Cara Merawat Rambut Sesuai Jenisnya

Cara Merawat Rambut – Memiliki rambut indah dan sehat tentu jadi impian semua orang, tak peduli wanita maupun pria. Sayangnya tak semua orang terlahir dengan rambut yang indah, seperti rambut lembut dan selalu tampak berkilau.

Mungkin beberapa diantara Anda memiliki masalah rambut yang cukup mengesalkan, seperti rambut mengembang, rambut kusut dan lain sebagainya. Dengan kata lain, rambut yang seharusnya jadi mahkota alami justru menjadi kekurangan pada tubuh Anda.

Sebenarnya hal ini bisa saja Anda atasi dengan berbagai perawatan, tapi tentunya tak bisa dilakukan secara instan dan harus telaten. Yups, kunci untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat adalah telaten merawatnya.

Perawatan untuk setiap masalah rambut pun berbeda-beda tentunya, seperti cara merawat rambut rontok yang berbeda dengan perawatan untuk rambut kering, keriting atau rambut lurus.

Hal ini karena kebutuhan setiap jenis rambut berbeda, seperti rambut kering yang membutuhkan kelembaban alami, rambut rontok yang membutuhkan bahan penguat dan lain sebagainya.

Cara Merawat Rambut Kering

cara merawat rambut kering
Cara merawat rambut kering

Rambut kering merupakan salah satu jenis rambut yang paling rawan rusak. Biasanya masalah ini dikarenakan kurangnya kelembaban alami pada batang rambut. parahnya, beberapa orang mengalami masalah ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut kering? bahan alami apa saja yang bisa Anda gunakan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Gunakan Shampoo yang Tepat

Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah memilih jenis shampoo yang tepat. Pastikan sebelum membeli shampoo Anda mengecek kandungan bahan di dalamnya.

Anda bisa memilih shampoo yang mengandung bahan alami seperti minyak arga, ekstra madu dan shampoo yang sekaligus mengandung kondisioner. Bahan-bahan tersebut akan efektif melembabkan kulit kepala dan juga batang rambut.

  • Hair Mask

Salah satu kunci terbaik yang bisa menjaga kelembaban alami rambut adalah dengan sering menggunakan hair mask, setidaknya 1 kali seminggu. Anda bisa memilih masker rambut yang mengandung bahan alami serta pelembab ekstra, seperti minyak zaitun, yogurt ataupun madu.

  • Hair Wrap

Setelah keramas dan menggunakan masker, Anda bisa membungkus rambut yang masih basah menggunakan handuk. Biarkan handuk menempel pada kepala Anda selama 1-2 jam, baru selanjutnya lepaskan dan biarkan rambut kering secara alami.

READ  Belum Tahu Cara Cepat Hamil Pasca Menikah ? Lakukan Cara Berikut ini

Untuk rambut kering, sebaiknya hindari atau kurangi penggunaan pengering rambut yang akan membuat rambut terlihat lebih mengembang.

  • Menggunakan Vitamin Rambut

Siapa sangka jika sebutir vitamin rambut dapat memberi manfaat yang begitu besar untuk kelembaban rambut Anda. Vitamin rambut ini bisa Anda gunakan saat menyisir ataupun sebelum menggunakan hair dryer.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Gugur

cara merawat rambut rontok dan gugur
Cara merawat rambut rontok dan gugur

Masalah lain yang kerap dialami oleh masyarakat di daerah tropis seperti Indonesia adalah rambut rontok dan gugur. Selain sangat mengganggu kenyamanan dan keindahan rambut, ini juga menjadi gejala penipisan rambut hingga berpotensi menyebabkan kebotakan.

Tak mau bukan mengalami mimpi buruk ini? Yuk coba saja beberapa cara merawat rambut rontok dan gugur berikut ini.

  • Tonik Daun Jambu

Dilansir oleh styleCraze, tonik daun jambu terbukti memiliki kandungan vitamin B, vitamin C serta zat besi yang bermanfaat menjaga kesehatan rambut. tonik daun jambu juga mempunyai kandungan anti inflamasi, analgesic, anti mikroba serta antioksidan.

Anda bisa membuat tonik ini sendiri di rumah, yakni dengan merebus segenggam daun biji. Selanjutnya gunakan air rebusan tersebut pada kulit kepala setelah keramas. Agar meresap sempurna, berikan pijatan ringan pada kepala Anda.

