17 Cara Mengusir Tikus yang Mudah dan Murah dengan Bahan Alami

Cara Mengusir Tikus – Rumah yang indah dan nyaman adalah rumah yang bebas dari tikus. Ya, mungkin kalimat ini adalah cita-cita bagi sebagian orang yang rumahnya selalu diganggu oleh hewan pengerat satu ini.

Selain kerap mencuri makanan yang tak sengaja masih tersisa di meja, tikus juga sering merusak properti rumah, khususnya yang terbuat dari kayu.

Nah bagi Anda yang memiliki masalah ini, sebenarnya banyak cara mengusir tikus yang bisa Anda coba. Tak perlu menggunakan perangkap atau alat lain, beberapa bahan alami yang ada di dapur Anda pun bisa dimanfaatkan untuk mengusir hewan yang kerap tinggal di got atau tempat-tempat kotor lainnya ini.

Cara Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami ini sangat efektif untuk mengusir tikus pergi jauh dari rumah Anda.

Bubuk Kopi

bubuk kopi
makassar.tribunnews.com

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan adalah bubuk kopi. Bubuk yang biasanya digunakan untuk minuman ini memiliki aroma yang begitu kuat, dan tikus merupakan salah satu hewan dengan indera penciuman tajam.

Namun aroma harum dari bubuk kopi ini justru sama sekali tidak disukai tikus. Jadi ketika tikus mencium aroma bubuk kopi maka mereka akan menghindari atau menjauhi sumber aroma tersebut. Berikut adalah yang harus Anda lakukan untuk mengusir tikus dengan menggunakan bubuk kopi.

  • Siapkan bubuk kopi hitam secukupnya.
  • Taburkan bubuk kopi tersebut pada daerah yang rentang dilalui tikus.

Sangat mudah bukan? Untuk lebih efektif, sebaiknya taburkan bubuk kopi pada sore hari agar ketika malam tiba dan tikus beraktifitas mereka akan mencium aroma kopi tersebut.

Cangkang Telur

cangkang telur
www.klikdokter.com

Jika biasanya setelah memasak telur Anda akan langsung membuang cangkangnya, kali ini cobalah untuk menyisihkan cangkang telur tersebut. Barang yang Anda anggap sampah ini ternyata juga efektif untuk mengusir telur.

Cara mengusir tikus dengan cangkang telur pun sangat mudah, yaitu:

  • Pertama siapkan cangkang telur secukupnya.
  • Siapkan blender atau alat penumbuk.
  • Selanjutnya keringkan cangkang telur baik di bawah sinar matahari atau dimasukkan ke dalam oven.
  • Setelah kering sempurna, haluskan cangkang telur hingga menjadi bubuk.
  • Taburkan bubuk cangkang telur di area rumah.

Dalam hitungan hari bahkan jam tikus pun akan kabur dari rumah Anda. bahkan bukan hanya tikus, cangkang telur juga efektif mengusir kecoa dan semut lho!

Buah Mengkudu

buah mengkudu
www.arbamedia.com

Buah yang memiliki khasiat begitu beragam untuk kesehatan tubuh ini pun bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus. Lalu bagaimana cara memanfaatkan buah mengkudu sebagai pengusir tikus di rumah? Simak caranya di bawah ini.

  • Pertama potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian.
  • Selanjutnya letakkan potongan buah mengkudu di setiap sudut rumah yang disinyalir menjadi sarang tikus dan kerap dilalui tikus.

Aroma dan rasa buah mengkudu diyakini tidak disukai oleh tikus, jadi ketika mereka mendapati buah mengkudu di sarangnya maka tikus-tikus tersebut akan segera pergi dari sarangnya. Pastikan Anda selalu mengganti buah mengkudu yang sudah mengering.

Bawang Putih

bawang putih
hellosehat.com

Siapa sangka bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk membunuh berbagai bakteri ini juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus? Sama seperti bahan lainnya, aroma menyengat pada bawang putih juga sangat tidak disukai oleh tikus, jadi ketika mendapati aroma bawang putih maka dengan segera mereka akan meninggalkan tempat tersebut.

Cara penggunaan bawang putih sebagai pengusir tikus pun sangat mudah, ikuti langkahnya sebagai berikut.

  • Siapkan kain kasa untuk membungkus bawang putih.
  • Selanjutnya iris bawang putih menjadi bagian-bagian kecil.
  • Bungkus rapat bawang putih menggunakan kain yang sudah disiapkan tadi.
  • Letakkan potongan bawang putih tersebut pada beberapa area yang kerap dilalui tikus. Diamkan bawang putih selama beberapa hari dan lihat hasilnya.
READ  12 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Tanpa Efek Samping

Daun Sirsak

daun sirsak
Daun Sirsak

Selanjutnya ada daun sirsak. Meskipun bagi indera penciuman manusia daun sirsak memiliki aroma yang tidak menyengat, namun lain halnya dengan tikus. Indera penciuman tikus yang tajam menjadikan hewan berekor panjang ini dapat mencium aroma daun sirsak dengan jelas, dan ini sangat tidak disukai tikus.

