12 Contoh Iklan Produk, Penawaran, Promosi, Jasa, Layanan Masyarakat

Contoh Iklan – Iklan adalah bentuk informasi yang dilakukan oleh perorangan, instansi atau lembaga, serta perusahaan yang berisi tentang pesan yang menarik mengenai sebuah produk maupun jasa yang ditujukan pada khalayak.

Maksud dan tujuannya sendiri adalah mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik pada produk maupun jasa yang ditawarkan.

Iklan biasanya dipasang pada berbagai media supaya terlihat oleh banyak orang. Media yang digunakan bisa berupa media offline maupun online. Contoh iklan biasanya dipasang pada televisi, majalah, koran, radio, tabloid, media sosial, blog, mesin pencari, serta tempat-tempat umum.

Tujuan dari iklan adalah untuk memberikan informasi pada khalayak mengenai suatu barang, jasa, merek, perusahaan, atau juga ide tertentu. Iklan lebih cenderung menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan jasa atau produk yang ditawarkan. Selain itu iklan juga memiliki tujuan untuk mempengaruhi orang lain yang menjadi target market demi menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Iklan ada beberapa jenisnya, baik berdasarkan isi ataupun medianya. Nah, berikut jenis beserta contoh iklan secara lengkap:

Contoh Iklan Produk

contoh iklan produk
Contoh Iklan Produk

Di dalam bisnis, ada istilah pemasaran yaitu memasarkan produk itu sendiri. untuk mendukung pemasaran produk, dibutuhkan iklan produk sehingga produk tersebut akan dikenal oleh khalayak umum. Tanpa memperkenalkan produk, maka sulit dalam memasarkannya, sehingga iklan produk menjadi hal yang penting dilakukan.

Iklan produk biasanya dipasang pada berbagai tempat serta lokasi yang strategis. Jenis iklan ini juga yang paling sering dilihat di televisi. Iklan produk masuk pada kategori iklan niaga dan promosi. Sedangkan bentuknya sendiri sangat beragam tergantung dari kreativitas penciptanya.

Bagian dari iklan produk adalah penawaran dan deskripsi produk secara rinci ataupun singkat. Contoh iklan produk adalah minuman ringan. Di dalamnya akan tertera gambar produk dan diberikan deskripsi singkat. Selanjutnya, juga bisa ditambahkan harga  dan tempat atau toko mana bisa didapatkan produk tersebut.

Nah, produk yang di iklankan bukan hanya makanan dan minuman saja, melainkan pakaian, produk make up, dan sebagainya.

Contoh tagline Iklan produk adalah :

  • KFC – Jagonya ayam
  • McDonald’s – I’m Lovin It
  • Burger King – Taste is king
  • Dunkin Donuts – America Runs on Dunkin
  • Garuda Foods Nasi Instan – coba dulu kapan saja bisa

Contoh iklan produk dalam teks :

Ini baru burger yang berbeda, renyahnya dahsyat, dengan patty daging yang utuh di padu dengan mayonaise, keju cheddar, zuper saus, fresh lettuce JFC Zuper Crunch. Nikmati setiap gigitan. Sensasional dan baru KFC Zuper Crunch mulai 20 ribuan! (Iklan KFC)

Contoh Iklan Penawaran

contoh iklan penawaran
Contoh Iklan Penawaran

Ketika Anda ingin menawarkan sesuatu, tak perlu bingung lagi. Sebab, ada iklan penawaran yang menjadi solusi. Iklan ini dimaksudkan untuk menawarkan sesuatu baik itu barang atau jasa pada masyarakat luas atau kalangan tertentu saja.

Contoh iklan penawaran sangatlah banyak. Seperti, iklan jasa fotografi, iklan penawaran jasa cuci mobil, iklan penawaran alat kesehatan, dan sebagainya. iklan penawaran bisa dikategorikan sebagai promosi. Dengan iklan penawaran, maka bisnis akan menjadi semakin maju dan berkembang.

Contoh iklan penawaran adalah sebagai berikut :

Beberapa hal yang mesti disertakan saat membuat iklan penawaran adalah :

  • Identitas lembaga atau perusahaan
  • Produk serta layanan yang ditawarkan
  • Waktu penawaran
  • Nomor kontak yang bisa dihubungi
  • Alamat kantor pemasaran dan perusahaan
  • Syarat dan ketentuan khusus jika ada.

