oleh sebab itu, mulai sekarang marilah kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah ini. Sebelum melakukan itu, kita harus menanamkan perilaku hidup bersih di dalam kehidupan sehari-hari. ya, contoh kecilnya membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, bersama-sama membersihkan toilet agar menjadi bersih dan tidak lagi mengeluarkan bau yang tidak sedap juga sangat diperlukan. Jangan lupa juga untuk membersihkan sampah-sampah yang terkumpul di selokan depan sekolah.

Menjaga dan membersihkan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab dari Bapak penjaga sekolah saja , tetapi juga merupakan tanggung jawab kita semua sebagai penghuni sekolah. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama gotong royong untuk membersihkan sekolah kita ini. karena sekolah yang bisa kita nikmati bersama-sama. Dengan keterlibatan semua penghuni sekolah, maka pekerjaan akan terasa lebih ringan dan lebih cepat selesai.

Hadirin yang berbahagia,

Itulah pidato singkat tentang kebersihan di lingkungan sekolah. Semoga pidato yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan memotivasi kita semua untuk bisa menanamkan perilaku hidup yang bersih agar menjadi sekolah yang bersih, sehat dan nyaman.

Jika dalam penyampaian pidato ini terdapat kesalahan atau menyinggung perasaaan orang lain, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaiakum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas
kakakpintar.com

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang saya hormati Ibu Widya Pratama selaku guru Bahasa Indonesia.

Dan tak lupa teman-temanku semua yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT atas rahmatnya kepada kita semua. Karena berkat rahmatnya kita bisa berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat tanpa halangan apapun. Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi akhir jaman Nabi Muhammad SAW dan syafaatnya yang akan kita dapat di yaumul kiyamah nanti. Amiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas. Di era modern dan serba terknologi canggih ini banyak sekali remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Yang dinamakan pergaulan bebas yaitu pergaulan yang berlebihan dan pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma agama yang pada dimasyarakat. Pergaulan bebas ini seperti merokok, mabuk-mabukan, balapan liar atau bahkan hamil diluar nikah.

Terdapat banyak faktor penyebab pergaulan bebas, yang menjadi penyebab terbesarnya yaitu dipengaruhi oleh teman yang perilakuanya kurang baik. kurangnya kesadaran anak bisa akibat yang adanya pergaulan bebas.

Selain itu, pergaulan bebas ini juga karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak tersebut mencari perhatian diluar lingkungan keluarga. Bahkan, adanya aturan orang tua yang terlalu mengekang dan kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak juga sebagai penyebab pergaulan bebas.

Jadi pergaulan bebas adalah apapun perbuatan yang tidak terpuji dan bisa merugikan diri sendiri. Maka dari itu, memperdalam ilmu agama agar tidak terjerumus adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Semoga pidato yang Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan dihati anda semua, saya mohon maaf.

 

Wassalamualaikum Wr.Wb

Pidato Singkat Tentang Kesehatan

kesehatan
infokekinian.com

Pendidikan memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, tak terkecuali kesehatan termasuk di dalamnya. Nah, berikut ini adalah contoh pidato singkat tentang kesehatan:

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk Kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, karena telah memberikan rahmatnya, sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat wal afiyah.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang “Pentingnya menjaga kesehatan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik”.

Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal. Bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit jantung . coba Anda bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya akan sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jika kesehatan kita terjaga dengan baik. sehingga Kita dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan bisa meraih prestasi yang lebih banyak di masa depan.

Dinamakan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut mempunyai rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya. Nah, sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi.

Sebelum berangkat sekolah, jangan terlalu banyak makan pagi agar di sekolah kita tidak terasa ngantuk. Setelah itu, jika ada pelajaran olahraga, antusias lah dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik. karena secara tidak langsung kamu sudah mencoba menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga selama seminggu sekali. Ketika istirahat, Anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat. Makanan yang sehat dan bersih bisa kita lihat dari kemasannya.

Masih banyak lagi hal-hal yang dapat Anda kerjakan agar tubuh kita bisa terjaga kesehatannya. Yang paling penting adalah kita selalu peduli untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat.