  • Masker Bawang

Siapa sangka jika bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih juga efektif untuk mengatasi rambut rontok. Ya, kedua bumbu dapur ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan sulfur yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki kandungan tembaga serta zat besi yang sangat berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Saat ini Anda sudah bisa membeli masker bawang siap pakai di berbagai toko online. Jika pun tak ditemukan, Anda bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan irisan bawang merah dan bawang putih pada kulit kepala.

  • Konsumsi Suplemen Penyubur Rambut

Saat rambut sudah mulai tampak berkurang, ini dia langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan, yakni mengonsumsi suplemen penyubur rambut. Ada begitu banyak merk penyubur rambut yang bisa Anda gunakan.

Namun yang terpenting, sebaiknya pilih suplemen yang kaya kan vitamin B7, vitamin C, vitamin D, vitamin E, lycopene, lysine, selenium dna juga minyak ikan. Bahan-bahan tersebut juga akan berfungsi ganda, yakni untuk mengendalikan kerontokan.

Cara Merawat Rambut Rusak

cara merawat rambut rusak
Cara merawat rambut rusak

Salah satu tanda rambut rusak adalah ujung rambut yang tampak bercabang dan rambut terlihat kusam setelah terkena sinar matahari dan angin. Jika Anda kerap mengalami masalah ini, berikut panduan cara merawat rambut yang bisa Anda lakukan.

  • Potong Ujung Rambut

Biasanya, bagian rambut paling parah rusaknya adalah ujung rambut. untuk itu, Anda harus memotongnya segera, karena disadari atau tidak kerusakan bisa saja sampai ke bagian pangkal jika bagian yang rusak ini tak dihilangkan segera.

  • Gunakan Shampoo Secukupnya

Shampoo dengan kandungan yang tidak sesuai kebutuhan rambut kerap kali menjadi penyebab lain dari rusaknya batang rambut. untuk mengakali hal ini, Anda bisa menggunakan shampoo hanya di bagian kulit kepala saja. Dengan begitu rambut tak akan terkena bahan kimia yang ada di shampoo.

  • Gunakan Kondisioner

Kurangnya penggunaan kondisioner juga bisa jadi penyebab kerusakan rambut. padahal kondisioner sebenarnya bukan hanya berfungsi untuk melembutkan rambut saja, namun juga untuk menutrisi serta melapisi batang rambut agar tak mudah patah/rusak.

  • Gunakan Masker Rambut

Lagi-lagi masker jadi cara merawat rambut terbaik yang bisa Anda lakukan. Untuk masalah ini, Anda dapat memilih masker rambut yang memiliki kandungan alami seperti lidah buaya, alpukat, minyak tumbuhan serta madu.

READ  17 Cara Mengusir Tikus yang Mudah dan Murah dengan Bahan Alami

Bahan-bahan tersebut akan menjaga kelembaban rambut, menjaga kesuburan dan juga menjaga keindahan/kilau alami rambut.

  • Lakukan Pijatan dengan Hot Oil

Selain untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut, pijatan dengan hot oil juga akan membuat kepala Anda terasa lebih rileks. Anda dapat memanaskan minyak tumbuhan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, rapeseed ataupun canola.

Selanjutnya gunakan minyak hangat tersebut untuk memijat kulit kepala. Lakukan sampai kurang lebih 30 menit agar kandungan minyak meresap sempurna.

  • Konsumsi Nutrisi Rambut

Faktor lain yang menyebabkan rambut rusak adalah kurangnya vitamin A, vitamin B, zinc serta protein, dan ini bisa Anda dapatkan dari suplemen atau nutrisi rambut. Anda dapat membeli nutrisi rambut ini baik di salon, swalayan maupun apotek.

Cara Merawat Rambut Keriting

merawat rambut keriting
Pexels.com

Sebenarnya banyak yang mendambakan rambut keriting seperti Wizzy misalnya. Tapi jenis rambut ini membutuhkan perawatan ekstra agar rambut tak terkesan kusut dan berantakan. Nah berikut beberapa cara merawat rambut keriting yang wajib Anda tahu.

  • Pilih Produk Khusus Rambut Kering

Beberapa produk yang wajib digunakan oleh pemilik rambut keriting antara lain ada shampoo, kondisioner, serum dan juga styling product. Semua produk tersebut harus memiliki kandungan bahan yang sesuai dengan kulit kepala dan rambut Anda.

  • Leave-on Conditioner

Khusus untuk pemilik rambut kering, Anda harus memiliki kondisioner tanpa bilas. Produk ini akan menjaga rambut Anda selalu sehat dan terlihat tertata dengan baik.