Gunakan juga magic words sebagai tagline agar orang menjadi terkesan bahkan saat pertama kali melihatnya. Contohnya adalah: Diskon 50%, Harga Promosi, berhadiah, dan sebagainya.

Contoh Iklan Promosi

contoh iklan promosi
Contoh Iklan Promosi

Menurut Wikipedia, promosi artinya mengiklankan suatu produk maupun merek, menghasilkan penjualan, serta menciptakan loyalitas merek maupun brand. Promosi adalah satu diantara empat elemen dasar dalam bauran pemasaran yaitu price, product, promotion and place.

Promosi sendiri merupakan metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberi info mengenai produknya. Informasi ini dapat bersifat visual ataupun verbal. Jadi, iklan promosi adalah jenis iklan yang bertujuan menarik calon konsumen untuk membeli ataupun mengonsumsinya.

Iklan promosi memiliki banyak aspek di dalamnya. Sebab, promosi tidak melulu dalam bisnis saja, melainkan juga promosi instansi, lowongan kerja, acara tertentu. dan sebagainya. akan tetapi, mayoritas iklan promosi di berbagai media adalah barang dan jasa.

Contoh iklan promosi dapat Anda lihat di berbagai tempat seperti media cetak, media elektronik dan media sosial. Iklan promosi akan memberi kesan yang cukup memengaruhi pembaca sehingga tertarik pada apa yang ditawarkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda perhatikan diksi dan kalimatnya.

Contoh Iklan Baris

contoh iklan baris
Contoh Iklan Baris

Iklan baris merupakan salah satu cara untuk mempromosikan barang dan jasa. Umumnya, jenis iklan ini dapat Anda temui di koran. Iklan ini merupakan pengembangan dari jenis promosi iklan gambar menuju ke informasi yang lebih lengkap serta terperinci dalam bentuk teks.

Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti. Sebab, iklan baris hanyalah memuat informasi seperlunya serta membutuhkan beberapa baris saja. Umumnya, koran mensyaratkan iklan baris dalam 2-3 baris yang telah dilengkapi dengan nomor telepon, laman, dan sebagainya.

Karena iklan ini tidak memuat gambar, maka iklan dikelompokkan berdasarkan isinya. Contohnya kelompok barang akan dipasang pada baris yang berbeda dengan lowongan kerja. selanjutnya, barang yang dijual pun akan diklasifikasikan lebih jauh, seperti; rumah, tanah, motor, mobil, dan sebagainya.

Nomor telepon ataupun alamat rumah yang dijual biasanya akan disertakan di dalam iklan. jenis iklan ini lebih murah ketimbang iklan lainnya. Pembuatannya pun cenderung sederhana tanpa art work dan ilustrasi grafis. Sehingga, koran akan menerima iklan baris yang dapat segera dimuat dalam penerbitan keesokan harinya.

Perkembangan teknologi saat ini membuat jenis iklan ini tidak hanya pada koran saja. mulai merambah pada media lain seperti internet. Iklan baris kini ada di tumpukan laman atau blog.

Contoh iklan baris ada pada gambar berikut ini :

Contoh iklan baris dalam bentuk teks :

TANAH DIJUAL BANDUNG

Jl. Buha Batu L, 370m. hdp tmue. Bgs, jln lebar, 180x180m, aks tok dkt CP. 08189254287, 08351875198

MOTOR DIJUAL

Honda Beat ESP Hitam Thn, 2017. Spt motor br, Km. 075, harga 9jt Plat D, Nego HP 08124267866

Contoh Iklan Kolom

contoh iklan kolom
Contoh Iklan Kolom

Iklan kolom merupakan iklan yang dimuat dalam space iklan dalam bentuk kolom-kolom. Iklan jenis ini umumnya bisa ditemukan di media cetak dan media online. Tak jauh beda dengan jenis iklan lain, iklan kolom juga dapat mempromosikan jasa, barang, atau informasi lain yang akan diperkenalkan pada masyarakat umum.

Iklan kolom biasanya dilengkapi dengan gambar dan visual yang sederhana untuk menarik perhatian dari calon konsumen. Ciri-ciri dari iklan kolom adalah terdiri dari informasi singkat tentang jasa, barang, dan pengumuman lain. Iklan kolom juga mempunyai volume dan ukuran yang lebih besar ketimbang jenis iklan lain di media koran. Kontennya pun dapat beragam sesuai dengan kebutuhan dari pengiklan.