Agar kesehatan kita tetap terjaga karena lingkungan yang kumuh merupakan sumber daripada penyakit, maka jagalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa harus menunggu hingga esok hari. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Singkat yang Benar

contoh pidato singkat yang benar
wawasan-edukasi.web.id

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Marilah kita sama-sama mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmatnya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat.

Hadirin yang saya hormati,

Kali ini, Saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan. Karena Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih. Maka dari itu, marilah kita mulai menjaga kebersihan agar keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain tetap terjaga.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Jika kita selalu menjaga kebersihan di dalam kehidupan sehari-hari, lalu kebiasan kita tersebut ditiru oleh anak-anak dan orang-orang dekat, maka kita juga akan mendapat manfaatnya. Maka dari itu, mari ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan sedini mungkin agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat hal-hal yang positif.

Dengan mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan kepada anak-anak. Sangat diharapkan mereka dapat mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit diselesaikan.  seperti yang kita ketahui saat ini, sangat banyak sekali orang-orang yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan dan bahkan membiarkannya lingkungan menjadi kotor.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat tentang pentingnya menjaga kebersihan yang bisa saya sampaikan. Semoga apa saya sampaikan ini bermanfaat dan dapat dilaksanakan dengan baik dan senang hati. Apabila ada kesalahan kata penyampaian, saya mohon maaf sebesar-besarnya, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

contoh pidato singkat tentang narkoba
wawasan-edukasi.web.id

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini dalam keadaan yang sehat dan tidak ada kendala atau halangan apapun.

Shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan Kita Nabi besar Muhammad SAW. Karena Beliaulah pemberi suri tauladan yang terbaik. Melalui perjuangan, pengorbanan, dan jerih payahnya,  saat ini Kita bisa terbebas dari kekufuran dan kejahiliyahan.

Pada kesempatan hari ini, Saya akan menyampaikan pidato singkat tentang bahaya narkoba untuk generasi penerus bangsa.

Saat ini, di Indonesia jumlah pengguna narkoba semakin meningkat. Hal ini dikarenakan lemahnya penegakan hukum dalam permasalahan ini. Para pengedar dari luar negeri memanfaatkan warga negara Indonesia agar bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Penyalahgunaan narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa pengaruh buruk yang luas. Sehingga bisa memberikan kerugian yang sangat besar seperti gangguan kesehatan, perubahan perilaku, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, tindak kekerasan, kriminalitas yang semakin meningkat dan lain sebagainya.

Untuk menghindari penggunaan narkoba, bisa diantisipasi dengan mengadakan program-program yang bermanfaat seperti agenda-agenda sosial. Selain itu, juga sangat diharapkan untuk tidak bergaul dengan pengguna narkoba, tidak mudah terpengaruh dengan rayuan teman untuk mengkonsumsi narkoba.

Dan yang paling membuat miris adalah pengguna narkoba lebih banyak dari kalangan para remaja dan anak sekolah. Untuk menghindari hal-hal ini, sekolah juga harus sering-sering memberikan penyuluhan kepada para murid tentang bahaya dan dampak negatif dari penggunaan narkoba. Penyuluhan ini dapat dilakukan melalui Guru BP untuk diadakannya diskusi yang menyertakan para siswa dalam mencegah masuknya narkoba di sekolah.

untuk menghindarkan masuknya narkoba pada remaja pihak sekolah bisa mengadakan program waspada narkotika dengan cara mengidentifikasi bagaimana ciri-ciri siswa yang telah mengkonsumsi narkoba.

Seringkali pengedar atau juga pengguna narkoba  di sekolah sudah sangat paham tentang program-program di yang ada di sekolah untuk mencegah masuknya narkoba ke sekolah. Tentu saja mereka bisa mengatasinya dengan sebaik mungkin.

Tetapi, sepintar apapun mereka mengatasinya, kita tetap harus optimis bahwa narkoba ini bisa di berantas. Ya, setidaknya diminimalisir dengan cara apapun.