Sebab daun sirsak memiliki zat perangsang yang mengeluarkan aroma tak sedap. Untuk mengeluarkan aroma pada daun sirsak tersebut, sebelumnya bahan ini harus di haluskan terlebih dahulu. Berikut panduan cara mengusir tikus menggunakan daun sirsak.

  • Siapkan beberapa lembar daun sirsak.
  • Blender atau sobek-sobek daun sirsak menjadi bagian-bagian kecil.
  • Simpan pada area yang kerap dilalui tikus.
  • Jika Anda memblendernya, sebaiknya dibungkus terlebih dahulu daun sirsak dengan kain kasa.
  • Ganti daun sirsak yang sudah kering dengan daun yang masih fresh.

Jika Anda rajin mengganti daun sirsak ini, tikus tak akan berani datang lagi ke rumah Anda.

Daun Mint

daun mint
Daun Mint

Dalam masakan daun mint digunakan sebagai pemanis tampilan ataupun penambah cita rasa sebuah hidangan. Namun dibalik fungsinya dalam masakan yang bisa dikatakan begitu penting, ternyata daun mint juga memiliki manfaat lain yang sangat berarti untuk rumah tangga, yakni dapat mengusir tikus secara cepat.

Aroma daun mint yang segar nyatanya sangat dibenci oleh tikus. Terlebih lagi aroma yang dikeluarkan daun dengan sensasi rasa mentos ini begitu tajam. Nah untuk memanfaatkan daun mint sebagai pengusir tikus, berikut caranya:

  • Hancurkan daun mint dengan blender. Tambahkan sedikit air.
  • Masukkan hasil blenderan tersebut ke dalam semprotan.
  • Semprotkan campuran daun mint dan air pada area-area yang sering dilalui tikus

Lakukan cara ini 1 hari sekali atau 2 kali sehari.

Cuka Putih dan Kapas

cuka putih dan kapas
kepikiran.info

Bahan yang efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging ini pun sangat ampuh dalam urusan mengusir tikus. Aroma cuka dapur yang begitu menyengat akan dengan mudah mengusir dan membuat tikus kapok untuk kembali.

Untuk memanfaatkan cuka putih ii Anda membutuhkan bola-bola kapas. Lalu bagaimana dengan caranya? cara mengusir tikus menggunakan cuka dan kapas memang sedikit lebih rumit dan membutuhkan ketelatenan Anda, yakni:

  • Siapkan wadah, kapas, dan sarung tangan karet.
  • Selanjutnya bersihkan area yang sering dilalui tikus dengan kain pel dan air bersih.
  • Jika sudah tak ada kotoran yang menempel, selanjutnya celupkan kapas pada cuka (sebaiknya gunakan sarung tangan Anda).
  • Letakkan bola-bola kapas tersebut pada sarang tikus dan biarkan sampai kering. Ganti bola kapas yang sudah kering dengan bola kapas baru.

Lakukan cara ini sampai tikus tak tampak lagi di rumah Anda.  Eits jangan lupa untuk gunakan sarung tangan ya, karena kandungan asam pada cuka bisa membahayakan kesehatan dan kecantikan kulit tangan Anda.

Kantong Teh Bekas

kantong teh bekas
lifestyle.kompas.com

Sama seperti cangkang telur, jika biasanya Anda selalu membuang kantung teh bekas, saat ini menggunakan sampah dapur ini sebagai bahan pengusir tikus. Tapi bukan sembarang kantung teh yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus, namun kantung teh yang memiliki kandungan daun peppermint.

Aroma peppermint yang menyengat akan dengan mudah tercium oleh indera tikus dan menjadikannya kabur. Cara penggunaan pun sangat amat simple, Anda hanya perlu meletakkan kantung teh bekas di sarang tikus atau daerah yang kerap dilalui tikus. Pastikan selalu ganti kantung teh yang sudah kering dengan kantung teh bekas yang masih basah.

Merica

merica
fakta.news

Rempah-rempah asal Indonesia yang juga kerap disebut dengan lada hitam ini juga ampuh usir tikus lho! Jadi selain memiliki rasa yang tajam, aroma yang dikeluarkan merica pun cukup tajam sehingga akan mengganggu penciuman tikus.

