Contoh Teks Berita Tentang, Banjir, Pendidikan, Kecelakaan, Kebakaran dll

Contoh Teks Berita – Berita memang menjadi salah satu makanan sehari- hari untuk kita semua. Apalagi, pada saat ini sudah berubah menjadi era digital dimana segala hal pernak- pernik dari kemajuan teknologi akan kian memudahkan semua orang untuk dapat mendapatkan atau mengakses sebuah berita apapun, kapanpun dan juga dimana pun.

Untuk kamu yang sangat suka bermain dengan gadget, maka pastinya kamu juga akan mendapatkan dan menemukan berbagai macam teks berita yang selalu muncul di media sosial yang kamu miliki. Apabila kamu memang telah sering melihat bagaimana teks berita tersebut, apakah kamu tahu jika yang di maksud dengan teks berita?.

Berita ini tidak akan hanya sekedar sebuah informasi dengan isi, struktur dan juga bahasa yang bebas. Karena ada beberapa persyaratan yang menjadikan sebuah teks itu layak untuk dinamakan sebagai sebuah teks berita. Supaya kita pun dapat dengan mudah untuk memahami mengenai apa itu sebenarnya teks berita. Untuk itulah, lebih baik simak ulasan berikut ini:

Pengertian Teks Berita

pengertian teks berita
okistudio.com

Teks berita ini merupakan teks dimana berisi tentang segala hal yang memang terjadi di dunia ini. Teks berita juga di tulis dengan berdasarkan fakta, dimana bisa di tulis pada media cetak, ditayangkan melalui televisi, di siarkan dari radio atau bisa juga di unggah di beberapa situs berita.

Pada dasarnya, berita yang harus dipublikasikan adalah hal yang berupa fakta. Akan tetapi, tidak semua fakta bisa di angkat untuk di jadikan sebuah berita.

Struktur Teks Berita

struktur teks berita
philenews.com

Struktur teks itu merupakan sebuah gambaran dari bagaimana cara sebuah teks di buat. Sebuah teks berita pastinya mempunyai struktur yang sangat jelas. Teks berita ini juga di susun dengan berdasarkan dari struktur teks dari peristiwa di dalam berita, kemudian di ikuti dengan adanya latar belakang pada sebuah peristiwa dan juga di ikuti dari sebuah sumber berita.

Untuk bisa mendapatkan penjelasan yang jauh lebih jelas, maka Anda bisa menyimak dari ulasan struktur teks berikut ini:

  • Orientasi berita, ini merupakan bagian pembukaan teks yang terkait dengan hal yang nantinya akan di beritakan.
  • Yang kedua adalah peristiwa, dimana peristiwa ini merupakan sebuah tahap inti dari sebuah berita. Untuk bagian ini, sebuah berita akan di narasikan secara bagus untuk bisa menyajikan fakta- fakta yang sebetulnya.
  • Untuk yang ketiga ini adalah sumber berita. Dimana sumber berita ini tidak perlu di cantumkan namun letaknya juga sangat fleksibel. Dan ini artinya, sumber dari berita tidak perlu berada pada akhir berita, namun bisa di letakkan ke dalam berita tersebut.

Ciri-ciri Teks Berita

ciri ciri teks berita
okistudio.com

Untuk yang berikut ini adalah ciri teks berita, apakah sebelumnya Anda sudah tahu mengenai ciri teks berita?. Ciri teks berita itu merupakan ciri yang khusus untuk dapat membedakan mana teks berita dan juga jenis teks dari bahasa Indonesia yang lainnya.

Pada dasarnya, ciri- ciri perlu untuk teks berita ada 7 dan semua itu perlu untuk Anda ketahui.

  • Faktual atau dapat di percaya.
  • Bisa di terima oleh seluruh masyarakat.
  • Berita jelas.
  • Berita menarik.
  • Kalimat yang di gunakan sederhana.
  • Perlu untuk di sampaikan dengan segera.
  • Berita terkini atau aktual.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

kaidah kebahasaan teks berita
saatsantai.com

Selanjutnya ini adalah mengenai kaidah kebahasaan teks berita, yang mana merujuk pada bagaimana ciri maupun kaidah dari sebuah teks akan di bangun. Kaidah dari kebahasaan ini bisa kita pakai pada sebuah teks berita yang tertentu. Ciri- ciri dari kebahasaan teks ada beberapa jenis, meliputi berikut ini:

  • Terdapat sebuah keterangan.
  • Terdapat verba transitif.
  • Terdapat verba pewarta.