  • Rutin Hair Mask

Sama seperti jenis rambut kering, rambut keriting juga harus sering dirawat dengan masker rambut. Anda harus menggunakan masker rambut setidaknya 1 minggu sekali agar kelembutan dan kilau rambut terjaga.

  • Ikat Rambut Sebelum Tidur

Cara merawat rambut sederhana yang kerap Anda abaikan, yakni mengikat rambut sebelum tidur. Tak perlu mengikatnya terlalu kencang, karena tujuannya hanya untuk menghindari rambut yang kusut saat bangun tidur.

Cara Merawat Rambut Panjang

cara merawat rambut panjang
Cara merawat rambut panjang

Semakin panjang rambut Anda, semakin beragam pula masalah yang harus Anda tangani, terutama pada bagian ujung rambut. untuk mencegah masalah ini, ada banyak cara merawat rambut panjang yang bisa Anda praktikkan, seperti:

  • Gunakan Minyak Almond

Dilansir dari Boldsky, minyak almond terbukti memiliki berbagai macam nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut, seperti omega-3, vitamin E, fosfolipid, serta magnesium. Semua kandungan bahan tersebut sangat dibutuhkan rambut untuk menjaga keindahannya.

  • Jus Lidah Buaya

Selain kaya manfaat untuk kulit wajah, lidah buaya juga sangat efektif dalam merawat keindahan rambut panjang. Anda bisa mengambil daging lidah buaya kemudian memblendernya dengan sedikit air. Selanjutnya gunakan sebagai masker.

  • Gunakan Vitamin

Jika rambut Anda sudah terlalu panjang, Anda bisa menggunakan vitamin hanya pada bagian ujung rambut saja. Sebab bagian ujung adalah bagian paling membutuhkan nutrisi dan harus dirawat secara ekstra.

  • Kondisioner

Setelah keramas dengan shampoo yang sesuai dengan kulit kepala Anda, jangan lupa gunakan kondisioner dan mendiamkannya minimal 3 menit baru dibilas. Kondisioner ini akan menjaga kelembutan serta kesehatan alami rambut Anda.

READ  17 Cara Mengusir Tikus yang Mudah dan Murah dengan Bahan Alami

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

rambut rontok dan berketombe
teen.co.id

Selain menyebabkan rasa gatal, ketombe juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Kedua masalah serius ini harus Anda tangani dengan cepat dan tepat. Berikut cara merawat rambut rontok dan berketombe.

  • Gunakan Minyak Pohon Teh

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memijat kulit kepala dengan minyak pohon teh. Kandungan pada minyak pohon teh akan berfungsi menyuburkan rambut sekaligus melancarkan peredaran darah pada kepala.

  • Masker Pepaya dan Madu

Salah satu masker alami untuk rambut rontok dan berketombe yang bisa Anda buat sendiri adalah masker pepaya dan madu. Kandungan chitinase pada pepaya dapat melemahkan dinding sel jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Bahan ini akan semakin maksimal ketika dipadukan dengan madu yang memiliki sifat antiseptic.

Cara penggunaannya sangat mudah, yakni dengan haluskan papaya kemudian campur dengan madu. Gunakan pada permukaan kulit kepala dan batang rambut. tunggu 30 menit lalu bilas.

  • Masker Aloe Vera dan Jeruk Nipis

Aloe Vera dan jeruk nipis juga bisa jadi alternatif lain untuk masker rambut rontok serta berketombe. Aloe vera terbukti memiliki sifat antiseptic sekaligus penyubur rambut dan jeruk nipis yang terbukti efektif menjaga kesehatan kulit.

Cara pembuatan maskernya ialah dengan mencampur daging aloe vera dengan air perasan jeruk nipis, lalu blender dan gunakan sebagai masker.

  • Jauhi Wax & Styling Gel

Wax dan Styling gel adalah bahan yang sangat berpotensi menyebabkan rambut cepat kotor sehingga menjadi sarang jamur. Tak hanya itu, wax dan styling gel juga biasanya mengandung bahan kimia yang dapat melemahkan batang rambut.

Baca Juga : 10 Cara Diet Alami untuk Menurunkan Berat Badan

Itu dia rangkaian cara merawat rambut sesuai jenisnya. Jangan sampai Anda salah pilih produk/cara ya, dan dapatkan rambut indah serta sehat secepatnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.