READ  19 Cara Melupakan Mantan yang Bisa Kamu Coba Lakukan

Aroma pedas dari bumbu dapur ini sangat tidak disukai tikus. Untuk penggunaannya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan merica bubuk atau merica utuh. Selanjutnya taburkan merica pada daerah-daerah yang sering dilewati tikus dan dalam hitungan hari tikus pun tak akan melintas di daerah tersebut lagi.

Cengkeh

cengkeh
lifestyle.okezone.com

Bagi manusia mungkin cengkeh memiliki aroma yang harum, sehingga tak heran jika rempah ini kerap digunakan sebagai bumbu tambahan. Selain itu cengkeh juga kerap ditambahkan pada minuman hangat karena mampu merilekskan tubuh. Namun lain halnya dengan tikus, hewan pengerat ini justru sangat tidak menyukai aroma cengkeh.

Tentunya hal ini bisa Anda manfaatkan. Gunakan cengkeh untuk mengusir tikus secara cepat. Berikut cara penggunaanya.

  • Siapkan cengkeh secukupnya dan beberapa lembar kain kasa.
  • Bungkus cengkeh dengan kain kasa dan keringkan.
  • Setelah itu letakkan cengkeh pada sudut ruangan yang kerap dilewati tikus.

Agar aroma dari cengkeh ini benar-benar keluar, pastikan Anda menggunakan cengkeh yang sudah benar-benar kering. Selain itu kain kasa yang digunakan pun tak perlu berlapis.

Kulit Jengkol

kulit jengkol
Kulit Jengkol

Hayo siapa disini yang suka makan jengkol? Meskipun dapat mengeluarkan aroma yang kurang sedap namun sebagian orang sangat menyukai jengkol, bahkan menganggapnya sebagai penambah nafsu makan yang sangat ampuh.

Tak perlu khawatir disini Anda harus menggunakan makanan favorit Anda ini ya! Karena yang digunakan disini hanyalah bagian kulitnya saja. Begini cara mengusir tikus menggunakan kulit jengkol.

  • Siapkan kulit jengkol secukupnya
  • Air secukupnya
  • Siapkan pula blender dan wadah semprotan.
  • Jika semua bahan dan alat sudah siap, selanjutnya haluskan kulit jengkol menggunakan blender.
  • Campurkan ke dalam air.
  • Masukkan campuran kulit jengkol dan air tersebut ke dalam semprotan, kocok.
  • Semprotkan larutan air kulit jengkol pada area yang sering dilewati oleh tikus atau pada sarangnya.

Tenang, cairan air jengkol ini tidak akan membuat rumah Anda menjadi bau kok! Untuk antisipasi lebih, Anda juga bisa gunakan pengharum ruangan.

Bedak Bayi

bedak bayi
Bedak Bayi

Wah siapa sangka jika bedak bayi yang biasanya digunakan untuk mempercantik kulit si kecil ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus di rumah. Tapi Apa yang menjadikan bedak bayi efektif mengusir tikus?

Aroma bedak bayi yang harum dan segar ternyata tidak disukai oleh hewan pengerat satu ini. Terlebih lagi bedak bayi yang memiliki aroma harum menyengat. Cara penggunaan pun sangat mudah, cukup taburkan bedak bayi secukupnya pada area-area yang sering dilalui tikus.

Jika Anda ingin hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menaburkannya lebih banyak. Toh semakin banyak bedak bayi yang ditaburkan semakin wangi pula ruangan di rumah Anda. tapi ingat, jangan menaburkan bedak bayi dekat dengan makanan ya!

Durian

durian
hellosehat.com

Sudah bukan rahasia lagi jika durian memiliki aroma yang begitu menyengat, terlebih lagi durian yang sudah matang sempurna. Aroma menyengat buah yang dikenal sebagai raja buah ini ternyata juga tidak disukai oleh tikus lho!

Tapi tenang, tentunya bukan daging buahnya yang harus digunakan untuk mengusir tikus. Kan sayang ya kalau daging buahnya yang super menggoda harus diberikan pada hewan pengerat ini. Anda cukup menggunakan kulit duriannya saja, toh aromanya masih tercium kuat.

Letakkan kulit durian pada area-area yang kira-kira merupakan sarang tikus. Biarkan sampai kulit durian kering dan buang. Untuk lebih maksimal lagi, Anda juga bisa menggunakan biji duriannya juga.

Kamper

kamper
Kamper

Jika sebelumnya Anda sudah mencoba menggunakan bedak bayi, kini Anda juga bisa mencoba mengusir tikus dengan barang yang lebih wangi yakni kamper. Kamper alias kapur barus ini biasanya memiliki aroma wangi yang begitu menyengat, dan pastinya hal ini sangat dibenci tikus dong.