Tentunya cara-cara yang kita gunakan ini bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa kepada siswa. Selain itu, juga bisa meningkatkan kualitas karakternya dan yang paling penting para siswa bisa nyaman untuk tetap belajar.

Demikian sedikit pidato tentang narkoba yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam penyampaian atau menyinggung pihak lain, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja

contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja
wawasan-edukasi.web.id

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah SMK Wahid Hasyim

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh staff

Dan tak lupa teman-teman yang sangat Saya cintai dan Saya banggakan,

Pertama-tama, marilah kita sama-sama bersyukur kepada  Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan berkat yang sangat melimpah, sehingga Kita pada saat ini masih bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiyat dan tanpa halangan apapun.

Kita semua tahu bahwa banyak saat ini sudah banyak sekali terjadi kenakalan remaja yang disebabkan karena banyaknya perbuatan negatif di masyarakat. Contohnya seperti banyaknya orang tua yang terang-terangan merokok sehingga bisa ditiru dengan mudahnya oleh anak-anak di usia remaja. Meski awalnya hanya sekedar mencoba, tetapi lama kelamaan akan ketagihan, hingga berujung kecanduan.

Penyebab kenakalan remaja ini kebanyakan berasal dari orang tua yang terlalu sibuk dalam bekerja hingga tidak punya waktu sedikitpun untuk memperhatikan perkembangan pergaulan anak mereka. salahnya didikan yang diberikan oleh orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kenakalan remaja. Selain itu, juga disebabkan karena faktor pergaulan remaja yang salah dalam memilih teman.

Memang, kita boleh saja berteman dengan siapapun. Tetapi ingat, kita juga tetap harus hati-hati dalam memilih teman, agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

Pergaulan yang salah ini seperti tawuran antar pelajar, geng motor, mabuk-mabukan dan lain sebagainya. Pergaulan yang seperti ini juga bisa memberikan kerugian menimbulkan korban jiwa, baik dari kalangan remaja bahkan menyangkut warga lain. Maka dari itu, segera jauhi pergaulan yang salah tersebut, karena hal tersebut bisa merugikan diri Anda sendiri.

Maka dari itu, gunakan masa remaja Anda dengan diisi beragam hal yang positif agar bisa berguna untuk diri sendiri, para orang tua, orang lain dan bangsa kita. Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika terdapat kesalahan, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Zakat

contoh pidato singkat tentang zakat
contoh.pro

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Syukur alhamdulilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya dan hidayahnya, sehingga Kita masih diberi kesempatan pada hari dalam keadaan yang sehat dan bisa mengikuti kegiatan kultum tanpa ada halangan suatu apapun. Tak lupa, kita lantunkan shalawat kepada junjungan Kita Nabi Besar Muhammad SAW, karena Beliaulah kita petunjuk jalan yang benar yakni ajaran Islam dan semoga kelak kita mendapat syafaatnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Nabi Muhammad SAW. bersabda:

“Zakat fitrah sebagai pembersih dari perbuatan sia-sia dan keji bagi orang yang berpuasa (Ramadhan). Dan zakat merupakan makanan bagi orang miskin. Maka barangsiapa yang menunaikan zakat sebelum shalat idul fitri, maka sebagai zakat yang diterima. Dan barang siapa yang menunaikannya sesudah shalat Idul fitri, maka dianggap sebagai sedekah biasa”  (HR. Abu Dawud Ibnu Majah).

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Zakat fitrah sangatlah wajib untuk dikeluarkan, kecuali bagi orang kafir yang miskin. bagi orang yang telah melakukan puasa Ramadhan penuh selama 30 hari kemudian tidak berzakat, diibaratkan puasanya bergantung antara langit dan bumi, yakni tidak akan dilangsungkan kehadirat Allah SWT. Karena pada dasarnya, zakat bisa dibilang sebagai pembersih dosa dari orang-orang yang berpuasa.

Demikian pidato singkat yang bisa Saya sampaikan. Semoga pidato singkat tentang zakat ini sangat bermanfaat dan bisa membuat kita lebih mengerti pentingnya mengeluarkan zakat fitrah, sehingga orang-orang tidak enggan untuk mengeluarkan zakat fitrah dan meringankan beban orang lain.

Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih. Kurang lebihnya Saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Islami

contoh pidato singkat islami
ruangseni.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Alhamdulillahirabbil alamin

Alhamdulillahirabil ‘alamin. Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena-Nya saat ini kita bisa berjumpa dan bertemu dalam acara yang penuh berkah ini. Sholawat semoga tetap kita lantunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa Kita dari jaman jahiliyah  menuju jaman yang terang benderang yakni agama islam rohmatallilalamin.

Hadirin yang berbahagia,

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang agama Islam dengan tema “Etika terhadap diri Sendiri”. Orang muslim percaya bahwa kebahagian yang didapat selama hidup di dunia dan di akhirat ditentukan pada sejauh mana pembinaan terhadap dirinya baik berupa perbaikan diri dan penyucian dirinya.

tetapi, tidak semua orang muslim bisa menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang tercela. Maka dari itu, orang muslim tidak henti-hentinya membina dirinya untuk menyucikannya. Karena diri sendirilah yang bisa mengevaluasi setiap saat dan membawa diri sendiri kepada perbuatan yang terpuji. Maka dari itu, mulai saat ini marilah kita memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan sebelumnya, untuk memperbaiki diri dan menuntun diri sendiri ke jalan yang benar.

Hadirin yang berbahagia,

Salah satu penyucian diri dari segala dosa di masa lalu yaitu dengan taubat. Taubat merupakan melepaskan diri dari semua dosa yang telah diperbuat dan bertekad untuk tidak kembali mengulanginya lagi. Jika kita sudah memutuskan untuk bertaubat, maka kita tidak akan mengulanginya kesalahan dan dosa yang sama.

Orang muslim selalu bekerja siang dan malam untuk kebahagiannya di akherat agar mendapatkan kemuliyaan dari Allah SWT. Karena dunialah tempat Kita beramal. tetapi, dalam beribadah kita juga harus bisa membedakan mana yang wajib dan mana yang sunnah. Misalnya saja hal yang wajib itu seperti modal dalam bisnis, sementara sunnahnya yaitu ibarat keuntungan dari perniagaan bisnis.

Dan di akhir hari, diri kita untuk selalu mengadakan muhasabah atau evaluasi atas amal perbuatan yang telah dilakukan sepanjang siang harinya. Jika kita merasa ibadah kita ada yang kurang, maka kita akan menambahnya untuk lebih sempurna. Jika ibadah kita sudah baik, maka kita harus mempertahankannya atau istiqamah. Dan inilah yang disebut dengan muhasabah terhadap diri sendiri agar lebih baik.

Hadirin yang dimulyakan oleh Allah SWT.

Demikianlah pidato singkat tentang agama Islam yang diringkas dalam dua hal yaitu taubat dan muhasabah. Semoga dua hal tersebut bisa menjadi jalan bagi kita agar tetap istiqamah dalam beribadah kepada Allah SWT, sehingga kita menjadi orang yang beriman. Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih dan kurang lebihnya Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum

Contoh Pidato Singkat Perpisahan

contoh pidato singkat perpisahan
penuliscilik.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Kepada yang terhormat segenap guru dan Staff

Dan tak lupa hadirin yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan rasa syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang melimpahkan banyak rahmat dan hidayahnya kepada Kita semua. sehingga kita bisa berkumpul di acara perpisahan sekolah ini dalam keadaan yang berbahagia dan tentunya sehat.

Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan Kita Nabi  Agung Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya. Semoga kita semua bisa mendapat syafa’atnya kelak di hari kiamat.

Begitu banyak hal yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini, betapa bersyukurnya, kami karena bisa menjadi bagian dari keluarga besar SMAN 01 Malang.

Secara pribadi, Saya mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa para guru yang telah mengajarkan kami banyak pelajaran. Tidak hanya pelajaran akademik, tetapi lebih penting dari mengajarkan Kami mengenai kehidupan di masyarakat.