Syarat Teks Berita

syarat teks berita
saatsantai.com

Sebuah teks bisa di katakan layak di sebut dengan teks berita jika bisa memenuhi persyaratan dari teks berita. Syarat dari teks berita ini pada dasarnya juga dapat mengacu pada ciri teks berita.  Untuk bisa kamu mendapatkan penjelasan lebih detail, maka berikut ini ulasan syarat teks berita:

  • Fakta atau faktual

Teks berita wajib berisi mengenai fakta- fakta maupun sebuah peristiwa yang nyaman. Jika ada sebuah kejadian yang telah di sampaikan bukan hal yang nyata maka hal tersebut akan menjadikan berita yang dibuat tidak bisa disebut sebagai berita.

  • Aktual

Syarat yang kedua adalah aktual, dimana sebuah teks berita wajib merupakan peristiwa yang baru saja terjadi atau masih hangat untuk di perbincangkan.

  • Seimbang

Persyaratan yang selanjutnya adalah seimbang, dimana seimbang ini maksudnya ialah teks yang memang tidak boleh memihak kepada siapa pun atau pihak- pihak tertentu. Jadi, sebuah berita yang di sajikan juga akan seimbang dan juga berimbang.

  • Lengkap

Teks yang berada di dalam sebuah berita memang wajib untuk menggunakan  unsur 5W+1 H yakni What,Who, Why, Where, When+ How. Dan semua ini juga wajib untuk di penuhi dari unsur maupun dari struktur teks berita.

  • Dibuat menjadi menarik

Selanjutnya adalah menarik, teks berita memang sangat harus di sajikan dengan judul yang menarik sehingga akan banyak orang yang jauh lebih tertarik membaca teks berita yang dipublikasikan.

  • Sistematis

Di dalam sebuah berita juga wajib untuk di sajikan secara sistematis maupun dengan berurutan supaya lebih jelas dan bisa mudah untuk di pahami.

Panduan Menulis Teks Berita yang Baik dan Benar

panduan menulis teks berita yang baik dan benar
pixabay.com

Di dalam pembuatan sebuah teks berita, entah itu pembuatan berita politik, pendidikan maupun membuat contoh untuk teks berita. Kita wajib untuk menuliskan sesuai dengan pedomannya supaya yang di hasilkan pun dapat menarik serta yang pasti dapat sejalan dengan koridor yang ada. untuk rumus di dalam penulisan sebuah berita untuk seorang wartawan maupun pembaca dari berita ialah 5 W+ 1 H. Tentunya kamu semua sudah paham bukan dengan apa itu 5 W+ 1 H bukan?.

Sebetulnya itu adalah singkatan dari sebuah pertanyaan yang ada di dalam bahasa inggris. misalnya adanya what, why, where, who, when dan juga how. Dan apabila di artikan dalam bahasa Indonesia adalah apa, kenapa, dimana, siapa, kapan dan juga bagaimana.

What, digunakan untuk menanyakan apa yang akan diinformasikan.

Where, ini untuk mempertanyakan dimana peristiwa itu terjadi.

When, digunakan untuk kapan peristiwa itu terjadi.

Who, mempertanyakan mengenai siapa saja yang terlibat pada peristiwa atau kejadian tersebut.

Why, mempertanyakan mengapa peristiwa maupun kejadian itu dapat terjadi.

How, mempertanyakan mengenai bagaimana peristiwa dan kejadian itu dapat terjadi.

Nah, dari semua 5 W+1 H inilah yang nantinya akan di susun serta kemudian akan di buat menjadi sebuah teks berita, sehingga berita pun akan menjadi lebih aktual, faktual dan juga bisa di percaya.