Simpan kamper di sudut-sudut ruangan atau area yang mungkin dilewati oleh tikus. Biarkan kamper sampai habis dan aromanya akan menyebar ke seluruh ruangan. Eits pastikan benda ini jauh dari makanan ya!

READ  19 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dijamin Hasilnya Cepat!

Smartphone

smartphone
Smartphone

Di era modern seperti sekarang ini, siapa sih yang tak punya smartphone. Hampir semua orang memiliki barang elektronik serbaguna ini. Ya smartphone bisa dikatakan serbaguna karena bukan hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja, namun juga melakukan hal-hal yang sebelumnya tak pernah terpikirkan di benak Anda, yakni mengusir tikus.

Disini Anda bisa download aplikasi pengusir tikus untuk membuat hewan pengerat ini segera pergi dari rumah Anda. Ya aplikasi pengusir tikus yang dirancang dengan suara-surga yang tak disukai tikus sehingga membuat mereka merasa tak nyaman bahkan terancam.

Coba deh install aplikasi pengusir tikus sekarang juga dan buktikan bagaimana efeknya di rumah Anda.

Daun Salam

daun salam
hellosehat.com

Kembali lagi ke bumbu dapur yang bisa dijumpai hampir di setiap rumah, daun salam. Ya bumbu yang biasanya digunakan saat memasak bubur nasi ini  juga memiliki aroma yang tak disukai tikus. Ya meskipun bumbu yang kerap dipadukan dengan laos ini tercium harum di hidung manusia, namun tidak di hidung tikus.

Mereka akan merasa tidak nyaman dan terusik dengan aroma daun salam. Tapi sayangnya ada aja ya tikus yang bandel dan justru memakan daun salam ini. Uniknya, hal ini justru tak hanya akan mengusir tikus namun juga membunuhnya.

Sebab diketahui jika daun salam memiliki kandungan yang tak bersahabat dengan pencernaan si tikus, alhasil mereka bisa mati jika mengkonsumsi daun ini. Namun ini juga tak instan, biasanya efek yang bisa Anda lihat sekitar 3 hari.

Pelihara Jangkrik

pelihara jangkrik
ilmubudaya.com

Jaman dulu mungkin masih banyak penjual jangkrik yang digunakan untuk lomba atau sekedar dijadikan sebagai peliharaan saja. Tapi apakah sampai sekarang pedagang-pedagang ini masih menjual jangkrik pula? Di beberapa daerah mungkin masih, namun bagi Anda yang tinggal di daerah tanpa penjual jangkrik bisa kok cari sendiri dan menggunakannya sebagai pengusir tikus.

Benar sekali! Sekarang ini Anda tak akan menggunakan jangkrik untuk lomba atau sekedar hewan peliharaan, namun untuk mengusir hewan pengerat yang sangat mengganggu ini. Suara jangkrik yang melengking dan keras dipercaya dapat merusak pendengaran tikus. Jadi ketika mereka mendengar jangkrik, maka mereka akan lebih memilih untuk menghindar.

Bagaimana, tak disangka ya bahan-bahan yang ada di rumah Anda ternyata efektif untuk mengusir tikus. cara mengusir tikus menggunakan bahan-bahan atau alat tersebut pun sangat mudah, jadi Anda tak perlu lagi menggunakan perangkap yang membutuhkan umpan.

Cara Mencegah Peredaran Tikus Masuk Rumah

mencegah peredaran tikus di rumah

Jika masalah tikus di rumah sudah teratasi apakah lantas Anda bisa bersantai dan menikmati kenyamanan ini saja? Tentu tidak! Untuk membuat rumah selalu bebas dari tikus Anda pun harus mencegah peredaran tikus masuk ke rumah.

Tips pertama yang harus Anda terapkan adalah selalu menjaga kebersihan rumah dan menjaganya agar selalu rapi. Perlu Anda ketahui jika tikus sangat menyukai tempat-tempat yang kotor dan cenderung tak terawat. Menjaga rumah tetap wangi juga tips lain yang tak boleh dilupakan.

Pastikan juga rumah Anda tidak memiliki celah di bagian yang kotor, semisal pada bagian loteng yang kerap menjadi sarang tikus. Bagi Anda yang suka dengan kucing, memelihara binatang lucu ini juga pilihan yang tepat untuk mencegah peredaran tikus di rumah.

Yups meskipun kucing peliharaan biasanya cenderung jinak dan menggemaskan, namun insting berburunya tentu masih ada dan ini kan membuat tikus takut jika melihat kucing di suatu tempat.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah rumah tangga ini. Bukan sebuah permasalahan yang darurat sih, namun tentu adanya tikus yang berseliweran akan sangat mengganggu Anda, baik untuk urusan pemandangan dan juga kenyamanan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.