Teruntuk teman-temanku, tidak terasa kita telah melewati tiga tahun yang sangat luar biasa, tentunya di tempat yang tak kalah luar biasa ini. Selama tiga tahun ini, banyak sekali kenangan-kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan sampai kapanpun.

Saya berpesan kepada teman-teman yang Saya sayangi, perpisahan ini bukan sebuah akhir dari perjuangan kita. Lebih tepatnya, ini adalah perjuangan yang sebenarnya baru akan kita mulai. Saya yakin kita semua mempunyai cita-cita yang sangat tinggi. Maka dari itu, mari kita berjuang bersama-sama agar dapat mencapai cita-cita tersebut dengan cara yang baik.

Sebagai penutup, sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua guru-guru yang telah mengajarkan kami banyak hal dan staff. Kami sadar, kami sadar kami tidak akan pernah bisa membalas jasa-jasa kalian. Yang bisa Kami doakan hanyalah berdoa, semoga para guru dan staff selalu diberikan kesehatan, kemudahan dalam menjalani hidup dan panjang umur.

Kami juga memohon maaf kepada semua guru, jika selama waktu tiga tahun ini banyak melakukan kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak. Maafkanlah segala kenakalan kami dan sikap kami yang telah membuat kalian marah.

Akhir kata,

Saat ini, semua cerita di sekolah ini telah berakhir. Canda, senyum, cinta, kebahagiaan, dan semua momen akan selalu menjadi kenangan dan menjadi akhir yang menyedihkan. Tetapi saya bersyukur dan benar-benar beruntung karena bisa memiliki waktu untuk mengenal dan bertemu dengan kalian disini wahai teman-teman terbaikku, guru guruku dan seluruh keluarga besar sekolah ini. Terimakasih telah membuat Saya menjadi sosok manusia yang sebenarnya, manusia yang lebih baik.

Sekian sedikit pidato yang bisa Saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan  terima kasih dan saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang baik atau menyinggung.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Bahasa Inggris

contoh pidato singkat bahasa inggris
deweezz.com

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Honorable:

Bapak/Ibu Muspika Kecamatan Tikung

Bapak Camat Tikung

Bapak Koramil Tikung

Ibu Kapolsek Tikung

Honorable:

Kepala Cabang Dinas Kecamatan Pujon

Kepala SMP Negeri 1 Pujon

Bapak & Ibu guru SMPN 1 Pujon

Bapak & Ibu Staf TU SMPN 1 Pujon

Bapak/Ibu Wali Kelas IX

All my friends in grade IX and also in grade VIII and VII

First of all, let us offer thanks for the presence of Allah SWT who has given his blessings and blessings to all of us so that we can gather in good health and without any obstacles.

Ladies and Gentlemen,

This time, I will give a speech about the importance of maintaining cleanliness. Because Allah SWT loves people who are clean. Therefore, let us begin to maintain cleanliness so that the safety and goodness of ourselves and others are maintained.

Ladies and Gentlemen,

If we always maintain cleanliness in our daily lives, then our habits are imitated by children and close people, then we will also benefit. Therefore, let’s teach children about the importance of maintaining cleanliness as early as possible so that later they will be healthy, smart and like to do positive things.

By teaching the importance of maintaining cleanliness for children. It is expected that they can be independent and accustomed to overcoming things that are difficult to solve. as we know now, there are so many people who don’t care about the cleanliness of the environment and even let the environment become dirty.

Ladies and Gentlemen,
Such was the short speech about the importance of maintaining cleanliness that I can convey. Hopefully what I say is useful and can be carried out well and happily. If there is an error in the delivery word, I apologize profusely, at the end of the word I thank you for your attention.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 2

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

With all praise to Allah SWT who has given abundance of grace and pleasure to all of us so that today we can still enjoy the fresh air and be able to gather in a healthy state and a valuable family atmosphere today. The second time, prayer and greetings may be poured out on the great Prophet Muhammad, who has provided guidance and guidance to all of us so that we are on a bright path that is blessed by Allah.

Ladies and gentlemen and happy audience

On this occasion I will give a short speech about the importance of moral education to us as a society full of courtesy and ethics. I will address this short speech on moral education specifically for myself and the audience.