Kumpulan Contoh Teks Berita dari Berbagai Tema

Karena kita sudah mempelajari seluruh aspek dalam pembuatan teks berita, maka yang selanjutnya adalah memulai untuk membuat teks berita. Tak dapat di pungkiri, jika di dalam membuat teks berita masih merasa bingung walaupun sudah mempelajari aspek- aspek dari pembuatan teks berita.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh dari teks berita dengan berbagai tema sehingga bisa memberikan sebuah gambaran mengenai seperti apa teks berita sebenarnya.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir

contoh teks berita singkat tentang banjir
imgur.com

Sungai Ciliwung kembali meluap, 3 desa terendam banjir setinggi 2 meter

READ  9+ Contoh Teks Deskripsi Singkat / Panjang beserta Struktur, Pengertian

Terjadi sebuah banjir bandang di sekitar area sungai Ciliwung, banjir tersebut diduga disebabkan oleh adanya curah hujan yang turun dengan sangat deras dari jam 18.00 WIB sampai pagi pukul 08.00 WIB. Sudah banyak keluarga dari 3 desa yang terendam telah mengungsi ke kampung sebelah.

Sekitar 130 kepala keluarga terancam kehilangan tempat tinggal mereka disebabkan oleh banjir. Pemerintah dengan segera memberikan bantuan berupa makanan, minuman, air bersih, pakaian dan juga obat- obatan.

Sebelumnya, sudah pernah terjadi banjir yang melanda desa tersebut 3 tahun silam. Namun, rupanya banjir pada tahun ini jauh lebih besar jika dibandingkan banjir tahun sebelumnya. Salah satu faktor di duga adalah kebiasaan dari masyarakat sekitar yang membuat sampah sembarangan pada sungai Ciliwung tersebut, hingga mengakibatkan banjir pada musim hujan.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Politik

contoh teks berita singkat tentang politik
www.materikelas.com

Untuk contoh yang pertama adalah contoh dari teks berita singkat mengenai politik. Simak contohnya berikut ini:

Persaingan ketat pencalonan Bupati Kabupaten Malang kian memanas

Hanya tinggal menghitung minggu, Malang yang merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia akan memilih wakil rakyat yaitu Bupati baru. Hal ini disebabkan masa jabatan dari Bupati yang sebelumnya akan memasuki akhir dari masa baktinya.

Didalam pencalonan serta pemilihan Bupati Malang pada tahun ini memang sangat panas, karena akan di isi oleh kandidat- kandidat yang partai Politiknya cukup independen. Beberapa calon di antara adalah Nanda gudan atau yang lebih sering disebut dengan Mbak Nanda yang mana pendaftaran untuk menjadi Bupati Malang baru kali ini dilakukan namun sudah mencuri perhatian banyak warga Malang khususnya anak muda Malang.

Kemudian ada Abah Anton yang sebelumnya memang sudah pernah Bupati Malang namun mencalonkan kembali bersama dengan wakil pilihannya.

Tentunya saja, persaingan di antara kedua kandidat berjalan dengan sengit mengingat semua yang mencalonkan adalah golongan orang yang memiliki prestasi yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja, perang visi misi dan gagasan juga telah bertebaran di berbagai media masa.

Untuk itulah, kita hanya perlu menunggu saja siapa yang akan menjuarai pesta demokrasi pada periode 2017 sampai 2022 yang akan datang.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan

contoh teks berita singkat tentang pendidikan
360doc.com

Untuk yang selanjutnya adalah berita mengenai permasalahan pendidikan yang kerap terjadi di Indonesia.

Karena Soal Bocor, UN Akan Diulang?

READ  Macam Macam Majas Lengkap Beserta Pengertian dan Contoh Kalimat

Dengan bocornya soal UN atau ujian nasional bagi tingkat menengah pertama yang akan di laksanakan pada hari Rabu 22 Mei 2015, menjadi berita yang besar untuk pelaksanaan ujian nasional tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan pun menyatakan jika pelaku pembocoran dari soal ujian tengah di selidiki. Ia juga mengatakan jika pelaku yang membocorkan soal ujian tersebut akan di proses sesuai dengan hukum yang berlaku dan pasal yang berlaku.