Contoh iklan kolom yang ada di koran adalah sebagai berikut :

Iklan ini biasanya tampil secara memanjang dan luas bahkan dapat mencapai 1 halaman. Contoh teks iklan kolom lowongan pekerjaan adalah:

Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil (Polyester Woven dan Knitting) membutuhkan posisi untuk jabatan sebagai berikut:

Marketing (sales) lokal dengan kualifikasi:

  • Pria / wanita usia maksimal 35 tahun
  • Pendidikan min, D3 semua jurusan (IPK min, 2.75)
  • Pengalaman sebagai marketing (sales) lokal di bidang tekstil
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Lamaran di kirim ke PO Box. 7800 BDSS Bandung 40246

Contoh Iklan Barang

contoh iklan barang
Contoh Iklan Barang

Saat berbicara mengenai iklan, promosi barang memang yang paling mendominasi. Pemasaran dari setiap barang tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya iklan. maka dari itu, Anda tidak perlu heran jika di media cetak dan digital, iklan barang akan sangat mudah untuk ditemui.

Iklan barang biasa dilakukan oleh produsen untuk menawarkan produknya di pasaran. medianya bisa melalui toko online, media cetak, ataupun media sosial. Biasanya jenis iklan ini akan menyertakan gambar di dalamnya. Sehingga, konsumen dapat melihat barang yang Anda tawarkan.

Contoh iklan barang adalah sebagai berikut :

Contoh iklan barang berupa HP

Bagi Anda pecinta Android, bersiaplah karena Orange Electronic co.Ltd akan merilis handphone Android terbaru yaitu Orange Planet Z13. Mempunyai Android terbaru adalah sebuah keharusan kan? Biar tidak ketinggalan zaman, Anda harus memiliki Orange Planet Z13.

Produk ini didesain khusus sebagai Android yang unik sebab dilengkapi adanya aksesoris pendukung yaitu S-pen sehingga menjadikan Hp ini super canggih. Spesifikasinya pun sangat menarik dengan adanya  kamera 10 mp, layar 4.3 inci, konektivitas 4G HSPA, processor Dual Core 15 GHz, Bluetooth, dan graphic processing yang membuat kinerja 3D optimal serta camcorder 1080 p.

Tak hanya itu, Anda juga akan mendapat pengalaman akses cepat untuk musik, game, medsos, dan informasi. Bentuknya ramping dan elegan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.  Segala kebutuhan Anda dapat terpenuhi hanya dengan sekali klik di layar Orange Phone Z13. Tinggalkanlah model lama Anda dan sambutlah HP terbaru ini! dapatkan Android ini hanya dengan 5 jutaan saja di galeri resmi kami seluruh Indonesia. Call Center: 07681754

Contoh Iklan Display

contoh iklan display
Contoh Iklan Display

Iklan display biasanya berbentuk kotak dan berukuran lebih dari satu kolom media cetak, minimal 2 kolom. Iklan display justru berisi dengan tampilan iklan dengan ilustrasi gambar serta sejenisnya sehingga dapat terlihat lebih jelas. iklan jenis ini ternyata lebih menarik ketimbang iklan kolom dan baris.

Iklan display merupakan iklan yang sangat bagus dan dapat mendatangkan pelanggan lebih besar. Namun, iklan ini bisa memakan biaya yang cukup tinggi. Meski lebih cenderung menonjolkan visual serta ilustrasi, tapi Anda perlu membuat sebuah kalimat penawaran yang bagus. Poin paling utama yang perlu Anda perhatikan adalah mengusung gambar yang sesuai dengan iklan.

sehingga, iklan display lebih lebih tepat sasaran. Umumnya, jenis iklan ini berupa lowongan kerja, promo retail, pengumuman, seminar, tour dan travel, ucapan duka cita, produk, dan sebagainya.

Contoh Iklan di Facebook

contoh iklan di facebook
Contoh Iklan di Facebook

Jika membahas mengenai media iklan, Facebook masih merajai medsos pengiklan yang jangkauannya terluas. Sehingga, Anda tidak perlu heran ada banyak jenis iklan apa saja dapat ditemukan di media sosial besutan Mark Zuckenberg ini. Beriklan di facebook akan sangat menguntungkan, terutama bagi pengusaha pemula dengan modal yang minim.