Ladies and gentlemen,

all of my friends A nation will be considered weak, if its people cannot show morals when acting. Therefore, keeping our morality from bad influences that can damage the value of wisdom that we have lived today is very important. In this era, human life is all the more easy and practical, with all the facilities that increasingly spoil us all, with technological advancements making it easier for us to carry out various activities. Do not let us be easily swayed which has an impact on abusing the conveniences that we have today. Instead, we must use it for more positive purposes.

Ladies and gentlemen, …

Monitoring our children to avoid various kinds of potential bad influences that can damage their morals and morals is an obligation of every parent. Parents must always be able to provide educational advice to their children. This is very important to be done as a foundation to fortify children from things that can plunge into negative behaviors. The way to fortify children from bad behavior by teaching them religious education from an early age, provides information that makes them eager to learn, invites them to a place full of morality. Not only that, taking the time to hear the curhatan-curhatan children, their complaints to be able to provide a new perspective to see a problem and find a solution is no less important.

All my friends that I love, The meaning of a moral is very important. The Indonesian nation will not be able to sustain the solid pillar of diversity if polite and friendly customs are lost from everyday life. Therefore, let us always uphold moral values, the character of mutual cooperation, a sense of tolerance, respect for differences and social ethics. It starts from us who play the role of parents, then we teach our children, so that this nation is always protected from things we don’t want.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato Bahasa Jawa

contoh pidato singkat bahasa jawa
sahabatnesia.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kanthi kabeh puji marang Allah SWT sing wis maringi kabecikan lan kesenengan kanggo kabeh kita supaya dina iki kita tasih bisa seneng udara seger lan bisa kumpul ing negara sehat lan atmosfer kulawarga sing terkenal saiki.

Wonten ing wekdal ingkang kaping kalih, pandonga lan salam-salam ugi dipun paringaken dhateng Nabi Muhammad ingkang ageng, ingkang sampun paring bimbingan lan panuntun dhumateng kita sedaya amargi kita wonten ing dalan ingkang ageng ingkang dipun paringaken dening Allah.

ing kesempatan iki, aku bakal menehi wacan singkat babagan pentinge pendhidhikan moral kanggo kita minangka masyarakat sing kebak kabecikan lan etika.
Aku bakal ngrembug pidato iki babagan pendidikan moral khusus kanggo aku lan para penonton.

Bapak utawa Ibu lan Ladies lan Gentlemen. bangsa bakal dianggep lemah yen umume ora bisa nunjukake moral nalika tumindak.

Mulane, tetep moralitas kita saka pengaruh ala sing bisa ngrusak nilai kawicaksanan sing kita urip saiki iku penting banget.
Ing jaman iki, urip manungsa luwih gampang lan praktis, kanthi kabeh fasilitas sing tambah akeh ngrusak kabeh kita, kanthi advokasi teknologi luwih gampang kanggo nindakake macem-macem kegiatan.

Aja gampang digeser sing wis ngakibatake pambocoran kesetiaan sing saiki ana. Nanging, kita kudu nggunakake kanggo tujuan sing luwih positif.

Mulane, ayo kita njagakake nilai-nilai moral, karakter kerjasama, rasa toleransi, rasa beda lan etika sosial. Diwiwiti saka kita sing dadi perangane wong tuwa, mula kita ngajari anak-anak, supaya bangsa iki tansah dilindungi saka bab-bab sing ora dikarepake.

Muga-muga kita tansah njaluk perlindungan lan sih-rahmat saka Allah, Maha Penyayang, Maha Penyayang.
Iku ucapan singkat sing bisa aku ucapake, muga-muga bisa menehi akeh keuntungan kanggo kabeh kita. Yen ana tembung sing ora seneng karo jantung, aku apologize profusely.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian ulasan tentang contoh pidato singkat lengkap mulai dari pidato bahasa jawa dan inggris, pidato perpisahan, kenakalan remaja dan pencegahan narkoba. semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu Anda dalam berpidato. Dari sepanjang ulasan ini, semoga Anda bisa memetik beberapa pengetahuan dan pengalaman baru. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.