Dari beberapa hasil verifikasi yang sudah di laksanakan oleh pusat penilaian pendidikan balitbang Kemdikbud atau PUSPENDIK , sudah di temukan sekitar 30 buklet soal dari sebanyak 11.735 yang telah diunggah ke internet adalah ilegal.

Setelah memperoleh adanya laporan tersebut, Menteri Pendidikan pun segera melakukan berbagai koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan juga informasi untuk melakukan pemblokiran pada tautan yang ada di Google yang telah berisi konten- konten ilegal tersebut. kerja sama yang di lakukan pun turut melibatkan pihak Google dalam upaya memaksimalkan pemblokasi seluruh konten soal ujian ilegal tersebut.

Di duga kuat soal ujian nasional yang bocor tersebut melibatkan oknum dari pihak- pihak percetakan Negara yang telah di tunjuk secara langsung untuk mencetak seluruh soal- soal untuk ujian nasional. Upaya penggeledahan pun sudah dilakukan secara internal dari pihak percetakan untuk dapat mengetahui siapa sebenarnya di balik peristiwa pembocoran soal ujian nasional.

Dengan peristiwa bocornya soal ujian nasional tersebut tentu masih menjadi hal yang di pertimbangkan oleh Menteri pendidikan untuk melakukan kembali ujian ulang atau tidak. Namun, kemungkinan yang lebih besarnya ialah, ujian tidak akan di ulang karena hal ini juga menyangkut seberapa besar biaya dari pembuatan soal ujian nasional tersebut.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan

contoh teks berita singkat tentang kecelakaan
medium.com

Teks berita yang berikutnya ini adalah mengenai kejadian kecelakaan tunggal di jalan tol.

Karena Rem Blong, Satu Mobil Mewah Pun Menabrak Pembatas Jalan

READ  √ AKSARA JAWA Lengkap dan Contoh | Pasangan, Sandangan, cara menulis

Telah terjadi sebuah kecelakaan tunggal yang cukup hebat kemarin malam pada jalan Tol Cipali pada tanggal 5 April 2015. Satu mobil mewah yang di kendarai oleh seorang anak muda yang bernama Ferdi, ia mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi yakni 120 KM/jam.

Mobil yang memiliki nomor polisi B 3763 AH tersebut telah menabrak pembatas jalan karena mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri dengan warna biru itu untung tidak menimbulkan kecelakaan dengan pengguna jalan yang lain karena pada saat itu Tol Cipali pun terlihat cukup macet pada arah yang sebaliknya.

Untungnya pada saat kejadian kecelakaan yang terjadi sama sekali tidak mengakibatkan adanya korban jiwa, namun untuk pengemudi mobil Ferarri tersebut mengalami luka berat yang cukup parah dan saat ini tengah di rawat di Rumah sakit terdekat.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran

contoh teks berita singkat tentang kebakaran
novel.id

Untuk teks berita yang selanjutnya ini merupakan berita kejadian kebakaran.

Dikarenakan Lilin, Satu Rumah Hangus Terbakar Di Lahap Si Jago Merah

Sebuah kejadian yang tidak terduga terjadi pada sebuah komplek perumahan Griya Abadi di Bogor kemarin malam pukul 21.00 WIB. Rumah milik keluarga Bapak Agus tersebut terbakar serta hangus tanpa ada yang tersisa. Kejadian ini terjadi, karena sang pemilik rumah menaruh lilin hidup di atas almari kayu miliknya.

Untuk saja, ketika kejadian berlangsung pemilih rumah yakni Bapak Agus tengah pergi tahlilan di rumah tetangganya. Sedangkan istrinya tengah berada di kampung halamannya.  Dalam kejadian tersebut, kerugian yang di alami oleh Bapak Andi pun cukup besar yakni sekitar 800 juta termasuk beberapa dokumen penting seperti surat tanah, akta kelahiran dan juga ijazah.

Nah, itulah sekilas info yang dapat di berikan kepada Anda mengenai contoh teks berita. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan juga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.