Untuk beriklan di media ini, akan sangat efektif. Sebab, selain mudah dilihat, pemasangannya pun gratis. Komponen dari iklan facebook agar sukses adalah visual yang disukai algoritma Facebook, relevan dengan target audiens, menawarkan harga yang menggiurkan, dan sebagainya.

Contoh iklan Facebook adalah sebagai berikut :

Contoh iklan di Facebook tentang grosir wallsticker dan wallpaper dinding

PRODUK BARU..

45CM x 10M Rp. 52.000/roll.

Agen min 1 roll Rp. 42.000/roll.

Agen min 20 roll Rp. 39.000/roll

GROSIR WALLPAPER :

Dekorasi ruangan design unik dan elegant

WALLPAPER STICKER – BAHAN BERKUALITAS PREMIUM PVC GRADE A, TEBAL BERTEXTURE

– WATERPROOF (ANTI AIR)

– SUDAH ADA LEMNYA

– TIDAK MEMERLUKAN TUKANG UNTUK MEMASANG – UKURAN 0,45*10 METER

MENERIMA RESELELR/DROPSHIP DAN KEAGENAN

UNTUK PEMESANAN SILAHKAN PILIH SALAH SATU SAJA

  1. CS – 1 : 0856.55.33.88.42 (WHATSAPP / TLP)
  2. CS – 2 : 0856.55.33.88.40 (WHATSAPP / TLP)
  3. CS – 3 : 0856.07.99.99.31 (WHATSAPP / TLP)

Contoh Iklan Jasa

contoh iklan jasa
Contoh Iklan Jasa

Memiliki usaha dalam bidang jasa tentu sangat menarik. Akan tetapi, semua itu tidak akan  menjadi mudah jika Anda belum memiliki banyak klien. Untuk itu perlu usaha untuk memperkenalkan jasa Anda. sehingga, masyarakat luas akan tahu dan mulai menggunakannya.

Dalam membuat iklan jasa, Anda sebaiknya memberi ilustrasi serta kalimat yang menarik sehingga sasaran akan yakin akan jasa yang Anda buat. Media iklannya bisa bermacam-macam mulai dari akun media sosial, toko online, website pribadi, atau media massa. Anda juga dapat menyebarkan brosur dan sejenisnya.

Di bidang pengiklanan jasa, semakin banyak Anda masuk ke ruang media, akan semakin besar pula kesempatan mendapatkan pelanggan. Sedangkan media yang paling aktif serta memiliki jangkauan tak terbatas adalah media sosial dan internet. Untuk itu, jangan meninggalkan medsos saat mengiklankan jasa.

Contoh Iklan Lowongan Kerja

contoh iklan lowongan kerja
Contoh Iklan Lowongan Kerja

Setiap perusahaan akan serius dalam mencari kandidat karyawan untuk mengisi posisi dan jabatan tertentu. Saat ini, ada banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja melalui media sosial, website perusahaan, ataupun situs lowongan pekerjaan.

Contoh iklan lowongan kerja adalah sebagai berikut :

Contoh iklan lowongan kerja lainnya adalah mencari interior designer. Sebaiknya Anda tuliskan apa saja software yang digunakan dalam perusahaan sehingga Anda tidak perlu mengajari pegawai baru untuk menggunakannya. Jangan lupa untuk meminta portfolio selama untuk mengetahui apakah style-nya sama dengan style dari brand Anda.

We are hiring

Interior designer

S1 Interior design

Profiency in Autocad & Sketchup

3Dmax with vray rendering ability is a plus

Good personality

Please send your CV and portfolio to:

Jl. Bukit Dago Utara II, No. 11, Bandung, 40135

West Java, Indonesia

Phone: +62 864728

Email: [email protected]

Contoh iklan lowongan kerja lainnya :

PT Indo Mines Energy mencari calon karyawan yang prospektif untuk masa depan. Kami membuka lowongan kerja untuk Staff Penjualan

Job Description :

  • Koordinasi dengan pihak dalam terkait dengan pembayaran, dokumentasi, atau perjanjian perdagangan.
  • Mengelola hal-hal terkait dengan administrasi dan dokumentasi, seperti dokumentasi pembayaran dan perjanjian dengan pihak luar.
  • Mempersiapkan laporan hasil kerja serta menyiapkan presentasi laporan bila diperlukan.
  • Bertanggung jawab memastikan serta mengendalikan seluruh proses dokumentasi berjalan dengan baik.
  • Bertanggung jawab dalam perdagangan kas kecil. Persyaratan :
  • Sarjana dengan IPK minimal 3.00
  • Memperhatikan hal-hal detail & Sistematis
  • Memiliki keterampilan komunikasi serta interpersonal yang baik
  • Terbiasa akan SAP menjadi poin tambahan.
  • Hanya kandidat yang memenuhi syarat akan diproses lebih lanjut setelah kekosongan lowongan muncul.

Silahkan kirim surat lamaran, CV, foto terbaru & gaji yang diharapkan ke: PT Indo Mines Energy. JL . Jendral Sudirman No. 18 Jakarta.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

contoh iklan layanan masyarakat
Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang menampilkan pesan sosial yang bertujuan meningkatkan pengetahuan serta kepedulian masyarakat terhadap isu-isu sosial dalam iklan tersebut. Kriteria iklan layanan masyarakat adalah tidak bertujuan untuk komersil, bersifat umum, diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat, mempunyai dampak serta kepentingan yang tinggi.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah global warming, keluarga berencana, hemat listrik, hemat energi, dan sebagainya.

Contoh iklan layanan masyarakat ada pada gambar berikut :

Iklan ini menjelaskan bahaya dari penyalahgunaan narkotika, serta memberikan peringatan mengenai dampaknya bagi kesehatan dan dapat menghancurkan kehidupan pemakainya di masa depan.

Contoh teks iklan layanan masyarakat penyalahgunaan narkoba adalah :

Saat tekanan kerja mendera, hidup akan terbebani, jiwa dan langkah kehilangan arah. Saat itu, narkoba mengulurkan tangan kejinya, merenggut karir dan pekerjaan, menghancurkan orang tercinta, tak ada tempat untuk berlari. Kecuali dengan memperteguh diri dan kembali ke keluarga. Sayangi keluarga, jauhi narkoba! (iklan BNN)

Mungkin menurut remaja, merokok itu membuatnya terlihat gaul, bagi para wanita perokok adalah gaya hidup. Tapi apakah Anda tahu ada 4000 lebih zat kimia berbeda, 43 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Apakah Anda mau tetap merokok atau berhenti? (Iklan layanan GIS, depkominfo)

Contoh Iklan Makanan

Contoh Iklan Makanan
Contoh Iklan Makanan

Dunia periklanan makanan memang paling banyak diminati oleh pengusaha. Kualitas iklan akan sangat mempengaruhi reputasi perusahaan dan pebisnis. Semakin padat dan menarik sebuah iklan, semakin banyak pula pembeli yang berminat.

Dalam iklan makanan, perlu memiliki beberapa konten, diantaranya judul produk, nama produk, deskripsi produk. Selanjutnya, supaya lebih menarik, kebahasaan dalam iklan juga perlu diperhatikan. Anda perlu menggunakan slogan atau tagline, bersifat persuasif, serta menggunakan POV 1 (kata ganti aku atau kami).

Contoh iklan makanan adalah sebagai berikut :

Sesuai dengan namanya, iklan makanan mempromosikan makanan yang diproduksi oleh perusahaan. Kunci dalam membuat iklan ini adalah adanya tagline atau slogan yang menarik. Kalimat tersebut seharusnya mudah masuk ke dalam benak orang yang membaca iklan. contoh tagline iklan makanan adalah”

  • Pocari Sweat – minuman pengganti ion dalam tubuh
  • Teh Sosro – Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro
  • Kapal Api – Jelas Lebih Enak
  • Indomie – Indomie, seleraku
  • Floridina – Orange No. 1 di dunia.

Contoh teks iklan produk Floridina :

Mulai dengan yang fresh, be ready with Floridina

Floridina jeruknya Florida Orange

Real fresh, real orange pulp, so juicy! Florida fresh tanpa pengawet, nggak bikin worry, enak dinikmati di mana saja!

Nah, itulah 12 contoh iklan berbagai jenis. Apapun jenis iklannya, lakukan promosi di media yang paling efektif. Sesuaikan dengan budget, serta gunakan bahasa yang menarik sehingga orang-orang akan berminat pada produk, jasa, dan juga ide yang Anda promosikan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.